• 10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Atasan Tunik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu busana wanita yang bagus dan cukup populer saat ini adalah atasan tunik. Berbagai macam model, desain, dan corak tunik banyak ditawarkan di marketplace. Anda bisa menemukan tunik kekinian, mulai dari yang polos hingga bermotif, ataupun berbahan brokat. Anda bisa memilihnya sesuai acara dan kebutuhan.


Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek atasan tunik terbaik untuk menemani kegiatan Anda. Sejumlah merek atasan tunik yang bagus, seperti Melika, Zaskia Mecca, dan Eprise ada di artikel ini. Agar mudah dalam menentukan pilihan, baca tips cara memilihnya dahulu, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Daya tarik atasan tunik

Daya tarik atasan tunik

Tunik berasal dari kata dalam bahasa latin, yaitu tunica. Pakaian longgar yang memiliki panjang hingga paha atau betis ini sudah ada sejak peradaban kuno. Bahkan, bangsa Yunani dan Romawi kuno sudah mengenal tunik sejak abad ke-3 sebelum Masehi.


Dahulu, tunik dipakai oleh laki-laki dan wanita untuk pakaian sehari-hari. Namun, di abad modern ini tunik berubah menjadi busana andalan kaum perempuan. Tunik hadir dalam berbagai model, desain, serta diperkaya dengan detail-detail menarik. Beberapa produk bahkan memiliki variasi pada bagian bawah tunik, lengan, hingga kerah. Panjang lengannya pun bervariasi, ada yang long sleeve, lengan 3/4, dan tanpa lengan.


Di Indonesia sendiri, tunik sering dipakai oleh para hijaber karena longgar dan panjang. Namun, banyak juga wanita yang tidak berhijab menjadikan tunik sebagai atasan favorit. Tunik bisa diandalkan untuk menghadiri berbagai acara formal dan nonformal. Anda tinggal memilih tunik dengan bahan, corak, dan desain yang sesuai. Dengan memilih tunik yang tepat, Anda dapat tampil lebih percaya diri.

Cara memilih atasan tunik

Tunik memiliki berbagai macam bahan dan model. Setiap bahan atau modelnya memiliki kelebihannya masing-masing. Agar lebih jelas, simak tips memilih tunik di bawah ini, ya!

Kenali kualitas dan bahan atasan tunik

Anda harus mengenali kualitas dan bahan tunik yang akan dibeli. Bahan yang digunakan untuk membuat atasan tunik menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan saat memakainya. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing bahan tunik.

Katun: Sejuk dan memiliki daya serap tinggi

Katun: Sejuk dan memiliki daya serap tinggi

Jika faktor kenyamanan adalah nomor satu, bahan cotton atau katun adalah jawabannya. Tunik berbahan katun sangat nyaman karena sejuk saat digunakan. Kelebihan lain dari katun adalah daya serapnya yang tinggi. Katun dapat menyerap keringat dan air dengan baik.


Selain itu, karena breathable, menggunakan tunik berbahan katun tidak akan membuat tubuh Anda gerah atau kepanasan. Alhasil, Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman meskipun jadwal sedang padat.

Wolfis: Ringan dan tidak transparan

Wolfis: Ringan dan tidak transparan

Untuk Anda yang mencari atasan tunik dengan karakteristik ringan, tetapi tidak tembus pandang, pilihlah bahan wolfis. Bahan wolfis memiliki tingkat kerapatan serat yang tinggi. Tekstur kainnya juga halus dan tidak mudah kusut. Karena sifatnya yang sejuk saat dipakai, bahan ini sering dipakai untuk membuat busana muslimah.


Selain itu, tunik berbahan wolfis memiliki warna yang beragam. Sayangnya, bahan wolfis tidak tahan panas. Untuk itu, tidak disarankan untuk menyetrika tunik berbahan wolfis dengan suhu yang terlalu tinggi.

Crepe: Bahan yang ringan dan flowy

Crepe: Bahan yang ringan dan flowy

Jika Anda menginginkan tunik yang flowy, tunik berbahan crepe bisa menjadi pilihan tepat. Bahan ini memberikan kesan jatuh saat dipakai. Selain itu, karakteristik bahannya juga ringan. Bahan crepe memiliki tekstur seperti kulit jeruk dan sedikit berpasir pada bagian permukaan kainnya, tetapi terasa lembut.


Bahan crepe biasanya tembus pandang. Untuk itu, Anda bisa mencari tunik berbahan crepe dengan tambahan furing di dalamnya. Selain itu, Anda bisa memilih bahan moscrepe yang memiliki tingkat kerapatan lebih tinggi dibanding jenis bahan crepe lainnya.

Rayon: Lembut, licin, dan tidak mudah kusut

Rayon: Lembut, licin, dan tidak mudah kusut

Anda mencari tunik dengan bahan yang licin dan mengilap layaknya sutera? Anda bisa memilih tunik berbahan rayon. Bahan ini menjadi alternatif pengganti sutera dengan harga yang tentu saja lebih terjangkau. Karakteristik lain dari bahan rayon adalah tekstur kainnya yang halus, lembut, dan tidak mudah kusut.


Selain itu, bahan rayon juga terasa dingin saat digunakan karena memiliki daya serap tinggi. Bahan rayon juga mudah diwarnai sehingga varian warnanya sangat beragam. Sayangnya, daya tahan bahan rayon cenderung rendah. Hal ini membuat kain rayon mudah rusak dan terbakar.

Brokat: Memiliki motif timbul yang unik dan kesan elegan

Brokat: Memiliki motif timbul yang unik dan kesan elegan

Untuk Anda yang suka tampil mewah dan elegan, tunik berbahan brokat menjadi pilihan tepat. Tunik berbahan brokat sangat cocok untuk dipakai di momen-momen istimewa, seperti menghadiri acara pesta. Bahan brokat juga tidak mudah kusut sekalipun Anda memakainya seharian.


Motif timbul yang unik dan beragam menjadi ciri khas bahan ini. Sayangnya, karena motifnya yang timbul tersebut, bahan brokat cenderung kasar. Bahkan untuk pemilik kulit sensitif, bahan brokat bisa menyebabkan gatal. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih tunik berbahan brokat yang memiliki lapisan di dalamnya. 

Apabila tertarik untuk membeli atasan tunik berbahan brokat, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Yuk, temukan rekomendasi tunik brokat terbaik untuk melengkapi momen spesial Anda!

Sesuaikan model tunik dengan kegiatan

Tunik memiliki model yang sangat beragam. Setiap model tunik memiliki ciri khas dan kegunaannya masing-masing. Jadi, sesuaikan modelnya dengan kegiatan atau acara yang Anda hadiri. Jangan sampai salah kostum, ya!

Desain dan model minimalis, cocok untuk gaya kasual sehari-hari

Desain dan model minimalis, cocok untuk gaya kasual sehari-hari

Untuk Anda yang ingin bergaya kasual sehari-hari, bisa memilih tunik dengan desain dan model yang minimalis. Tunik kaus yang panjangnya di bawah lutut dengan belahan samping sangat manis jika dipadukan dengan sneakers.


Tunik polos dengan aksen tali pinggang juga pas untuk menemani kuliah Anda. Jika ingin sedikit tampil beda, Anda bisa memilih tunik dengan potongan asimetris. Ada juga tunik dengan detail hoodie yang terbuat dari bahan berdaya serap baik. Tunik model ini bisa menemani aktivitas olahraga Anda, seperti jogging atau bersepeda.

Corak mewah dan aksen yang menonjol, sangat pas untuk momen spesial

Corak mewah dan aksen yang menonjol, sangat pas untuk momen spesial

Memilih atasan tunik untuk menghadiri momen spesial tentu berbeda dengan saat memilih tunik sebagai daily outfit. Pilihlah atasan tunik dengan bahan glossy agar memberikan kesan elegan saat dipakai. Ketika dipakai di malam hari, cahaya lampu akan membuat busana Anda tampak mengilap. Tunik berbahan brokat dengan corak mewah juga cocok dikenakan saat wisuda atau lamaran


Pilihlah warna-warna elegan seperti maroon atau gold. Untuk Anda yang ingin terlihat kalem, bisa memilih warna-warna lembut seperti soft pink atau salem. Pilihlah tunik dengan tambahan detail di bagian bahu, dada, atau kerah. Dengan begitu, acara spesial pun menjadi lebih berkesan. Memilih tunik yang pas akan membuat aura dan tampilan Anda lebih menawan!

Perhatikan panjang lengannya

Perhatikan panjang lengannya

Pada umumnya, tunik memiliki panjang lengan yang beragam, mulai dari lengan panjang, lengan 3/4, hingga tanpa lengan. Perbedaan panjang lengan akan memberikan impresi dan style yang berbeda.


  • Tunik berlengan panjang cocok digunakan untuk acara-acara formal. Dari tiga tipe lengan, lengan panjang memang yang paling populer dan paling banyak ditemukan. Tipe lengan ini paling banyak diminati wanita muslim. Para hijaber tak perlu menggunakan manset lagi ketika mengenakan tunik lengan panjang.

  • Tunik tanpa lengan atau sleeveless cocok untuk Anda yang suka mix and match busana. Anda bebas mengkreasikan gaya busana, misalnya dengan menjadikannya sebagai luaran. Jika Anda memakai hijab, bisa memakai manset polos berwarna senada. Dijamin gaya Anda akan makin maksimal.

  • Tunik lengan 3/4 bisa menjadi solusi untuk Anda yang kurang nyaman menggunakan tunik lengan panjang atau tunik tanpa lengan. Selain itu, bagi Anda yang insecure dengan ukuran lengan, tunik 3/4 juga dipercaya dapat menyamarkan ukuran lengan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

RashawlDoric Longtop Dark Grey

Mulai dari Rp 419.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Namirah The LabelWhite Honoaru Dress

Mulai dari Rp 237.500,00

10 Rekomendasi atasan tunik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh merk atasan tunik yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Amie Collection Hijab StyleNamia Vest

Mulai dari Rp 75.050,00

BahanShakilla premium
LenganSleeveless
DetailRempel di samping kiri dan kanan baju
WarnaNavy, almond, ash green
UkuranAll size fit to L
9

Pusat Mukena IndonesiaTunik Poppy

Mulai dari Rp 90.000,00

BahanRayon
LenganLengan 3/4
DetailKancing atas, lengan kerut, ruffle, saku
WarnaHitam, navy, coklat susu, mint grey
UkuranAll size
8

HijabChic Tara Broken White Tunic

Mulai dari Rp 499.000,00

BahanBrokat
LenganSleeveless
DetailAksen peplum dan kerah berbentuk V
WarnaBroken white
UkuranS, M, L, XL
7
BahanZara crepe
LenganLengan panjang yang bisa dijadikan 3/4
DetailPlisket di bagian depan
WarnaMustard, peach, hitam, biru, wardah, beige
UkuranAll size
6

Bayleaf.idNada Tunik

Mulai dari Rp 231.000,00

BahanCrinkle premium
LenganLengan 3/4
DetailLipit di bagian dada, lengan balon, ujung lengan kerut
WarnaDark choco, choco, lilac, black, mint, dark grey, plum, navy
UkuranA (S-M), B (L-XL), C (jumbo)
5
BahanBrokat
LenganLengan panjang
DetailLengan model lonceng
WarnaGold
UkuranS, M, L, XL, XXL
4

Zaskia MeccaLovia Navy Tunik - Jelita Indonesia - Edisi Maluku

Mulai dari Rp 419.000,00

BahanWoolpeach (wolfis)
LenganLengan panjang
DetailPotongan asimetris, lipit di dada
WarnaNavy
UkuranS, M, L, XL, XXL
3

MybamusRivera Hoodie Tunic Army

M14612 R86S3

Mulai dari Rp 295.000,00

BahanLacost
LenganLengan panjang
DetailHoodie
WarnaArmy
UkuranAll size
2
BahanKatun toyobo
LenganLengan panjang
DetailPotongan asimetris, ruffle, tali serut di samping kiri
WarnaHitam, cokelat, biru navy, dusty pink, putih tulang
UkuranL, XL
1
BahanRayon
LenganLengan panjang
DetailRuffle, ujung lengan karet, kerah serut pita
WarnaLavender, hijau mint, wardah, emerald, navy, coksu, abu, magenta, tosca, maroon, dusty pink, hitam, lemon, army, mocca
UkuranAll size

Tabel perbandingan produk atasan tunik terbaik

Gambar produk
1
Melika Tunik Mun Yeong 1

Melika

2
Linata Fashion  Tunik Ciara 1

Linata Fashion

3
Mybamus Rivera Hoodie Tunic Army 1

Mybamus

4
Zaskia Mecca Lovia Navy Tunik - Jelita Indonesia - Edisi Maluku 1

Zaskia Mecca

5
Eprise  Rebecca Tunik 1

Eprise

6
Bayleaf.id Nada Tunik 1

Bayleaf.id

7
Milkan To Infinity Alanis Tunik 1

Milkan To Infinity

8
HijabChic  Tara Broken White Tunic 1

HijabChic

9
Pusat Mukena Indonesia Tunik Poppy 1

Pusat Mukena Indonesia

10
Amie Collection Hijab Style Namia Vest 1

Amie Collection Hijab Style

Nama produk

Tunik Mun Yeong

Tunik Ciara

Rivera Hoodie Tunic Army

Lovia Navy Tunik - Jelita Indonesia - Edisi Maluku

Rebecca Tunik

Nada Tunik

Alanis Tunik

Tara Broken White Tunic

Tunik Poppy

Namia Vest

Keunggulan

Terinspirasi dari dress Korea, banyak pilihan warna

Unik dengan potongannya yang asimetris

Terdapat hoodie bertali untuk remaja yang ingin tampil sporty

Motif rempah maluku, makin bangga dengan Indonesia

Warna gold yang sangat elegan untuk acara spesial

Tunik minimalis yang pas untuk pergi ke kampus

Jadi lengan panjang bisa, jadi lengan 3/4 juga bisa!

Makin girly dengan tunik brokat beraksen peplum

Desain klasik yang cocok untuk segala situasi

Model kekinian untuk remaja muslimah yang ingin tampil beda

Harga mulai dariRp 90.000,00Rp 140.000,00Rp 295.000,00Rp 419.000,00Rp 299.900,00Rp 231.000,00Rp 200.000,00Rp 499.000,00Rp 90.000,00Rp 75.050,00
BahanRayonKatun toyoboLacostWoolpeach (wolfis)BrokatCrinkle premiumZara crepeBrokatRayonShakilla premium
LenganLengan panjangLengan panjangLengan panjangLengan panjangLengan panjangLengan 3/4Lengan panjang yang bisa dijadikan 3/4SleevelessLengan 3/4Sleeveless
DetailRuffle, ujung lengan karet, kerah serut pitaPotongan asimetris, ruffle, tali serut di samping kiriHoodiePotongan asimetris, lipit di dadaLengan model loncengLipit di bagian dada, lengan balon, ujung lengan kerutPlisket di bagian depanAksen peplum dan kerah berbentuk VKancing atas, lengan kerut, ruffle, sakuRempel di samping kiri dan kanan baju
WarnaLavender, hijau mint, wardah, emerald, navy, coksu, abu, magenta, tosca, maroon, dusty pink, hitam, lemon, army, moccaHitam, cokelat, biru navy, dusty pink, putih tulangArmyNavyGoldDark choco, choco, lilac, black, mint, dark grey, plum, navyMustard, peach, hitam, biru, wardah, beigeBroken whiteHitam, navy, coklat susu, mint greyNavy, almond, ash green
UkuranAll sizeL, XLAll sizeS, M, L, XL, XXLS, M, L, XL, XXLA (S-M), B (L-XL), C (jumbo)All sizeS, M, L, XLAll sizeAll size fit to L
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tunik lainnya di sini

Jika ingin melengkapi koleksi tunik, kami sudah menyiapkan beberapa artikel terbaik di bawah ini. Anda bisa memilih berbagai jenis tunik, mulai dari one set tunik, tunik batik, hingga tunik yang cocok untuk orang gemuk. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi atasan tunik terbaik dari kami? Apakah sudah menemukan yang paling pas untuk dipakai? Setiap produk yang direkomendasikan memiliki bahan, desain, dan corak yang beragam. Tentunya, setiap produk pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Tunik mudah dipadukan dengan bawahan favorit sesuai gaya Anda. Untuk kesan feminin, rok merupakan kombinasi yang tepat. Sementara itu, untuk kesan lebih santai, padukan saja dengan celana jeans dan sneaker. Selamat bergaya dengan tunik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Baju Natal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Natal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Momen Natal selalu dinanti oleh umat Kristiani setiap tahunnya. Selain beribadah, momen Natal juga dimanfaatkan untuk berkumpul dan berpesta bersama keluarga besar, teman, atau rekan kerja. Nah, di artikel ini kami akan membantu Anda menemukan baju Natal yang kekinian untuk para wanita. Anda bisa mendapatkan inspirasi dress code Natal atau tren warna baju Natal 2022. Beberapa merek baju Natal yang bagus, seperti Clouwny, Rhei Collection, dan Herfit turut masuk dalam rekomendasi. Selain itu, masih banyak merek dan model baju Natal yang akan kami tunjukkan. Simak terus, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, banyak wanita enggan memakai daster karena kesannya yang kuno. Namun, saat ini sudah banyak daster kekinian dengan beragam motif yang menarik. Bahkan, kini daster bukan hanya cocok dipakai sebagai baju tidur saja, melainkan juga bisa dipakai hangout!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih daster yang bagus dan merekomendasikan berbagai daster menyusui, batik, hingga daster jumbo. Beragam merek daster premium, seperti Lunaci, Nyonya Piyama, dan Mama's Choice ada di sini. Jika Anda masih ragu menggunakan daster, simak dulu artikel ini!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja merupakan fashion item yang bisa dikenakan dalam segala acara, termasuk untuk dikenakan ke kampus. Biasanya, kemeja yang dipakai untuk kuliah memiliki bahan yang nyaman, adem, dan menyerap keringat. Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai macam model, bahan, dan juga tips padu padan kemeja kuliah. Anda akan menemukan macam-macam kemeja wanita, baik model crop yang kekinian, oversized, maupun timeless. Colorbox, Novel Mice, Shopatvelvet adalah contoh merek yang kami rekomendasikan. Sebelum melihat rekomendasi lainnya, jangan lewatkan tips memilih kemeja wanita yang bagus berikut ini, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perkembangan dunia fashion Nusantara sanggup membuat batik menjadi lebih modern sehingga diminati oleh remaja dan orang dewasa. Pada artikel ini kami akan membahas long dress batik terbaik. Long dress batik hadir dalam beragam model yang cocok Anda kenakan untuk pesta sampai ke pantai.Simak tips dari kami dalam memilih long dress batik. Kami juga merekomendasikan beragam long dress batik yang bagus dari merek Bateeq, Batik Trusmi, dan Batik Faaro. Model batik tradisional sampai kombinasi batik modern dengan brokat ada dalam rekomendasi kami. Temukan long dress batik impian Anda!
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori