• 10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Abaya Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda termasuk wanita yang mengoleksi berbagai model busana muslim? Jika iya, abaya merupakan fashion item yang wajib menjadi koleksi busana Anda. Selain memberikan kesan lebih feminin, abaya juga membuat look Anda makin anggun. Meski abaya memiliki berbagai corak yang beragam, Anda tak perlu pusing memilih.


Kami akan memberikan rekomendasi produk dan tips cara memilih abaya yang bagus. Anda bisa menemukan abaya arab, abaya hitam, gamis abaya, hingga abaya Turki. Terdapat berbagai merek produsen abaya, seperti Zayidan, Tuneeca, dan Tatuis. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ocka Sakri
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Fashion stylist, Ocka Sakri

Profil pakar: Fashion stylist, Ocka Sakri
Ocka Sakri
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project.


Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Apa itu abaya?

Jika dilihat sekilas, Abaya dan gamis hampir serupa. Pada umumnya, model gamis dan abaya tidak jauh berbeda karena sama-sama memiliki panjang dan kelonggaran yang menutupi tubuh. Model gamis akan berbentuk semacam dress panjang dan longgar. Sementara itu, abaya merupakan sepotong pakaian panjang yang biasa digunakan di luar atau di atas pakaian.


Model abaya hampir mirip seperti dress yang longgar atau seperti jubah yang panjang. Sementra itu, gamis biasanya berbentuk jubah panjang yang bagian kerutan atau lekukan di pinggangnya longgar. Abaya merupakan busana wanita muslim khas Timur Tengah yang memiliki bentuk seperti jubah panjang.


Desain abaya minimalis, tidak mencolok, dan longgar hingga mata kaki. Pada umumnya, abaya memiliki potongan lurus melebar yang dapat menyamarkan lekuk tubuh. Selain itu, abaya biasanya memiliki warna yang netral, misalnya hitam atau putih.


Seiring berkembangnya tren busana muslim di Indonesia, baju abaya mulai hadir dalam beragam corak dan desain yang up-to-date. Contohnya, abaya Dubai dan abaya modern dengan tambahan detail payet, lace, atau brokat. Malah, ada beberapa produsen yang menawarkan abaya dengan kerutan atau tali di pinggang. Sudah siap tampil stylish sekaligus feminin dengan abaya?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih abaya

Sebelum memilih produk yang diinginkan, pelajari terlebih dahulu poin-poin dalam memilih abaya. Ada poin penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu bentuk tubuh, bahan, dan detailnya. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Abaya memiliki desain yang tidak ketat dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Karena itu, perlu untuk memilih produk yang pas dengan ukuran Anda. Saat ini, banyak produsen yang menjual abaya dengan berbagai ukuran, mulai dari ukuran XS hingga XXL. Anda bisa menyesuaikan model abaya berdasarkan bentuk tubuh Anda.

Abaya dengan model lengan trompet untuk tubuh kecil

Tubuh yang kecil bukanlah penghalang untuk mengenakan abaya. Saat ini, abaya modern hadir dengan beragam model yang bisa membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi. Salah satu model yang bisa Anda pilih adalah abaya dengan lengan trompet.


Model ini akan memberikan ilusi tubuh berisi, terutama di bagian lengan. Biasanya, abaya dengan lengan trompet juga memiliki potongan yang lebih lebar di bagian bawah. Jadi, tubuh kecil Anda akan tampak lebih gemuk.

Abaya dengan motif vertikal menyamarkan tubuh yang berisi

Untuk pemilik tubuh plus-size, Anda tak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengenakan abaya di berbagai acara, kok! Anda hanya perlu memperhatikan model, warna, dan motif abaya supaya mendapatkan kesan ramping.


Daripada yang bermotif ramai, sebaiknya Anda memilih abaya dengan motif vertikal. Motif tersebut dapat memberikan kesan tubuh lebih panjang sehingga Anda akan tampak lebih ramping. Selain itu, pilih juga warna yang tidak terlalu cerah, seperti black, navy, atau cream.

Pilihlah bahan yang nyaman digunakan

Pilihlah bahan yang nyaman digunakan

Poin selanjutnya yang diperhatikan dalam memilih abaya adalah bahan yang digunakan. Umumnya, abaya terbuat dari bahan yang lembut, tipis, dan tidak menerawang. Selain itu, sebagian besar abaya berbahan katun dan terdapat beberapa tambahan payet atau bordir. Namun, ada juga bahan jetblack yang sering digunakan sebagai bahan abaya.


Bahan berwarna hitam pekat tersebut memiliki tampilan jatuh dan flowy sehingga abaya yang Anda kenakan terlihat makin elegan. Selain itu, bahan jetblack juga tidak mudah kusut dan lebih adem. Sayangnya, bahan jetblack memiliki harga yang lebih mahal daripada bahan abaya lainnya.


Selain jetblack, Anda bisa memilih bahan moscrepe atau wollycrepe. Bahan-bahan ini memiliki karakteristik ringan, tidak menerawang, dan tidak mudah kusut. Namun, kedua bahan ini memiliki permukaan yang cenderung kasar dan terasa panas ketika digunakan dalam waktu lama.


Nah, jika Anda ingin tampil mewah di sebuah acara, Anda bisa memilih abaya berbahan satin. Bahan satin memiliki tekstur yang sangat halus, lembut, dan tampak glossy. Selain itu, bahan satin juga tidak mudah kusut dan mudah diatur sehingga kesan elegan dan mewah akan Anda dapatkan.

Perhatikanlah aksen dan detailnya

Di Indonesia, detail dan desain abaya sangatlah beragam, tidak hanya warna hitam atau putih polos saja. Malah, ada abaya dengan detail motif etnik dan monochrome yang akan membuat gaya Anda makin modis. Di sisi lain, produk dengan detail payet dan brokat akan memberi sentuhan mewah pada tampilan Anda. 


Beberapa abaya hadir dalam model layaknya outer yang mudah dipadukan dengan berbagai outfit favorit. Detail mutiara dan frill dari outer abaya dapat membuat Anda tampak feminin.


Bagi Anda yang kurang percaya diri menggunakan abaya karena takut terlihat gemuk, pilihlah abaya dengan detail tali di pinggang. Detail tali tersebut mampu memberikan bentuk di pinggang untuk memberi efek tubuh terlihat lebih kurus dan menyamarkan perut Anda. Kemudian, motif di bagian tangan dan bawah kaki dengan warna dasar hitam klasik akan memberikan kesan tubuh lebih jenjang.


Contoh lainnya, untuk memberi kesan youthful, sebaiknya Anda menggunakan abaya berbahan cerah atau bermotif agar terlihat lebih fresh. Selain itu, adanya lekuk pita di pinggang akan membuat efek langsing pada tubuh.


Jika Anda ingin menggunakan abaya bermotif, pilihlah yang hanya bagian depannya saja yang bermotif dan bagian belakang yang polos. Gunakan hijab yang lebih cerah dan pastikan warnanya tidak senada dengan bahan dasar baju yang digunakan.

Pilih abaya berdasarkan aktivitas

Selain memperhatikan bentuk tubuh, bahan, dan aksen abaya, Anda pun perlu menyesuaikan abaya dengan tiap kegiatan Anda. Ada berbagai aksen dan detail abaya, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Nah, kira-kira abaya seperti apa yang cocok untuk Anda? Yuk, cari tahu jawabannya! 

Abaya dengan detail sederhana, cocok untuk daily outfit

Abaya dengan detail sederhana, cocok untuk daily outfit

Abaya tak hanya cocok digunakan untuk acara keagamaan saja. Anda bisa menggunakan abaya untuk acara formal atau nonformal dengan menyesuaikan desain dan warnanya. Untuk acara hang out bersama teman, Anda bisa memakai abaya dengan desain yang sederhana.


Abaya berwarna cerah dengan sedikit sentuhan list kontras akan memberikan kesan lebih manis sekaligus minimalis. Jika Anda ingin melengkapi gaya santai, pakailah sneaker atau flat shoes agar acara santai jadi lebih asyik dan nyaman.

Abaya dengan detail mewah, cocok untuk acara spesial

Untuk acara kondangan atau pesta, pilihlah abaya dengan detail tambahan seperti brokat atau lace. Abaya dengan detail brokat mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan ketika dikenakan


Anda bisa tampil lebih cantik jika memilih abaya dengan detail warna yang kontras, misalnya kombinasi warna putih dan gold. Paduan warna tersebut akan membuat look Anda terlihat memesona meski dilihat dari kejauhan sekalipun.


Anda juga bisa memadukan abaya dengan high heels agar tampilan makin maksimal. Dengan demikian, Anda bisa tampil percaya diri saat menghadiri acara spesial dengan abaya.

10 Rekomendasi abaya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk abaya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.

10
BahanMoscrepe
UkuranAll size (LD: 102 cm・Panjang: 140 cm)
WarnaGreen, blue, yellow, black
DetailList kontras
9
BahanJetblack moreba, wollycrepe, morena, torino
UkuranS to M, L to XL
WarnaJetblack, wood, deep taupe, aqua grey, grey, army, navy, coral, maroon, charcoal, toffee, milo
DetailRenda
8

IrsalinaKhawla Abaya

Mulai dari Rp 289.000,00

BahanJetblack, michiko
UkuranS, M, L, XL, XXL
WarnaTaupe-black
DetailList kontras
7

Khadj HijabGamis Khazanah

Mulai dari Rp 119.900,00

BahanWollycrepe
UkuranAll size (LD: 120 cm・Panjang: 140 cm)
WarnaMocca, green, black, white
DetailKancing, list
6
BahanLady jetblack mix maxmara
UkuranS/M, L/XL, XXL
WarnaBata, navy
DetailLace
5
BahanKatun toyobo
UkuranAll size (LD: 110 cm・Panjang: 140 cm)
WarnaWhite, rose gold, maroon, milo, grey
DetailList kontras
4
BahanYoris, torino
UkuranS, M, L, XL, XXL, XXXL
WarnaBlack, army, sliver
DetailRitsleting depan, saku kiri dan kanan
3
BahanSifon
UkuranAll size (LD: 109 cm・Panjang: 145 cm)
WarnaPink, green, light blue, light brown, light grey
DetailMutiara imitasi
2

TuneecaCulture Of Origin

T-0718030

Mulai dari Rp 1.059.000,00

BahanSatin katun, batik theker (tulis), dobby polycotton
UkuranXS, S, S+, M, L, XL
WarnaDusty pink-tosca-brown
DetailTali, motif batik
1
BahanWollycrepe
UkuranL, XL
WarnaBlack
DetailLace

Tabel perbandingan produk abaya terbaik

Gambar produk
1
Tatuis Abaya 002 1

Tatuis

2
Tuneeca Culture Of Origin 1

Tuneeca

3
fe.z Abaya Shanaya 1

fe.z

4
Zayidan Hafsoh Ribs 1

Zayidan

5
JV Hasanah Hasanah Abaya 1

JV Hasanah

6
Musamma Mikayla Abaya 1

Musamma

7
Khadj Hijab Gamis Khazanah 1

Khadj Hijab

8
Irsalina Khawla Abaya 1

Irsalina

9
Zafarnaz Medina Abaya 1

Zafarnaz

10
Tazkia Hijab Lizzie Abaya 1

Tazkia Hijab

Nama produk

Abaya 002

Culture Of Origin

Abaya Shanaya

Hafsoh Ribs

Hasanah Abaya

Mikayla Abaya

Gamis Khazanah

Khawla Abaya

Medina Abaya

Lizzie Abaya

Keunggulan

Tampil lebih mewah berkat sentuhan lace berwarna gold

Bergaya modern-etnik dengan kombinasi gamis-abaya

Bayar satu, dapat dua item!

Cantik dan anggun dengan abaya model syar'i

Aksen garis vertikal tak akan bikin mati gaya!

Tampil stand out dengan kombinasi warna kontras

Ukuran jumbonya menyamarkan lekuk tubuh plus-size

Dilihat dari depan maupun belakang, Anda tetap terlihat elegan

Tampil simpel dengan aksen renda di lengan

Minimalis modelnya, terjangkau harganya!

Harga mulai dariRp 284.430,00Rp 1.059.000,00Rp 699.000,00Rp 295.000,00Rp 495.000,00Rp 242.000,00Rp 119.900,00Rp 289.000,00Rp 135.000,00Rp 68.000,00
BahanWollycrepeSatin katun, batik theker (tulis), dobby polycottonSifonYoris, torino Katun toyoboLady jetblack mix maxmaraWollycrepeJetblack, michikoJetblack moreba, wollycrepe, morena, torinoMoscrepe
UkuranL, XLXS, S, S+, M, L, XLAll size (LD: 109 cm・Panjang: 145 cm)S, M, L, XL, XXL, XXXLAll size (LD: 110 cm・Panjang: 140 cm)S/M, L/XL, XXLAll size (LD: 120 cm・Panjang: 140 cm)S, M, L, XL, XXLS to M, L to XLAll size (LD: 102 cm・Panjang: 140 cm)
WarnaBlackDusty pink-tosca-brownPink, green, light blue, light brown, light greyBlack, army, sliverWhite, rose gold, maroon, milo, greyBata, navyMocca, green, black, whiteTaupe-blackJetblack, wood, deep taupe, aqua grey, grey, army, navy, coral, maroon, charcoal, toffee, miloGreen, blue, yellow, black
DetailLaceTali, motif batikMutiara imitasiRitsleting depan, saku kiri dan kananList kontrasLaceKancing, listList kontrasRendaList kontras
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar abaya

Pertanyaan umum seputar abaya

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar abaya. Jika Anda masih penasaran dengan abaya, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara styling dengan abaya?

Bagi yang ingin berpenampilan syar'i, tetapi tetap stylish, Anda bisa memadukan abaya bermotif dengan hijab berwarna senada. Anda juga bisa menggunakan sepatu berwarna putih agar lebih stylish dan terlihat lebih manis.


Untuk Anda yang ingin bergaya formal dan tampil mature, Anda bisa memadukan abaya motif dengan hijab berornamen tasel. Anda juga bisa memadukannya dengan menggunakan clutch dan mengenakan heels.


Jika Anda ingin berpenampilan kasual atau santai, padukan abaya dengan instant shawl berwarna senada atau tidak. Lengkapi dengan menggunakan tas bergaya slingback. Selain itu, Anda juga bisa memadukannya baik dengan flat shoes, sandal, maupun sneakers.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Pilih model abaya dan sesuaikan penggunaannya dengan acara yang akan Anda hadiri. Utamakan kecermatan dalam memadukan busana dengan aksesori pendukung, Sebagai contoh, ketika hendak pergi ke mall, Anda bisa padukan abaya dengan sneakers. Pilihlah dalaman yang nyaman dan longgar supaya tidak memperlihatkan lekuk tubuh ketika tertiup angin atau sedang berada diluar.

Baca juga rekomendasi busana muslim wanita lainnya di sini

Busana muslim untuk wanita tak hanya abaya saja. Banyak model lain yang tak kalah menarik dan stylish, misalnya gamis dan kaftan. Baju olahraga, baju renang, dan kebaya untuk wanita muslim juga banyak tersedia. Jika Anda ingin menambah koleksi busana untuk muslimat, klik tautan di bawah ini, ya. Ada rekomendasi produk dan tips cara memilihnya juga!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi abaya terbaik dengan kelebihannya masing-masing. Apakah Anda sudah menemukan abaya yang sesuai? Agar tampil lebih percaya diri, padukanlah dengan kerudung atau outfit favorit lainnya.


Selain itu, pastikan untuk membaca review pembeli terlebih dahulu atau tanyakan langsung ke teman yang memiliki produk serupa. Dengan demikian, abaya yang dibeli pun tidak akan membuat Anda kecewa.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja merupakan fashion item yang bisa dikenakan dalam segala acara, termasuk untuk dikenakan ke kampus. Biasanya, kemeja yang dipakai untuk kuliah memiliki bahan yang nyaman, adem, dan menyerap keringat. Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai macam model, bahan, dan juga tips padu padan kemeja kuliah. Anda akan menemukan macam-macam kemeja wanita, baik model crop yang kekinian, oversized, maupun timeless. Colorbox, Novel Mice, Shopatvelvet adalah contoh merek yang kami rekomendasikan. Sebelum melihat rekomendasi lainnya, jangan lewatkan tips memilih kemeja wanita yang bagus berikut ini, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak sekitar tahun 2016, dunia fashion mulai diramaikan oleh tren celana kulot. Karena lebar dan nyaman digunakan, celana ini makin digemari sampai sekarang. Celana kulot sendiri memiliki banyak jenis, seperti kulot polos, kulot plisket, dan lain-lain. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih celana kulot yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi celana kulot terbaik dengan beragam model dan bahan. Ada pelbagai merek kenamaan yang bisa Anda pilih, seperti MFMW, Simplicity, dan Cammomile. Jadi, apakah sudah siap tampil modis dengan celana kulot pilihan Anda?
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, banyak wanita enggan memakai daster karena kesannya yang kuno. Namun, saat ini sudah banyak daster kekinian dengan beragam motif yang menarik. Bahkan, kini daster bukan hanya cocok dipakai sebagai baju tidur saja, melainkan juga bisa dipakai hangout!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih daster yang bagus dan merekomendasikan berbagai daster menyusui, batik, hingga daster jumbo. Beragam merek daster premium, seperti Lunaci, Nyonya Piyama, dan Mama's Choice ada di sini. Jika Anda masih ragu menggunakan daster, simak dulu artikel ini!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Outer Batik Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Outer Batik Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Batik tak lagi menjadi motif yang ketinggalan zaman. Kain batik yang didesain lebih kekinian membuat pakaian dari kain batik banyak diminati, salah satunya adalah outer untuk wanita. Ada beragam model outer batik, seperti outer lengan panjang, lengan pendek, outer batik kombinasi, bahkan outer batik kekinian.Anda bisa memakainya untuk kerja, hangout, ataupun menghadiri pesta. Agar tak bingung memilih outer batik untuk wanita, kami akan memberikan tips memilihnya. Beragam merek outer batik yang bagus akan direkomendasikan, seperti Batik Universalku, Bhatara, dan Aksa Batik. Yuk, baca artikelnya dan dapatkan outer batik terbaik.
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori