• 8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

8 Rekomendasi Self-Balancing Scooter / Hoverboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Self-balancing scooter atau hoverboard merupakan opsi kendaraan masa depan yang mulai populer. Berbeda dengan beberapa skuter Segway yang memiliki handel kemudi, self-balancing scooter dikendalikan dengan menggerakkan badan kita. Beberapa produsen yang memproduksinya antara lain Cognos, Xiaomi, dan Segway. Bagaimanakah tips memilih self-balancing scooter terbaik?


Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih beserta produk rekomendasi self-balancing scooter terbaik. Anda dapat menemukan self-balancing scooter yang stylish dan mudah dikendarai untuk hobi dengan membaca artikel kami. Yuk, disimak bersama!

  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2020
  • 3.098 Views
Daftar isi

Apakah self-balancing scooter itu?

Apakah self-balancing scooter itu?

Ketika mengendarai self-balancing scooter, Anda akan merasa seperti terbang. Self-balancing scooter bergerak dengan mengandalkan berat badan penggunanya. Jadi, untuk mengontrol ke arah mana self-balancing scooter Anda berjalan, Anda perlu menggerakkan sedikit badan saja. Kecepatannya pun tidak terlalu cepat atau terlalu lambat sehingga sangat menyenangkan saat mengendarainya. 


Anda yang baru pertama kali mengendarainya tentu akan merasa khawatir tidak dapat mengendarainya dengan baik. Akan tetapi, dengan latihan, Anda bisa dengan mudah mengendarainya, kok! Apabila Anda orang yang suka berolahraga, kendaraan yang mengandalkan keseimbangan ini pasti akan mudah Anda taklukkan!


Self-balancing scooter berbeda dengan skateboard. Karena self-balancing scooter bergerak dengan kendali berat badan, Anda tidak dapat melompat saat mengendarainya. Namun, sekalipun tidak dapat melakukan atraksi seperti mengendarai skateboard, self-balancing scooter tetap asyik dikendarai! Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengendarai self-balancing scooter. Seluruh anggota keluarga, bahkan anak-anak juga dapat mengendarainya. 

Cara memilih self-balancing scooter / hoverboard

Keamanan merupakan hal yang paling penting ketika memilih self-balancing scooter. Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa produk tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah kemudahan untuk mengendarainya dan juga kisaran harganya. 


Selain itu, Anda juga harus memeriksa apakah self-balancing scooter sudah dilengkapi dengan fitur tahan air untuk digunakan di luar ruangan. Lalu, periksa juga kemampuannya untuk berjalan di jalan yang menanjak.

Pastikan produk sudah memenuhi standar keselamatan

Pastikan produk sudah memenuhi standar keselamatan

Pertama-tama, pastikan produk yang Anda ingin beli sudah memenuhi standar sertifikasi keselamatan. Untuk produk self-balancing scooter, karena masih mengimpor dari luar negeri, sertifikat yang dibutuhkan adalah sertifikat UL. Sertifikat ini merupakan sertifikat untuk keamanan peralatan listrik. 


Karena merupakan peralatan listrik, ada kemungkinan produk akan meledak dan terbakar apabila tidak memiliki sertifikat. Di luar negeri, ada banyak kecelakaan kebakaran yang disebabkan oleh self-balancing scooter tanpa sertifikat. Jadi, pastikan Anda memeriksa keberadaan sertifikat tersebut sebelum membeli.


Kebanyakan self-balancing scooter yang beredar di toko online tidak mencantumkan sertifikat barang. Sebaiknya, Anda menanyakan terlebih dahulu apakah barang tersebut dapat dipercaya atau tidak. Anda juga dapat membaca ulasan produk dari pembeli sebelumnya.

Cek keaslian barang

Cek keaslian barang

Karena kepopulerannya, ada banyak produsen nakal yang memproduksi produk-produk palsu dan menjualnya secara bebas. Apabila Anda khawatir membeli barang palsu di toko online, ada baiknya Anda membeli dari toko online yang juga memiliki toko offline. Selain itu, Anda juga dapat membeli online langsung dari situs resminya.


Akan tetapi, jika Anda tidak punya waktu untuk mencari toko offline atau situs resminya, pastikan Anda membaca ulasan produk yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Anda juga dapat membandingkan terlebih dahulu deskripsi produk dari penjual tiap-tiap toko online untuk mencari yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Pastikan produk memiliki masa garansi

Pastikan produk memiliki masa garansi

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah adanya garansi. Ketika membeli suatu barang secara daring, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada barang tersebut sebelum sampai ke tangan kita. Adanya garansi akan mempermudah Anda apabila produk yang dibeli terdapat cacat awal.


Selain cacat awal, ada kemungkinan ketika akan mengisi daya, ternyata baterai tidak dapat berfungsi. Contoh lainnya adalah sistem drive yang tidak berfungsi dengan baik ketika digunakan. Jadi, adanya garansi akan membuat pembeli mudah mendapatkan perbaikan tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang lebih. 


Ada berbagai masa garansi yang diberikan penjual. Masa yang paling singkat adalah setengah tahun dan yang paling panjang adalah tiga tahun. Sekalipun memiliki masa garansi panjang, ada baiknya Anda langsung mencoba self-balancing scooter yang baru Anda beli. Hal ini sangat penting dilakukan. Tidak ada yang dapat menjamin produk sampai ke tangan kita dengan kondisi 100% baik, bahkan dari produsen ternama.


Di Indonesia sendiri, tidak banyak penjual yang mencantumkan berapa lama waktu yang diberikan untuk masa garansi. Sebelum membeli, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah self-balancing scooter yang Anda inginkan telah bergaransi. 

Perhatikan kecepatan maksimum produk

Perhatikan kecepatan maksimum produk

Setiap kendaraan pasti memiliki kecepatan maksimum, begitu juga self-balancing scooter. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kecepatan maksimum yang tertera pada kemasan atau deskripsi produk. Sekalipun memiliki kecepatan maksimum yang tinggi, pada kenyataannya self-balancing scooter hanya memiliki kecepatan rata-rata 10 km/jam hingga 12 km/jam saja.


Kecepatan rata-rata ini hanya sedikit lebih cepat dibandingkan sepeda sport. Akan tetapi, karena merupakan kendaraan tanpa kursi dan gagang, kecepatan 10 km/jam tetap terasa menakutkan bagi pengendaranya. Daripada Anda fokus melihat kecepatannya, lebih baik memikirkan keamanan yang dimiliki oleh self-balancing scooter Anda. 

Pastikan terdapat fitur tahan air untuk penggunaan outdoor

Pastikan terdapat fitur tahan air untuk penggunaan outdoor

Ketika bermain di luar ruangan, Anda mungkin akan bertemu genangan air, jadi pastikanlah produk yang Anda pilih sudah dilengkapi fitur waterproof. Setiap produk memiliki tingkat ketahanan air yang berbeda. Jadi, periksalah rating IP yang diberikan dengan cermat!


Fungsi tahan air juga berguna apabila Anda ingin mencuci self-balancing scooter. Sebelum mencuci, bacalah buku panduan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Rating paling tinggi yang dimiliki self-balancing scooter adalah IP7. Dengan IP7, self-balancing scooter Anda dapat terendam dalam air. Namun, jangan terlalu lama membiarkannya terendam dalam air, ya! 


Selain IP7, ada juga self-balancing scooter dengan rating IP5 yang dapat terkena air secara langsung dari berbagai arah. Lebih rendah lagi, ada IP4 yang dapat terkena semprotan air seperti hujan atau air dari selang. Untuk rating IP3 atau yang lebih rendah lagi, dikhawatirkan tidak cukup tahan air dan kurang cocok digunakan di luar ruangan. Cek terlebih dahulu sebelum membeli, ya!

Periksa juga kekuatan menanjak self-balancing scooter

Periksa juga kekuatan menanjak self-balancing scooter

Tiap produk memiliki kemampuan menanjak yang berbeda, sekalipun dari produsen yang sama. Sebagian besar produk dapat melewati bukit dengan ketinggian sedang. Rata-rata self-balancing scooter dapat menanjak minimum 15 derajat dan maksimum 30 derajat kemiringan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk bermain di taman atau dalam ruangan. Namun, apabila Anda ingin mengendarainya di bukit yang curam, carilah yang memiliki kekuatan menanjak tinggi.

Periksa lama waktu pengisian

Periksa lama waktu pengisian

Waktu pengisian baterai self-balancing scooter juga berbeda tiap produknya. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan berapa lama pengisian daya yang diperlukan untuk berjalan selama 1 jam hingga 2 jam. Ada beberapa produk yang memakan waktu 3-4 jam untuk digunakan 1-2 jam. Jadi, pengisian daya yang cepat dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih self-balancing scooter.

8 Rekomendasi self-balancing scooter / hoverboard terbaik

Kami sudah memperkenalkan beberapa hal yang Anda perlu perhatikan untuk memilih self-balancing scooter. Sekarang, kami akan memberikan beberapa produk yang dapat Anda pilih.

8
SertifikatTidak dijelaskan
Masa garansi1 tahun
Fitur tahan airTidak dijelaskan
Kemampuan menanjakTidak dijelaskan
Waktu pengisian3 jam
Berat penumpang maksimal100 kg
Kecepatan maksimal15 km/jam
7
SertifikatTidak dijelaskan
Masa garansi1 tahun
Fitur tahan airTidak dijelaskan
Kemampuan menanjakTidak dijelaskan
Waktu pengisian1-2 jam
Berat penumpang maksimal120 kg
Kecepatan maksimal15 km/jam
6
SertifikatTidak dijelaskan
Masa garansiBodi: 1 tahun・Hardware: 6 bulan・Baterai: 3 bulan
Fitur tahan airTidak dijelaskan
Kemampuan menanjakTidak dijelaskan
Waktu pengisian2 jam
Berat penumpang maksimal100 kg
Kecepatan maksimal10 km/jam
5
SertifikatUL 2722
Masa garansiBodi: 1 tahun・Baterai dan remote control: 180 hari・Komponen: 90 hari
Fitur tahan airIP54
Kemampuan menanjak15°
Waktu pengisian4 jam
Berat penumpang maksimal100 kg
Kecepatan maksimal20 km/jam
4
SertifikatTidak dijelaskan
Masa garansi1 tahun
Fitur tahan airIPX-5
Kemampuan menanjak25˚
Waktu pengisian2 jam
Berat penumpang maksimal130 kg
Kecepatan maksimal12 km/jam
3
SertifikatUL 2272
Masa garansi6 bulan
Fungsi tahan airIP54
Kemampuan menanjak15°
Waktu pengisian4 jam
Berat penumpang maksimal85 kg
Kecepatan maksimal16 km/jam
2
SertifikatUL 2272
Masa garansi6 bulan
Fungsi tahan airTidak dijelasakan
Kemampuan menanjak15˚
Waktu pengisian2 jam 10 menit
Berat penumpang maksimal100 kg
Kecepatan maksimal10 km/jam
1
SertifikatUL 2272
Masa garansiBodi: 1 tahun・Baterai: 180 hari・Ban: 90 hari
Fungsi tahan airIP54
Kemampuan menanjak15˚
Waktu pengisian3 jam
Berat penumpang maksimal100 kg
Kecepatan maksimal16 km/jam

Tabel perbandingan produk self-balancing scooter / hoverboard terbaik

Gambar produk
1
Segway Ninebot by Segway S-PRO 1

Segway

2
TOMOLOO Q8-X 1

TOMOLOO

3
Xiaomi Ninebot Mini 1

Xiaomi

4
Cognos Onix Segway 6,5" Wheel Balance 1

Cognos

5
Segway  Ninebot S-Plus 1

Segway

6
Alien 6,5 Inch Classic Hoverboard 1

7
Super Rider Rider Balance Wheel 1

Super Rider

8
Fire Smoking Hoverboard 1

Nama produk

Ninebot by Segway S-PRO

Q8-X

Ninebot Mini

Onix Segway 6,5" Wheel Balance

Ninebot S-Plus

Alien 6,5 Inch Classic Hoverboard

Rider Balance Wheel

Fire Smoking Hoverboard

Keunggulan

Dengan knee pad control, pemula bisa cepat jadi pro

Dilengkapi remote control untuk menambah keasyikan bermain Anda

Kontrol kecepatan dan arah berjalan dengan ponsel Anda

Tetap dapat beratraksi sekalipun menggunakan self-balancing scooter

Robot scooter yang dapat mengikuti Anda

Motif graffiti membuat tampilan Anda lebih seru

Takut self-balancing scooter Anda dicuri orang? Yang satu ini sudah dilengkapi pengaman tambahan

Mengeluarkan api saat berjalan!

HargaRp 7.100.000,00Rp 4.000.000,00Rp 5.500.000,00Rp 2.560.000,00Rp 12.000.000,00Rp 3.000.000,00Rp 1.980.000,00Rp 1.949.000,00
SertifikatUL 2272UL 2272UL 2272Tidak dijelaskanUL 2722Tidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Masa garansiBodi: 1 tahun・Baterai: 180 hari・Ban: 90 hari6 bulan6 bulan1 tahunBodi: 1 tahun・Baterai dan remote control: 180 hari・Komponen: 90 hariBodi: 1 tahun・Hardware: 6 bulan・Baterai: 3 bulan1 tahun1 tahun
Fungsi tahan airIP54Tidak dijelasakanIP54IPX-5IP54Tidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Kemampuan menanjak15˚15˚15°25˚15°Tidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Waktu pengisian3 jam2 jam 10 menit4 jam2 jam4 jam2 jam1-2 jam3 jam
Berat penumpang maksimal100 kg100 kg85 kg130 kg100 kg100 kg120 kg100 kg
Kecepatan maksimal16 km/jam10 km/jam16 km/jam12 km/jam20 km/jam10 km/jam15 km/jam15 km/jam
Tautan produk

Jangan bermain di jalan umum atau trotoar!

Jangan bermain di jalan umum atau trotoar!

Self-balancing scooter memang termasuk dalam jenis kendaraan. Akan tetapi, pada undang-undang yang berlaku di Indonesia saat ini, self-balancing scooter belum termasuk pada kendaraan yang bebas berjalan di jalan umum. Jadi, lebih baik Anda tidak menggunakannya di jalan umum untuk keselamatan Anda sendiri. 


Karena bentuk self-balancing scooter lebih mirip skateboard dan sepatu roda daripada sepeda, kendaraan ini lebih cocok dimainkan di taman. Anda dapat mencari taman yang juga dilengkapi dengan skateboard park agar lebih aman bermain. Jadi, sekalipun termasuk kendaraan, harus disadari betul bahwa saat ini self-balancing scooter lebih untuk dimainkan bukan untuk alat transportasi.

Dapatkah Anda mengendarai self-balancing scooter dengan segera?

Dapatkah Anda mengendarai self-balancing scooter dengan segera?

Ketika mendengar kata self-balancing scooter, mungkin banyak di antara Anda yang bertanya apakah saya dapat mengendarainya? Kendaraan yang satu ini memang tidak dilengkapi dengan pegangan atau kursi sehingga tampak susah ketika pertama kali mencobanya.


Untuk Anda yang ingin mengendarainya, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Ada beberapa mal, taman dan komunitas yang mengizinkan Anda untuk menyewa self-balancing scooter. Akan tetapi, sebenarnya self-balancing scooter cukup mudah kok untuk dikendarai, bahkan oleh anak-anak sekalipun.


Karena tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengendarainya, Anda yang tidak suka berolahraga juga dapat mencobanya. Akan sedikit menakutkan ketika pertama kali mencoba! Akan tetapi, dengan bantuan seseorang memegang Anda, dalam waktu 1-2 hari Anda dapat dengan lancar mengendarainya. Hal yang perlu diingat untuk memotivasi Anda, self-balancing scooter lebih mudah dikendarai dibandingkan unicycle atau skateboard!

Baca juga rekomendasi produk sepatu roda dan skuter lainnya di sini

Selain menggunakan self-balancing scooter, ada juga beberapa barang lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meluncur. Beberapa di antaranya adalah skuter dan juga sepatu roda. Sepatu roda sendiri sudah menjadi tren sejak tahun 1960-an di Indonesia. Sementara skuter atau otopet tergolong masih baru di Indonesia. 


Keduanya merupakan alat permainan yang juga dapat menjadi moda transportasi. Akan tetapi, sama seperti self-balancing scooter, penggunaannya di jalan raya belum diatur oleh undang-undang. Anda sebaiknya tidak menggunakan di jalan umum dan lebih baik bermain di taman atau skateboard park di dekat rumah Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi kami bila Anda ingin mencoba bermain sepatu roda atau skuter untuk mengisi waktu senggang Anda. 

Kesimpulan

Sebelum membeli self-balancing scooter sendiri, Anda dapat mencoba mengendarainya di fasilitas penyewaan yang tersedia. Kemudian, jika Anda ingin memilikinya sendiri, tanyakan juga apakah sertifikat dan garansi tersedia.


Setelah melihat produk rekomendasi dari kami, apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Jika belum, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan Anda mendapatkan self-balancing scooter yang diinginkan. Selalu ingat untuk tidak bermain di jalan umum, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sport Wristband Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sport Wristband Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu aksesori dalam dunia olahraga adalah sport wristband. Sport wristband merupakan aksesori yang sering digunakan oleh atlet atau penggemar olahraga basket, lari, bulu tangkis, dan tenis lapangan. Aksesori ini digunakan pada pergelangan tangan untuk membantu menyeka keringat dengan praktis.Ada berbagai brand perlengkapan olahraga yang memproduksi wristband, seperti Reebok, Nike, Under Armour, Decathlon, dan Yonex. Supaya Anda bisa memilih dengan tepat, kami akan memberikan tips untuk memilih beserta rekomendasi produknya. Jangan lupa untuk mengecek komentar dari mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga di bawah ini, ya!
    Olahraga lainnya
    7.323 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    22.837 Views
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    42.551 Views
  • 10 Rekomendasi Trampolin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Trampolin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Trampolin populer sebagai peralatan main anak-anak dan sarana olahraga untuk orang dewasa. Bergerak di atas trampolin selama waktu tertentu secara konsisten membuat tubuh Anda lebih sehat. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang tidak sempat pergi ke gym untuk berolahraga.Namun, ada banyak jenis trampolin yang dijual di pasaran sehingga mungkin Anda akan bingung ketika memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk trampolin terbaik. Ada merek Plum, KETTLER, dan Bfit yang dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Yuk, simak informasinya!
    Olahraga lainnya
    2.275 Views
  • 10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini skateboard digunakan bukan hanya sekadar untuk bermain trik saja, tetapi juga merupakan sebuah fashion item. Ada berbagai macam produsen skateboard yang dapat Anda temui di pasaran seperti Element, Thrasher, Nomad, Spitfire, dan sebagainya. Anda dapat membeli skateboard yang sudah dirakit atau bisa juga merakitnya sendiri.Kali ini, kami juga akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard yang dapat Anda pilih untuk membuat skateboard pribadi Anda sendiri beserta petunjuk cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam menemukan bagian-bagian skateboard yang bagus dan keren!
    Olahraga lainnya
    25.578 Views
  • 10 Rekomendasi Tongkat Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tongkat Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat penting dalam olahraga baseball adalah bat atau tongkat pemukul. Ada banyak jenis tongkat baseball, mulai dari material, performa, hingga kualitas yang bervariasi. Untuk menemukan tongkat baseball terbaik, Anda harus menyesuaikan berat, panjang, dan tinggi tongkat dengan kondisi fisik Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih tongkat baseball beserta rekomendasi produk yang bisa ditemukan di pasaran. Ada berbagai merek tongkat baseball dengan kualitas yang mumpuni, seperti Easton, NIKE, dan lainnya. Bacalah dengan saksama dan temukan tongkat baseball yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 
    Olahraga lainnya
    8.662 Views
  • 10 Rekomendasi Stopwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stopwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stopwatch sangatlah penting untuk mengukur waktu dalam berbagai kompetisi olahraga. Anda bisa saja memakai aplikasi pada smartphone, tetapi tetap saja sensasi dan cara penggunaannya terasa berbeda. Meski begitu, banyaknya stopwatch berkualitas seperti merek Seiko, Casio, atau Alba bisa saja membuat Anda bingung memilih.Seluruh stopwatch tersebut juga berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Anda bisa saja malah kesulitan untuk membeli produk yang tepat. Jadi, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi stopwatch terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Olahraga lainnya
    4.495 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan persiapan yang merepotkan. Di setiap kantor atau kampus, meja pingpong cukup mudah ditemui, bahkan banyak yang memiliki komunitas. Tahukah Anda ternyata ada sepatu khusus olahraga tenis meja? Tidak semua sepatu indoor dapat digunakan untuk bermain tenis meja. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli sepatu tenis meja. Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilihnya dan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Asics, Stiga, dan Butterfly. Temukan sepatu yang terbaik untuk Anda, ya!
    Olahraga lainnya
    3.685 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Olahraga Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga untuk tangan memang tidak boleh dilupakan. Selain untuk membentuk otot, olahraga tangan berguna untuk proses rehabilitasi setelah cedera atau stroke. Berbagai alat olahraga untuk tangan memiliki ukuran yang kecil dan mudah disimpan, serta dapat dengan mudah Anda temukan.Agar tidak salah memilih alat olahraga untuk tangan, kami akan memberikan tipsnya bagi Anda. Tak lupa, kami juga mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek, seperti Kettler, Happyfit, dan Speeds, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini dan temukan alat olahraga tangan yang Anda butuhkan!
    Olahraga lainnya
    4.350 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Efek pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat masker olahraga dicari oleh banyak orang. Anda tentu merasa khawatir tertular jika berolahraga di luar ruangan, bukan? Namun, jika Anda menggunakan masker olahraga, rasa khawatir tersebut akan berkurang. Polusi udara, debu, hingga virus juga tak akan mendekat.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih masker olahraga terbaik khusus untuk Anda. Rekomendasi produk dari merek ternama Xiaomi dan Phantom Athletics pun ada di sini. Masker buatan anak Indonesia seperti Maskit juga bisa dijadikan pilihan. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    2.258 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    42.551 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    29.520 Views
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Skuter atau otoped merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda sendiri mungkin pernah memainkannya saat masih anak-anak. Kami pun ingin agar anak Anda dapat ikut merasakan pengalaman dan keseruan bermain skuter. Namun, kini jenis skuter sudah semakin bervariasi sehingga mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih skuter untuk anak. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi pilihan. Yuk, temukan skuter favorit untuk anak Anda di sini!
    Olahraga lainnya
    23.854 Views
  • 10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini skateboard digunakan bukan hanya sekadar untuk bermain trik saja, tetapi juga merupakan sebuah fashion item. Ada berbagai macam produsen skateboard yang dapat Anda temui di pasaran seperti Element, Thrasher, Nomad, Spitfire, dan sebagainya. Anda dapat membeli skateboard yang sudah dirakit atau bisa juga merakitnya sendiri.Kali ini, kami juga akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard yang dapat Anda pilih untuk membuat skateboard pribadi Anda sendiri beserta petunjuk cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam menemukan bagian-bagian skateboard yang bagus dan keren!
    Olahraga lainnya
    25.578 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!
    Olahraga lainnya
    17.182 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    22.837 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa, sih, yang tidak tahu olahraga sepatu roda? Olahraga ini tergolong populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, olahraga yang berasal dari Belanda ini sudah memiliki cabang resminya di beberapa kompetisi olahraga nasional dan internasional. Komunitasnya pun telah menjamur di berbagai kota di Indonesia.Ada beberapa merek sepatu roda kenamaan, seperti R&B, Power Line, dan lainnya. Nah, sebelum membeli, simaklah dahulu tips cara memilih sepatu roda berikut ini agar tidak salah pilih. Anda pun bisa menemukan sepuluh rekomendasi sepatu roda terbaik untuk pemula di sini!
    Olahraga lainnya
    8.556 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori