mybest
Face toner & face tonic

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam perawatan kulit. Exfoliating toner adalah bentuk chemical exfoliator yang aman bagi pemula sekalipun. Saat ini sudah tersedia berbagai produk untuk bermacam tipe kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.


SKINTIFIC, Azarine, dan SOMETHINC adalah contoh merek yang punya produk exfoliating toner. Namun, berapa kadar exfoliating agent yang pas untuk masalah kulit Anda? Supaya tak salah memilih, baik kadar dan kandungan aktifnya, kami dibantu dr. Ida Ayu Diah akan mengulas cara memilih exfoliating toner. Simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 24/08/2023
dr. Ida Ayu Diah
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

dr. Dayu Diah adalah dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetik yang memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha. Berpengalaman dalam menangani masalah kulit dan estetika, dr. Dayu Diah kini menjalankan praktiknya di beberapa rumah sakit dan klinik kulit dan kecantikan, seperti Puriva Clinic Sunset Road dan Euderma Clinic Singaraja.

Profil dr. Ida Ayu Diah
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu toner eksfoliasi?

Apa itu toner eksfoliasi?
Toner eksfoliasi adalah cairan yang mengandung exfoliating agent sebagai bahan aktif dan bermanfaat untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Dengan pengangkatan sel kulit mati, sel kulit jadi terangsang untuk beregenerasi dan menghasilkan sel kulit baru yang lebih sehat.

Adapun exfoliating agent yang lazim ada dalam toner eksfoliasi adalah alpha-hydroxy acid (AHA), beta-hydroxy acid (BHA), dan polyhydroxy acid (PHA). Perlu diketahui, penggunaan bahan eksfoliasi harus tepat agar tidak timbul efek samping yang tidak diharapkan.
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Kebutuhan penggunaan toner eksfoliasi bergantung pada kondisi kulit dan kebiasaan penggunaan skincare lain serta perawatan rutin yang dijalani oleh setiap individu. Jika pengguna sudah rutin melakukan perawatan yang mengandung bahan aktif di klinik, penggunaan toner eksfoliasi sebenarnya tidak diperlukan. Namun, bila pengguna tersebut hanya melakukan perawatan di rumah, penggunaan toner eksfoliasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

Apa perbedaan exfoliating toner dan hydrating toner?

Apa perbedaan exfoliating toner dan hydrating toner?
Masih ada kebingungan tentang exfoliating toner dah hydrating toner. Lalu, apa perbedaan utama dari kedua jenis toner ini?

  • Exfoliating toner

Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati atau sedikit mengikis lapisan terluar kulit. Dengan begitu, bahan lain yang Anda gunakan setelahnya dapat diserap dengan lebih mudah. Exfoliating toner mengandung AHA, BHA, dan PHA.


  • Hydrating toner

Hydrating toner berfungsi untuk menghidrasi, menyegarkan, serta melembapkan kulit. Formulanya lebih sedikit alkohol dan menegandung pelembap.


Tujuan pembuatan beberapa golongan toner tersebut untuk mengoptimalkan perawatan kulit dan meminimalkan efek samping sesuai dengan kebutuhan kulit. Sebagai contoh, exfoliating toner yang tinggi alkohol bisa memenuhi kebutuhan pemilik kulit berminyak, tetapi kurang direkomendasikan untuk Anda yang jenis kulitnya kering. Alih-alih eksfoliasi yang berisiko membuat kulit makin kering, pemilik kulit kering lebih memerlukan hydrating toner.
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Selain itu, perbedaannya ada pada penggunaannya. Penggunaan exfoliating toner harus dibatasi, sedangkan hydrating toner dapat dipakai setiap hari.

Kapan sebaiknya menggunakan exfoliating toner?

Kapan sebaiknya menggunakan exfoliating toner?
Exfoliating toner aman digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu atau tiga hari sekali. Anda dapat menggunakannya pada malam hari atau menjelang tidur. Ada beberapa hal lain juga yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan exfoliating toner.

  • Ketika Anda baru mencoba produk toner eksfoliasi, disarankan melakukan patch test. Tujuannya agar Anda mengetahui reaksi kulit sebelum mengaplikasikan toner pada wajah.

  • Setelah Anda menggunakan toner eksfoliasi, pastikan Anda menggunakan pelembap. Lalu, hindari menggunakan skincare lanjutan yang mengandung acid.

  • Gunakan sunscreen keesokan harinya gunakan sunscreen, terutama jika Anda memakai exfoliating toner yang mengandung AHA. Pasalnya, AHA membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah
Eksfoliasi tidak boleh dilakukan berlebihan karena bisa membuat kulit iritasi, kemerahan, terasa terbakar, gatal, dan memicu kondisi kulit lain yang tidak diinginkan.

Cara memilih exfoliating toner

Kini Anda sudah tahu tentang exfoliating toner. Berikutnya, kami akan lanjutkan dengan tips cara memilih exfoliating toner sesuai kebutuhan kulit Anda. Simak tiap poin berikut ini, ya!

1

Perhatikan konsentrasi exfoliating agent-nya tepat agar tidak menimbulkan reaksi iritasi: AHA dan PHA pada rentang 2-5%, sedangkan BHA 2%

Perhatikan konsentrasi exfoliating agent-nya tepat agar tidak menimbulkan reaksi iritasi: AHA dan PHA pada rentang 2-5%, sedangkan BHA 2%
Dalam pemilihan exfoliating toner, jenis dan persentase bahan aktif perlu Anda perhatikan. Baik AHA, BHA, maupun PHA bisa Anda pilih asal sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit masing-masing. Di samping itu, kadarnya juga harus sesuai, yaitu AHA atau PHA antara 2-5%, sedangkan BHA 2%. Kadar exfoliating agent yang berlebihan akan menimbulkan risiko iritasi.

AHA, BHA, dan PHA hadir dalam berbagai pilihan lagi. Berikut ini adalah beberapa jenis AHA, BHA, dan PHA yang bisa Anda pilih dalam exfoliating toner.


  • AHA: Glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, atau citric acid
  • PHA: Gluconolactone, galactose, atau lactobionic acids
  • BHA: Salicylic acid
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah
Kadang produsen juga menuliskan "AHA" saja pada label produk sebagai tanda bahwa produk memiliki gabungan dari beberapa jenis AHA.
2

Apabila Anda pemula, pilih exfoliating toner yang rendah alkohol atau tidak mengandung alkohol sama sekali

Apabila Anda pemula, pilih exfoliating toner yang rendah alkohol atau tidak mengandung alkohol sama sekali
Apabila Anda baru mau mencoba menggunakan exfoliating toner, utamakan exfoliating toner yang alkoholnya rendah atau tidak mengandung alkohol. Alasannya, kombinasi alkohol dan exfoliating agent bisa membuat kulit Anda terasa perih, apalagi bila kulit Anda sensitif. Selain itu, pastikan penggunaannya tidak berlebihan, cukup ditepuk-tepuk saja dengan kapas dan tidak digosok-gosok.

Tak hanya itu, pastikan Anda tidak menumpuk banyak exfoliating skincare. Sebagai contoh, Anda sudah pakai exfoliating facial wash, exfoliating toner, lalu pakai exfoliating cream. Kalau demikian, kulit kemungkinan besar akan iritasi.
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah
Gunakan salah satu saja saat Anda menggunakan exfoliating skincare. Untuk meredam efek yang ditimbulkan exfoliating agent, silakan pilih produk perawatan kulit lain yang karakteristiknya hydratingjika Anda menggunakan exfoliating toner.
3

Untuk kulit berminyak yang pori-porinya tampak jelas, pilih BHA (salicylic acid) yang mampu membantu mengurangi produksi sebum

Untuk kulit berminyak yang pori-porinya tampak jelas, pilih BHA (salicylic acid) yang mampu membantu mengurangi produksi sebum

Pemilik kulit berminyak sering kali mencari bahan aktif yang bisa memperkecil ukuran pori-pori. Padahal, ukuran pori tidak bisa membesar atau mengecil, hanya terlihat jelas atau tidak. Sumbatan komedo dan tumpukan sel kulit mati merupakan penyebab pori-pori jadi tampak jelas karena tidak pernah eksfoliasi.

Jadi, penggunaan exfoliating toner merupakan salah satu pilihan perawatan agar pori-pori tidak terlihat jelas atau terkesan besar. Sehubungan dengan jenis kulit yang berminyak, BHA seperti salicylic acid adalah bahan aktif yang direkomendasikan untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu mengurangi produksi minyak alami atau sebum di kulit.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah
Salicylic acid termasuk exfoliant kimia yang larut dalam minyak. Dengan begitu, salicylic acid dapat masuk jauh ke dalam pori-pori dan menargetkan kelenjar sebum
4

Untuk pemilik kulit kering, cari yang mengandung AHA <10% atau PHA dan dilengkapi pelembap seperti ceramide atau hyaluronic acid

Semua jenis kulit memerlukan eksfoliasi, tak terkecuali kulit kering. Namun, berhubung karakteristik kulit kering yang cenderung mudah terkelupas dan relatif rentan mengalami iritasi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih exfoliating toner.

Toner dengan AHA atau PHA, mempertahankan kelembapan kulit

Toner dengan AHA atau PHA, mempertahankan kelembapan kulit
Jika jenis kulit Anda kering, prioritaskan exfoliating toner yang mengandung AHA atau PHA. 

  • AHA

Tak hanya memiliki kemampuan mengeksfoliasi, tetapi AHA juga membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Meskipun begitu, pemilik kulit kering, apalagi bila rentan iritasi, tidak direkomendasikan menggunakan AHA dalam kadar kurang dari 10% agar tak menimbulkan reaksi iritasi.


  • PHA
Bahan exfoliant yang satu ini baik bagi kulit kering karena kemampuannya menarik air sehingga bisa memberi kelembapan pada kulit saat eksfoliasi. Menariknya lagi, molekul PHA lebih besar daripada AHA atau BHA sehingga tidak bisa penetrasi ke dalam kulit. Dengan begitu, PHA hanya bekerja di permukaan kulit dan tidak akan memengaruhi lapisan dalam kulit yang lebih rentan rusak.

Toner dengan bahan pelembap (ceramide dan hyaluronic acid), menambah hidrasi pada kulit

Toner dengan bahan pelembap (ceramide dan hyaluronic acid), menambah hidrasi pada kulit
Bagi pemilik kulit kering, exfoliating toner yang perlu Anda pilih merupakan toner yang dilengkapi kandungan bahan pelembap yang efektif. Berikut ini beberapa bahan pelembap yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Ceramide

Ceramide sudah ada secara alami di dalam kulit manusia. Skincare yang mengandung ceramide akan menutup dan memperbaiki skin barrier yang rusak.


  • Hyaluronic acid

Hyaluronic acid berperan sebagai humektan yang bekerja menarik air. Selain menarik air, hyaluronic acid sanggup mempertahankan air tersebut hingga lima kali bobot hyaluronic acid itu sendiri. Jadi, daya tarik dan daya tampungnya besar sekali untuk menahan air.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah
Selain itu, pastikan toner tersebut mengandung alkohol dengan kadar rendah, yaitu kurang dari 10%, supaya kulit Anda tidak makin kering. Sebagai informasi, alkohol bisa mengangkat minyak sekaligus lemak alami di permukaan kulit sehingga kulit terasa makin tertarik dan kering.
5

Dapatkan exfoliating toner yang mild dengan kandungan rendah alkohol <10%, PHA, dan soothing agent jika kulit Anda sensitif

Dapatkan exfoliating toner yang mild dengan kandungan rendah alkohol <10%, PHA, dan soothing agent jika kulit Anda sensitif
Bila kulit Anda sensitif, hal pertama yang perlu Anda pastikan saat memilih exfoliating toner ialah formulanya mild. Apa itu formula exfoliating toner yang mild?

  • Toner dengan kandungan alkohol yang rendah (5-10%)
Alkohol memiliki sifat yang iritatif sehingga penggunaannya perlu dibatasi bagi pemilik kulit sensitif. Jadi, pilihlah exfoliating toner dengan kandungan alkohol yang rendah yaitu hanya 5% atau maksimal 10%.

  • Utamakan PHA sebagai exfoliating agent
Selanjutnya, perhatikan bahan aktif atau exfoliating agent dalam toner tersebut. Utamakan PHA, seperti gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids kalau kulit sensitif. PHA diklaim lebih tidak mengiritasi bila dibandingkan BHA dan AHA.


  • Gunakan exfoliating toner dengan soothing agent

Hindari penggunaan exfoliating toner dengan kadar exfoliating agent tinggi sebab bisa membuat kulit Anda terasa perih, kemerahan, bahkan muncul sensasi seperti terbakar. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman setelah eksfoliasi, Anda bisa memakai produk skincare yang mengandung Aloe vera untuk cooling. Opsi lainnya, pilihlah exfoliating toner yang sudah dilengkapi Aloe vera atau soothing agent lainnya untuk menenangkan kulit.


6

Untuk usia 30-an, utamakan kandungan AHA untuk mengatasi tanda penuaan seperti kulit kusam dan tekstur kulit tidak merata

Untuk usia 30-an, utamakan kandungan AHA untuk mengatasi tanda penuaan seperti kulit kusam dan tekstur kulit tidak merata
Kulit kusam, tekstur kulit tidak merata, kulit kendur, garis halus atau kerutan, dan flek hitam merupakan tanda-tanda penuaan. Anda yang menginjak usia 30 tahun ke atas mungkin mulai mengalaminya. Bila kulit Anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, pertimbangkan penggunaan exfoliating toner yang mengandung AHA untuk membantu mengatasinya.

Namun, hanya masalah kulit kusam dan kulit tidak merata saja yang perawatannya bisa dibantu dengan exfoliating tonerMasalah aging lainnya membutuhkan prosedur perawatan yang lebih advanced. Anda juga mungkin perlu menambah rangkaian skincare lain seperti krim pagi dan krim malam yang khusus untuk perawatan anti-aging.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Jika kulit sudah mengalami penuaan, eksfoliasi sangat diperlukan karena pergantian sel kulit sudah melambat. Perlu diperhatikan, Anda harus memakai sunscreen selama penggunaan exfoliating toner yang mengandung AHA.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi exfoliating toner terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Exfoliating Toner terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset dari berbagai sumber (diperbarui tanggal 22 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan utama
Pilihan ukuran
Jenis toner
Kandungan pelembap
Kandungan acid
Kandungan lainnya
BPOM
Untuk jenis kulit
Rekomendasi usia
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
1

SKINTIFIC

5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner

SKINTIFIC  5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  1

Mulai dari Rp159.000,00

Agak Mahal

Merawat kulit agar bebas beruntusan dan jerawat

AHA, BHA, PHA, probiotik, niacinamide

80 ml

Exfoliating toner

Niacinamide, glycerin

Glycolic acid, lactic acid, salicylic acid, citric acid

Probiotic complex, ceramide

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

2

Wahana Kosmetika Indonesia

Azarine Daily Beginner Exfoliating Toner

Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Daily Beginner Exfoliating Toner 1

Mulai dari Rp69.000,00

Menengah

Exfoliating toner lokal yang bagus untuk pemula

Azeclair, keratoline, salicylic acid, lactic acid

90 ml

Exfoliating toner

Allantoin, glycerin, propylene glycol, sodium hyaluronate

Lactic acid, lactobionic acid, salicylic acid, citric acid

Bacillus ferment

(NA18211207683)

Kering, berminyak, normal

Tidak diketahui

3

SOMETHINC

Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

SOMETHINC Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner 1

Mulai dari Rp64.900,00

Agak Murah

Dapatkan kulit lembut dan bersih dengan exfoliating toner ini

AHA, BHA, PHA

40 ml, 100 ml

Exfoliating toner

Arginine, betaine, Anthemis nobilis

Glycolic acid, salicylic acid, lactobionic acid

Caffeine

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Mulai dari 11 tahun

4

Avoskin

Toner Miraculous Refining

Avoskin Toner Miraculous Refining  1

Mulai dari Rp99.000,00

Menengah

Eksfoliasi maksimal tanpa membuat kulit kering!

AHA, BHA, PHA, niacinamide, tea tree, witch hazel, Aloe vera

20 ml, 100 ml

Exfoliating toner

Glycerin, Aloe barbadensis leaf juice

Glycolic acid, gluconolactone, salicylic acid

Niacinamide, Matricaria flower extract, raspberry fruit extract, lemon fruit extract, sugar maple extract, Portulaca oleracea extract

Semua jenis kulit

Mulai dari 15 tahun

Tidak diketahui

5

COSRX

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1

Mulai dari Rp200.000,00

Lebih Mahal

Tuntas membersihkan komedo dan membantu memperbaiki tekstur kulit wajah

AHA, BHA, Salix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water

150 ml

Exfoliating toner

Allantoin, panthenol

Glycolic acid, betaine salicylate, sodium lactate

Tidak ada

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

6

Paragon Technology and Innovation

Wardah Crystal Secret Exfoliating Toner with Natural AHA+PHA

Paragon Technology and Innovation Wardah Crystal Secret Exfoliating Toner with Natural AHA+PHA 1

Mulai dari Rp80.000,00

Menengah

Exfoliating toner yang dilengkapi pencerah dari edelweiss extract, kulit bebas kusam

Edelweiss extract, natural AHA+PHA

100 ml

Exfoliating toner

Allantoin

AHA, PHA, citric acid

Orange fruit extract, lemon fruit extract

(NA18211200458)

Kering, berminyak, normal

Tidak diketahui

7

Penta Natural Kosmetindo

NPURE Marigold Clearing Petal Toner

Penta Natural Kosmetindo NPURE Marigold Clearing Petal Toner 1

Mulai dari Rp100.000,00

Menengah

Melawan tanda-tanda penuaan dini dengan kandungan 5x peptides

Calendula officinalis (marigold) flower extract

120 ml

Exfoliating toner

Natural moisturizing factor, marigold extract

Lactic acid, papain

Peptide

(NA18221202239)

Kering, Berminyak, Normal

Mulai usia 14 tahun ke atas

8

Paragon Technology and Innovation

Emina Bright Stuff Exfoliating Toner

Paragon Technology and Innovation Emina Bright Stuff Exfoliating Toner 1

Mulai dari Rp39.500,00

Lebih Murah

Mengeksfoliasi kulit remaja dengan lembut berkat adanya PHA

PHA, summer plum extract, niacinamide

100 ml

Exfoliating toner

Allantoin, niacinamide, sodium hyaluronate

Gloconolactone

Tocopherol

(NA18221202760)

Kering, Berminyak, Normal

Mulai dari usia remaja

9

Moriganic

Exfosure Face Toner With AHA, BHA, Mugwort and Backuchiol

Moriganic  Exfosure Face Toner With AHA, BHA, Mugwort and Backuchiol 1

Mulai dari Rp79.900,00

Menengah

Kandungannya mampu atasi komedo serta pori-pori tersumbat

AHA, BHA, mugwort, bakuchiol

100 ml

Exfoliating toner

Bakuchiol

AHA, BHA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Mulai dari remaja

10

Teratu Beauty

PHA Gentle Exfoliating Toner

Teratu Beauty PHA Gentle Exfoliating Toner 1

Mulai dari Rp65.000,00

Agak Murah

Mampu meratakan warna kulit dan membuat kulit jadi terasa lebih halus

PHA, BHA, niacinamide, Aloe vera extract, sodium hyaluronate

60 ml, 100 ml

Exfoliating toner

Glycerin, Aloe vera, niacinamide, allantoin

Gluconolactone, salicylic acid, citric acid

Propanediol, 1-2 hexanediol

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Mulai dari 16 tahun

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFIC 5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner

5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  1
Sumber: skintificcanada.com
5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  2
Sumber: shopee.co.id
5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  3
Sumber: shopee.co.id
5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  4
Sumber: shopee.co.id
5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp159.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp159.000,00
Agak Mahal

Merawat kulit agar bebas beruntusan dan jerawat

Ingin pakai exfoliating toner tanpa khawatir iritasi? Coba saja exfoliating toner SKINTIFIC. Kandungan probiotic complex-nya menyeimbangkan microbiome dan memperkuat barrier kulit. Kandungan ini bahkan disebut-sebut serupa dengan yang terkandung dalam skincare high end, SK-II!


Tak cuma itu, niacinamide di dalamnya juga membantu mengembalikan fungsi alami kulit, mengatasi peradangan, serta mengontrol produksi minyak. Toner ini cocok untuk masalah jerawat, beruntusan, dan garis halus.

Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, probiotik, niacinamide
Pilihan ukuran80 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapNiacinamide, glycerin
Kandungan acidGlycolic acid, lactic acid, salicylic acid, citric acid
Kandungan lainnyaProbiotic complex, ceramide
BPOMTidak diketahui
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Daily Beginner Exfoliating Toner

Harga referensi
Mulai dari Rp69.000,00
Menengah

Exfoliating toner lokal yang bagus untuk pemula

Sesuai namanya, Azarine Daily Beginner Exfoliating Toner, exfoliating toner ini pas untuk pemula. Toner sejuta umat ini dibuat sangat lembut untuk pemula. Isinya tidak mengandung alkohol, fragrance, ataupun mineral oil yang berpotensi memicu iritasi bagi beberapa orang. Formulanya diklaim cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Selain mengekfoliasi, toner merek lokal ini juga membantu mengontrol produksi sebum. Kulit Anda jadi bebas kusam!

Kandungan utamaAzeclair, keratoline, salicylic acid, lactic acid
Pilihan ukuran90 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapAllantoin, glycerin, propylene glycol, sodium hyaluronate
Kandungan acidLactic acid, lactobionic acid, salicylic acid, citric acid
Kandungan lainnyaBacillus ferment
BPOM(NA18211207683)
Untuk jenis kulitKering, berminyak, normal
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.3

SOMETHINCGlow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Harga referensi
Mulai dari Rp64.900,00
Agak Murah

Dapatkan kulit lembut dan bersih dengan exfoliating toner ini

Kelebihan:

  • Tersedia dalam kemasan mini sehingga compact dibawa bepergian atau traveling 
  • Persentase AHA, BHA, dan PHA-nya rendah sehingga tergolong ringan dan bisa dipakai setiap hari
  • Diklaim dapat mengatasi kulit kusam dalam 30 hari

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan kulit yang beruntusan pada awal pemakaian
  • Beberapa pengguna melaporkan untuk mendapat hasil optimal diperlukan waktu lebih lama serta konsisten

Untuk Anda yang masih pemula dalam step eksfoliasi, kami rekomendasikan toner SOMETHINC yang satu ini. Exfoliating toner dari SOMETHINC ini bebas alkohol, non-comedogenic, dan telah teruji secara dermatologi.


Produk ini terbukti secara klinis mampu mengangkat sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, dan mengangkat kotoran di wajah. Toner ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk remaja dan kulit sensitif sekalipun.

Kandungan utamaAHA, BHA, PHA
Pilihan ukuran40 ml, 100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapArginine, betaine, Anthemis nobilis
Kandungan acidGlycolic acid, salicylic acid, lactobionic acid
Kandungan lainnyaCaffeine
BPOMTidak diketahui
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaMulai dari 11 tahun
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.4

AvoskinToner Miraculous Refining

Harga referensi
Mulai dari Rp99.000,00
Menengah

Eksfoliasi maksimal tanpa membuat kulit kering!

Jika Anda mencari exfoliating toner lokal yang banyak digemari, cobalah toner Avoskin. Toner eksfoliasi ini diklaim bisa dipakai oleh semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Kandungannya bersinergi untuk membantu proses eksfoliasi dengan lembut tanpa membuat kulit kering. Toner ini juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, menyamarkan tampilan pori-pori, serta menyamarkan noda hitam.

Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, niacinamide, tea tree, witch hazel, Aloe vera
Pilihan ukuran20 ml, 100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice
Kandungan acidGlycolic acid, gluconolactone, salicylic acid
Kandungan lainnyaNiacinamide, Matricaria flower extract, raspberry fruit extract, lemon fruit extract, sugar maple extract, Portulaca oleracea extract
BPOM
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaMulai dari 15 tahun
Alkohol
Pewangi
HypoalergenicTidak diketahui
View all
No.5

COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1
Sumber: cosrx.com
AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 2
Sumber: cosrx.com
AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 3
Sumber: cosrx.com
AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 4
Sumber: cosrx.com
AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 5
Sumber: cosrx.com
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp200.000,00
Lebih Mahal

Tuntas membersihkan komedo dan membantu memperbaiki tekstur kulit wajah

Bagi Anda yang punya masalah tekstur dan komedo, toner COSRX ini patut masuk dalam wish list. Gabungan AHA, BHA, dan purifying botanical-nya membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi komedo, dan menyamarkan tampilan pori-pori. Dengan begitu, keremajaan kulit akan terawat sempurna. Toner ini memiliki komposisi yang ringan dan formula yang diklaim hypoallergenic sehingga direkomendasikan untuk kulit sensitif dan pengguna pemula.

Kandungan utamaAHA, BHA, Salix alba (willow) bark water, Pyrus malus (apple) fruit water
Pilihan ukuran150 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapAllantoin, panthenol
Kandungan acidGlycolic acid, betaine salicylate, sodium lactate
Kandungan lainnyaTidak ada
BPOMTidak diketahui
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.6

Paragon Technology and InnovationWardah Crystal Secret Exfoliating Toner with Natural AHA+PHA

Harga referensi
Mulai dari Rp80.000,00
Menengah

Exfoliating toner yang dilengkapi pencerah dari edelweiss extract, kulit bebas kusam

Untuk permasalahan kulit kusam, serahkan pada toner eksfoliasi yang dilengkapi pencerah, seperti toner Wardah ini. Wardah Crystal Secret Exfoliating Toner ini mengandung AHA dan PHA berbahan natural yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit. Exfoliant agent tersebut berkhasiat mengikis sel kulit mati agar kulit tampak halus dan lembut. 


Ditambah dengan edelweiss extract, toner ini membantu proses pencerahan kulit secara menyeluruh. Dengan toner ini, Anda bisa mengatasi bekas jerawat, noda hitam, dan kulit yang kusam. Kulit glowing pun bukan lagi sekadar impian.

Kandungan utamaEdelweiss extract, natural AHA+PHA
Pilihan ukuran100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapAllantoin
Kandungan acidAHA, PHA, citric acid
Kandungan lainnyaOrange fruit extract, lemon fruit extract
BPOM(NA18211200458)
Untuk jenis kulitKering, berminyak, normal
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.7

Penta Natural KosmetindoNPURE Marigold Clearing Petal Toner

Harga referensi
Mulai dari Rp100.000,00
Menengah

Melawan tanda-tanda penuaan dini dengan kandungan 5x peptides

Bila Anda mencari exfoliating toner yang bisa mengeksfoliasi sekaligus mencegah munculnya kerutan halus, produk ini jawabannya. Toner ini mengandung 5x peptides yang dipercaya dapat mencegah penuaan dini dan melindungi dari radikal bebas. 


Selain itu, produk ini juga diperkaya ekstrak bunga marigold yang kaya antioksidan dan menenangkan kulit. Lalu, ada juga 8x essential vitamins yang memberi nutrisi maksimal serta membuat kulit jadi makin sehat. Tambahkan NPURE Marigold Clearing Petal Toner dalam rutinitas harian Anda untuk mendapatkan kulit yang lembap serta lebih awet muda.

Kandungan utamaCalendula officinalis (marigold) flower extract
Pilihan ukuran120 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapNatural moisturizing factor, marigold extract
Kandungan acidLactic acid, papain
Kandungan lainnyaPeptide
BPOM(NA18221202239)
Untuk jenis kulitKering, Berminyak, Normal
Rekomendasi usiaMulai usia 14 tahun ke atas
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.8

Paragon Technology and InnovationEmina Bright Stuff Exfoliating Toner

Harga referensi
Mulai dari Rp39.500,00
Lebih Murah

Mengeksfoliasi kulit remaja dengan lembut berkat adanya PHA

Produk ini memiliki kandungan PHA yang tergolong sebagai eksfoliasi ringan jika dibandingkan AHA atau BHA. Produk lokal ini bisa jadi pilihan jika Anda mencari exfoliating toner yang lembut. Jadi, exfoliating toner ini aman digunakan bagi kulit remaja atau Anda yang pemula. 


Berkat adanya summer plum extract dan niacinamide, toner ini diklaim dapat membantu mencerahkan, menghaluskan, dan menjaga skin barrier Anda. Inilah toner lokal dengan kombinasi terbaik untuk membuat kulit kusam Anda tampak lebih cerah.

Kandungan utamaPHA, summer plum extract, niacinamide
Pilihan ukuran100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapAllantoin, niacinamide, sodium hyaluronate
Kandungan acidGloconolactone
Kandungan lainnyaTocopherol
BPOM(NA18221202760)
Untuk jenis kulitKering, Berminyak, Normal
Rekomendasi usiaMulai dari usia remaja
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.9

Moriganic Exfosure Face Toner With AHA, BHA, Mugwort and Backuchiol

Harga referensi
Mulai dari Rp79.900,00
Menengah

Kandungannya mampu atasi komedo serta pori-pori tersumbat

Kelebihan:

  • Tidak mengandung bahan-bahan iritan sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif
  • Kandungan bakuchiol berperan seperti retinol yang dapat membuat kulit tampak lebih kencang
  • Teksturnya cepat menyerap dan tidak membuat sensasi kesat setelah dipakai

Kekurangan: 

  • Lubang tonernya terlalu besar sehingga beberapa orang mengeluhkan cairan terlalu banyak keluar saat dituangkan
  • Beberapa pengguna merasa kulit menjadi lebih kering setelah memakai produk, mungkin disebabkan oleh kandungan AHA dan BHA yang kuat

Masalah orang dengan kulit berminyak selain jerawat adalah komedo serta pori-pori yang besar. Hal ini membuat wajah terlihat jadi lebih kusam dan makeup mudah longsor. Untuk mengatasi masalah kulit seperti ini, Anda bisa mengawali skincare dengan menambahkan toner dari Moriganic. 


Kandungan tonernya mengandung AHA dan BHA yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Di samping itu, ada juga bakuchiol dan mugwort yang bertugas mengatasi komedo membandel sehingga kulit wajah terlihat lebih bersih. Dengan toner ini, kulit wajah akan makin cerah dan terlihat lebih segar. 

Kandungan utamaAHA, BHA, mugwort, bakuchiol
Pilihan ukuran100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapBakuchiol
Kandungan acidAHA, BHA
Kandungan lainnyaTidak diketahui
BPOMTidak diketahui
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaMulai dari remaja
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all
No.10

Teratu BeautyPHA Gentle Exfoliating Toner

Harga referensi
Mulai dari Rp65.000,00
Agak Murah

Mampu meratakan warna kulit dan membuat kulit jadi terasa lebih halus

Kelebihan:

  • Kandungannya aman digunakan oleh ibu hamil, menyusui, serta remaja mulai dari usia 16 tahun
  • Memiliki pH balance yang sesuai dengan pH kulit sehingga tidak mengiritasi wajah
  • Dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar 

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, untuk mengangkat komedo membandel masih kurang efektif
  • Beberapa pengguna merasa perlu waktu lama dan konsistensi dalam penggunaan untuk mendapat hasil yang diinginkan

Bila Anda punya wajah yang kusam dan warnanya tidak merata, toner dari Teratu Beauty ini layak dicoba. Dengan kandungan niacinamide di dalamnya, exfoliating toner ini bisa meratakan warna kulit, mencerahkan, bahkan mengecilkan pori-pori. 


Kandungan salicylic acid-nya membersihkan pori-pori sehingga wajah bebas minyak berlebih serta kotoran yang bisa menyebabkan jerawat. Dengan toner lokal ini, Anda bisa mendapatkan wajah yang lebih halus, tanpa perlu menguras kantong. 

Kandungan utamaPHA, BHA, niacinamide, Aloe vera extract, sodium hyaluronate
Pilihan ukuran60 ml, 100 ml
Jenis tonerExfoliating toner
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe vera, niacinamide, allantoin
Kandungan acidGluconolactone, salicylic acid, citric acid
Kandungan lainnyaPropanediol, 1-2 hexanediol
BPOMTidak diketahui
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi usiaMulai dari 16 tahun
Alkohol
Pewangi
Hypoalergenic
View all

5 Rekomendasi Exfoliating Toner terbaik

No. 1: SKINTIFIC 5% AHA BHA PHA Exfoliating Toner

No. 2: Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Daily Beginner Exfoliating Toner

No. 3: SOMETHINCGlow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

No. 4: AvoskinToner Miraculous Refining

No. 5: COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.