• 10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Jangka Sorong yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Jangka sorong adalah alat untuk mengukur ketebalan dan diameter, dengan akurasi hingga 0,01 mm. Alat ini digunakan untuk survei lapangan, merakit model, serta aktivitas DIY (do it yourself). Ada tiga jenis jangka sorong di pasaran, yaitu analog, digital, dan dial. Meskipun hanya ada tiga model, terkadang Anda sulit memilih produk yang bagus, bukan?


Karena itu, kami akan mengulas poin yang harus diperhatikan saat memilih jangka sorong. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik dari berbagai merek untuk Anda. Sebut saja Kenmaster, Krisbow, dan Mitutoyo. Jadi, simak terus informasinya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Jangka sorong, mampu mengukur hingga ˂ 1 mm

Jangka sorong, mampu mengukur hingga ˂ 1 mm

Jangka sorong adalah alat ukur dengan slider atau rahang yang dapat digeser. Berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai jangka sorong.


  • Alat ini mengukur ketebalan dan diameter dengan cara menjepit benda. Penjepit itulah yang disebut dengan 'jaw'. Anda dapat mengukur diameter bagian luar dan dalam objek yang sulit diukur dengan penggaris biasa, secara akurat. Alat ini juga bisa mengukur hingga unit kecil atau ˂ 1 mm.

  • Selain itu, jika digunakan dengan benar, Anda juga bisa menghitung selisih ukuran dan mengukur kedalaman objek

  • Banyak yang mengira bahwa jangka sorong hanya digunakan oleh para profesional, misalnya di laboratorium atau untuk survei lapangan. Padahal, tak jarang orang menggunakannya ketika membuat model plastik atau DIY. Alasannya, jangka sorong lebih mudah digunakan dan memiliki akurasi yang tinggi dibandingkan dengan penggaris biasa. 

Ada banyak produk jangka sorong dengan harga yang terjangkau. Karena itu, kami akan merekomendasikan berbagai jangka sorong yang dapat meningkatkan efektivitas dalam melakukan hobi atau pekerjaan Anda!

Cara memilih jangka sorong

Saat memilih jangka sorong, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis, bahan, tingkat akurasi, dan fungsi tambahan. Setiap poin tersebut akan kami jelaskan di bawah ini. Silakan gunakan sebagai referensi agar Anda tidak salah memilih.

Pilih jenis yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pertama, kami akan menjelaskan berbagai tipe yang ada. Secara umum ada tiga jenis jangka sorong, yaitu analog, digital, dan dial. Saat ini, jangka sorong yang paling populer adalah tipe digital dengan angka yang mudah dilihat. Namun, tipe analog dan dial juga memiliki kelebihan dan karakteristiknya masing-masing. Pahami kegunaan masing-masing untuk menentukan tipe yang paling cocok bagi Anda.

Jangka sorong analog, simpel dan tahan lama

Jangka sorong analog, simpel dan tahan lama

Jangka sorong analog adalah jenis tertua dan merupakan tipe yang paling standar. Bentuknya mirip dengan penggaris biasa dan memiliki skala utama dalam satuan 1 mm. Namun, ada juga skala lain yang disebut skala nonius (skala vernier) yang memungkinkan Anda membaca pengukuran kurang dari 1 mm


Saat menggunakannya, Anda harus membaca kedua penunjuk skala tersebut. Bagi yang tidak terbiasa tentunya akan mengalami kesulitan karena garis penunjuk skala yang tipis. Ditambah lagi, Anda mungkin akan kerepotan jika memiliki banyak objek yang harus diukur. Di sisi lain, jenis ini memiliki struktur sederhana dan memiliki umur yang panjang.

Jangka sorong dial, tampilan nilai pengukuran lebih jelas

Jangka sorong dial, tampilan nilai pengukuran lebih jelas

Jangka sorong ini memiliki tombol dan tampilan dial seperti jam. Skala nonius pada jangka ini berupa dial. Hal ini menyebabkan nilai numerik 1 mm atau kurang dari itu, lebih mudah dibaca daripada jangka sorong analog. Selain itu, jangka sorong dial memiliki deretan gigi mekanis pada bagian sorong.


Jarum pada dial bergerak sesuai dengan pergerakan sorong pada deretan gigi ini. Namun, jika ada debu masuk ke dalam deretan gigi dan gir pada mekanisme tersebut, akan terjadi gangguan pada kinerja dial. Jadi, debu yang masuk harus segera dibersihkan. Itu sebabnya, alat ini tidak cocok digunakan dalam aktivitas yang menghasilkan banyak debu.

Jangka sorong digital, nilai numeriknya mudah dibaca

Jangka sorong digital, nilai numeriknya mudah dibaca

Jangka sorong digital adalah jangka elektronik dengan nilai numerik yang ditampilkan secara digital. Alat ini nyaman digunakan karena bisa mengukur dengan cepat. Alat ini memiliki fungsi unik, seperti tombol untuk menahan nilai numerik dan mengembalikan numerik ukuran ke titik nol.


Namun, kebanyakan jangka digital menggunakan tenaga baterai sehingga tidak bisa digunakan lagi saat baterai habis. Hal ini tentu merepotkan jika Anda jarang menggunakannya. Untungnya, beberapa produk ada yang menggunakan teknologi lebih canggih, seperti tenaga surya. Terlepas dari itu, pada dasarnya produk ini ditujukan untuk para profesional yang menggunakan jangka sorong secara kontinu

Periksa akurasi alat, skala terkecil, dan tingkat kesalahan instrumen

Periksa akurasi alat, skala terkecil, dan tingkat kesalahan instrumen

Kebanyakan jangka sorong bisa mengukur hingga ketebalan 1 mm, bahkan kurang dari itu. Namun, setiap produk memiliki skala terkecil yang berbeda-beda. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih. Untuk lebih jelasnya, silakan simak poin-poin di bawah ini.


  • Skala terkecil adalah unit pengukuran terkecil yang dapat dibaca oleh jangka sorong. Sebagai contoh, produk dengan skala terkecil 0,05 mm artinya dapat mengukur nilai desimal 1,05; 1,1; 1,15 dan seterusnya. Semuanya dalam kelipatan 0,05 mm.

  • Jangka sorong analog memiliki skala terkecil dalam kelipatan 0,02 mm. Beberapa jangka dial dan digital memiliki skala terkecil hingga 0,01 mm untuk pembacaan ukuran yang lebih akurat. Karena itu, perhatikan skala terkecil pada jangka dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah bahwa tiap instrumen bisa saja memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah produk dari produsen yang tepercaya untuk memperoleh produk terbaik. 

Perhatikan panjang jangka sorong yang Anda pilih

Perhatikan panjang jangka sorong yang Anda pilih

Ada berbagai macam jangka sorong dengan panjang yang berbeda-beda di pasaran. Namun, kebanyakan jangka memiliki panjang dan nilai pengukuran maksimum 10 cm dan 15 cm. Hal apa yang menjadi pertimbangan sebelum memilih di antara keduanya? Silakan disimak.


  • Produk dengan nilai pengukuran maksimum 10 cm bisa mengukur produk hingga 10 cm. Namun, saat tangan memegang jangka, pengukuran maksimum jangka akan berkurang sekitar 6-7 cm. Karena itu, jangka sorong sepanjang 10 cm hanya bisa mengukur benda dengan ukuran maksimal 3-4 cm.

  • Sesuai dengan penjelasan di atas, jangka sepanjang 15 cm sebenarnya hanya bisa mengukur hingga ukuran maksimal 7-8 cm. Jadi, pikirkanlah ukuran objek yang ingin Anda ukur dan pilih jangka sorong yang sesuai. Untuk mengukur benda-benda kecil, jangka berukuran pendek yang bisa dimasukkan saku tentu lebih tepat digunakan.

Sesuaikan bahan jangka sorong dengan objek yang akan diukur

Sesuaikan bahan jangka sorong dengan objek yang akan diukur

Kebanyakan jangka sorong terbuat dari bahan stainless steel. Meski begitu, ada juga yang terbuat dari plastik polycarbonate atau serat karbon. Mari ikuti penjelasan berikut ini untuk menentukan jangka sorong yang sesuai untuk Anda.


  • Meskipun stainless steel lebih tahan lama dan memiliki bacaan yang akurat, bagian jaw yang mengapit objek cukup tajam. Karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat mengukur objek yang mudah tergores. Selain itu, jangka sorong berbahan baja juga tidak direkomendasikan untuk mengukur benda bermuatan listrik.

  • Di sisi lain, jangka sorong plastik tidak akan menggores objek. Plastik juga bukanlah konduktor arus listrik yang baik sehingga aman untuk mengukur objek yang bermuatan listrik. Ditambah lagi, produk dari plastik berbobot ringan serta tidak mudah rusak jika terjatuh. Namun, skala terkecil jangka sorong plastik hanya 0,05 mm dan akurasinya tidak sebagus produk berbahan stainless steel.

Cek fungsi tambahan yang Anda inginkan

Seringkali, jangka sorong dilengkapi dengan fungsi lain yang bisa membantu Anda. Karena itu, perhatikanlah fungsi lain yang Anda inginkan sebelum membeli produk. 

Sekrup pengunci slider untuk merekam pengukuran

Sekrup pengunci slider untuk merekam pengukuran

Terkadang Anda kesulitan membaca hasil pengukuran saat memegang objek dan jangka secara bersamaan. Di saat seperti itu, Anda memerlukan sekrup pengunci slider. Dengan sekrup tersebut, slider akan tetap berada di posisinya walaupun objek dilepas. Fungsi hold pada jangka sorong digital juga sama dengan sekrup pengunci pada jangka sorong analog dan dial.

Thumb roller untuk memudahkan menggeser slider dengan satu tangan

Thumb roller untuk memudahkan menggeser slider dengan satu tangan

Tentu agak merepotkan jika harus menggeser slider menggunakan dua tangan saat ingin mengukur objek. Untuk itu, carilah jangka dengan fungsi thumb roller. Thumb roller adalah sekrup untuk menyesuaikan slider dengan perlahan-lahan. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan slider dengan satu tangan tanpa harus melepaskan objek di tangan lainnya. 

10 Rekomendasi jangka sorong yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jangka sorong terbaik berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee

10
JenisDigital
Panjang150 mm
Tingkat ketelitianTidak ada keterangan
Bahan Tidak ada keterangan
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
9

C-MARTDial Caliper (Close Frame Type)

D0024-06

Mulai dari Rp 470.000,00

JenisDial
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
8

KrisbowJangka Sorong Digital 6 Inci

Mulai dari Rp 489.900,00

JenisDigital
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
7
JenisDial
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
6
JenisDigital
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
5
JenisAnalog
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
4

MitutoyoABSOLUTE Digimatic Caliper

500-196-20

Mulai dari Rp 762.000,00

JenisDigital
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
3
JenisAnalog
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,05 mm
Bahan Stainless steel
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
2

NANKAISketmat Digital 6 Carbon

Mulai dari Rp 255.000,00

JenisDigital
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Karbon
Sekrup pengunci/fungsi holdAda
Thumb rollerAda
1
JenisAnalog
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,05 mm
Bahan Plastik
Sekrup pengunci/fungsi holdTidak ada
Thumb rollerTidak ada

Tabel perbandingan produk jangka sorong yang bagus

Gambar produk
1
HDT Plastic Vernier Calipers 1

HDT

2
NANKAI Sketmat Digital 6 Carbon 1

NANKAI

3
TRICLE BRAND Jangka Sorong 1

TRICLE BRAND

4
Mitutoyo ABSOLUTE Digimatic Caliper 1

Mitutoyo

5
Kenmaster Vernier Caliper 6" 1

Kenmaster

6
Deli Vernier Caliper 1

Deli

7
INSIZE Dial Caliper  1

INSIZE

8
Krisbow Jangka Sorong Digital 6 Inci 1

Krisbow

9
C-MART Dial Caliper (Close Frame Type) 1

C-MART

10
TORA Sigmat Digital 1

TORA

Nama produk

Plastic Vernier Calipers

Sketmat Digital 6 Carbon

Jangka Sorong

ABSOLUTE Digimatic Caliper

Vernier Caliper 6"

Vernier Caliper

Dial Caliper

Jangka Sorong Digital 6 Inci

Dial Caliper (Close Frame Type)

Sigmat Digital

Keunggulan

Ringan! Bisa digunakan sebagai stationery biasa

Bahannya kokoh, mudah digunakan pula!

Jangka sorong berkualitas yang ramah di kantong

Error-free, mengukur pun makin percaya diri

Produk user-friendly dengan tampilan simpel

Empat fungsi untuk pengukuran menyeluruh

Dial dengan penunjuk yang mudah dibaca

Produk produksi lokal, tetapi berkualitas tinggi

Shockproof, lebih tahan terhadap guncangan atau kerusakan akibat terjatuh

Lebih aman berkat kotak penyimpanan yang kokoh

Harga mulai dariRp 7.900,00Rp 255.000,00Rp 55.000,00Rp 762.000,00Rp 80.400,00Rp 363.000,00Rp 560.000,00Rp 489.900,00Rp 470.000,00Rp 463.000,00
JenisAnalogDigitalAnalogDigitalAnalogDigitalDialDigitalDialDigital
Panjang150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm
Tingkat ketelitian0,05 mm0,02 mm0,05 mm0,01 mm0,02 mm0,01 mm0,02 mm0,01 mm0,02 mmTidak ada keterangan
Bahan PlastikKarbonStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelTidak ada keterangan
Sekrup pengunci/fungsi holdTidak adaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Thumb rollerTidak adaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Tautan produk

Cara menggunakan jangka sorong dengan benar

Cara menggunakan jangka sorong dengan benar
Agar mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, Anda perlu mengetahui cara menggunakan jangka sorong dengan benar. Bagaimana detailnya? Yuk, disimak!

  • Pertama-tama, lakukan kalibrasi pada jangka sorong agar tidak ada kesalahan pengukuran akibat kekeliruan pada alat. Proses kalibrasi dilakukan dengan memosisikan kedua rahang dalam kondisi tertutup atau saling menempel. Setelah itu, cek posisi slider. Jika posisinya tepat di angka nol skala utama, hal ini berarti jangka sorong siap untuk digunakan.

  • Langkah selanjutnya, kendurkan sekrup pengunci dan geser slider ke arah kanan. Ambil objek yang ingin diukur dan bersihkan permukaannya agar tidak memengaruhi keakuratan pengukuran.

  • Tempatkan objek yang telah dibersihkan tadi di antara rahang tetap dan slider. Kemudian, geser slider ke arah kiri sampai objek terjepit oleh kedua rahang.

  • Terakhir, kencangkan sekrup pengunci dan bacalah hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh jangka sorong.

Menggunakan jangka sorong ternyata mudah, bukan? Silakan dicoba dan semoga bermanfaat, ya!

Baca juga rekomendasi peralatan pertukangan lainnya disini

Selain jangka sorong, masih banyak lagi peralatan pertukangan yang dapat membantu pekerjaan Anda. Walaupun Anda tidak sering menggunakannya, apa salahnya sedia payung sebelum hujan? Silahkan membaca beberapa artikel di bawah ini untuk rekomendasi produk lainnya.

Kesimpulan

Setelah membaca poin pemilihan dan berbagai rekomendasi produk, apakah ada produk yang menarik hati Anda? Jangka sorong merupakan alat yang dapat berguna dalam berbagai hobi dan pekerjaan profesional. 


Bagi Anda yang tidak pernah mencoba jangka sorong, mungkin awalnya akan sedikit kebingungan. Namun, jika sudah terbiasa maka alat ini dapat membantu Anda mengerjakan hobi dengan lebih efisien. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba alat yang satu ini. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti tak asing dengan kunci ring pas. Selain untuk kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki benda apa pun yang memiliki baut. Bagi orang awam, Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu kunci ring pas dan bagaimana cara kerjanya?Kami akan menjelaskan cara memilih serta rekomendasi merek kunci ring pas yang bagus, seperti Tekiro, Wipro, Stanley, dan Deli. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Penasaran dengan detail lebih lanjutnya? Yuk, baca artikel ini secara saksama!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas pada vape tergabung dalam rangkaian atomizer atau alat untuk mengubah liquid menjadi uap. Pada prosesnya, kapas yang sudah menyerap liquid akan dipanaskan oleh coil hingga menghasilkan uap. Uap inilah yang memberikan rasa bagi pemakainya. Namun, kapas yang digunakan tidak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi rasa liquid.Di sini kami akan mengulas cara memilih kapas vape. Selanjutnya, kami juga merekomendasikan merek kapas vape yang bagus seperti Atomix, Cotton Bacon, dan Holy Fiber. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Penasaran seperti apa? Mari simak artikel ini sampai habis!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks. Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, memang lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun, sebenarnya hand tools tersebut juga bermanfaat dalam kebutuhan sehari-hari, di antaranya untuk memperbaiki mobil, motor, dan sebagainya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi tool kit terbaik dari berbagai brand. Produk dari merek tool kit terbaik, seperti Krisbow, Tekiro, dan lainnya, ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini untuk menemukan tool kit lengkap sesuai kebutuhan Anda!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gas torch adalah sejenis alat pemantik api yang biasa digunakan saat berkemah, memasak, dan mengelas besi. Dalam situasi outdoor, alat ini sangat berguna ketika Anda memerlukan api. Banyak sekali berbagai merek dan tipe gas torch di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung memilih gas torch yang paling sesuai untuk keperluan Anda. Karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gas torch terbaik. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Obeng adalah salah satu perkakas pertukangan yang mungkin sudah sering Anda temukan. Alat ini digunakan untuk mengencangkan dan melepaskan sekrup atau baut. Untuk menggunakannya, Anda harus memastikan tipe dan ukurannya sesuai dengan sekrup. Obeng kecil untuk HP tentu tidak dapat Anda gunakan untuk sekrup berukuran besar.Selain itu, ada beberapa tipe mata obeng, seperti obeng plus dan obeng minus. Lalu, bagaimana cara memilih obeng yang tepat? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti TEKIRO, NANKAI, dan STANLEY. Simak selengkapnya berikut ini!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Kaca Pembesar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kaca Pembesar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaca pembesar atau lup merupakan alat yang digunakan untuk mengamati objek-objek kecil. Anda dapat memanfaatkan kaca pembesar untuk berbagai hal, mulai dari untuk membaca koran, memperbaiki komponen, hingga membuat kreasi tangan. Ada juga jenis kaca pembesar HP yang berguna untuk memperbesar tampilan layar handphone. Saat ini, ada banyak merk kaca pembesar yang bagus dengan beragam spesifikasi, seperti Krisbow, Joyko, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari kaca pembesar, artikel ini bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik untuk Anda pertimbangkan. Bacalah dengan sakmasa dan temukan produk sesuai kebutuhan!
    Hand tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori