1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan ikan
  6. >
  7. 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Aquarium Kecil Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023)

Memelihara ikan favorit tidak harus selalu menggunakan akuarium besar. Meski space dalam tempat tinggal Anda terbatas, Anda bisa menggunakan akuarium kecil untuk memelihara ikan. Ada beragam akuarium kecil beredar di pasaran dengan bahan dan tampilan masing-masing, mulai dari yang berbentuk bulat hingga panjang.


Dalam artikel ini, Anda akan menemukan cara memilih dan daftar rekomendasi akuarium kecil terbaik. Akuarium kecil kuat berkualitas tinggi pun bisa segera Anda miliki. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution. Tidak perlu menunggu lama, baca sampai tuntas artikel berikut ini, ya!

Diperbaharui 05-31-2022
Pakar
Pengajar dan pebisnis ikan cupang
Fauzi Nasution

Selain menjadi seorang pengajar di Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI), Fauzi juga seorang pebisnis ikan cupang. Ia menjual berbagai macam ikan cupang melalui Instagram-nya. Ia mendapat pengalaman memelihara ikan dan hewan akuatik lainnya dari riset di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), ITB. Pada 2016–2019, Fauzi melakukan beberapa riset menggunakan zebrafish dan udang vaname. Dari pengalaman riset tersebut, Fauzi menjadi familier dengan berbagai masalah terkait pemeliharaan hewan di akuarium.

Profil Fauzi Nasution
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aquarium kecil

Secara umum, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli akuarium kecil. Berikut ini, akan kami jelaskan ketiga hal tersebut secara mendetail.

① Pilih produk berdasarkan materialnya

Ada dua bahan yang umum digunakan untuk membuat akuarium kecil. Setiap bahan memiliki keunggulannya masing-masing. Dengan mengenali keunggulan keduanya, menentukan akuarium kecil yang paling tepat terasa begitu mudah.

Akuarium akrilik/plastik, sangat mudah dipindahkan

Akuarium akrilik/plastik, sangat mudah dipindahkan

Dibanding dengan akuarium berbahan kaca, produk yang terbuat dari akrilik atau plastik memiliki bobot lebih ringan. Hal tersebut membuatnya lebih mudah diangkat atau dipindahkan. Anda yang dinamis dan sering memindahkan hiasan interior agar tidak bosan tentu cocok memilih produk ini.


Menariknya lagi, akuarium akrilik juga tergolong tangguh dan tidak mudah pecah. Terjatuh atau terbanting sekalipun tidak membuatnya langsung pecah atau retak begitu saja. Apabila di tempat tinggal Anda ada hewan peliharaan lain atau anak kecil, tentu poin ini layak dipertimbangkan.


Selain itu, material akrilik mudah dibentuk menjadi beragam wujud. Hal tersebut membuatnya memiliki bentuk yang bisa dibilang lebih bervariasi daripada akuarium kaca.

Akuarium kaca, jernih senantiasa dan tahan goresan

Akuarium kaca, jernih senantiasa dan tahan goresan

Berbeda dengan akuarium akrilik, produk berbahan kaca memang lebih rentan pecah dan memiliki bobot lebih berat. Meski begitu, akuarium kaca tetap memiliki segudang keunggulan, lho!


Pengunaan bahan kaca akan membuat akuarium menjadi sangat tahan goresan. Anda pun tidak perlu khawatir akuarium menjadi rusak saat tengah memasukkan hiasan misalnya batu atau koral tajam ke akuarium. Saat membersihkan akuarium pun Anda tidak perlu terlalu pelan dan berhati-hati. Toh, selama Anda tidak menggores permukaan kaca akuarium dengan benda tajam secara bertenaga, akuariumnya sulit tergores.


Selain itu, meski digunakan dalam jangka panjang, akuarium kaca jauh lebih terjaga kejernihannya. Memang benar, akuarium kaca tetap bisa kotor akibat kerak, kotoran ikan, biofilm (bakteri bertekstur licin), alga, dan sebagainya bila jarang dibersihkan.


Namun, setelah Anda membersihkannya akuarium kaca akan kembali menjadi jernih. Hal ini tentu berbeda dengan akuarium akrilik yang lama kelamaan akan menguning dan menjadi tidak jernih. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin tampilan akuarium tetap clear dan minim goresan, tak perlu ragu memilih akuarium kaca.

② Pastikan ukuran aquarium sesuai dengan area penempatannya

Pastikan ukuran aquarium sesuai dengan area penempatannya

Meski sama-sama tergolong kecil, bukan berarti ukuran antara satu akuarium dengan akuarium lainnya persis sama, bukan? Mengecek dengan saksama ukuran akuarium tentu merupakan langkah cerdas yang bisa Anda lakukan.


Pasalnya, akuarium biasanya ditempatkan di atas meja bersamaan dengan benda lainnya. Seandainya pun Anda meletakkannya di lantai, Anda tetap perlu menyediakan space untuk menempatkan akuarium tersebut. Jadi, mempertimbangkan ukuran aquarium yang minimalis dan cukup kecil untuk ditaruh di ruangan sangat perlu dilakukan.


Bisa jadi akuarium pilihan Anda ukurannya lebih besar daripada space yang disediakan. Bila demikian, Anda bisa jadi lebih repot karena harus menggeser atau memindahkan barang di sekitar akuarium. 


Bisa jadi juga Anda telanjur memilih produk yang ukurannya lebih kecil daripada area penempatannya. Bila ikan yang Anda pelihara tidak terlalu besar atau banyak, hal tersebut bukanlah masalah. Toh, adanya space sisa malah memberi Anda area ekstra untuk menempatkan benda lain, misalnya pompa akuarium.


Oleh karena itu, pastikan Anda memilih akuarium yang ukurannya sesuai dengan space dalam penempatan. Pas atau lebih kecil dari space yang disediakan tidak masalah, hindari saja memilih produk yang ukurannya terlalu besar.

③ Sesuaikan model akuarium dengan preferensi

Sesuaikan model akuarium dengan preferensi

Di ruang mana pun Anda tempatkan, adanya akuarium akan mempercantik tampilan ruangan. Terlebih ketika akuarium dipenuhi air dan diisi ikan, ruangan terasa makin fresh! Mempertimbangkan hal tersebut, poin terkait model akuarium juga jangan luput dari perhatian Anda. 


Anda akan menemukan produk berbentuk bowl yang terlihat sleek dan elegan. Ada juga akuarium minimalis kecil yang ramping dan memberi kesan dinamis dalam ruangan. Bahkan, ada produk yang modelnya sangat futuristis dan canggih. Anda bebas memilih produk yang modelnya dirasa paling ideal.

10 Rekomendasi aquarium kecil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk aquarium kecil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Akuarium Mini Tabung Bulat

 Akuarium Mini Tabung Bulat 1枚目

Bentuk tabung unik dengan lampu LED untuk menyemarakkan akuarium

2

Akuarium Mini Bulat 475ml

 Akuarium Mini Bulat 475ml 1枚目

Ukuran mini untuk ditaruh di meja kerja yang berukuran terbatas

3

USB Desktop Aquarium Mini Fish Tank

 USB Desktop Aquarium Mini Fish Tank 1枚目

Kaya akan berbagai fitur modern, air di dalamnya akan senantiasa segar

4

Akuarium Mini PVC/Akrilik

 Akuarium Mini PVC/Akrilik 1枚目

Desain unik, ada lampunya juga untuk menambah keindahan

5

Small Aquarium Sweet Terrarium

 Small Aquarium Sweet Terrarium 1枚目

Ada gagangnya, makin mudah dibawa

6

Toples Soliter Paxton

 Toples Soliter Paxton 1枚目

Jernih dan tanpa sambungan, sangat cocok untuk ikan cupang

7

DLX Aquarium

Fish Bowl Small 1,5 liter

DLX Aquarium Fish Bowl Small 1,5 liter 1枚目

Model fish bowl, tampak cantik dengan desain membulat

8

Akuarium Mini Akrilik Fullset

 Akuarium Mini Akrilik Fullset 1枚目

Sudah sepaket dengan mesin filter, lampu LED, dan air mancur!

9

Nikita

Small Aquarium Triset + Tutup

Nikita Small Aquarium Triset + Tutup 1枚目

Makin kuat dan ringan dengan penggunaan bahan fiber glass

10

Nisso Bahari

Akuarium Kaca BAHARI Glassmate CUS

Nisso Bahari Akuarium Kaca BAHARI Glassmate CUS 1枚目

Hiasi ruangan dengan akuarium ramping minimalis

Perincian produk
Close
No.1

Akuarium Mini Tabung Bulat

Mulai dari Rp15.000,00

Bentuk tabung unik dengan lampu LED untuk menyemarakkan akuarium

Apabila Anda pehobi ikan cupang, Anda perlu menyediakan banyak akuarium untuk menaruh ikan masing-masing secara terpisah. Namun, menggunakan akuarium berbentuk kotak tentu akan memakan tempat.


Untuk itu, produk ini bisa menjadi opsi untuk Anda. Dengan bentuk tabung, Anda bisa menaruh lebih banyak akuarium dan mengoleksi banyak cupang. Terlebih lagi, adanya lampu LED akan membuat tampilan akuarium makin semarak.

No.2

Akuarium Mini Bulat 475ml

Mulai dari Rp27.750,00

Ukuran mini untuk ditaruh di meja kerja yang berukuran terbatas

Pekerjaan kantor yang tiada habisnya terkadang membuat Anda penat dan membutuhkan refreshing. Salah satu refreshing yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ikan peliharaan. Nah, agar muat ditaruh di meja kantor yang ukurannya terbatas, Anda bisa memilih produk ini. Dengan diameter tidak lebih dari 10 cm, meja Anda tidak akan sempit dibuatnya.

No.3

USB Desktop Aquarium Mini Fish Tank

Mulai dari Rp263.000,00

Kaya akan berbagai fitur modern, air di dalamnya akan senantiasa segar

Akuarium futuristis berkapasitas 1,5 liter ini dilengkapi sistem water recirculation. Dengan begitu, ikan kesayangan Anda akan terus memperoleh air segar secara konsisten. Agar airnya terus mengalir, Anda cukup menghubungkan produk ini ke sumber listrik melalui slot USB yang tersedia.


Menariknya lagi, produk ini dilengkapi berbagai fitur modern. Ada lampu LED, display LCD, enam pilihan suara alam, jam, kalender, alarm, bahkan indikator suhu! Bagi Anda yang memimpikan untuk memiliki akuarium canggih, produk ini sudah hadir untuk memenuhi impian Anda!

No.4

Akuarium Mini PVC/Akrilik

Mulai dari Rp95.000,00

Desain unik, ada lampunya juga untuk menambah keindahan

Jika Anda ingin akuarium kecil di rumah Anda menjadi point of attention, pertimbangkanlah untuk membeli produk ini. Desain ovalnya tampak sangat unik dengan kaki berbentuk bulat. Untuk menambah keindahan akuarium, produk ini juga menyertakan lampu sehingga ikan-ikan di dalamnya makin terlihat. Anda bisa menaruh berbagai ikan hias cantik warna-warni di dalamnya.

No.5

Small Aquarium Sweet Terrarium

Mulai dari Rp15.000,00

Ada gagangnya, makin mudah dibawa

Dibuat menggunakan plastik pilihan, produk ini kuat untuk Anda gunakan dalam jangka panjang. Pada penutupnya terdapat lubang ventilasi sehingga pasokan oksigen untuk ikan akan tetap terjaga meski penutupnya dipasang.


Anda akan menemukan gagang yang besar di bagian atasnya. Adanya gagang tentu memudahkan Anda untuk mengangkat dan memindahkannya. Akuarium ini adalah salah satu pilihan untuk Anda yang mengutamakan portabilitas. Produk ini sebenarnya terarium yang biasanya digunakan untuk memelihara hewan dan tumbuhan darat. Akan tetapi, produk ini juga bisa digunakan sebagai akuarium.

No.6

Jernih dan tanpa sambungan, sangat cocok untuk ikan cupang

Akuarium berbentuk seperti toples ini diklaim kokoh dan tebal tidak seperti toples permen. Selain itu, bahan akriliknya yang jernih membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai akuarium ikan cupang. Ikan cupang Anda akan terlihat jelas dan indah di dalamnya.


Beberapa toko menjual produk ini secara set beserta sekatnya. Ada juga toko yang menjual sekatnya secara terpisah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga sekatnya pun masih sangat terjangkau.

No.7

DLX AquariumFish Bowl Small 1,5 liter

Mulai dari Rp38.000,00

Model fish bowl, tampak cantik dengan desain membulat

Anda yang menyukai benda dengan tampilan cantik sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Dibuat dengan bentuk membulat dan lekukan halus di mulut bibir akuarium, produk ini terlihat sangat artistik. Model fish bowl juga menjadikan produk ini mampu mempercantik ruangan Anda. Berkapasitas 1,5 liter, Anda bisa menuangkan cukup banyak air ke dalam akuarium kecil ini.

No.8

Akuarium Mini Akrilik Fullset

Mulai dari Rp134.900,00

Sudah sepaket dengan mesin filter, lampu LED, dan air mancur!

Tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli mesin filter, lampu LED, dan air mancur bila Anda memilih produk ini. Ketika membeli produk ini, Anda juga akan langsung memperoleh tiga aksesori tersebut. Tak perlu keluar waktu dan tenaga lebih untuk mencari secara terpisah, deh! Anda tinggal menikmati indahnya ikan-ikan Anda berenang ke sana kemari di dalam akuarium.

No.9

NikitaSmall Aquarium Triset + Tutup

Mulai dari Rp87.000,00

Makin kuat dan ringan dengan penggunaan bahan fiber glass

Akuarium jernih minim goresan sekaligus kuat dan ringan bisa Anda miliki dengan membeli produk ini. Akuarium keluaran Nikita ini dibuat dengan memadukan fiber glass plus kaca. Hasilnya, produk ini menjadi makin kuat, sulit tergores, tetapi tetap mudah dipindahkan. Ditambah dengan adanya penutup yang dilengkapi fiber glass, produk ini pun menjadi makin komplet!

No.10

Nisso BahariAkuarium Kaca BAHARI Glassmate CUS

Mulai dari Rp95.000,00

Hiasi ruangan dengan akuarium ramping minimalis

Model yang tergolong ramping membuat space yang perlu Anda siapkan untuk menempatkan produk ini makin berkurang. Desainnya pun sangat minimalis sehingga cocok Anda tempatkan di ruangan dengan tema interior apa pun. Dibuat dari kaca setebal 5 mm, produk berkapasitas 4,5 liter ini pun menjadi makin kuat. Produk ini salah satu opsi untuk Anda yang ingin memiliki akuarium kecil berdesain simpel.

Tips membersihkan aquarium dari pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution

Tips membersihkan aquarium dari pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution

Cara membersihkan akuarium sangat bergantung pada seberapa kotor akuarium Anda. Akuarium sebaiknya dibersihkan secara rutin untuk menghindari kualitas air menjadi buruk yang akan berdampak pada komunitas di dalam akuarium. Berikut ini cara membersihkan akuarium yang dibagi berdasarkan komponen akuarium.


  • Kaca akuarium

Bagian dalam dan luar kaca dibersihkan dengan cara yang berbeda. Bagian dalam akuarium rentan kotor akibat biofilm dan alga. Gunakan algae scraper untuk membersihkan bagian dalam kaca. Sementara itu, bagian luar kaca dapat dibersihkan menggunakan kain lap bersih yang telah diberi cuka atau senyawa kimia lain yang tidak berbahaya bagi ikan.


  • Dekorasi akuarium

Dekorasi akuarium dapat berupa tanaman maupun batu. Dekorasi akuarium seringkali ditumbuhi alga dan biofilm. Untuk membersihkan tumbuhan hidup, keluarkan tumbuhan dari akuarium kemudian rendam di dalam larutan pemutih konsentrasi rendah selama 2–3 menit. Untuk batu dan tumbuhan palsu, sikat dan rendam di dalam larutan pemutih selama 15 menit. Setelah itu, sikat lagi dan cuci dengan air yang sudah dideklorinasi.


  • Substrat

Substrat seperti pasir dan batu dapat dibersihkan menggunakan sifon.


Pembersihan akuarium biasanya dibarengi dengan penggantian air. Penggantian air sebanyak 25% sudah cukup baik untuk dilakukan secara rutin per bulan. Air yang digunakan sebaiknya adalah air yang telah dideklorinasi.

Baca juga rekomendasi pompa dan hiasan aquarium di sini

Hiasan akuarium bisa Anda beli untuk mempercantik akuarium. Selain itu, dengan memilih pompa akuarium yang tepat, suhu akuarium akan tetap sempurna. Anda bisa membaca informasi lengkap mengenai kedua produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Memelihara ikan dalam ruangan yang terbatas bisa Anda lakukan dengan membeli akuarium kecil. Berbeda material yang digunakan, berbeda pula karakteristik akuariumnya. Anda bisa memilih produk dengan material sesuai selera pribadi.


Mengecek ada tidaknya penutup serta ukuran spesifik akuarium yang Anda incar adalah langkah tepat. Mengingat akuarium juga berfungsi sebagai salah satu hiasan ruangan, pastikan juga desainnya memang Anda sukai. Yuk, pelihara ikan yang Anda suka menggunakan akuarium kecil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer