1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Day Cream Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Demi mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik, Anda harus merawatnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan day cream yang digunakan saat pagi hari. Krim ini membantu melembapkan kulit wajah serta menjaganya dari berbagai masalah.

Anda masih bingung dalam memilih day cream? Tenang saja! Kami akan mengulas tips memilih day cream yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Setelahnya, kami juga akan memberikan rekomendasi day cream terbaik dari merek Olay, Emina, Erha, dan Whitelab. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Diperbaharui 04-30-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat menggunakan day cream

Manfaat menggunakan day cream

Day cream termasuk dalam produk pelembap kulit. Krim ini memang diformulasikan untuk digunakan pada pagi atau siang hari. Setelah digunakan, day cream akan melembapkan kulit Anda sepanjang hari. Day cream memiliki tekstur yang lebih ringan dan cepat menyerap ketimbang krim malam.

Gunakanlah day cream sebelum Anda beraktivitas, tepatnya setelah membersihkan wajah. Anda juga bisa memakainya sebelum mengaplikasikan makeup agar kulit tidak menjadi kering serta terlindung dari sinar UV (jika mengandung SPF/PA). Tak hanya berfungsi melembapkan, day cream juga dapat membantu pelepasan kulit mati.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih day cream

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa poin yang dapat membantu Anda menemukan day cream yang paling sesuai. Jangan sampai ada yang terlewat, ya.

① Pilih kandungan bahan yang sesuai jenis kulit

Sama seperti memilih produk perawatan kulit lainnya, memilih day cream juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Berikut penjelasannya lebih detail.

Kulit normal: Menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi

Kulit normal: Menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi

Memiliki kulit normal bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan day cream. Anda tetap membutuhkan day cream untuk menjaga wajah terhidrasi. Tenang saja, memilih day cream untuk kulit yang normal cenderung lebih mudah. Anda akan cocok dengan day cream apa pun yang bisa menutrisi dan melembapkan kulit.

Kulit kering: Mengandung agen pelembap hingga mengatasi kerutan

Kulit kering: Mengandung agen pelembap hingga mengatasi kerutan

Kulit kering tentunya membutuhkan pelembap ekstra. Day cream yang kaya akan pelembap dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda.


Minyak alami dan madu merupakan contoh kandungan pelembap yang dapat Anda temui dalam day cream. Selain itu, Anda dapat memilih day cream yang mengandung bahan menenangkan, seperti allantoin. Bahan tersebut dapat mengurangi iritasi akibat kulit terkelupas karena terlalu kering.

Kulit berminyak: Bersifat oil-free dan non-comedogenic

Kulit berminyak: Bersifat oil-free dan non-comedogenic

Ada anggapan bahwa kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan krim pada wajah. Namun, anggapan tersebut tidak benar. Kulit yang kehilangan kelembapan justru akan memproduksi minyak berlebih. Dengan memakai pelembap yang tepat, Anda bisa mengurangi produksi minyak pada kulit.


Pilihlah day cream yang berlabel oil-free atau non-comedogenic. Biasanya, day cream untuk kulit berminyak memiliki tekstur yang ringan serta tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit.


Kandungan salicylic acid dapat menjadi pilihan bagi Anda agar dapat mengontrol produksi minyak berlebih. Selain itu, salicylic acid juga pas digunakan untuk merawat kulit yang berjerawat.

Kulit sensitif: Pilih bahan kandungan yang hypoallergenic

Kulit sensitif: Pilih bahan kandungan yang hypoallergenic

Para pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih day cream. Beberapa day cream memiliki bahan kandungan yang mungkin dapat memicu munculnya alergi pada kulit Anda.


Untuk itu, Anda dapat memilih day cream yang telah teruji hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi pada kulit. Hindari memilih day cream yang mengandung parfum, alkohol, atau pengawet.

② Kenali kandungan aktif dan manfaatnya

Kenali kandungan aktif dan manfaatnya

Di setiap produk day cream terdapat bahan-bahan aktif yang bisa Anda pertimbangkan keunggulannya. Kandungan aktif tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan pada permasalahan kulit Anda. Di bawah ini terdapat beberapa kandungan yang biasanya ada pada day cream:


  • Niacinamide: Niacinamide atau vitamin B3 dapat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah.
  • Hyaluronic acid: Hyaluronic acid dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dengan cara melembapkannya.
  • Retinol: Retinol bekerja dengan cara menstimulasi terjadinya regenerasi sel-sel kulit. Alhasil, kulit jadi lebih halus dan bebas kerut.
  • Vitamin E: Membantu pembentukan kolagen, mengatasi peradangan, dan menjaga elastisitas kulit.
  • Vitamin C: Vitamin C dapat menghambat pembentukan melanin atau pigmen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah. Tak hanya untuk mencerahkan, vitamin C juga bisa menyamarkan noda hitam di wajah.
  • Salicylic acid: Berfungsi eksfoliasi permukaan kulit dan pori-pori, berperan sebagai anti-inflamasi ketika wajah sedang break-out.
  • Glycerin: Bekerja sebagai pelembap dan mengatasi kulit kering.
  • Squalane: Membantu menghidrasi kulit, melindungi kulit, mengatasi peradangan. Squalane juga bersifat non-comedogenic sehingga aman untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Selain itu, alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), zinc oxide, dan titanium dioxide juga merupakan bahan aktif yang direkomendasikan.

③ Pertimbangkan day cream yang mengandung UV protection

Pertimbangkan day cream yang mengandung UV protection

Sesuai dengan namanya, day cream ditujukan untuk dipakai saat pagi atau siang hari. Karena itu, pastikan day cream pilihan Anda mengandung UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Ada dua macam perlindungan terhadap sinar matahari yaitu SPF dan PA. SPF atau Sun Protection Factor melindungi kulit Anda dari paparan UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Sementara itu, PA atau Protection grade of UVA biasanya banyak Anda temui pada produk yang dijual di daerah Asia. PA akan melindungi kulit dari paparan sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini.


Angka SPF menunjukkan seberapa lama krim tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Namun, bukan berarti krim tersebut dapat memberikan perlindungan 100%. Selain SPF dan PA, Anda juga dapat menemukan produk dengan label perlindungan broad spectrum. Produk dengan label tersebut dapat melindungi kulit Anda dari kedua jenis sinar UV.

④ Pastikan produknya aman digunakan

Pastikan produknya aman digunakan

Kebutuhan di setiap kulit wajah berbeda-beda tergantung jenis kulitnya. Anda yang memiliki kulit wajah berminyak disarankan untuk menggunakan day cream yang oil-free. Sementara itu, untuk kulit wajah kering disarankan menggunakan day cream yang kaya kandungan pelembap.


Di samping hal itu, Anda juga perlu memperhatikan kandungan lain yang dapat memberikan reaksi negatif di wajah. Sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung paraben, sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, pewarna sintetis, dan lainnya. Pastikan juga tidak ada bahan yang memicu alergi spesifik. Apabila kulit Anda sedang sensitif, hindari kandungan berbahan asam.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan day cream dan night cream dalam skincare rutin Anda. Selain day cream, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai krim malam di bawah ini.

10 Rekomendasi day cream terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk day cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Emina

Bright Stuff Moisturizing Cream

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream 1枚目

Bebas kilap, cerah merona, tampil lebih percaya diri!

2

MS Glow

Whitening Day Cream

MS Glow Whitening Day Cream 1枚目

Berbagai kandungan bahan aktif berikan hasil akhir yang tampak glowing

3

Wardah

Lightening Day Cream Advance Niacinamide

Wardah Lightening Day Cream Advance Niacinamide 1枚目

Hempas kulit kusam dengan cream yang ringan dan mudah meresap ini

4

Whitelab

Brightening Day Cream

Whitelab Brightening Day Cream 1枚目

Makin cerah dan elastisitas kulit pun senantiasa terjaga

5

Garnier

Sakura White Serum Day Cream

Garnier  Sakura White Serum Day Cream 1枚目

Kulit merona dan cerah secara alami

6

Unilever

Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++

Unilever Pond's Age Miracle  Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++ 1枚目

Bekerja sampai 24 jam lamanya

7

Y.O.U

Golden Age Illuminating Day Cream

Y.O.U Golden Age Illuminating Day Cream 1枚目

Mulai muncul tanda-tanda penuaan di wajah? Ini solusinya!

8

Procter & Gamble

Olay Total Effects 7 in 1 Day Cream Normal SPF 15

Procter & Gamble Olay Total Effects 7 in 1 Day Cream Normal SPF 15 1枚目

Tujuh manfaat hadir dalam satu krim saja!

9

ERHA

Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream 30g

ERHA Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream 30g 1枚目

Bintik hitam membandel? Bukan masalah lagi!

10

Avoskin

Intensive Divine Day Cream

Avoskin Intensive Divine Day Cream 1枚目

Aman untuk kulit sensitif ataupun kulit remaja

Perincian produk
Close
No.1

EminaBright Stuff Moisturizing Cream

Mulai dari Rp23.500,00

Bebas kilap, cerah merona, tampil lebih percaya diri!

Kandungan ekstrak buah plum dan Vit E pada day cream ini berfungsi untuk mencerahkan dan melembapkan wajah. Formulanya yang ringan dan mudah menyerap aman digunakan setiap hari.


Krim ini juga sudah dilengkapi dengan SPF 15 sehingga tidak perlu khawatir dengan aktivitas di luar ruangan. Bila Anda memasuki usia remaja dan aktif di luar ruangan, pilih krim ini untuk daily, ya! Hasilnya wajah bebas kilap dan tetap terlindungi. 

No.2

MS GlowWhitening Day Cream

Mulai dari Rp75.000,00

Berbagai kandungan bahan aktif berikan hasil akhir yang tampak glowing

Bila Anda menyukai hasil akhir yang tampak glowing, produk day cream dari MS Glow inilah jawabannya. Agen pencerahnya berasal dari bahan aktif, seperti licorice root, collagen, dan beeswax.


Kandungan di dalamnya juga dapat menghambat pigmentasi yang menyebabkan gelap dan noda di wajah. Selain memberikan tampilan glowing, krim ini juga mampu melindungi wajah dari pengaruh sinar matahari. 

No.3

WardahLightening Day Cream Advance Niacinamide

Mulai dari Rp28.500,00

Hempas kulit kusam dengan cream yang ringan dan mudah meresap ini

Bagi Anda pemilik kulit kering, day cream dari Wardah yang satu ini bisa Anda coba. Kulit kering akan membuat wajah tampak kusam. Nah, kandungan niacinamide yang dapat mencerahkan dalam produk ini sangat bisa diandalkan. Teksturnya ringan dan mudah meresap sehingga praktis digunakan sehari-hari. Anda juga tidak perlu khawatir dengan tabir surya karena day cream ini dilengkapi SPF 30 PA++.

No.4

WhitelabBrightening Day Cream

Mulai dari Rp59.000,00

Makin cerah dan elastisitas kulit pun senantiasa terjaga

Meskipun skincare lokal ini terbilang baru, kualitas dari produk-produknya patut diacungi jempol. Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Brightening Day Cream yang dapat mencerahkan wajah Anda. Kandungan unggulan dari produk ini adalah niacinamide dan collagen. Kedua kandungan tersebut dikenal berperan mencerahkan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. 

No.5

Garnier Sakura White Serum Day Cream

Mulai dari Rp81.500,00

Kulit merona dan cerah secara alami

Kulit merona alami memang menjadi dambaan bagi banyak wanita. Apakah Anda salah satu yang menginginkannya? Kulit merona akan menjadi milik Anda dengan Garnier Sakura White. Kandungan ekstrak bunga sakura dan whitening serum di dalamnya lima kali lebih efektif membuat kulit cerah dan merona. Tak perlu banyak riasan lagi untuk tampil flawless.
No.6

UnileverPond's Age Miracle Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++

Mulai dari Rp48.550,00

Bekerja sampai 24 jam lamanya

Punya segudang kesibukan tentu membuat Anda kesulitan jika harus melakukan perawatan wajah beberapa kali dalam sehari. Jangan khawatir, Anda bisa memakai produk ini. Pond's Age Miracle Day Cream memiliki retinol-C complex yang aktif bekerja selama 24 jam.


Dengan kandungan tersebut, kulit akan tetap ternutrisi sepanjang hari. Bahan aktif dari Pond's Age Miracle Day Cream bekerja menyamarkan kerutan sehingga wajah tetap awet muda. Produk ini sangat pas digunakan Anda yang berusia sekitar 30-40 tahun.

No.7

Y.O.UGolden Age Illuminating Day Cream

Mulai dari Rp55.000,00

Mulai muncul tanda-tanda penuaan di wajah? Ini solusinya!

Brand kosmetik asal Indonesia ini memiliki berbagai koleksi lengkap untuk mengatasi permasalahan kulit Anda. Golden Age Illuminating Day Cream adalah salah satunya yang kami rekomendasikan untuk Anda coba.


Produk day cream ini dapat mencegah dan memperbaiki kondisi kulit akibat penuaan. Kandungan calendula di dalamnya juga dapat mengatasi kemerahan pada kulit. Tidak hanya itu, produk ini juga sudah dilengkapi SPF 30 PA+++, lho!

No.8

Procter & GambleOlay Total Effects 7 in 1 Day Cream Normal SPF 15

Mulai dari Rp152.200,00

Tujuh manfaat hadir dalam satu krim saja!

Apakah Anda mengetahui tujuh tanda penuaan kulit? Selain munculnya garis-garis halus dan kerutan, kulit kusam dan kering juga menjadi tanda-tanda penuaan. Segera atasi masalah tersebut dengan krim Olay Total Effects 7 in 1.


Olay memberikan tujuh manfaat dalam setiap tetesan krimnya. Kandungan VitaNiacin Complex yang terdiri dari niacinamide, vitamin E, dan provitamin B5 mampu merawat kulit Anda. Kulit akan tampak lebih kencang, bebas kerutan, bebas bintik hitam, lembut, lembap, merona, dan flawless.

No.9

ERHATruwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream 30g

Mulai dari Rp218.350,00

Bintik hitam membandel? Bukan masalah lagi!

Lelah dengan kulit yang selalu tampak kusam dan bintik hitam yang membandel? Cobalah produk keluaran ERHA satu ini. Formulanya mengandung empat agen pemutih kulit yang ampuh membuat kulit lebih cerah.


Selain memutihkan, kandungan glycosphere papaine juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan bisabolol dapat mengurangi iritasi akibat paparan sinar matahari. Kulit Anda jadi lebih cerah dan bebas kemerahan.

No.10

AvoskinIntensive Divine Day Cream

Mulai dari Rp139.000,00

Aman untuk kulit sensitif ataupun kulit remaja

Day cream dari Avoskin ini mengandung marigold essential oil, almond oil, ET-VC, calendula, dan ekstrak apel. Kandungan-kandungan tersebut mampu membuat wajah Anda tetap lembap dan bersinar sepanjang hari.


Selain itu, krim ini juga bebas alkohol dan tanpa paraben. Jadi, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, bisa jadikan produk ini sebagai pilihan. Terlebih lagi, untuk kulit remaja yang mulai mengalami perubahan hormon.

Tahap-tahap penggunaan skincare

Tahap-tahap penggunaan skincare

Terdapat beberapa cara menggunakan skincare routine yang dapat disesuaikan dengan permasalahan kulit Anda. Namun, kami telah menyediakan tahap-tahap yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Tahap penggunaan skincare ini diurutkan dari tekstur yang paling ringan ke yang paling berat.


  1. Cleanser: Tahap pertama adalah membersihkan muka dengan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah. 
  2. Toner: Produk ini dipakai setelah membersihkan muka, bertujuan untuk mengembalikan pH kulit yang hilang saat mencuci muka. 
  3. Essence: Setelah menggunakan toner, Anda dapat menggunakan essence dengan cara menepuk-nepuk ke wajah secara perlahan. Essence berfungsi membantu tahap skincare selanjutnya agar meresap ke kulit.
  4. Serum: Serum memiliki tekstur lebih kental dari essence dan memiliki konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Tahap menggunakan serum dilakukan setelah pemakaian essence.
  5. Eye cream: Bagian mata merupakan daerah yang cukup penting. Pasalnya, kulit di area mata lebih tipis dibanding sekitarnya. Oleh karena itu, penggunaan eye cream tidak boleh dilewatkan setelah menggunakan serum wajah.
  6. Day cream: Setelah tahap-tahap skincare sebelumnya sudah dirasa meresap di wajah, pakailah day cream atau pelembap. Pastikan Anda menggunakan pelembap sesuai jenis kulit.
  7. Sunscreen: Apabila day cream Anda tidak mengandung SPF atau UV protection, gunakanlah sunscreen sebagai langkah akhir penggunaan skincare. Produk ini berguna untuk melindungi wajah Anda dari paparan sinar UVA dan UVB.

Langkah-langkah di atas merupakan langkah umum yang bisa Anda praktekkan saat melakukan skincare routine. Anda juga bisa membuatnya lebih simpel. Urutannya adalah membersihkan kulit dengan sabun wajah, menggunakan serum tertentu bila diperlukan, mengoleskan day cream, lalu memakai sunscreen.


Pada sore hari, oleskan day cream lagi untuk reapply. Sebelum tidur, pastikan Anda membersihkan wajah dan menggunakan night cream.


Apabila Anda memiliki jerawat atau peradangan di wajah, Anda bisa menggunakan spot treatment sebelum pemakaian day cream. Selamat mencoba!

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Day cream yang hanya mengandung pelembap boleh digunakan juga pada malam hari. Namun, day cream dengan kandungan AHA atau BHA sebaiknya tidak dipakai saat malam, apalagi jika Anda menggunakan night cream. Kombinasi tersebut rentan menyebabkan iritasi.


Anda juga tidak membutuhkan day cream yang mengandung SPF untuk digunakan pada malam hari karena tidak memberikan manfaat.

Baca juga rekomendasi krim wajah lainnya di sini

Di samping day cream, kami memiliki berbagai artikel lainnya tentang krim wajah. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan produk yang paling pas untuk Anda gunakan.

Kesimpulan

Day cream mampu melembapkan sekaligus melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Saat memilih, pastikan Anda turut memperhatikan bahan kandungannya. Pilihlah produk yang formulanya memang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah Anda.


Sekian artikel dari kami kali ini. Semoga artikel kami dapat membantu Anda memilih day cream yang paling sesuai. Selamat memilih dan merawat wajah dengan day cream pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer