• 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian orang. Saat memelihara ikan, amat penting untuk memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan Anda. Pemberian nutrisi yang tepat akan membuat ikan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, makanan ikan seperti apa yang paling tepat untuk ikan Anda?


Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan ikan untuk peliharaan Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai makanan ikan terbaik dari merek ternama, seperti Tetra, Ocean Nutrition, Hikari, dan lainnya. Simak terus artikel ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2020
  • 56 Views
Daftar isi

Cara memilih makanan ikan

Makanan atau pakan ikan merupakan faktor penting dalam memelihara ikan. Seperti apa tips dalam memilih makanan ikan? Kami sudah menyiapkannya dalam poin-poin berikut ini. Mari kita mulai!

Pilih berdasarkan jenis makanan ikan

Ada dua jenis makanan ikan yang dijual di pasaran yaitu basah dan kering. Kami akan menjelaskan karakteristik masing-masing jenis.

Makanan basah lebih disukai oleh ikan

Makanan basah lebih disukai oleh ikan

Di habitatnya, ikan mengonsumsi makanan dari lingkungan sekitarnya. Karena itu, pilihan makanan basah yang hidup, seperti cacing, serangga, dan artemia, lebih disukai ikan. Selain itu, ada juga bentuk makanan basah yang dibekukan, misalnya cacing beku. Makanan basah yang dibekukan ini juga menjadi favorit ikan. Makanan basah tentu kaya akan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh ikan kesayangan Anda.


Sayangnya, makanan basah membutuhkan tempat penyimpanan tersendiri agar tetap fresh. Jika hendak membeli secara online, Anda juga harus memilih toko yang lokasinya dekat dengan Anda. Kendala lainnya adalah makanan basah rentan diserang parasit yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Bahayanya lagi, keberadaan parasit ini biasanya tidak terlihat.

Makanan kering lebih tahan lama dan mudah disimpan

Makanan kering, atau sering kali disebut pellet, lebih banyak Anda temui di pasaran. Makanan kering diproduksi secara steril dengan mencampurkan berbagai bahan makanan bernutrisi. Karena diproduksi secara steril, Anda tidak perlu khawatir tentang parasit di dalamnya. Menyimpan makanan kering juga mudah. Anda hanya perlu menutup kemasannya dengan rapat. 


Namun, ada beberapa jenis ikan yang sulit untuk mengonsumsi makanan kering. Hal ini dapat terjadi karena ikan belum beradaptasi atau tidak menyukai rasa dari makanan kering tersebut. Beberapa produsen makanan kering juga sering kali menambahkan pengawet dan pewarna di dalamnya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang tepat.

Pilih produk yang kandungan nutrisinya sesuai dengan jenis ikan

Karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral merupakan kandungan yang banyak terdapat dalam makanan ikan. Namun, setiap jenis ikan memiliki kebutuhan persentase nutrisi yang berbeda-beda. Produk makanannya pun sering kali diberi label sesuai dengan jenis ikan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan kebutuhan nutrisi untuk beberapa jenis ikan.

Karotenoid tingkatkan pigmentasi ikan hias

Karotenoid tingkatkan pigmentasi ikan hias

Ikan hias yang mengutamakan keindahan warna, seperti ikan mas koki, ikan koi, atau louhan, membutuhkan karotenoid. Karotenoid akan membantu meningkatkan pigmentasi warna pada ikan. Zat karotenoid dapat berupa beta carotene, astaxanthin, lutein, dan zeaxanthin.


Selain membantu meningkatkan pigmentasi pada ikan, zat karotenoid juga membantu menjaga imunitas, sistem reproduksi, serta pertumbuhan ikan. Kandungan karotenoid juga terdapat dalam alga, seperti Chlorella vulgaris, Haematococcus pluvialis, dan spirulina.

Ikan karnivora membutuhkan lebih banyak protein

Ikan karnivora membutuhkan lebih banyak protein

Kebutuhan protein untuk setiap ikan berbeda-beda. Fisiologis saluran cerna ikan karnivor, herbivor, dan omnivor cukup berbeda sehingga kebutuhan proteinnya juga berbeda. Habitat yang berbeda dengan aslinya membuat ikan membutuhkan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi.


Ikan karnivor membutuhkan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein pada makanan ikan karnivor harus lebih dari 50%. Sementara itu, ikan omnivor membutuhkan 40% sampai 50% kandungan protein. Untuk ikan herbivor, Anda dapat memberikan makanan ikan dengan kandungan protein sebesar 30% sampai 40%.

Ikan yang masih larva dan juvenile membutuhkan lebih banyak nutrisi

Ikan yang masih larva dan juvenile membutuhkan lebih banyak nutrisi

Sebelum menjadi ikan dewasa, ikan akan melewati fase menjadi larva dan juvenile. Pada tahap ini, ikan membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi karena masih dalam masa perkembangan.


Anda dapat melihat label pada kemasannya terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat makanan tersebut. Ukuran makanan untuk larva dan juvenile tentu berbeda. Ukurannya cenderung lebih kecil agar dapat dimakan oleh ikan. Jangan sampai Anda salah memilih makanannya, ya.

Ikan air tawar dan air laut memiliki kebutuhan asam lemak yang berbeda

Ikan air tawar dan air laut memiliki kebutuhan asam lemak yang berbeda

Lemak berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan. Asam lemak sendiri terbagi menjadi dua jenis, asam lemak rantai pendek atau polyunsaturated fatty acid (PUFA) dan asam lemak rantai panjang atau highly unsaturated fatty acid (HUFA).


Beberapa asam lemak esensial harus diberikan dalam makanan ikan karena tidak dapat dihasilkan sendiri oleh ikan. Namun, perbedaan sistem metabolisme pada ikan air laut dan air tawar membuat kebutuhan asam lemaknya juga berbeda.


Ikan air tawar hanya membutuhkan PUFA, seperti linolenic acid. Ikan air tawar membutuhkan 0,5% sampai 1,5% linolenic acid dari makanan yang dikonsumsi. Selanjutnya, asam lemak ini akan diolah menjadi HUFA di dalam tubuh ikan air tawar.


Sayangnya, ikan air laut tidak memiliki enzim untuk mengubah PUFA menjadi HUFA sehingga membutuhkan HUFA dalam makanannya. Pada makanan ikan, HUFA dapat berbentuk eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan arachidonic acid (AA). Ikan laut membutuhkan asam lemak esensial sebanyak 0,5% - 2% pada makanannya.


Kekurangan asam lemak esensial dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesuburan ikan, juga tingkah lakunya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kecukupan asam lemak dalam makanannya.

Pilih bentuk makanan kering sesuai dengan ukuran ikan

Ukuran ikan yang berbeda tentu membutuhkan ukuran makanan yang berbeda juga, terutama jika Anda memberikan jenis makanan kering. Ada berbagai bentuk makanan kering yang dapat Anda temui di pasaran.


Pellet merupakan nama bentuk makanan kering yang paling banyak dikenal. Pellet memiliki bentuk bulat tidak beraturan dan cenderung keras sehingga tidak larut di dalam air. Ukurannya juga beragam, dari kecil hingga besar. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran ikan Anda. Sayangnya, pellet cenderung menyumbat filter air karena tidak larut di dalam air.


Selain pellet, ada juga makanan berbentuk granules atau butiran. Bentuk granules dapat tenggelam ke dasar atau melayang pada bagian tengah akuarium. Bentuk ini lebih pas digunakan sebagai pengisi feeder otomatis karena tidak menyumbat dispenser feeder.


Bentuk makanan kering lainnya adalah flakes. Flakes berukuran tipis dan lebih kecil. Biasanya, flakes diberikan untuk jenis tropical fish dengan ukuran badan yang cenderung lebih kecil.


Selanjutnya adalah makanan kering berbentuk tablet. Makanan ini cenderung akan tenggelam ke dasar akuarium dan lebih cocok untuk ikan yang hidup di bawah akuarium. Jenis ikan suckermouth biasanya lebih menyukai makanan ini. 


Ukuran makanan berbentuk tablet cukup besar sehingga tidak cepat habis. Biasanya, makanan ini baru habis setelah beberapa jam, bahkan beberapa hari. Tablet juga sering dijadikan sebagai alternatif makanan jika Anda meninggalkan ikan selama beberapa hari.


Jika Anda memiliki berbagai jenis ikan dalam satu akuarium atau satu kolam, berikan bentuk makanan yang berbeda. Memberikan makanan dalam berbagai bentuk sama saja dengan memberikan kesempatan untuk semua ikan dapat mengonsumsi makanannya.

10 Rekomendasi makanan ikan terbaik

Berikutnya, kami akan memberi rekomendasi makanan ikan terbaik. Bacalah spesifikasinya dengan saksama untuk menemukan produk yang pas bagi ikan Anda.

10
Isi1250 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (35% - 37%), lemak (4% - 5%), fiber (4% - 5%), ash (5% - 8%), astaxanthin
9
Isi100 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (51%), lemak (5%), fiber (3%), ash (12%), astaxanthin
8
Isi30 gram
JenisMakanan kering
BentukMicro-flakes
Kandungan nutrisiProtein (46%), lemak (11%), fiber (2%), prebiotic
7
Isi300 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (12%), fiber (2%), ash (17%), phosphorous (2,2%), astaxanthin
6
Isi50 gram
JenisMakanan kering
BentukFlakes
Kandungan nutrisiProtein (45,1%), lemak (5,02%), ash (4,15%), fiber (1,76%), omega 6 (26,69%), omega 3 (13%)
5
Isi120 tablet
JenisMakanan kering
BentukTablet
Kandungan nutrisiProtein (40%), lemak (5%), fiber (2%), spirulina
4
Isi100 gram
JenisMakanan basah
Bentuk×
Kandungan nutrisiProtein (62,5%), fat (10,5%), ash (11,6%)
3
Isi34 gram, 71 gram
JenisMakanan kering
BentukFlakes
Kandungan nutrisiProtein (54%), fiber (2%), lemak (14%), ash (7,3%)
2
Isi73 gram
JenisMakanan kering
BentukStick
Kandungan nutrisiProtein (46%), lemak (7%), fiber (5%), ash 13%), phosphorus (1%)
1
Isi50 gram
JenisMakanan kering
BentukPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (8%), fiber (4%), ash (19%), phosphorus (1%)

Tabel perbandingan produk makanan ikan terbaik

Gambar produk
1
Kyorin Hikari Marine Marine S 1

Kyorin

2
Kyorin Hikari Tropical Vibra Bites 1

Kyorin

3
Ocean Nutrition Brine Shrimp Plus Flakes 1

Ocean Nutrition

4
Pioneer Frozen Bloodworm 1

Pioneer

5
Tetra Tetra Pleco Tablets 1

Tetra

6
Prodac Vegetable Flakes 1

Prodac

7
Mizuho Mizuho Goldfish Food 1

Mizuho

8
Tetra TetraMin Baby 1

Tetra

9
Okiko Head Up Huncher 1

Okiko

10
Akari Super Red 1

Akari

Nama produk

Hikari Marine Marine S

Hikari Tropical Vibra Bites

Brine Shrimp Plus Flakes

Frozen Bloodworm

Tetra Pleco Tablets

Vegetable Flakes

Mizuho Goldfish Food

TetraMin Baby

Head Up Huncher

Super Red

KeunggulanTeksturnya bagai sponge lau...Alternatif makanan hidup ya...Formulanya membuat ikan sul...Aman dari bakteri dan parasitCepat tenggelam dan slow re...Memenuhi kebutuhan ikan her...Makanan mudah dicerna, jadi...Si bayi ikan pun tidak kesu...Ikan louhan Anda bakal tumb...Cerahkan warna ikan kesayan...
HargaRp 42.000,00Rp 48.000,00Rp 79.000,00Rp 13.200,00Rp 52.000,00Rp 75.000,00Rp 68.000,00Rp 60.000,00Rp 32.000,00Rp 42.000,00
Isi50 gram73 gram34 gram, 71 gram100 gram120 tablet50 gram300 gram30 gram100 gram1250 gram
JenisMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan basahMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan keringMakanan kering
BentukPelletStickFlakes×TabletFlakesPelletMicro-flakesPelletPellet
Kandungan nutrisiProtein (48%), lemak (8%), fiber (4%), ash (19%), phosphorus (1%)Protein (46%), lemak (7%), fiber (5%), ash 13%), phosphorus (1%)Protein (54%), fiber (2%), lemak (14%), ash (7,3%)Protein (62,5%), fat (10,5%), ash (11,6%)Protein (40%), lemak (5%), fiber (2%), spirulinaProtein (45,1%), lemak (5,02%), ash (4,15%), fiber (1,76%), omega 6 (26,69%), omega 3 (13%)Protein (48%), lemak (12%), fiber (2%), ash (17%), phosphorous (2,2%), astaxanthinProtein (46%), lemak (11%), fiber (2%), prebioticProtein (51%), lemak (5%), fiber (3%), ash (12%), astaxanthin Protein (35% - 37%), lemak (4% - 5%), fiber (4% - 5%), ash (5% - 8%), astaxanthin
Tautan produk

Hindari memberi makanan ikan secara berlebihan

Hindari memberi makanan ikan secara berlebihan

Beberapa jenis makanan ikan memang dapat membuat air menjadi keruh. Anda tentu tidak ingin pemberian makanan ikan membuat Anda harus sering mengganti air akuarium atau kolam.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat memilih jenis makanan yang tidak mengotori air. Makanan kering yang keras dan tidak mudah larut dalam air akan menjaga agar air akuarium atau kolam Anda tetap jernih.


Hindari juga memberikan makanan secara berlebihan atau biasa disebut overfeeding. Pemberian makanan secara berlebihan hanya akan mengotori air akuarium atau kolam Anda karena ikan tidak dapat menghabiskan semua makanannya.


Selain itu, pemberian makanan yang berlebihan dapat mengubah pH air, serta menyebabkan tingginya kadar amonia, nitrit, dan nitrat di dalam air. Peningkatan zat tersebut dapat membuat ikan keracunan.


Aturlah waktu pemberian makanan secara teratur dengan jumlah yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan automatic feeder untuk memberikan makanan secara teratur dengan jumlah yang cukup.


Jika Anda tinggal bersama anggota keluarga lain yang juga ingin memberi makan, buatlah jadwal untuk memberi makan secara bergantian. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya overfeeding.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk memelihara ikan di sini

Jika Anda memelihara ikan di dalam akuarium, jangan lupa untuk memberikan hiasan yang menarik. Hiasan tidak hanya mempercantik semata, tetapi juga bermanfaat untuk tempat ikan bersembunyi dan meletakkan telurnya. Bukalah tautan di bawah ini untuk mencari tahu lebih banyak tentang hiasan akuarium.

Baca juga rekomendasi makanan untuk hewan peliharaan lainnya di sini

Bagi para pencinta hewan, kami juga memiliki artikel lainnya untuk makanan hewan peliharaan Anda. Makanan kucing, anjing, dan landak ada di dalam artikel kami. Klik link di bawah ini untuk mengetahui berbagai informasi seputar makanan hewan peliharaan Anda.

Kesimpulan

Memilih makanan ikan akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui karakteristik ikan peliharaan Anda. Perhatikanlah kebutuhan nutrisi ikan tersebut. Selain itu, pastikan Anda memilih bentuk makanan yang dapat dengan mudah dikonsumsi oleh ikan Anda. Anda sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya agar bisa memilih makanan ikan yang tepat. 


Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Selamat berbelanja makanan ikan terbaik!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mungkin sebagian besar dari Anda membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Perawatan hewan
    20.501 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    Mainan apakah yang akan Anda beli untuk anjing Anda? Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi semakin sehat, pintar, dan disiplin. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Terdapat banyak jenis mainan beredar di pasaran, seperti mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang paling sesuai kebutuhan Anda.
    Perawatan hewan
    3.653 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Selain itu, anak kucing memiliki bulu yang sangat halus dan kulit sensitif. Karena itu, memilih sampo untuknya perlu perhatian khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih sampo, bukan?Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan sampo dari merek tepercaya, seperti Bio-Groom, Furminator, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaik dan memberikan tips agar Anda tidak salah memilih. Selamat membaca!
    Perawatan hewan
    12.348 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Tempat makan untuk kucing didesain agar kucing dapat makan dengan nyaman. Terdapat berbagai macam bahan, seperti dari porselen, stainless steel, dan plastik. Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan kucing dapat berubah bergantung pada pilihan tempat makan? Bila kucing Anda tidak nafsu makan, hal ini mungkin disebabkan oleh pilihan tempat makan yang kurang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rekomendasi yang dapat Anda pilih berikut dengan informasi cara memilih tempat makan untuk kucing yang tepat. Yuk, kita simak artikel lengkapnya sebelum Anda membeli tempat makan untuk kucing Anda!
    Perawatan hewan
    4.047 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    146.063 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kandang kelinci. Kami juga merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
    Perawatan hewan
    4.812 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak kecil hingga masa tuanya, anjing juga membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna oleh anjing sehingga menyebabkan diare. Anda kebingungan mencari susu untuk anjing Anda?Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari produk dalam negeri hingga produk impor seperti Royal Canin, Ameri Pro, atau pun susu kambing. Pada kesempatan ini kami akan memaparkan cara memilih susu untuk anjing dan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari susu untuk anjing yang baru lahir hingga untuk semua usia. Silakan menyimak artikel berikut ini!
    Perawatan hewan
    28.446 Views
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki aquarium indah dengan ikan yang sehat adalah salah satu terapi mata yang menyenangkan. Hal tersebut dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih rileks, serta mengurangi tingkat stres. Selain itu, aquarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan.Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki aquarium dengan hiasan yang cantik. Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk aquarium-nya. Karena itu, kami akan memberikan tips cara menata aquarium di rumah Anda. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta batu alam terbaik akan kami ulas dengan lengkap.
    Perawatan hewan
    5.401 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock / Tempat Tidur Gantung Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hammock / Tempat Tidur Gantung Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Cat hammock atau tempat tidur gantung untuk kucing belakangan ini semakin populer di kalangan cat lovers. Dengan ayunan pelan dari cat hammock, kucing Anda bisa beristirahat dengan relaks di atasnya. Akan tetapi, terdapat banyak tipe cat hammock di pasaran dengan beragam jenisnya. Jadi, cat hammock seperti apakah yang tepat untuk kucing Anda?Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merekomendasikan produk-produk cat hammock terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memaparkan cara memilihnya. Baca terus sampai bawah dan ciptakanlah tidur yang berkualitas untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    416 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau. Namun, dari sekian banyak jenis sikat gigi kucing di pasaran, tahukah Anda produk mana yang terbaik untuk si pus?Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, sepert merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Yuk, simak!
    Perawatan hewan
    1.831 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    146.063 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    85.513 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    69.104 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    58.860 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    52.201 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan.Merek pasir kucing juga cukup beragam, seperti Cubs n Kit, Sumo Cat, Catsan dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih pasir kucing yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini step by step memilih pasir kucing yang bisa Anda contoh.
    Perawatan hewan
    48.339 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Selain itu, anak kucing memiliki bulu yang sangat halus dan kulit sensitif. Karena itu, memilih sampo untuknya perlu perhatian khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih sampo, bukan?Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan sampo dari merek tepercaya, seperti Bio-Groom, Furminator, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaik dan memberikan tips agar Anda tidak salah memilih. Selamat membaca!
    Perawatan hewan
    12.348 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori