• 10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Toner Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Toner wajah merupakan salah satu bagian dari rangkaian skincare, termasuk skincare pria. Serupa dengan produk perawatan kulit lain, pemakaian toner juga harus menyesuaikan jenis kulit. Hal ini terutama untuk pria yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering, berminyak, dan berjerawat.


Beberapa merek skincare populer, seperti Innisfree, Erto's, dan The Face Shop, memiliki toner wajah khusus pria. Simaklah tips berikut jika Anda masih bingung bagaimana memilih toner yang bagus untuk pria. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Yasmina Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK
dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

dr. Yasmina mengenyam pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia dan spesialis di Universitas Brawijaya. Sebagai anggota aktif PERDOSKI, beliau sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional demi meningkatkan kompetensi.

dr. Yasmina berpraktik di RS Bunda Margonda Depok dan Klinik Calysta Bekasi. Bidang yang ditangani selama beliau berpraktik meliputi kosmetik, alergi autoimun, infeksi menular seksual, tumor kulit, kehamilan, dan lansia. Beliau aktif membuat konten edukasi di Instagram-nya mengenai kesehatan kulit dan kelamin.

Fungsi toner wajah pria

Fungsi toner wajah pria

Tak hanya untuk wanita, toner juga boleh digunakan oleh pria. Hal ini karena kulit wajah pria pun membutuhkan perawatan untuk menjaga tampilan dan kesehatannya. Adapun fungsi dari toner untuk pria adalah untuk membersihkan sisa kotoran dan minyak yang tidak terangkat setelah mencuci wajah. Dengan demikian, krim yang akan diaplikasikan setelahnya akan terserap secara optimal.


Tergantung pada formulanya, toner juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang sering dihadapi oleh para pria. Toner yang bagus untuk pria adalah yang dapat melembapkan kulit, mengurangi jerawat dan tampilan pori, serta menyeimbangkan pH kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih toner wajah pria

Sebelum menentukan produk toner untuk perawatan wajah Anda, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa hal berikut. Hal ini agar Anda dapat menemukan toner wajah yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Kenali jenis kulit wajah Anda

Kenali jenis kulit wajah Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih toner untuk laki-laki adalah mengenali jenis kulit wajah Anda. Dengan mengenali jenis kulit, Anda dapat lebih memahami permasalahan kulit yang dihadapi. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mencari produk yang dibutuhkan. 


Setidaknya, jenis kulit seseorang dikelompokkan menjadi lima. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ciri dari tiap-tiap jenis kulit.

  • Kulit normal: Jenis kulit normal bersifat netral dan tidak sensitif terhadap zat atau produk apa pun. Anda yang memiliki jenis kulit ini akan sangat mudah merawatnya karena tidak ada pantangan khusus.
  • Kulit kering: Jenis kulit ini memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Biasanya kulit kering tampak bersisik, bergaris, dan kasar bila disentuh.
  • Kulit berminyak: Dengan produksi sebum yang berlebih, kulit berminyak biasanya terlihat mengilap. Ciri lainnya adalah adanya pori-pori besar dan lebih mudah berjerawat.
  • Kulit kombinasi: Jenis ini adalah perpaduan antara kulit kering dan berminyak. Biasanya area kering berada pada area pipi, sedangkan area yang berminyak berada pada zona T (dahi, hidung, dan dagu).
  • Kulit sensitif: Jenis kulit ini biasanya sangat rentan terhadap reaksi suatu zat tertentu. Efeknya bermacam-macam, misalnya gatal, kemerahan, perih, hingga timbul sensasi menyengat atau terbakar setelah penggunaan produk tertentu.

Pilih toner yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit

Setelah mengetahui jenis kulit wajah, Anda juga harus menyesuaikan dengan kandungan yang ada pada toner. Toner dapat bekerja dengan maksimal apabila Anda menggunakan produk yang tepat sesuai jenis kulit.

Untuk kulit kering, hindari toner wajah yang mengandung alkohol

Untuk kulit kering, hindari toner wajah yang mengandung alkohol

Kulit wajah yang kering membutuhkan toner yang dapat menghidrasi atau melembapkan. Anda bisa mendapatkan manfaat itu pada hydrating toner. Biasanya toner jenis ini menggunakan kata-kata hydrating, moisturizing, lotion, atau conditioner pada kemasannya.


Untuk komposisinya, pilih produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Selain itu, Anda juga perlu menghindari toner yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat kulit Anda makin kehilangan kelembapan alami dan menjadi lebih kering. 


Kulit yang kering akan lebih mudah teriritasi jika menggunakan toner dengan bahan dasar alkohol. Jika kulit terasa perih saat menggunakan toner, sebaiknya hentikan pemakaian.

Untuk kulit sensitif, cari toner dengan bahan alami yang menenangkan

Untuk kulit sensitif, cari toner dengan bahan alami yang menenangkan

Memiliki kulit sensitif memang sedikit sulit untuk menemukan produk toner yang aman. Anda perlu menghindari produk yang memiliki bahan dasar acid, alkohol, dan pewangi karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya pilih toner yang memiliki sifat ringan dan menenangkan. Anda dapat menemukannya pada produk berbahan alami, seperti green tea, Centella asiatica, dan willow bark extract.


Hindari juga toner jenis exfoliating. Hal itu karena kulit sensitif kurang mampu menahan reaksi dari bahan yang terlalu aktif dan dapat menimbulkan iritasi. Pilih produk yang tidak mengandung pengawet jika Anda memiliki alergi atau kulit yang sensitif terhadap paraben.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pastikan toner mengandung BHA

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pastikan toner mengandung BHA

Kulit wajah berminyak mungkin salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh pria. Jika malas merawatnya, kulit Anda akan sangat rentan dengan permasalahan lain, misalnya komedo dan jerawat. Anda dapat mengontrolnya dengan menggunakan toner yang memiliki kandungan BHA (beta hydroxy acid) dan salicylic acid.


Kandungan BHA dan salicylic acid dikenal sangat ampuh untuk mengatasi komedo, jerawat, dan kulit berminyak. Selain itu, kandungan-kandungan ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Untuk kulit normal dan kombinasi, pilih toner wajah universal

Untuk kulit normal dan kombinasi, pilih toner wajah universal

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, sebenarnya tidak ada pantangan khusus dalam memilih toner. Anda hanya perlu menjaga kelembapan alami kulit dengan memilih toner yang ringan dan mudah meresap. Gunakan produk universal atau hydrating toner yang mengandung hyaluronic acid. Toner ini akan membantu menghidrasi kulit tanpa membuatnya jadi berminyak.


Begitu juga dengan jenis kulit kombinasi. Anda hanya perlu menjaga keseimbangan area T-zone yang biasanya berminyak dan area pipi yang kering. Untuk kulit kombinasi, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan dua toner yang berbeda sesuai area wajah. Namun, jika terasa merepotkan dan perbedaannya tidak terlalu signifikan, Anda cukup menggunakan satu toner universal saja.

Utamakan toner khusus untuk pria

Utamakan toner khusus untuk pria

Toner wajah yang dijual di pasaran pada dasarnya bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Hal ini karena pemilihan produk terbaik tetaplah merujuk pada kesesuaian antara toner dengan kondisi dan masalah kulit yang dihadapi. Meski begitu, pertimbangkanlah memilih toner yang diracik khusus untuk kulit wajah pria.


Biasanya toner khusus pria lebih fokus pada permasalahan kulit berminyak yang dialami oleh kebanyakan pria. Selain menyesuaikan permasalahan kulit, produk khusus pria biasanya juga sengaja dibuat dengan kemasan dan aroma yang maskulin. Hal ini membuat para pria lebih percaya diri menggunakannya tanpa merasa terlalu feminin.


Di samping itu, terdapat perbedaan antara kulit pria dengan wanita. Kulit pria lebih tebal 20–25% dibandingkan kulit wanita. Kepadatan kolagennya juga lebih tinggi daripada wanita. Lalu, pori-pori pada kulit pria juga lebih lebar karena produksi sebumnya lebih banyak. Dari beberapa perbedaan tersebut, sangat wajar jika permasalahan kulit pada pria berbeda dengan wanita, begitu pun soal perawatannya. 

Produk rekomendasi pakar

CyskinCalysta Balancing Toner for Oily & Acne Skin

Mulai dari Rp 110.000,00

Kandungan utamaAllantoin, tea tree oil, panthenol, dan Aloe vera
Jenis kulitBerminyak dan berjerawat
Netto100 ml

10 Rekomendasi toner wajah pria terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk toner wajah pria terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Yasmina Diah.


Update 12 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Kiehl's Oil Eliminator Refreshing Shine Control Toner for Men menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Some By MiAHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner 1

Some By Mi

2
Imju Hatomugi Skin Conditioner 1

Imju

3
Somethinc ACNEDOT Treatment Toner 1

Somethinc

4
Elvicto  Men Expert Toner 1

Elvicto

5
Nacific Phyto Niacin Whitening Toner 1

Nacific

6
Erto's For Men Toner Essence Serum 1

Erto's

7
Airnderm Aesthetic Toner for Men 1

Airnderm Aesthetic

8
Natasha  Men's Balancing Skin Toner 1

Natasha

9
Innisfree Forest for Men Fresh Skin 1

Innisfree

10
The Face Shop The Gentle For Men Anti-Aging Toner 1

The Face Shop

Nama produk

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Hatomugi Skin Conditioner

ACNEDOT Treatment Toner

Men Expert Toner

Phyto Niacin Whitening Toner

For Men Toner Essence Serum

Toner for Men

Men's Balancing Skin Toner

Forest for Men Fresh Skin

The Gentle For Men Anti-Aging Toner

Keunggulan

Exfoliating toner untuk menghilangkan bekas jerawat, serta membersihkan minyak dan komedo

Produk perawatan kulit multifungsi dengan beragam manfaat

Bekerja mengurangi jerawat, minyak, dan tampilan pori dalam 28 hari

Mengandung glutathione yang berfungsi meratakan warna kulit

Dengan 5% niacinamide untuk mengembalikan kecerahan kulit yang kusam

Satu produk untuk tiga tahapan skincare, praktis!

Toner pria dengan harga terjangkau dan mampu melindungi kulit dari sinar UV

Mampu menyeimbangkan pH kulit sekaligus menjadi pembersih wajah

Kaya akan Jeju phytoncide complex, bekerja maksimal memulihkan kulit yang lelah

Antiaging toner yang memiliki aroma maskulin

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 115.000,00Rp 65.000,00Rp 124.000,00Rp 149.000,00Rp 100.000,00Rp 57.500,00Rp 83.605,00Rp 285.000,00Rp 399.000,00
Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, tea tree leaf water, glycerin, hyaluronic acid, allantoinCoix lacryma-jobi seed extract, glycerinSuccinic acid, folic acid, sea buckthorn extract, hydrolyzed algin, 91% Korean green tea extract, glycerin, hyaluronic acidNiacinamide, glutathione, tranexamic acid, alpha arbutinNiacinamide(5%), Centella Asiatica Extract, Made white™, hyaluronic acid, allantoinNiacinamide, adenosine, glycerin, allantoinWitch hazel extractGlycerin, allantoin, mandelic acid, Portulaca oleracea extract, Moringa oleifera extract, willow bark extractJeju phytoncide complex, glycerin, vitamin EGlycerin, panthenol, adenosine, trisodium edta, willow bark extract, black currant extract, grapefruit extract
Jenis kulitBerjerawat, berminyak, sensitifSemuaBerminyak, berjerawat, sensitifNormal, kering, berminyakSemuaNormal, keringBerminyak, berjerawatSemuaNormal, keringKering
Netto150 ml500 ml40 ml, 100 ml100 ml150 ml100 ml100 ml150 ml180 ml140 ml
Tautan produk
10

The Face ShopThe Gentle For Men Anti-Aging Toner

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan utamaGlycerin, panthenol, adenosine, trisodium edta, willow bark extract, black currant extract, grapefruit extract
Jenis kulitKering
Netto140 ml
9
Kandungan utamaJeju phytoncide complex, glycerin, vitamin E
Jenis kulitNormal, kering
Netto180 ml
8

Natasha Men's Balancing Skin Toner

Mulai dari Rp 83.605,00

Kandungan utamaGlycerin, allantoin, mandelic acid, Portulaca oleracea extract, Moringa oleifera extract, willow bark extract
Jenis kulitSemua
Netto150 ml
7
Kandungan utamaWitch hazel extract
Jenis kulitBerminyak, berjerawat
Netto100 ml
6

Erto'sFor Men Toner Essence Serum

Mulai dari Rp 100.000,00

Kandungan utamaNiacinamide, adenosine, glycerin, allantoin
Jenis kulitNormal, kering
Netto100 ml
5
Kandungan utamaNiacinamide(5%), Centella Asiatica Extract, Made white™, hyaluronic acid, allantoin
Jenis kulitSemua
Netto150 ml
4
Kandungan utamaNiacinamide, glutathione, tranexamic acid, alpha arbutin
Jenis kulitNormal, kering, berminyak
Netto100 ml
3

SomethincACNEDOT Treatment Toner

Mulai dari Rp 65.000,00

Kandungan utamaSuccinic acid, folic acid, sea buckthorn extract, hydrolyzed algin, 91% Korean green tea extract, glycerin, hyaluronic acid
Jenis kulitBerminyak, berjerawat, sensitif
Netto40 ml, 100 ml
2
Kandungan utamaCoix lacryma-jobi seed extract, glycerin
Jenis kulitSemua
Netto500 ml
1

Some By MiAHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Mulai dari Rp 150.000,00

Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, tea tree leaf water, glycerin, hyaluronic acid, allantoin
Jenis kulitBerjerawat, berminyak, sensitif
Netto150 ml

Langkah-langkah penggunaan skincare untuk pria

Langkah-langkah penggunaan skincare untuk pria

Jika dibanding dengan wanita, pria lebih malas merawat wajah mereka. Kebanyakan pria tak mau direpotkan dengan skincare routine yang terkesan rumit dan memakan banyak waktu. Bagi para pria yang ingin mulai merawat wajah, Anda bisa memulainya dengan menggunakan basic skincare saja.


Berikut ini langkah-langkah penggunaan skincare untuk pria yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Exfoliator (satu minggu sekali)
  2. Face wash
  3. Toner
  4. Serum
  5. Moisturizer
  6. Sunscreen

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Pada umumnya, bahan yang terkandung dalam toner adalah air yang diperkaya dengan bahan aktif, seperti eksfolian dan alkohol. Fungsi toner adalah mengangkat kotoran atau minyak pada kulit sehingga mengoptimalkan penyerapan bahan aktif yang dioles setelahnya.


Serum adalah solusi yang bermanfaat untuk membawa bahan aktif tertentu. Fungsinya lebih cenderung melembapkan, mencerahkan, mencegah jerawat, dan lain-lain tergantung pada bahan aktifnya.

Baca juga rekomendasi skincare pria lainnya di sini

Selain toner, masih ada produk lain yang harus Anda gunakan pada skincare routine agar kulit lebih sehat. Anda juga bisa menemukan rekomendasi produk skincare lainnya untuk merawat wajah pria pada tautan artikel berikut!

Kesimpulan

Bagi kebanyakan pria, memilih rangkaian skincare, seperti toner, terkadang bisa terasa cukup merepotkan. Namun, jika Anda memahami jenis serta permasalahan kulit yang sedang dihadapi, memilih toner akan terasa lebih mudah. 


Dari tips dan rekomendasi di atas, apakah Anda sudah dapat menemukan produk toner yang cocok? Kami harap Anda bisa menemukan produk toner wajah terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan kulit wajah terjadi saat masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Atasilah dengan menggunakan cream wajah. Sayangnya, tidak semua kandungan cream aman untuk masa krusial ini. Jadi, sebaiknya gunakan cream yang aman untuk ibu hamil.Kami akan menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil. Rekomendasi merek cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui juga sudah disiapkan. Ada berbagai merek yang bagus, seperti Mama's Choice, Cetaphil, serta Hanasui. Yuk, dapatkan produk terbaik Anda di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori