1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2023)

Ada berbagai jenis masakan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahan utamanya. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan kaldu bubuk untuk menghasilkan masakan yang lezat. Kini telah dijual banyak produk kaldu bubuk yang bagus dalam berbagai rasa dan ukuran kemasan. 


Kami akan memberi tips memilih kaldu bubuk yang enak sesuai dengan masakan Anda. Di samping itu, temukan juga berbagai rekomendasi produk kaldu bubuk, terbaik seperti merek Royco, Masako, Totole, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Scroll ke bawah dan baca artikel ini dengan saksama, ya!

Diperbaharui 06-13-2022
Pakar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya. Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Profil Dionisius Denizar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaldu bubuk

Kaldu bubuk dapat menjadi solusi praktis untuk mengolah berbagai masakan. Hasil masakan Anda bakal menjadi lebih lezat dan kaya rasa. Dalam memilih kaldu bubuk yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini, kami telah menyiapkan pembahasan lengkapnya untuk Anda.

① Tentukan berdasarkan kandungan utamanya

Kaldu bubuk terbuat dari bahan alami, seperti daging sapi, ayam, jamur, atau sayuran. Bahan-bahan tersebut ditambahkan dengan bumbu dan rempah pilihan, kemudian direbus dan dikeringkan hingga menjadi bubuk. Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan utama dalam masakan Anda. 

Daging ayam: Membuat sup Anda makin harum dan lezat

Daging ayam: Membuat sup Anda makin harum dan lezat

Kaldu bubuk yang terbuat dari daging ayam, bumbu, dan rempah-rempah ini dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Kaldu bubuk ini cocok Anda gunakan untuk memasak sup ayam agar aroma dan rasa ayamnya makin kuat.


Anda juga bisa memakainya untuk membuat masakan berbahan dasar ayam, seperti opor ayam, soto ayam, dan sebagainya. Dijamin, rasanya akan meningkatkan selera makan Anda.

Daging sapi: Menambah kenikmatan masakan olahan daging sapi

Daging sapi: Menambah kenikmatan masakan olahan daging sapi

Karena bahan utamanya adalah daging sapi, kaldu bubuk ini pas untuk memasak makanan dari olahan daging sapi. Tumis sayuran daging sapi, rawon, serta bakso sapi terasa makin lezat jika dimasak dengan kaldu bubuk ini. Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak jeroan sapi, lho!

Jamur dan sayuran: Aman untuk para vegan

Jamur dan sayuran: Aman untuk para vegan

Bagi Anda yang menjalani gaya hidup vegan, hindari memilih kaldu bubuk ayam atau sapi. Meski merupakan kaldu bubuk, keduanya tetap menggunakan bahan dasar ayam atau sapi. Anda dapat memilih kaldu bubuk jamur atau sayuran yang cocok untuk gaya hidup vegan.


Kaldu bubuk jamur memiliki rasa yang netral. Anda dapat menggunakannya untuk segala jenis masakan, mulai dari sup sampai tumisan. Sementara itu, kaldu bubuk sayuran memiliki rasa sayuran yang lebih kuat. Alhasil, kaldu bubuk tersebut lebih pas untuk memasak makanan yang berbahan dasar sayur saja.


Jika Anda secara khusus mencari kaldu jamur, Anda bisa menyimak tautan di bawah ini. Kami sudah merangkum kaldu jamur dari berbagai merek yang mampu menggoyang lidah Anda.

② Pilih yang lebih Anda sukai, dengan MSG atau tanpa MSG?

Di pasaran, ada kaldu bubuk yang diberi tambahan MSG, ada juga yang tidak. Keduanya tetap nikmat dengan kelebihannya masing-masing. Kami akan membahas setiap jenisnya dalam poin berikut ini.

Kaldu bubuk dengan MSG, memiliki rasa yang lebih gurih

Kaldu bubuk dengan MSG, memiliki rasa yang lebih gurih

Monosodium glutamate (MSG) atau dikenal dengan nama vetsin, merupakan bahan tambahan yang kerap ditemukan dalam kaldu bubuk. MSG akan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih di lidah. Anda tidak perlu khawatir, jumlah kandungan MSG pada kaldu bubuk tidak akan melebihi standar yang telah ditentukan.


Umumnya, harga kaldu bubuk yang mengandung MSG tergolong lebih murah sehingga lebih banyak dipilih. Namun, ingatlah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Sesuaikanlah takarannya dengan petunjuk pemakaian yang ada di kemasan.

Kaldu bubuk tanpa MSG, memberi sensasi rasa kaldu alami

Kaldu bubuk tanpa MSG, memberi sensasi rasa kaldu alami

Kaldu bubuk tanpa MSG dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin hidup sehat. Kaldu bubuk ini menggunakan bahan-bahan alami yang dapat menciptakan rasa gurih. Biasanya, produsen menggunakan garam dan gula sebagai pengganti MSG


Karena tidak mengandung MSG, rasa kaldu bubuk ini tentu lebih alami dibandingkan yang mengandung MSG. Bagi beberapa orang, rasa alami ini mungkin kurang gurih. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan model masakan Anda.


Untuk Anda yang ingin menerapkan pola hidup lebih sehat, kaldu bubuk non-MSG memang bisa menjadi pilihan. Anda bisa membaca artikel menarik di bawah ini untuk mendapatkan ulasan lengkap mengenai kaldu non-MSG.

③ Pertimbangkan kemasan yang sesuai kebutuhan

Pertimbangkan kemasan yang sesuai kebutuhan
Sumber: royco.co.id

Kaldu bubuk dijual dalam berbagai ukuran isi. Bentuk kemasannya pun berbeda-beda. Anda sebaiknya memilih bentuk kemasan dan jumlah isi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


  • Anda bisa menemukan kaldu bubuk yang dikemas dalam sachet dan botol plastik. Kemasan sachet merupakan kemasan paling ekonomis karena Anda dapat membelinya secara satuan. Masing-masing sachet umumnya berisi sekitar 10–20 gram kaldu bubuk.
  • Berikutnya adalah kemasan botol yang tutupnya diberi lubang-lubang kecil. Karena memiliki lubang-lubang kecil, Anda jadi bisa menaburkan kaldu bubuk dengan lebih hati-hati. Selain itu, Anda tak perlu repot lagi menyediakan wadah untuk menampung kaldu bubuk.

Bila rutin memasak setiap hari, Anda bisa memilih kaldu bubuk dalam kemasan plastik yang isinya 100–200 gram. Simpanlah kaldu bubuk dalam wadah tertutup agar tidak menggumpal akibat uap air dalam udara.


Bagi Anda yang memiliki usaha kuliner, kemasan botol plastik dengan isi 1 kg merupakan pilihan yang pas. Anda cukup membeli kaldu bubuk dalam kemasan refill saja jika isinya sudah habis.

10 Rekomendasi kaldu bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaldu bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Totole

Kaldu Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur 1枚目

Rasanya netral untuk setiap jenis masakan

2

Pawon Ibun

Kaldu

Pawon Ibun Kaldu 1枚目

Banyak varian, cocok untuk memperkenalkan aneka jenis protein pada anak

3

Lingkar Organik

Maseko Kaldu Ayam Kampung

Lingkar Organik Maseko Kaldu Ayam Kampung 1枚目

Kaldu ayam kampung pilihan, aman untuk MPASI tanpa memicu alergi

4

Unilever

Royco

Unilever Royco 1枚目

Lebih cepat larut, cocok untuk memasak dalam porsi besar

5

Lemonilo

Kaldu Pelezat Alami

Lemonilo Kaldu Pelezat Alami 1枚目

Menyedapkan sekaligus menyehatkan tubuh

6

Ajinomoto

Masako

Ajinomoto Masako 1枚目

Rasa khas rumahan dengan bahan premium

7

Hoka Jaya Perkasa

Jay's Kitchen Stock Powder

Hoka Jaya Perkasa Jay's Kitchen Stock Powder 1枚目

Kaldu bubuk yang pas untuk segala teknik memasak

8

Pura

Food Powder White Bait

Pura Food Powder White Bait 1枚目

Berbahan dasar teri, menjadikan MPASI lebih bergizi dan bercita rasa alami

9

Bionic Farm

Umamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock

Bionic Farm Umamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock 1枚目

Produk organik, memperkaya cita rasa masakan dengan glutamat alami

10

Mushome

Kaldu Jamur Tabur

Mushome Kaldu Jamur Tabur 1枚目

Terbuat dari jamur tiram, kaldu bubuk alternatif untuk vegetarian

Perincian produk
Close
No.1

TotoleKaldu Rasa Jamur

Mulai dari Rp10.950,00

Rasanya netral untuk setiap jenis masakan

Totole memiliki makin banyak penggemar di pasaran. Kaldu jamur ini memberikan rasa yang netral tanpa rasa jamur yang khas. Ditambah, produk ini bebas MSG dan nonkolesterol. Produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. 


Anda bisa menggunakannya untuk memasak berbagai jenis makanan. Yuk, jadikan Totole sebagai andalan dalam tiap masakan Anda, mulai dari sajian sederhana hingga yang spesial. Selamat mencoba!

No.2

Banyak varian, cocok untuk memperkenalkan aneka jenis protein pada anak

Salah satu cara agar anak tidak pilih-pilih makanan adalah dengan memperkenalkan beraneka jenis makanan sejak kecil. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan kaldu bubuk dari Pawon Ibun. Pawon Ibun memproduksi kaldu bubuk dengan varian yang cukup beragam, mulai dari udang hingga tempe. Produk ini juga dapat digunakan sebagai pelengkap sup sayur yang sederhana.


Kaldu bubuk ini dibuat dari campuran protein dengan aneka bawang-bawangan atau rempah alami. Jadi, bersiaplah untuk berkreasi dengan aneka masakan. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan keadaan si kecil, ya. Bila anak Anda mulai menunjukkan tanda-tanda alergi, segeralah bawa ke dokter anak.

No.3

Lingkar OrganikMaseko Kaldu Ayam Kampung

Mulai dari Rp25.000,00

Kaldu ayam kampung pilihan, aman untuk MPASI tanpa memicu alergi

Maseko merupakan singkatan dari Masakan Enak Tanpa Resiko. Sesuai namanya, kaldu ayam ini sama sekali tidak menimbulkan risiko alergi. Kaldu bubuk ini dibuat menggunakan ayam kampung lokal pilihan, serta tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organism).


Selain rasanya yang spesial, produk ini sangat aman dikonsumsi. Kaldu bubuk ini pas untuk melengkapi sajian harian seluruh anggota keluarga. Bahkan, Anda bisa menjadikannya sebagai MPASI untuk si kecil yang mulai belajar makan.

No.4

Lebih cepat larut, cocok untuk memasak dalam porsi besar

Kaldu bubuk merupakan salah satu penyedap rasa yang dapat menjadi solusi praktis untuk mengolah berbagai masakan. Saat membuat masakan dalam jumlah banyak, tentu Anda membutuhkan lebih banyak kaldu bubuk. Anda bisa memakai kaldu bubuk Royco. Produk ini lebih cepat larut dan tidak akan menggumpal di dalam masakan. 


Untuk itu, Royco bisa Anda andalkan untuk memasak dalam porsi besar. Rahasia kelezatan kaldu bubuk Royco adalah daging yang direbus dalam waktu lama. Tidak heran, rasanya sangat lezat di lidah sehingga menjadi andalan banyak orang. Produk ini juga bebas pengawet sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. 

No.5

LemoniloKaldu Pelezat Alami

Mulai dari Rp24.200,00

Menyedapkan sekaligus menyehatkan tubuh

Kaldu bubuk dari Lemonilo lebih terasa spesial karena di dalamnya terkandung kunyit. Selain untuk meningkatkan rasa masakan, kunyit juga membantu menjaga imunitas tubuh. Pas sekali dikonsumsi oleh Anda yang memiliki banyak aktivitas. Jika Anda menjalani hidup vegan, Anda dapat memilih kaldu jamur. Namun, perhatikan bahwa kaldu jamur bubuk dari Lemonilo tidak mengandung kunyit.

No.6

Rasa khas rumahan dengan bahan premium

Bagi orang yang merantau, rasa rindu terhadap masakan rumah tentu pernah dirasakan. Tenang saja, Anda dapat mengobati kerinduan akan masakan rumah dengan Masako. Menggunakan tambahan rempah-rempah pilihan, Masako akan memberi Anda rasa makanan seperti masakan rumahan.


Soal bahan baku, Masako menggunakan bahan baku premium. Ayam yang digunakan merupakan ayam unggulan untuk menghasilkan rasa yang lebih kuat. Tidak hanya daging ayam, daging sapinya juga tidak kalah berkualitas.

No.7

Hoka Jaya PerkasaJay's Kitchen Stock Powder

Mulai dari Rp26.000,00

Kaldu bubuk yang pas untuk segala teknik memasak

Biasanya, kaldu bubuk hanya dipakai untuk membuat sup atau menumis. Tidak demikian dengan produk ini. Kaldu bubuk dari Jay's Kitchen dapat Anda gunakan untuk berbagai cara memasak, termasuk memanggang. 


Taburkan saja kaldu bubuk Jay's Kitchen di atas daging yang akan Anda panggang. Anda akan mendapat rasa yang lebih gurih. Supaya cita rasanya makin istimewa, di dalam kaldu bubuk ini juga terkandung lemak daging. Kaldu bubuk ini tersedia dalam dua varian, yakni ayam dan sapi.

No.8

PuraFood Powder White Bait

Mulai dari Rp149.000,00

Berbahan dasar teri, menjadikan MPASI lebih bergizi dan bercita rasa alami

Anda mencari kaldu bubuk untuk masak yang sekaligus bisa digunakan untuk MPASI? Food Powder Whitebait dari Pura ini bisa Anda pilih. Makanan pendamping ASI yang biasanya hambar bisa lebih bercita rasa dengan menambahkan food powder ini. Si kecil pun pasti akan suka!


Kaldu bubuk ini terbuat dari ikan teri segar yang 100% alami, bebas formalin, dan pemutih. Produk ini diolah dengan standar tinggi menggunakan mesin pengering bersuhu rendah sehingga nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Produk ini juga kaya akan  omega-3, DHA, serta kalsium yang bagus untuk perkembangan tulang dan otak anak.

No.9

Bionic FarmUmamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock

Mulai dari Rp30.000,00

Produk organik, memperkaya cita rasa masakan dengan glutamat alami

Jamur shitake dikenal dapat memperkaya rasa masakan karena mengandung glutamat alami. Dengan kaldu bubuk ini, Anda dapat menambahkan rasa jamur shitake secara praktis ke dalam masakan. Bionic Farm menggunakan jamur shitake organik sebagai bahan dasar kaldu ini. 


Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan organik, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Kaldu jamur ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat menu MPASI yang lezat bagi si kecil.

No.10

MushomeKaldu Jamur Tabur

Mulai dari Rp20.000,00

Terbuat dari jamur tiram, kaldu bubuk alternatif untuk vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian, mencari bahan makanan nonhewani tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Nah, produk dari Mushome ini dapat menjadi alternatif kaldu bubuk untuk para vegetarian. Kaldu ini terbuat dari jamur tiram segar dan bahan-bahan pilihan tanpa MSG.


Jamur tiram sendiri diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti sumber vitamin B3, antioksidan, serta meningkatkan kolagen. Bagi Anda yang sedang menjalani diet plant-based, kaldu jamur satu ini juga layak untuk dicoba. Selain menjaga diet, kaldu jamur ini mampu melezatkan makanan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai bumbu tabur makanan ringan, lho.

Pertanyaan umum seputar kaldu bubuk

Pertanyaan umum seputar kaldu bubuk

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar kaldu bubuk. Jika Anda masih penasaran dengan kaldu bubuk, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana tips membuat sup dengan kaldu alami?

Untuk membuat sup dengan kaldu yang lebih alami, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang menjadi dasar sup. Gunakan bahan-bahan seperti daging, tulang, ataupun sayuran yang memiliki rasa kuat. Kaldu bubuk dapat ditambahkan sebagai penguat rasa agar sup terasa lebih sedap sesuai selera.

Baca juga rekomendasi bumbu instan lainnya di sini

Selain kaldu bubuk, Anda tentu juga membutuhkan bumbu lain untuk memasak. Jika Anda membutuhkan informasi tentang bumbu lainnya, kami telah memiliki berbagai artikelnya. Tak perlu berlama-lama, silakan Anda klik pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Wah, Anda pasti sudah tidak sabar untuk memasak sajian spesial dengan kaldu bubuk pilihan Anda, bukan? Supaya rasa masakan Anda makin mantap, pilihlah kaldu bubuk yang bahan utamanya cocok dengan masakan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan bumbu-bumbu tambahan lainnya. 


Semoga Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini. Selamat mengolah aneka masakan sedap dengan kaldu bubuk yang tepat. See you!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer