mybest
Kaldu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Ada berbagai jenis masakan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahan utamanya. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan kaldu bubuk untuk menghasilkan masakan yang lezat. Kini telah dijual banyak produk kaldu bubuk yang bagus dalam berbagai rasa dan ukuran kemasan. 


Kami akan memberi tips memilih kaldu bubuk yang enak sesuai dengan masakan Anda. Di samping itu, temukan juga berbagai rekomendasi produk kaldu bubuk terbaik, seperti merek Royco, Masako, Totole, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Scroll ke bawah dan baca artikel ini dengan saksama, ya!

Diperbaharui 01/03/2024
Dionisius Denizar
Pakar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya. Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Profil Dionisius Denizar
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu kaldu bubuk?

Apa itu kaldu bubuk?
Kaldu bubuk adalah bumbu yang dibuat dari hasil rebusan bahan tertentu yang kemudian dikeringkan sehingga berbentuk serbuk. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaldu bubuk adalah sapi, ayam, ikan, udang, dan jamur. Karena bercita rasa gurih, kaldu bubuk menjadi salah satu bumbu yang wajib distok di dapur.

Rasa gurih kaldu bubuk berasal dari sari pati bahan pembuatnya sehingga dapat meningkatkan kelezatan masakan secara alami. Sementara itu, penyedap rasa biasanya mengandalkan kandungan monosodium glutamate (MSG) untuk membuat masakan menjadi gurih. Meski begitu, tidak bisa dimungkiri bahwa ada beberapa kaldu bubuk yang diberi tambahan MSG agar rasa gurihnya makin kuat.


Jika Anda ingin mendapatkan kaldu bubuk yang tepat, simak cara memilih yang akan kami paparkan di bawah ini. Anda juga bisa menyimak rekomendasi kaldu bubuk terbaik yang sudah kami ulas untuk Anda!

Cara memilih kaldu bubuk

Kaldu bubuk dapat menjadi solusi praktis untuk mengolah berbagai masakan. Hasil masakan Anda bakal menjadi lebih lezat dan kaya rasa. Dalam memilih kaldu bubuk yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini, kami telah menyiapkan pembahasan lengkapnya.

1

Pertimbangkan kaldu bubuk non-MSG untuk keperluan MPASI atau jika ingin lebih sehat

Pertimbangkan kaldu bubuk non-MSG untuk keperluan MPASI atau jika ingin lebih sehat

Kaldu bubuk non-MSG menggunakan bahan-bahan alami, seperti garam dan gula, untuk menciptakan rasa gurih. Karena tidak mengandung MSG, rasa kaldu bubuk ini tentu lebih mild dibandingkan yang mengandung MSG. Nah, bagi beberapa orang, rasa alami ini mungkin dianggap kurang gurih.


Meski begitu, kaldu bubuk tanpa MSG akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menerapkan hidup lebih sehat. Anda juga bisa mempertimbangkan kaldu bubuk ini untuk menambah cita rasa makanan pendamping ASI (MPASI). Jika Anda tertarik mengetahui lebih jauh, Anda bisa membaca ulasan lengkap mengenai kaldu non-MSG pada tautan di bawah ini.

2

Pilih kaldu bubuk ayam bila Anda ingin membuat sup ayam, opor ayam, dan masakan lain yang menggunakan daging ayam

Pilih kaldu bubuk ayam bila Anda ingin membuat sup ayam, opor ayam, dan masakan lain yang menggunakan daging ayam

Kaldu bubuk yang terbuat dari sari daging ayam, garam, dan rempah-rempah ini dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Kaldu bubuk ini cocok Anda gunakan untuk memasak sup ayam agar aroma dan rasa ayamnya makin kuat.


Anda juga bisa memakainya untuk membuat masakan berbahan dasar ayam, seperti opor ayam, soto ayam, dan sebagainya. Dijamin, rasanya akan meningkatkan selera makan Anda.

3

Untuk masakan olahan daging sapi seperti rawon dan bakso, gunakan kaldu bubuk sapi

Untuk masakan olahan daging sapi seperti rawon dan bakso, gunakan kaldu bubuk sapi
Karena bahan utamanya adalah daging sapi, kaldu bubuk ini pas untuk memasak makanan dari olahan daging sapi. Tumis sayuran daging sapi, rawon, serta bakso sapi terasa makin lezat jika dimasak dengan kaldu bubuk ini. Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak jeroan sapi, lho!
4

Coba kaldu jamur kalau Anda menjalani gaya hidup vegan

Coba kaldu jamur kalau Anda menjalani gaya hidup vegan

Bagi Anda yang menjalani gaya hidup vegan, hindari memilih kaldu bubuk ayam atau sapi. Meski merupakan kaldu bubuk, keduanya tetap menggunakan bahan dasar ayam atau sapi. Anda dapat memilih kaldu bubuk jamur atau sayuran yang cocok untuk gaya hidup vegan.


Kaldu bubuk jamur memiliki rasa yang netral. Anda dapat menggunakannya untuk segala jenis masakan, mulai dari sup sampai tumisan. Sementara itu, kaldu bubuk sayuran memiliki rasa sayuran yang lebih kuat. Alhasil, kaldu bubuk tersebut lebih pas untuk memasak makanan yang berbahan dasar sayur saja.


Jika Anda secara khusus mencari kaldu jamur, Anda bisa menyimak tautan di bawah ini. Kami sudah merangkum kaldu jamur dari berbagai merek yang mampu menggoyang lidah Anda.

5

Andalkan kaldu bubuk udang untuk membuat olahan seafood, seperti tekwan, tom yum, atau laksa

Andalkan kaldu bubuk udang untuk membuat olahan seafood, seperti tekwan, tom yum, atau laksa

Meski tidak sepopuler kaldu ayam, kaldu sapi, ataupun kaldu jamur, kaldu udang tetap menjadi primadona ketika Anda memasak seafood. Penggunaan kaldu udang mampu memperkuat cita rasa sehingga masakan Anda pun menjadi kian nikmat ketika disantap. Anda bisa menambahkan kaldu udang ketika memasak tom yum, laksa, tekwan, sup ikan, dan berbagai olahan seafood lainnya.

6

Pertimbangkan kemasannya: Sachet yang ekonomis atau botol yang praktis

Pertimbangkan kemasannya: Sachet yang ekonomis atau botol yang praktis
Sumber: royco.co.id

Kaldu bubuk dijual dalam berbagai ukuran isi. Bentuk kemasannya pun berbeda-beda. Anda sebaiknya memilih bentuk kemasan dan jumlah isi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


  • Anda bisa menemukan kemasan kaldu bubuk dalam bentuk sachet dan botol. Kemasan sachet merupakan kemasan paling ekonomis karena Anda dapat membelinya secara satuan. Tiap sachet umumnya berisi sekitar 10–20 gram kaldu bubuk.

  • Kemasan botol umumnya memiliki tutup yang diberi lubang-lubang kecil. Karena memiliki lubang-lubang kecil, Anda jadi bisa menaburkan kaldu bubuk dengan lebih hati-hati. Selain itu, Anda tak perlu repot lagi menyediakan wadah untuk menampung kaldu bubuk.

Bila rutin memasak setiap hari, Anda bisa memilih kaldu bubuk dalam kemasan plastik yang isinya 100–200 gram. Simpanlah kaldu bubuk dalam wadah tertutup agar tidak menggumpal akibat uap air dalam udara.


Bagi Anda yang memiliki usaha kuliner, kemasan botol plastik dengan isi 1 kg merupakan pilihan yang pas. Anda cukup membeli kaldu bubuk dalam kemasan refill saja jika isinya sudah habis.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kaldu Bubuk Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kaldu Bubuk terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Jenis kaldu
Kemasan
Mengandung MSG
Berat bersih
Mengandung gula
Porsi penyajian
Mengandung garam
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Unilever

Royco

Unilever Royco 1

Rp10.300

Agak Murah

Kaldu ayam yang cocok untuk memasak dalam porsi besar

Garam, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), dekstrin, pati jagung, lemak nabati, bawang, perisa indentik alami ayam (mengandung telur, antioksidan tokoferol), pengatur keasaman asam sitrat, lada,anti kempal silikon dioksida, kunyit, daging ayam dan ekstrak daging ayam (0.04%), seledri, pewarna tartazin Cl 19140

Ayam

Saset, pouch

8 gram, 22 gram, 100 gram, 220 gram, 1 kg

1 sendok peres (9 gram) atau 1 sachet

Sup, opor, soto, tumis sayuran

0 kkal

12 bulan

0 g

Bubuk

2

Totole

Kaldu Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur 1

Rp6.200

Agak Murah

Kaldu rasa jamur yang bisa jadi pilihan para vegan

Garam, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium ribonukleotida), beras, gula pasir, hidrolisat protein nabati, perisa alami, jamur

Jamur

Saset

80 gram, 200 gram, 400 gram

10 gram

Tumisan, sop, tim, dimsum, gorengan

20 kkal

12 bulan

0,3 g

Bubuk

3

Ajinomoto

Masako

Ajinomoto Masako 1

Rp5.000

Lebih Murah

Kaldu kemasan dengan aroma dan rasa khas kaldu buatan rumah

Garam, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), gula, ekstrak daging sapi, merica, bawang merah, rempah-rempah, pewarna karamel, ekstrak protein kedelai, ekstrak daging ayam, lemak ayam, bawang putih, pengatur keasaman (trinatrium sitrat)

Ayam, sapi

Saset

8,5 gram, 40 gram, 100 gram, 130 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kg

3,3 gram

Semua jenis masakan

0

3 bulan

0

Bubuk

4

Beorganik

Stock Powder Non MSG

Beorganik Stock Powder Non MSG 1

Rp19.000

Menengah

Kaldu non-MSG untuk Anda yang aware terhadap kesehatan

Daging ikan tenggiri, ekstrak jamur, daging sapi, daging ayam kampung, soy, bawang merah, bawang putih, merica, garam, rempah, tepung maizena

Ayam, sapi, jamur, ikan

Botol

60 gram, 70 gram, 75 gram, 100 gram, 220 gram, 245 gram, 300 gram

1 sendok teh

Semua jenis masakan

Tidak diketahui

25-35 kkal

12 bulan

1-7,5 g

Bubuk

5

Lingkar Organik

Maseko Kaldu Natural

Lingkar Organik Maseko Kaldu Natural 1

Rp36.000

Agak Mahal

Sajikan MPASI yang enak dan sehat dengan kaldu pilihan ini

Tepung maizena, merica, bawang merah, garam, bawang putih, gula pasir, daging sapi, daging ayam kampung, daun kelor, jamur

Ayam, sapi, jamur, daun kelor

Saset, botol plastik

100 gram

Sesuai selera

Semua jenis masakan

Tidak diketahui

9 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

6

Barefood

BUMBOO Kaldu Asli

Barefood BUMBOO Kaldu Asli 1

Rp32.500

Agak Mahal

Menu MPASI jadi lebih sehat berkat kaldu yang rendah garam dan gula

Ayam, sapi, jamur, bubuk bayam, bubuk wortel

Ayam, sapi, jamur

Botol

90 gram

Sesuai selera

MPASI

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

7

Unilever

Knorr Bumbu Rasa Ayam

Unilever Knorr Bumbu Rasa Ayam 1

Rp19.500

Menengah

Kaldu dengan ekstrak ayam 5 kali lebih banyak

Garam beriodium, maltodekstrin, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat & guanilat), pati jagung, daging & lemak ayam (6,7%) (mengandung antioksidan ekstrak rosemary, BHA, propil galat), gula, hidrolisat protein nabati (mengandung pewarna alami karamel III amonia proses, penguat rasa dinatrium 5'-ribonukleotida, kedelai), perisa sintetik ayam (mengandung telur), minyak nabati,bawang bubuk, bawang putih bubuk, lada putih bubuk, ekstrak lada hitam, kunyit bubuk

Ayam

Saset, pouch

200 gram, 1 kg

5 g untuk tumisan, 17 g untuk kaldu

Semua jenis masakan

10 kkal

12 bulan

0 g

Bubuk

8

Crystal of the Sea

White Anchovy Powder

Crystal of the Sea White Anchovy Powder 1

Rp47.000

Agak Mahal

Makanan MPASI jadi lebih bergizi dengan kaldu ikan teri ini

100% ikan teri nasi

Ikan teri nasi

Botol

20 gram, 80 gram

1 sendok teh untuk usia di bawah 1 tahun, 2 sendok teh untuk usia di atas 1 tahun

Semua jenis makanan

15 kkal

24 bulan

3 g

Bubuk

9

Plum & Blum

Kaldu MPASI

Plum & Blum  Kaldu MPASI 1

Rp44.000

Agak Mahal

Buat makanan si kecil jadi lebih lezat dengan kaldu berbagai kaldu ini

Daging hati ayam, daging aya, daging sapi, daging ayam kampung, jamur, salmon, udang, teri, tepung jagung

Ayam, sapi, jamur, udang, hati ayam, salmon, teri

Botol

80 gram, 100 gram

Tidak diketahui

Sesuai selera

Tidak diketahui

MPASI

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12 bulan

Tidak diketahui

Bubuk

10

Nutrifood

Tropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur

Nutrifood Tropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur 1

Rp28.200

Menengah

Kaldu dengan kombinasi rasa ayam dan jamur yang rendah garam

Ekstrak ayam dan jamur

Ayam dan jamur

Pouch

100 gram

Tidak diketahui

1,5 g

Semua jenis masakan

0 kkal

12 bulan

0 g

Bubuk

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

UnileverRoyco

Royco 1
Sumber: royco.co.id
Royco 2
Sumber: royco.co.id
Royco 3
Sumber: shopee.co.id
Royco 4
Sumber: shopee.co.id
Royco 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp10.300
Agak Murah

Kaldu ayam yang cocok untuk memasak dalam porsi besar

Untuk Anda yang berencana memasak dalam porsi besar, Anda bisa memilih kaldu bubuk Royco ini. Produk ini terbuat dari daging ayam dan rempah pilihan yang direbus lama sehingga menghasilkan rasa kaldu yang gurih. Selain itu, kaldu ayam ini diklaim lebih cepat larut dan tidak akan menggumpal di dalam masakan. Jadi, produk ini akan sangat cocok digunakan untuk memasak dalam porsi besar.

Komposisi utamaGaram, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), dekstrin, pati jagung, lemak nabati, bawang, perisa indentik alami ayam (mengandung telur, antioksidan tokoferol), pengatur keasaman asam sitrat, lada,anti kempal silikon dioksida, kunyit, daging ayam dan ekstrak daging ayam (0.04%), seledri, pewarna tartazin Cl 19140
Jenis kalduAyam
KemasanSaset, pouch
Mengandung MSG
Berat bersih8 gram, 22 gram, 100 gram, 220 gram, 1 kg
Mengandung gula
Porsi penyajian1 sendok peres (9 gram) atau 1 sachet
Mengandung garam
Jenis masakanSup, opor, soto, tumis sayuran
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori0 kkal
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuBubuk
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

TotoleKaldu Rasa Jamur

Harga referensi
Rp6.200
Agak Murah

Kaldu rasa jamur yang bisa jadi pilihan para vegan

Merek kaldu bubuk Totole memiliki cukup banyak penggemar di pasaran. Kaldu jamur ini memberikan rasa yang netral tanpa rasa jamur yang khas. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk memasak berbagai jenis makanan, mulai dari sup hingga berbagai tumisan.


Karena dibuat tanpa menggunakan protein hewani, kaldu ini bisa jadi pilihan untuk para vegan. Produk ini juga diproses dan dikemas secara higienis sehingga lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Komposisi utamaGaram, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium ribonukleotida), beras, gula pasir, hidrolisat protein nabati, perisa alami, jamur
Jenis kalduJamur
KemasanSaset
Mengandung MSG
Berat bersih80 gram, 200 gram, 400 gram
Mengandung gula
Porsi penyajian10 gram
Mengandung garam
Jenis masakanTumisan, sop, tim, dimsum, gorengan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori20 kkal
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0,3 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.3

AjinomotoMasako

Harga referensi
Rp5.000
Lebih Murah

Kaldu kemasan dengan aroma dan rasa khas kaldu buatan rumah

Masako hadir untuk Anda yang ingin memasak berbagai menu makanan secara lebih praktis dan mudah. Tersedia dalam dua pilihan rasa, Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan dan rasa yang Anda inginkan. 


Kaldu bubuk ini terbuat dari perpaduan daging kualitas premium, rempah-rempah, dan perisa pilihan sehingga menghasilkan rasa gurih yang pas. Jadi, Anda akan mendapatkan rasa dan aroma daging asli layaknya kaldu buatan rumah dalam masakan Anda. 

Komposisi utamaGaram, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), gula, ekstrak daging sapi, merica, bawang merah, rempah-rempah, pewarna karamel, ekstrak protein kedelai, ekstrak daging ayam, lemak ayam, bawang putih, pengatur keasaman (trinatrium sitrat)
Jenis kalduAyam, sapi
KemasanSaset
Mengandung MSG
Berat bersih8,5 gram, 40 gram, 100 gram, 130 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kg
Mengandung gula
Porsi penyajian3,3 gram
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori0
Daya tahan3 bulan
Jumlah protein0
Tipe bumbuBubuk
View all
No.4

BeorganikStock Powder Non MSG

Harga referensi
Rp19.000
Menengah

Kaldu non-MSG untuk Anda yang aware terhadap kesehatan

Bila Anda mencari penyedap non-MSG untuk membuat makanan menjadi nikmat sekaligus sehat, produk Beorganik bisa Anda pertimbangkan. Selain non-MSG, kaldu ini juga terbuat dari bahan-bahan pilihan asli tanpa campuran dan pengawet. Produk ini juga tersedia dalam berbagai pilihan varian, seperti ayam, sapi, jamur, dan ikan. Anda bisa memilih varian sesuai rasa favorit dan jenis masakan Anda.

Komposisi utamaDaging ikan tenggiri, ekstrak jamur, daging sapi, daging ayam kampung, soy, bawang merah, bawang putih, merica, garam, rempah, tepung maizena
Jenis kalduAyam, sapi, jamur, ikan
KemasanBotol
Mengandung MSG
Berat bersih60 gram, 70 gram, 75 gram, 100 gram, 220 gram, 245 gram, 300 gram
Mengandung gula
Porsi penyajian1 sendok teh
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori25-35 kkal
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein1-7,5 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.5

Lingkar OrganikMaseko Kaldu Natural

Harga referensi
Rp36.000
Agak Mahal

Sajikan MPASI yang enak dan sehat dengan kaldu pilihan ini

Maseko merupakan singkatan dari Masakan Enak Tanpa Resiko. Sesuai namanya, kaldu ini diklaim tidak akan menimbulkan risiko alergi. Pasalnya, kaldu bubuk ini dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan serta tidak mengandung genetically modified organism (GMO). 


Selain rasanya yang spesial, produk ini juga aman dikonsumsi oleh si kecil karena dibuat tanpa menggunakan pengawet dan MSG. Kaldu bubuk MPASI ini cocok dipilih untuk melengkapi menu makanan buah hati Anda. Kini, Anda bisa menyajikan makanan pendamping ASI yang enak dan sehat.

Komposisi utamaTepung maizena, merica, bawang merah, garam, bawang putih, gula pasir, daging sapi, daging ayam kampung, daun kelor, jamur
Jenis kalduAyam, sapi, jamur, daun kelor
KemasanSaset, botol plastik
Mengandung MSG
Berat bersih100 gram
Mengandung gula
Porsi penyajianSesuai selera
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan9 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.6

BarefoodBUMBOO Kaldu Asli

Harga referensi
Rp32.500
Agak Mahal

Menu MPASI jadi lebih sehat berkat kaldu yang rendah garam dan gula

BUMBOO Kaldu Asli menawarkan alternatif bumbu makanan pendamping ASI yang lebih sehat dan nikmat. Berbeda dengan kaldu non-MSG lainnya, produk ini diklaim tidak mengandung tambahan gula dan garam. Hal tersebut baik untuk anak-anak yang tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak garam. 


Selain itu, kaldu ini juga diperkaya dengan bubuk bayam dan bubuk wortel yang akan menambah nutrisi pada produk ini. Kami rekomendasikan kaldu ini untuk para ibu yang ingin menyajikan makanan pendamping ASI yang lebih sehat dan lezat.

Komposisi utamaAyam, sapi, jamur, bubuk bayam, bubuk wortel
Jenis kalduAyam, sapi, jamur
KemasanBotol
Mengandung MSG
Berat bersih90 gram
Mengandung gula
Porsi penyajianSesuai selera
Mengandung garam
Jenis masakanMPASI
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.7

UnileverKnorr Bumbu Rasa Ayam

Harga referensi
Rp19.500
Menengah

Kaldu dengan ekstrak ayam 5 kali lebih banyak

Selain merek Royco, Unilever juga mempunyai produk kaldu bubuk dengan merek Knorr. Kaldu bubuk ini diklaim mengandung 5 kali lebih banyak ekstrak ayam dibandingkan dengan kaldu lain. Produk ini juga memiliki kandungan garam yang lebih sedikit sehingga lebih dominan rasa ayamnya. Kami rekomendasikan kaldu ini untuk Anda yang menginginkan rasa gurih alami dari ekstrak ayam dalam masakan Anda.

Komposisi utamaGaram beriodium, maltodekstrin, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat & guanilat), pati jagung, daging & lemak ayam (6,7%) (mengandung antioksidan ekstrak rosemary, BHA, propil galat), gula, hidrolisat protein nabati (mengandung pewarna alami karamel III amonia proses, penguat rasa dinatrium 5'-ribonukleotida, kedelai), perisa sintetik ayam (mengandung telur), minyak nabati,bawang bubuk, bawang putih bubuk, lada putih bubuk, ekstrak lada hitam, kunyit bubuk
Jenis kalduAyam
KemasanSaset, pouch
Mengandung MSG
Berat bersih200 gram, 1 kg
Mengandung gula
Porsi penyajian5 g untuk tumisan, 17 g untuk kaldu
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori10 kkal
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.8

Crystal of the SeaWhite Anchovy Powder

Harga referensi
Rp47.000
Agak Mahal

Makanan MPASI jadi lebih bergizi dengan kaldu ikan teri ini

White Anchovy Powder dari Crystal of the Sea terbuat dari ikan teri putih tanpa MSG. Produk ini memiliki kandungan omega 3, DHA, protein, yodium yang tinggi. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta jaringan tubuh. 


Tidak hanya itu, kandungan dari kaldu bubuk ini juga dapat meningkatkan proses pembentukan tulang dan gigi serta mempertahankan kepadatannya. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan nutrisi tambahan dalam setiap menu MPASI anak Anda.

Komposisi utama100% ikan teri nasi
Jenis kalduIkan teri nasi
KemasanBotol
Mengandung MSG
Berat bersih20 gram, 80 gram
Mengandung gula
Porsi penyajian1 sendok teh untuk usia di bawah 1 tahun, 2 sendok teh untuk usia di atas 1 tahun
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis makanan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori15 kkal
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein3 g
Tipe bumbuBubuk
View all
No.9

Plum & Blum Kaldu MPASI

Harga referensi
Rp44.000
Agak Mahal

Buat makanan si kecil jadi lebih lezat dengan kaldu berbagai kaldu ini

Anda sering kebingungan mencari rasa yang tepat untuk menu MPASI anak Anda? Jika iya, coba Anda pilih beberapa jenis kaldu dari merk yang satu ini. Plum & Blum menghadirkan berbagai kaldu MPASI yang terbuat dari bahan berkualitas. Merek ini menawarkan berbagai varian kaldu, mulai dari kaldu sapi, hati ayam, salmon, udang, jamur, ayam, hingga teri. Produk ini juga bebas MSG dan sudah tersertifikasi halal.

Komposisi utamaDaging hati ayam, daging aya, daging sapi, daging ayam kampung, jamur, salmon, udang, teri, tepung jagung
Jenis kalduAyam, sapi, jamur, udang, hati ayam, salmon, teri
KemasanBotol
Mengandung MSG
Berat bersih80 gram, 100 gram
Mengandung gulaTidak diketahui
Porsi penyajianSesuai selera
Mengandung garamTidak diketahui
Jenis masakanMPASI
Mengandung santan
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahan12 bulan
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuBubuk
View all
No.10

NutrifoodTropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur

Harga referensi
Rp28.200
Menengah

Kaldu dengan kombinasi rasa ayam dan jamur yang rendah garam

Tropicana Slim menghadirkan bumbu kaldu yang aman untuk penderita hipertensi. Produk ini disebut aman karena memiliki kandungan garam yang lebih rendah. Terbuat dari ekstrak ayam dan jamur pilihan, kaldu ini menghadirkan rasa gurih umami yang khas dan unik. Jika Anda baru saja memulai pola hidup sehat dan ingin mengonsumsi makanan yang menggugah selera, pertimbangkanlah kaldu ini.

Komposisi utamaEkstrak ayam dan jamur
Jenis kalduAyam dan jamur
KemasanPouch
Mengandung MSG
Berat bersih100 gram
Mengandung gulaTidak diketahui
Porsi penyajian1,5 g
Mengandung garam
Jenis masakanSemua jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori0 kkal
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuBubuk
View all

5 Rekomendasi Kaldu Bubuk terbaik

No. 1: UnileverRoyco

No. 2: TotoleKaldu Rasa Jamur

No. 3: AjinomotoMasako

No. 4: BeorganikStock Powder Non MSG

No. 5: Lingkar OrganikMaseko Kaldu Natural

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.