• 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)

Toner wajah merupakan salah satu bagian dari rangkaian skincare routine. Biasanya, toner dipakai setelah mencuci wajah dan sebelum pemakaian serum atau cream. Seperti rangkaian perawatan kulit lain, pemakaian toner juga harus menyesuaikan jenis kulit. Terlebih lagi jika Anda seorang pria yang biasanya memiliki masalah dan jenis kulit yang berbeda. 


Beberapa merek skincare seperti Kiehl's, Innisfree, dan Clinique bahkan memiliki produk toner khusus pria. Jadi, untuk Anda yang masih bingung bagaimana memilih toner untuk pria, simak tips berikut. Kami juga akan merekomendasikan produk toner wajah pria terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dewie Aprillia
Arisman Riyardi
Liana Eka Wulandari
  • Pembaharuan terakhir: 27 Februari 2021
  • 32.559 Views
Daftar isi

Cara memilih toner wajah untuk pria

Sebelum menentukan produk toner untuk perawatan wajah Anda, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa hal berikut. Hal ini agar Anda dapat menemukan toner wajah yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Kenali jenis kulit wajah

Kenali jenis kulit wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih toner adalah mengenali jenis kulit wajah Anda sendiri. Dengan mengenali jenis kulit, Anda dapat lebih memahami permasalahan kulit yang Anda hadapi. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mencari produk yang Anda butuhkan. Setidaknya, jenis kulit seseorang dikelompokkan menjadi lima. 


Pertama, jenis kulit normal yang netral dan tidak sensitif terhadap zat atau produk apa pun. Anda yang memiliki jenis kulit ini akan sangat mudah merawatnya karena tidak ada pantangan khusus.


Jenis kedua adalah kulit kering. Jenis kulit ini memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Biasanya, kulit kering tampak bersisik, bergaris, dan kasar bila disentuh.


Selanjutnya adalah kulit berminyak. Dengan produksi minyak yang berlebih, kulit berminyak biasanya terlihat mengilap. Ciri lainnya adalah adanya pori-pori besar dan lebih mudah berjerawat.


Jenis kulit berikutnya adalah kulit kombinasi yaitu perpaduan antara kulit kering dan berminyak. Jika area tertentu pada wajah Anda kering sedangkan area lainnya tampak mengilap, berarti Anda memiliki jenis kulit ini. Biasanya, area kering berada pada area pipi, sedangkan area yang berminyak berada pada zona T (dahi, hidung, dan dagu).


Terakhir, kulit sensitif. Jenis kulit ini biasanya sangat rentan terhadap reaksi suatu zat tertentu. Efeknya bermacam-macam, seperti gatal, kemerahan, perih, hingga timbul sensasi menyengat atau terbakar setelah penggunaan produk tertentu.

Pilih toner sesuai kondisi kulit

Setelah mengetahui jenis kulit wajah, Anda juga harus menyesuaikan dengan kandungan yang ada pada toner. Toner dapat bekerja dengan maksimal apabila Anda menggunakan produk yang tepat sesuai jenis kulit.

Untuk kulit wajah kering, hindari toner wajah yang mengandung alkohol

Untuk kulit wajah kering, hindari toner wajah yang mengandung alkohol

Kulit wajah yang kering membutuhkan toner yang dapat menghidrasi atau melembapkan. Anda bisa mendapatkan manfaat itu pada hydrating toner. Biasanya, toner jenis ini menggunakan kata-kata hydrating, moisturizing, lotion, atau conditioner pada kemasannya. Sementara untuk komposisinya, pilih produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin


Selain itu, Anda juga perlu menghindari toner yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat kulit Anda makin kehilangan kelembapan alami dan menjadi lebih kering.

Untuk kulit wajah sensitif, cari toner dengan bahan alami yang menenangkan

Untuk kulit wajah sensitif, cari toner dengan bahan alami yang menenangkan

Memiliki kulit sensitif memang sedikit sulit untuk menemukan produk toner yang aman. Anda perlu menghindari produk yang memiliki bahan dasar acid, alkohol, dan pewangi karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya pilih toner yang memiliki sifat ringan dan menenangkan. Anda dapat menemukannya pada produk yang berbahan alami seperti Aloe vera


Hindari juga toner jenis exfoliating. Hal itu dikarenakan kulit sensitif kurang mampu menahan reaksi dari bahan yang terlalu aktif dan dapat menimbulkan iritasi. Jangan lupa untuk memilih produk yang bebas bahan pengawet seperti paraben.

Untuk kulit wajah berminyak, pastikan toner mengandung BHA

Untuk kulit wajah berminyak, pastikan toner mengandung BHA

Kulit wajah berminyak mungkin salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh pria. Jika malas merawatnya, Anda akan sangat rentan dengan permasalahan lain seperti komedo dan jerawat. Anda dapat mengontrolnya dengan menggunakan toner yang memiliki kandungan BHA (beta hydroxy acid) dan salicylic acid. Kedua kandungan ini dikenal sangat ampuh untuk mengatasi komedo, jerawat, dan kulit berminyak. Selain itu, kandungan-kandungan ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Untuk kulit wajah normal dan kombinasi, pilih toner wajah universal

Untuk kulit wajah normal dan kombinasi, pilih toner wajah universal

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, sebenarnya tidak ada pantangan khusus dalam memilih toner. Anda hanya perlu menjaga kelembapan alami kulit dengan memilih toner yang ringan dengan bahan alami. Anda dapat menggunakan produk universal atau hydrating toner yang yang mengandung Aloe vera dan seaweed. Toner ini akan membantu mengontrol minyak tetapi juga tetap menghidrasi.


Begitupun juga dengan jenis kulit kombinasi. Anda hanya perlu menjaga keseimbangan area T-zone yang biasanya berminyak dan area pipi yang kering. Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan dua toner yang berbeda sesuai area. Namun, jika terasa merepotkan dan perbedaannya tidak terlalu signifikan, Anda cukup menggunakan satu toner universal saja.

Pahami jika toner wajah untuk pria tidak harus produk khusus pria

Pahami jika toner wajah untuk pria tidak harus produk khusus pria

Pada dasarnya, ada perbedaan antara kulit pria dengan kulit wanita. Misalnya, kulit pria lebih tebal 20-25% dibandingkan kulit wanita. Kepadatan kolagen pada kulit pria juga lebih tinggi daripada wanita. Selain itu, pori-pori pada kulit pria juga lebih lebar karena memproduksi sebum lebih banyak daripada wanita.


Dari beberapa perbedaan tersebut, sangat wajar jika permasalahan kulit pada pria juga berbeda dengan wanita. Begitu juga soal perawatannya. Oleh karena itu, banyak produk skincare yang dibuat dengan formulasi khusus untuk pria. Biasanya, produk-produk tersebut fokus pada permasalahan kulit berminyak yang dialami oleh kebanyakan pria. Selain menyesuaikan permasalahan kulit, produk khusus pria biasanya juga sengaja dibuat dengan kemasan dan aroma yang maskulin. Hal ini membuat para pria lebih percaya diri menggunakannya tanpa merasa feminin.


Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu mementingkan produk khusus pria ini. Pada artikel ini, kami memang lebih banyak mengulas produk toner wajah khusus pria. Namun, bukan berarti Anda dilarang untuk memakai produk wanita atau produk universal. Pemilihan produk terbaik tetaplah merujuk pada kesesuaian kondisi kulit dan kecocokan kulit Anda dengan produk itu sendiri.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

N'pureFace Toner Centella Asiatica (Cica Series)

Mulai dari Rp 100.000,00

10 Rekomendasi toner wajah terbaik untuk pria

Berikut ini, kami akan mengulas beberapa toner wajah terbaik untuk pria. Silakan dipilih sesuai jenis dan kondisi kulit Anda!

10
Jenis kulit yang cocokSemua
Pilihan ukuran160 ml
9
Jenis kulit yang cocokSemua
Pilihan ukuran500 ml
8

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis kulit yang cocokNormal, kombinasi
Pilihan ukuran160 ml
7
Jenis kulit yang cocokSemua
Pilihan ukuran100 ml, 250 ml
6

SKIN1004Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Mulai dari Rp 363.000,00

Jenis kulit yang cocokSemua
Pilihan ukuran210 ml, 400 ml
5
Jenis kulit yang cocokNormal, berminyak
Pilihan ukuran180 ml
4

Kiehl'sFacial Fuel Energizing Tonic for Men

Mulai dari Rp 565.000,00

Jenis kulit yang cocokSemua
Pilihan ukuran250 ml
3

THE FACE SHOPThe Fresh For Men Hydrating Fluid

Mulai dari Rp 328.000,00

Jenis kulit yang cocokKering
Pilihan ukuran170 ml
2

Clinique Clinique For Men™ Oil Control Exfoliating Tonic

Mulai dari Rp 400.000,00

Jenis kulit yang cocokNormal, berminyak
Pilihan ukuran200 ml
1

Kiehl'sOil Eliminator Refreshing Shine Control Toner for Men

Mulai dari Rp 360.000,00

Jenis kulit yang cocokBerminyak
Pilihan ukuran125 ml

Tabel perbandingan produk toner wajah terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Kiehl's Oil Eliminator Refreshing Shine Control Toner for Men 1

Kiehl's

2
Clinique  Clinique For Men™ Oil Control Exfoliating Tonic 1

Clinique

3
THE FACE SHOP The Fresh For Men Hydrating Fluid 1

THE FACE SHOP

4
Kiehl's Facial Fuel Energizing Tonic for Men 1

Kiehl's

5
innisfree Forest for Men Fresh Skin 1

innisfree

6
SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner 1

SKIN1004

7
PIXI Glow Tonic 1

PIXI

8
Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner 1

Nature Republic

9
Imju Hatomugi Skin Conditioner 1

Imju

10
LAIKOU Revitalizing Toner 1

LAIKOU

Nama produk

Oil Eliminator Refreshing Shine Control Toner for Men

Clinique For Men™ Oil Control Exfoliating Tonic

The Fresh For Men Hydrating Fluid

Facial Fuel Energizing Tonic for Men

Forest for Men Fresh Skin

Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Glow Tonic

Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner

Hatomugi Skin Conditioner

Revitalizing Toner

Keunggulan

Mengandung Capryloyl Glycine yang akan membantu mengurangi minyak dan meminimalkan pori-pori

Membuka pori-pori yang tersumbat untuk menjadikan kulit lebih jernih

Ekstrak teh English breakfast, menggabungkan toner dan pelembap dalam satu langkah

Kandungan kafein dan ekstrak bambunya efektif menyegarkan kulit yang tampak lelah

Kaya akan Jeju phytoncide complex, bekerja maksimal untuk melembapkan dan menyegarkan kulit Anda

Formulasi daun pegagan untuk mencerahkan wajah kusam

Wajah tampak bersinar alami untuk semua jenis kulit

Melembapkan kulit secara alami dengan ekstrak lidah buaya

Produk perawatan kulit terbaik dengan harga terjangkau

Mengendalikan kelembapan dan minyak untuk semua jenis kulit

Harga mulai dariRp 360.000,00Rp 400.000,00Rp 328.000,00Rp 565.000,00Rp 525.000,00Rp 363.000,00Rp 258.750,00Rp 190.000,00Rp 115.000,00Rp 90.112,00
Jenis kulit yang cocokBerminyakNormal, berminyakKeringSemuaNormal, berminyakSemuaSemuaNormal, kombinasiSemuaSemua
Pilihan ukuran125 ml200 ml170 ml250 ml180 ml210 ml, 400 ml100 ml, 250 ml160 ml500 ml160 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi toner dan skincare routine lainnya di bawah ini

Selain toner, masih ada produk lain yang harus Anda gunakan pada skincare routine agar kulit lebih sehat. Anda juga bisa menemukan rekomendasi produk toner dan skincare routine lainnya di artikel berikut!

Kesimpulan

Bagi kebanyakan pria, memilih rangkaian skincare seperti toner barangkali masih dirasa merepotkan. Namun, jika Anda memahami jenis serta permasalahan kulit yang sedang Anda hadapi, hal itu sangatlah mudah. Dari tips dan rekomendasi di atas, apakah Anda sudah dapat menemukan produk toner yang cocok? Kami harap Anda bisa menemukan produk toner wajah terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    992.856 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    567.685 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    753.770 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    190.111 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    294.490 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    108.218 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021)
    Essence adalah produk skincare penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Produk ini cukup populer di kalangan wanita karena dapat mencegah berbagai masalah kulit, seperti kulit kering dan keriput. Banyak produk essence yang ditujukan untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi beserta cara memilihnya. Ada produk keluaran merek-merek ternama, seperti Etude, Laneige, hingga The Body Shop dengan berbagai kelebihannya. Silakan bandingkan harga serta manfaatnya dan temukan produk terbaik untuk kulit Anda.
    Perawatan wajah
    49.155 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori