• 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Body serum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang mampu memberi nutrisi lebih pada kulit. Berbeda dengan body lotion, tekstur serum badan lebih ringan sehingga kandungannya lebih mudah meresap. Dengan begitu, Anda pun bisa merasakan manfaat body serum dengan lebih cepat.


Pada artikel ini, kami ingin membahas tentang cara memilih body serum yang bagus untuk kulit. Tak lupa, kami juga akan membagikan rekomendasi body serum terbaik dari berbagai merek, misalnya Nivea, Vaseline, dan Azarine. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Apa manfaat body serum?

Apa manfaat body serum?

Body serum mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, apa bedanya body serum dan body lotionBody serum berbahan dasar air atau light oils sehingga teksturnya lebih ringan dibanding dengan body lotion. Body lotion umumnya menggunakan bahan petroleum yang merupakan heavy moisturizer. Karena itu, teksturnya terasa lebih berat. 


Menggunakan body serum akan membuat kulit terasa lembap tanpa berminyak. Kandungan bahan dasarnya membuat bahan-bahan aktif body serum dapat masuk ke lapisan kulit terdalam. Jika Anda kurang menyukai body lotion karena terasa lengket di kulit, Anda dapat memilih body serum.


Serum untuk badan ini juga lebih kaya nutrisi sehingga mampu menutrisi kulit Anda secara mendalam. Anda dapat menggunakannya sebagai salah satu produk untuk memperbaiki kondisi kulit, seperti flek hitam, kerutan, pecah-pecah, dan lainnya.


Gunakanlah body serum pada kulit yang bersih sehabis mandi, serta sebelum menggunakan produk perawatan tubuh lainnya. Rutinitas ini akan membuat serum dapat terserap sempurna sampai lapisan terdalam.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama halnya dengan wajah, kulit badan tentunya juga sangat penting untuk dirawat. Saat ini Anda tidak perlu pusing lagi memilih produk untuk merawat badan atau body care. Belakangan ini sudah banyak brand yang mengeluarkan produk perawatan badan seperti body serum.


Sebenarnya, body serum memiliki fungsi yang sama dengan serum untuk wajah. Hal yang membedakannya hanyalah lokasi penggunaannya saja karena body serum diperuntukkan untuk badan. Body serum memiliki banyak fungsi, seperti untuk melembapkan, mencerahkan, bahkan ada juga yang memiliki kemampuan peeling atau eksfoliasi. Semua tergantung pada kandungan body serum yang Anda pilih. 


Body serum biasanya memiliki tekstur yang lebih mudah meresap dibandingkan tekstur lotion. Produk ini ditujukan untuk memberikan hasil yang maksimal untuk kulit badan Anda. Hal ini karena di dalam serum biasanya terdapat kandungan zat aktif yang lebih tinggi konsentrasinya. Serum juga cenderung lebih stabil dan tidak mudah rusak. 


Body serum tentu akan digemari oleh Anda yang tidak suka memakai lotion karena terasa lengket atau tacky. Nah, untuk penggunaannya, body serum bisa digunakan di area badan, lengan, punggung, dan kaki. Anda yang bermasalah dengan kulit kering, noda bekas luka, warna kulit tidak merata dapat mencoba produk ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih body serum

Setelah menjabarkan tentang manfaat body serum, kini saatnya kami memberikan tips memilih produknya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak pembahasan kami dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan serum badan terbaik!

Pilih kandungan bahan yang sesuai kebutuhan kulit

Saat memilih body serum, sangat penting untuk memperhatikan kandungan bahan utamanya agar dapat menjawab kebutuhan kulit. Berikut ini kami berikan informasi seputar bahan-bahan utama di dalam body serum.

Vitamin C, bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit

Vitamin C, bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit

Salah satu jenis body serum yang banyak diminati adalah yang bisa mencerahkan kulit. Untuk mencerahkan kulit, Anda dapat memilih serum yang kaya kandungan vitamin C. Vitamin C mampu mencerahkan kulit sekaligus membantu menghilangkan flek hitam dengan cara menghambat produksi melanin pada kulit.


Selain vitamin C, bahan-bahan lainnya, seperti vitamin E, niacinamide, kojic acid, dan licorice extract, juga dapat mencerahkan kulit yang kusam. Sama seperti vitamin C, bahan tersebut bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kandungan yang sangat banyak manfaatnya, tetapi banyak disepelekan adalah vitamin C. Vitamin C memiliki berbagai bentuk struktur kimia dengan sifat yang berbeda-beda. Karena itu, jangan heran jika kandungan vitamin C atau yang umum disebut ascorbic acid ini tidak Anda temui di ingredients list. Hal ini karena vitamin C yang digunakan produk tersebut bisa saja berbentuk ethyl ascorbic acid dan ascorbyl palmitate


Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab banyak masalah di kulit wajah. Dengan begitu, vitamin C juga dapat mengurangi risiko penyebab kanker di organ badan yang lain. Selain itu, manfaat lain dari vitamin C adalah untuk meremajakan kulit, menyamarkan garis kerutan halus, serta mencerahkan kulit


Kandungan ini juga merangsang produksi kolagen di dalam sel kulit sehingga bisa memperbaiki elastisitas kulit agar lebih kenyal dan lembap seharian. Pemilik kulit kering juga sering kali mengeluhkan kulit yang tampak kusam. Nah, penggunaan vitamin C untuk bodycare atau skincare akan sangat membantu mengatasi masalah tersebut. 


Namun, berhati-hatilah karena vitamin C mudah teroksidasi bila terkena paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, penyimpanan produk ini harus diperhatikan juga. Simpanlah produk dengan vitamin C di tempat yang tidak terkena matahari langsung, serta memiliki suhu kamar yang stabil. 


Anda bisa mengecek apakah skincare yang mengandung vitamin C masih baik digunakan atau tidak. Pertama, lihatlah apakah warna dari isi skincare tersebut berubah atau tidak. Jika ya, produk itu bisa jadi sudah berubah warna akibat efek oksidasi dari vitamin C tersebut.

Formula anti-aging, efektif melawan kerutan

Formula anti-aging, efektif melawan kerutan

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang kencang dan awet muda. Tidak hanya kulit wajah saja yang dapat mengalami kerutan, kulit tubuh Anda juga bisa mengalaminya. 


Seiring pertambahan usia, elastisitas dan produksi minyak alami pada kulit akan berkurang. Akibatnya, muncul kerutan pada kulit Anda. Selain karena usia, paparan sinar UV juga bisa merusak jaringan ikat pada kulit sehingga muncul garis-garis halus.


Untuk melindungi kulit dari munculnya kerutan akibat paparan sinar UV, Anda dapat menggunakan body serum yang mengandung vitamin C. Sementara untuk melindungi kulit dari radikal bebas, Anda dapat mengandalkan body serum anti-aging dengan bahan kandungan yang kaya antioksidan. Contoh bahan kandungan yang kaya antioksidan adalah green tea dan grape seed extract.


Coenzyme Q10, niacinamide, dan peptida dapat membantu mengurangi tampilan kerutan pada kulit. Bahan tersebut akan mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kandungan air di dalam kulit. Di samping itu, coenzyme Q10 juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Anti-aging adalah kandungan anti penuaan. Tanda-tanda penuaan biasanya mulai dialami ketika seseorang memasuki usia 30 tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan timbulnya flek ataupun kerutan di wajah. Area wajah yang paling sering terlihat banyak kerutan adalah area mata dan dahi. 


Kerutan bisa muncul akibat gerakan otot di wajah karena ekspresi wajah, seperti ekspresi wajah ketika marah atau senyum. Hal ini dapat menimbulkan kerutan di wajah dengan lebih cepat. Tanda-tanda penuaan dini sering kali muncul akibat tulang yang menipis seiring pertambahan usia. Akibat hal ini, lemak dan lapisan lainnya juga kekurangan “support” dari bagian bawahnya. Karena itu, wajah bisa terlihat kendur.


Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, banyak brand yang mengeluarkan produk anti-aging. Namun, perlu diingat bahwa skincare juga memiliki banyak keterbatasan. Tidak semua masalah kerutan dapat hilang dengan menggunakan skincare. Bila kerutan hanya muncul saat berekspresi, hal ini bisa disamarkan dengan skincare. 


Sebaliknya, bila kerutan atau keriput sudah ada meskipun Anda tidak berekspresi, hal ini menjadi lebih sulit untuk ditangani. Jika sudah begitu, Anda memerlukan tindakan treatment lebih advance seperti botox. Sebagai informasi, skincare anti-aging memiliki bahan aktif antara lain vitamin C, co-enzym q10, astaxanthin, retinol, dan lainnya.

Kandungan pelembap tinggi, pas untuk kulit kering sampai sangat kering

Kandungan pelembap tinggi, pas untuk kulit kering sampai sangat kering

Bagi pemilik kulit kering sampai sangat kering, Anda dapat memilih body serum yang memang khusus diformulasikan untuk kebutuhan tersebut. Body serum untuk kulit kering sampai sangat kering biasanya memiliki kandungan yang kaya akan pelembap. Teksturnya juga lebih berat, tetapi tetap cepat diserap kulit.


Aloe vera, olive oil, dan baobab extract merupakan contoh pelembap yang terdapat di dalam body serum. Di samping itu, kandungan vitamin E juga dibutuhkan untuk menutrisi kulit Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Pelembap adalah kandungan yang sangat penting untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering. Pemilik kulit kering sering kali mengalami masalah, seperti kulit bersisik, perih, gatal, dan terasa tertarik. Pilihlah body serum yang memiliki tekstur oil sehingga lebih efektif untuk melembapkan kulit. 


Kandungan penting pada skincare yang mampu melembabkan antara lain adalah olive oil, rose hip oil, tamanu oil, sunflower oil, dan lainnya. Anda juga bisa memilih body serum dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide, kolagen, dan vitamin E


Selain skincare, Anda juga perlu memperhatikan kebiasan menggunakan air hangat untuk mandi. Tanpa disadari, hal ini sebenarnya dapat memperparah kondisi kulit Anda yang sudah kering.

Hindari bahan pencetus alergi, terutama untuk kulit sensitif

Hindari bahan pencetus alergi, terutama untuk kulit sensitif

Memilih produk perawatan kulit bagi pemilik kulit sensitif memang cukup tricky. Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih body serum. Hindari memilih body serum yang menggunakan pewangi, pengawet tambahan, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut mungkin saja membuat kulit Anda mengalami iritasi. 


Pilihlah produk yang sudah dermatology tested atau hypoallergenic yang tidak mengandung bahan iritan. Namun, memang cukup sulit menemukan produk body serum untuk kulit sensitif. Agar lebih aman, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit Anda. Gunakanlah serum yang disarankan oleh dokter demi mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan wajah, kulit badan juga bisa menjadi sensitif dan mengalami masalah kemerahan dan ruam. Bila Anda memiliki kondisi kulit seperti ini, pilihlah body serum yang tidak banyak mengandung zat aditif seperti pewangi dan pewarna. 


Kandungan yang direkomendasikan untuk tipe kulit sensitif adalah kandungan seperti Centella asiatica dan Aloe vera. Sebisa mungkin, pilihlah produk dengan kandungan yang memiliki efek soothing atau menenangkan kulit yang bermasalah.

Perhatikan kandungan UV protection dalam body serum

Perhatikan kandungan UV protection dalam body serum

Sama seperti body lotion, beberapa body serum juga dilengkapi dengan UV protection. Kandungan UV protection sangat penting jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Ada dua jenis panjang gelombang sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Kulit Anda harus terlindungi dari kedua sinar tersebut. Perlindungannya pun ada dua jenis, SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA).


Body serum yang mengandung SPF akan melindungi kulit Anda dari paparan UVB, sedangkan PA melindungi kulit dari UVA. Makin tinggi angkanya, makin tinggi pula tingkat perlindungannya. Jika hanya tertulis "UV protection" tanpa nilai SPF dan PA, kemungkinan produk tersebut merupakan produk broad spectrum. Produk broad spectrum sanggup melindungi kulit Anda dari UVA dan UVB.


Namun, ada juga body serum yang tidak mengandung UV protection. Jika body serum Anda tidak mengandung UV protection, Anda perlu menambahkan sunscreen setelah memakai body serum. Dengan demikian, kulit Anda tetap terlindung dari paparan sinar UV.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kulit merupakan anggota tubuh yang paling luas dan selalu terpapar sinar UV. Karena itu, penting sekali untuk Anda menggunakan sunscreen yang mengandung SPF sehingga kulit badan selalu terlindungi setiap saat.


Sinar matahari mengandung gelombang elektromagnetik, salah satunya adalah sinar UV. Sinar UV sendiri terdiri dari UVA, UVB, dan UVC yang dibedakan berdasarkan panjang gelombangnya. Namun, di antara tiga jenis tersebut, hanya sinar UVA dan UVB yang dapat masuk ke bumi. 


Kedua sinar ini memberikan dampak negatif pada kulit. Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, masalah kulit seperti flek, sunburn, keriput, ataupun kanker kulit akan muncul.


Pilihlah sunscreen yang memiliki fungsi proteksi yang bersifat broad spectrum agar dapat melawan sinar UVA dan sinar UVB sekaligus. Sunscreen juga tersedia dalam jumlah SPF yang bervariatif, seperti 15, 20, 30, 35, 50, bahkan 100.

Pastikan Anda memilih body serum yang aman

Pastikan Anda memilih body serum yang aman

Hal penting lain yang tak boleh Anda abaikan adalah keamanan produk. Jangan sampai Anda memilih produk body serum yang tidak terjamin keamanannya karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.


Cara termudah untuk memilih serum tubuh yang aman adalah dengan memperhatikan kode sertifikasinya. Di Indonesia, produk perawatan kulit harus tersertifikasi oleh BPOM. Jika Anda memilih produk dari luar negeri, periksalah kode sertifikasi yang resmi dari negara asalnya. Selalu pastikan serum untuk tubuh Anda terjamin aman, ya.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Produk skincare adalah produk yang paling sering digunakan orang setiap hari. Karena itu, pilihlah produk dengan bijak. Jangan tergiur dengan iklan dan testimoni saja tanpa memperhatikan status legal dan keamanan produk. Perhatikan juga apakah produknya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau tidak. 


Lembaga yang memberikan izin edar di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia, lembaga yang bertugas memeriksa keamanan suatu skincare atau kosmetik adalah BPOM. Pastikan bahwa produk yang digunakan sudah memiliki kelengkapan legalitas dengan nomor notifikasi BPOM.

10 Rekomendasi body serum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk body serum terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10

Natur-EWhite Brightening Hand & Body Serum

Mulai dari Rp 54.000,00

Isi180 ml
Kandungan utamaGlutathione, olive oil, vitamin E, gigawhite
UV protectionX
SertifikasiBPOM
9

Grace and GlowBlack Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum

Mulai dari Rp 68.000,00

Isi300 ml
Kandungan utamaNiacinamide 3%, galactomyces
UV protectionX
SertifikasiBPOM
8
Isi200 ml
Kandungan utamaEkstrak bunga sakura, niacinamide, betain anhydrous, allantoin
UV protectionX
SertifikasiBPOM
7
Isi100 ml
Kandungan utamaCollagen, vitamin E, Malus domestica, niacinamide
UV protection✔ (SPF 17)
SertifikasiBPOM
6

Precious Skin ThailandAHA Mimi Brightening & Whitening Booster Body Serum

Mulai dari Rp 70.000,00

Isi30 ml
Kandungan utamaAlpha arbutin, glutathione
UV protectionX
SertifikasiBPOM
5

AzarinePerfect Shape Smooth & Firm Body Contour Serum

Mulai dari Rp 70.000,00

Isi100 ml
Kandungan utamaShea butter, collagen, coenzyme Q10 ubiquinone, Centella asiatica leaf extract, hyaluronic acid
UV protectionX
SertifikasiBPOM
4

GarnierBright Complete Brightening Serum Milk UV

Mulai dari Rp 70.000,00

Isi400 ml
Kandungan utamaPure lemon essence
UV protection
SertifikasiBPOM
3
Isi200 gr
Kandungan utamaNiacinamide 5%, collagen, licorice extract
UV protectionX
SertifikasiBPOM
2

UnileverVaseline Vitamin Body Serum Soft Glow

Mulai dari Rp 31.100,00

Isi180 ml
Kandungan utamaNiacinamide, vitamin B, vitamin C, vitamin E
UV protection✔ (SPF 20 / PA++)
SertifikasiBPOM
1

BeiersdorfNivea Intensive Moisture Body Serum

Mulai dari Rp 38.900,00

Isi180 ml
Kandungan utamaGrape seed extract, vitamin E, Hydra IQ
UV protection
SertifikasiBPOM

Tabel perbandingan produk body serum terbaik

Gambar produk
1
Beiersdorf Nivea Intensive Moisture Body Serum 1

Beiersdorf

2
Unilever Vaseline Vitamin Body Serum Soft Glow 1

Unilever

3
Whitelab Brightening Body Serum 1

Whitelab

4
Garnier Bright Complete Brightening Serum Milk UV 1

Garnier

5
Azarine Perfect Shape Smooth & Firm Body Contour Serum 1

Azarine

6
Precious Skin Thailand AHA Mimi Brightening & Whitening Booster Body Serum 1

Precious Skin Thailand

7
Cleora Ready 4 White Body Serum 1

Cleora

8
Hanasui Body Serum Gel - Sakura 1

Hanasui

9
Grace and Glow Black Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum 1

Grace and Glow

10
Natur-E White Brightening Hand & Body Serum 1

Natur-E

Nama produk

Nivea Intensive Moisture Body Serum

Vaseline Vitamin Body Serum Soft Glow

Brightening Body Serum

Bright Complete Brightening Serum Milk UV

Perfect Shape Smooth & Firm Body Contour Serum

AHA Mimi Brightening & Whitening Booster Body Serum

Ready 4 White Body Serum

Body Serum Gel - Sakura

Black Opium Ultra Bright & Glow Solution Body Serum

White Brightening Hand & Body Serum

Keunggulan

Atasi delapan tanda kulit kering dan rusak

Jaga kulit tetap sehat di tengah polusi

Bisa dipakai oleh remaja berusia 12 tahun!

Pudarkan bintik hitam dengan pure lemon essence

Body serum idaman para ibu hamil dan menyusui

Kulit ketiak dan lutut menggelap? Tidak lagi!

Samarkan keberadaan bekas luka di tubuh Anda

Harga body serum termurah, tetapi kualitasnya tak main-main

Tebarkan aroma parfum mewah di mana pun Anda berada

Body serum yang mencerahkan kulit sejak pemakaian pertama

Harga mulai dariRp 38.900,00Rp 31.100,00Rp 68.000,00Rp 70.000,00Rp 70.000,00Rp 70.000,00Rp 45.000,00Rp 25.850,00Rp 68.000,00Rp 54.000,00
Isi180 ml180 ml200 gr400 ml100 ml30 ml100 ml200 ml300 ml180 ml
Kandungan utamaGrape seed extract, vitamin E, Hydra IQNiacinamide, vitamin B, vitamin C, vitamin ENiacinamide 5%, collagen, licorice extractPure lemon essenceShea butter, collagen, coenzyme Q10 ubiquinone, Centella asiatica leaf extract, hyaluronic acidAlpha arbutin, glutathioneCollagen, vitamin E, Malus domestica, niacinamideEkstrak bunga sakura, niacinamide, betain anhydrous, allantoinNiacinamide 3%, galactomycesGlutathione, olive oil, vitamin E, gigawhite
UV protection✔ (SPF 20 / PA++)XXX✔ (SPF 17)XXX
SertifikasiBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar body serum

Pertanyaan umum seputar body serum

Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai body serum. Mungkin Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan jawabannya? Mari disimak!

Kapan pemakaian body serum?

Body serum sebaiknya dioleskan pada tubuh setelah mandi, ketika tubuh masih bersih dan segar. Dengan begitu, formula dalam body serum dapat meresap lebih maksimal ke kulit.

Apakah body lotion dan body serum bisa dipakai bersamaan?

Bisa. Namun, disarankan untuk mengaplikasikan body serum terlebih dahulu, baru kemudian mengoleskan body lotion.

Bolehkah body serum dipakai untuk wajah?

Tentu saja tidak. Body serum ditujukan untuk merawat kulit di badan, bukan wajah. Pemakaian body serum pada wajah berpotensi menimbulkan reaksi alergi atau iritasi.

Baca juga produk perawatan kulit tubuh lainnya di sini

Tak hanya body serum, mungkin Anda juga membutuhkan informasi mengenai produk perawatan kulit tubuh lainnya. Body lotion dan body butter dapat menjadi bodycare yang pas untuk kulit tubuh Anda. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasi lengkap tentang produk bodycare yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Merawat kulit merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena kulit merupakan perlindungan terluar dari tubuh. Sayangnya, paparan polusi dan radikal bebas membuat kulit rusak dan tidak sehat. Pakailah body serum untuk mengatasi masalah kulit Anda secara mendalam.


Anda dapat menggunakan tips dan rekomendasi dari kami sebagai panduan dalam memilih body serum. Dengan begitu, Anda tak akan salah pilih. Jangan lupa untuk selalu merawat kulit Anda agar tetap sehat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.Saat memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi All in One Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi All in One Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    All in one gel atau multipurpose gel adalah pelembap gel yang dapat Anda gunakan di wajah dan di badan. Teksturnya sangat ringan dan mudah diserap kulit. Produk ini juga sering disebut sebagai skincare gel. Produknya berupa moisturizer gel untuk mencerahkan wajah tanpa alkohol dan fragrance.Kami akan menjelaskan tips memilih all in one gel yang bagus untuk Anda. Ada juga rekomendasi all in one gel terbaik dari merek lokal dan merek Korea. Nature Republic, SNP, The Face Shop, PIXY, Npure, sampai Citra ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori