1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.


Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!

Diperbaharui 06-20-2022
Pakar
Perawat
Maryami Y. Kosim

Maryami adalah seorang perawat yang saat ini sedang mengambil studi doktor di bidang Bencana Nuklir di Hiroshima University. Beliau berpengalaman sebagai perawat ICU bedah jantung, aktivis NGO kebencanaan, dan dosen Ilmu Keperawatan. Maryami juga memiliki kepedulian tinggi pada pendidikan dan penyebaran informasi kesehatan yang tepat di masyarakat. Hal ini penting dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, emosional, dan sosial mereka.

Profil Maryami Y. Kosim
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan hair lotion dan hair oil

Perbedaan hair lotion dan hair oil

Sekilas, nama keduanya memang mirip. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang mengira bahwa hair lotion dan hair oil adalah jenis yang sama. Padahal, secara fungsi hair lotion berbeda dengan hair oil. Berikut ini perbedaannya:


  • Hair lotion diformulasikan untuk melembapkan batang rambut bayi supaya lebih lembut dan mudah diatur. Kebanyakan hair lotion memiliki kandungan oil-based. Akan tetapi, tidak semua hair lotion memiliki kandungan untuk menyuburkan rambut. Sebaliknya, hair lotion menawarkan wangi yang dapat mengharumkan rambut bayi Anda.


  • Sementara itu, hair oil diformulasikan dengan nutrisi yang kaya untuk pertumbuhan rambut bayi. Akan tetapi, tidak semua hair oil memiliki wangi yang bisa mengharumkan rambut bayi. Sebaliknya, hair oil menawarkan kandungan berbagai jenis minyak dalam satu kemasan yang bisa menutrisi rambut dari luar. Contoh produk hair oil adalah minyak zaitun dan minyak kemiri.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hair lotion bayi

Sebelum membeli hair lotion untuk bayi, ketahuilah hal-hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Semoga poin-poin di bawah ini bisa membantu Anda mendapatkan produk terbaik untuk bayi tercinta.

① Perhatikan komposisi bahan yang digunakan

Selalu perhatikan komposisi bahan yang terdapat dalam hair lotion bayi. Pada umumnya, hair lotion bayi bebas alkohol. Namun, Anda juga bisa memilih hair lotion berdasarkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan rambut bayi Anda.

Lidah buaya, menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut

Lidah buaya, menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut

Beberapa bayi mungkin ada yang pertumbuhan rambutnya cukup lambat. Anda bisa merangsang pertumbuhan rambutnya dengan memilih hair lotion berkandungan lidah buaya atau Aloe vera. Lidah buaya akan meningkatkan aliran darah di kulit kepala, kemudian mempercepat pertumbuhan rambut. Alhasil, rambut bayi menjadi lebih tebal.

Minyak kemiri, menghitamkan rambut secara alami

Minyak kemiri, menghitamkan rambut secara alami

Rambut bayi yang hitam bisa menjadi salah satu tanda bahwa bayi Anda sehat karena nutrisinya tercukupi. Selain dari asupan makanan harian, menutrisi rambut dari luar sebaiknya juga dilakukan. Solusinya, Anda dapat memilih hair lotion berbahan minyak kemiri. Kandungan di dalam minyak kemiri bisa menghitamkan rambut secara alami dan membuatnya lebih berkilau, serta sehat.

Seledri, menguatkan akar dan batang rambut

Seledri, menguatkan akar dan batang rambut

Akar dan batang rambut bayi perlu dijaga supaya tetap kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Oleh karena itu, Anda bisa memilih hair lotion dengan kandungan seledri. Vitamin di dalam seledri baik untuk memperkuat dari akar dan batang rambut sehingga rambut tidak mudah patah atau rontok.

Minyak zaitun, melembapkan rambut yang kering

Minyak zaitun, melembapkan rambut yang kering

Bayi dengan rambut yang kering dan kusam pasti tidak diinginkan kebanyakan orang tua, termasuk Anda. Untuk itu, Anda harus melembapkan rambut bayi menggunakan hair lotion dengan kandungan minyak zaitun atau olive oil. Jika Anda rutin mengaplikasikannya, rambut bayi Anda akan menjadi lebih lembut, lembap, dan sehat.

② Pilih bahan alami yang aman bagi bayi

Pilih bahan alami yang aman bagi bayi

Sebaiknya, penggunaan hair lotion diberikan pada bayi di atas usia 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan kulit bayi sangat sensitif, terutama kulit bayi yang baru lahir. Kulit mereka juga cenderung masih sangat tipis sehingga bisa menyerap bahan-bahan kimia yang ada pada produk bayi mana pun. 


Akan lebih baik lagi jika Anda memilih hair lotion bayi yang terbuat dari bahan alami pilihan. Pastikan bahwa hair lotion yang Anda beli bebas alkohol atau minim zat kimia lainnya. Hindari juga produk yang mengandung paraben karena bahan pengawet ini bisa membuat iritasi kulit bayi. 

③ Cari hair lotion dengan wangi menyegarkan

Cari hair lotion dengan wangi menyegarkan

Rambut bayi yang senantiasa harum tidak hanya membuatnya nyaman, Anda pun akan senang menyentuh dan menciumnya. Untuk itu, carilah hair lotion dengan wangi segar yang tahan lama sepanjang hari.


Pastikan pula selalu membaca review pembeli untuk mengetahui keharuman dan ketahanan wangi hair lotion tersebut. Supaya lebih aman, Anda juga bisa memilih hair lotion yang memiliki aroma alami tanpa kandungan pewangi buatan.

④ Pertimbangkan bentuk kemasannya

Pertimbangkan bentuk kemasannya

Hair lotion bayi umumnya dikemas dalam dua bentuk kemasan, spray dan botol biasa. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan atau kemasan yang dirasa paling nyaman untuk digunakan.


  • Kemasan spray

- Lebih praktis tinggal semprot

- Penyebarannya lebih merata

- Karena bentuknya spray, cairan bisa masuk ke mata dan hidung

- Harganya cenderung lebih mahal


  • Kemasan botol biasa

- Harus menggunakan tangan untuk pengaplikasiannya sehingga kurang higienis

- Penyebaran kurang merata

- Mudah tumpah

- Aman untuk mata dan penciuman anak karena cairan diaplikasikan pada tangan orang tua terlebih dahulu

10 Rekomendasi hair lotion bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hair lotion bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Maryami Y. Kosim.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Zwitsal Baby Hair Lotion Natural With Aloe Vera Kemiri Seledri

Unilever Zwitsal Baby Hair Lotion Natural With Aloe Vera Kemiri Seledri 1枚目

Kandungan lengkap dalam satu kemasan

2

Tropee Bebe

Hair Lotion

Tropee Bebe Hair Lotion 1枚目

Kemasan spray, tidak mudah tumpah dan gampang diaplikasikan

3

Fabindo Sejahtera

Bambi Baby Hair Lotion

Fabindo Sejahtera Bambi Baby Hair Lotion 1枚目

Kandungannya mampu membantu meredakan iritasi kulit

4

PZ Cussons

Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery

PZ Cussons Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery 1枚目

Mild formula yang aman dan lembut di kulit bayi

5

Beauty Barn Indonesia

Thickening Hair Lotion

Beauty Barn Indonesia Thickening Hair Lotion 1枚目

Bisa melebatkan rambut bayi yang tipis

6

Tempo Scan Pacific

My Baby Hair Lotion Black & Shine

Tempo Scan Pacific My Baby Hair Lotion Black & Shine 1枚目

Bikin rambut bayi harum lebih lama

7

Pigeon

Baby Hair Lotion

Pigeon Baby Hair Lotion 1枚目

Lindungi kulit kepala bayi dari iritasi ringan

8

Purebaby

PureBB Hair Lotion

Purebaby PureBB Hair Lotion 1枚目

Hilangkan kerak di kulit kepala bayi baru lahir

9

Konimex

Konicare Natural Baby Hair Lotion

Konimex Konicare Natural Baby Hair Lotion  1枚目

Wangi parfumnya lembut, Anda pasti gemas menciumi rambut bayi

10

Godrej

Mitu Baby Hair Lotion

Godrej  Mitu Baby Hair Lotion 1枚目

Teruji tes hypoallergenic, aman untuk kulit bayi sensitif

Perincian produk
Close
No.1

UnileverZwitsal Baby Hair Lotion Natural With Aloe Vera Kemiri Seledri

Mulai dari Rp11.400,00

Kandungan lengkap dalam satu kemasan

Jika Anda mencari hair lotion dengan kandungan lengkap dan perawatan yang ekstra, pilih saja produk ini. Hair lotion Zwitsal memiliki kandungan alami dalam satu kemasan. Komposisi bahan-bahannya bisa membantu pertumbuhan rambut bayi Anda supaya lebih hitam dan tebal. 


Di samping itu, hair lotion ini juga bisa memberikan keharuman sepanjang hari. Dalam satu kemasan lengkap, Anda akan mendapatkan ekstra perawatan dan perlindungan rambut bayi. Menarik, bukan?

No.2

Tropee BebeHair Lotion

Mulai dari Rp55.000,00

Kemasan spray, tidak mudah tumpah dan gampang diaplikasikan

Mungkin Anda pernah kesulitan memakaikan hair lotion pada bayi karena kemasannya menggunakan botol tuang. Belum lagi jika anak Anda aktif bergerak sehingga sulit mengaplikasikan produk pada rambutnya. 


Nah, Anda membutuhkan hair lotion berkemasan spray seperti produk ini. Di samping itu, produk ini punya wangi menyegarkan yang tahan lama. Rambut si kecil dijamin bebas apek meski panas-panasan di bawah terik matahari. 

No.3

Fabindo SejahteraBambi Baby Hair Lotion

Mulai dari Rp30.200,00

Kandungannya mampu membantu meredakan iritasi kulit

Kulit kepala yang kemerahan dan mengalami iritasi sungguh mengganggu bayi. Akibatnya, bayi akan menjadi rewel dan sulit untuk tidur dengan nyenyak. Jika Anda mencari produk yang bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit kepala, hair lotion ini bisa menjadi pilihan. 


Produk ini diperkaya dengan allantoin yang mampu mengatasi iritasi ringan dan menyejukkan kulit yang kemerahan. Selain itu, kandungan vitamin E-nya akan membuat rambut bayi terasa halus dan tampak berkilau.

No.4

PZ CussonsCussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery

Mulai dari Rp12.500,00

Mild formula yang aman dan lembut di kulit bayi

Kulit kepala bayi masih sangat lembut sehingga kita harus memilih produk dengan formula khusus. Maka dari itu, pertimbangkanlah hair lotion dari Cussons dengan mild formula yang aman diaplikasikan ke kepala bayi. Selain itu, produk ini juga bisa menjaga rambut tetap lembut, mudah diatur, dan segar.


Hair lotion ini memiliki beberapa varian yang bisa Anda pilih. Namun, kami merekomendasikan varian Candle Nut & Celery yang bisa menebalkan dan menghitamkan rambut. Jika Anda menyukai wangi yang lembut dan sangat khas bayi, produk ini pasti akan Anda sukai. 

No.5

Beauty Barn IndonesiaThickening Hair Lotion

Mulai dari Rp89.000,00

Bisa melebatkan rambut bayi yang tipis

Apakah si kecil punya rambut yang tipis? Jika iya, kami merekomendasikan hair lotion dari Beauty Barn untuk mereka gunakan. Kandungan minyak kemirinya tak hanya bisa membuat rambut si kecil menjadi lebih hitam, tetapi juga menebalkan. 


Dengan pemakaian yang rutin, rambut si kecil yang tipis akan berangsur-angsur menebal selama beberapa bulan. Rambut pun juga tampak berkilau dan lebih sehat. Penasaran? Langsung coba saja!

No.6

Tempo Scan PacificMy Baby Hair Lotion Black & Shine

Mulai dari Rp18.700,00

Bikin rambut bayi harum lebih lama

Saat bayi Anda sedang aktif-aktifnya, rambut yang selalu wangi tentu akan membuatnya lebih segar. Beberapa hair lotion mungkin hanya memberi keharuman sesaat, tetapi tidak dengan hair lotion dari My Baby. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan keharuman rambut bayi lebih tahan lama. 


Aroma harum adalah stimulus yang baik untuk perkembangan saraf olfaktori bayi yang nantinya memengaruhi indra penciuman. Alhasil, bayi akan lebih relaks dan emosinya pun lebih terkendali. Oleh karena itu, mengapa tidak menjaga keharuman rambutnya dengan hair lotion ini?

No.7

PigeonBaby Hair Lotion

Mulai dari Rp25.600,00

Lindungi kulit kepala bayi dari iritasi ringan

Orang tua mana yang tidak sedih jika kulit kepala bayinya mengalami iritasi? Yuk, lindungi kulit kepala bayi Anda dengan rutin menggunakan hair lotion ini. Ekstrak jojoba dan kamomil di dalamnya akan melindungi kulit kepala bayi dari iritasi ringan. Ditambah lagi, produk ini juga sudah teruji klinis sehingga aman dipakai untuk kulit bayi sensitif. 

No.8

Hilangkan kerak di kulit kepala bayi baru lahir

Berhati-hatilah saat Anda mencari produk perawatan kulit kepala untuk bayi baru lahir. Biasanya, bayi yang baru lahir memiliki kerak di kepalanya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan PureBB Hair Lotion untuk merawat kulit kepala bayi Anda. 


Kandungan Pro Vitamin B5 mampu meregenerasi jaringan kulit sehingga baik untuk menghilangkan kerak di kulit kepala bayi. Produk ini pun diklaim aman bagi bayi baru lahir karena tidak mengandung alkohol dan paraben.

No.9

KonimexKonicare Natural Baby Hair Lotion

Mulai dari Rp20.600,00

Wangi parfumnya lembut, Anda pasti gemas menciumi rambut bayi

Kepala dan rambut bayi yang wangi tidak hanya membuatnya merasa nyaman, Anda pun pasti betah menciuminya. Karena itu, pilihlah hair lotion yang bisa memberikan keharuman wangi parfum yang lembut seperti yang dimiliki produk ini.


Dengan kandungan minyak zaitun, hair lotion ini diformulasikan untuk merawat rambut bayi dan memberinya kelembapan sepanjang hari. Alhasil, rambut bayi Anda akan terawat dan wangi setiap saat.

No.10

Godrej Mitu Baby Hair Lotion

Mulai dari Rp14.500,00

Teruji tes hypoallergenic, aman untuk kulit bayi sensitif

Jika kulit anak sensitif, Anda harus berhati-hati mencari hair lotion. Pilihlah produk yang sudah teruji hypoallergenic (antialergi) seperti Mitu Baby Hair Lotion. Itulah yang membuat hair lotion ini aman diaplikasikan pada kulit bayi yang sensitif. Ditambah lagi, kandungan ekstrak kemiri dan urang aring di dalamnya bisa menutrisi rambut bayi agar selalu tampak sehat. 

Baca juga rekomendasi perawatan rambut bayi lainnya di sini

Kulit kepala dan rambut bayi tidak boleh luput dari perawatan. Selain hair lotion, Anda juga membutuhkan sampo bayi yang tepat dan sisir untuk merawat rambutnya. Beberapa artikel berikut ini bisa dijadikan referensi sebelum membeli.

Kesimpulan

Pada usia balita, anak-anak sangat aktif bergerak sehingga produksi keringat yang berlebih bisa menimbulkan masalah di kulit kepala. Salah satu ciri-ciri anak sehat adalah memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat. Jadi, rawatlah kesehatan kulit kepala dan rambutnya sejak bayi.


Kami telah merekomendasikan beberapa produk hair lotion terbaik untuk bayi Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Yuk, jaga kesehatan rambut anak dengan hair lotion mulai dari sekarang.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer