• 10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Moisturizer Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Moisturizer atau pelembap untuk kulit sering kali meninggalkan efek lengket di kulit sehingga membuat orang enggan menggunakannya. Jika Anda merasakan hal yang sama, Anda bisa memakai moisturizer gel. Moisturizer gel cepat diserap kulit dan bertekstur ringan sehingga sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak.


Apabila Anda bingung menentukan moisturizer gel yang bagus, bacalah artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan tipsnya. Simak juga rekomendasi moisturizer gel terbaik dari merek-merek ternama, seperti Wardah, Pond's, SOMETHINC, dan lain-lain. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Moisturizer gel, pelembap bebas rasa lengket

Moisturizer gel, pelembap bebas rasa lengket

Menggunakan pelembap untuk wajah memang harus dilakukan agar kulit tetap ternutrisi dan terjaga kelembapannya. Namun, pelembap atau moisturizer biasanya terbuat dari bahan dasar minyak sehingga meninggalkan rasa lengket di kulit. Efek tersebut tentu membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Kabar baiknya, Anda dapat memilih moisturizer bertekstur gel yang memiliki bahan dasar air.


Beberapa formula moisturizer gel ada yang masih mengandung emolients dan minyak, tetapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan moisturizer krim. Itu sebabnya moisturizer gel lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi. Akan tetapi, walau tidak banyak, ada juga produk yang diformulasikan untuk tipe kulit kering.


Kemudian, karena berbahan dasar air, moisturizer ini akan membuat kulit terasa lebih sejuk. Karena itu, tidak heran jika produk moisturizer gel sangat pas digunakan pada iklim tropis Indonesia. Ditambah lagi, moisturizer gel mampu melembapkan lebih dalam sehingga kulit akan terasa lebih kenyal saat awal penggunaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih moisturizer gel

Ada begitu banyak produk moisturizer gel yang dijual di pasaran. Agar Anda tidak salah membeli, kami akan berikan tips mudah untuk memilih moisturizer gel. Simaklah dengan saksama agar Anda mendapatkan produk yang pas di kulit.

Sesuaikan kandungan bahannya dengan jenis kulit

Sebenarnya, Anda dapat mengetahui formula moisturizer yang cocok untuk kulit Anda dengan melihat label kemasan. Pada label tersebut biasanya tertulis keterangan "all skin type", "dry skin", atau "oily and acne prone skin". Namun, jika Anda ingin mengetahui dengan lebih pasti, Anda dapat memeriksa kandungan bahan-bahannya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kulit normal dan berminyak: Cocok dengan berbagai produk moisturizer gel

Kulit normal dan berminyak: Cocok dengan berbagai produk moisturizer gel

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat memilih moisturizer gel apa saja. Pasalnya, mosturizer gel berbahan dasar air sehingga tidak terasa berminyak, teksturnya ringan dan cepat diserap oleh kulit. Dengan demikian, kulit Anda akan terhidrasi tanpa meninggalkan rasa lengket ataupun membuat pori-pori tersumbat. Begitu juga dengan pemilik kulit normal.

Kulit kering: Kandungan hyaluronic acid berikan kelembapan ekstra

Kulit kering: Kandungan hyaluronic acid berikan kelembapan ekstra

Bila Anda memiliki jenis kulit yang kering dan ingin mencoba moisturizer gel, Anda perlu memperhatikan kandungan alkoholnya. Dalam daftar ingredients, bahan yang dituliskan pada bagian awal merupakan bahan terbanyak yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Hindarilah moisturizer gel yang banyak mengandung alkohol karena dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering.


Selain itu, pilihlah moisturizer gel yang mengandung hyaluronic acid. Alasannya, hyaluronic acid memberi kelembapan ekstra dengan menarik air dari dalam tubuh dan udara sekitar ke permukaan kulit.


Namun, jika kulit Anda sangat kering, sebaiknya jangan gunakan moisturizer gel. Pasalnya, kulit membutuhkan kelembapan yang lebih banyak lagi untuk mencukupi kebutuhan kulit. Sebagai gantinya, gunakanlah moisturizer berbentuk krim.

Kulit sensitif: Sebisa mungkin hindari kandungan pewangi, alkohol, dan pengawet

Kulit sensitif: Sebisa mungkin hindari kandungan pewangi, alkohol, dan pengawet

Sebagian besar moisturizer gel memang mengandung alkohol sebagai pelarut untuk. bahan-bahan aktif lainnya. Oleh karena itu, para pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati dalam memilih produk ini. Pasalnya, alkohol mungkin saja menjadi pemicu alergi pada kulit Anda. Selain alkohol, sebisa mungkin hindari produk dengan kandungan pewangi dan pengawet karena mungkin akan membuat kulit teriritasi.


Lalu, produk seperti apa yang aman untuk dipilih? Pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih produk dengan label hypoallergenic tested. Label tersebut menunjukkan bahwa produk pilihan Anda tidak menyebabkan alergi pada kulit. Namun, jika Anda masih ragu, coba terlebih dahulu pada area kecil di wajah, lalu tunggu beberapa jam. Apabila muncul ruam merah, jangan lanjutkan penggunaan produk tersebut.

Perhatikan kebutuhan kulit lainnya

Perhatikan kebutuhan kulit lainnya

Di samping jenis kulit, ada kebutuhan kulit lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih moisturizer gel. Kulit berjerawat, kusam dan penuaan dini merupakan contoh kebutuhan kulit yang harus segera diatasi. Mari simak poin-poin berikut ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.


  • Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, Anda perlu memilih moisturizer yang memiliki kandungan anti-acne di dalamnya. Selain itu, gunakanlah produk yang dapat mengontrol produksi kelenjar minyak pada kulit. Salicylic acid dan niacinamide adalah contoh bahan aktif yang dapat mengatasi jerawat serta mengontrol produksi sebum.


  • Jika Anda memiliki permasalahan kulit kusam atau bintik hitam, pilihlah moisturizer gel yang mampu mencerahkan. Biasanya, produk tersebut memiliki kandungan arbutin dan vitamin C. Keduanya merupakan kandungan pemutih kulit alami yang ampuh membuat kulit terlihat lebih cerah.


  • Bagi Anda yang ingin melawan tanda-tanda penuaan, pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid mampu melembapkan kulit sehingga kulit lebih plump dan bebas kerutan. Pilih juga produk yang memiliki kandungan antioksidan untuk menghambat proses penuaan pada kulit.

Pertimbangkan produk lokal

Produk moisturizer gel buatan luar negeri memang menarik untuk dipilih karena memiliki banyak ulasan positif dari para penggunanya. Namun, moisturizer gel produksi dalam negeri pun tak kalah berkualitas, lho. Ada cukup banyak merek lokal yang memproduksi moisturizer gel dengan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Sebut saja merek Joylab, Wardah, dan SOMETHINC.


Selain itu, produk moisturizer lokal umumnya lebih cocok dengan kondisi kulit dan iklim di Indonesia. Harganya pun rata-rata lebih bersahabat dengan kantong. Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan merek lokal jika menginginkan moisturizer gel yang ekonomis, tetapi tetap berkualitas.

10 Rekomendasi moisturizer gel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk moisturizer gel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

10

AvoskinYour Skin Bae Glow Concentrate Treatment Polypeptide + Multi Probiome + Acetyl Glucosamine + Red Algae

Mulai dari Rp 359.000,00

Isi45 ml
Kandungan utamaPolypeptide, multi probiome, acetyl glucosamine, red algae
9
Isi40 gram
Kandungan utamaHyaluronic acid
8

Johnson & JohnsonNeutrogena Hydro Boost Water Gel

Mulai dari Rp 229.000,00

Isi48 gram
Kandungan utamaHyaluronic acid
7

BHUMICeramide Hydra Lock Moisturizer

Mulai dari Rp 239.000,00

Isi45 gram
Kandungan utamaHyaluronic acid, ceramide, zinc PCA, borage oil, grapeseed oil
6

WardahNature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Mulai dari Rp 21.500,00

Isi40 ml
Kandungan utamaChamomile extract, pro-vitamin B5, vitamin E
5

JoylabMoisture Bomb Pudding Gel Creme

Mulai dari Rp 145.000,00

Isi30 gram, 50 gram
Kandungan utamaGlycerin, allantoin, caffeine, 2% betaine, 2% niacinamide
4

UnileverPond's Juice Collection Moisturizer Orange Nectar

Mulai dari Rp 24.500,00

Isi20 gram
Kandungan utamaOrange nectar
3

SOMETHINCCeramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Mulai dari Rp 169.000,00

Isi25 ml, 50 ml
Kandungan utamaHydrolyzed Marine Collagen, MiniHA
2

EminaMs. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Mulai dari Rp 24.500,00

Isi20 ml
Kandungan utamaWitch hazel, rosebay willowherb, Aloe vera
1

UnileverCitra Fresh Glow Multifunction Gel Aloe Bright UV

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi180 ml
Kandungan utamaAloe vera, lactic acid, niacinamide

Tabel perbandingan produk moisturizer gel terbaik

Gambar produk
1
Unilever Citra Fresh Glow Multifunction Gel Aloe Bright UV 1

Unilever

2
Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel 1

Emina

3
SOMETHINC Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel 1

SOMETHINC

4
Unilever Pond's Juice Collection Moisturizer Orange Nectar  1

Unilever

5
Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme 1

Joylab

6
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel 1

Wardah

7
BHUMI Ceramide Hydra Lock Moisturizer 1

BHUMI

8
Johnson & Johnson Neutrogena Hydro Boost Water Gel 1

Johnson & Johnson

9
ROHTO Hada Labo Perfect 3D Gel 1

ROHTO

10
Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment Polypeptide + Multi Probiome + Acetyl Glucosamine + Red Algae 1

Avoskin

Nama produk

Citra Fresh Glow Multifunction Gel Aloe Bright UV

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Pond's Juice Collection Moisturizer Orange Nectar

Moisture Bomb Pudding Gel Creme

Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Ceramide Hydra Lock Moisturizer

Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Hada Labo Perfect 3D Gel

Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment Polypeptide + Multi Probiome + Acetyl Glucosamine + Red Algae

Keunggulan

Tidak mengandung alkohol, skin barrier pun terjaga

Ekstrak rosebay willowherb, bagus untuk mengurangi kemerahan pada kulit anak remaja

Kunci kelembapan selama 18 jam dengan produk hypoallergenic tested

Kandungan vitamin C-nya membantu menunjang produksi kolagen

Brand lokal dengan tekstur selembut puding, tidak lengket di kulit

Harganya ekonomis dengan kualitas yang mumpuni

Hyaluronic acid-nya menggunakan molekul terkecil, lebih efektif mengikat kelembapan

Formulanya cepat meresap ke kulit, selamat tinggal kulit kering!

Fragrance free, kulit pun aman dari iritasi

Kulit tetap cerah meski tanpa niacinamide

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 24.500,00Rp 169.000,00Rp 24.500,00Rp 145.000,00Rp 21.500,00Rp 239.000,00Rp 229.000,00Rp 110.000,00Rp 359.000,00
Isi180 ml20 ml25 ml, 50 ml20 gram30 gram, 50 gram40 ml45 gram48 gram40 gram45 ml
Kandungan utamaAloe vera, lactic acid, niacinamideWitch hazel, rosebay willowherb, Aloe veraHydrolyzed Marine Collagen, MiniHAOrange nectarGlycerin, allantoin, caffeine, 2% betaine, 2% niacinamideChamomile extract, pro-vitamin B5, vitamin E Hyaluronic acid, ceramide, zinc PCA, borage oil, grapeseed oilHyaluronic acidHyaluronic acidPolypeptide, multi probiome, acetyl glucosamine, red algae
Tautan produk

Baca juga rekomendasi moisturizer lainnya di sini

Selain moisturizer gel, kami juga memiliki rekomendasi tinted moisturizer, moisturizer cream, dan moisturizer Wardah. Untuk mengetahui lebih detail tentang produknya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Menggunakan moisturizer wajah sangat penting agar kulit tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Namun, ketika memilih moisturizer gel, pertimbangkanlah jenis dan kebutuhan kulit Anda. Dengan begitu, kulit akan mendapatkan manfaat maksimal dari moisturizer gel yang Anda pilih.


Nah, silakan gunakan poin-poin yang telah kami berikan sebagai panduan dalam memilih moisturizer gel, ya. Anda juga bisa menandai halaman ini agar mudah dibaca ulang kapan saja. Yuk, jaga kelembapan kulit dengan moisturizer gel!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori