• 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?


Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Sejak 2017 hingga saat ini, pemilik akun Instagram @titosuprayoga ini bekerja dan mendalami bidang praktisi hewan kesayangan. Pria yang pernah menjadi asisten dosen Patologi Anatomi ini juga menekuni bidang genetik molekuler hewan. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin untuk kucing

Banyak produk vitamin kucing yang beredar di pasaran. Di antara berbagai jenisnya, vitamin kucing dapat dikategorikan berdasarkan usia dan kondisi tubuh kucing. Karena itu, sebelum membeli, Anda perlu memastikan bahwa produk pilihan cocok dengan dengan anak bulu Anda di rumah. Berikut ini adalah tips dari kami yang perlu Anda ketahui. 

Periksa komposisi di dalamnya

Vitamin untuk kucing yang diproduksi hingga saat ini memiliki banyak jenis berdasarkan komposisi di dalamnya. Kandungan vitamin di dalam setiap produk pasti berbeda-beda, baik dari segi tujuan maupun target usianya. Karena itu, pilihlah vitamin yang memiliki komposisi tepat dan sesuai kebutuhan si kucing.

Vitamin A dan B, menjamin kesehatan mata

Vitamin A dan B, menjamin kesehatan mata

Sama seperti manusia, vitamin A juga memiliki manfaat untuk mata si kucing. Selain menjaga agar mata dapat berfungsi normal, vitamin A juga melindunginya dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, vitamin ini dapat pula membantu kesembuhan mata bagi kucing yang sedang sakit di bagian tersebut.


Namun, tak hanya vitamin A, vitamin B juga dapat menjaga kesehatan mata, lho. Kedua vitamin ini pun dapat memberi manfaat agar pandangan kucing jadi lebih tajam. Berada dan beraktivitas di ruangan gelap tidak menjadi masalah bagi si anak bulu, deh.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Vitamin adalah senyawa organik yang berperan dalam berbagai aktivitas metabolisme. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Fungsi utama vitamin A pada tubuh kucing adalah untuk: 


  • memelihara organ penglihatan
  • menunjang pertumbuhan
  • untuk kekebalan tubuh
  • bermanfaat untuk perkembangan janin
  • diferensiasi seluler

Penyakit mata yang dapat disebabkan oleh defisiensi vitamin A di antaranya adalah konjungtivitis, katarak, degenerasi retinal. Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, kelemahan otot, gangguan reproduksi, dan pertumbuhan.


Namun, kelebihan vitamin A dapat menimbulkan permasalahan pada anak kucing yang sedang tumbuh. Salah satunya menyebabkan hipervitaminosis A, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan berbagai lesi tulang. Untuk itu, berikan vitamin A sesuai takaran yang tercantum pada kemasan atau konsultasikan dengan dokter hewan.

Protein, meningkatkan antibodi

Protein, meningkatkan antibodi

Jika membahas kandungan apa yang sangat dibutuhkan oleh kucing, proteinlah jawabannya. Protein memiliki manfaat yang baik untuk kulit, bulu, kuku, hingga antibodi kucing. Selain itu, asam amino dari protein dapat diubah menjadi glukosa yang penting untuk otak, sel darah merah, serta ginjal. Protein pun berguna untuk menghasilkan energi untuk kucing agar dapat beraktivitas sehari-hari


Nah, meski memiliki banyak manfaat, protein memiliki efek samping yang menjadi penyebab masalah pencernaan. Hal ini bisa terjadi jika kucing tidak dapat mencerna protein dengan mudah atau alergi terhadap kandungan ini.   


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika kucing Anda tidak bisa mengonsumsi protein biasa, kami sarankan untuk memilih protein yang mudah dicerna. Dengan begitu, si kucing dapat menyerap nutrisi dari protein yang dibutuhkannya. 


Selain protein mudah dicerna, Anda juga dapat memilih produk yang menggunakan sumber protein tunggal, seperti protein terhidrolisis. Protein terhidrolisis sendiri merupakan protein yang telah dipecah menjadi bentuk protein yang lebih kecil sehingga mudah dikonsumsi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Asam amino dibutuhkan oleh kucing sebagai prekursor pembentukan protein. Molekul protein ini menjadi antibodi yang memiliki fungsi melawan agen asing yang masuk ke tubuh. Asam amino atau protein yang tercukupi akan menjadikan tubuh siap membentuk antibodi jika ada agen patogen masuk. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh kucing akan meningkat. 

Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6, membantu tumbuhnya bulu indah

Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6, membantu tumbuhnya bulu indah

Setelah membahas kandungan yang diperlukan oleh bagian dalam tubuh kucing, kami akan membahas kesehatan dari sisi luarnya. Vitamin E serta lemak omega-3 dan omega-6 merupakan nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan bulu kucing. 


Lemak omega-3 dan omega-6 pada dasarnya bermanfaat untuk menjaga kucing agar tidak rentan terhadap masalah peradangan. Bulu kucing pun akan tumbuh sehat dan indah bila ia terhindar dari masalah kulit tersebut.


Sementara itu, vitamin E bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin ini juga mencegah terjadinya berbagai macam permasalahan pada kulit kucing. Saran dari kami, pastikan kucing kesayangan Anda mengonsumsi ketiga nutrisi ini sesuai anjuran, ya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Nilai estetika dan kepuasan memelihara kucing akan meningkat ketika keindahan dan kesehatan kulit serta rambut kucing terpelihara. Untuk menunjang kesehatan kulit dan rambut kucing diperlukan asupan nutrisi yang pas. Vitamin E memainkan peranan dalam meningkatkan kesehatan kulit dan rambut kucing. 


Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mencegah penyebaran reaksi radikal bebas pada kulit. Asam lemak omega-3 dan omega-6 penting untuk menjaga rambut tetap berkilau dan mencegah kerontokan. Asam lemak omega-3 dan omega-6 juga dapat berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan, hati, mata, otak, dan persendian kucing.

Pilihlah vitamin sesuai usia dan kondisi kucing Anda

Selain berdasarkan komposisinya, Anda perlu memilih vitamin kucing sesuai dengan usia dan kondisinya. Sebagai contoh, jangan memberikan vitamin kucing dewasa untuk anak kucing yang kesehatannya masih rentan. Jika dipaksa, ada kemungkinan akan ada efek yang timbul sehingga membahayakan kesehatan si kucing kecil. 

Untuk menggemukkan kucing, pilih vitamin A, B, C, dan E dengan kombinasi minyak ikan

Untuk menggemukkan kucing, pilih vitamin A, B, C, dan E dengan kombinasi minyak ikan

Tak hanya mengonsumsi makanan penuh nutrisi, vitamin juga diperlukan agar kucing sehat dan gemuk. Vitamin sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan tidak hanya diberikan sesekali agar manfaatnya lebih terlihat. 


Vitamin yang bermanfaat menggemukkan kucing biasanya mengandung vitamin A, B, C, serta E yang dikombinasikan dengan minyak ikan. Kombinasi vitamin dengan minyak ikan ini bertujuan agar nafsu makan kucing Anda meningkat. Jika nafsu makan meningkat, si anak bulu akan lekas gemuk dengan kulit dan bulu yang sehat.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing bisa mengalami malnutrisi atau kurus. Jika demikian, salah satu cara untuk mengembalikan bobot tubuhnya menjadi ideal adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah vitamin A, B, C, dan E.


Pencampuran vitamin dengan minyak ikan biasanya dilakukan untuk menstimulasi nafsu makan kucing. Namun, pemberian vitamin untuk memacu nafsu makan hedaknya dibatasi jika bobot kucing sudah melebihi batas maksimal. Dengan demikian, pemberian vitamin tidak akan menimbulkan permasalahan kesehatan pada kemudian hari.

Untuk kucing hamil, pilih vitamin A, D, dan E

Untuk kucing hamil, pilih vitamin A, D, dan E

Kucing yang tidak mengandung saja memerlukan vitamin, apalagi kucing yang sedang hamil. Beberapa vitamin yang harus dikonsumsi ini memberi manfaat agar daya tahan tubuh induk kucing tetap terjaga dengan baik. Selain untuk induk, vitamin ini juga bermanfaat sebagai suplemen untuk janin di dalam kandungannya. Dengan begitu, anak-anak kucing akan tumbuh sehat setelah lahir nanti.


Nah, vitamin apa yang cocok untuk kucing hamil? Produk yang mengandung vitamin A, D, dan E memiliki nutrisi yang baik untuk induk kucing serta janinnya. Maka dari itu, pastikan kebutuhan nutrisi induk dan anaknya terpenuhi dengan memilih produk yang tepat.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Vitamin yang utama untuk kucing adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks. Kebutuhan vitamin tersebut harus diperhitungkan sebelum dan selama kehamilan atau selama kucing menyusui.


Vitamin A sangat penting untuk diferensiasi sel normal dan mengatur perkembangan organ pada janin. Vitamin A atau retinol dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk mencegah kelainan bentuk. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk mendukung perkembangan normal pada anak kucing selama menyusui.


Vitamin E bisa membantu mengurangi risiko stres oksidatif yang mengganggu tumbuh kembang janin. Sementara itu, vitamin D bekerja secara sinergis dengan vitamin A. Vitamin D berperan dalam menyerap dan mengatur kalsium dan fosfor. Vitamin ini membantu tubuh mensintesis protein, membangun tulang, gigi, dan kulit yang kuat.

Untuk anak kucing, pilih vitamin A, B, D, E, K, dan minyak ikan

Untuk anak kucing, pilih vitamin A, B, D, E, K, dan minyak ikan

Jika anak kucing Anda telah memasuki usia tujuh atau delapan minggu, sudah saatnya mereka disapih dari induknya. Dalam masa sapih inilah mereka membutuhkan nutrisi tambahan, salah satunya adalah vitamin. Vitamin dibutuhkan anak kucing agar dapat membantu pertumbuhan serta menjaga imun tubuhnya.


Untuk pertumbuhan, si kecil memerlukan vitamin A, B, D, E, dan juga K yang membantu pembekuan darah. Namun, selain vitamin, Anda mungkin memerlukan tambahan minyak ikan agar meningkatkan nafsu makannya. Dengan begitu, anak kucing Anda akan memiliki nutrisi yang lengkap untuk tumbuh sehat.   

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Anak kucing membutuhkan kelengkapan nutrisi optimal pada masa pertumbuhannya. Kebutuhan nutrisi tersebut dapat diperoleh melalui susu induk, pakan tambahan, ataupun susu tambahan. Selain nutrisi pokok, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan anak kucing.


Vitamin E dibutuhkan sebagai antioksidan untuk membantu mengembangkan sistem kekebalan. Vitamin A diperlukan untuk menunjang pertumbuhan anak kucing, sedangkan vitamin K berfungsi mengaktivasi faktor pembekuan darah. 


Sementara itu, vitamin D membantu menyerap dan mengatur kalsium serta fosfor yang penting untuk membangun tulang, gigi, dan kulit yang kuat. Vitamin B atau thiamin sendiri memiliki fungsi yang sangat kompleks. Vitamin B1 berfungsi untuk metabolisme karbohidrat. Lalu, vitamin B12 berfungsi untuk mengatur fungsi enzim dan vitamin B6 untuk regulasi hormon. 

Pastikanlah bentuk dan tekstur vitamin cocok untuk kucing

Pastikanlah bentuk dan tekstur vitamin cocok untuk kucing

Vitamin kucing memiliki bentuk dan tekstur yang bermacam-macam, mulai dari yang cair, gel, bubuk, hingga bentuk tablet. Kami sarankan Anda untuk memilih produk berdasarkan kebutuhan dan kemudahan konsumsinya.


  • Vitamin kucing jenis cair yang paling mudah untuk kucing konsumsi. Sama seperti jenis kapsul, Anda cukup meneteskannya langsung ke mulut si kucing atau dapat pula mencampurkan vitamin jenis ini ke minumannya.

  • Vitamin kucing jenis gel yang lebih sulit diberikan karena Anda harus memegangi si kucing. Meski begitu, jenis ini pun ada pula yang hadir dalam bentuk snack sehingga si meong pun kemungkinan besar akan menyukainya.

  • Vitamin jenis bubuk sebenarnya tidak begitu sulit pula dikonsumsi oleh kucing karena hanya perlu dicampur dengan air. Berikanlah vitamin jenis ini melalui minuman mereka.

  • Vitamin jenis tablet akan memakan waktu lebih lama karena harus ditumbuk terlebih dahulu. Setelah tablet dihancurkan, Anda dapat mencampurkannya dengan makanan atau snack kesayangan kucing di rumah. Pastikan Anda memberinya secara perlahan sampai si anak bulu terbiasa.   
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Dalam memilih bentuk sediaan vitamin, pemilik hendaknya menyesuaikannya dengan kebiasaan makan kucing. Hal ini berguna karena dapat mempermudah proses pemberian vitamin. Pemberian vitamin dapat diberikan secara langsung atau oral jika kucing mudah untuk dipegang. 


Vitamin juga dapat dicampurkan dengan pakan kesukaan kucing tersebut. Pemilihan bentuk sediaan juga bisa disesuaikan dengan kondisi kucing, baik dalam kondisi sehat maupun sakit. Pemilihan ukuran sediaan vitamin juga harus disesuaikan dengan tubuh kucing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

10 Rekomendasi vitamin kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  

10

Mekar PapillonPapillon Organic Extra Virgin Coconut Oil

Mulai dari Rp 60.000,00

KomposisiMinyak kelapa murni
ManfaatMenumbuhkan bulu, menyembuhkan jamur dan luka, mengobati diare
Usia Seluruh jenis dan usia kucing
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturCair
Isi250 ml, 500 ml
9
KomposisiVitamin B kompleks
ManfaatKesehatan kulit dan bulu, menjaga kebugaran tubuh kucing
Usia Anak kucing, kucing hamil, dan kucing dewasa
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturTablet
Isi100 tablet
8
KomposisiVitamin A, B, E, omega-3 dan 6
ManfaatMemperindah bulu, merawat kulit
Usia Tidak diketahui
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturTablet
Isi45 tablet
7
KomposisiVitamin A, B, C, D, E, K, mineral
ManfaatMenjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, menggemukkan tubuh
Usia Semua usia
Ditujukan untukKucing kurus dan tidak ada nafsu makan
TeksturCair
Isi30 ml, 125 ml, 250 ml
6
KomposisiVitamin B1, B2, E, nicotinamide, panthothenate
ManfaatMencegah bulu rontok
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturCair
Isi15 ml
5
KomposisiVitamin A, D, omega-3 dan 6
ManfaatMemperindah bulu, memperbaiki serta merawat kesehatan
Usia Tidak diketahui
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturKapsul
Isi50 kapsul
4

Tamasindo VeterinaryBody Fat Cat Fattener

Mulai dari Rp 39.900,00

KomposisiVitamin A, B, D, K, protein
ManfaatMenambah berat badan
Usia Anak kucing dan kucing dewasa
Ditujukan untukKucing yang kurus dan kurang nafsu makan
TeksturBubuk
Isi50 gram
3
KomposisiVitamin A, B, D, E, K
ManfaatMenggemukkan badan, menambah imun, mencegah penyakit
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Ditujukan untukTidak diketahui
TeksturGel
Isi50 gram
2
Komposisi Vitamin A, B, E, omega-3 dan 6
ManfaatMemperkuat bulu
Usia Tidak diketahui
Ditujukan untukKucing yang memiliki alergi pada kulit
TeksturCair
Isi4 ml
1
KomposisiVitamin A, D, E
ManfaatMengembalikan energi tubuh, menggemukkan tubuh, meningkatkan antibodi
Usia Anak kucing dan dewasa
Ditujukan untukKucing yang kelelahan setelah beraktivitas tinggi, kucing hamil dan menyusui
TeksturGel
Isi120,5 gram

Tabel perbandingan produk vitamin kucing terbaik

Gambar produk
1
Virbac Nutri-plus Gel 1

Virbac

2
Virbac Megaderm 1

Virbac

3
VITA-GEL 1

4
Tamasindo Veterinary Body Fat Cat Fattener 1

Tamasindo Veterinary

5
Tri Daya Varuna Fish O Plus 1

Tri Daya Varuna

6
Eka Farma KETWOL 1

Eka Farma

7
Golden Hill Neovitamax  1

Golden Hill

8
Kala Health DERMATRIX for Dogs & Cats 1

Kala Health

9
Kitzyme  Conditioning Tablets 1

Kitzyme

10
Mekar Papillon Papillon Organic Extra Virgin Coconut Oil 1

Mekar Papillon

Nama produk

Nutri-plus Gel

Megaderm

VITA-GEL

Body Fat Cat Fattener

Fish O Plus

KETWOL

Neovitamax

DERMATRIX for Dogs & Cats

Conditioning Tablets

Papillon Organic Extra Virgin Coconut Oil

Keunggulan

Konversi cepat nutrisi menjadi energi baik untuk kucing yang tidak bertenaga

Sulit mencari vitamin untuk si kucing yang memiliki alergi kulit? Pakailah produk ini!

Manfaat lengkap dalam satu vitamin!

Kombinasi sempurna untuk menggemukkan kucing lebih cepat

Bulu indah, sendi dan jantung pun terjaga!

Mencegah bulu rontok di setiap tetesnya

Melancarkan pencernaan dan membuat si meong cepat gemuk

Memperindah bulu si kucing dengan bahan berkualitas tinggi

Tak hanya bermanfaat untuk bulu, tubuh si meong pun akan terasa bugar

Terbuat dari seratus persen bahan alami, relatif lebih aman digunakan

Harga mulai dariRp 149.000,00Rp 12.500,00Rp 33.200,00Rp 39.900,00Rp 20.000,00Rp 15.000,00Rp 15.000,00Rp 380.000,00Rp 65.000,00Rp 60.000,00
KomposisiVitamin A, D, E Vitamin A, B, E, omega-3 dan 6Vitamin A, B, D, E, KVitamin A, B, D, K, proteinVitamin A, D, omega-3 dan 6Vitamin B1, B2, E, nicotinamide, panthothenateVitamin A, B, C, D, E, K, mineralVitamin A, B, E, omega-3 dan 6Vitamin B kompleksMinyak kelapa murni
ManfaatMengembalikan energi tubuh, menggemukkan tubuh, meningkatkan antibodiMemperkuat bulu Menggemukkan badan, menambah imun, mencegah penyakitMenambah berat badanMemperindah bulu, memperbaiki serta merawat kesehatanMencegah bulu rontokMenjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, menggemukkan tubuhMemperindah bulu, merawat kulitKesehatan kulit dan bulu, menjaga kebugaran tubuh kucingMenumbuhkan bulu, menyembuhkan jamur dan luka, mengobati diare
Usia Anak kucing dan dewasaTidak diketahuiAnak kucing, kucing dewasaAnak kucing dan kucing dewasaTidak diketahuiAnak kucing, kucing dewasaSemua usiaTidak diketahuiAnak kucing, kucing hamil, dan kucing dewasaSeluruh jenis dan usia kucing
Ditujukan untukKucing yang kelelahan setelah beraktivitas tinggi, kucing hamil dan menyusuiKucing yang memiliki alergi pada kulitTidak diketahuiKucing yang kurus dan kurang nafsu makanTidak diketahuiTidak diketahuiKucing kurus dan tidak ada nafsu makanTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
TeksturGelCairGelBubukKapsulCairCairTabletTabletCair
Isi120,5 gram4 ml50 gram50 gram50 kapsul15 ml30 ml, 125 ml, 250 ml45 tablet100 tablet250 ml, 500 ml
Tautan produk

Hal yang harus diperhatikan saat memberikan vitamin untuk kucing kampung

Pernahkah Anda ingin memungut kucing kampung yang ada di jalan? Jika iya, jangan lupa perhatikan kondisi kucing kampung yang akan Anda pelihara. Kondisi di jalanan membuat kucing kampung tidak terjamin kebersihan dan makanan yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, vitamin merupakan asupan penting yang bisa Anda berikan. 

Konsultasikan ke dokter hewan

Konsultasikan ke dokter hewan

Setelah memungut kucing kampung, segeralah pergi ke dokter hewan terdekat. Hal ini karena kondisi di luar yang membuat kucing kampung rentan terinfeksi kuman dan penyakit. Dokter hewan akan segera mengetahuinya dengan mudah dan memberikan obat yang pas untuk kucing


Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi dan arahan yang tepat untuk memelihara si anak bulu. Jadi, jangan ragu untuk membawa kucing kampung Anda ke dokter hewan, ya!

Perhatikan kondisi kucing dan bantu ia beradaptasi dengan lingkungan baru

Perhatikan kondisi kucing dan bantu ia beradaptasi dengan lingkungan baru

Setelah itu, perhatikan kondisi tubuhnya. Tentu saja, Anda perlu memberikannya makan dan minum terlebih dahulu. Kondisi tubuh kucing yang kotor dapat Anda bersihkan dengan air hangat agar meminimalkan kucing berontak jika terkena air.


Apabila sudah bersih, ajaklah anak bulu Anda untuk melihat lingkungan atau tempat tinggal barunya untuk mulai beradaptasi. Riset menyatakan, kucing memiliki kemampuan sosial kognitif yang baik dengan pengasuhnya sehingga Anda dapat melatihnya mengenal lingkungan baru. 


Namun, memperhatikan kondisi fisik kucing saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui kondisi psikisnya. Walaupun bukan seorang ahli, Anda dapat melihat dari reaksinya ketika didekatkan atau diajak berinteraksi. Kucing kampung yang tidak terawat sering kali mengalami kejadian yang membuatnya trauma. Dengan demikian, Anda perlu berhati-hati agar kucing tetap merasa aman. 

Berikan vitamin untuk menjaga stamina kucing

Berikan vitamin untuk menjaga stamina kucing

Sama halnya dengan kucing ras, kucing kampung juga membutuhkan perawatan untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Anda dapat memberikan vitamin pada kucing kampung melalui makanan, minuman, atau langsung memasukkan ke mulutnya.


Beberapa vitamin yang bisa Anda berikan pada kucing kampung adalah minyak ikan, vitamin A, B complex, D, E, protein, serta lemak omega-3 dan 6. Kandungan-kandungan pada vitamin tersebut berguna untuk menambah nafsu makan pada kucing, mengatasi bulu rontok, dan meningkatkan antibodi.


Produk seperti Nutri-plus Gel dan Fish O plus dapat menjadi vitamin yang pas untuk kucing kampung Anda. Pasalnya, produk tersebut memiliki aroma menyengat seperti ikan dan tekstur yang mudah diberikan ke anabul.


Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan vitamin seperti apa yang cocok dengan kucing kampung Anda. Hal ini dapat dilihat dari responnya ketika diberikan makanan. Tidak semua kucing kampung menyukai aroma makanan yang menyengat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan vitamin yang tidak berbau dan berasa.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kucing di sini

Selain vitamin, masih banyak produk perawatan lain yang harus Anda siapkan untuk membesarkan kucing di rumah. Banyaknya poduk yang dibutuhkan pasti membingungkan Anda. Untuk itu, silakan membaca rekomendasi berbagai produk perawatan kucing di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, Anda telah mengetahui produk vitamin kucing beserta manfaatnya. Apakah Anda sudah menemukan vitamin yang sesuai? Karena ada banyak jenis vitamin yang beredar, pastikan produk pilihan Anda cocok dengan kondisi si kucing, ya. 


Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda dan si anak bulu. Jika setelah ini Anda masih bingung memilih, kami sarankan untuk berdiskusi langsung dengan dokter hewan. Have fun with your cats!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merk pasir kucing juga cukup banyak, seperti Cub n Kit, Sumo Cat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini adalah step by step memilih pasir kucing yang bagus. 
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari bulu rontok. Di gerai online tersedia berbagai produk shampo kucing antikutu, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras kucing lainnya.Kami akan memberikan beberapa tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga sepuluh rekomendasi produk mulai dari merek Bio-Groom, Raid-All, Espree, dan lain sebagainya. Shampo kucing lokal, I’m Organic, yang populer juga ada, lho. Ada juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan Anda. Yuk, simak!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya pun sensitif sehingga memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan shampo kitten dari merek tepercaya, seperti Tropiclean, Earthbath, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Tempat Minum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tempat Minum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat minum kucing bukan lagi sekadar perlengkapan. Produknya bisa meringankan tugas Anda, bahkan menjaga kesehatan kucing kesayangan. Selain produk yang digantung, kini tersedia tempat minum elektrik yang airnya terus mengalir secara otomatis seperti air mancur.Namun, kucing Anda mungkin memerlukan produk lain. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih tempat minum kucing terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Petkit, M-PETS, dan lainnya. Mau yang terbuat dari baja atau keramik? Semuanya ada! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori