• 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Propolis merupakan zat yang dibuat oleh lebah madu untuk melindungi sarang mereka. Selain berkhasiat sebagai antibakteri dan antioksidan, propolis juga dapat meningkatkan imunitas. Terdapat beberapa tipe propolis yang dapat Anda pilih di pasaran, baik dari segi kemasan maupun komposisinya.

Ada propolis dalam bentuk cair seperti pada produk merk Moment Propolis dan Melia Propolis. Ada juga propolis dalam bentuk kapsul seperti pada produk Blackmores, HNI, dan lainnya. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih propolis beserta sepuluh produk propolis terbaik. Simak ulasan berikut dan temukanlah produk yang bagus dan cocok untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Hannif Andy
Widyanti Yuliandari
Azzahra Ratu Kamila
  • Pembaharuan terakhir: 29 Maret 2021
  • 23.685 Views
Daftar isi

Apa itu propolis?

Apa itu propolis?

Propolis merupakan senyawa antibakteri yang dibuat oleh lebah madu untuk melindungi sarang mereka. Propolis dihasilkan dari getah resin yang dikumpulkan lebah dari pepohonan dan tumbuh-tumbuhan. 


Propolis memiliki manfaat kesehatan seperti antioksidan, anti-inflamasi, dan antijamur. Perlu diingat bahwa propolis hanya berfungsi sebagai suplemen penunjang kesehatan sehingga mungkin tidak cocok dijadikan pengganti obat. Gunakanlah propolis untuk mencukupi asupan suplemen harian Anda.

Cara memilih propolis

Apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk memilih produk propolis berkualitas? Mari simak poin-poin di bawah ini!

Pilihlah propolis yang terkenal akan mutu terbaiknya

Pilihlah propolis yang terkenal akan mutu terbaiknya

Setiap propolis memiliki kualitas yang berbeda-beda, tergantung bahan baku, tempat, serta proses produksinya. Propolis dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti Argentina, Rumania, Italia, bahkan Indonesia. Salah satu propolis yang banyak direkomendasikan adalah propolis Brasil. Propolis Brasil dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada negara lain. 


Selain propolis Brasil, masih banyak lagi propolis lain yang tak kalah berkualitas. Ada propolis Trigona yang bisa Anda dapatkan di Indonesia, propolis Manuka dari Selandia Baru, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih produk yang tepercaya dan jelas kualitasnya, ya. 

Temukan propolis yang paling pas berdasarkan metode ekstraksinya

Ada berbagai macam metode ekstraksi propolis. Metode ekstraksi yang paling populer adalah metode ekstraksi alkohol dan metode ekstrasi air atau supercritical extraction method. Simak penjelasan detailnya berikut ini.

Ekstraksi alkohol, kaya akan kandungan flavonoid

Ekstraksi alkohol, kaya akan kandungan flavonoid

Hampir semua propolis mengandung beeswax dan lilin sehingga cara paling mudah untuk melarutkannya adalah dengan metode ekstraksi alkohol. Selain itu, ekstraksi alkohol juga lebih kaya akan kandungan flavonoid. Jika Anda tidak ada pantangan terhadap alkohol, Anda dapat memilih propolis dengan metode ekstraksi yang satu ini.


Ekstraksi alkohol itu sendiri memiliki aksi bakterisidal dan lebih mudah dilakukan. Dengan metode ini, propolis dapat diekstraksi tanpa campuran zat aditif buatan. Efek dari ekstraksi ini adalah rasa khas propolis yang sangat kuat. 

Ekstraksi air/supercritical extraction method, lebih mudah dikonsumsi

Ekstraksi air/supercritical extraction method, lebih mudah dikonsumsi

Jika Anda mencari propolis tanpa alkohol, pilihlah produk yang diproses menggunakan metode ekstraksi air atau supercritical extraction method. Metode ekstraksi air menghasilkan rasa propolis yang lebih ringan. Akan tetapi, jumlah flavonoidnya lebih sedikit. Hal itu terjadi karena sebagian besar flavonoid terbentuk dari minyak sehingga sulit larut di dalam air. 


Kabar baiknya adalah propolis dengan ekstraksi air bisa dikonsumsi untuk Anda yang menghindari produk beralkohol. Supercritical extraction method adalah ekstraksi yang bersifat anoxic (rendah oksigen). Ekstraksi ini menghasilkan flavonoid yang tidak mudah teroksidasi. 

Carilah bentuk propolis yang Anda suka

Produk propolis ada yang diproduksi dalam bentuk tablet, kapsul, maupun cair. Propolis cair biasanya dikemas dalam botol biasa maupun botol spray. Ada yang menyukai propolis cair karena lebih cepat diserap tubuh. Akan tetapi, ada juga yang lebih menyukai propolis tablet/kapsul karena lebih mudah diminum. Kira-kira, propolis mana yang paling sesuai dengan selera Anda? 

Propolis cair, lebih mudah diserap tubuh

Propolis cair, lebih mudah diserap tubuh

Propolis cair lebih mudah diserap tubuh jika dibandingkan dengan propolis dalam bentuk tablet atau kapsul. Jika Anda adalah orang yang mengutamakan penyerapan suplemen ke dalam tubuh, propolis cair adalah pilihan tepat. Ada dua macam produk propolis cair. Tipe pertama, propolis cair yang harus dicampur air terlebih dahulu baru diminum. Tipe kedua, propolis cair dalam kemasan spray, diminum dengan cara disemprotkan langsung ke rongga mulut.


Jika ingin digunakan untuk memelihara kesehatan, pilihlah tipe pertama. Jika ingin digunakan untuk mencegah gangguan tenggorokan dan flu, pilihlah tipe kedua. Hal penting lainnya, jika Anda pantang terhadap alkohol, pilihlah produk yang non-alkohol.

Propolis tablet/kapsul, lebih mudah dikonsumsi dan tidak meninggalkan rasa

Propolis tablet/kapsul, lebih mudah dikonsumsi dan tidak meninggalkan rasa

Propolis memiliki rasa pekat khas yang tidak semua orang sukai. Beberapa orang lebih memilih propolis tablet atau kapsul untuk menghindari "rasa yang mengganggu" tersebut. Jika Anda termasuk yang tidak menyukai rasa propolis, silakan pilih propolis tablet atau kapsul. Dengan balutan kapsul atau tablet, rasa propolis menjadi tersamarkan sehingga Anda bisa lebih mudah mengonsumsinya.


Ada juga propolis dalam bentuk bubuk atau propolis serbuk. Tipe yang satu ini memiliki aroma yang tidak sepekat propolis cair dan cenderung mudah dikonsumsi. Selain itu, propolis serbuk juga lebih mudah diserap tubuh jika dibandingkan dengan propolis tablet dan kapsul. Bagi Anda yang kesulitan menelan tablet/kapsul dan tidak masalah dengan produk berbentuk serbuk, produk ini bisa menjadi alternatif.

Pilih berdasarkan kandungan utamanya

Berdasarkan kandungan bahannya, ada dua tipe propolis yaitu propolis murni dan propolis campuran. Propolis murni berarti komposisinya hanya terdiri dari propolis saja, sedangkan propolis campuran dilengkapi komposisi tambahan selain propolis. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjabaran di bawah ini.

Propolis murni, memiliki kandungan flavonoid, vitamin, dan mineral paling tinggi

Propolis murni, memiliki kandungan flavonoid, vitamin, dan mineral paling tinggi

Komposisi propolis murni hanya terdiri dari propolis saja, tidak ada tambahan bahan lain. Itulah mengapa kandungan vitamin, flavonoid, dan mineral dalam setiap sebulir propolis ini secara alamiah paling tinggi. Jika Anda mengincar kandungan zat yang melimpah ini, silakan pilih produk propolis murni.

Propolis campuran, suplemen dengan tambahan bahan yang meningkatkan khasiat produk

Propolis campuran, suplemen dengan tambahan bahan yang meningkatkan khasiat produk

Propolis dengan campuran bahan lain atau suplemen dengan tambahan propolis juga cukup digemari. Anda tidak hanya mendapatkan khasiat dari propolis saja, melainkan bisa merasakan manfaat dari bahan tambahannya juga. Sekali mengonsumsi produk, Anda langsung mendapatkan dua manfaat kesehatan sekaligus.

Propolis biasa dipadukan dengan madu Manuka yang terkenal akan efek antibakterinya. Ada juga produk propolis plus royal jelly, bee pollen, dan lain sebagainya. Selain itu, propolis dan ginseng juga dipercaya ampuh menambah vitalitas tubuh. Belum lagi kandungan zat-zat kaya manfaat lainnya seperti isoflavon, agarisk, dan sesamin. Silakan pilih kandungan suplemen kesehatan yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Pilih produk yang tersertifikasi aman

Pastikan suplemen yang Anda pilih memiliki jaminan mutu yang baik dan aman dikonsumsi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli produk propolis.

Sertifikasi dari asosiasi atau lembaga terkait, menunjukkan standar kualitas produk

Sertifikasi dari asosiasi atau lembaga terkait, menunjukkan standar kualitas produk

Pilihlah produk yang memiliki standar mutu baik dan telah diakui oleh badan atau lembaga kesehatan terkait. Untuk produk buatan Indonesia, cari produk yang memiliki lisensi BPOM, Departemen Kesehatan, dan Halal MUI (untuk produk berlisensi halal).


Setiap lembaga memiliki standar pemeriksaan masing-masing. Untuk mendapatkan sertifikasi, pemeriksaan produk harus memenuhi standar quality control lembaga terkait. Hanya produk yang memenuhi standar saja yang akan mendapat lisensi/sertifikasi. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi propolis tanpa khawatir.

Sertifikasi pabrik GMP, menunjukkan standar keamanan produk

Sertifikasi pabrik GMP, menunjukkan standar keamanan produk

Produk yang diproduksi oleh pabrik berstandar GMP (good manufacturing practice) akan lebih aman dikonsumsi. Tidak hanya produk propolis saja, hal ini juga berlaku untuk setiap produk suplemen. Standar GMP tersebut untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi sudah melalui proses pemeriksaan yang ketat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

iUNIKPropolis Vitamin Synergy Serum

Mulai dari Rp 276.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi propolis terbaik

Kami akan menjabarkan sepuluh produk propolis terbaik beserta keunggulannya. Simak ulasan di bawah ini dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
AsalAmerika Serikat
BentukKapsul lunak
IngredientsPropolis, bee pollen, safflower oil, palm oil (Elaeis guineensis), gelatin, natural color (carob, caramel), glycerin, beeswax, soy lecithin, natural flavors, purified water
SertifikasiBPOM (produk Natures Plus Indonesia)
9
AsalIndonesia
BentukCair
IngredientsMadu Trigona, propolis
SertifikasiHalal
8
AsalMalaysia
BentukCair
IngredientsPropolis cair
SertifikasiBPOM (produk Melia Propolis Indonesia)
7
AsalIndonesia
BentukCair
IngredientsPropolis lebah Trigona Spp, ekstrak Moringa oleifera (daun kelor)
Sertifikasi-
6
AsalAustralia
BentukKapsul
IngredientsEkstrak kering propolis
SertifikasiARTG, BPOM (produk Blackmores Indonesia)
5

Natural LifePropolis Liquid Double Strength 40%

Mulai dari Rp 333.100,00

AsalAustralia
BentukCair
IngredientsPropolis resin
SertifikasiARTG, GMP
4

Manuka HealthManuka Honey & Propolis Lozenges

Mulai dari Rp 175.000,00

AsalAustralia
BentukTablet, permen
IngredientsCane sugar, glucose, Manuka honey (4.5%, 193mg), water, propolis (2%, 86mg), natural lemon oil, vitamin C
SertifikasiUMF, MGO
3
AsalIndonesia
BentukCair, spray
IngredientsEkstrak propolis Trigona, glicerin, aquadem
Sertifikasi-
2
AsalIndonesia
BentukCair
IngredientsBioflavonoid (1 tetes setara 500 buah jeruk), 16 jenis asam amino, semua vitamin selain vitamin K, semua mineral selain sulfur, Green Brazilian propolis, mint, nano teknologi (non wax)
SertifikasiBPOM, Halal MUI, GMP
1
AsalIndonesia
BentukKapsul lunak
IngredientsMinyak alami, Nigella sativa, propolis
SertifikasiHalal MUI, BPOM

Tabel perbandingan produk propolis terbaik

Gambar produk
1
HNI Procumin Propolis 1

HNI

2
Saraka Mandiri Semesta Moment Propolis 1

Saraka Mandiri Semesta

3
EZ Trigona Propolis Spray 1

EZ

4
Manuka Health Manuka Honey & Propolis Lozenges 1

Manuka Health

5
Natural Life Propolis Liquid Double Strength 40% 1

Natural Life

6
Blackmores  Propolis 1000 1

Blackmores

7
Essenzo Moringa Propolis 1

Essenzo

8
Herbal Science Melia Propolis 1

Herbal Science

9
EZ  Premium Honey with Propolis 1

EZ

10
Natures Plus  Propolplus Softgels 1

Natures Plus

Nama produk

Procumin Propolis

Moment Propolis

Trigona Propolis Spray

Manuka Honey & Propolis Lozenges

Propolis Liquid Double Strength 40%

Propolis 1000

Moringa Propolis

Melia Propolis

Premium Honey with Propolis

Propolplus Softgels

Keunggulan

Manfaat propolis dan habbatussauda dalam satu genggaman

Green Brazilian Propolis dengan tambahan rasa mint

Propolis spray tanpa lilin pertama dari Indonesia

Obat pelega tenggorokan dengan ekstrak propolis

Berstandar Good Manufacturing Practice (GMP) dan bisa dipakai sebagai obat kumur!

Propolis 1.000 mg, ampuh tangkal radikal bebas

Khasiat ganda dari propolis dan ekstrak moringa

Propolis murni non-alkohol terpopuler di Indonesia

Madu murni yang diperkaya propolis dari lebah Trigona Indonesia

Kebaikan propolis dan bee pollen dalam satu suplemen

Harga mulai dariRp 175.000,00Rp 375.000,00Rp 90.000,00Rp 175.000,00Rp 333.100,00Rp 450.000,00Rp 290.000,00Rp 200.000,00Rp 176.000,00Rp 456.000,00
AsalIndonesiaIndonesiaIndonesiaAustraliaAustraliaAustraliaIndonesiaMalaysiaIndonesiaAmerika Serikat
BentukKapsul lunakCairCair, sprayTablet, permenCairKapsulCairCairCairKapsul lunak
IngredientsMinyak alami, Nigella sativa, propolisBioflavonoid (1 tetes setara 500 buah jeruk), 16 jenis asam amino, semua vitamin selain vitamin K, semua mineral selain sulfur, Green Brazilian propolis, mint, nano teknologi (non wax)Ekstrak propolis Trigona, glicerin, aquademCane sugar, glucose, Manuka honey (4.5%, 193mg), water, propolis (2%, 86mg), natural lemon oil, vitamin CPropolis resinEkstrak kering propolisPropolis lebah Trigona Spp, ekstrak Moringa oleifera (daun kelor)Propolis cairMadu Trigona, propolisPropolis, bee pollen, safflower oil, palm oil (Elaeis guineensis), gelatin, natural color (carob, caramel), glycerin, beeswax, soy lecithin, natural flavors, purified water
SertifikasiHalal MUI, BPOMBPOM, Halal MUI, GMP-UMF, MGOARTG, GMPARTG, BPOM (produk Blackmores Indonesia)-BPOM (produk Melia Propolis Indonesia)HalalBPOM (produk Natures Plus Indonesia)
Tautan produk

Tips dan anjuran saat mengonsumsi propolis

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan tips dan dosis pemakaian propolis. Silakan gunakan ulasan berikut sebagai acuan dan referensi.

Periksalah dosis dan anjuran konsumsi propolis

Periksalah dosis dan anjuran konsumsi propolis

Sebelum mengonsumsi propolis, bacalah dosis dan anjuran pakai yang tertera pada kemasan produk. Setiap produk memiliki dosis yang berbeda, tergantung tipe produk maupun komposisinya. Dosis minum juga berbeda tergantung tujuannya, apakah untuk memelihara kesehatan atau untuk meredakan gejala penyakit.


Pastikan juga kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Apakah sebelum makan atau setelah makan. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Silakan konsumsi asupan suplemen harian Anda dengan bijak dan sesuai aturan yang berlaku.

Berhati-hatilah jika Anda memiliki alergi

Berhati-hatilah jika Anda memiliki alergi

Propolis dapat menyebabkan alergi untuk beberapa orang. Harap berhati-hati jika Anda alergi terhadap produk turunan madu/lebah. Jika muncul gatal-gatal atau ruam pada kulit, hentikan pemakaian dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Tidak hanya propolis, ada berbagai macam suplemen yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, seperti madu Manuka, spirulina, dan sebagainya. Kami sudah merangkum produk-produk suplemen terbaik yang bisa Anda pilih. Jika Anda tertarik, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Propolis merupakan zat antibakteri alami yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan memelihara kesehatan. Seiring dengan berkembangnya gaya hidup sehat, propolis makin digemari sebagai suplemen kesehatan harian. 


Produk propolis sendiri banyak sekali macamnya, mulai dari yang berbentuk cair, tablet, maupun kapsul. Selain produk yang tersertifikasi aman, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan di atas dapat membantu menemukan propolis yang paling cocok untuk Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    588.509 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya, zaman sekarang, tidak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan mengalami kekurangan vitamin D. Berbagai merek suplemen vitamin D diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, produk seperti apa yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Ada merek ternama, seperti Doctor’s Best, Now Foods, atau Nature’s Plus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Vitamin & suplemen
    172.244 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    451.822 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
    314.636 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    312.905 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    114.415 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2021)
    Kesehatan mata bisa menurun karena bertambahnya usia atau akibat terlalu sering menatap layar elektronik. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi suplemen lutein. Ada banyak suplemen lutein berkualitas yang beredar di pasaran, misalnya keluaran Puritan’s Pride, Doctor’s Best, Jarrow Formulas, atau Vitacost. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen lutein terbaik untuk kesehatan mata. Dengan begitu, menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda pun terasa makin mudah. Saatnya mengonsumsi suplemen lutein setiap hari agar mata Anda makin sehat!
    Vitamin & suplemen
    24.129 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori