1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan rambut
  6. >
  7. 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat digunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.


Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Yuk, disimak! Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Diperbaharui 11-07-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat menggunakan serum rambut

Manfaat menggunakan serum rambut

Tidak hanya kulit wajah, rambut juga membutuhkan serum. Sayangnya, penggunaan serum rambut sering kali dilupakan. Faktanya, serum memberikan banyak manfaat untuk rambut. Serum kaya akan nutrisi yang bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut, dan berkilau. Kelembapan rambut juga akan terjaga sehingga tidak mudah kering, patah, dan bercabang.


Beberapa serum rambut bahkan mengandung silikon yang mampu melindungi rambut dari panas. Rambut menjadi lebih halus dan berkilau setelah memakai serum. 


Selain itu, kandungan nutrisi di dalam serum dapat membantu menjaga rambut dari paparan polusi dan sinar UV. Dengan menggunakan serum rambut yang tepat, rambut Anda akan lebih sehat dan terawat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum rambut

Berikutnya, kami akan memberikan tips untuk memilih serum rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

① Pilih jenis serum yang sesuai kebutuhan

Pilih jenis serum yang sesuai kebutuhan

Di pasaran terdapat dua jenis serum rambut, yakni yang mengandung silikon dan tanpa silikon. Jenis hair serum yang paling populer adalah yang mengandung silikon. Keduanya tentu memiliki kelebihan tersendiri untuk rambut Anda. Berikut kami siapkan uraian singkatnya agar lebih mudah dipahami.


  • Serum yang mengandung silikon
Silikon akan membentuk lapisan pada helai rambut dan membuatnya berkilau. Kandungan silikon juga melindungi rambut dari panas ketika Anda melakukan styling. Jenis silikon yang sering dipakai pada serum rambut adalah dimethicone. Namun, dimethicone cenderung sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat keramas dengan sampo yang formulanya ringan dan bebas silikon.

  • Serum tanpa silikon

Serum rambut tanpa silikon umumnya hanya berfokus untuk memberikan nutrisi pada rambut. Anda dapat menggunakannya sebelum tidur. Saat Anda tidur, sel-sel tubuh akan melakukan regenerasi. Nah, pada saat itu, serum rambut akan bekerja dengan optimal.

② Perhatikan kandungan utama serum

Setiap serum rambut pasti memiliki key ingredients atau bahan utama yang berfungsi untuk merawat rambut. Kandungan utama yang paling umum ada di dalam serum rambut adalah minyak dari tanaman. Agar tidak salah pilih, carilah hair serum yang kandungan utamanya sesuai dengan masalah rambut Anda.

Minyak tumbuhan: Untuk merawat rambut kering, kusam, dan mengembang

Minyak tumbuhan: Untuk merawat rambut kering, kusam, dan mengembang

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya sering terpapar sinar matahari, chemical treatment, dan faktor usia. Parahnya lagi, rambut yang kering akan menjadi kusam, mengembang, dan sulit diatur. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, pilihlah serum yang mengandung minyak tumbuhan, seperti sunflower seed oil dan argan oil.


Kandungan minyak tersebut bermanfaat untuk menutrisi sekaligus membuat rambut menjadi lebih berkilau. Hasilnya, bagian ujung rambut Anda akan terpelihara dengan baik. Beberapa serum juga mengandung vitamin A yang dapat membantu merawat rambut kering dan vitamin E untuk perlindungan dari polusi.

Ginseng dan minyak kemiri: Atasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut

Ginseng dan minyak kemiri: Atasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut

Perubahan hormon, stres, penuaan, dan faktor genetik dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Lama-kelamaan, rambut Anda akan makin menipis, bahkan mengalami kebotakan. Untuk mencegahnya, pilihlah serum dengan kandungan utama ginseng dan minyak kemiri.


Ginseng mengandung ginsenosides dan gintonin yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu menutrisi dan memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan serta melebatkan rambut. Selain itu, ginseng juga berperan sebagai antiaging yang mampu mencegah munculnya uban.


Serupa dengan ginseng, minyak kemiri telah menjadi ramuan perangsang tumbuhnya rambut sejak zaman dahulu. Kemiri mengandung protein, vitamin C, dan mineral lainnya yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak kemiri juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering, mencegah ketombe, dan membuat rambut tampak berkilau.


Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang serum penumbuh rambut dan serum untuk rambut rontok, silakan baca tautan berikut.

Keratin dan vitamin: Cocok untuk rambut yang diwarnai dan di-smoothing

Keratin dan vitamin: Cocok untuk rambut yang diwarnai dan di-smoothing

Proses perawatan rambut menggunakan bahan kimia (chemical treatment) banyak dilakukan karena dapat mempercantik tampilan rambut. Namun, hal tersebut bukannya tanpa efek samping. Treatment yang berlebihan dapat membuat rambut rusak dan kehilangan kilau alaminya.


Rambut yang diwarnai dan di-smoothing sering kali menjadi kering, kusut, mengembang, dan mudah patah. Jika demikian, Anda sebaiknya memilih hair serum yang mengandung keratin dan vitamin. Keratin mampu mencegah rambut kusut dan menguatkan rambut. Perawatan rutin dengan keratin dapat membuat rambut Anda tampak lebih lurus, lembut, dan mudah diatur.


Sementara itu, kandungan multivitamin (vitamin A, C, dan E) mampu mempertahankan warna rambut dan membuatnya lebih berkilau. Selain kedua bahan tersebut, pertimbangkan juga serum yang mengandung argan oilArgan oil bekerja sebagai conditioner yang mampu melembapkan rambut secara mendalam. Kandungan ini akan menjaga rambut bebas kusut dan terasa halus.

③ Cari aroma yang Anda sukai

Cari aroma yang Anda sukai

Produk hair serum biasanya mengandung parfum atau pewangi. Oleh karena itu, pilihlah aroma yang Anda sukai dengan cara membaca ulasannya terlebih dahulu.


Memilih hair serum dengan aroma yang disukai akan membuat Anda senang menggunakannya secara rutin. Aroma yang menyenangkan juga membuat Anda lebih bersemangat. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu ketahanan aroma serumnya, ya!

10 Rekomendasi serum rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Matrix

Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum 1枚目

Satu serum dengan enam manfaat untuk rambut kering dan mengembang

2

Rudy Hadisuwarno Cosmetics

Hair Growth Serum

Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum 1枚目

Ampuh mengurangi rontok dan merangsang pertumbuhan rambut secara cepat

3

Salsa Cosmetics

Salsa Hair Serum

Salsa Cosmetics Salsa Hair Serum  1枚目

Tersedia dalam tiga varian untuk mengatasi beragam masalah rambut

4

L'Oréal Paris

Elseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum

L'Oréal Paris Elseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum 1枚目

Ceriakan hari dengan rambut yang wangi dan tahan hingga 72 jam

5

Makarizo

VITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER

Makarizo VITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER 1枚目

Si mungil yang efektif untuk merawat rambut patah

6

Natur

Hair Serum Protecting Treatment

Natur Hair Serum Protecting Treatment 1枚目

Dengan active oil untuk melembapkan rambut smoothing yang kering dan bercabang

7

SAFI

Safi Hair Xpert - Repair Serum

SAFI Safi Hair Xpert - Repair Serum 1枚目

Terbuat dari bahan alami untuk rambut bebas kusam dan terlindung dari UV

8

Kérastase

Nutritive 8H Magic Night Hair Serum

Kérastase Nutritive 8H Magic Night Hair Serum 1枚目

Night serum untuk merawat rambut saat Anda tidur

9

TRESemmé

Keratin Smooth Shine Serum

TRESemmé  Keratin Smooth Shine Serum 1枚目

Serum keratin dengan formula ringan yang tidak membuat rambut lepek

10

XL Professionnel

Hair Serum Spa Revitalizing

XL Professionnel Hair Serum Spa Revitalizing 1枚目

Mengandung tiga vitamin untuk merawat rambut rusak akibat diwarnai

Perincian produk
Close
No.1

MatrixBiolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Mulai dari Rp161.500,00

Satu serum dengan enam manfaat untuk rambut kering dan mengembang

Kelebihan:

  • Memiliki 6 manfaat yang baik untuk merawat rambut kering dan mengembang
  • Bebas paraben
  • Bisa digunakan untuk rambut yang diwarnai

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol
  • Penggunaan yang berlebihan dapat membuat rambut terasa lepek dan berminyak

Rambut yang keriting secara alami memang tampak sangat indah. Sayangnya, sering kali rambut keriting sulit diatur dan terasa kasar. Serum Matrix ini mengandung polimer yang dapat membuat rambut ikal Anda menjadi berkilau dan mudah diatur.


Kandungan avocado oil dan grape seed oil sangat pas bagi pemilik rambut sangat kering dan mengembang. Serum untuk rambut keriting dan mengembang ini sanggup mengontrol, melembapkan, melembutkan ujung rambut, dan membuat rambut bersinar secara instan. Produk ini juga dapat membuat rambut mudah diatur serta melindunginya dari kelembapan udara.

No.2

Rudy Hadisuwarno CosmeticsHair Growth Serum

Mulai dari Rp105.600,00

Ampuh mengurangi rontok dan merangsang pertumbuhan rambut secara cepat

Kelebihan:

  • Dikemas terpisah dalam botol-botol kecil sehingga lebih praktis dan higienis
  • 93% efektif membantu mengurangi rambut rontok dalam 1 minggu
  • 160% efektif merangsang pertumbuhan rambut dalam 2 minggu

Kekurangan:

  • Mengandung paraben
  • Aromanya sangat pekat, kurang ideal untuk Anda yang sensitif terhadap wewangian

Apakah Anda sedang mengincar serum yang dapat mengurangi rontok dan merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat? Jika iya, Anda tidak boleh melewatkan produk ini. Serum ini akan memperkuat akar rambut dan mengurangi rambut rontok hingga 93% hanya dalam satu minggu saja.


Bukan itu saja, produk ini juga diklaim 160% efektif merangsang tumbuhnya rambut baru dalam waktu dua minggu. Selain itu, kulit kepala Anda akan lebih ternutrisi dan struktur rambut jadi lebih kuat.

No.3

Salsa CosmeticsSalsa Hair Serum

Mulai dari Rp19.900,00

Tersedia dalam tiga varian untuk mengatasi beragam masalah rambut

Kelebihan:

  • Memiliki tiga varian, yaitu untuk menghaluskan, memperbaiki rambut rusak, dan merangsang pertumbuhan rambut
  • Lebih praktis karena tinggal semprot
  • Harganya terjangkau


Kekurangan:

  • Mengandung alkohol


Salsa Hair Serum hadir dalam tiga pilihan, yakni Rose, Hair Growth, dan Keratin Repair. Tentunya masing-masing varian memiliki manfaat tersendiri sehingga layak dipilih oleh semua orang. Varian Rose dapat mengharumkan rambut dan membuatnya bebas apak. Sementara itu, varian Hair Growth-nya bagus digunakan untuk merawat rambut rontok.


Selanjutnya, Anda bisa memilih serum varian Keratin Repair jika memiliki rambut yang rusak dan bercabang. Harganya pun relatif terjangkau sehingga Anda bisa membeli ketiganya sekaligus tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

No.4

L'Oréal ParisElseve Extraordinary Oil Floral Hair Serum

Mulai dari Rp209.000,00

Ceriakan hari dengan rambut yang wangi dan tahan hingga 72 jam

Kelebihan:

  • Mengharumkan rambut hingga 72 jam
  • Tersedia dalam tiga pilihan aroma
  • Pump hanya bisa ditekan saat menghadap ke arah depan untuk mencegah bocor

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol

Keringat dapat membuat rambut menjadi lepek, kusam, dan bau. Tak hanya mengganggu, hal ini juga akan membuat Anda kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Untuk mengatasinya, kami merekomendasikan serum rambut L'Oréal Paris yang satu ini.


Produk ini tersedia dalam tiga varian aroma yang akan mengharumkan rambut Anda dan menjaga keharumannya hingga 72 jam. Hari-hari Anda pun akan terasa lebih ceria berkat rambut yang senantiasa harum. Hair serum ini bisa menjadi solusi tepat bagi pemilik kulit kepala yang mudah berkeringat.

No.5

MakarizoVITAGLITZ Hair Serum STRENGTH BOOSTER

Mulai dari Rp17.400,00

Si mungil yang efektif untuk merawat rambut patah

Kelebihan:

  • Serum rambut patah yang ringkas dan harganya terjangkau
  • Mengandung minyak tumbuhan dan beragam vitamin untuk memperkuat rambut
  • Bisa digunakan sebagai heat protection

Kekurangan:

  • Isinya cepat habis, kurang praktis untuk pemilik rambut tebal dan panjang

Untuk para pelajar ataupun Anda yang memiliki dana terbatas, jangan ragu memilih serum rambut Makarizo ini. Selain harganya terjangkau, produk ini juga berukuran mungil dan ringkas sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana.


Sesuai namanya, hair serum ini berguna untuk memperkuat akar dan batang rambut, membuatnya tidak mudah rontok dan patah. Produk ini juga mampu melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan panas matahari dan alat styling rambut.

No.6

NaturHair Serum Protecting Treatment

Mulai dari Rp95.000,00

Dengan active oil untuk melembapkan rambut smoothing yang kering dan bercabang

Kelebihan:

  • Mengandung active oil yang efektif menjaga kelembapan rambut
  • Cepat meresap
  • Melindungi rambut dari kerusakan akibat suhu panas

Kekurangan:

  • Pengaplikasian serum yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi lepek

Smoothing dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Oleh karena itu, rawatlah rambut kering Anda dengan serum rambut ini. Natur Hair Serum mengandung active oil yang terdiri dari jojoba oil, olive oil, serta minyak kemiri.


Kandungan active oil-nya akan membantu menjaga kelembapan alami rambut Anda agar tidak kering dan bercabang. Formulanya juga diperkaya dengan ekstrak akar ginseng untuk membuat setiap helai rambut Anda lebih kuat.

No.7

SAFISafi Hair Xpert - Repair Serum

Mulai dari Rp89.000,00

Terbuat dari bahan alami untuk rambut bebas kusam dan terlindung dari UV

Kelebihan:

  • Wanginya tahan hingga 24 jam
  • Mudah meresap, bahkan hingga helai rambut terkecil sekalipun
  • Terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas alkohol


Kekurangan:

  • Kemasannya tidak disegel dan tidak memiliki tutup pelindung sehingga rentan bocor di perjalanan


Safi Hair Xpert - Repair Serum diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang akan mengembalikan kilau rambut Anda. Produk ini bakal membuat rambut kusam Anda terlihat lebih sehat, lembut, dan ternutrisi. 


Selain itu, kandungannya juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dari efek buruk sinar UV. Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan pasti akan terbantu oleh hair serum ini.

No.8

KérastaseNutritive 8H Magic Night Hair Serum

Mulai dari Rp595.000,00

Night serum untuk merawat rambut saat Anda tidur

Kelebihan:

  • Merawat dan memperbaiki rambut saat Anda tidur
  • Melapisi tiap helai rambut dan melembapkannya
  • Wanginya tidak terlalu tajam sehingga nyaman dipakai saat tidur

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol yang berpotensi membuat rambut makin kering

Produk dari Kérastase ini cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan perawatan rambut secara overnight. Nutritive 8H Magic Night Hair Serum dapat menutrisi rambut selama 8 jam ketika Anda tidur. Anda akan mendapatkan helaian rambut yang lembut keesokan harinya.


Kandungan ekstrak iris root dapat menutrisi sekaligus melapisi setiap helai rambut Anda. Tak hanya itu, kandungan lima vitaminnya akan menutrisi rambut secara mendalam dan memberikan hasil yang halus. Dengan memakai serum ini, tak ada lagi istilah bad hair day.

No.9

TRESemmé Keratin Smooth Shine Serum

Mulai dari Rp165.000,00

Serum keratin dengan formula ringan yang tidak membuat rambut lepek

Kelebihan:

  • Lightweight dan cepat meresap
  • Serum keratin yang bagus untuk melembapkan, menghaluskan, dan meluruskan rambut

Kekurangan:

  • Efeknya kurang awet, rambut akan kembali ke tekstur semula dalam beberapa jam setelah pemakaian

Sebagian dari Anda mungkin ragu untuk memakai hair serum karena sering membuat rambut lepek. Untuk pemilik rambut berminyak, pilih saja serum rambut antilepek TRESemmé ini. Produk ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan cepat meresap, tanpa meninggalkan rasa lengket. Terlebih lagi, kandungan keratin di dalamnya akan membuat rambut Anda lebih halus, berkilau, dan mudah diatur.

No.10

XL ProfessionnelHair Serum Spa Revitalizing

Mulai dari Rp69.500,00

Mengandung tiga vitamin untuk merawat rambut rusak akibat diwarnai

Kelebihan:

  • Merevitalisasi dan menutrisi rambut yang kering, diwarnai, dan yang telah melalui chemical treatment
  • Melindungi warna rambut agar lebih awet dan membuatnya tampak berkilau
  • Melindungi rambut dari efek buruk sinar UV

Kekurangan:

  • Teksturnya kental sehingga kurang ideal untuk rambut berminyak

Paparan bahan kimia dari zat pewarna rambut dapat membuat rambut Anda rusak. Untuk rambut yang diwarnai, Anda dapat menggunakan serum rambut XL Professionnel ini. Hair Serum Spa Revitalizing diperkaya dengan kandungan vitamin A, C, dan E untuk menutrisi setiap helai rambut Anda. Vitamin tersebut juga membantu menjaga rambut dari paparan sinar UV agar warnanya tetap bagus.

Pertanyaan umum seputar serum rambut

Pertanyaan umum seputar serum rambut

Selain tips memilih dan rekomendasi produk, kami juga telah menyiapkan ulasan terkait pertanyaan umum seputar serum rambut. Bacalah uraian di bawah untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Apa perbedaan serum dan vitamin rambut?

Kandungan pada serum rambut lebih lengkap dan dapat meresap serta memperbaiki hingga bagian dalam rambut. Sementara itu, vitamin hanya berfungsi sebagai perawatan bagian luar rambut, misalnya untuk melembapkan dan mengharumkan rambut. Karena fungsinya berbeda, vitamin dan serum rambut bisa digunakan secara bersamaan.

Kapan sebaiknya menggunakan serum rambut?

Serum rambut sebaiknya digunakan setelah keramas, tepatnya saat rambut masih agak basah dan sebelum memakai vitamin. Aplikasikan serum pada batang rambut dan hindari area kulit kepala karena dapat membuatnya mudah berminyak. Bagian yang paling membutuhkan serum adalah ujung-ujung rambut, jadi fokuslah pada bagian tersebut. 


Ingatlah juga untuk menggunakannya secukupnya, jangan berlebihan. Umumnya, Anda hanya membutuhkan serum seukuran satu kacang polong untuk setiap pemakaian. Sebagai informasi, Anda juga bisa mengaplikasikan serum sebelum styling untuk melindungi rambut dari suhu panas.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Produk perawatan rambut tidak hanya serum saja. Anda juga bisa memakai masker, hair oil, dan vitamin rambut. Untuk menjawab kebutuhan Anda, kami memiliki deretan artikel tentang produk perawatan rambut. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasi produknya.

Kesimpulan

Demikian review dan rekomendasi serum rambut terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan tips dan rekomendasi kami, ya!


Jangan lupa untuk memeriksa kandungan dan keterangan pada kemasannya guna mengetahui fungsi serum rambut pilihan Anda. Agar mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya gunakan serum rambut secara rutin. Kini mendapatkan rambut sehat dan indah tak lagi sebatas impian!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer