1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Vitamin kucing diperlukan untuk menjaga kesehatan peliharaan Anda. Jenisnya bermacam-macam, dari vitamin untuk kucing sakit, menggemukkan badan, memperindah bulu, hingga menambah nafsu makan. Vitamin kucing ini tersedia dalam kemasan botol dan sachet. Di antara semua jenis ini, Anda perlu tahu merek dan harga vitamin yang bagus untuk kucing.


Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan vitamin kucing terbaik merek Maxcat, Olive Care, hingga Nutri-plus Gel. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!

Diperbaharui 11-20-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin kucing

Vitamin kucing dapat dikategorikan berdasarkan usia dan kondisi tubuh kucing. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa produk pilihan cocok dengan anak bulu Anda di rumah. 

① Periksa komposisi di dalamnya

Produk vitamin untuk kucing memiliki komposisi yang berbeda-beda, baik dari segi tujuan maupun target usianya. Karena itu, pilihlah vitamin yang memiliki komposisi tepat dan sesuai kebutuhan si kucing.

Vitamin A dan B, menjaga kesehatan mata

Vitamin A dan B, menjaga kesehatan mata

Sama seperti manusia, vitamin A juga bermanfaat untuk mata kucing. Selain menjaga mata berfungsi normal, vitamin A juga melindungi dari berbagai penyakit dan membantu kesembuhan mata kucing yang sakit. Namun, tak hanya vitamin A, vitamin B juga menjaga kesehatan mata, lho. Kedua vitamin ini memberi manfaat agar pandangan kucing jadi lebih tajam

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Vitamin adalah senyawa organik yang berperan dalam berbagai aktivitas metabolisme. Kekurangan vitamin, atau defisiensi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Fungsi utama vitamin A pada tubuh kucing adalah


  • memelihara organ penglihatan
  • menunjang pertumbuhan
  • untuk kekebalan tubuh
  • bermanfaat untuk perkembangan janin
  • diferensiasi seluler

Penyakit mata yang dapat disebabkan oleh defisiensi vitamin A di antaranya adalah konjungtivitis, katarak, degenerasi retinal. Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, kelemahan otot, gangguan reproduksi, dan pertumbuhan.


Namun, kelebihan vitamin A dapat menimbulkan permasalahan pada anak kucing yang sedang tumbuh. Salah satunya adalah hipervitaminosis A, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan berbagai lesi tulang. Untuk itu, berikan vitamin A sesuai takaran yang tercantum pada kemasan atau konsultasikan dengan dokter hewan.

Protein, meningkatkan antibodi kucing

Protein, meningkatkan antibodi kucing

Protein memiliki manfaat yang baik untuk kulit, bulu, kuku, hingga antibodi kucing. Selain itu, asam amino dari protein dapat diubah menjadi glukosa yang penting untuk otak, sel darah merah, serta ginjal. Protein pun berguna menghasilkan energi agar kucing dapat beraktivitas sehari-hari


Namun, protein punya efek samping yang menyebabkan masalah pencernaan. Ini terjadi jika kucing tidak dapat mencerna protein dengan mudah atau alergi terhadap protein. Untuk kasus demikian, pilih protein yang mudah dicerna. Dengan begitu, kucing dapat menyerap nutrisi dari protein yang dibutuhkannya. 


Anda juga dapat memilih produk yang menggunakan sumber protein tunggal, seperti protein terhidrolisis. Protein terhidrolisis sendiri merupakan protein yang telah dipecah menjadi bentuk protein yang lebih kecil sehingga mudah dikonsumsi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Asam amino dibutuhkan oleh kucing sebagai prekursor pembentukan protein. Molekul protein ini menjadi antibodi yang memiliki fungsi melawan agen asing yang masuk ke tubuh. Asam amino atau protein yang tercukupi akan menjadikan tubuh siap membentuk antibodi jika ada agen patogen masuk. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh kucing akan meningkat. 

Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6, membantu tumbuhnya bulu indah

Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6, membantu tumbuhnya bulu indah

Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6 merupakan nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan bulu kucing. Lemak omega-3 dan omega-6 pada dasarnya bermanfaat untuk menjaga kucing agar tidak rentan terhadap masalah peradangan. Bulu kucing pun akan tumbuh sehat dan indah bila ia terhindar dari masalah kulit tersebut.


Sementara itu, vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin ini juga mencegah terjadinya berbagai macam permasalahan pada kulit kucing. Namun, pastikan kucing kesayangan Anda mengonsumsi ketiga nutrisi ini sesuai anjuran, ya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Nilai estetika dan kepuasan memelihara kucing akan meningkat ketika keindahan dan kesehatan kulit serta rambut kucing terpelihara. Untuk menunjang kesehatan kulit dan rambut kucing diperlukan asupan nutrisi yang pas. Vitamin E memainkan peranan dalam meningkatkan kesehatan kulit dan rambut kucing. 


Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mencegah penyebaran reaksi radikal bebas pada kulit. Asam lemak omega-3 dan omega-6 penting untuk menjaga rambut tetap berkilau dan mencegah kerontokan. Asam lemak omega-3 dan omega-6 juga dapat berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan, hati, mata, otak, dan persendian kucing.

② Pilihlah vitamin sesuai usia dan kondisi kucing Anda

Pemberian vitamin kucing harus sesuai dengan usia dan kondisinya. Jika dipaksa, hasilnya bisa tidak optimal atau justru membahayakan kondisi kucing. 

Penggemuk kucing, mengombinasikan vitamin A, B, C, dan E dengan minyak ikan

Penggemuk kucing, mengombinasikan vitamin A, B, C, dan E dengan minyak ikan

Tak hanya mengonsumsi makanan penuh nutrisi, vitamin juga diperlukan agar kucing sehat dan gemuk. Vitamin sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan tidak hanya diberikan sesekali agar manfaatnya lebih terlihat


Vitamin yang bermanfaat menggemukkan kucing biasanya mengandung vitamin A, B, C, serta E yang dikombinasikan dengan minyak ikan. Kombinasi vitamin dengan minyak ikan ini bertujuan meningkatkan nafsu makan kucing. Jika nafsu makan meningkat, si anak bulu akan lekas gemuk dengan kulit dan bulu yang sehat.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing bisa mengalami malnutrisi atau kurus. Jika demikian, salah satu cara untuk mengembalikan bobot tubuhnya menjadi ideal adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah vitamin A, B, C, dan E.


Pencampuran vitamin dengan minyak ikan biasanya dilakukan untuk menstimulasi nafsu makan kucing. Namun, pemberian vitamin untuk memacu nafsu makan hedaknya dibatasi jika bobot kucing sudah melebihi batas maksimal. Dengan demikian, pemberian vitamin tidak akan menimbulkan permasalahan kesehatan pada kemudian hari.

Kucing hamil, mempersiapkan kelahiran dengan vitamin A, D, dan E

Kucing hamil, mempersiapkan kelahiran dengan vitamin A, D, dan E

Vitamin wajib dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh induk kucing sekaligus sebagai suplemen untuk janin di dalam kandungannya. Anak kucing pun akan tumbuh sehat setelah lahir nanti.


Lantas, vitamin apa yang cocok untuk kucing hamil? Produk yang mengandung vitamin A, D, dan E memiliki nutrisi yang baik untuk induk kucing serta janinnya. Jadi, pastikan kebutuhan nutrisi induk dan anaknya terpenuhi dengan memilih produk yang tepat.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Vitamin yang utama untuk kucing adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks. Kebutuhan vitamin tersebut harus diperhitungkan sebelum dan selama kehamilan atau selama kucing menyusui.


Vitamin A sangat penting untuk diferensiasi sel normal dan mengatur perkembangan organ pada janin. Vitamin A atau retinol dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk mencegah kelainan bentuk. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk mendukung perkembangan normal pada anak kucing selama menyusui.


Vitamin E bisa membantu mengurangi risiko stres oksidatif yang mengganggu tumbuh kembang janin. Sementara itu, vitamin D bekerja secara sinergis dengan vitamin A. Vitamin D berperan dalam menyerap dan mengatur kalsium dan fosfor. Vitamin ini membantu tubuh mensintesis protein, membangun tulang, gigi, dan kulit yang kuat.

Anak kucing, tumbuh sehat dengan vitamin A, B, D, E, dan K

Anak kucing, tumbuh sehat dengan vitamin A, B, D, E, dan K

Jika anak kucing telah berusia tujuh atau delapan minggu, sudah saatnya ia disapih dari induknya. Dalam masa sapih ini ia membutuhkan nutrisi tambahan, salah satunya adalah vitamin. Vitamin berguna untuk membantu pertumbuhan serta menjaga imun tubuhnya.


Kitten akan memerlukan vitamin A, B, D, E, dan juga K yang membantu pembekuan darah. Namun, selain vitamin, Anda mungkin memerlukan tambahan minyak ikan untuk meningkatkan nafsu makannya. Dengan begitu, kitten Anda akan memiliki nutrisi yang lengkap untuk tumbuh sehat.   

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Anak kucing membutuhkan kelengkapan nutrisi optimal pada masa pertumbuhannya. Kebutuhan nutrisi tersebut dapat diperoleh melalui susu induk, pakan tambahan, ataupun susu tambahan. Selain nutrisi pokok, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan anak kucing.


Vitamin E dibutuhkan sebagai antioksidan untuk membantu mengembangkan sistem kekebalan. Vitamin A diperlukan untuk menunjang pertumbuhan anak kucing, sedangkan vitamin K berfungsi mengaktivasi faktor pembekuan darah


Sementara itu, vitamin D membantu menyerap dan mengatur kalsium serta fosfor yang penting untuk membangun tulang, gigi, dan kulit yang kuat. Vitamin B atau thiamin sendiri memiliki fungsi yang sangat kompleks. Vitamin B1 berfungsi untuk metabolisme karbohidrat. Lalu, vitamin B12 berfungsi untuk mengatur fungsi enzim dan vitamin B6 untuk regulasi hormon. 

③ Pastikan bentuk dan tekstur vitamin cocok untuk kucing

Pastikan bentuk dan tekstur vitamin cocok untuk kucing

Vitamin kucing memiliki bentuk dan tekstur yang bermacam-macam, mulai dari cair, gel, bubuk, hingga tablet. Kami sarankan Anda untuk memilih produk berdasarkan kebutuhan dan kemudahan konsumsinya.


  • Vitamin kucing jenis cair: Vitamin ini paling mudah untuk kucing konsumsi. Anda cukup meneteskannya langsung ke mulut kucing atau mencampurkannya ke minuman.

  • Vitamin kucing jenis gel: Anda mungkin lebih sulit memberikannya karena harus memegangi kucing. Meski begitu, jenis ini hadir pula dalam bentuk snack sehingga si meong pun kemungkinan besar akan menyukainya.

  • Vitamin jenis bubuk: Vitamin ini tidak begitu sulit dikonsumsi karena hanya perlu dicampur air. Berikan vitamin jenis ini melalui minuman.

  • Vitamin jenis tablet: Anda harus menumbuk vitamin ini terlebih dahulu sampai lembut. Lalu, Anda dapat mencampurkannya dengan makanan atau snack kesayangan kucing di rumah. Berikan secara perlahan sampai si anak bulu terbiasa.   
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Dalam memilih bentuk sediaan vitamin, pemilik hendaknya menyesuaikannya dengan kebiasaan makan kucing. Hal ini berguna karena dapat mempermudah proses pemberian vitamin. Pemberian vitamin dapat diberikan secara langsung atau oral jika kucing mudah untuk dipegang. 


Vitamin juga dapat dicampurkan dengan pakan kesukaan kucing tersebut. Pemilihan bentuk sediaan juga bisa disesuaikan dengan kondisi kucing, baik dalam kondisi sehat maupun sakit. Pemilihan ukuran sediaan vitamin juga harus disesuaikan dengan tubuh kucing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

10 Rekomendasi vitamin kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tamasindo Veterinary

Body Fat Cat Fattener

Tamasindo Veterinary Body Fat Cat Fattener 1枚目

Vitamin penggemuk kucing dengan kombinasi sempurna

2

Olive Care

Vitamin Nafsu Makan

Olive Care Vitamin Nafsu Makan 1枚目

Vitamin penambah nafsu makan yang harus selalu tersedia di rumah

3

Olive Care

Vitamin Imunitas

Olive Care Vitamin Imunitas 1枚目

Jaga daya tahan tubuh kucing di tengah musim penyakit

4

X Animal Project

MaxCat Complete Nutrition

X Animal Project MaxCat Complete Nutrition 1枚目

Nutrisi tak akan lagi terbuang percuma

5

Virbac

Nutri-plus Gel

Virbac Nutri-plus Gel 1枚目

Mengembalikan tenaga kucing Anda dengan cepat

6

Eka Farma

KETWOL

Eka Farma KETWOL 1枚目

Peliharaan Anda makin cantik berkat vitamin bulu kucing

7

Tri Daya Varuna

Fish O Plus

Tri Daya Varuna Fish O Plus 1枚目

Kucing makin aktif dengan bulu yang indah

8

Vita Plus

 Vita Plus 1枚目

Tidak hanya kesehatan badan, mental kucing juga perlu diperhatikan

9

Raid-All

Conditioning Tablet

Raid-All Conditioning Tablet 1枚目

Conditioning Tablet dengan kandungan lemak yang sedikit

10

ICats

21 Vitamins Comprehensive Nutrition Paste

ICats 21 Vitamins Comprehensive Nutrition Paste 1枚目

Jangan biarkan kucing tua Anda sakit-sakitan tak berdaya

Perincian produk
Close
No.1

Tamasindo VeterinaryBody Fat Cat Fattener

Mulai dari Rp39.900,00

Vitamin penggemuk kucing dengan kombinasi sempurna

Kelebihan:

  • Berbentuk bubuk dan bisa dicampurkan pada makanan basah maupun kering

Kelemahan:

  • Jika diberikan tanpa pemantauan lebih lanjut, kucing rentan obesitas

Setelah sakit, kucing cenderung jadi kurus. Jika Anda ingin kucing segera gemuk, produk Body Fat Cat Fattener layak dicoba. Produk ini memiliki kombinasi sempurna yang terdiri dari berbagai bahan pilihan seperti multivitamin, nutrisi lengkap, dan protein tinggi. Dengan demikian, bobot kucing akan bertambah dengan cepat!

No.2

Olive CareVitamin Nafsu Makan

Mulai dari Rp87.225,00

Vitamin penambah nafsu makan yang harus selalu tersedia di rumah

Kelebihan:

  • Berbentuk cairan dalam kapsul sehingga Anda memiliki lebih banyak opsi untuk memasukkannya ke mulut

Kekurangan:

  • Beberapa kucing dilaporkan tidak cocok sehingga pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu tentang kesehatan kucing Anda

Menyiapkan makanan selezat apa pun akan sia-sia saat kucing Anda tidak berselera makan. Jika Anda sedang menghadapi masalah tersebut, pertimbangkan untuk memberi Vitamin Nafsu Makan dari Olive Care ini. Selain appetite booster, vitamin ini juga kaya serat. Jadi, kucing Anda tidak akan mengalami konstipasi yang menyakitkan.

No.3

Olive CareVitamin Imunitas

Mulai dari Rp86.131,00

Jaga daya tahan tubuh kucing di tengah musim penyakit

Kelebihan:

  • Mampu membantu detoksifikasi pada kucing sehingga jadi lebih sehat

Kekurangan:

  • Jika dicampurkan pada makanan, mengeluarkan bau amis tertentu yang mungkin tidak disukai sebagian kucing

Bagi penyayang kucing, serbuan virus adalah momok yang menakutkan. Untuk itu, perkuat daya tahan kucing Anda. Berikan vitamin yang mendukung, seperti Vitamin Imunitas dari Olive Care. Vitamin ini juga bisa digunakan saat kucing sedang sakit. Jadi, jika Anda sedang mencari vitamin untuk mencegah kucing sakit atau membantu menyembuhkan penyakit, segera berikan vitamin ini. 

No.4

X Animal ProjectMaxCat Complete Nutrition

Mulai dari Rp80.000,00

Nutrisi tak akan lagi terbuang percuma

Kelebihan:

  • Memperbaiki daya serap nutrisi oleh tubuh

Kekurangan:

  • Berbentuk kapsul sehingga mungkin agak menyulitkan saat memberikannya

Anda merasa sudah memberi kucing banyak makan dan vitamin tetapi beratnya tidak bertambah? Bisa jadi ada masalah pada kemampuan kucing dalam menyerap nutrisi Jika itu masalahnya, pertimbangkan untuk menggunakan produk Maxcat. Vitamin kucing Maxcat diklaim bisa membantu penyerapan vitamin, nutrisi, dan kalsium. Dengan demikian, kucing Anda akan gemuk dan sehat.

No.5

Mengembalikan tenaga kucing Anda dengan cepat

Kelebihan:

  • Mengandung folic acid yang menunjang kemampuan reproduksi kucing

Kelemahan:

  • Bentuknya yang berupa gel tidak selalu disukai oleh kucing 

Nutri-plus Gel merupakan nutrisi hewani yang mengonversi nutrisi menjadi energi dengan lebih mudah dan cepat. Konversi tersebut bertujuan memulihkan kucing setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. 


Vitamin ini cocok bagi Anda yang sedang mengurus kucing kelelahan, misalnya setelah operasi dan melahirkan. Segera berikan vitamin ini untuk memulihkan tenaga kucing kesayangan Anda.

No.6

Peliharaan Anda makin cantik berkat vitamin bulu kucing

Kelebihan:
  • Menjaga kesehatan bulu kucing dengan cara menyuburkan bulu serta mencegah rontok

Kekurangan:

  • Pada beberapa kucing, kerontokan baru berhenti setelah pemakaian cukup lama, yaitu lebih dari dua minggu

Bagi Anda pemilik kucing berbulu indah, apakah Anda sedang mencari vitamin untuk kesehatan bulu? Anda bisa memilih produk vitamin cair ini. Tak hanya mempercantik bulu, KETWOL juga mencegah bulu rontok. 


Perlu diingat, kerontokan umumnya terjadi karena kondisi bulu yang kurang sehat. Nah, produk ini juga diklaim mempercepat tumbuhnya bulu kucing serta membuatnya lebih mengilat dan lembut. 

No.7

Tri Daya VarunaFish O Plus

Mulai dari Rp16.000,00

Kucing makin aktif dengan bulu yang indah

Kelebihan:

  • Diperkaya minyak ikan yang bermanfaat bagi bulu dan kesehatan organ gerak

Kekurangan:

  • Beberapa kucing butuh mengonsumsi lebih banyak Fish O Plus hingga efeknya muncul

Fish O Plus adalah suplemen berbahan khusus minyak ikan. Kandungan minyak ikan di dalamnya bermanfaat untuk memperindah bulu. Produk ini juga mampu mencegah penyakit sendi dan jantung. 


Jika terhindar dari dua penyakit tersebut, tentu kucing kesayangan Anda akan lebih happy serta lincah. Kami sarankan produk ini untuk Anda yang sedang mencari vitamin untuk si kucing agar tetap aktif.

No.8

Tidak hanya kesehatan badan, mental kucing juga perlu diperhatikan

Kelebihan:

  • Bertekstur cair sehingga mudah diserap tubuh

Kekurangan:

  • Diberikan dengan cara diteteskan ke mulut, bisa terasa menyulitkan saat kucing sedang agresif

Meskipun kerap bermain dan tampil ceria, kucing juga bisa terkena stres sehingga jadi lesu atau makin agresif. Jika kucing Anda memperlihatkan gejala-gejala stres, jangan biarkan berlarut-larut. 


Pertimbangkanlah vitamin untuk mengatasi stres, misalnya Vita Plus ini. Multivitamin ini diklaim mampu meredakan stres selain juga menyehatkan badan. Jadi, sediakan selalu vitamin ini di rumah jika kucing Anda rentan stres.

No.9

Raid-AllConditioning Tablet

Mulai dari Rp19.500,00

Conditioning Tablet dengan kandungan lemak yang sedikit

Kelebihan:

  • Tidak pahit sehingga Anda relatif mudah memberikannya

Kekurangan:

  • Kurang cocok bagi Anda yang ingin menggemukkan kucing secara cepat

Conditioning Tablet mengandung vitamin B Kompleks yang kaya khasiat dengan harga terjangkau. Tablet ini mudah hancur saat terkena air sehingga bisa dicampur dengan wet food, selain juga dry food. Jika Anda sering memberikan wet food dan dry food secara bergantian, produk ini bisa jadi pilihan praktis. Kandungan lemaknya pun sedikit sehingga kucing minim kemungkinan obesitas.

No.10

ICats21 Vitamins Comprehensive Nutrition PasteIC21VIT

Mulai dari Rp45.000,00

Jangan biarkan kucing tua Anda sakit-sakitan tak berdaya

Kelebihan:

  • Kandungan yang begitu kaya dengan 21 jenis vitamin dan mineral

Kekurangan:

  • Vitamin ini diberikan dengan dicampurkan ke makanan atau dijilati sehingga agak menyulitkan jika kucing sedang tidak berselera makan

Tentunya Anda juga menginginkan kucing yang telah menjadi sahabat bertahun-tahun tetap sehat di masa tuanya. Bagi Anda pemilik kucing tua, berikan vitamin dari ICats. Produk yang kaya nutrisi dan vitamin ini telah disetujui oleh Royal Veterinary College dari University of London. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya.

Tips memberikan vitamin untuk kucing kampung

Kondisi di jalanan membuat kebersihan dan makanan yang dikonsumsi kucing kampung tidak terjamin. Oleh karena itu, vitamin merupakan asupan yang penting untuk diberikan. 

Konsultasikan ke dokter hewan

Konsultasikan ke dokter hewan

Setelah memungut kucing kampung, segeralah pergi ke dokter hewan terdekat. Tinggal di jalan membuat kucing kampung rentan terinfeksi kuman dan penyakit. Dokter hewan akan segera memeriksanya dan memberikan obat yang pas untuk kucing. 


Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi dan arahan yang tepat untuk memelihara si anak bulu. Jadi, jangan ragu untuk membawa kucing kampung Anda ke dokter hewan, ya!

Perhatikan kondisi kucing dan bantu ia beradaptasi dengan lingkungan baru

Perhatikan kondisi kucing dan bantu ia beradaptasi dengan lingkungan baru

Tubuh kucing yang kotor dapat Anda bersihkan dengan air hangat untuk meminimalkan kucing berontak jika terkena airSetelah bersih, ajak kucing melihat-lihat lingkungan atau tempat tinggal barunya untuk mulai beradaptasi. Riset menyatakan, kucing memiliki kemampuan sosial kognitif yang baik dengan pengasuhnya sehingga Anda dapat melatihnya mengenal lingkungan baru. 


Selain kondisi fisik kucing, Anda juga harus mengetahui kondisi psikisnya. Anda dapat melihat reaksinya ketika didekatkan atau diajak berinteraksi. Kucing kampung yang tidak terawat sering kali mengalami kejadian traumatis. Dengan demikian, Anda perlu berhati-hati agar kucing tetap merasa aman. 

Berikan vitamin untuk menjaga stamina kucing

Berikan vitamin untuk menjaga stamina kucing

Kucing kampung juga membutuhkan perawatan untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Beberapa vitamin yang penting adalah minyak ikan, vitamin A, B kompleks, D, E, protein, serta lemak omega 3 dan omega 6. Nutrisi pada vitamin tersebut bisa menambah nafsu makan kucing, mengatasi bulu rontok, dan meningkatkan antibodi.


Perhatikan juga jenis vitamin yang cocok dengan kucing kampung Anda dengan melihat responsnya ketika diberi makanan. Tidak semua kucing kampung menyukai aroma makanan yang menyengat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan vitamin yang tidak berbau dan berasa.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kucing di sini

Selain vitamin, masih banyak produk perawatan lain yang harus Anda siapkan untuk membesarkan kucing di rumah. Untuk itu, silakan membaca rekomendasi berbagai produk perawatan kucing di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, Anda telah mengetahui produk vitamin kucing beserta manfaatnya. Sudahkah Anda menemukan vitamin yang sesuai? Karena ada banyak jenis vitamin, pastikan produk pilihan Anda cocok dengan kondisi si kucing, ya. 


Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda dan si anak bulu. Jika setelah ini Anda masih bingung memilih, kami sarankan untuk berdiskusi langsung dengan dokter hewan. Have fun with your cats!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer