• 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.


Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Lalu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Penasaran? Yuk, simak review lengkapnya berikut ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Agustus 2022
Daftar isi

Manfaat menggunakan serum rambut

Manfaat menggunakan serum rambut

Tidak hanya kulit wajah, rambut juga membutuhkan serum. Sayangnya, penggunaan serum rambut sering kali dilupakan. Padahal, serum memberikan banyak manfaat untuk rambut. Serum kaya akan nutrisi yang bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut, dan berkilau. Kelembapan rambut juga akan terjaga sehingga tidak mudah kering, patah, dan bercabang.


Beberapa serum rambut bahkan mengandung silikon yang mampu melindungi rambut dari panas. Rambut menjadi lebih halus dan berkilau setelah memakai serum. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam serum dapat membantu menjaga rambut dari paparan polusi dan sinar UV. Dengan menggunakan serum rambut yang tepat, rambut Anda akan lebih sehat dan terawat.

Cara memilih serum rambut

Berikutnya, kami akan memberikan tips untuk memilih serum rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

Pilih jenis serum yang sesuai kebutuhan

Pilih jenis serum yang sesuai kebutuhan

Di pasaran, terdapat dua jenis serum rambut, yakni yang mengandung silikon dan tanpa silikon. Adapun jenis hair serum yang paling populer adalah yang mengandung silikon. Keduanya tentu memiliki kelebihan tersendiri untuk rambut Anda. Berikut kami siapkan uraian singkatnya agar lebih mudah dipahami.


  • Serum yang mengandung silikon
Silikon akan membentuk lapisan pada helai rambut dan membuatnya berkilau. Kandungan silikon juga melindungi rambut dari panas ketika Anda melakukan styling. Jenis silikon yang sering dipakai pada serum rambut adalah dimethicone. Namun, dimethicone cenderung sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat keramas dengan sampo yang formulanya ringan dan bebas silikon.

  • Serum tanpa silikon

Serum rambut tanpa silikon umumnya hanya berfokus untuk memberikan nutrisi pada rambut. Anda dapat menggunakannya sebelum tidur. Saat Anda tidur, sel-sel tubuh akan melakukan regenerasi. Nah, pada saat itu, serum rambut akan bekerja dengan optimal.

Perhatikan kandungan utama serum

Setiap serum rambut pasti memiliki key ingredients atau bahan utama yang berfungsi untuk merawat rambut. Kandungan utama yang paling umum ada di dalam serum rambut adalah minyak dari tanaman. Agar tidak salah pilih, carilah hair serum yang kandungan utamanya sesuai dengan masalah rambut Anda.

Minyak tumbuhan: Untuk merawat rambut kering, kusam, dan mengembang

Minyak tumbuhan: Untuk merawat rambut kering, kusam, dan mengembang

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya sering terpapar sinar matahari, chemical treatment, dan faktor usia. Parahnya lagi, rambut yang kering pun menjadi kusam, mengembang, dan sulit diatur. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, pilihlah serum yang mengandung minyak tumbuhan, seperti sunflower seed oil dan argan oil.


Kandungan minyak tersebut bermanfaat untuk menutrisi sekaligus membuat rambut menjadi lebih berkilau. Bagian ujung rambut Anda juga akan terpelihara dengan baik. Beberapa serum juga mengandung vitamin A yang dapat membantu merawat rambut kering dan vitamin E untuk perlindungan dari polusi.

Ginseng dan minyak kemiri: Atasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut

Ginseng dan minyak kemiri: Atasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut

Perubahan hormon, stres, penuaan, dan faktor genetik dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Lama-kelamaan, rambut Anda akan makin menipis, bahkan mengalami kebotakan. Untuk mencegahnya, pilihlah serum dengan kandungan utama ginseng dan minyak kemiri.


Ginseng mengandung ginsenosides dan gintonin yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu menutrisi dan memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan, serta melebatkan rambut. Selain itu, ginseng juga berperan sebagai antiaging yang mampu mencegah munculnya uban.


Serupa dengan ginseng, minyak kemiri telah menjadi ramuan perangsang tumbuhnya rambut sejak zaman dahulu. Kemiri mengandung protein, vitamin C, dan mineral lainnya yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak kemiri juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering, mencegah ketombe, dan membuat rambut tampak berkilau.

Apabila ingin mengetahui lebih banyak tentang serum penumbuh rambut dan serum untuk rambut rontok, silakan baca tautan di bawah.

Keratin dan vitamin: Untuk rambut yang diwarnai dan di-smoothing

Keratin dan vitamin: Untuk rambut yang diwarnai dan di-smoothing

Proses perawatan rambut menggunakan bahan kimia (chemical treatment) banyak dilakukan karena dapat mempercantik tampilan rambut. Namun, hal tersebut bukannya tanpa efek samping. Treatment yang berlebihan dapat membuat rambut rusak dan kehilangan kilau alaminya.


Rambut yang diwarnai dan di-smoothing sering kali menjadi kering, kusut, mengembang, dan mudah patah. Jika demikian, Anda sebaiknya memilih hair serum yang mengandung keratin dan vitamin. Keratin mampu mencegah rambut kusut dan menguatkan rambut. Perawatan rutin dengan keratin dapat membuat rambut Anda tampak lebih lurus, lembut, dan mudah diatur.


Sementara itu, kandungan multivitamin (vitamin A, C, dan E) mampu mempertahankan warna rambut dan membuatnya lebih berkilau. Selain kedua bahan tersebut, pertimbangkan juga serum yang mengandung argan oilArgan oil bekerja sebagai conditioner yang mampu melembapkan rambut secara mendalam. Kandungan ini akan menjaga rambut bebas kusut dan terasa halus.

Cari aroma yang Anda sukai

Cari aroma yang Anda sukai

Produk hair serum biasanya mengandung parfum atau pewangi. Oleh karena itu, pilihlah aroma yang Anda sukai dengan cara membaca ulasannya terlebih dahulu.


Memilih hair serum dengan aroma yang disukai akan membuat Anda senang menggunakannya secara rutin. Aroma yang menyenangkan juga membuat Anda lebih bersemangat. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu ketahanan aroma serumnya, ya!

10 Rekomendasi serum rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 5 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, L'Oreal Professionnel Serie Expert - Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum memiliki angka penjualan tertinggi.

10

XL ProfessionnelHair Serum Spa Revitalizing

Mulai dari Rp 67.500,00

JenisMengandung silikon
Bahan utamaDimethiconol, phenyl trimethicone, vitamin E, vitamin C, vitamin A
AromaSoft
Isi70 ml, 125 ml
9
JenisMengandung silikon
Bahan utamaDimethiconol, phenyl trimethicone, hydrolyzed keratin
AromaSoft
Isi97 ml
8

KérastaseNutritive 8H Magic Night Hair Serum

Mulai dari Rp 595.000,00

JenisMengandung silikon
Bahan utamaGlycerin, dimethicone, niacinamide, butylene glycol, iris root extract, 5 vitamin
AromaFresh
Isi90 ml
7
JenisMengandung silikon
Bahan utamaDimethiconol, silica, olive oil, argan oil, habbatus sauda seed oil, niacinamide, bamboo charcoal, vitamin E, citric acid
AromaSoft
Isi50 ml
6
JenisMengandung silikon
Bahan utamaNatural active oil, vitamin E
AromaFlower
Isi60 ml
5

MakarizoVITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER

Mulai dari Rp 17.400,00

JenisTidak diketahui
Bahan utamaSunflower oil, soya oil, multivitamin A, C, dan E
AromaRelaxing
Isi8 ml
4

L'Oréal ParisElseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum

Mulai dari Rp 195.500,00

JenisMengandung silikon
Bahan utamaJasmine: Dimethiconol, pentylene glycol, jasmine flower, jasmine extract・Rose: Dimethiconol, rose extract, caprylic・Lavender: Dimethiconol, lavender oil
AromaJasmine, rose, lavender
Isi100 ml
3

Salsa CosmeticsSalsa Hair Serum

Mulai dari Rp 19.900,00

JenisMengandung silikon
Bahan utamaRose: Dimethicone, castor oil, rose extract・Hair Growth: Dimethicone, ginseng extract, castor oil, propylene glycol, pea peptide・Keratin Repair: Dimethicone, flower leaf extract, cocoon extract, yarrow extract, castor oil
AromaRose, ginseng, Achillea millefolium (yarrow flower)
Isi80 ml
2

Rudy Hadisuwarno CosmeticsHair Growth Serum

Mulai dari Rp 104.600,00

JenisTanpa silikon
Bahan utamaSophora root extract, tripeptide complex & soy bean protein, hydrolyzed sericin, apigenin, butylene glycol
AromaStrong
Isi6 x 9 ml
1

MatrixBiolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Mulai dari Rp 161.500,00

JenisMengandung silikon
Bahan utamaAvocado oil, grape seed oil, dimethiconol (silikon)
AromaFresh
Isi100 ml

Tabel perbandingan produk serum rambut terbaik

Gambar produk
1
Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum 1

Matrix

2
Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum 1

Rudy Hadisuwarno Cosmetics

3
Salsa Cosmetics Salsa Hair Serum  1

Salsa Cosmetics

4
L'Oréal Paris Elseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum 1

L'Oréal Paris

5
Makarizo VITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER 1

Makarizo

6
Natur Hair Serum Protecting Treatment 1

Natur

7
SAFI Safi Hair Xpert - Repair Serum 1

SAFI

8
Kérastase Nutritive 8H Magic Night Hair Serum 1

Kérastase

9
TRESemmé  Keratin Smooth Shine Serum 1

TRESemmé

10
XL Professionnel Hair Serum Spa Revitalizing 1

XL Professionnel

Nama produk

Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Hair Growth Serum

Salsa Hair Serum

Elseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum

VITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER

Hair Serum Protecting Treatment

Safi Hair Xpert - Repair Serum

Nutritive 8H Magic Night Hair Serum

Keratin Smooth Shine Serum

Hair Serum Spa Revitalizing

Keunggulan

Satu serum dengan enam manfaat untuk rambut kering dan mengembang

Ampuh mengurangi rontok dan merangsang pertumbuhan rambut secara cepat

Tersedia dalam tiga varian untuk mengatasi beragam masalah rambut

Ceriakan hari dengan rambut yang wangi dan tahan hingga 72 jam

Si mungil yang efektif untuk merawat rambut patah

Dengan active oil untuk melembapkan rambut smoothing yang kering dan bercabang

Terbuat dari bahan alami untuk rambut bebas kusam dan terlindung dari UV

Night serum untuk merawat rambut saat Anda tidur

Serum keratin dengan formula ringan yang tidak membuat rambut lepek

Mengandung tiga vitamin untuk merawat rambut rusak akibat diwarnai

Harga mulai dariRp 161.500,00Rp 104.600,00Rp 19.900,00Rp 195.500,00Rp 17.400,00Rp 95.000,00Rp 89.000,00Rp 595.000,00Rp 165.000,00Rp 67.500,00
JenisMengandung silikonTanpa silikonMengandung silikonMengandung silikonTidak diketahuiMengandung silikonMengandung silikonMengandung silikonMengandung silikonMengandung silikon
Bahan utamaAvocado oil, grape seed oil, dimethiconol (silikon)Sophora root extract, tripeptide complex & soy bean protein, hydrolyzed sericin, apigenin, butylene glycolRose: Dimethicone, castor oil, rose extract・Hair Growth: Dimethicone, ginseng extract, castor oil, propylene glycol, pea peptide・Keratin Repair: Dimethicone, flower leaf extract, cocoon extract, yarrow extract, castor oilJasmine: Dimethiconol, pentylene glycol, jasmine flower, jasmine extract・Rose: Dimethiconol, rose extract, caprylic・Lavender: Dimethiconol, lavender oilSunflower oil, soya oil, multivitamin A, C, dan ENatural active oil, vitamin EDimethiconol, silica, olive oil, argan oil, habbatus sauda seed oil, niacinamide, bamboo charcoal, vitamin E, citric acidGlycerin, dimethicone, niacinamide, butylene glycol, iris root extract, 5 vitaminDimethiconol, phenyl trimethicone, hydrolyzed keratinDimethiconol, phenyl trimethicone, vitamin E, vitamin C, vitamin A
AromaFreshStrongRose, ginseng, Achillea millefolium (yarrow flower)Jasmine, rose, lavenderRelaxingFlowerSoftFreshSoftSoft
Isi100 ml6 x 9 ml80 ml100 ml8 ml60 ml50 ml90 ml97 ml70 ml, 125 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar serum rambut

Pertanyaan umum seputar serum rambut

Selain tips memilih dan rekomendasi produk, kami juga telah menyiapkan ulasan terkait pertanyaan umum seputar serum rambut. Bacalah uraian di bawah untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Apa perbedaan serum dan vitamin rambut?

Kandungan pada serum rambut lebih lengkap dan dapat meresap serta memperbaiki hingga bagian dalam rambut. Sementara itu, vitamin hanya berfungsi sebagai perawatan bagian luar rambut, misalnya untuk melembapkan dan mengharumkan rambut. Karena fungsinya berbeda, vitamin dan serum rambut bisa digunakan secara bersamaan.

Kapan sebaiknya menggunakan serum rambut?

Serum rambut sebaiknya digunakan setelah keramas, tepatnya saat rambut masih agak basah dan sebelum memakai vitamin. Aplikasikan serum pada batang rambut dan hindari area kulit kepala karena dapat membuatnya mudah berminyak. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan serum sebelum styling untuk melindungi rambut dari suhu panas.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Produk perawatan rambut tidak hanya serum saja. Anda juga bisa memakai masker, hair oil, dan vitamin rambut. Untuk menjawab kebutuhan Anda, kami memiliki deretan artikel tentang produk perawatan rambut. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasi produknya.

Kesimpulan

Demikian review dan rekomendasi serum rambut terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan tips dan rekomendasi kami, ya!


Jangan lupa untuk memeriksa kandungan dan keterangan pada kemasannya guna mengetahui fungsi serum rambut pilihan Anda. Agar mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya gunakan serum rambut secara rutin. Kini, mendapatkan rambut sehat dan indah tak lagi sebatas impian!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti Garnier, Nyu, Miranda, hingga Revlon. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, mewarnai rambut bukan lagi hal asing. Bahkan, Anda dapat mewarnai rambut di rumah. Salah satu merek cat rambut yang bagus dan praktis sekaligus dapat merawat rambut adalah Garnier. Cat rambut Garnier hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral sampai fashionable.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih cat rambut Garnier. Kami juga akan merekomendasikan pilihan warna cat rambut terbaik dari Garnier. Berbagai warna, mulai dari Golden Brown, ungu, sampai Coklat Caramel ada dalam rekomendasi kami. Sebelum mewarnai rambut Anda, simak dahulu artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak pilihan merek sampo di pasaran, salah satunya adalah Herbal Essences dari P&G. Herbal Essences memiliki berbagai produk perawatan rambut yang bagus dan mengandung bahan-bahan alami. Varian produknya pun cukup banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Herbal Essences shampoo. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah tips cara memilihnya dari kami di artikel ini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk terbaik, seperti Color Me Happy untuk rambut berwarna dan Hello Hydration untuk rambut rontok. Langsung mulai saja, yuk!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik untuk Kulit Kepala Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Mewarnai rambut sudah menjadi tren untuk pria ataupun wanita. Namun, Anda perlu memperhatikan baik-baik produk cat rambut yang digunakan. Bisa jadi Anda memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga bisa berakibat fatal. Karena itu, carilah cat rambut yang aman dan tidak membuat alergi.Di artikel ini kami akan memperkenalkan cara memilih cat rambut yang bagus untuk kulit kepala yang sensitif. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pewarna rambut yang tidak bikin alergi dari merek Eagle's, Matrix, serta Miratone. Yuk, simak artikelnya sampai selesai dan Anda bisa menjadikannya referensi.
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori