1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Produk Pensil Alis Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Untuk menyempurnakan penampilan, merias alis merupakan tahapan yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk mempercantik alis adalah menggunakan pensil alis. Penggunaan pensil alis juga cenderung lebih mudah dibandingkan dengan alat lainnya. Kini, kualitas pensil alis lokal tidak kalah dengan merek luar negeri, lho! 


Kali ini, kami akan membahas poin yang perlu diperhatikan ketika memilih pensil alis lokal yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produ-produk terbaik, seperti Jacquelle, Luxcrime, dan Wardah. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan. Siap tampil dengan alis on fleek?

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin. Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Profil Fithrah Al Insani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pensil alis

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih pensil alis. Berikut penjelasan yang akan kami bagikan untuk membantu Anda menemukan pensil alis terbaik sesuai dengan kebutuhan.

① Perhatikan warna rambut dan kulit Anda

Perhatikan warna rambut dan kulit Anda

Ketika memilih pensil alis, penting bagi Anda untuk menemukan warna yang tepat. Cobalah untuk memilih pensil alis satu tingkat lebih cerah dari warna alis alami Anda. Untuk lebih memudahkan, Anda dapat menyesuaikan dengan warna kulit dan warna rambut.

  • Jika kulit Anda termasuk dalam kategori terang, pilihlah pensil alis dengan warna cokelat muda. Pensil alis warna cokelat muda juga cocok bagi pemilik rambut terang seperti blonde
  • Untuk kulit medium, Anda bisa memilih warna cokelat kehitaman dan dark brown. Warna tersebut juga dapat dipilih untuk Anda yang berambut cokelat gelap atau hitam.
  • Pemilik kulit gelap sebaiknya memilih pensil alis abu-abu atau abu kehitaman. Dengan begitu, celah di rambut alis dapat terisi sempurna.
  • Jika Anda memiliki rambut kemerahan, pilihlah pensil alis berwarna pink brown atau red brown. Apabila warna rambut Anda blonde dan alis terlalu hitam, hal tersebut terlihat kurang serasi. 

Bila memungkinkan untuk mencobanya langsung, Anda dapat membandingkan beberapa produk untuk menemukan warna yang paling mendekati. Nah, untuk pembelian online sebaiknya berkonsultasi kepada customer service atau membaca review pensil alis terlebih dahulu. 

② Pertimbangkan tipe pensil alis yang lebih cocok

Secara garis besar, pensil alis memiliki dua tipe, yaitu pensil alis konvensional dan pensil alis matic. Masing-masing tipe pensil memiliki karakteristik yang berbeda. Simak lebih jauh, yuk!

Pensil alis konvensional, tipe klasik yang ekonomis

Pensil alis konvensional, tipe klasik yang ekonomis

Tipe pertama adalah pensil alis konvensional atau pensil alis kayu. Bentuknya menyerupai pensil yang biasa digunakan untuk menulis dan perlu diraut secara berkala. Beberapa produsen menyertakan rautan dan sikat alis dalam produk pensil alis konvensional agar lebih praktis. 


Setelah diraut, pensil alis konvensional biasanya memiliki ujung yang runcing sehingga memudahkan untuk membingkai alis. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengisi alis hingga mencapai bentuk yang diinginkan. Pensil alis jenis ini dapat digunakan hingga mencapai ukuran tertentu, terutama saat dirasa sudah terlalu pendek. Harganya pun cenderung lebih murah dibanding produk perias alis lainnya

Pensil alis matic, lebih praktis dan inovatif

Pensil alis matic, lebih praktis dan inovatif

Di era tahun 2020 ke atas ini, kaum hawa tidak perlu lagi direpotkan dengan meraut pensil alis. Sekarang ini, sudah banyak jenis pensil alis matic yang sangat memudahkan Anda ketika menggunakannya. Anda tidak perlu menggunakan silet ataupun rautan untuk memakai pensil alis jenis ini.


Ada banyak istilah untuk menyebut tipe produk ini. Pensil alis matic, pensil alis otomatis, hingga pensil alis putar atau retractable adalah beberapa contohnya. Pensil alis konvensional dianggap kurang praktis. Karena itu, tipe ini hadir sebagai inovasi dari pensil alis konvensional. 


Anda tidak perlu repot merautnya, cukup putar ujungnya untuk mengeluarkan lead-nya. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengeluarkannya terlalu banyak karena rawan patah. Umumnya, ujung satunya telah dilengkapi dengan sikat alis atau spoolie. Setelah selesai membingkai dan menggambar alis, Anda dapat menyikatnya agar terlihat lebih natural.

③ Pilih berdasarkan bentuk ujung dan teksturnya

Selain memiliki banyak warna dan tipe, pensil alis juga hadir dalam berbagai variasi bentuk ujung serta tekstur. Sebelum menjatuhkan pilihan pada pensil alis lokal yang akan dibeli, dua poin ini juga perlu dipertimbangkan.

Sesuaikan ujung pensil alis dengan hasil yang diinginkan

Sesuaikan ujung pensil alis dengan hasil yang diinginkan

Jika ujung pensil alis konvensional biasanya hanya berbentuk runcing seperti pensil pada umumnya, ujung pensil alis matic lebih bervariasi. Ada pensil alis dengan ujung runcing, pipih dan mendatar atau flat tip, atau berbentuk gerigi seperti garpu mini.


  • Ujung runcing pada pensil alis konvensional bisa diperoleh dengan cara menyerutnya sesuai kebutuhan. Anda bisa lebih leluasa membingkai dan mengisi alis karena bentuknya menyerupai pensil biasa.

  • Pensil alis dengan ujung pipih dan mendatar sangat cocok dipakai oleh pemula. Tipe ini dipercaya lebih minim risiko gagal karena Anda hanya perlu menambahkan goresan alis satu per satu.

  • Pensil alis berujung gerigi biasanya ditemukan pada produk pensil alis cair. Jenis ini akan membuat Anda lebih cepat  membuat alis dengan model feathery. Nah, kami memiliki artikel yang membahas pensil alis cair secara khusus di bawah ini.

Cek tekstur pensil alis sesuai kenyamanan

Cek tekstur pensil alis sesuai kenyamanan

Umumnya, pensil alis memiliki dua jenis tekstur. Jenis pertama ialah tekstur creamy yang lembut dan warnanya lebih mudah keluar. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikan pensil alis jenis creamy karena dapat menghasilkan alis yang terlalu tebal.


Jenis lain yaitu tekstur agak keras yang mengeluarkan warna sedikit demi sedikit. Tekstur ini lebih direkomendasikan terutama untuk pemula. Dengan pensil alis bertekstur keras, Anda dapat membangun warna dan tebal sampai hasil yang disukai atau buildable. Namun, tekstur yang keras pada pensil alis runcing dapat melukai kulit Anda. Jadi, tetap berhati-hati, ya!

10 Rekomendasi pensil alis lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pensil alis lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

Eyexpert Eyebrow Pencil Brown

Wardah Eyexpert Eyebrow Pencil Brown 1枚目

Tekstur kering dan mudah dibaurkan, dilengkapi sikat alis

2

Luxcrime

Slim Triangle Precision Brow Pencil

Luxcrime Slim Triangle Precision Brow Pencil 1枚目

Ujung pipih dan ramping untuk hasil lebih presisi

3

Viva Cosmetic

Eye Brow Pencil

Viva Cosmetic Eye Brow Pencil 1枚目

Pensil alis legendaris dengan tekstur creamy yang buildable

4

Make Over

Eyebrow Pencil

Make Over Eyebrow Pencil 1枚目

Diperkaya castor oil dan vitamin E yang melembutkan serta melembapkan kulit

5

Somethinc

BROW WIZ Retractable Eyebrow

Somethinc BROW WIZ Retractable Eyebrow 1枚目

Lebih mudah membentuk alis dengan ujung mikro 0,5 mm

6

Implora

New Softbrow Pencil

Implora New Softbrow Pencil 1枚目

Pensil alis yang murah dan bagus untuk pemula

7

Emina Cosmetics

Agent of Brow

Emina Cosmetics Agent of Brow 1枚目

Formula lembut dan hasil natural yang pas untuk sehari-hari

8

Jacquelle Beaute

Eyessential Pen Eyebrow and Eyeliner x Vinna Gracia

Jacquelle Beaute Eyessential Pen Eyebrow and Eyeliner x Vinna Gracia 1枚目

Pensil alis sekaligus eyeliner dalam satu kemasan, praktis!

9

Sasc

Effortless Brow Definer

Sasc  Effortless Brow Definer 1枚目

Merias alir dengan warna-warna cantik yang buildable!

10

Rollover Reaction

BROWSWISH Eyebrow Definer

Rollover Reaction BROWSWISH Eyebrow Definer 1枚目

Ciptakan feathery brows yang tampak alami dengan mudah

Perincian produk
Close
No.1

WardahEyexpert Eyebrow Pencil Brown

Mulai dari Rp37.000,00

Tekstur kering dan mudah dibaurkan, dilengkapi sikat alis

Anda kurang suka tekstur pensil alis yang creamy? Pensil alis dari Wardah ini dapat menjadi pilihan. Teksturnya yang kering membuat hasilnya lebih tahan lama. Selain itu, Anda dapat menambah intensitas dan kedalaman pada alis dengan hasil natural. Pensil alis ini dilengkapi sikat alis pada tutupnya yang bisa digunakan untuk menyisir alis dan membaurkan warna.

No.2

LuxcrimeSlim Triangle Precision Brow Pencil

Mulai dari Rp95.000,00

Ujung pipih dan ramping untuk hasil lebih presisi

Sering ganti gaya alis dari feathery brows sampai full bushy brows, tetapi ingin tetap terlihat alami? Semua gaya tersebut dapat Anda lakukan dengan Slim Triangle Precision Brow Pencil dari Luxcrime. Ujung ramping berbentuk ultra-slim triangular-nya, membuat produk ini dapat menghasilkan garis-garis yang natural. Pensil alis ini juga memiliki formula smudgeproof sehingga tidak mudah pudar. 

No.3

Viva CosmeticEye Brow Pencil

Mulai dari Rp36.050,00

Pensil alis legendaris dengan tekstur creamy yang buildable

Pensil alis yang satu ini bisa dikatakan legendaris karena jauh lebih dulu hadir dibandingkan produk lokal lain. Meskipun tidak dilengkapi rautan dan sikat alis, pensil ini masih menjadi favorit banyak orang di Indonesia.


Teksturnya yang creamy dan lunak membuat Anda tidak perlu kesulitan mengarsir alis. Produk yang cocok bagi Anda yang ingin mudah menyesuaikan ketebalan alis untuk riasan natural hingga bold. Kekurangan dari produk ini adalah mudah luntur jika terkena gesekan atau keringat.

No.4

Make OverEyebrow Pencil

Mulai dari Rp65.000,00

Diperkaya castor oil dan vitamin E yang melembutkan serta melembapkan kulit

Rutinitas menggunakan produk perias alis dan menghapusnya setiap hari berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu, tidak ada salahnya memilih produk dengan kandungan yang melembutkan dan melembapkan seperti Make Over Eyebrow Pencil. Pensil alis konvensional ini mengandung castor oil dan vitamin E yang bermanfaat untuk kulit.


Jangan takut kulit bermasalah karena pensil alis ini juga diformulasikan untuk tidak menimbulkan iritasi kulit serta tidak mudah pudar. Selain itu, pensil alis dengan tekstur kering ini diklaim kokoh dan tidak mudah patah.

No.5

SomethincBROW WIZ Retractable Eyebrow

Mulai dari Rp50.000,00

Lebih mudah membentuk alis dengan ujung mikro 0,5 mm

Membingkai alis menjadi bentuk yang simetris memang tidak mudah, terutama jika menggunakan pensil alis berujung tumpul. Atasi kesulitan tersebut dengan produk dari Somethinc yang satu ini. Ujungnya yang runcing berukuran 0,5 mm membuat pensil alis ini dapat menciptakan garis dan lengkung sesuai keinginan.


BROW WIZ Retractable Eyebrow memiliki tekstur lembut, blendable, dan water resistant. Jadi, alis Anda lebih tahan lama tanpa perlu sering-sering retouch. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. 

No.6

ImploraNew Softbrow Pencil

Mulai dari Rp7.200,00

Pensil alis yang murah dan bagus untuk pemula

Bila Anda menginginkan pensil alis lokal dengan harga terjangkau, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk dari Implora. Meskipun harganya relatif murah, kualitas yang ditawarkan tidak kalah dari produk lain.


New Softbrow Pencil memiliki formula yang telah di-upgrade sehingga lebih pigmented dan tahan lama. Pensil alis ini sudah dilengkapi spoolie yang lembut dan siap untuk membaurkan alis Anda.

No.7

Emina CosmeticsAgent of Brow

Mulai dari Rp32.500,00

Formula lembut dan hasil natural yang pas untuk sehari-hari

Jika Anda membutuhkan pensil alis dengan formula yang lembut dan mudah diaplikasikan, cobalah Emina Agent of Brow. Dua pilihan warnanya dapat mempertegas alis dengan hasil yang tetap natural. Meskipun memiliki tekstur yang lembut, pensil alis ini diklaim tahan lama dan goresannya tidak mudah hilang. Cocok untuk pemakaian sehari-hari, bukan?

No.8

Jacquelle BeauteEyessential Pen Eyebrow and Eyeliner x Vinna Gracia

Mulai dari Rp99.000,00

Pensil alis sekaligus eyeliner dalam satu kemasan, praktis!

Produk 2-in-1 ini sangat sesuai untuk Anda yang bermobilitas tinggi dan tidak suka membawa banyak kosmetik. Dalam satu produk, Anda akan memiliki pensil alis sekaligus eyeliner, lho! Walaupun sedang bepergian, riasan mata yang maksimal tentu tidak boleh ketinggalan.  


Hasil kolaborasi Jacquelle dengan influencer Vinna Gracia ini diklaim tahan air, smudgeproof, dan tahan lama. Untuk eyeliner-nya sendiri memiliki ujung tipis seperti kuas dan cepat kering. Sangat travel-friendly, bukan?

No.9

Sasc Effortless Brow Definer

Mulai dari Rp109.500,00

Merias alir dengan warna-warna cantik yang buildable!

Produk lokal satu ini memiliki lima pilihan warna yang telah disesuaikan dengan kulit dan rambut masyarakat Indonesia. Sementara bentuk pensil yang seperti prisma, membuat Anda mudah memberikan tekanan saat pengaplikasian produk.


Pensil alis ini memiliki pigmentasi yang buildable sehingga dapat dipakai tipis-tipis. Anda juga dapat membingkai dan mengisi serat alis, lalu menggunakan sikat alis di ujungnya. Jika Anda ingin lebih leluasa menentukan ketebalan alis, silakan memilih produk ini.

No.10

Rollover ReactionBROWSWISH Eyebrow Definer

Mulai dari Rp99.000,00

Ciptakan feathery brows yang tampak alami dengan mudah

Pensil alis ini sesuai untuk Anda yang menyukai alis dengan hasil feathery brows atau bertekstur natural. Ujungnya yang pipih memudahkan Anda untuk menciptakan garis-garis menyerupai rambut alis alami. 

 

BROWSWISH Eyebrow Definer juga memiliki bentuk ramping sehingga memudahkan Anda yang bertangan kecil untuk menggenggamnya. Di sisi lain, Rollover Reaction menghadirkan pensil alis ini dalam kemasan yang bersifat biodegradable dan recyclable.

Tips menggunakan pensil alis untuk pemula

Tips menggunakan pensil alis untuk pemula

Setelah menemukan produk yang tepat, Anda tentu sudah tidak sabar untuk segera mencobanya, bukan? Kami akan membagi tips menggunakan pensil alis untuk pemula. Pensil alis dengan ujung pipih dapat menjadi pilihan tepat saat baru mulai mencoba merias alis. Berikut kami berikan tips membuat riasan alis yang on point.


  1. Agar terlihat sesuai bentuk aslinya, tentukan titik penanda dari pangkal alis, ujung atas, dan titik akhir alis. Anda dapat menjadikan hidung sebagai poros untuk menentukan lokasi titik tersebut. 
  2. Jika ada alis yang dianggap tidak sesuai jalur, Anda bisa merapikannya dengan pinset. Lalu, mulailah untuk membingkai alis menggunakan bantuan titik-titik tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda dapat mulai mengisi alis sesuai arah tumbuhnya. Sebaiknya, mulailah mengisi alis dari bagian belakang terlebih dahulu agar tidak menumpuk di depan. 
  4. Ketika kedua alis selesai digambar, jangan lupa gunakan sikat alis agar terlihat lebih merata.
  5. Gunakan concealer pada pinggir alis apabila alis terlalu lebar. 
  6. Makin mahir Anda dalam pengaplikasian pensil alis, Anda dapat beralih menggunakan peralatan alis lainnya. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi produk kosmetik alis lainnya di sini

Kini, Anda sudah mengetahui cara memilih pensil alis dan produk-produk lokal terbaik. Selain pensil alis, ada sejumlah produk lain yang dapat digunakan untuk merias alis. Simak tautan berikut untuk melihat produk terbaik apa saja yang bisa Anda pilih.

Kesimpulan

Apakah ulasan kami kali ini dapat membantu Anda memilih produk terbaik? Pensil alis adalah salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam riasan wajah. Karena itu, pemilihan pensil alis yang tepat dapat memengaruhi penampilan Anda. 


Kini, banyak produsen lokal yang memiliki produk pensil alis berkualitas. Anda dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selamat berlatih menggunakan pensil alis dan bersiaplah untuk tampil dengan alis on fleek!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer