• 10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Ibu Menyusui Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)

Tidak hanya bayi yang membutuhkan nutrisi, ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang saat menyusui. Hal ini penting agar bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.


Dalam artikel ini kami akan memberikan tips memilih susu ibu menyusui yang bagus. Temukan juga rekomendasi merek susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, dan Lactamil. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Yuk, temukan produk pilihan Anda dan berikan yang terbaik bagi si kecil!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Andri Welly
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG
dr. Andri Welly
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan.


dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Pentingnya susu untuk ibu menyusui

Pentingnya susu untuk ibu menyusui

Proses produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin. Kadar hormon prolaktin dalam darah akan meningkat selama kehamilan. Hormon ini akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan jaringan payudara sebagai persiapan untuk memproduksi air susu.


Untuk memproduksi ASI, alveoli (kantung kecil penyimpanan ASI di payudara) akan mengambil lemak, protein, dan gula dari darah ibu. Jika kebutuhan nutrisi ibu tidak terpenuhi, hal tersebut tentu akan memengaruhi produksi ASI. Jadi, penting sekali untuk ibu menyusui memperhatikan asupan makanannya.


Namun, Anda mungkin kurang bisa mengetahui secara jelas kadar nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari. Itulah sebabnya ibu menyusui perlu mengonsumsi susu khusus untuk menyusui. Susu ini diproduksi dengan memperhatikan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi, seperti protein, mineral, dan asam folat.


Rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui tidak hanya akan melancarkan ASI, tetapi juga memenuhi kebutuhan gizi ibu. Bayi sehat karena mendapatkan ASI berkualitas dan Anda pun sehat karena nutrisi tubuh tetap terjaga. Susu untuk ibu menyusui idealnya diminum dua kali sehari. Waktu yang tepat adalah pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah selesai beraktivitas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu ibu menyusui

Berikut ini beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih susu ibu menyusui. Silakan diperhatikan supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan.

Pilih berdasarkan jenis susu

Pilih berdasarkan jenis susu

Susu ibu menyusui umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu susu sapi dan susu protein nabati.


  • Jika Anda dan bayi tidak menunjukkan gejala alergi apa pun, silakan memilih susu sapi. Varian susu sapi biasanya lebih banyak dan Anda bisa memilih rasa yang paling sesuai. Namun, Anda juga harus memperhatikan alergi pada bayi. Perhatikan apakah muncul ruam atau bayi Anda selalu menangis setiap menyusu. Jika iya, bisa jadi dia memiliki alergi terhadap protein yang dikonsumsi ibunya. 

  • Susu protein nabati bisa dipilih jika Anda tidak menyukai rasa susu sapi atau memiliki intoleransi laktosa. Susu ini juga bisa dipilih jika Anda atau bayi Anda memiliki alergi terhadap susu sapi. Susu protein nabati yang direkomendasikan adalah susu kedelai dan susu almond

Periksa kandungan nutrisi di dalamnya

Tentu Anda menginginkan susu yang bisa memberi nutrisi tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bayi. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengecek kandungan nutrisi yang tertulis di kemasan susu sebelum membeli.

Protein tinggi, memberi energi pada ibu menyusui

Protein tinggi, memberi energi pada ibu menyusui

Menyusui adalah kegiatan yang membutuhkan energi. Belum lagi Anda juga harus merawat bayi dan melakukan aktivitas lainnya. Untuk itu, carilah susu ibu menyusui dengan kandungan protein yang tinggi. Protein tidak hanya bisa memberi energi pada ibu menyusui, tetapi juga mempercepat produksi ASI. Dengan demikian, kebutuhan ASI bayi Anda akan selalu terpenuhi.

Lemak baik, untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi

Lemak baik, untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi

Lemak juga memiliki peran penting untuk ibu menyusui. Kandungan lemak yang dimaksud adalah lemak baik. Saat proses menyusui, Anda akan lebih cepat lapar dan butuh makan banyak untuk menambah produksi ASI. Lemak baik akan berfungsi sebagai sumber energi.


Tak hanya sebagai sumber energi ibu, kandungan lemak baik juga dibutuhkan bayi. Lemak baik dapat membantu mempercepat perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Selain dari susu, asupan lemak baik juga dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan dan buah tertentu.


Sementara itu, bagi Anda yang ingin cepat langsing setelah melahirkan, jangan lantas mengesampingkan susu, ya! Terlebih lagi, jangan sampai Anda mengurangi porsi makan supaya berat badan cepat turun. Solusinya adalah mencari susu hamil yang rendah lemak. Ini adalah cara diet teraman untuk ibu menyusui.

Kami memiliki artikel yang membahas secara khusus mengenai susu rendah lemak. Bagi Anda yang ingin menjalani diet, artikel ini mungkin akan sangat membantu. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya, ya!

Tinggi kalsium, cegah tulang keropos pada ibu

Tinggi kalsium, cegah tulang keropos pada ibu

Kebutuhan kalsium busui jauh lebih tinggi ketimbang wanita yang tidak menyusui, yaitu minimal 1300 mg per hari. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, kalsium pada tubuh ibu akan diambil, kemudian dikeluarkan bersama ASI. Itulah sebabnya ibu menyusui lebih rentan terhadap osteoporosis.


Untuk itu, penting sekali untuk memperhatikan asupan kalsium bagi ibu menyusui. Susu memang merupakan sumber kalsium yang sempurna. Akan lebih baik lagi jika Anda mencari susu ibu menyusui yang tinggi kalsium. Dengan demikian, tidak hanya kebutuhan kalsium bagi bayi saja yang terpenuhi, Anda pun bisa mencegah osteoporosis.

Asam folat, penting untuk perkembangan otak bayi

Asam folat, penting untuk perkembangan otak bayi

Mungkin Anda berpikir bahwa asam folat paling banyak dibutuhkan oleh ibu hamil. Nyatanya, saat proses menyusui pun tetap dibutuhkan asupan asam folat bagi bayi dan ibunya. Bagi bayi, asam folat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Bagi ibu, asam folat bisa meminimalkan anemia dan penyakit jantung. Jangan sampai Anda melewatkan kandungan ini saat mencari susu ibu menyusui!

Ekstrak daun katuk, melancarkan dan memperbanyak produksi ASI

Ekstrak daun katuk, melancarkan dan memperbanyak produksi ASI

Beberapa produk susu ibu menyusui menawarkan tambahan kandungan, misalnya daun katuk. Tentunya hal ini perlu Anda pertimbangkan karena manfaat ekstrak daun katuk bisa memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Dengan demikian, produksi ASI akan meningkat serta bayi tidak akan kekurangan ASI dan tumbuh lebih sehat.

Pastikan susu sudah melalui proses pasteurisasi

Pastikan susu sudah melalui proses pasteurisasi

Demi keamanan dan kesehatan ibu juga bayi, penting untuk memastikan apakah produk susu sudah melalui proses pasteurisasi. Proses pensterilan dengan pemanasan ini bisa membunuh bakteri jahat yang biasanya terkandung dalam makanan dan minuman, termasuk susu


Berhati-hatilah jika ibu mengonsumsi susu yang tidak sempurna proses pasteurisasinya. Pasalnya, efek gangguan kesehatan tidak hanya terjadi pada ibu saja, tetapi juga pada bayi.

Sesuaikan rasa dengan selera

Sesuaikan rasa dengan selera

Selain jenis yang berbeda, varian rasa susu ibu menyusui juga berbeda-beda. Ada rasa cokelat, stroberi, atau vanila. Pilihlah rasa yang disukai agar Anda bisa selalu menikmati kelezatannya setiap meminumnya. Perhatikan juga alergi yang mungkin Anda atau bayi miliki. Beberapa dari Anda mungkin memiliki alergi terhadap rasa tertentu. Jadi, pilihlah rasa susu yang bisa lebih diterima oleh tubuh.

10 Rekomendasi susu ibu menyusui terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu ibu menyusui terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mead Johnson Enfamama A+ masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sarihusada SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.

10

Kalbe FarmaLovamil Minuman Khusus Ibu Hamil dan Menyusui Cokelat

Mulai dari Rp 15.500,00

JenisSusu sapi
Ukuran120 g
Varian rasaCokelat
KandunganPolydextrose, asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, 11 vitamin dan 7 mineral
9
JenisSusu kedelai
Ukuran200 g
Varian rasaVanila, Coklat
KandunganSari kacang kedelai (Non-GMO), ekstrak daun katuk, fenugreek, bee pollen
8
JenisSusu sapi
Ukuran200 g, 400 g
Varian rasaVelvety Chocolate, French Vanilla, Groovy Mocha, Lovely Strawberry
KandunganZat besi, vitamin B2 & B12, vitamin D, omega 3, DHA
7
JenisSusu kacang kedelai, almond, kacang hijau, edamame, adzuki
Ukuran200 g
Varian rasaVanila, Strawberry, Chocolate
KandunganKalsium, magnesium, seng, isoflavone, fitoestrogen, zat besi, protein, serat, omega 3, 6, 9, asam folat, kolagen ikan, berbagai vitamin
6
JenisSusu sapi
Ukuran200 g, 400 g
Varian rasaCokelat
KandunganNUELIPID, vitamin B, kalsium, zat besi, GA & DHA, serat
5
JenisSusu almond
Ukuran170 g
Varian rasaDark Choco, Vanilla, Strawberry, Purple Taro, Avocado, Mango, Leci, Banana, Cappucino, dan sebagainya
KandunganAlmond, ekstrak sakura, vitamin E
4
JenisSusu almond
Ukuran175 g
Varian rasaFrench Vanilla, Original, Milky Banana, Dark Chocolate, Greentea Matcha, Mocha Tiramisu, Strawberry Milkshake
KandunganAlmond, daun katuk, vitamin E
3

Mama's ChoiceAlmond Milk Powder

Mulai dari Rp 109.000,00

JenisSusu almond
Ukuran200 g
Varian rasaCokelat, Matcha
KandunganEkstrak kurma, almond, fenugreek, daun katuk, DHA
2

SarihusadaSGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi

Mulai dari Rp 21.000,00

JenisSusu sapi
Ukuran150 g, 300 g
Varian rasaCokelat, Stroberi
KandunganMinyak ikan, zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D
1
JenisSusu sapi
Ukuran400 g
Varian rasaCoklat
KandunganAsam folat, kalsium, zat besi, vitamin C, 7 vitamin, 5 mineral, protein, inulin

Tabel perbandingan produk susu ibu menyusui terbaik

Gambar produk
1
Mead Johnson Enfamama A+ 1

Mead Johnson

2
Sarihusada SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi 1

Sarihusada

3
 Mama's Choice Almond Milk Powder  1

Mama's Choice

4
BareFood ALMONA Almond Milk  1

BareFood

5
ALAMON Almond Milk Powder 1

ALAMON

6
Anmum Lacta 1

Anmum

7
Kedley  Lactamond 1

Kedley

8
Kalbe Farma Prenagen Lactamom 1

Kalbe Farma

9
Soya Herba Mama Soya Busui 1

Soya Herba

10
Kalbe Farma Lovamil Minuman Khusus Ibu Hamil dan Menyusui Cokelat 1

Kalbe Farma

Nama produk

Enfamama A+

SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi

Almond Milk Powder

ALMONA Almond Milk

Almond Milk Powder

Lacta

Lactamond

Prenagen Lactamom

Mama Soya Busui

Lovamil Minuman Khusus Ibu Hamil dan Menyusui Cokelat

Keunggulan

Jaga kesehatan saluran cerna bayi untuk tumbuh kembang yang optimal

Mengandung minyak ikan yang baik untuk perkembangan saraf dan otak

Kandungannya mampu tingkatkan kuantitas dan kualitas ASI

Rendah gula, pas untuk Anda yang tidak terlalu suka manis

ASI booster dengan varian rasa kekinian

Miliki anak cerdas dengan daya ingat tinggi berkat inovasi Nuelipid

Kaya jenis kacang-kacangan untuk protein yang lebih tinggi

Zat besinya 3,5 kali lebih mudah diserap tubuh

Susu kedelai bergizi lengkap yang tak kalah dari susu sapi!

Kemasan kecilnya praktis dibawa bepergian

Harga mulai dariRp 133.000,00Rp 21.000,00Rp 109.000,00Rp 37.900,00Rp 85.000,00Rp 46.200,00Rp 36.000,00Rp 42.700,00Rp 28.000,00Rp 15.500,00
JenisSusu sapiSusu sapiSusu almondSusu almondSusu almondSusu sapiSusu kacang kedelai, almond, kacang hijau, edamame, adzukiSusu sapiSusu kedelaiSusu sapi
Ukuran400 g150 g, 300 g200 g175 g170 g200 g, 400 g200 g200 g, 400 g200 g120 g
Varian rasaCoklatCokelat, StroberiCokelat, MatchaFrench Vanilla, Original, Milky Banana, Dark Chocolate, Greentea Matcha, Mocha Tiramisu, Strawberry MilkshakeDark Choco, Vanilla, Strawberry, Purple Taro, Avocado, Mango, Leci, Banana, Cappucino, dan sebagainyaCokelatVanila, Strawberry, ChocolateVelvety Chocolate, French Vanilla, Groovy Mocha, Lovely StrawberryVanila, CoklatCokelat
KandunganAsam folat, kalsium, zat besi, vitamin C, 7 vitamin, 5 mineral, protein, inulinMinyak ikan, zat besi, asam folat, kalsium, vitamin DEkstrak kurma, almond, fenugreek, daun katuk, DHAAlmond, daun katuk, vitamin EAlmond, ekstrak sakura, vitamin ENUELIPID, vitamin B, kalsium, zat besi, GA & DHA, seratKalsium, magnesium, seng, isoflavone, fitoestrogen, zat besi, protein, serat, omega 3, 6, 9, asam folat, kolagen ikan, berbagai vitaminZat besi, vitamin B2 & B12, vitamin D, omega 3, DHASari kacang kedelai (Non-GMO), ekstrak daun katuk, fenugreek, bee pollenPolydextrose, asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, 11 vitamin dan 7 mineral
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG

Tips dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG

ASI yang lancar saat proses menyusui tentu menjadi harapan para ibu pada umumnya. Agar hal tersebut terwujud, dr. Andri Welly, SpOG punya beberapa tips yang bisa Anda ikuti.


  • Ibu dapat mulai mengonsumsi suplemen pelancar ASI sesudah melahirkan
  • Susui bayi dengan rutin
  • Minum air putih minimal 2 liter sehari
  • Hindari stres dan makan makanan yang bergizi

Baca juga rekomendasi produk untuk ibu menyusui lainnya di sini

Tidak hanya susu saja yang perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jika Anda kurang begitu menyukai susu, ada pilihan minuman atau suplemen yang bisa meningkatkan produktivitas ASI. Rasanya bervariasi dan yang pasti segar untuk dikonsumsi setiap hari. Yuk, baca juga rekomendasinya di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pentingnya minum susu khusus ibu menyusui, apakah Anda tertarik untuk mulai mengonsumsinya? Di artikel ini kami telah memberikan beberapa rekomendasi susu ibu menyusui. Semoga Anda menemukan produk yang paling sesuai.


Hal terpenting adalah selalu memperhatikan asupan nutrisi harian selama menyusui, baik melalui makanan maupun minuman. Dengan demikian, Anda akan menikmati proses menyusui yang lancar dan menyenangkan. Pastinya jika tubuh ibu sehat, produksi ASI pun meningkat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Cobalah ASI booster! ASI booster adalah produk yang aman untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Produk ASI booster yang dijual di pasaran memiliki berbagai bentuk dan rasa.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk ASI booster terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Asifit, Mom Uung, dan Lactamor, ada dalam rekomendasi kami. Jangan lewatkan juga komentar dari bidan Ony Christy di artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Perubahan hormon saat kehamilan sering membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, aplikasikan sunscreen untuk ibu hamil terutama ketika keluar rumah.Kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari disimak untuk menemukan sunscreen untuk ibu hamil yang bagus!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak akar, batang, bunga, atau buah-buahan tanaman tertentu. Minyak ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia.Kali ini kami akan berbagi tips cara memilih essential oil yang aman untuk ibu hamil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Young Living dan Bonnels. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal guling untuk ibu hamil sangatlah berguna bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan tua. Saat perut makin membesar, ibu akan merasakan beban pada perut yang menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Dengan menggunakan bantal guling untuk ibu hamil, Anda dapat mengurangi rasa sakit ini dan akan merasa lebih nyaman saat berbaring.Merek-merek ternama, seperti Omiland, Mothercare, hingga Theraline menawarkan beragam bantal guling untuk ibu hamil. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menyuguhkan informasi tentang bantal guling khusus ibu hamil. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan yang pas di hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Pelindung puting merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah saat menyusui bayi. Wanita biasanya memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menyusui. Ada yang khawatir akan kelancaran ASI, ada juga yang putingnya terasa sakit atau terluka saat menyusui. Kesulitan menyusui juga dapat dikarenakan depresi atau masalah puting yang rata.Karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung puting yang tepat. Bidan Ony Christy juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Beberapa produk rekomendasi yang bagus, dari merek Medela, Bevavar, dan Pigeon, pun akan kami ulas. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Perubahan bentuk tubuh membuat ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Karena itu, kami sarankan Anda menggunakan bantal hamil. Untuk memudahkan Anda menemukan merek bantal hamil yang bagus, kami telah menyusun review bantal hamil untuk Anda.Kami juga menyertakan tips memilih dan rekomendasi bantal hamil terbaik, seperti bantal hamil Omiland, Mooimom, dan Obayito. Dari sekian banyak merek bantal hamil, Anda perlu memilih dengan teliti. Yuk, simak informasinya dan temukan best maternity pillow untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori