mybest
Sereal

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan olahan kering
  4. 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 1
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 2
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 3
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 4
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 5

10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]

Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.

 
Dalam artikel ini, kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Milo, dan Energen dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.

Diperbaharui 22/12/2023
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sereal gandum, sarapan mengenyangkan dan kaya manfaat

Sereal gandum, sarapan mengenyangkan dan kaya manfaat

Jika Anda bosan sarapan dengan nasi atau roti, dan ingin mencoba sarapan yang lebih sehat, pilih saja sereal gandum. Sereal gandum merupakan sumber energi yang mengenyangkan dan dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tak cukup sampai di sini, sereal gandum juga kaya nutrisi, seperti vitamin, mineral, juga protein. Sereal dari gandum utuh bahkan juga dapat membantu mencegah kanker.


Bagi Anda yang sibuk, tetapi tetap ingin mengonsumsi sarapan sehat, sereal gandum adalah pilihan yang tepat. Sereal gandum sangat mudah disajikan. Anda hanya perlu menuangkannya dan menambahkan susu atau yoghurt. Sereal gandum juga memiliki banyak pilihan rasa sehingga cocok dikonsumsi anak-anak ataupun orang dewasa. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya beralih sarapan dengan sereal gandum.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pilihlah sereal yang memasukkan whole grain atau gandum utuh sebagai komposisinya. Dengan demikian, manfaat dari gandum dapat Anda nikmati. Gandum utuh biasanya mengandung serat dan lemak baik sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sereal gandum

Ada beragam jenis sereal gandum yang dijual di pasaran, pilihan rasanya pun banyak. Namun, Anda tak perlu bingung memilihnya. Berikut kami berikan tips memilih sereal gandum yang bagus. 

1

Pilih berdasarkan rasanya

Pilih berdasarkan rasanya

Tak hanya manis, sereal gandum juga tersedia dalam varian rasa yang segar seperti buah-buahan. Pilihan rasa yang segar ini tentu cocok untuk Anda yang tak terlalu suka rasa yang manis. Jika Anda lebih menyukai rasa manis dari pemanis alami, pilih saja sereal rasa madu. Untuk anak-anak, sereal rasa cokelat dapat dengan mudah menjadi pilihan favorit. 


Sereal dengan rasa manis memang menggugah selera. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gulanya. Saat memilih sereal gandum, pilih produk dengan kandungan gula lima gram per porsi saja. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, Anda dapat mengonsumsinya dengan buah-buahan segar sebagai topping.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pilihan rasa yang manis seperti madu, strawberry, dan cokelat biasanya menggunakan gula tambahan sebagai pemanisnya. Pilihan rasa seperti ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak. Untuk orang dewasa, lebih baik pilih yang rasa original atau dengan ditambahkan buah-buahan kering.

2

Sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan

Tak hanya rasanya yang beragam, sereal gandum juga tersedia dalam beberapa jenis. Jenis sereal gandum ini dapat mempermudah Anda saat mengonsumsinya. Pilih jenis sereal sesuai kebutuhan dan kesibukan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengonsumsi sereal gandum dengan lebih konsisten.

Sereal kering, takaran dan penyajiannya dapat diatur sesuai selera

Sereal kering, takaran dan penyajiannya dapat diatur sesuai selera

Sereal kering mungkin merupakan jenis sereal gandum yang paling sering Anda lihat di toko swalayan. Sereal kering biasanya dijual dalam kemasan karton dengan isi yang cukup banyak. Jadi, Anda dapat mengatur sendiri takaran penyajian sesuai kebutuhan Anda. 


Jenis sereal ini biasanya disajikan bersama susu. Namun, Anda juga dapat berkreasi dengan menyajikannya bersama yoghurt atau buah segar sebagai topping-nya. Tambahan susu, yoghurt, atau buah ini juga akan memberikan tambahan nutrisi pada sajian sereal Anda. Sarapan Anda pun jadi makin sehat dan mengenyangkan. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saya pribadi paling suka dengan tipe sereal ini karena dapat dikreasikan menjadi banyak sajian. Gandum utuhnya terlihat dan tidak dihancurkan. Untuk menambahkan asupan protein, Anda bisa memilih susu atau yogurt non-fat


Anda bisa menambahkan tipe sereal ini ke atas smoothie bowl untuk menambahkan ekstra serat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai pilihan snack di sore hari. Kekurangannya adalah Anda harus rajin-rajin melihat jumlah saran penyajian dan menimbang takarannya agar tidak overeat.

Minuman sereal, mudah dan cepat menyiapkannya

Minuman sereal, mudah dan cepat menyiapkannya

Bagi Anda yang terlalu sibuk untuk menyiapkan semangkuk sereal, jenis minuman ini adalah yang paling cocok. Minuman sereal tidak perlu dicampur lagi dengan susu karena sudah mengandung serbuk susu di dalamnya. Cukup campurkan dengan air hangat di dalam gelas, Anda sudah dapat langsung menikmatinya.


Tak perlu khawatir dengan kandungan gizinya. Selain tambahan susu, minuman sereal seringkali ditambah dengan kandungan telur dan biji-bijian. Pilihan rasanya pun beragam. Anda dapat memilih rasa klasik cokelat atau vanila. Bahkan tersedia juga rasa lainnya seperti kurma dan taro.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saat waktu dan ketersediaan alat menjadi masalah, minuman sereal juga bisa menjadi alternatif yang baik. Sebagai acuan, porsi satu kali makan besar adalah 30–45 gram karbohidrat total. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi 1–2 sachet sebagai sarapan tergantung brand cereal-nya.

Cereal bar, camilan sehat yang praktis

Cereal bar, camilan sehat yang praktis

Cereal bar merupakan cara yang praktis untuk mengonsumsi sereal gandum. Anda dapat langsung mengonsumsinya tanpa perlu menambahkan susu ataupun air hangat. Berkat kemasannya yang praktis, cereal bar juga dapat Anda konsumsi sebagai camilan penghalau lapar, juga bekal sekolah anak. Pilihan yang praktis bagi Anda yang ingin menikmati sereal gandum tanpa repot. 


Cereal bar terbuat dari campuran beragam bahan. Campurannya umumnya terdiri atas sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, juga buah-buahan kering. Tak jarang, cereal bar juga dicampur dengan yoghurt. Maka, tak heran jika cereal bar menjadi pilihan utama camilan sehat yang praktis dan mengenyangkan. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Cereal bar merupakan salah satu pilihan cemilan sehat yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Takaran saji dan jumlah kalorinya jelas sehingga memudahkan bagi mereka yang mempunyai pembatasan kalori.

3

Periksa adanya tambahan kandungan biji-bijian

Periksa adanya tambahan kandungan biji-bijian

Saat memilih sereal gandum, Anda juga perlu memeriksa kandungan tambahannya, salah satunya adalah biji-bijian. Biji-bijian memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tak hanya mengandung mineral dan protein, biji-bijian juga mengandung vitamin, antioksidan, bahkan serat. Inilah sebabnya biji-bijian baik untuk pencernaan juga dapat menurunkan risiko penyakit seperti jantung dan stroke.


Ada beragam jenis biji-bijian yang ditambahkan dalam produk sereal gandum. Misalnya saja kacang hijau yang kaya kalsium, zat besi, fosfor, juga asam folat. Jenis biji-bijian lain yang sering ditemukan sebagai campuran sereal gandum antara lain, jagung, quinoa, dan chia seed. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Biji-bijian merupakan kelompok makanan yang suka terlewati di pola diet masyarakat Indonesia. Jadi, saya sangat menyarankan Anda untuk menambahkan biji-bijian ke dalam makanan jika ada kesempatan.

4

Cek kandungan vitamin dan mineralnya

Cek kandungan vitamin dan mineralnya

Kandungan vitamin dan mineral pada produk sereal gandum juga penting untuk Anda periksa. Sereal gandum dengan kandungan vitamin akan membantu memenuhi kebutuhan Anda tanpa harus mengonsumsi suplemen tambahan. Jenis vitamin yang Anda butuhkan antara lain vitamin A, B12, C, dan D. Selain itu, jenis nutrisi lain yang perlu Anda butuhkan dalam sereal gandum adalah magnesium, zat besi, juga zink.


Secara alami, sereal gandum mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, E, dan beragam jenis vitamin B. Namun, proses pengolahannya yang panjang bisa jadi menghilangkan kandungan nutrisi alaminya. Saat memilih sereal gandum, pilih yang berlabel "fortified" atau fortifikasi. Label ini berarti produk tersebut sudah mengalami penambahan vitamin dan mineral tertentu. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jika cereal pilihan Anda mengandung vitamin yang tinggi, anggap saja hal ini sebagai bonus. Untuk memastikan bahwa cereal tersebut benar-benar tinggi vitamin, Anda bisa memeriksa box nutrisi di bagian belakang kemasan. Di bagian tersebut terdapat informasi kandungan gizi vitamin yang ada pada cereal.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sereal Gandum Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sereal Gandum terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 25 November 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Rasa
Jenis
Kandungan gizi
Varian
Cara pengolahan
Bahan utama
1

Nestle

Koko Krunch

Nestle Koko Krunch 1

Rp20.800

Menengah

Sumber vitamin dengan rasa cokelat yang dahsyat

150 gram

Cokelat

Sereal kering

Vitamin A 15%, vitamin D 10%, vitamin B1 40%, vitamin B2 50%, vitamin B3 35%, vitamin B5 20%, vitamin B6 45%, vitamin B9 20%, vitamin B12 20%, vitamin C 25% kalsium 35%, Fosfor 20%, magnesium 6% besi 20%, zink 6%

Cokelat

Makan bersama susu

Serealia (Tepung gandum utuh (27%), Tepung Gandum, Semolina Jagung), Gula, Kakao Bubuk, Ekstrak Malt (Barli), Minyak Nabati, 1 Mineral, Garam, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Sintetik, Premiks Vitamin & Mineral

2

Nestle

Milo Cereal Box

Nestle Milo Cereal Box 1

Rp23.000

Menengah

Sarapan penuh nutrisi dengan rasa yang lezat

170 gram

Cokelat

Sereal kering

Energi total 110 kkal, energi dan lemak 10 kkal, lemak total 1g, protein 2g, karbohidrat total 23g, serat pangan 2g, gula total 9g, natrium 50mg, vitamin A, vitamin D, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (Niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, zink

Cokelat

Dimakan dengan susu

Serealia 58% (Tepung Gandum Utuh 32%, Tepung Gandum 19%, Semolina Jagung), Gula, Ekstrak Malt (Barli) 7%, Kakao Bubuk 4%, 1 Mineral, Minyak Nabati, Susu Skim Bubuk, Garam, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Alami, Antioksidan Tokoferol Campuran Pekat, Premiks Vitamin & Mineral

3

Mayora

Energen Cokelat Pouch

Mayora Energen Cokelat Pouch 1

Rp26.950

Agak Mahal

Cara praktis menikmati sereal

34 gram

Cokelat

Minuman seral

Energi total 130 kkal, energi dari lemak 30 kkal, lemak total 3.5 g (5%), lemak jenuh 1.5 g (8%), kolesterol 0 g (0%), protein 1 g (2%), karbohidrat total 24 g (8%) serat pangan 1 g (4%), gula 18 g, natrium 140 mg (6%), vitamin a 30%, vitamin b1 15%, vitamin b2 10%, vitamin b6 20%, asam folat 15%, vitamin b12 25%, vitamin d 15%, vitamin e 15%, kalsium 20%

Cokelat

Diseduh dengan air panas

Gula, krimer, terigu, susu bubuk, kakao bubuk, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ektrak malt

4

Nestle

Honey Stars

Nestle Honey Stars 1

Rp29.000

Agak Mahal

Kalorinya cukup tinggi, cocok untuk menambah berat badan

150 gram

Madu

Sereal kering

Energi total 120 kkal, energi dari lemak 20 kkal. % AKG: Lemak total 2 g, protein 1 g, karbohidrat 24 g, serat pangan 1 g, gula 9 g, natrium 15 mg.

Honey

Makan dengan susu

Serealia 72% (Tepung Gandum Utuh 36%, Semolina Jagung 36%), Gula, Madu (3%), 1 Mineral, Minyak Nabati, Garam, Perisa Alami, Antioksidan Tokoferol Campuran Pekat, Premiks Vitamin & Mineral, dan Pewarna Alami Beta-karoten dari Blakesla trispora (Mengandung Antioksidan Tokoferol)

5

Mayora

Energen Vanilla Pouch

Mayora Energen Vanilla Pouch 1

Rp26.950

Agak Mahal

Rasa vanila yang lezat berpadu dengan kebaikan susu dan telur

32 gram

Vanila

Minuman sereal

Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, natrium 60 mg

Vanila

Diseduh dengan air panas

Gula, krimer, terigu, susu bubuk, perisa vanilla, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ektrak malt

6

Kalbe

Fitbar Multigrain Tiramisu Delight

Kalbe Fitbar Multigrain Tiramisu Delight 1

Rp27.250

Agak Mahal

Camilan rasa kopi yang sehat dan rendah kalori

22 gram

Tiramisu

Cereal bar

Tidak diketahui

Tiramisu Delight

Dimakan langsung

Whole Wheat, Quinoa, Oat

7

Nestle

Honey Stars Mix Trix

Nestle Honey Stars Mix Trix 1

Rp21.000

Menengah

Buat sarapan anak Anda jadi lebih menyenangkan dengan sereal berbentuk lucu ini

150 gram

Madu dan buah-buahan

Sereal kering

Tidak disebutkan

Buah-buahan

Dimakan dengan susu

Serealia (tepung gandum utuh, semolina jagung), gula, sirup glukosa, madu, minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), 1 mineral, perisa identik alami (vanilin, madu), garam beryodium, premiks vitamin, antioksidan tokoferol campuran pekat dan pewarna makanan beta karoten CL 40800 (mengandung kedelai)

8

Kalbe

Fitbar Multigrain Choco Delight

Kalbe Fitbar Multigrain Choco Delight 1

Rp27.250

Agak Mahal

Sereal gandum untuk diet yang kaya vitamin B12

22 gram

Cokelat

Cereal bar

Energi total 90 kkal, energi dari lemak 25 kkal. % AKG: lemak total 2.5 g, lemak jenuh 2 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 3 g, vitamin A 15 g, vitamin B12 25 g

Chocolate Delight

Dimakan langsung

Rice crispy, coklat hitam batangan, oat, sirup glukosa, puff kedelai, keping jagung, ekstrak malt, pemanis alami, sukrosa inulin, lemak susu, gilserol, isolat protein kedelai, konsentrat kedelai, konsentrat whey, protein, pengemulsi lestitin kedelai, perisa (identik alami coklat, artifisial vanila), garam, antioksidan tokoferol, mineral dan vitamin

9

Indofood Sukses Makmur

GoVit Sagon Sereal Cokelat

Indofood Sukses Makmur GoVit Sagon Sereal Cokelat 1

Rp5.000

Lebih Murah

Camilan sereal murah meriah bergizi tinggi

6 gram

Cokelat

Sereal kering

Tidak diketahui

Coklat

Makan langsung atau menjadi toping

Beras dan gandum

10

Indofood Nutrition

Gowell Sereal Susu Rejuv

Indofood Nutrition Gowell Sereal Susu Rejuv  1

Rp9.000

Lebih Murah

Lebih nikmat, bisa disajikan panas atau dingin

25 gram

Cokelat, vanila, taro

Minuman sereal

Tidak diketahui

Coklat, vanila, taro

Seduh dengan air panas

Gandum, oat, susu, telur

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NestleKoko Krunch

Koko Krunch 1
Sumber: nestle-cereals.com
Koko Krunch 2
Sumber: shopee.co.id
Koko Krunch 3
Sumber: shopee.co.id
Koko Krunch 4
Sumber: shopee.co.id
Koko Krunch 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp20.800
Menengah
Harga referensi
Rp20.800
Menengah

Sumber vitamin dengan rasa cokelat yang dahsyat

Siapa yang tak kenal produk sereal yang satu ini? Koko Krunch dari Nestle merupakan salah satu produk sereal gandum yang terkenal di seluruh dunia. Produk ini terbuat dari gandum utuh yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Gandum utuh yang kaya akan serat juga dapat mengontrol berat badan. 


Manfaat gandum utuh ini juga ditambah dengan berbagai jenis vitamin B dan beragam mineral. Semua disajikan dengan rasa cokelat yang dahsyat. Para pecinta cokelat ataupun Anda yang mencari sereal sarapan untuk anak wajib memilih produk sereal ini. 

Isi150 gram
RasaCokelat
JenisSereal kering
Kandungan giziVitamin A 15%, vitamin D 10%, vitamin B1 40%, vitamin B2 50%, vitamin B3 35%, vitamin B5 20%, vitamin B6 45%, vitamin B9 20%, vitamin B12 20%, vitamin C 25% kalsium 35%, Fosfor 20%, magnesium 6% besi 20%, zink 6%
VarianCokelat
Cara pengolahanMakan bersama susu
Bahan utamaSerealia (Tepung gandum utuh (27%), Tepung Gandum, Semolina Jagung), Gula, Kakao Bubuk, Ekstrak Malt (Barli), Minyak Nabati, 1 Mineral, Garam, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Sintetik, Premiks Vitamin & Mineral
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

NestleMilo Cereal Box

Harga referensi
Rp23.000
Menengah

Sarapan penuh nutrisi dengan rasa yang lezat

Milo cereal ini bisa jadi alternatif sarapan bagi anak Anda. Sereal ini terbuat dari gandum utuh dan choco malt yang dibuat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Selain mengandung vitamin, produk ini juga dapat menjadi sumber kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, dan zink. Kandungan vitamin dan mineral ini sangat penting bagi pertumbuhan anak.




Isi170 gram
RasaCokelat
JenisSereal kering
Kandungan giziEnergi total 110 kkal, energi dan lemak 10 kkal, lemak total 1g, protein 2g, karbohidrat total 23g, serat pangan 2g, gula total 9g, natrium 50mg, vitamin A, vitamin D, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (Niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, zink
VarianCokelat
Cara pengolahanDimakan dengan susu
Bahan utamaSerealia 58% (Tepung Gandum Utuh 32%, Tepung Gandum 19%, Semolina Jagung), Gula, Ekstrak Malt (Barli) 7%, Kakao Bubuk 4%, 1 Mineral, Minyak Nabati, Susu Skim Bubuk, Garam, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Alami, Antioksidan Tokoferol Campuran Pekat, Premiks Vitamin & Mineral
View all
No.3

MayoraEnergen Cokelat Pouch

Harga referensi
Rp26.950
Agak Mahal

Cara praktis menikmati sereal

Minuman sereal dari Mayora berikut ini sangat pas untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu di pagi hari. Energen cokelat menawarkan nutrisi komplet untuk aktivitas Anda seharian. Minuman ini terbuat dari susu, telur, sereal, oat, dan berbagai vitamin yang siap bantu meningkatkan energi Anda. Cara membuatnya pun mudah, Anda cukup menyeduhnya dengan air panas lalu sereal siap dinikmati. Sangat praktis dan menghemat waktu bukan?

Isi34 gram
RasaCokelat
JenisMinuman seral
Kandungan giziEnergi total 130 kkal, energi dari lemak 30 kkal, lemak total 3.5 g (5%), lemak jenuh 1.5 g (8%), kolesterol 0 g (0%), protein 1 g (2%), karbohidrat total 24 g (8%) serat pangan 1 g (4%), gula 18 g, natrium 140 mg (6%), vitamin a 30%, vitamin b1 15%, vitamin b2 10%, vitamin b6 20%, asam folat 15%, vitamin b12 25%, vitamin d 15%, vitamin e 15%, kalsium 20%
VarianCokelat
Cara pengolahanDiseduh dengan air panas
Bahan utamaGula, krimer, terigu, susu bubuk, kakao bubuk, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ektrak malt
View all
No.4

NestleHoney Stars

Harga referensi
Rp29.000
Agak Mahal

Kalorinya cukup tinggi, cocok untuk menambah berat badan

Jika Anda ingin menambah berat badan, cobalah sarapan dengan produk sereal gandum ini. Kandungan kalorinya cukup tinggi, yaitu 120 kkal per sajian. Agar lekas mencapai berat badan idaman, Anda dapat mengonsumsinya dengan susu yang mengandung lemak dan protein. 


Tak hanya kalorinya yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi sereal gandum ini, Anda akan mendapatkan beragam kebaikan madu. Kombinasi gandum dan madu juga akan memberikan energi ekstra bagi tubuh. 

Isi150 gram
RasaMadu
JenisSereal kering
Kandungan giziEnergi total 120 kkal, energi dari lemak 20 kkal. % AKG: Lemak total 2 g, protein 1 g, karbohidrat 24 g, serat pangan 1 g, gula 9 g, natrium 15 mg.
VarianHoney
Cara pengolahanMakan dengan susu
Bahan utamaSerealia 72% (Tepung Gandum Utuh 36%, Semolina Jagung 36%), Gula, Madu (3%), 1 Mineral, Minyak Nabati, Garam, Perisa Alami, Antioksidan Tokoferol Campuran Pekat, Premiks Vitamin & Mineral, dan Pewarna Alami Beta-karoten dari Blakesla trispora (Mengandung Antioksidan Tokoferol)
View all
No.5

MayoraEnergen Vanilla Pouch

Harga referensi
Rp26.950
Agak Mahal

Rasa vanila yang lezat berpadu dengan kebaikan susu dan telur

Mayora menyajikan perpaduan rasa manis dan lembut dari vanila dengan rasa creamy dari susu dan telur dalam produk ini. Selain perpaduan rasanya yang lezat, Energen vanila ini juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral yang mampu menambah energi. Anda juga akan merasakan bulir-bulir oat yang lembut setiap Anda meminumnya. Bagi pecinta cita rasa vanila, Anda dapat mempertimbangkan produk ini sebagai pengganti sarapan Anda setiap hari.

Isi32 gram
RasaVanila
JenisMinuman sereal
Kandungan giziVitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, natrium 60 mg
VarianVanila
Cara pengolahanDiseduh dengan air panas
Bahan utamaGula, krimer, terigu, susu bubuk, perisa vanilla, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ektrak malt
View all
No.6

KalbeFitbar Multigrain Tiramisu Delight

Harga referensi
Rp27.250
Agak Mahal

Camilan rasa kopi yang sehat dan rendah kalori

Jika Anda mencari camilan yang rendah kalori dan lezat, Anda bisa memilih produk yang satu ini. Fitbar Multigrain Tiramisu Delight hanya mengandung 90 kalori serta bebas kolesterol dan lemak jahat sehingga cocok untuk camilan sehat sehari-hari. Cereal bar ini juga bisa dijadikan camilan saat diet karena mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan kelezatan ekstrak kopi asli, Anda dapat menikmati camilan yang lezat dan sehat.

Isi22 gram
RasaTiramisu
JenisCereal bar
Kandungan giziTidak diketahui
VarianTiramisu Delight
Cara pengolahanDimakan langsung
Bahan utamaWhole Wheat, Quinoa, Oat
View all
No.7

NestleHoney Stars Mix Trix

Harga referensi
Rp21.000
Menengah

Buat sarapan anak Anda jadi lebih menyenangkan dengan sereal berbentuk lucu ini

Honey Stars Mix Trix merupakan sereal berbentuk unik dengan rasa madu dan buah-buahan. Bentuk dan rasanya ini banyak disukai oleh anak-anak. Produk ini juga dibuat dari gandum utuh (whole grain) dan mengandung 5 vitamin serta kalsium dan zat besi. Jika anak Anda sering menolak untuk sarapan, Anda bisa mencoba mengganti menu sarapan anak Anda dengan sereal ini. 

Isi150 gram
RasaMadu dan buah-buahan
JenisSereal kering
Kandungan giziTidak disebutkan
VarianBuah-buahan
Cara pengolahanDimakan dengan susu
Bahan utamaSerealia (tepung gandum utuh, semolina jagung), gula, sirup glukosa, madu, minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), 1 mineral, perisa identik alami (vanilin, madu), garam beryodium, premiks vitamin, antioksidan tokoferol campuran pekat dan pewarna makanan beta karoten CL 40800 (mengandung kedelai)
View all
No.8

KalbeFitbar Multigrain Choco Delight

Harga referensi
Rp27.250
Agak Mahal

Sereal gandum untuk diet yang kaya vitamin B12

Vitamin B12 merupakan salah satu jenis vitamin B dengan segudang manfaat. Membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung merupakan beberapa manfaat vitamin B. Kini, Anda dapat mengonsumsi sumber vitamin B12 dengan lebih praktis. Pilih saja Fitbar Multigrain Choco Delight. 


Produk cereal bar ini mengandung vitamin B12 di samping vitamin A dan C. Produk ini juga kaya serat karena terbuat dari paduan oat, quinoa, dan whole wheat (gandum utuh). Cereal bar ini juga pas untuk diet karena hanya mengandung 90 kalori. Berat badan terjaga, kebutuhan vitamin terpenuhi. 

Isi22 gram
RasaCokelat
JenisCereal bar
Kandungan giziEnergi total 90 kkal, energi dari lemak 25 kkal. % AKG: lemak total 2.5 g, lemak jenuh 2 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 3 g, vitamin A 15 g, vitamin B12 25 g
VarianChocolate Delight
Cara pengolahanDimakan langsung
Bahan utamaRice crispy, coklat hitam batangan, oat, sirup glukosa, puff kedelai, keping jagung, ekstrak malt, pemanis alami, sukrosa inulin, lemak susu, gilserol, isolat protein kedelai, konsentrat kedelai, konsentrat whey, protein, pengemulsi lestitin kedelai, perisa (identik alami coklat, artifisial vanila), garam, antioksidan tokoferol, mineral dan vitamin
View all
No.9

Indofood Sukses MakmurGoVit Sagon Sereal Cokelat

Harga referensi
Rp5.000
Lebih Murah

Camilan sereal murah meriah bergizi tinggi

Jika Anda tengah mencari camilan kaya vitamin dan mineral untuk anak, pilih saja GoVit Sagon Sereal. Produk sereal ini merupakan camilan yang mengandung sebelas vitamin dan empat mineral untuk anak usia 6-12 tahun. Produk ini juga dibuat tanpa pewarna dan pemanis buatan, MSG, dan pengawet. Produk ini dapat dikonsumsi langsung, ditambah air, ataupun dicampur dengan makanan lain, lho!

Isi6 gram
RasaCokelat
JenisSereal kering
Kandungan giziTidak diketahui
VarianCoklat
Cara pengolahanMakan langsung atau menjadi toping
Bahan utamaBeras dan gandum
View all
No.10

Indofood NutritionGowell Sereal Susu Rejuv

Harga referensi
Rp9.000
Lebih Murah

Lebih nikmat, bisa disajikan panas atau dingin

GoWell adalah sereal susu bergizi dengan kandungan vitamin dan mineral yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Cara membuatnya pun mudah, Anda cukup menyeduh satu sachet GoWell dengan 150 ml air hangat lalu diaduk hingga rata. 

Anda juga bisa menyajikannya dalam kondisi dingin, lho. Caranya, seduh GoWell dengan air hangat lalu tunggu beberapa saat sebelum Anda memasukkan es batu. Jika Anda bosan dengan sajian minuman sereal yang hangat, Anda bisa mencoba produk ini. GoWell juga hadir dalam 4 varian rasa yang bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.


Isi25 gram
RasaCokelat, vanila, taro
JenisMinuman sereal
Kandungan giziTidak diketahui
VarianCoklat, vanila, taro
Cara pengolahanSeduh dengan air panas
Bahan utamaGandum, oat, susu, telur
View all

Tips sehat mengonsumsi sereal gandum

Tips sehat mengonsumsi sereal gandum

Sereal gandum memang nikmat dan praktis dikonsumsi setiap hari. Namun, Anda juga harus memperhatikan sisi kesehatannya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar santapan sereal jadi lebih sehat, bahkan bertambah cita rasanya.


  • Santaplah dengan susu berprotein tinggi. Susu berprotein tinggi akan membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan protein dan lemaknya. Jika Anda tidak mengonsumsi susu sapi, pilih saja susu kedelai yang juga berprotein tinggi.

  • Pilih madu sebagai pemanis. Agar sereal gandum dengan rasa tawar lebih lezat, gunakan madu sebagai pemanisnya. Madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sereal makin enak disantap, daya tahan tubuh pun terjaga.

  • Tambahkan buah-buahan segar. Buah-buahan tak hanya membuat sereal gandum makin manis, tetapi juga kaya vitamin dan antioksidan. Anda dapat menambahkan irisan pisang, stroberi, blueberry, atau raspberry segar pada sajian sereal gandum Anda.

  • Campur dengan yoghurt. Agar pencernaan makin sehat, pilih yoghurt sebagai campuran sereal. Yoghurt kaya kalsium dan protein. Teksturnya yang kental juga akan membuat perut lebih cepat kenyang. 
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang tidak terlalu suka mengonsumsi whole grain adalah karena tekstur dan rasanya yang kurang menarik. Nah, dengan cara-cara yang disebutkan di atas, makan whole grain cereal bisa menjadi lebih menyenangkan, nikmat, dan sehat. 

Baca juga rekomendasi sereal lainnya di sini

Sereal tak hanya terbuat dari gandum. Ada juga jenis sereal yang terbuat dari jagung. Selain itu, ada pula granola dan muesli yang dapat menjadi alternatif sereal gandum. Kami sudah menyiapkan artikel tentang ketiga jenis sereal tersebut. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang ketiga jenis sereal ini. 

Kesimpulan

Saat memilih sereal gandum, penting untuk memeriksa kandungan bahan dan gizinya. Perhatikan apakah produk sereal gandum pilihan Anda mengandung vitamin. Pertimbangkan juga sereal yang mengandung biji-bijian. Soal jenis, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.


Agar sereal gandum makin sehat dan lezat saat disantap, Anda dapat menambahkan topping buah-buahan. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Selamat menikmati dan hidup makin sehat dengan mengonsumsi sereal gandum.

5 Rekomendasi Sereal Gandum terbaik

No. 1: NestleKoko Krunch

No. 2: NestleMilo Cereal Box

No. 3: MayoraEnergen Cokelat Pouch

No. 4: NestleHoney Stars

No. 5: MayoraEnergen Vanilla Pouch

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan olahan kering
  4. 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.