1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Kambing Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Tahukah Anda, bukan hanya sapi yang bisa menghasilkan susu, melainkan juga kambing? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kambing bisa mencegah beberapa jenis penyakit dan baik untuk kesehatan. Bahkan, susu kambing juga memiliki manfaat setara dengan ASI.


Banyaknya produk susu kambing yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Kami akan memberikan rekomendasi susu kambing terbaik untuk Anda konsumsi. Merek susu kambing etawa yang bagus, seperti merek Gomilk, AMH, Etawaku, dan Provit ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP. Yuk, simak sampai habis.!

Diperbaharui 11-21-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat mengonsumsi susu kambing

Manfaat mengonsumsi susu kambing

Susu kambing dipercaya memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, susu kambing juga diklaim mampu mencegah berbagai penyakit dan sangat baik bagi kesehatan Anda. Berikut ini beberapa manfaat susu kambing bagi kesehatan Anda:


  • Menjadi minuman alternatif bagi yang intoleran terhadap laktosa
  • menjaga kesehatan sel tubuh dan imunitas
  • Kandungan kaliumnya mampu menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga kesehatan jantung terjaga
  • Kadar lemaknya rendah sehingga dapat meminimalkan endapan kolesterol
  • Kandungan lipidnya mampu menurunkan kecemasan
  • Kandungan linoleat-nya mempengaruhi perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan anak
  • Bersifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu memelihara bakteri baik di usus supaya pencernaan lebih terjaga
  • Membantu menjaga suasana hati

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu kambing

Setelah mengetahui manfaat yang melimpah pada susu kambing, barangkali membuat Anda tak sabar untuk segera mengonsumsinya. Namun, sebaiknya ketahui dahulu cara memilih susu kambing supaya Anda mendapatkan produk yang tepat.

① Pilih berdasarkan bentuknya

Sama seperti susu pada umumnya, susu kambing juga memiliki pilihan bentuk. Di pasaran, Anda akan menemukan dua bentuk susu kambing, yakni bubuk dan cair. Agar Anda mendapatkan bentuk susu kambing yang tepat, simak karakteristik dari tiap-tiap bentuk susu kambing berikut ini!

Susu kambing cair segar, lebih awet disimpan dalam keadaan beku

Susu kambing cair segar, lebih awet disimpan dalam keadaan beku

Susu kambing segar yang baik bisa dilihat dari penampakan luarnya. Jika Anda membeli susu kambing segar, susu harus terlihat berwarna kuning gading karena menunjukkan tingginya kandungan kalsium. Pastikan juga krim susunya menyatu dengan air atau tidak menggumpal.


Berbeda dengan susu sapi segar, susu kambing segar akan lebih awet disimpan dalam keadaan beku. Setelah dikeluarkan 30 menit dari freezer, susu kambing yang segar juga akan mudah diremas. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, Anda bisa lebih waspada terhadap susu kambing yang dicampur dengan air, santan, atau susu sapi.

Susu kambing bubuk, lebih aman dikemas dalam aluminium foil

Susu kambing bubuk, lebih aman dikemas dalam aluminium foil

Susu kambing bubuk diolah dari susu kambing cair bersuhu rendah yang kemudian dihilangkan kandungan airnya. Selanjutnya, supaya lebih aman dan awet, susu kambing bubuk tersebut dikemas dalam aluminium foil sesuai standar pengemasan susu bubuk.


Susu kambing bubuk tidak memiliki kandungan 100% susu kambing, melainkan hanya 50–60% saja. Selebihnya adalah campuran creamer nabati dan gula jagung. Creamer ini bisa menghilangkan bau perengus, sedangkan gula jagung akan membuat susu kambing lebih manis dan awet. Inilah yang membuat susu kambing bubuk bisa tahan hingga berbulan-bulan.

② Pertimbangkan susu kambing etawa untuk manfaat kesehatan yang optimal

Pertimbangkan susu kambing etawa untuk manfaat kesehatan yang optimal

Di antara jenis susu kambing, susu dari kambing etawa adalah yang paling populer khasiatnya. Kambing etawa adalah kambing hasil peranakan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.


Penelitian dari Journal of American Medicine menyebutkan bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan gizi paling lengkap. Kandungan nutrisi dan mineralnya juga cukup lengkap. Manfaatnya untuk kesehatan juga banyak, salah satunya mengobati penyakit asma, lambung, hingga alergi.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, susu kambing etawa juga bisa digunakan untuk kecantikan. Caranya, campurkan satu sendok teh bubuk susu kambing dengan minyak zaitun. Lalu, gunakan untuk scrub wajah. Hasilnya, kulit Anda akan terasa lebih halus dan cerah.

③ Pastikan produk tidak berbau menyengat atau berasa kecut

Pastikan produk tidak berbau menyengat atau berasa kecut

Susu kambing yang berkualitas tidak akan terasa kecut atau berbau khas kambing yang menyengat. Jika Anda menemukan hal itu, ada kemungkinan susu kambing tersebut sudah tidak segar. Kemungkinan lainnya adalah susu kambing tersebut tidak diproduksi oleh produsen yang tepercaya atau sudah tidak layak konsumsi.


Sebaliknya, Anda justru akan mendapati aroma susu dengan rasa sedikit manis dan gurih pada susu kambing segar. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca review pelanggan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

④ Cari varian rasa yang sesuai dengan selera Anda

Cari varian rasa yang sesuai dengan selera Anda

Seperti susu pada umumnya, susu kambing juga memiliki varian rasa yang berbeda-beda. Selain original, beberapa varian rasa susu kambing yang bisa Anda jumpai di pasaran adalah:

  • Vanila
  • Cokelat
  • Stroberi
  • Jahe

Adanya varian rasa ini membuat susu kambing makin populer dan diminati banyak orang. Pilihlah rasa yang paling disukai supaya Anda bisa lebih menikmati susu kambing.

10 Rekomendasi susu kambing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu kambing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastusi, SP.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Global Mandiri Perkasa

Etawaku Susu Kambing & Krimer Bubuk

Global Mandiri Perkasa Etawaku Susu Kambing & Krimer Bubuk 1枚目

100% alami, bebas bahan pengawet dan pewarna tambahan

2

Laba Asia

Susu Kambing Etawa Provit Plus Royal Jelly

Laba Asia Susu Kambing Etawa Provit Plus Royal Jelly 1枚目

Manfaat berlipat dengan ekstrak royal jelly

3

Anugrah Persada Alam

AMH Kambing Etawa Full Cream Plus Jahe Merah

Anugrah Persada Alam AMH Kambing Etawa Full Cream Plus Jahe Merah 1枚目

Hangatkan tubuh dengan susu kambing plus jahe merah

4

Prima Dairy Mubarok

GoatFit Milk Susu Kambing Plus Royal Jelly Original

Prima Dairy Mubarok GoatFit Milk Susu Kambing Plus Royal Jelly Original 1枚目

Pilihan tepat susu kambing untuk asam lambung

5

SOLUSKY

Skygoat Campuran Susu Kambing dan Krim Bubuk Rasa Original

SOLUSKY Skygoat Campuran Susu Kambing dan Krim Bubuk Rasa Original 1枚目

Susu kambing berbentuk bubuk yang bagus untuk asma

6

Berkah Alam

Ghonamilk Susu Kambing Etawa + Herbal

Berkah Alam Ghonamilk Susu Kambing Etawa + Herbal 1枚目

Diperkaya tiga herbal dengan khasiat yang baik untuk kesehatan

7

Jatim Herbal Perkasa

Gomilk Susu Kambing Etawa Plus Herbal

Jatim Herbal Perkasa Gomilk Susu Kambing Etawa Plus Herbal 1枚目

Susu kambing penggemuk badan dengan tambahan daun kelor

8

Serelia Prima Nutrisia

ORIGOAT Susu Kambing dan Krim Bubuk dengan Gula Kelapa Rasa Vanila

Serelia Prima Nutrisia ORIGOAT Susu Kambing dan Krim Bubuk dengan Gula Kelapa Rasa Vanila 1枚目

Rendah kolesterol dengan gula kelapa sebagai pemanis alami

9

Jatim Herbal Perkasa

Naima Susu Kambing Etawa Bubuk

Jatim Herbal Perkasa Naima Susu Kambing Etawa Bubuk 1枚目

Susu berformula herbal lengkap dengan propolis, bee pollen, dan madu!

10

Herbal Indo Utama (HIU)

Nutrigoat Minuman Serbuk Krimer Mengandung Susu Kambing

Herbal Indo Utama (HIU) Nutrigoat Minuman Serbuk Krimer Mengandung Susu Kambing 1枚目

Mengandung selenium yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh

Perincian produk
Close
No.1

Global Mandiri PerkasaEtawaku Susu Kambing & Krimer Bubuk

Mulai dari Rp75.000,00

100% alami, bebas bahan pengawet dan pewarna tambahan

Jika Anda selalu mementingkan keamanan makanan dan minuman Anda, susu kambing ini tepat untuk Anda. Susu Etawaku ini terbuat dari 100% susu kambing etawa yang terjaga keamanan serta nutrisinya. Ditambah lagi, susu kambing ini diproses dengan metode modern evaporasi vakum bersuhu dingin. Proses inilah yang menjamin protein dan vitamin dalam susu tetap terjaga.

No.2

Laba AsiaSusu Kambing Etawa Provit Plus Royal Jelly

Mulai dari Rp245.000,00

Manfaat berlipat dengan ekstrak royal jelly

Apakah Anda ingin menjaga tubuh Anda tetap sehat? Mengonsumsi susu kambing Provit yang mengandung royal jelly ini bisa jadi ide yang bagus. Royal jelly tersebut bisa memperkuat sel-sel tubuh sehingga daya tahan tubuh Anda akan menjadi lebih kuat.


Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Anda tentu dapat terhindar dari beberapa penyakit. Anda bisa mengonsumsi produk ini secara rutin setiap hari. Dengan demikian, Anda akan merasakan tubuh yang lebih segar.

No.3

Anugrah Persada AlamAMH Kambing Etawa Full Cream Plus Jahe Merah

Mulai dari Rp30.000,00

Hangatkan tubuh dengan susu kambing plus jahe merah

Anda sedang mencari minuman sehat yang bisa menghangatkan tubuh Anda? Susu kambing etawa dari AMH ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Hal ini berkat adanya tambahan jahe merah di dalamnya.


Susu kambing ini juga merupakan produk yang tepat untuk Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa mengonsumsi susu kambing ini selagi hangat sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

No.4

Prima Dairy MubarokGoatFit Milk Susu Kambing Plus Royal Jelly Original

Mulai dari Rp20.000,00

Pilihan tepat susu kambing untuk asam lambung

Jika Anda ingin mengonsumsi susu kambing yang halal dan menyehatkan, produk ini bisa dijadikan pertimbangan. Produk ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan merupakan produk susu kambing yang bagus untuk asam lambung.


Minuman serbuk susu kambing ini terjamin keasliannya dan sudah memiliki nomor BPOM. Selain itu, susu kambing ini juga sudah memiliki label Halal dari MUI sehingga Anda bisa tenang mengonsumsinya. Untuk penyajiannya, disarankan melarutkan dua sendok makan susu bubuk ini ke dalam 200 cc air hangat.

No.5

SOLUSKYSkygoat Campuran Susu Kambing dan Krim Bubuk Rasa Original

Mulai dari Rp28.000,00

Susu kambing berbentuk bubuk yang bagus untuk asma

Susu kambing etawa memiliki kandungan protein yang cukup, bahkan diklaim lebih bagus dari kuning telur. Untuk itu, mengonsumsi susu kambing etawa ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, susu kambing ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Susu ini diklaim mampu mengobati berbagai macam penyakit kronis, seperti asma dan paru-paru. Bagi Anda yang sedang mencari susu kambing untuk paru-paru dan asma, produk ini adalah pilihan yang tepat.

No.6

Berkah AlamGhonamilk Susu Kambing Etawa + Herbal

Mulai dari Rp16.500,00

Diperkaya tiga herbal dengan khasiat yang baik untuk kesehatan

Anda membutuhkan susu kambing dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya? Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Susu kambing etawa ini diperkaya tiga herbal, yakni ekstrak daun kelor, ekstrak gamat, dan ekstrak kayu manis.


Susu etawa plus herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa contoh khasiat susu kambing ini adalah menyehatkan mata, menguatkan tulang, membantu mengatasi asma, TBC, bronkitis, hingga pneumonia. Untuk meningkatkan imunitas dan stamina, Anda disarankan mengonsumsi produk ini dua kali sehari.

No.7

Jatim Herbal PerkasaGomilk Susu Kambing Etawa Plus Herbal

Mulai dari Rp30.000,00

Susu kambing penggemuk badan dengan tambahan daun kelor

Bagi Anda yang juga menginginkan manfaat kesehatan lebih dari daun kelor, semua itu bisa didapatkan dengan Gomilk. Berkat ekstrak daun kelor, susu ini mengandung kalsium empat kali lebih banyak dibandingkan susu biasa.


Selain itu, susu kambing ini juga bisa menjadi minuman untuk penggemuk badan. Hal tersebut karena susu ini mengandung tiga kali kalium dalam pisang serta dua kali protein dalam telur atau yoghurt. Ada juga kandungan tujuh kali vitamin C dalam jeruk dan empat kali vitamin A dalam wortel.

No.8

Serelia Prima NutrisiaORIGOAT Susu Kambing dan Krim Bubuk dengan Gula Kelapa Rasa Vanila

Mulai dari Rp78.000,00

Rendah kolesterol dengan gula kelapa sebagai pemanis alami

Bagi Anda yang takut mengonsumsi susu yang mengandung gula atau kolesterol tinggi, cobalah produk yang satu ini. Pasalnya, susu ini diformulasi secara higienis dengan gula kelapa sebagai pemanis alaminya.


Gula kelapa dinilai paling rendah gula di antara gula pasir, aren, dan jagung. Hal tersebut membuat produk ini tidak akan menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Selain itu, susu kambing ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti untuk mencegah osteoporosis dan penyakit hati.

No.9

Jatim Herbal PerkasaNaima Susu Kambing Etawa Bubuk

Mulai dari Rp50.000,00

Susu berformula herbal lengkap dengan propolis, bee pollen, dan madu!

Bagaimana jika susu kambing murni dipadukan dengan komposisi herbal alami? Tentu akan menambah manfaat dan khasiat susu tersebut. Ketimbang mencampur sendiri susu kambing dengan bahan herbal, jauh lebih praktis mengonsumsi susu kambing etawa bubuk Naima.


Apabila Anda menyukai komposisi herbal dalam segelas susu, Anda perlu mencoba susu kambing ini. Madu di dalamnya membuat susu ini terasa nikmat, sedangkan propolis dan bee pollen membuatnya lebih berkhasiat.

No.10

Herbal Indo Utama (HIU)Nutrigoat Minuman Serbuk Krimer Mengandung Susu Kambing

Mulai dari Rp44.000,00

Mengandung selenium yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh

Jika Anda sedang mencari produk susu kambing yang baik untuk kesehatan seluruh anggota keluarga, produk ini adalah jawabannya. Kandungan selenium di dalamnya mampu meningkatkan daya tubuh Anda sekeluarga. Tak hanya itu, produk ini mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh.


Susu kambing ini diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Selain itu, susu kambing dengan gula aren ini juga mampu memperkuat tulang dan bagus untuk pencernaan.

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi susu kambing

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi susu kambing

Anda sudah mengetahui banyaknya manfaat dari susu kambing. Namun, sebagian orang yang kali pertama mengonsumsi susu kambing mungkin akan memiliki reaksi yang berbeda. Beberapa contoh reaksi yang akan muncul setelah mengonsumsi susu kambing adalah mual dan muntah.


Rasa mual biasanya muncul saat susu kambing dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Jadi, sebaiknya minumlah dalam kondisi perut sudah terisi jika Anda baru pertama kali akan mengonsumsi susu kambing. Kemungkinan lainnya adalah kandungan kasein susu kambing yang dicerna dengan lambat.


Untuk menghindari penolakan dari sistem pencernaan atau muntah, minumlah satu hari sekali dengan takaran sedikit. Lama-lama jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah takarannya.

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Mengonsumsi susu memang dapat memberi manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Karena itu, sebaiknya Anda dan keluarga rutin minum susu setiap hari. Berikut ini beberapa rekomendasi produk susu lainnya yang bisa Anda coba.

Kesimpulan

Susu kambing bisa menjadi pengganti susu sapi untuk dikonsumsi setiap hari. Apabila Anda memiliki alergi laktosa, ingin menjaga kesehatan jantung, atau mengurangi kolesterol, susu kambing bisa menjadi solusinya. Susu kambing juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan menyusui.


Sudah terbukti bahwa mengonsumsi susu kambing baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kami telah memberikan beberapa rekomendasi susu kambing. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Selamat mencoba!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer