mybest
Keripik & kerupuk

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kecil & snack
  4. 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

Dahulu, bayam hanya diolah menjadi sup, pecel, atau lalapan. Namun, di bawah tangan terampil pengrajin camilan, bayam disulap menjadi camilan crunchy dan gurih. Tak sekadar memanjakan lidah, snack ini juga ringan dicamil dan mudah disukai siapa saja. Varian rasa keripik bayam kekinian pun banyak, seperti BBQ, keju, hingga salted egg!


Kali ini, kami akan membagikan tips memilih keripik bayam yang enak, renyah, dan bergizi. Merek keripik bayam crispy terbaik, seperti Filsyakhoi, Evyna Food, dan Nimom ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.

Diperbaharui 14/07/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
Ulil Maulida
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh

Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh

Apakah Anda pernah mendengar istilah "You are what you eat"? Tak ada yang lebih beruntung di dunia ini selain orang yang mengetahui khasiat dari tiap makanan yang masuk ke dalam perutnya! Sesungguhnya, apa yang Anda makan menunjukkan seperti apakah diri Anda.


Jika berkaca dari istilah ini, Anda pun dituntun untuk selalu mencari tahu detail tiap makanan yang akan Anda santap. Hal ini tak terkecuali untuk Anda yang hobi mencamil keripik bayam. Apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari tiap potong keripik bayam yang Anda konsumsi?


Keripik bayam punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti:

  • Bayam memiliki kadar zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk mengatasi penyakit anemia
  • Bayam mengandung alpha-lipoic acid yang baik bagi penderita diabetes
  • Bayam mengandung potassium yang efektif untuk menurunkan tekanan darah

Namun, perlu diingat bahwa semua khasiat baik ini akan Anda dapatkan selama keripik bayam diolah dengan tepat. Selain itu, konsumsilah keripik bayam secara seimbang dengan makanan sehat lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keripik bayam

Saat memilih keripik bayam, apakah hal pertama yang Anda pertimbangkan? Apakah dilihat dari merek, bahan, atau kemasannya? Selain beberapa poin ini, ada juga yang memilih produk keripik bayam dari varian rasanya. Untuk mengakomodasi kepentingan semua orang, kami telah merangkum beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih keripik bayam. 

1

Tentukan berdasarkan bahan bakunya

Setiap kali memilih suatu produk, pasti Anda akan mengecek dari bahannya, bukan? Rumus ini juga berlaku saat Anda memilih keripik bayam. Keripik bayam biasanya terbuat dari dua jenis bahan, yaitu bayam merah dan bayam hijau. Apakah perbedaan dari kedua jenis bahan tersebut? Silakan baca poin-poin berikut ini. 

Bayam hijau: Mudah didapat dan pilihannya banyak

Bayam hijau: Mudah didapat dan pilihannya banyak

Sebagian besar keripik bayam memang dibuat dari bayam hijau. Alasannya karena bayam hijau memang lebih mudah didapatkan daripada bayam merah. Maka dari itu, keripik bayam hijau sangat banyak di pasaran.


Anda yang mengaku die hard fans dari bayam hijau sudah pasti tertarik mencoba berbagai merek keripik bayam. Tak hanya itu, keripik bayam hijau bisa juga menjadi pilihan untuk Anda yang belum terbiasa dengan rasa bayam merah.

Bayam merah: Warna merahnya cantik

Bayam merah: Warna merahnya cantik

Tertarik untuk mencoba keripik bayam dengan warna yang unik? Anda bisa memilih keripik bayam merah. Beberapa orang mungkin kurang menyukai bayam merah karena kurang nyaman dengan air yang berwarna merah ketika bayam dimasak.


Padahal, kandungan warna merahnya sangat bagus untuk tubuh karena mengandung zat antioksidan. Jika Anda sudah bosan dengan keripik bayam hijau, jangan ragu untuk mencoba keripik bayam merah, ya.

Bayam Brazil: Jenis bayam yang unik untuk dicoba

Bayam Brazil: Jenis bayam yang unik untuk dicoba

Pada dasarnya, bayam Brazil memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama dengan bayam biasanya. Bedanya adalah pada penampakan daunnya. Bayam Brazil memiliki karakter daun yang kecil, firm (tidak lemas), dan bentuknya membulat dengan sedikit kerutan


Jenis bayam ini mulai marak di Indonesia karena mudah ditanam dan diolah. Selain ditanam dengan cara stek, bayam Brazil banyak dikembangkan dengan cara hidroponik. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba keripik bayam yang lain daripada yang lain, keripik bayam Brazil bisa Anda pertimbangkan!

2

Pilih berdasarkan varian rasanya

Poin kedua yang bisa Anda pertimbangkan adalah memilih berdasarkan varian rasanya. Umumnya, keripik bayam tersedia dalam dua varian rasa, yaitu rasa original dan pedas. Meski begitu, saat ini tersedia varian menarik yang unik dan kekinian.

Varian rasa original: Untuk Anda yang menyukai rasa alami bayam

Varian rasa original: Untuk Anda yang menyukai rasa alami bayam

Spesial untuk Anda yang menyukai rasa alami bayam, sudah pasti Anda harus mencoba varian rasa original. Meskipun keripik bayam tersedia dalam berbagai varian rasa, rasa original tetap memiliki tempat di hati.


Selain itu, varian rasa original juga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga Anda yang tidak suka pedas, bisa mencamil keripik bayam rasa original

Varian rasa pedas: Rasa yang bikin ketagihan

Varian rasa pedas: Rasa yang bikin ketagihan

Orang Indonesia memang tidak bisa hidup tanpa makanan pedas! Sampai-sampai, keripik bayam pun tersedia versi pedasnya. Bayangkan saja betapa nikmatnya keripik bayam yang crunchy dan gurih dipadukan dengan rasa pedas. Anda yang suka bayam dan rasa pedas pasti akan ketagihan dengan varian yang satu ini!

Varian rasa baru: Inovasi rasa yang menarik untuk dicoba

Varian rasa baru: Inovasi rasa yang menarik untuk dicoba

Keripik bayam varian rasa pedas saja sudah membuat ngiler, apalagi kalau dikombinasikan dengan rasa bumbu enak lainnya. Seiring dengan kepopuleran camilan keripik bayam, para produsen berinovasi membuat varian rasa yang tidak biasa. Misalnya saja, keripik bayam rasa barbeku, rumput laut, keju, jagung bakar, hingga rasa salted egg.


Anda dapat melakukan petualangan rasa dengan icip-icip keripik bayam yang mempunyai varian rasa unik ini. Meskipun awalnya sangsi mencoba, bisa jadi Anda akan ketagihan mencobanya. Kuncinya, jangan pernah takut untuk mencoba varian baru.

3

Pertimbangkan keamanan kemasannya

Pertimbangkan keamanan kemasannya
Sumber: shopee.co.id

Keripik bayam termasuk makanan yang mudah remuk, apalagi jika dikirim dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk itu, pertimbangkan tipe kemasan snack bayam yang hendak Anda beli. 


Kemasan keripik bayam yang paling umum adalah kantong plastik biasa. Kemasan plastik dapat memuat lebih banyak keripik. Harganya pun relatif lebih ekonomis dibandingkan packaging stoples. Akan tetapi, kemasan ini lebih rawan tertekan benda lain sehingga isinya mudah remuk. 


Jika Anda jeli mencari di e-commerce, saat ini ada banyak produsen camilan yang mengemas produknya dalam kemasan stoples. Kemasan stoples lebih kukuh (sturdy) sehingga cenderung aman jika snack di dalamnya tergencet. Akan tetapi, kemasan stoples ini biasanya punya neto yang lebih sedikit dibandingkan kemasan plastik. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keripik bayam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keripik bayam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Arafah Food

Bayam Crispy Doea Toedjoeh

Arafah Food Bayam Crispy Doea Toedjoeh  1

Rp9.750

Agak Murah

Tersedia rasa yang menggoyang lidah untuk penggemar jajanan pedas

2

Nimom

Keripik Bayam

Nimom  Keripik Bayam  1

Rp9.000

Lebih Murah

Keripik bayam berbumbu dengan rasa baru yang inovatif

3

Cap Warung

Keripik Bayam Bogor

Cap Warung Keripik Bayam Bogor 1

Rp15.500

Menengah

Stok camilan yang cocok untuk keluarga di rumah

4

Istiqomah

Keripik Daun Bayam

Istiqomah Keripik Daun Bayam 1

Rp19.500

Menengah

Rasanya autentik dan berbalutkan tepung tebal nan crispy

5

Filsyakhoi

Bayam Crackers

Filsyakhoi  Bayam Crackers  1

Rp17.000

Menengah

Varian rasanya unik, ada rasa balado hingga pizza!

6

Mr. Crispy

Bayam Crispy

Mr. Crispy Bayam Crispy  1

Rp25.000

Agak Mahal

Packaging-nya aman dan kekinian, cocok untuk hampers

7

Odjolali

Keripik Bayam

Odjolali Keripik Bayam 1

Rp18.000

Menengah

Daun bayamnya besar-besar, lebih puas menyantapnya

8

Sesawi

Bayem Crispy

Sesawi Bayem Crispy  1

Rp20.000

Menengah

Tidak berminyak dan bebas pengawet, aman untuk anak-anak

9

Fazafra

Keripik Bayam Brazil

Fazafra Keripik Bayam Brazil 1

Rp10.500

Agak Murah

Sensasi "kriuk" yang berbeda karena memakai bayam Brazil

10

Evyna Food

Spinach Chips

Evyna Food Spinach Chips 1

Rp47.000

Lebih Mahal

Nutrisinya makin lengkap dengan tambahan sorgum

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Arafah FoodBayam Crispy Doea Toedjoeh

Bayam Crispy Doea Toedjoeh  1
Harga referensi
Rp9.750
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.750
Agak Murah

Tersedia rasa yang menggoyang lidah untuk penggemar jajanan pedas

Apakah Anda pemburu camilan dengan cita rasa pedas? Jika iya, Anda harus mencoba Bayam Crispy Doea Toedjoeh ini. Makanan ringan yang diproduksi di Malang ini menjanjikan rasa pedas yang akan memuaskan lidah Anda. Meskipun kaya akan bumbu, produk ini dikatakan bebas dari bahan pengawet dan MSG, lho. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Nimom Keripik Bayam

Harga referensi
Rp9.000
Lebih Murah

Keripik bayam berbumbu dengan rasa baru yang inovatif

Bayam crispy produksi Bandung ini layak disantap untuk Anda yang gemar eksplor rasa baru. Tak seperti keripik bayam lainnya yang memiliki rasa original dan pedas, jajanan ini hadir dengan rasa baru yang inovatif. Selain rasa BBQ, snack ini punya rasa jagung bakar, salted egg, hingga sambal matah! Penasaran seperti apa rasanya? Langsung saja masukkan ke keranjang belanja Anda!

No.3

Cap WarungKeripik Bayam Bogor

Harga referensi
Rp15.500
Menengah

Stok camilan yang cocok untuk keluarga di rumah

Saat mencari camilan yang enak untuk keluarga, tentu Anda mencari yang isinya banyak dan harganya terjangkau, bukan? Jika demikian, keripik bayam ini pas sekali untuk memenuhi persediaan camilan Anda di rumah. Rasa orisinal keripik bayam ini juga tidak akan membuat Anda bosan mencamilnya. Keripik bayam produksi Bogor ini juga melewati proses quality control sebelum dikirim ke konsumennya, lho. 

No.4

IstiqomahKeripik Daun Bayam

Harga referensi
Rp19.500
Menengah

Rasanya autentik dan berbalutkan tepung tebal nan crispy

Keripik bayam dari Sidoarjo ini berbalutkan tepung yang agak tebal. Apabila jenis keripik bayam dengan tepung agak tebal adalah selera Anda, pertimbangkan produk ini. Ketebalan tepung tersebut memberikan tekstur yang kress saat digigit. Meski hanya memiliki satu varian rasa, keripik bayam yang satu ini sangat autentik tanpa banyak tambahan bumbu lainnya.

No.5

Filsyakhoi Bayam Crackers

Harga referensi
Rp17.000
Menengah

Varian rasanya unik, ada rasa balado hingga pizza!

Filsyakhoi menghadirkan keripik bayam dengan enam varian rasa yang superunik! Selain rasa original, Anda juga bisa mencoba varian barbeku, balado limesalt cheese, hot spicy, hingga pizza! Produk ini tentunya cocok untuk milenial karena cita rasanya kekinian. Selain untuk teman nongkrong, Anda juga bisa menikmatinya sebagai lauk saat makan nasi.

No.6

Mr. CrispyBayam Crispy

Harga referensi
Rp25.000
Agak Mahal

Packaging-nya aman dan kekinian, cocok untuk hampers

Jika kebanyakan keripik bayam dikemas dalam kemasan plastik, tidak demikian dengan keripik bayam dari Mr. Crispy ini. Makanan ringan ini dikemas dalam stoples yang aman. Pada bagian luarnya, Mr Crispy juga melengkapi produknya dengan packaging boks yang kian membuat produk ini menarik. 


Anda dapat menjadikan camilan ini sebagai kado atau hampers untuk kerabat dekat Anda. Cita rasa keripik bayam yang crunchy dan gurih ini juga akan membuat siapa pun ketagihan!

No.7

OdjolaliKeripik Bayam

Harga referensi
Rp18.000
Menengah

Daun bayamnya besar-besar, lebih puas menyantapnya

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang lebih menyukai keripik bayam berdaun lebar. Keripik bayam ini dibalur tepung dan digoreng hingga garing sehingga sangat renyah saat digigit. Selain dicamil begitu saja, Anda juga bisa menjadikan keripik bayam ini sebagai pengganti kerupuk untuk santapan makan Anda. 

No.8

SesawiBayem Crispy

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Tidak berminyak dan bebas pengawet, aman untuk anak-anak

Bayam crispy merek Sesawi bisa menjadi teman pendamping nasi yang lezat. Rasa gurih serta tekstur renyah keripik bayam ini akan berpadu sempurna dengan nasi hangat yang pulen. Bayam renyah ini juga aman dikonsumsi anak-anak karena tidak mengandung pengawet serta perasa buatan. 


Selain itu, produk ini juga tidak terasa berminyak. Hal itu karena setelah digoreng, keripik bayam ini dimasukkan ke dalam spinner untuk mengurangi kadar minyak hingga 90%. Lebih sehat dan aman, bukan?

No.9

FazafraKeripik Bayam Brazil

Keripik Bayam Brazil 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp10.500
Agak Murah

Sensasi "kriuk" yang berbeda karena memakai bayam Brazil

Keripik bayam dari Fazafra ini sangat unik karena terbuat dari bayam Brazil. Bayam Brazil memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan daun bayam yang biasanya. 


Bayam Brazil juga punya tekstur yang lebih tebal dan kukuh. Alhasil, saat menggigit camilan ini, Anda akan merasakan sensasi kriuk yang berbeda. Menariknya, camilan ini dijual dalam pilihan rasa yang beragam, seperti rasa ayam bakar hingga rumput laut!

No.10

Evyna FoodSpinach Chips

Harga referensi
Rp47.000
Lebih Mahal

Nutrisinya makin lengkap dengan tambahan sorgum

Evynafood merupakan brand minuman serbuk herbal serta camilan berbahan alami. Salah satu camilan sehat yang patut di-checkout dari etalase toko ini tentu saja keripik bayamnya. Keripik bayam ini diproses tanpa tambahan pewarna atupun pengawet buatan. 


Dilihat dari komposisinya, camilan ini menambahkan sorgum yang kaya serat, vitamin, dan protein. Karakteristik keripik bayam ini adalah tepungnya yang tidak tebal. Jadi, Anda masih bisa menikmati rasa bayam asli yang ringan untuk digigit.

Baca juga rekomendasi keripik lainnya di sini

Selain bayam, bahan lainnya yang enak dan populer dijadikan keripik adalah tempe, pisang, dan juga singkong. Untuk pencinta keripik, jangan lewatkan review keripik paling enak di bawah ini!

Kesimpulan

Siapa sangka, bahan baku sederhana seperti bayam bisa diolah menjadi keripik dengan cita rasa tinggi. Anda yang selama ini tidak menyukai sayur bayam pun bisa mencoba keripik bayam dengan varian rasa kekinian. 


Keripik bayam juga bisa menjadi pendamping makan nasi atau camilan saat Anda bekerja atau berkumpul dengan keluarga. Namun, Anda harus tetap memperhatikan porsinya agar kalori harian Anda tetap terjaga. 

5 Rekomendasi Keripik Bayam terbaik

No. 1: Arafah FoodBayam Crispy Doea Toedjoeh

No. 2: Nimom Keripik Bayam

No. 3: Cap WarungKeripik Bayam Bogor

No. 4: IstiqomahKeripik Daun Bayam

No. 5: Filsyakhoi Bayam Crackers

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kecil & snack
  4. 10 Keripik Bayam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.