• 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.


Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!

  • Pembaharuan terakhir: 12 Maret 2021
Daftar isi

Manfaat menggunakan serum rambut

Manfaat menggunakan serum rambut

Tidak hanya kulit wajah saja yang perlu diberi serum, tetapi juga rambut. Sayangnya, penggunaan serum rambut sering kali dilupakan. Padahal, serum rambut memberikan banyak manfaat untuk rambut.


Serum kaya akan nutrisi yang bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut, dan berkilau. Kelembapan rambut juga akan terjaga sehingga tidak mudah kering, patah, dan bercabang.


Beberapa serum rambut bahkan mengandung silikon yang mampu melindungi rambut dari panas. Rambut menjadi lebih halus dan berkilau setelah memakai serum.


Selain itu, kandungan nutrisi di dalam serum dapat membantu menjaga rambut dari paparan polusi dan sinar UV. Dengan menggunakan serum rambut yang tepat, rambut Anda akan lebih sehat dan terawat.

Cara memilih serum rambut

Berikutnya, kami akan memberikan tips untuk memilih serum rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

Perhatikan bahan kandungannya

Perhatikan bahan kandungannya

Setiap serum rambut pasti memiliki key ingredients atau bahan kandungan utama yang berfungsi untuk merawat rambut. Kandungan utama yang paling umum ada di dalam serum rambut adalah minyak dari tanaman.


Sunflower seed, coconut oil, dan argan oil adalah contoh minyak dari tanaman yang banyak digunakan pada serum rambut. Minyak tersebut bermanfaat untuk menutrisi sekaligus membuat rambut menjadi lebih berkilau. Bagian ujung rambut Anda juga akan terpelihara dengan baik. 


Selain minyak, serum rambut biasanya dilengkapi dengan vitamin. Vitamin yang paling lazim ada dalam serum adalah vitamin E. Vitamin E dapat berperan sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dari paparan sinar UV dan polusi. Di samping itu, beberapa serum juga mengandung vitamin A yang dapat membantu merawat rambut kering.


Lebih lanjut, Anda dapat memilih serum rambut yang mengandung protein. Protein akan menjaga setiap helai rambut Anda agar tetap sehat, kuat, dan berkilau. Kandungan protein sangat penting untuk mengembalikan struktur rambut yang rusak.


Tak hanya bahan kandungan, Anda juga perlu mengecek label yang tertulis pada kemasan serum rambut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui fungsi serum tersebut. 

Pilih jenis serum yang sesuai kebutuhan

Ada dua jenis serum rambut yaitu yang mengandung silikon dan yang tidak. Keduanya tentu memiliki kelebihan tersendiri untuk rambut Anda.


Kebanyakan produk serum rambut mengandung silikon. Anda tidak perlu khawatir karena silikon dalam produk perawatan rambut bersifat aman untuk digunakan. Silikon tersebut akan membentuk lapisan pada helai rambut Anda sehingga membuat rambut tampak berkilau. Selain itu, kandungan silikon juga melindungi rambut dari panas ketika Anda melakukan styling rambut. Rambut Anda jadi terawat dan tidak rentan rusak.  


Pada serum rambut, silikon umumnya ada dalam bentuk kandungan dimethicone. Namun, dimethicone cenderung sulit untuk dibersihkan, serta berisiko membuat rambut berketombe. Untuk mengatasinya, Anda dapat keramas dengan sampo yang formulanya ringan dan tidak mengandung silikon.


Serum rambut tanpa silikon umumnya hanya berfokus untuk memberikan nutrisi pada rambut. Anda dapat menggunakannya sebelum tidur. Saat Anda tidur, sel-sel tubuh akan beregenerasi. Nah, pada saat itu, serum rambut akan bekerja dengan optimal.

Pilih aroma yang Anda sukai

Pilih aroma yang Anda sukai

Banyak produk hair serum yang mengandung parfum. Pilihlah aroma yang Anda sukai dengan cara membaca ulasan produknya terlebih dahulu.


Memilih hair serum dengan aroma yang Anda sukai akan membuat Anda senang menggunakannya secara rutin. Aroma yang menyenangkan juga membuat Anda lebih bersemangat. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu ketahanan aroma serumnya, ya.

10 Rekomendasi serum rambut terbaik

Tentu artikel ini tidak akan lengkap tanpa rekomendasi produk. Berikut ini, kami telah pilihkan sepuluh produk serum rambut terbaik untuk berbagai kebutuhan rambut Anda.

10
Bahan utamaMinyak habbatussauda, vitamin E
JenisMengandung silikon
Isi100 ml
9
Bahan utamaNatural active oil, vitamin E
JenisMengandung silikon
Isi60 ml
8
Bahan utamaEclipta alba, argan oil
JenisTidak disebutkan
Isi100 ml
7
Bahan utamaSesame seed oil, sunflower seed oil, soybean oil, vitamin E
JenisMengandung silikon
Isi75 ml
6

XL ProfessionnelHair Serum Spa Revitalizing

Mulai dari Rp 55.000,00

Bahan utamaVitamin E, C, A
JenisMengandung silikon
Isi125 ml
5

MatrixBiolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Mulai dari Rp 132.000,00

Bahan utamaAvocado oil, grape seed oil
JenisMengandung silikon
Isi100 ml
4

InnisfreeMy Hair Recipe Curl Up Styling Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Bahan utamaJeju green bean extract, black bean extract
JenisMengandung silikon
Isi70 ml
3
Bahan utamaBotanical micro oils, hibiscus peptides
JenisTidak mengandung silikon
Isi30 ml
2

KérastaseNutritive 8H Magic Night Hair Serum

Mulai dari Rp 520.000,00

Bahan utamaIris root extract, 5 vitamin
JenisMengandung silikon
Isi90 ml
1

L'Oreal ProfessionnelSerie Expert - Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum

Mulai dari Rp 245.000,00

Bahan utamaGold quinoa, protein
JenisMengandung silikon
Isi50 ml

Tabel perbandingan produk serum rambut terbaik

Gambar produk
1
L'Oreal Professionnel Serie Expert - Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum 1

L'Oreal Professionnel

2
Kérastase Nutritive  8H Magic Night Hair Serum 1

Kérastase

3
Yves Rocher Exceptional Hair Serum 1

Yves Rocher

4
Innisfree My Hair Recipe Curl Up Styling Serum 1

Innisfree

5
Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum 1

Matrix

6
XL Professionnel Hair Serum Spa Revitalizing 1

XL Professionnel

7
Kiehl's Silk Groom Serum 1

Kiehl's

8
Miranda Hair Serum - Eclipta Alba 1

Miranda

9
Natur Hair Serum 1

Natur

10
Good Virtues Co. Multiple Repair Hair Serum 1

Good Virtues Co.

Nama produk

Serie Expert - Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum

Nutritive 8H Magic Night Hair Serum

Exceptional Hair Serum

My Hair Recipe Curl Up Styling Serum

Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Hair Serum Spa Revitalizing

Silk Groom Serum

Hair Serum - Eclipta Alba

Hair Serum

Multiple Repair Hair Serum

Keunggulan

Selamat tinggal, rambut rusak!

Tidur tetap nyenyak, rambut tetap kece

Menguatkan tiap helai rambut tanpa silikon

Jaga rambut hasil styling agar tetap prima

Enam manfaat dalam satu produk

Rambut diwarnai, tetapi tetap sehat berkilau

Hasil lembut dan mudah diatur seketika

Dapatkan kembali rambut indah berkilau

Rambut harum sepanjang hari, serta bebas bercabang

Tak ada lagi bad hair day akibat rambut mengembang

Harga mulai dariRp 245.000,00Rp 520.000,00Rp 389.000,00Rp 180.000,00Rp 132.000,00Rp 55.000,00Rp 590.000,00Rp 49.800,00Rp 95.000,00Rp 112.500,00
Bahan utamaGold quinoa, proteinIris root extract, 5 vitaminBotanical micro oils, hibiscus peptidesJeju green bean extract, black bean extractAvocado oil, grape seed oilVitamin E, C, ASesame seed oil, sunflower seed oil, soybean oil, vitamin EEclipta alba, argan oilNatural active oil, vitamin EMinyak habbatussauda, vitamin E
JenisMengandung silikonMengandung silikonTidak mengandung silikonMengandung silikonMengandung silikonMengandung silikonMengandung silikonTidak disebutkanMengandung silikonMengandung silikon
Isi50 ml90 ml30 ml70 ml100 ml125 ml75 ml100 ml60 ml100 ml
Tautan produk

Tips menggunakan serum rambut secara tepat

Tips menggunakan serum rambut secara tepat

Agar Anda mendapat manfaat yang optimal dari serum rambut, Anda harus menggunakannya dengan cara yang tepat. Serum rambut hanya digunakan pada bagian batang sampai ujung rambut saja. Hindari menggunakan serum pada kulit kepala karena akan membuat kulit kepala Anda berminyak dan berketombe.


Umumnya, serum untuk rambut kaya akan kandungan minyak sehingga tidak cocok untuk kulit kepala. Hal ini berbeda dengan serum yang memang dirancang khusus untuk kulit kepala. Serum untuk kulit kepala justru harus Anda aplikasikan di area kulit kepala.


Aplikasikan serum pada rambut yang bersih. Anda dapat menggunakannya ketika rambut masih basah atau setengah kering. Anda tidak perlu membilas rambut setelah menggunakan serum.


Ingatlah untuk selalu menggunakan serum sebelum Anda melakukan styling rambut. Tunggulah sampai serum meresap, baru kemudian melakukan styling. Untuk mendapatkan helaian rambut yang sehat, lembut, dan berkilau, pakailah serum rambut secara rutin.

Baca juga produk perawatan rambut lainnya di sini

Produk perawatan rambut tidak hanya serum saja, tetapi ada juga masker, hair tonic, hair oil, dan vitamin. Untuk menjawab kebutuhan Anda, kami memiliki artikel lainnya tentang produk perawatan rambut. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasi produknya.

Kesimpulan

Semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami, ya. Jangan lupa untuk memeriksa bahan kandungan dan keterangan pada kemasannya untuk mengetahui fungsi serum rambut pilihan Anda. Agar Anda mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya gunakan serum rambut secara rutin.


Sekian artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Raihlah rambut sehat dan indah bersama serum rambut pilihan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan lainnya.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2021)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti Garnier, Nyu, Miranda, hingga Revlon. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut lurus yang mudah diatur, baik panjang, sebahu, atau pendek, memang menjadi idaman banyak orang. Nah, selain menggunakan alat pelurus rambut, Anda juga bisa memilih produk perawatan yang sangat umum seperti sampo. Ternyata sampo bukan hanya berperan sebagai pembersih, melainkan juga untuk penataan rambut. Karena itu, di pasaran tersedia sampo pelurus rambut dari berbagai merk, seperti Makarizo, Pantene, dan Kérastase. Dalam artikel ini kami telah merangkum tips memilih dan rekomendasi sampo pelurus rambut yang bagus. Bagi Anda yang menginginkan rambut tampak lurus dan tertata, simak artikel ini sampai selesai, ya! 
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori