• 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Jangka sorong adalah alat untuk mengukur ketebalan benda dan diameter lubang, dengan akurasi hingga 0,01 milimeter. Alat ini digunakan untuk survei lapangan, hobi merakit model, serta aktivitas DIY (do it yourself). Ada tiga jenis jangka sorong di pasaran, yaitu analog, digital, dan dial.


Meskipun hanya ada tiga model jangka sorong, terkadang sulit memilih produk yang sesuai untuk Anda. Karena itu, kali ini kami akan mengulas poin yang harus diperhatikan saat memilih jangka sorong. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari simak artikel berikut!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Juni 2020
  • 128 Views
Daftar isi

Kemampuan mengukur hingga ˂ 1 mm

Kemampuan mengukur hingga ˂ 1 mm

Jangka sorong adalah alat ukur dengan slider yang dapat digeser pada penggaris. Alat ini mengukur ketebalan dan diameter dengan cara menjepit benda. Penjepit itulah yang disebut dengan 'jaw'. Anda dapat mengukur diameter bagian luar dan dalam objek yang sulit diukur dengan penggaris biasa, secara akurat. Alat ini juga bisa mengukur hingga unit kecil atau ˂ 1 mm. Selain itu, jika digunakan dengan benar, Anda juga bisa menghitung selisih ukuran dan mengukur kedalaman objek. 


Masih banyak yang mengira bahwa jangka sorong hanya digunakan oleh para profesional. Misalnya, penggunaan di laboratorium atau survei lapangan oleh pegawai proyek. Padahal, banyak pula orang yang menggunaan jangka sorong ketika membuat model plastik atau DIY. Alasannya, jangka sorong lebih mudah digunakan dan memiliki akurasi yang tinggi dibandingkan dengan penggaris biasa. 


Ada banyak produk jangka sorong dengan harga yang terjangkau. Karena itu, kami ingin merekomendasikan kelebihan jangka sorong yang dapat meningkatkan efektivitas dalam melakukan hobi Anda!

Cara memilih jangka sorong

Saat memilih jangka sorong, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis, bahan, tingkat akurasi, dan fungsi tambahan. Setiap poin akan kami jelaskan di bawah ini. Silahkan gunakan sebagai referensi agar Anda tidak salah memilih.

Pilih jenis yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pertama, kami akan menjelaskan berbagai tipe yang ada. Secara umum ada tiga jenis jangka sorong, yaitu analog, digital, dan dial. Saat ini, jangka sorong yang paling populer adalah tipe digital dengan angka yang mudah dilihat. Namun, tipe analog dan dial juga memiliki kelebihan dan karakteristiknya masing-masing. Pahami kegunaan masing-masing untuk menentukan tipe yang paling cocok bagi Anda.

Jangka sorong analog yang simpel dan tahan lama

Jangka sorong analog yang simpel dan tahan lama

Jangka sorong analog adalah jenis tertua dan paling standar. Bentuknya mirip dengan penggaris biasa. Jangka ini memiliki skala utama hingga satuan 1 mm. Namun, ada juga skala lain yang disebut skala nonius (skala vernier) yang memungkinkan Anda membaca pengukuran hingga 1 mm atau kurang. 


Saat menggunakannya, Anda harus membaca kedua penunjuk skala tersebut. Bagi yang tidak terbiasa tentunya akan mengalami kesulitan karena garis penunjuk skala yang tipis. Anda pastinya akan kerepotan jika memiliki banyak objek yang harus diukur. Di sisi lain, jenis ini memiliki struktur sederhana dan memiliki umur yang panjang.

Jangka sorong dial dengan tampilan nilai pengukuran yang jelas

Jangka sorong dial dengan tampilan nilai pengukuran yang jelas

Jangka sorong ini memiliki tombol dan tampilan dial seperti jam. Skala nonius pada jangka ini berupa dial. Hal ini menyebabkan nilai numerik 1 mm atau kurang dari itu, lebih mudah dibaca daripada jangka sorong analog.


Jangka sorong dial memiliki deretan gigi mekanis pada bagian sorong. Jarum pada dial bergerak sesuai dengan pergerakan sorong pada deretan gigi ini. Jika ada debu masuk ke dalam deretan gigi dan gir pada mekanisme tersebut, akan terjadi gangguan pada kinerja dial. Debu yang masuk harus segera dibersihkan. Karena itu, alat ini tidak cocok digunakan untuk aktivitas yang menghasilkan banyak debu.

Jangka sorong digital dengan nilai numerik yang mudah dibaca

Jangka sorong digital dengan nilai numerik yang mudah dibaca

Jangka sorong digital adalah jangka elektronik dengan nilai numerik yang ditampilkan secara digital. Alat ini nyaman digunakan karena bisa mengukur dengan cepat. Alat ini memiliki fungsi unik, seperti tombol untuk menahan nilai numerik dan mengembalikan numerik ukuran ke titik nol.


Kebanyakan jangka digital menggunakan tenaga baterai. Karena itu, jika baterai sudah habis, jangka tidak bisa digunakan lagi. Hal ini akan sangat merepotkan jika Anda jarang menggunakan jangka sorong. Beberapa model lain menggunakan teknologi daya yang lebih canggih, seperti tenaga surya. Pada dasarnya, produk ini diperuntukan untuk para profesional yang menggunakannya sehari-hari. 

Periksa akurasi alat, skala terkecil, dan tingkat kesalahan instrumen

Periksa akurasi alat, skala terkecil, dan tingkat kesalahan instrumen

Kebanyakan jangka sorong bisa mengukur hingga ketebalan 1 mm, bahkan kurang dari itu. Namun, setiap produk memiliki skala terkecil yang berbeda-beda. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih. Skala terkecil adalah unit pengukuran terkecil yang dapat dibaca oleh jangka sorong. Misalnya, jika produk memiliki skala terkecil 0,05 mm, Anda dapat mengukur nilai titik desimal 1,05; 1,1; 1,15 dan seterusnya. Semuanya dalam kelipatan 0,05 mm.


Jangka sorong analog memiliki skala terkecil kelipatan 0,02 mm. Beberapa jangka dial dan digital memiliki skala terkecil hingga 0,01 mm untuk pembacaan ukuran yang lebih akurat. Karena itu, perhatikan skala terkecil pada jangka dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa sering kali tiap instrumen memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Selain itu, pilihlah produk dari produsen yang terpercaya untuk memperoleh produk terbaik. 

Pilih yang mudah digunakan dengan satu tangan

Pilih yang mudah digunakan dengan satu tangan

Ada berbagai macam jangka sorong dengan panjang yang berbeda-beda di pasaran. Namun, kebanyakan jangka memiliki panjang dan nilai pengukuran maksimum 10 cm dan 15 cm. Tentu saja produk dengan nilai pengukuran maksimum 10 cm bisa mengukur produk hingga 10 cm. Namun, ingatlah bahwa tangan yang memegang jangka sorong akan mengurangi ukuran maksimum pengukuran. Misalkan, tangan kiri memegang objek dan kanan memegang jangka, pengukuran maksimum jangka akan berkurang sekitar 6-7 cm.


Karena itu, jangka sorong sepanjang 10 cm berarti hanya bisa mengukur maksimal 3-4 cm. Sama halnya dengan jangka sepanjang 15 cm yang sebenarnya hanya bisa mengukur objek hingga berukuran 7-8 cm. Pikirkanlah ukuran objek yang ingin Anda ukur dan sesuaikan dengan jangka yang akan Anda gunakan. Jika Anda akan mengukur benda-benda kecil, jangka pendek akan lebih pas dimasukkan saku atau casing. Perhatikan dahulu objek yang akan diukur agar Anda dapat memilih jangka sorong terbaik.

Pilih sesuai dengan objek yang akan diukur

Kebanyakan jangka sorong terbuat dari bahan stainless steel. Meski begitu, ada juga yang terbuat dari plastik polycarbonate atau serat karbon. Meskipun stainless steel lebih tahan lama dan memiliki bacaan yang akurat, bagian jaw yang mengapit objek cukup tajam. Karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat mengukur objek yang mudah tergores.


Di sisi lain, jangka dari plastik tidak akan menggores objek-objek yang halus. Plastik juga bukanlah konduktor arus listrik yang baik. Karena itu, jangka sorong plastik bisa digunakan untuk mengukur objek yang memiliki arus listrik. Produk dari plastik juga ringan, tahan karat, dan kotoran, serta tidak akan rusak jika jatuh. Namun, kelemahannya adalah pembacaan minimumnya hanya 0,1 mm dan akurasinya tidak sebagus produk berbahan stainless steel.

Perhatikan fungsi tambahan yang Anda inginkan

Sering kali, jangka sorong dilengkapi dengan fungsi lain yang bisa membantu Anda. Karena itu, perhatikanlah fungsi lain yang Anda inginkan sebelum membeli produk. 

Sekrup pengunci slider untuk merekam pengukuran

Terkadang Anda akan kesulitan membaca hasil pengukuran saat memegang objek dan jangka bersamaan. Di saat seperti itu, akan lebih mudah untuk melepaskan objek dari jangka agar hasil pengukuran lebih mudah dibaca. Dengan sekrup pengunci slider, Anda akan lebih mudah menjaga agar slider tidak bergerak walaupun dilepas dari objek. Fungsi hold pada jangka sorong digital juga memiliki peran yang sama dengan sekrup pengunci pada jangka sorong analog dan dial.

Sesuaikan slider dengan satu tangan menggunakan thumb roller

Kadang kali Anda kesulitan mengukur suatu objek karena harus menggeser slider dengan dua tangan. Untuk itu, carilah jangka dengan fungsi thumb roller. Thumb roller adalah sekrup untuk menyesuaikan slider dengan perlahan-lahan. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan slider dengan satu tangan tanpa harus melepaskan objek di tangan lainnya. 

Pertimbangkan kualitas produk dan budget Anda

Pertimbangkan kualitas produk dan budget Anda

Untuk memastikan Anda memilih produk dengan presisi tinggi, kami sarankan memilih merek dengan reputasi yang terpercaya.


Salah satu produk terkenal di Indonesia adalah merek dari Jepang, yaitu Mitutoyo. Mitutoyo sering disebut sebagai produsen jangka sorong terbaik. Merek ini memiliki slider yang mudah digerakan. Produknya sering dipakai oleh para profesional di bidangnya. Wajar saja apabila harganya sedikit lebih mahal daripada produk lainnnya. Jika Anda memiliki budget yang sesuai, kami sarankan untuk mempertimbangkan merek ini terlebih dahulu.


Mempertimbangkan produsen lokal seperti Krisbow pun tak ada salahnya. Harganya juga cenderung lebih terjangkau daripada merek Mitutoyo. Namun, kelancaran slider dan akurasi alat berbeda-beda tergantung produsen. Banyak juga pengguna yang mengatakan bahwa merek lainnya memiliki kemampuan yang cukup untuk aplikasi hobi. Karena itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan penggunaan Anda. 

10 Rekomendasi jangka sorong terbaik

Kami sudah menjelaskan poin yang harus diperhatikan saat memilih jangka sorong. Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kegunaan dan budget Anda.

10
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,1 mm
Bahan Plastik
Thumb rollerAda
Fungsi holdTidak ada
9
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
8
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
7
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,1 mm
Bahan Plastik karbon fiber dan stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
6
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
5
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,03 mm (badan jangka)・0,02 mm (cakram dial)
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
4
Panjang300 mm
Tingkat ketelitian0,02 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
3
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
2
Panjang150 mm
Tingkat ketelitian0,05 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda
1
Panjang6 inci
Tingkat ketelitian0,01 mm
Bahan Stainless steel
Thumb rollerAda
Fungsi holdAda

Tabel perbandingan produk jangka sorong terbaik

Gambar produk
1
MITUTOYO Digital Caliper 1

MITUTOYO

2
MITUTOYO Vernier Caliper 1

MITUTOYO

3
Krisbow Digital Caliper 1

Krisbow

4
MITUTOYO Dial Caliper 1

MITUTOYO

5
Insize Dial Caliper  1

Insize

6
KENMASTER Vernier Caliper 6" 1

KENMASTER

7
Fiber Carbon Digital Vernier Caliper 1

8
C-Mart Dial Caliper 1

C-Mart

9
C-MART  Vernier Caliper 1

C-MART

10
Jangka Sorong Plastik 1

Nama produk

Digital Caliper

Vernier Caliper

Digital Caliper

Dial Caliper

Dial Caliper

Vernier Caliper 6"

Fiber Carbon Digital Vernier Caliper

Dial Caliper

Vernier Caliper

Jangka Sorong Plastik

KeunggulanKecepatan pengukuran tinggi...Skala tercetak miring, muda...Kualitas tinggi dari merek ...Jaw ramping untuk pengukura...Dial dengan penunjuk yang m...Produk user-friendly dengan...Empat fungsi untuk pengukur...Lebih tahan terhadap guncan...Grafir skala yang tidak mud...Ringan! Bisa digunakan seba...
HargaRp 1.143.000,00Rp 400.000,00Rp 519.000,00Rp 1.978.000,00Rp 845.000,00Rp 58.800,00Rp 68.000,00Rp 504.000,00Rp 218.000,00Rp 10,83
Panjang6 inci150 mm150 mm300 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm150 mm
Tingkat ketelitian0,01 mm0,05 mm0,01 mm0,02 mm0,03 mm (badan jangka)・0,02 mm (cakram dial)0,02 mm0,1 mm0,02 mm0,01 mm0,1 mm
Bahan Stainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelPlastik karbon fiber dan stainless steelStainless steelStainless steelPlastik
Thumb rollerAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Fungsi holdAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk peralatan pertukangan lainnya disini!

Selain jangka sorong, masih banyak lagi peralatan pertukangan yang dapat membantu pekerjaan Anda. Walaupun Anda tidak sering menggunakannya, apa salahnya sedia payung sebelum hujan? Silahkan membaca beberapa artikel di bawah ini untuk rekomendasi produk lainnya.

Kesimpulan

Setelah membaca poin pemilihan dan berbagai rekomendasi produk, apakah ada produk yang menarik hati Anda? 


Jangka sorong merupakan alat yang dapat berguna dalam berbagai hobi dan pekerjaan profesional. Bagi Anda yang tidak pernah mencoba jangka sorong, mungkin awalnya akan sedikit kebingungan. Namun, jika sudah terbiasa maka alat ini dapat membantu Anda mengerjakan hobi dengan lebih efisien. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba alat yang satu ini. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin amplas elektrik dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kayu dan berbagai jenis logam. Bila Anda suka memperbaiki sendiri furnitur yang dimiliki, tentu Anda harus memiliki alat ini. Namun, banyaknya merek mesin amplas elektrik seperti Maktec, Makita, dan Bosch mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kemudian, kami juga akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik untuk Anda. Dengan amplas elektrik, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 20-30 menit lebih cepat dibanding menggunakan kertas amplas biasa. Yuk, baca terus untuk mengetahui lebih jauh!
    DIY & tools
    10.540 Views
  • 10 Rekomendasi Trolley Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Trolley Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Trolley barang adalah alat yang digunakan untuk membantu Anda ketika memindahkan barang yang berat. Terdapat berbagai jenis trolley barang. Nah, menggunakan trolley yang tidak sesuai tentunya malah akan menghambat pekerjaan Anda, bukan?Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips-tips penting yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli trolley barang. Kami juga akan memperkenalkan produk-produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama.
    DIY & tools
    4.803 Views
  • 10 Rekomendasi Multi Tools Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multi Tools Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multi tools yang kadang disebut juga sebagai pisau tentara, pisau multifungsi, atau pisau survival memiliki berbagai kegunaan. Hal itulah yang membuatnya menjadi sangat populer. Anda akan menemukan berbagai multi tools dengan merek Victorinox, Traveler, atau Mollar Professional beredar di pasaran sehingga Anda bisa saja kebingungan saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi multi tools terbaik. Anda akan menemukan berbagai multi tools berkualitas dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda satu sama lain dalam daftar rekomendasi kami. Apalagi, Anda bisa membeli seluruh produk tersebut dengan mudah di online shop. Temukan pisau yang cocok dan bagus untuk Anda di sini!
    DIY & tools
    2.343 Views
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tang potong kabel merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan Anda memotong kabel. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan potongan kabel yang rapi. Ada tiga tipe tang potong kabel yang diproduksi oleh berbagai manufaktur. Beberapa merek yang dikenal di antaranya adalah Krisbow, Tekiro, dan Nankai.Bagaimana cara memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai, simaklah poin-poin berikut ini. Setelah itu, simak juga rekomendasi produk tang potong kabel terbaik yang telah kami susun untuk Anda. Selamat membaca!
    DIY & tools
    6.962 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2020)
    Buku tamu pada pesta pernikahan pada dasarnya digunakan untuk mendata tamu-tamu yang hadir. Para tamu umumnya mengisi data pribadi, seperti nama dan alamat. Namun, seiring perkembangan zaman banyak dijual buku tamu dengan desain yang lucu dan unik, misalnya jenis buku tamu yang dilengkapi foto atau jenis kartu.Untuk membantu Anda memilih buku tamu, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis buku tamu, poin penting dalam memilih buku tamu, serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan gaya pernikahan idaman Anda setelah membaca artikel ini!
    DIY & tools
    3.027 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    6.995 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca. Sifatnya yang kuat dan ringan menjadikan akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, meja, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Kali ini kami akan membahas ciri-ciri lem akrilik yang paling pas untuk Anda. Dengan lem yang tepat, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    DIY & tools
    7.189 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Serbaguna Terbaik untuk Keperluan DIY (Do It Yourself) (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gunting Serbaguna Terbaik untuk Keperluan DIY (Do It Yourself) (Terbaru Tahun 2020)
    Gunting serbaguna merupakan jenis gunting yang tidak memiliki fungsi spesifik, tetapi dapat dipakai untuk banyak kebutuhan. Dengan merebaknya demam DIY (Do It Yourself), gunting serbaguna pun makin diminati karena dinilai lebih multifungsi. Anda dapat memakai gunting jenis ini untuk memotong pelbagai jenis bahan. Dengan gunting serbaguna, Anda bisa menghemat biaya karena hanya cukup membeli satu alat untuk meng-cover banyak kebutuhan. Lantas, gunting serbaguna seperti apa yang harus dipilih? Selain merek Stanley dan Camel, simak rekomendasi gunting serbaguna selengkapnya dari kami.
    DIY & tools
    288 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    DIY & tools
    3.733 Views
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. pH meter dengan berbagai jenis dan fungsi sudah banyak dijual di pasaran, apalagi yang harganya terjangkau. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara, dari penggunaannya, ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.Anda kesulitan mencari pH meter yang sesuai kebutuhan? Di artikel ini, kami akan membagikan tips memilih pH meter yang baik. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa produk dari merek terbaik, seperti Horiba, Hanna Instrument, atau Thermo Scientific!
    DIY & tools
    1.348 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    75.245 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    58.221 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    32.114 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    6.995 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    21.272 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    DIY & tools
    18.852 Views
  • 10 Rekomendasi Cutter Terbaik untuk Alat Bangunan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cutter Terbaik untuk Alat Bangunan (Terbaru Tahun 2020)
    Cutter merupakan alat yang praktis untuk memotong kertas hingga karton. Selain digunakan untuk kertas, ada pula cutter yang digunakan khusus untuk memotong kebutuhan DIY seperti eternit atau kayu. Akan tetapi, banyaknya jenis dan merek yang dijual di pasaran pastinya membuat Anda bingung memilih.Karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk cutter terbaik untuk alat bangunan. Anda dapat menemukan produk merek ternama, seperti OLFA, Sherlock, Stanley, dan sebagainya. Tidak perlu menunggu lama, mari simak lebih lanjut! ♪
    DIY & tools
    138 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori