• 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)

Memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian orang. Saat memelihara ikan, penting untuk memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan. Pemberian nutrisi yang tepat akan membuat ikan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, makanan ikan seperti apa yang bagus dan tepat untuk ikan Anda?


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan ikan untuk peliharaan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai makanan ikan terbaik dari merek ternama, seperti Tetra, Ocean Nutrition, Hikari, dan lainnya. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2021
  • 39.721 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan ikan

Makanan atau pakan ikan merupakan faktor penting dalam memelihara ikan. Seperti apa tips dalam memilih makanan ikan? Kami sudah menyiapkannya dalam poin-poin berikut ini. Mari kita mulai!

Pilih berdasarkan jenis makanan ikan

Ada dua jenis makanan ikan yang dijual di pasaran yaitu basah dan kering. Kami akan menjelaskan karakteristik masing-masing jenis.

Makanan basah lebih disukai oleh ikan

Makanan basah lebih disukai oleh ikan

Di habitatnya, ikan mengonsumsi makanan dari lingkungan sekitarnya. Karena itu, pilihan makanan basah yang hidup, seperti cacing, serangga, dan artemia, lebih disukai ikan. Selain itu, ada juga bentuk makanan basah yang dibekukan, misalnya cacing beku. Makanan basah yang dibekukan ini juga menjadi favorit ikan. Makanan basah tentu kaya akan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh ikan kesayangan Anda.


Sayangnya, makanan basah membutuhkan tempat penyimpanan tersendiri agar tetap fresh. Jika hendak membeli secara online, Anda juga harus memilih toko yang lokasinya dekat dengan Anda. Kendala lainnya adalah makanan basah rentan diserang parasit yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Bahayanya lagi, keberadaan parasit ini biasanya tidak terlihat.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan basah merupakan sumber makanan alami yang memiliki nilai gizi yang baik dan mutlak. Gizi tersebut dibutuhkan pada masa perkembangan awal pada ikan.


Sebaiknya pemberian makanan basah diutamakan pada perkembangan awal saja. Setelah itu, pemberiannya secara bertahap diganti dengan makanan kering dengan kandungan gizi yang lengkap.

Makanan kering lebih tahan lama dan mudah disimpan

Makanan kering, atau sering kali disebut pellet, lebih banyak Anda temui di pasaran. Makanan kering diproduksi secara steril dengan mencampurkan berbagai bahan makanan bernutrisi. Karena diproduksi secara steril, Anda tidak perlu khawatir tentang parasit di dalamnya. Menyimpan makanan kering juga mudah. Anda hanya perlu menutup kemasannya dengan rapat. 


Namun, ada beberapa jenis ikan yang sulit untuk mengonsumsi makanan kering. Hal ini dapat terjadi karena ikan belum beradaptasi atau tidak menyukai rasa dari makanan kering tersebut. Beberapa produsen makanan kering juga sering kali menambahkan pengawet dan pewarna di dalamnya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang tepat.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Kandungan nutrisi pellet sebaiknya disesuaikan dengan jenis ikan yang sedang dipelihara dan pada tahap apa. Pada saat menyimpan pakan kering, usahakan agar tempat penyimpanan tidak kontak langsung dengan udara.


Hindari menyimpan di tempat yang lembap karena akan membuat makanan kering lebih cepat ditumbuhi bakteri dan jamur sehingga tidak dapat disimpan lama. Makanan yang sudah ditumbuhi jamur dan bakteri akan menjadi masalah baru, seperti munculnya penyakit pada ikan.


Pada budi daya ikan, konsumsi penggunaan pellet sebaiknya diberikan sesuai dengan kebutuhan ikan. Pemberian dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan sisa pellet yang tidak termakan mencemari kualitas air.

Pilih produk yang kandungan nutrisinya sesuai dengan jenis ikan

Karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral merupakan kandungan yang banyak terdapat dalam makanan ikan. Namun, setiap jenis ikan memiliki kebutuhan persentase nutrisi yang berbeda-beda. Produk makanannya pun sering kali diberi label sesuai dengan jenis ikan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan kebutuhan nutrisi untuk beberapa jenis ikan.

Karotenoid tingkatkan pigmentasi ikan hias

Karotenoid tingkatkan pigmentasi ikan hias

Ikan hias yang mengutamakan keindahan warna, seperti ikan mas koki, ikan koi, atau louhan, membutuhkan karotenoid. Karotenoid akan membantu meningkatkan pigmentasi warna pada ikan. Zat karotenoid dapat berupa beta carotene, astaxanthin, lutein, dan zeaxanthin.


Selain membantu meningkatkan pigmentasi pada ikan, zat karotenoid juga membantu menjaga imunitas, sistem reproduksi, serta pertumbuhan ikan. Kandungan karotenoid juga terdapat dalam alga, seperti Chlorella vulgaris, Haematococcus pluvialis, dan spirulina.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Memelihara ikan hias telah berkembang pesat menjadi gaya hidup yang bisa mendapatkan keuntungan. Warna merupakan salah satu faktor yang menentukan harga ikan hias di pasaran. Ikan tidak memiliki kemampuan untuk menyintesis karotenoid.


Pigmentasi karotenoid ikan dihasilkan dari pigmen yang ada dalam makanan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan warna kulit dari waktu ke waktu tergantung pada tingkat karotenoid dalam makanan. Perubahan warna tersebut juga berbeda berdasarkan jenis ikan.


Oleh karena itu, untuk meningkatkan warna kulit dan daging, ikan harus mendapatkan kadar karotenoid yang optimal dalam pakannya.

Ikan karnivora membutuhkan lebih banyak protein

Ikan karnivora membutuhkan lebih banyak protein

Kebutuhan protein untuk setiap ikan berbeda-beda. Fisiologis saluran cerna ikan karnivor, herbivor, dan omnivor cukup berbeda sehingga kebutuhan proteinnya juga berbeda. Habitat yang berbeda dengan aslinya membuat ikan membutuhkan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi.


Ikan karnivor membutuhkan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein pada makanan ikan karnivor harus lebih dari 50%. Sementara itu, ikan omnivor membutuhkan 40% sampai 50% kandungan protein. Untuk ikan herbivor, Anda dapat memberikan makanan ikan dengan kandungan protein sebesar 30% sampai 40%.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Protein adalah komponen yang paling esensial dari pakan ikan. Oleh karena itu, penting untuk menentukan secara tepat kebutuhan protein untuk setiap jenis dan tahap kehidupan ikan yang dibudidayakan.


Protein dibentuk oleh beberapa asam amino. Ada lebih dari 200 asam amino yang terdapat di alam. Namun, hanya sekitar 20 asam amino yang umum. Dari jumlah tersebut, 10 asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh ikan. Sepuluh asam amino esensial yang harus disediakan oleh makanan adalah metionina, arginina, treonin, triptofan, histidina, isoleusina, lisina, leusina, valina, dan fenilalanina.

Ikan yang masih larva dan juvenile membutuhkan lebih banyak nutrisi

Ikan yang masih larva dan juvenile membutuhkan lebih banyak nutrisi

Sebelum menjadi ikan dewasa, ikan akan melewati fase menjadi larva dan juvenile. Pada tahap ini, ikan membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi karena masih dalam masa perkembangan.


Anda dapat melihat label pada kemasannya terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat makanan tersebut. Ukuran makanan untuk larva dan juvenile tentu berbeda. Ukurannya cenderung lebih kecil agar dapat dimakan oleh ikan. Jangan sampai Anda salah memilih makanannya, ya.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Kebutuhan nutrisi ikan yang masih larva umumnya lebih tinggi karena merupakan tahap awal pertumbuhan. Saat ikan tumbuh lebih besar (juvenile), kebutuhan nutrisi ikan akan lebih besar dibandingkan larva. Kebutuhan nutrisi juga bervariasi tergantung jenis ikan, lingkungan pemeliharaan, suhu dan kualitas air, komposisi genetik, dan tingkat konsumsi ikan.

Ikan air tawar dan air laut memiliki kebutuhan asam lemak yang berbeda

Ikan air tawar dan air laut memiliki kebutuhan asam lemak yang berbeda

Lemak berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan. Asam lemak sendiri terbagi menjadi dua jenis, asam lemak rantai pendek atau polyunsaturated fatty acid (PUFA) dan asam lemak rantai panjang atau highly unsaturated fatty acid (HUFA).


Beberapa asam lemak esensial harus diberikan dalam makanan ikan karena tidak dapat dihasilkan sendiri oleh ikan. Namun, perbedaan sistem metabolisme pada ikan air laut dan air tawar membuat kebutuhan asam lemaknya juga berbeda.


Ikan air tawar hanya membutuhkan PUFA, seperti linolenic acid. Ikan air tawar membutuhkan 0,5% sampai 1,5% linolenic acid dari makanan yang dikonsumsi. Selanjutnya, asam lemak ini akan diolah menjadi HUFA di dalam tubuh ikan air tawar.


Sayangnya, ikan air laut tidak memiliki enzim untuk mengubah PUFA menjadi HUFA sehingga membutuhkan HUFA dalam makanannya. Pada makanan ikan, HUFA dapat berbentuk eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan arachidonic acid (AA). Ikan laut membutuhkan asam lemak esensial sebanyak 0,5% - 2% pada makanannya.


Kekurangan asam lemak esensial dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesuburan ikan, juga tingkah lakunya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kecukupan asam lemak dalam makanannya.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Lipid (lemak) merupakan zat berenergi tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk sebagian cadangan (pengganti) protein dalam pakan ikan. Lemak memiliki sekitar dua kali kepadatan energi daripada protein dan karbohidrat. Lipid menyuplai asam lemak esensial dan berfungsi sebagai transpor untuk vitamin yang larut dalam lemak.


Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa pakan ikan menggunakan lipid dalam jumlah yang lebih tinggi. Peningkatan lemak pada pakan dapat membantu mengurangi biaya pakan yang tinggi dengan menghemat sebagian protein dalam pakan. Lemak yang berlebihan pada pakan akan mengendap di hati yang berdampak penurunan kesehatan ikan, kualitas, dan umur simpan produk akhir.

Pilih bentuk makanan kering sesuai dengan ukuran ikan

Ukuran ikan yang berbeda tentu membutuhkan ukuran makanan yang berbeda juga, terutama jika Anda memberikan jenis makanan kering. Ada berbagai bentuk makanan kering yang dapat Anda temui di pasaran.


Pellet merupakan nama bentuk makanan kering yang paling banyak dikenal. Pellet memiliki bentuk bulat tidak beraturan dan cenderung keras sehingga tidak larut di dalam air. Ukurannya juga beragam, dari kecil hingga besar. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran ikan Anda. Sayangnya, pellet cenderung menyumbat filter air karena tidak larut di dalam air.


Selain pellet, ada juga makanan berbentuk granules atau butiran. Bentuk granules dapat tenggelam ke dasar atau melayang pada bagian tengah akuarium. Bentuk ini lebih pas digunakan sebagai pengisi feeder otomatis karena tidak menyumbat dispenser feeder.


Bentuk makanan kering lainnya adalah flakes. Flakes berukuran tipis dan lebih kecil. Biasanya, flakes diberikan untuk jenis tropical fish dengan ukuran badan yang cenderung lebih kecil.


Selanjutnya adalah makanan kering berbentuk tablet. Makanan ini cenderung akan tenggelam ke dasar akuarium dan lebih cocok untuk ikan yang hidup di bawah akuarium. Jenis ikan suckermouth biasanya lebih menyukai makanan ini. 


Ukuran makanan berbentuk tablet cukup besar sehingga tidak cepat habis. Biasanya, makanan ini baru habis setelah beberapa jam, bahkan beberapa hari. Tablet juga sering dijadikan sebagai alternatif makanan jika Anda meninggalkan ikan selama beberapa hari.


Jika Anda memiliki berbagai jenis ikan dalam satu akuarium atau satu kolam, berikan bentuk makanan yang berbeda. Memberikan makanan dalam berbagai bentuk sama saja dengan memberikan kesempatan untuk semua ikan dapat mengonsumsi makanannya.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Pakan pellet terapung lebih menguntungkan karena kita bisa mengamati intensitas pemberian pakan pada ikan dan menyesuaikan tingkat pemberian pakan. Penentuan tingkat pemberian makan terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam memaksimalkan pertumbuhan ikan dan efisiensi penggunaan pakan merupakan hal penting.


Ukuran pelet harus sekitar 20–30 persen dari ukuran mulut ikan menganga. Memberi makan pelet yang terlalu kecil menyebabkan pemberian makan yang tidak efisien. Hal tersebut disebabkan oleh lebih banyak energi yang digunakan untuk menemukan dan memakan lebih banyak pelet.


Sebaliknya, pelet yang terlalu besar akan menekan pemberian makan dan secara ekstrem dapat menyebabkan tersedak. Pilih pakan berukuran terbesar yang akan dimakan ikan secara aktif.

10 Rekomendasi makanan ikan terbaik

Berikutnya, kami akan memberi rekomendasi makanan ikan terbaik. Bacalah spesifikasinya dengan saksama untuk menemukan produk yang pas bagi ikan Anda. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari drh. Doel.

10
Isi1250 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (35% - 37%), lemak (4% - 5%), fiber (4% - 5%), ash (5% - 8%), astaxanthin
9
Isi100 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (51%), lemak (5%), fiber (3%), ash (12%), astaxanthin
8
Isi30 gram
JenisMakanan kering
BentukMicro-flakes
Kandungan nutrisiProtein (46%), lemak (11%), fiber (2%), prebiotic
7
Isi300 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (12%), fiber (2%), ash (17%), phosphorous (2,2%), astaxanthin
6
Isi50 gram
JenisMakanan kering
BentukFlakes
Kandungan nutrisiProtein (45,1%), lemak (5,02%), ash (4,15%), fiber (1,76%), omega 6 (26,69%), omega 3 (13%)
5
Isi120 tablet
JenisMakanan kering
BentukTablet
Kandungan nutrisiProtein (40%), lemak (5%), fiber (2%), spirulina
4
Isi100 gram
JenisMakanan basah
Bentuk×
Kandungan nutrisiProtein (62,5%), fat (10,5%), ash (11,6%)
3

Ocean NutritionBrine Shrimp Plus Flakes

Mulai dari Rp 79.000,00

Isi34 gram, 71 gram
JenisMakanan kering
BentukFlakes
Kandungan nutrisiProtein (54%), fiber (2%), lemak (14%), ash (7,3%)
2
Isi73 gram
JenisMakanan kering
BentukStick
Kandungan nutrisiProtein (46%), lemak (7%), fiber (5%), ash 13%), phosphorus (1%)
1
Isi50 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (8%), fiber (4%), ash (19%), phosphorus (1%)

Tabel perbandingan produk makanan ikan terbaik

Gambar produk
1
Kyorin Hikari Marine Marine S 1

Kyorin

2
Kyorin Hikari Tropical Vibra Bites 1

Kyorin

3
Ocean Nutrition Brine Shrimp Plus Flakes 1

Ocean Nutrition

4
Pioneer Frozen Bloodworm 1

Pioneer

5
Tetra Tetra Pleco Tablets 1

Tetra

6
Prodac Vegetable Flakes 1

Prodac

7
Mizuho Mizuho Goldfish Food 1

Mizuho

8
Tetra TetraMin Baby 1

Tetra

9
Okiko Head Up Huncher 1

Okiko

10
Akari Super Red 1

Akari

Nama produk

Hikari Marine Marine S

Hikari Tropical Vibra Bites

Brine Shrimp Plus Flakes

Frozen Bloodworm

Tetra Pleco Tablets

Vegetable Flakes

Mizuho Goldfish Food

TetraMin Baby

Head Up Huncher

Super Red

Keunggulan

Teksturnya bagai sponge laut, membuat ikan nyaman

Alternatif makanan hidup yang sangat mirip bentuk aslinya

Formulanya membuat ikan sulit menolak

Aman dari bakteri dan parasit

Cepat tenggelam dan slow release

Memenuhi kebutuhan ikan herbivor Anda

Makanan mudah dicerna, jadikan ikan lebih cerah

Si bayi ikan pun tidak kesulitan untuk mengonsumsinya

Ikan louhan Anda bakal tumbuh maksimal

Cerahkan warna ikan kesayangan Anda

Harga mulai dariRp 42.000,00Rp 48.000,00Rp 79.000,00Rp 13.200,00Rp 52.000,00Rp 75.000,00Rp 68.000,00Rp 60.000,00Rp 32.000,00Rp 42.000,00
Isi50 gram73 gram34 gram, 71 gram100 gram120 tablet50 gram300 gram30 gram100 gram1250 gram
JenisMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan basahMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan kering
BentukPelletStickFlakes×TabletFlakesPelletMicro-flakesPelletPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (8%), fiber (4%), ash (19%), phosphorus (1%)Protein (46%), lemak (7%), fiber (5%), ash 13%), phosphorus (1%)Protein (54%), fiber (2%), lemak (14%), ash (7,3%)Protein (62,5%), fat (10,5%), ash (11,6%)Protein (40%), lemak (5%), fiber (2%), spirulinaProtein (45,1%), lemak (5,02%), ash (4,15%), fiber (1,76%), omega 6 (26,69%), omega 3 (13%)Protein (48%), lemak (12%), fiber (2%), ash (17%), phosphorous (2,2%), astaxanthinProtein (46%), lemak (11%), fiber (2%), prebioticProtein (51%), lemak (5%), fiber (3%), ash (12%), astaxanthin Protein (35% - 37%), lemak (4% - 5%), fiber (4% - 5%), ash (5% - 8%), astaxanthin
Tautan produk

Hindari memberi makanan ikan secara berlebihan

Hindari memberi makanan ikan secara berlebihan

Beberapa jenis makanan ikan memang dapat membuat air menjadi keruh. Anda tentu tidak ingin pemberian makanan ikan membuat Anda harus sering mengganti air akuarium atau kolam.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat memilih jenis makanan yang tidak mengotori air. Makanan kering yang keras dan tidak mudah larut dalam air akan menjaga agar air akuarium atau kolam Anda tetap jernih.


Hindari juga memberikan makanan secara berlebihan atau biasa disebut overfeeding. Pemberian makanan secara berlebihan hanya akan mengotori air akuarium atau kolam Anda karena ikan tidak dapat menghabiskan semua makanannya.


Selain itu, pemberian makanan yang berlebihan dapat mengubah pH air, serta menyebabkan tingginya kadar amonia, nitrit, dan nitrat di dalam air. Peningkatan zat tersebut dapat membuat ikan keracunan.


Aturlah waktu pemberian makanan secara teratur dengan jumlah yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan automatic feeder untuk memberikan makanan secara teratur dengan jumlah yang cukup.


Jika Anda tinggal bersama anggota keluarga lain yang juga ingin memberi makan, buatlah jadwal untuk memberi makan secara bergantian. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya overfeeding.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Aturan penting dalam nutrisi ikan adalah mencegah terjadinya overfeeding yang merupakan penyebab utama kematian pada ikan. Pemberian pakan yang berlebihan merupakan pemborosan. Hal ini juga mengakibatkan polusi air, kadar oksigen terlarut yang rendah, peningkatan kebutuhan oksigen biologis, dan peningkatan beban bakteri.


Biasanya, ikan harus diberi makan dengan jumlah pakan yang dapat mereka konsumsi dengan cepat (dalam waktu kurang dari 5–10 menit). Aturan umum yang baik adalah memberi makan ikan sekitar 80% dari jumlah pakan yang ingin mereka makan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk memelihara ikan di sini

Jika Anda memelihara ikan di dalam akuarium, jangan lupa untuk memberikan hiasan yang menarik. Hiasan tidak hanya mempercantik semata, tetapi juga bermanfaat untuk tempat ikan bersembunyi dan meletakkan telurnya. Bukalah tautan di bawah ini untuk mencari tahu lebih banyak tentang hiasan akuarium.

Baca juga rekomendasi makanan untuk hewan peliharaan lainnya di sini

Bagi para pencinta hewan, kami juga memiliki artikel lainnya untuk makanan hewan peliharaan Anda. Makanan kucing, anjing, dan landak ada di dalam artikel kami. Klik link di bawah ini untuk mengetahui berbagai informasi seputar makanan hewan peliharaan Anda.

Kesimpulan

Memilih makanan ikan akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui karakteristik ikan peliharaan Anda. Perhatikanlah kebutuhan nutrisi ikan tersebut. Selain itu, pastikan Anda memilih bentuk makanan yang dapat dengan mudah dikonsumsi oleh ikan Anda. Anda sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya agar bisa memilih makanan ikan yang tepat. 


Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Selamat berbelanja makanan ikan terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    415.988 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    268.463 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    207.999 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    197.782 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    47.871 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    113.530 Views
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan dog food tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan anjing. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan dog food basah pada anjing yang kurang nafsu makan. Di pasaran, Anda bisa menjumpai dog food basah dari berbagai merek seperti PEDIGREE®, Black Hawk, dan ROYAL CANIN®. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih dog food basah. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi produk bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.
    Makanan hewan
    30.425 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori