• 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)           1
  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)           2
  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)           3
  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)           4
  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)           5

10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.

 
Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. 

Sereal gandum, sarapan mengenyangkan dan kaya manfaat

Sereal gandum, sarapan mengenyangkan dan kaya manfaat

Jika Anda bosan sarapan dengan nasi atau roti, dan ingin mencoba sarapan yang lebih sehat, pilih saja sereal gandum. Sereal gandum merupakan sumber energi yang mengenyangkan dan dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tak cukup sampai di sini, sereal gandum juga kaya nutrisi, seperti vitamin, mineral, juga protein. Sereal dari gandum utuh bahkan juga dapat membantu mencegah kanker.

Bagi Anda yang sibuk, tetapi tetap ingin mengonsumsi sarapan sehat, sereal gandum adalah pilihan yang tepat. Sereal gandum sangat mudah disajikan. Anda hanya perlu menuangkannya dan menambahkan susu atau yoghurt. Sereal gandum juga memiliki banyak pilihan rasa sehingga cocok dikonsumsi anak-anak ataupun orang dewasa. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya beralih sarapan dengan sereal gandum.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pilihlah sereal yang memasukkan whole grain atau gandum utuh sebagai komposisinya. Dengan demikian, manfaat dari gandum dapat Anda nikmati. Gandum utuh biasanya mengandung serat dan lemak baik sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sereal gandum

Ada beragam jenis sereal gandum yang dijual di pasaran, pilihan rasanya pun banyak. Namun, Anda tak perlu bingung memilihnya. Berikut kami berikan tips memilih sereal gandum yang bagus. 

Pilih berdasarkan rasanya

Pilih berdasarkan rasanya

Tak hanya manis, sereal gandum juga tersedia dalam varian rasa yang segar seperti buah-buahan. Pilihan rasa yang segar ini tentu cocok untuk Anda yang tak terlalu suka rasa yang manis. Jika Anda lebih menyukai rasa manis dari pemanis alami, pilih saja sereal rasa madu. Untuk anak-anak, sereal rasa cokelat dapat dengan mudah menjadi pilihan favorit. 

Sereal dengan rasa manis memang menggugah selera. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gulanya. Saat memilih sereal gandum, pilih produk dengan kandungan gula lima gram per porsi saja. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, Anda dapat mengonsumsinya dengan buah-buahan segar sebagai topping.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pilihan rasa yang manis seperti madu, strawberry, dan cokelat biasanya menggunakan gula tambahan sebagai pemanisnya. Pilihan rasa seperti ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak. Untuk orang dewasa, lebih baik pilih yang rasa original atau dengan ditambahkan buah-buahan kering.

Sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan

Tak hanya rasanya yang beragam, sereal gandum juga tersedia dalam beberapa jenis. Jenis sereal gandum ini dapat mempermudah Anda saat mengonsumsinya. Pilih jenis sereal sesuai kebutuhan dan kesibukan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengonsumsi sereal gandum dengan lebih konsisten.

Sereal kering, takaran dan penyajiannya dapat diatur sesuai selera

Sereal kering, takaran dan penyajiannya dapat diatur sesuai selera

Sereal kering mungkin merupakan jenis sereal gandum yang paling sering Anda lihat di toko swalayan. Sereal kering biasanya dijual dalam kemasan karton dengan isi yang cukup banyak. Jadi, Anda dapat mengatur sendiri takaran penyajian sesuai kebutuhan Anda. 

Jenis sereal ini biasanya disajikan bersama susu. Namun, Anda juga dapat berkreasi dengan menyajikannya bersama yoghurt atau buah segar sebagai topping-nya. Tambahan susu, yoghurt, atau buah ini juga akan memberikan tambahan nutrisi pada sajian sereal Anda. Sarapan Anda pun jadi makin sehat dan mengenyangkan. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saya pribadi paling suka dengan tipe sereal ini karena dapat dikreasikan menjadi banyak sajian. Gandum utuhnya terlihat dan tidak dihancurkan. Untuk menambahkan asupan protein, Anda bisa memilih susu atau yogurt non-fat


Anda bisa menambahkan tipe sereal ini ke atas smoothie bowl untuk menambahkan ekstra serat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai pilihan snack di sore hari. Kekurangannya adalah Anda harus rajin-rajin melihat jumlah saran penyajian dan menimbang takarannya agar tidak overeat.

Minuman sereal, mudah dan cepat menyiapkannya

Minuman sereal, mudah dan cepat menyiapkannya

Bagi Anda yang terlalu sibuk untuk menyiapkan semangkuk sereal, jenis minuman ini adalah yang paling cocok. Minuman sereal tidak perlu dicampur lagi dengan susu karena sudah mengandung serbuk susu di dalamnya. Cukup campurkan dengan air hangat di dalam gelas, Anda sudah dapat langsung menikmatinya.

Tak perlu khawatir dengan kandungan gizinya. Selain tambahan susu, minuman sereal seringkali ditambah dengan kandungan telur dan biji-bijian. Pilihan rasanya pun beragam. Anda dapat memilih rasa klasik cokelat atau vanila. Bahkan tersedia juga rasa lainnya seperti kurma dan taro.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saat waktu dan ketersediaan alat menjadi masalah, minuman sereal juga bisa menjadi alternatif yang baik. Sebagai acuan, porsi satu kali makan besar adalah 30–45 gram karbohidrat total. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi 1–2 sachet sebagai sarapan tergantung brand cereal-nya.

Cereal bar, camilan sehat yang praktis

Cereal bar, camilan sehat yang praktis

Cereal bar merupakan cara yang praktis untuk mengonsumsi sereal gandum. Anda dapat langsung mengonsumsinya tanpa perlu menambahkan susu ataupun air hangat. Berkat kemasannya yang praktis, cereal bar juga dapat Anda konsumsi sebagai camilan penghalau lapar, juga bekal sekolah anak. Pilihan yang praktis bagi Anda yang ingin menikmati sereal gandum tanpa repot. 

Cereal bar terbuat dari campuran beragam bahan. Campurannya umumnya terdiri atas sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, juga buah-buahan kering. Tak jarang, cereal bar juga dicampur dengan yoghurt. Maka, tak heran jika cereal bar menjadi pilihan utama camilan sehat yang praktis dan mengenyangkan. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Cereal bar merupakan salah satu pilihan cemilan sehat yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Takaran saji dan jumlah kalorinya jelas sehingga memudahkan bagi mereka yang mempunyai pembatasan kalori.

Periksa adanya tambahan kandungan biji-bijian

Periksa adanya tambahan kandungan biji-bijian

Saat memilih sereal gandum, Anda juga perlu memeriksa kandungan tambahannya, salah satunya adalah biji-bijian. Biji-bijian memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tak hanya mengandung mineral dan protein, biji-bijian juga mengandung vitamin, antioksidan, bahkan serat. Inilah sebabnya biji-bijian baik untuk pencernaan juga dapat menurunkan risiko penyakit seperti jantung dan stroke.

Ada beragam jenis biji-bijian yang ditambahkan dalam produk sereal gandum. Misalnya saja kacang hijau yang kaya kalsium, zat besi, fosfor, juga asam folat. Jenis biji-bijian lain yang sering ditemukan sebagai campuran sereal gandum antara lain, jagung, quinoa, dan chia seed. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Biji-bijian merupakan kelompok makanan yang suka terlewati di pola diet masyarakat Indonesia. Jadi, saya sangat menyarankan Anda untuk menambahkan biji-bijian ke dalam makanan jika ada kesempatan.

Cek kandungan vitamin dan mineralnya

Cek kandungan vitamin dan mineralnya

Kandungan vitamin dan mineral pada produk sereal gandum juga penting untuk Anda periksa. Sereal gandum dengan kandungan vitamin akan membantu memenuhi kebutuhan Anda tanpa harus mengonsumsi suplemen tambahan. Jenis vitamin yang Anda butuhkan antara lain vitamin A, B12, C, dan D. Selain itu, jenis nutrisi lain yang perlu Anda butuhkan dalam sereal gandum adalah magnesium, zat besi, juga zink.

Secara alami, sereal gandum mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, E, dan beragam jenis vitamin B. Namun, proses pengolahannya yang panjang bisa jadi menghilangkan kandungan nutrisi alaminya. Saat memilih sereal gandum, pilih yang berlabel "fortified" atau fortifikasi. Label ini berarti produk tersebut sudah mengalami penambahan vitamin dan mineral tertentu. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jika cereal pilihan Anda mengandung vitamin yang tinggi, anggap saja hal ini sebagai bonus. Untuk memastikan bahwa cereal tersebut benar-benar tinggi vitamin, Anda bisa memeriksa box nutrisi di bagian belakang kemasan. Di bagian tersebut terdapat informasi kandungan gizi vitamin yang ada pada cereal.

10 Rekomendasi sereal gandum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sereal gandum terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria.

10
Isi 375 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Original
Kandungan gizi Vitamin B1, B2, B3, asam folat, zat besi, magnesium, serat pangan
9
Isi 32 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Cokelat
Kandungan gizi Vitamin (B2, B3, B5, B6, B9), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink
8

Indofood Sukses MakmurGoVit Sagon Sereal

Mulai dari Rp 5.000,00

Isi 6 gram
Jenis Minuman sereal
Rasa Cokelat, keju, susu vanila, stroberi
Kandungan gizi Vitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9, B12), C, D, E, dan K, zink, zat besi, yodium, dan tembaga
7
Isi 12 x 29 gram
Jenis Minuman sereal
Rasa Taro
Kandungan gizi Vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, D, E), asam folat, zink, magnesium, zat besi
6
Isi 30 gram
Jenis Minuman sereal
Rasa Kurma
Kandungan gizi Serat pangan, vitamin (A, B1, B2, B6, B12, D, dan E), asam folat, kalsium
5

East Bali CashewsGranola Bites Chocolate Vanilla

Mulai dari Rp 29.900,00

Isi 125 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Chocolate vanilla
Kandungan gizi Protein, lemak, serat pangan, natrium
4
Isi 5 x 24 gram
Jenis Cereal bar
Rasa Cokelat
Kandungan gizi Vitamin (A, B12, C), protein, serat pangan
3
Isi 375 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Buah-buahan
Kandungan gizi Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, C, kalsium, zat besi, protein, serat pangan
2
Isi 150 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Madu
Kandungan gizi Vitamin A, D, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, kalsium, magnesium, zat besi, dan zink
1
Isi 170 gram
Jenis Sereal kering
Rasa Cokelat
Kandungan gizi Vitamin (B2, B3, B5, B6, B9), kalsium, zat besi

Tabel perbandingan produk sereal gandum terbaik

Gambar produk
1
Nestle Koko Krunch 1

Nestle

2
Nestle Honey Stars 1

Nestle

3
Kellog's Mueslix Harvest Fruit 1

Kellog's

4
Kalbe Fitbar Multigrain Choco Delight 1

Kalbe

5
East Bali Cashews Granola Bites Chocolate Vanilla 1

East Bali Cashews

6
Mayora Energen Kurma 1

Mayora

7
Indofood GoWell Sereal Susu Taro 1

Indofood

8
Indofood Sukses Makmur GoVit Sagon Sereal 1

Indofood Sukses Makmur

9
Nestle MILO Cereal Combo Pack 1

Nestle

10
Sanitarium Weet-Bix Original  1

Sanitarium

Nama produk

Koko Krunch

Honey Stars

Mueslix Harvest Fruit

Fitbar Multigrain Choco Delight

Granola Bites Chocolate Vanilla

Energen Kurma

GoWell Sereal Susu Taro

GoVit Sagon Sereal

MILO Cereal Combo Pack

Weet-Bix Original

Keunggulan

Sumber vitamin dengan rasa cokelat yang dahsyat

Kalorinya cukup tinggi, cocok untuk menambah berat badan

Dilengkapi biji-bijian, siap membantu memenuhi kebutuhan protein Anda

Sereal gandum untuk diet yang kaya vitamin B12

Sereal camilan dari bahan plant based lokal

Dapatkan kebaikan kurma dan sereal sekaligus

Ada vitamin plus mineral, rasa taronya pun unik

Camilan sereal murah meriah bergizi tinggi

Dikemas dalam cup dan sekaligus dilengkapi susu

Sereal gandum rendah gula, kaya akan mineral pula!

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 23.200,00Rp 57.200,00Rp 26.000,00Rp 29.900,00Rp 26.500,00Rp 15.000,00Rp 5.000,00Rp 8.380,00Rp 75.000,00
Isi 170 gram150 gram375 gram5 x 24 gram125 gram30 gram12 x 29 gram6 gram32 gram375 gram
Jenis Sereal keringSereal keringSereal keringCereal barSereal keringMinuman sereal Minuman serealMinuman serealSereal kering Sereal kering
Rasa CokelatMaduBuah-buahanCokelat Chocolate vanillaKurma TaroCokelat, keju, susu vanila, stroberiCokelatOriginal
Kandungan gizi Vitamin (B2, B3, B5, B6, B9), kalsium, zat besi Vitamin A, D, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinkVitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, C, kalsium, zat besi, protein, serat panganVitamin (A, B12, C), protein, serat pangan Protein, lemak, serat pangan, natrium Serat pangan, vitamin (A, B1, B2, B6, B12, D, dan E), asam folat, kalsiumVitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, D, E), asam folat, zink, magnesium, zat besiVitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9, B12), C, D, E, dan K, zink, zat besi, yodium, dan tembagaVitamin (B2, B3, B5, B6, B9), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zinkVitamin B1, B2, B3, asam folat, zat besi, magnesium, serat pangan
Tautan produk

Tips sehat mengonsumsi sereal gandum

Tips sehat mengonsumsi sereal gandum

Sereal gandum memang nikmat dan praktis dikonsumsi setiap hari. Namun, Anda juga harus memperhatikan sisi kesehatannya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar santapan sereal jadi lebih sehat, bahkan bertambah cita rasanya.


  • Santaplah dengan susu berprotein tinggi. Susu berprotein tinggi akan membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan protein dan lemaknya. Jika Anda tidak mengonsumsi susu sapi, pilih saja susu kedelai yang juga berprotein tinggi.

  • Pilih madu sebagai pemanis. Agar sereal gandum dengan rasa tawar lebih lezat, gunakan madu sebagai pemanisnya. Madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sereal makin enak disantap, daya tahan tubuh pun terjaga.

  • Tambahkan buah-buahan segar. Buah-buahan tak hanya membuat sereal gandum makin manis, tetapi juga kaya vitamin dan antioksidan. Anda dapat menambahkan irisan pisang, stroberi, blueberry, atau raspberry segar pada sajian sereal gandum Anda.

  • Campur dengan yoghurt. Agar pencernaan makin sehat, pilih yoghurt sebagai campuran sereal. Yoghurt kaya kalsium dan protein. Teksturnya yang kental juga akan membuat perut lebih cepat kenyang. 
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang tidak terlalu suka mengonsumsi whole grain adalah karena tekstur dan rasanya yang kurang menarik. Nah, dengan cara-cara yang disebutkan di atas, makan whole grain cereal bisa menjadi lebih menyenangkan, nikmat, dan sehat. 

Baca juga rekomendasi sereal lainnya di sini

Sereal tak hanya terbuat dari gandum. Ada juga jenis sereal yang terbuat dari jagung. Selain itu, ada pula granola dan muesli yang dapat menjadi alternatif sereal gandum. Kami sudah menyiapkan artikel tentang ketiga jenis sereal tersebut. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang ketiga jenis sereal ini. 

Kesimpulan

Saat memilih sereal gandum, penting untuk memeriksa kandungan bahan dan gizinya. Perhatikan apakah produk sereal gandum pilihan Anda mengandung vitamin. Pertimbangkan juga sereal yang mengandung biji-bijian. Soal jenis, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.


Agar sereal gandum makin sehat dan lezat saat disantap, Anda dapat menambahkan topping buah-buahan. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Selamat menikmati dan hidup makin sehat dengan mengonsumsi sereal gandum.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Karena tingginya permintaan, nori yang dijual pun semakin beragam, seperti nori panggang, berbumbu, hingga nori berlabel MUI. Jika pilihannya sebanyak ini, kita harus membeli yang mana, ya? Tak perlu bingung, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online.
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Ditambah varian topping, seperti ceker, cuanki, dan pilus membuat baso aci makin sedap dinikmati dengan kuah pedas.Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci tulang rangu terenak. Berkat baso aci instan, Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas baso aci instan yang enak dan recommended dari berbagai merk, seperti Bapper, 69, Kylafood, dan Mak Igun.
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi dengan kismis. Anda sering menemuinya sebagai topping untuk roti, cookies, dessert, dan masih banyak lagi. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan sehingga kandungan nutrisinya mirip dengan buah anggur. Selain rasanya manis, kismis ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.Kami akan memaparkan cara memilih kismis yang bagus. Merek kismis terbaik, Foodmall, Asba Food, Greenara akan ada dalam rekomendasi kami. Ada juga jenis kismis hitam, kismis kuning, dan kismis sultana yang bisa Anda pilih. Silakan simak artikel ini sampai habis.
    Makanan olahan kering
  • 10 Keju Merk Prochiz Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Merk Prochiz Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Prochiz adalah salah satu merk keju yang bagus dan cukup familier di Indonesia. Anda bisa dengan sangat mudah menemukan produknya di berbagai e-commerce. Selain harganya yang terjangkau, bentuk keju Prochiz juga beragam sehingga Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.Anda bisa pilih keju batang seperti Prochiz Cheddar atau Prochiz Gold. Anda juga bisa pilih keju oles seperti Prochiz Spready atau keju lembaran seperti Prochiz Slices. Untuk membantu Anda memilih keju Prochiz yang cocok, kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk terbaiknya. Jadi, silakan disimak dengan baik, ya!
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori