• 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam perawatan kulit. Karena itu, para pemula disarankan untuk mencoba exfoliating toner. Exfoliating toner adalah cara mudah dan aman untuk Anda yang ingin melakukan eksfoliasi. Saat ini sudah tersedia berbagai produk untuk bermacam tipe kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.


Untuk membantu Anda, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih exfoliating toner terbaik. Temukan juga rekomendasi exfoliating toner yang bagus dari berbagai merk, seperti Some By Mi, Kiehl's, Hada Labo, dan lainnya. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Azzahra Ratu Kamila
Cyanophyta
  • Pembaharuan terakhir: 24 Mei 2021
  • 206.303 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klink Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Mengapa Anda butuh exfoliating toner?

Mengapa Anda butuh exfoliating toner?

Problem kebanyakan orang tak jauh dari wajah yang kusam, warna kulit tidak merata, berjerawat, atau komedo. Semua itu terjadi karena sel kulit mati yang terdapat di wajah tidak dibersihkan sehingga menyebabkan kulit sulit beregenerasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan eksfoliasi kulit secara rutin, khususnya yang sudah mulai menginjakkan umur remaja. 


Fungsi utama dari eksfoliasi kulit adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan sisa kotoran ataupun minyak berlebih. Bukan hanya itu saja, kulit juga bisa jadi lebih cerah dan halus jika dilakukan secara teratur. Selain itu, skincare yang Anda gunakan sehari-hari pun dapat lebih mudah menyerap sekaligus bekerja makin optimal.


Dibandingkan melakukan physical exfoliant, seperti menggunakan scrub, brush, sponge, atau sarung tangan, eksfoliasi secara kimia dinilai lebih lembut dan aman. Selain itu, daripada harus melakukan perawatan peeling di dokter, eksfoliasi kimia juga jauh lebih terjangkau. Eksfoliasi kimia salah satunya adalah exfoliating toner. Anda bisa mulai memasukkan exfoliating toner ke dalam rangkaian skincare Anda untuk mendapatkan kulit yang lebih indah dan glowing

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kulit manusia pada dasarnya mengalami proses pelepasan sel kulit mati secara alami. Nah, diperlukan proses pelepasan sel kulit mati secara teratur dan berkala untuk mendapatkan regenerasi kulit yang sehat. 


Namun, proses ini sering kali mengalami gangguan akibat polusi, paparan sinar ultraviolet, dan penggunaan jenis kosmetik tertentu. Gangguan ini juga bisa terjadi karena jenis kulit yang berminyak dan pertambahan usia.


Exfoliating adalah proses pengangkatan sel kulit mati. Tujuannya adalah untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati yang berlebih. Dengan begitu, regenerasi kulit dapat berjalan lebih baik dan Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat.


Saat sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit maka akan terjadi penyumbatan di pori-pori. Akibatnya, sebum menjadi tersumbat. Sumbatan sebum inilah penyebab timbulnya komedo. Hal ini biasanya terjadi pada tipe kulit berminyak atau acne-prone skin


Komedo yang tidak cepat diatasi dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi dan berkembang menjadi jerawat merah dan bengkak. Saat sel kulit mati yang terluar diangkat melalui proses exfoliating, sumbatan pori akibat penumpukan sel kulit mati dapat berkurang. Hal ini dapat membantu mengurangi masalah komedo dan jerawat.


Selain itu, tumpukan sel kulit mati akan menyebabkan penampakan kulit menjadi kusam. Penumpukan sel kulit mati yang terlalu tebal akan menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar dan tidak rata. Proses exfoliating dapat membuat kulit yang kasar menjadi lebih halus dan tampak glowing.

Cara memilih exfoliating toner

Memilih exfoliating toner tidak bisa sembarangan, Anda perlu mengetahui produk mana yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, ada beberapa hal juga yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Perhatikan poin-poin di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya. 

Pilih kandungan acid sesuai jenis kulit Anda

Exfoliating toner umumnya terdiri dari kandungan AHA, BHA, atau PHA. Cari tahu kandungan acid yang cocok untuk jenis kulit Anda! Jangan sampai salah pilih, ya! 

Alpha Hydroxy Acid (AHA), lembut dan melembapkan kulit kering sekalipun

Alpha Hydroxy Acid (AHA), lembut dan melembapkan kulit kering sekalipun

AHA biasa juga dikenal dengan sebutan glycolic acid, citric acid, lactic acid, atau mandelic acid. AHA adalah asam yang larut dalam air dan umumnya terbuat dari sari buah. Asam ini bekerja pada permukaan kulit saja dan berfungsi mengelupas serta membuat sel kulit baru. Kandungan AHA diteliti aman untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif karena memiliki komponen pelembap. 


Tidak hanya mengeksfoliasi, AHA juga mampu mencerahkan, menyamarkan kerutan, memperbaiki tekstur kulit, juga mengecilkan pori-pori. Kadar efektif untuk AHA berkisar antara 8-10%. Namun, makin kecil persentase kandungannya dalam skincare, makin kecil juga kemungkinan Anda mengalami iritasi. Jadi, bagi Anda yang baru mulai mencoba exfoliating toner, carilah kandungan AHA dan pH yang rendah.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Alpha hydroxy acid (AHA) memiliki berbagai peran dan fungsi terhadap kulit tergantung pada konsentrasi dan kadar keasamaan (pH). AHA pada konsentrasi di bawah 3% bersifat sebagai pelembap karena mampu mengikat air sehingga mempertahankan hidrasi kulit. Sementara itu, AHA dengan konsentrasi lebih dari 4% dengan pH 3–4 akan berperan sebagai exfoliating agent yang melepaskan ikatan sel kulit mati.


Produk AHA yang dipasarkan secara bebas atau over the counter yang aman digunakan memiliki konsentrasi di bawah 10%. AHA berkonsentrasi tinggi berisiko menyebabkan iritasi kulit dan penggunaanya perlu dalam pengawasan dokter. Exfoliating toner jenis AHA tidak cocok digunakan pada tipe kulit sensitif. Hal ini karena AHA dapat memberikan sensasi menyengat di kulit saat aplikasi dan berisiko menyebabkan iritasi.

Beta Hydroxy Acid (BHA), ampuh mengatasi kulit berminyak dan berkomedo

Beta Hydroxy Acid (BHA), ampuh mengatasi kulit berminyak dan berkomedo

BHA sering juga disebut dengan salicylic acid dan Anda yang memiliki kulit berminyak. Berbeda dengan AHA, kandungan BHA dapat menembus masuk ke dalam pori-pori untuk menghilangkan minyak dan kotoran berlebih. 


Maka dari itu, BHA kurang cocok digunakan untuk kulit kering apalagi sensitif. Kadar yang efektif untuk BHA adalah berkisar antara 1-2%. Anda yang memiliki masalah dengan pori-pori besar dan ingin menghilangkan komedo dapat menggunakan exfoliating toner yang mengandung BHA.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Beta hydroxy acid (BHA) merupakan pilihan bahan aktif yang sesuai untuk kulit jenis berminyak dan acne-prone skin. Konsentrasinya bisa bervariasi antara 0,5%–5%. BHA memiliki kemampuan eksfoliasi melepaskan sel kulit mati yang menjadi penyebab terjadinya sumbatan sebum penyebab komedo. 


BHA juga berperan mengurangi produksi sebum serta memiliki efek anti-inflamasi. Kandungan ini juga memiliki efek antibakteri sehingga cocok untuk kulit para acne fighters.

Polyhydroxy Acid (PHA), aman untuk kulit sensitif

Polyhydroxy Acid (PHA), aman untuk kulit sensitif

Nah, jika acid berbahan AHA dapat memicu peradangan kulit, mungkin Anda harus mencari acid dengan kandungan PHA. PHA merupakan acid yang memiliki molekul lebih besar dibandingkan AHA dan BHA. Makin besar molekul, makin sulit pula kandungan tersebut untuk masuk ke dalam pori-pori dan memicu iritasi. PHA umumnya dikenal sebagai asam laktobionat, galaktosa, asam glukonat, atau gluconolactone


Di sisi lain, acid ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Jadi, tidak heran banyak juga skincare yang menggabungkan PHA dengan AHA dan BHA. Hal ini dikarenakan fungsinya yang dapat menetralkan dan mencegah iritasi berlebih pada kulit. Anda yang memiliki kulit supersensitif mungkin harus lebih cermat mencari produk dengan kandungan PHA di dalamnya. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Polyhydroxy acid (PHA) merupakan golongan acid dengan ukuran molekul yang lebih besar dibandingkan dengan AHA dan BHA. Dengan demikian, PHA tidak bisa berpenetrasi jauh ke dalam kulit seperti jenis acid lainnya. 


PHA memiliki efek eksfoliasi seperti AHA dan BHA, tetapi sifatnya lebih ringan dan lembut. PHA juga memiliki kemampuan melembapkan kulit dengan mempertahankan kandungan air di dalam kulit. Oleh karena itu, PHA cocok untuk kulit yang sensitif

Cari kandungan lain yang mampu menenangkan kulit

Cari kandungan lain yang mampu menenangkan kulit

Bahan acid yang terkandung di dalam exfoliating toner sangat mungkin membuat kulit Anda iritasi. Untuk menghindarinya, carilah toner yang memiliki kandungan lain untuk menenangkan kulit dan mengurangi potensi iritasi. 


Ada banyak sekali bahan yang menenangkan, seperti aloe vera, chamomile, atau ginseng. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, bahan penenang seperti ini sangatlah penting. Jadi, pastikan Anda membaca tabel komposisi produk dengan baik sebelum membelinya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Penggunaan exfoliating toner sebaiknya dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang memiliki efek melembapkan dan menenangkan kulit. Hal ini bertujuan supaya kulit dapat mempertahankan hidrasinya sehingga tidak menjadi kering dan menimbulkan reaksi iritasi. Selain itu, penggunaan pelembap setelah memakai exfoliating toner juga dapat mempertahankan hidrasi kulit.

Pilih kemasan sample atau travel size saat pertama kali mencoba

Pilih kemasan sample atau travel size saat pertama kali mencoba

Saat pertama kali mencoba exfoliating toner, sebaiknya Anda membeli ukuran kecil terlebih dahulu untuk uji coba. Jika produk yang akan Anda beli tidak memiliki ukuran sample atau travel size, belilah kemasan share in jar


Di eccomerce sites, biasanya banyak yang menjual kemasan share in jar agar Anda bisa mencoba produk tersebut sebelum membeli ukuran aslinya. Dengan begitu, produk yang Anda beli tidak akan mubazir. Namun, pastikan produknya dikemas secara higienis dan belilah dari seller tepercaya, ya!

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pilihlah exfoliating toner dengan bahan aktif yang sesuai dengan jenis kulit. Tidak lupa, gunakan juga exfoliating toner setelah wajah dibersihkan. Jika ingin mencoba exfoliating toner, mulailah dengan konsentrasi yang rendah. Setelah itu Anda dapat meningkatkan konsentrasinya sesuai dengan kebutuhan secara bertahap.


Gunakanlah exfoliating toner sebanyak satu atau maksimal dua kali dalam seminggu. Penggunaan yang terlalu sering dan konsentrasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Hal ini juga dapat membuat kulit mudah mengalami inflamasi atau meradang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

COSRXNatural BHA Skin Returning A-Sol

Mulai dari Rp 205.500,00

Spesialis
mybest

COSRXAHA 7 Whitehead Power Liquid

Mulai dari Rp 240.000,00

Spesialis
mybest

Erha21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel 60ml

Mulai dari Rp 82.000,00

10 Rekomendasi exfoliating toner terbaik

Setelah mengetahui cara memilih exfoliating toner yang tepat, saatnya memilih produk yang cocok untuk Anda. Di bawah ini, kami telah mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik di pasaran yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli. Produk-produk ini merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. Simak baik-baik!

10
Komposisi utamaGlycolic acid, kale extract, spinach extract, parsley extract, green apple extract, allantoin, aloe barbadensis leaf water
Untuk jenis kulitKering
Varian ukuran200 ml
9

Johnson & JohnsonClean & Clear Oil Control Toner

Mulai dari Rp 20.000,00

Komposisi utamaSalicylic acid, allantoin, panthenol
Untuk jenis kulitBerminyak
Varian ukuran100 ml
8
Komposisi utamaBHA (0.5%), hyaluronic acid, aloe barbadensis leaf extract, water, and juice
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Varian ukuran50 ml, 200 ml
7
Komposisi utamaSalicylic acid, polyglutamic acid., glycolic acid, glycerin, gluconolactone, tea tree extract, witch hazel, chamomilla flower extract, raspberry extract, aloe barbadensis leaf juice
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Varian ukuran20 ml, 100 ml
6
Komposisi utamaGluconic acid, tranexamic acid
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Varian ukuran100 ml, 170 ml
5

GlossierSolution Exfoliating Skin Perfector

Mulai dari Rp 608.000,00

Komposisi utamaSalicylic acid, lactic acid, glycolic acid, gluconolactone, aloe barbadensis leaf juice, citric acid, glycerin
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Varian ukuran130 ml
4
Komposisi utamaGlycolic acid, glutamic acid, citric acid, glycerin, aloe barbadensis leaf water, tasmannia leaf extract, ginseng root extract, rose water
Untuk jenis kulitKering
Varian ukuran240 ml
3

Some By MiAHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Mulai dari Rp 145.000,00

Komposisi utamaSalicylic acid, lactobionic acid, citric acid, witch hazel, glycerin
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Varian ukuran30 ml, 150 ml
2

COSRXBHA Blackhead Power Liquid

CXMH0502

Mulai dari Rp 250.000,00

Komposisi utamaBetaine salicylate, niacinamide, butylene glycol, sodium hyaluronate, salix alba bark water
Untuk jenis kulitBerminyak
Varian ukuran100 ml
1
Komposisi utamaGlycolic acid, glutamic acid, ammonium glycolate, aloe barbadensis leaf juice, witch hazel, ginseng root extract, glycerin
Untuk jenis kulitBerminyak, kering
Varian ukuran15 ml, 100 ml, 250 ml

Tabel perbandingan produk exfoliating toner terbaik

Gambar produk
1
Pixy Glow Tonic 1

Pixy

2
COSRX BHA Blackhead Power Liquid 1

COSRX

3
Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner 1

Some By Mi

4
The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution 1

The Ordinary

5
Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector 1

Glossier

6
Rohto  Hada Labo Mild Peeling Lotion  1

Rohto

7
Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner 1

Avoskin Beauty

8
Benton Aloe BHA Skin Toner 1

Benton

9
Johnson & Johnson Clean & Clear Oil Control Toner 1

Johnson & Johnson

10
KraveBeauty Kale-Lalu-YAHA 1

KraveBeauty

Nama produk

Glow Tonic

BHA Blackhead Power Liquid

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Glycolic Acid 7% Toning Solution

Solution Exfoliating Skin Perfector

Hada Labo Mild Peeling Lotion

Miraculous Refining Toner

Aloe BHA Skin Toner

Clean & Clear Oil Control Toner

Kale-Lalu-YAHA

Keunggulan

Buat kulit Anda makin glowing dan lembut!

Membersihkan komedo membandel sekaligus melembapkan kulit

Nyaman digunakan setiap hari berkat kandungan acid yang ringan

Solusi untuk kulit kering yang kusam

Botolnya didesain unik yang mudah digunakan!

Formulanya lembut, rekomendasi exfoliating toner untuk pemula!

Brand lokal yang punya kemasan elegan

Kandungan Aloe vera di dalamnya mampu menenangkan kulit bermasalah

Produk yang diformulasikan untuk kulit remaja

Kaya akan antioksidan yang melindungi kulit

Harga mulai dariRp 260.000,00Rp 250.000,00Rp 145.000,00Rp 290.000,00Rp 608.000,00Rp 41.000,00Rp 169.000,00Rp 144.900,00Rp 20.000,00Rp 410.000,00
Komposisi utamaGlycolic acid, glutamic acid, ammonium glycolate, aloe barbadensis leaf juice, witch hazel, ginseng root extract, glycerinBetaine salicylate, niacinamide, butylene glycol, sodium hyaluronate, salix alba bark waterSalicylic acid, lactobionic acid, citric acid, witch hazel, glycerinGlycolic acid, glutamic acid, citric acid, glycerin, aloe barbadensis leaf water, tasmannia leaf extract, ginseng root extract, rose waterSalicylic acid, lactic acid, glycolic acid, gluconolactone, aloe barbadensis leaf juice, citric acid, glycerinGluconic acid, tranexamic acidSalicylic acid, polyglutamic acid., glycolic acid, glycerin, gluconolactone, tea tree extract, witch hazel, chamomilla flower extract, raspberry extract, aloe barbadensis leaf juiceBHA (0.5%), hyaluronic acid, aloe barbadensis leaf extract, water, and juiceSalicylic acid, allantoin, panthenolGlycolic acid, kale extract, spinach extract, parsley extract, green apple extract, allantoin, aloe barbadensis leaf water
Untuk jenis kulitBerminyak, keringBerminyakSemua jenis kulitKeringSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitBerminyakKering
Varian ukuran15 ml, 100 ml, 250 ml100 ml30 ml, 150 ml240 ml130 ml100 ml, 170 ml20 ml, 100 ml50 ml, 200 ml100 ml200 ml
Tautan produk

Tips menggunakan exfoliating toner

Tips menggunakan exfoliating toner

Setelah mengetahui cara memilih produk exfoliating toner yang tepat untuk kulit Anda, sekarang kami akan membahas cara menggunakannya. Perhatikan hal-hal berikut ini:


  • Gunakan maksimal dua minggu sekali: Exfoliating toner bersifat asam dan dapat mengelupas kulit. Maka dari itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu sering. Idealnya, exfoliating toner digunakan maksimal dua kali dalam seminggu. Akan lebih baik lagi jika Anda memberikan jarak pemakaian dan tidak digunakan secara berturut-turut.
  • Lakukan tes untuk pertama kalinya: Sebelum menggunakan exfoliating toner, sebaiknya Anda melakukan tes kecocokan terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit produk di punggung tangan Anda dan lihat dalam beberapa saat. Jika terjadi kemerahan, rasa terbakar, atau gatal-gatal, artinya Anda tidak cocok menggunakan produk tersebut. Sebaliknya, jika tidak ada efek apa pun artinya produk tersebut aman untuk digunakan di wajah.
  • Jangan gunakan skincare lain yang mengandung bahan acid bersamaan: Untuk menghindari terjadinya iritasi atau overexfoliating, jangan gunakan produk skincare berbahan acid bersamaan. Anda juga tidak boleh menggunakan dua jenis exfoliating toner bersamaan dalam satu waktu. Akan lebih baik, jika Anda menggunakan hydrating toner atau skincare yang melembapkan setelah menggunakan exfoliating toner.
  • Selalu gunakan sunscreen pada pagi hari: Kandungan acid dalam exfoliating toner, terutama AHA, dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan penggunaan sunscreen pada pagi hari. Meski Anda mengaplikasikan exfoliating toner pada malam hari, penggunaan sunscreen tetap tidak boleh dilewatkan. Jika tidak, kulit bisa mengalami iritasi kemerahan dan break out.
  • Hentikan pemakaian jika kulit iritasi: Apabila kulit Anda mengalami gatal, panas, kemerahan, bahkan sakit tak tertahankan, artinya kulit Anda mengalami iritasi. Jika hal itu terjadi, hentikan pemakaian exfoliating toner dan tenangkan kulit dengan aloe vera gel. Namun, Anda perlu membedakan rasa sakit dengan efek tingling yang mungkin terjadi saat penggunaan produk. Efek tingling atau rasa cekat-cekit sangat wajar terjadi, meski tidak semua orang akan merasakannya. 

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Iritasi kulit biasa ditandai dengan rasa tidak nyaman, kulit terasa tertarik, kering, bahkan sampai perih atau gatal. Jika Anda menyadari adanya tanda-tanda tersebut, segeralah hentikan pemakaian exfoliating toner. Atasi keluhan dengan menggunakan pelembap dan segera mencari pertolongan tenaga medis atau dokter spesialis kulit dan kelamin yang kompeten.

Baca juga rekomendasi produk toner lainnya di sini

Tertarik dengan produk toner? Selain exfoliating toner, kami juga memiliki artikel lainnya yang membahas tentang toner. Anda bisa menemukan rekomendasi tentang hydrating toner, toner untuk kulit kering, sensitif, berminyak, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik link-link di bawah ini! 

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kandungan exfoliating toner sebelum membelinya. Lakukanlah patch test terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kulit yang kering dan sensitif. Jangan lupa juga gunakan sunscreen setelah menggunakan toner berbahan acid. Semoga dengan artikel kali ini, Anda tidak galau lagi saat ingin menggunakan produk eksfoliasi! Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    890.169 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    684.171 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    492.505 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    610.034 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    612.476 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    140.912 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Pembersih Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Menginjak usia 40-an, masalah kulit cenderung makin banyak bermunculan, seperti kulit kering, kusam, keriput, dan bintik hitam. Untuk itu, Anda membutuhkan produk perawatan kulit yang tepat, termasuk sabun pembersih wajah. Namun, sabun pembersih wajah mana yang cocok untuk Anda?Kali ini, kami akan mengulas cara memilih sabun pembersih wajah yang tepat bagi Anda yang berumur 40-an. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Sensatia Botanicals, Avenoo, hingga Clinique. Silakan simak ulasan kami dan gunakan sebagai referensi dalam berbelanja, ya!
    Perawatan wajah
    74.893 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori