• 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2020)

Mewarnai rambut sudah menjadi tren untuk pria maupun wanita. Bahkan, saat ini banyak orang yang mengecat rambut sendiri di rumah. Meski mudah dan lebih hemat, Anda perlu memperhatikan baik-baik produk cat rambut yang Anda gunakan. Pasalnya, bisa jadi Anda memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga berakibat fatal.


Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih cat rambut terbaik untuk kulit kepala yang sensitif. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk keluaran Revlon, Matrix, dan Garnier yang mungkin bisa Anda jadikan referensi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 11.727 Views
Daftar isi

Cara memilih cat rambut untuk kulit kepala sensitif

Jika memiliki kulit kepala yang sensitif, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk cat rambut. Oleh karena itu, mari simak cara memilih cat rambut yang aman bagi kulit kepala yang sensitif. 

Pilih pewarna berbahan alami

Pada umumnya, kulit kepala yang sensitif akan bereaksi pada cat rambut berbahan kimia. Maka dari itu, lebih baik memilih pewarna rambut yang lebih dominan kandungan bahan alaminya.

Bahan dasar henna aman untuk digunakan

Bahan dasar henna aman untuk digunakan
Salah satu pewarna rambut alami yang terkenal adalah henna, pewarna alami dari tanaman Lawsonia inermis. Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman pacar yang banyak dipakai sebagai pewarna kuku. Cara kerja bahan alami ini tidak dengan cara meresap, melainkan melapisi batang rambut dan pigmen alami henna akan mengikat keratin. Hal inilah yang membuat warnanya bisa bertahan lama. 


Henna biasanya berbentuk bubuk yang harus dicampur dengan air. Namun, tidak semua bubuk henna dapat menyatu dengan air sehingga proses pewarnaan dengan henna biasanya lebih merepotkan. Hasil akhirnya pun berbeda pada masing-masing orang meski proses pewarnaannya sama. Henna sendiri memiliki pigmentasi yang sangat kuat sehingga mudah meninggalkan noda. Berhati-hatilah saat menggunakannya, ya!

Buah mengkudu memberikan warna hitam alami

Buah mengkudu memberikan warna hitam alami

Saat ini ada banyak produk pewarna rambut berbahan dasar mengkudu yang dijual di pasaran. Pewarna rambut berbahan dasar mengkudu umumnya aman untuk kulit kepala yang sensitif. Pewarna rambut berbahan mengkudu memberikan warna hitam alami yang bisa menyamarkan uban. Selain itu, mengkudu memiliki manfaat baik seperti mencegah rambut rontok, kebotakan, membasmi kutu rambut, dan ketombe. Manfaatnya tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Kandungan minyak alami dan ginseng penting untuk kesehatan rambut

Kandungan minyak alami dan ginseng penting untuk kesehatan rambut

Jika Anda sering mewarnai rambut, ada kalanya rambut menjadi kering dan terhambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, Anda harus mencari produk pewarna rambut dengan bahan yang bisa sekaligus merawat rambut. Beberapa produk cat rambut memiliki kandungan minyak alami dari bunga dan buah-buahan. Ada juga yang mengandung ginseng untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 


Umumnya, minyak dari bunga dan buah-buahan berperan menghidrasi kulit kepala sehingga tidak muncul ketombe. Minyak bunga dan buah-buahan juga melembapkan batang rambut sehingga tidak mudah patah dan bercabang meski sering diwarnai. 


Sementara itu, ginseng terkenal bermanfaat menjaga kekuatan akar rambut. Ginseng mampu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, tidak terjadi penyumbatan pada folikel yang menyebabkan rambut rontok. Bahan-bahan alami tersebut juga dikenal mampu memberi perlindungan bagi kulit kepala dari alergi. 

Hindari kandungan bahan berbahaya!

Hindari kandungan bahan berbahaya!

Kulit kepala sensitif perlu menghindari kandungan bahan kimia tertentu yang sering kali ditemukan dalam produk pewarna rambut. Pasalnya, ada beberapa bahan dalam pewarna rambut yang merupakan pemicu reaksi iritasi dan alergi pada kulit kepala. 


Apabila Anda memiliki kulit kepala yang sensitif, baca baik-baik daftar kandungan pewarna rambut yang tertera pada kemasan. Hindari menggunakan pewarna rambut yang mengandung amonia, resorcinol, paraben, phthalates, paraphenylenediamine (PPD), dan gluten.

Jangan sembarang mencampur produk cat rambut

Jangan sembarang mencampur produk cat rambut

Setiap produk pewarna rambut memiliki kandungan berbeda-beda. Meskipun berbahan alami, pewarna rambut pasti memiliki formula khusus agar dapat bekerja sebagaimana mestinya Untuk itu, ada baiknya tidak mencampurkan produk pewarna rambut yang berbeda.


Pencampuran formula yang berbeda bisa menghasilkan reaksi yang tidak diinginkan. Reaksi tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut dan kulit kepala, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kepala yang sensitif. 

Pilih produk dengan tekstur yang nyaman digunakan

Produk pewarna rambut memiliki beragam tekstur yang berbeda-beda. Anda bisa memilih yang paling nyaman untuk digunakan. 

Tekstur krim untuk hasil terbaik

Tekstur krim untuk hasil terbaik

Anda akan banyak menemukan pewarna rambut bertekstur krim di pasaran. Pewarna rambut krim memiliki pigmentasi tinggi sehingga perlu digunakan dengan lebih hati-hati. Lebih dari itu, produk ini umumnya bersifat lebih keras karena bertujuan untuk memberikan hasil yang terbaik. 


Hasil dari tekstur krim juga bisa diatur sesuai dengan keinginan. Anda bisa memiliki warna rambut dengan kombinasi warna seperti ombre atau highlight dengan produk ini. Akan tetapi, untuk hasil yang sempurna dan maksimal, pengaplikasiannya harus dipastikan benar. Ada baiknya untuk meminta bantuan orang lain memastikan produk sudah diaplikasikan secara merata.

Tekstur ringan seperti shampo atau foam lebih mudah digunakan

Tekstur ringan seperti shampo atau foam lebih mudah digunakan

Produk pewarna rambut bertekstur cair seperti sampo dan foam merupakan jenis yang paling mudah untuk digunakan. Oleh karena itu, tekstur ini paling sempurna untuk Anda yang baru mencoba untuk mengecat rambut di rumah. Terlebih lagi, tekstur ini bersifat lebih lembut dibanding tekstur krim sehingga lebih aman untuk kulit kepala yang sensitif. 


Sayangnya, pigmen dari pewarna rambut sampo dan foam tidak sekuat tekstur krim. Maka itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu perlu melakukan pewarnaan berulang kali. Selain itu, biasanya produk dengan tekstur ini hanya bisa memberikan hasil single color

Tekstur bubuk yang membutuhkan usaha ekstra

Tekstur bubuk yang membutuhkan usaha ekstra

Produk pewarna rambut bubuk umumnya berbahan dasar henna. Untuk menggunakannya, bubuk perlu dicampur dengan air sehingga mungkin terasa merepotkan bagi sebagian orang. Meski begitu, umumnya produk ini aman untuk kulit sensitif karena bahannya alami. 


Akan tetapi, produk henna memiliki pigmentasi yang sangat kuat. Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena bukan tidak mungkin produk menodai barang-barang Anda yang lain. 

Pastikan Anda mematuhi aturan pemakaian

Setelah menemukan produk dengan kandungan yang aman, Anda pasti memilih produk pewarna rambut karena tertarik dengan warnanya. Sebelum membeli produk, pastikan Anda sudah membaca petunjuk penggunaannya. 

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, baca aturan pakainya

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, baca aturan pakainya

Setiap produk pewarna rambut memiliki catatan aturan pemakaian pada kemasannya. Setiap merek memiliki aturan pakai yang berbeda karena cara kerja formula dari tiap produk juga berbeda. Umumnya aturan pakai yang tertera merupakan cara paling tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari produk tersebut.


Lain dari itu, petunjuk pemakaian dan seluruh keterangan pada produk bisa menunjukkan tingkat keamanan produk bagi Anda. Beberapa produk menuliskan detail kandungan dalam pewarna rambut sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi Anda. Bahkan, sebagian merek menuliskan jika produknya tidak direkomendasikan untuk kondisi tertentu. Maka itu, penting untuk membaca kemasan secara menyeluruh sebelum membeli. 

Agar tidak terjadi reaksi alergi, lakukan uji tempel

Agar tidak terjadi reaksi alergi, lakukan uji tempel

Menggunakan pewarna rambut yang salah dapat menyebabkan permasalahan pada kulit. Karena itu, sebelum mewarnai rambut, uji tempel wajib dilakukan untuk mengetahui jika produk tidak menyebabkan reaksi alergi. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk di bawah telinga atau lipatan siku dan membiarkannya selama 48 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi, produk pewarna rambut bisa Anda gunakan. 


Reaksi alergi dari produk pewarna rambut bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya, muncul ruam yang gatal pada kulit yang terkena produk. Reaksi ini adalah merupakan tahan awal peradangan kulit yang disebabkan oleh alergi zat kimia. Reaksi alergi paling fatal yang bisa terjadi adalah kulit kepala yang terasa seperti terbakar dan melepuh. Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin Anda justru kehilangan seluruh rambut. 

10 Rekomendasi cat rambut terbaik untuk kulit kepala sensitif

Setelah membaca cara memilih cat rambut terbaik, sudahkah Anda sudah memahaminya? Sekarang kami akan memberikan sepuluh produk yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. 

10
Kandungan bahan alami Mengkudu dan ginseng
TeksturSampo
9
Kandungan bahan alami Asam amino, ceramide
TeksturKrim
8
Kandungan bahan alami Lawsonia inermis (tanaman pacar)
TeksturBubuk
7
Kandungan bahan alami Minyak kelapa dan almond
TeksturKrim
6
Kandungan bahan alami Ekstrak buah (apel, kiwi, strawberry) dan vitamin oil
TeksturKrim
5
Kandungan bahan alami Minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak almond
TeksturKrim
4
Kandungan bahan alami Ekstrak bunga lavender dan chamomile, minyak biji bunga matahari, serta royal jelly
TeksturFoam
3

RevlonColorSilk Beautiful Color Hair Color

Rp 65.000,00

Kandungan bahan alami Keratin dan asam amino
TeksturKrim
2
Kandungan bahan alami Natural oil
TeksturKrim
1
Kandungan bahan alami Ekstrak bunga lavender, lili, dan chamomile
TeksturFoam

Tabel perbandingan produk cat rambut terbaik untuk kulit kepala sensitif

Gambar produk
1
Amore Pasific Mise en Scene Hello Bubble 1

Amore Pasific

2
Matrix Wonder Series 1

Matrix

3
Revlon ColorSilk Beautiful Color Hair Color 1

Revlon

4
Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring 1

Etude House

5
Garnier Crème Riche 1

Garnier

6
NYU Crème Hair Color 1

NYU

7
Hoyu Beautylabo Hair Color 1

Hoyu

8
Henna Hair Coloring Eagle 1

Henna Hair Coloring

9
L'Oreal Paris Excellence Creme  1

L'Oreal Paris

10
Shampo BSY Noni Penghitam Rambut 1

Shampo BSY Noni

Nama produk

Mise en Scene Hello Bubble

Wonder Series

ColorSilk Beautiful Color Hair Color

Hot Style Bubble Hair Coloring

Crème Riche

Crème Hair Color

Beautylabo Hair Color

Eagle

Excellence Creme

Penghitam Rambut

Keunggulan

Maksimalkan gaya seperti artis Korea

Mengunci kelembapan warna yang tahan lama

Lebih dari 30 pilihan warna multidimensi yang tahan lama

Produk yang aman dengan pilihan warna yang trendi

Tampil gaya dengan rambut terawat dan warna yang indah

Warnai rambut tanpa takut akan merusak

Ekspresikan kepribadian Anda dengan warna yang cantik

Menutupi uban di kepala Anda dengan sempurna

Hanya 30 menit, warna akan menempel sempurna

Berikan warna hitam alami yang tampak sehat

HargaRp 125.000,00Rp 96.800,00Rp 65.000,00Rp 125.000,00Rp 30.213,00Rp 11.700,00Rp 35.000,00Rp 31.000,00Rp 90.300,00Rp 62.500,00
Kandungan bahan alami Ekstrak bunga lavender, lili, dan chamomile Natural oilKeratin dan asam aminoEkstrak bunga lavender dan chamomile, minyak biji bunga matahari, serta royal jelly Minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak almondEkstrak buah (apel, kiwi, strawberry) dan vitamin oilMinyak kelapa dan almond Lawsonia inermis (tanaman pacar) Asam amino, ceramide Mengkudu dan ginseng
TeksturFoamKrim Krim FoamKrim KrimKrim BubukKrim Sampo
Tautan produk

Baca rekomendasi produk cat rambut lainnya di sini

Jika suka bereksperimen dengan warna rambut, ada banyak pilihan pewarna rambut lainnya yang bisa Anda pilih. Contohnya, Anda bisa memilih cat rambut spray yang mudah digunakan atau bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Anda bisa membaca rekomendasi produk lainnya tersebut di sini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda memahami apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih cat rambut untuk kulit kepala sensitif? Memiliki kulit kepala yang sensitif bukan berarti Anda tidak bisa bereksperimen dengan warna rambut. Asalkan Anda memilih produk yang tepat, mengecat rambut tidak akan menimbulkan masalah. 


Setelah membaca seluruh artikel, diharapkan Anda bisa lebih selektif dalam memilih pewarna rambut untuk kulit sensitif. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan keinginan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hair tonic berguna untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok, berketombe, gatal, dan sebagainya. Pemakaian hair tonic juga disarankan untuk menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan segar. Namun, banyaknya hair tonic yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hair tonic kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk hair tonic yang dapat Anda jadikan referensi. Merek perawatan rambut terkenal, seperti Kerastase, Makarizo, dan lainnya termasuk di dalam daftar. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan rambut
    253.694 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan masih banyak lagi.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
    142.446 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sadarkah Anda jika penggunaan alat styling dan bahan kimia akan memperburuk kondisi rambut? Untuk menjaga kesehatan rambut, masker rambut merupakan produk perawatan yang wajib digunakan. Banyaknya produk hair mask bermerek terkenal yang beredar di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih masker rambut kepada Anda. Setelah itu, kami pun sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek ternama, seperti Makarizo, Pantene, Kérastase, dan lainnya untuk Anda. Mari temukan masker rambut yang dapat memperindah rambut Anda!
    Perawatan rambut
    212.242 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    Rambut rontok merupakan masalah serius yang bisa terjadi pada pria maupun wanita. Salah satu cara untuk memperbaiki atau mencegah terjadinya rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Namun, banyaknya jenis sampo yang diklaim mampu mencegah dan mengobati rambut rontok mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sampo terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    154.443 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Adakalanya Anda ingin meluruskan rambut, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke salon. Untuk lebih menghemat waktu dan biaya, Anda dapat meluruskan rambut sendiri di rumah menggunakan obat pelurus rambut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan rambut lurus nan indah di tengah-tengah kesibukan Anda.Terdapat banyak jenis dan merek obat pelurus rambut yang dijual secara bebas, seperti Makarizo, Matrix, dan L’Oreal. Agar mudah menemukan produk yang tepat, simak cara memilih dan rekomendasi obat pelurus rambut terbaik berikut ini. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
    232.012 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memperbaiki Rambut Rusak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memperbaiki Rambut Rusak (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut yang bermasalah sering menjadi keluhan banyak orang. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti sampo. Sudah banyak produsen sampo yang mengeluarkan produk untuk merawat rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih sampo perawatan rambut rusak untuk mengatasi permasalahan rambut Anda. Kami juga merekomendasikan sampo terbaik untuk memperbaiki rambut rusak. Produk-produk tersebut bisa Anda bandingkan dari segi harga, bahan kandungannya, serta manfaat yang akan Anda dapatkan.
    Perawatan rambut
    131.027 Views
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kondisioner merupakan produk perawatan rambut yang diaplikasikan setelah keramas. Berbeda dengan sampo, kondisioner digunakan pada batang rambut. Produk ini memiliki banyak manfaat sesuai kebutuhan rambut Anda, mulai dari menutrisi sampai memperbaiki rambut rusak. Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan agar efeknya terasa.Agar Anda tidak salah memilih kondisioner, simak dahulu tips dari kami dalam artikel ini. Berbagai merek kondisioner terbaik juga akan kami rekomendasikan untuk Anda, seperti TRESemmé, L'Oreal, Dove, Makarizo, dan banyak lainnya. Setelah itu, temukan tips menggunakan kondisioner dengan benar agar rambut lebih sehat. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
    59.500 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori