• 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)

Akhir-akhir ini pasta gigi berbahan charcoal atau arang aktif memang sedang naik daun. Pasta gigi charcoal terkenal karena dipercaya memiliki banyak manfaat seperti memutihkan gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut. Berbagai merk ternama, seperti Pepsodent, Darlie, dan Colgate juga telah mengeluarkan produk pasta gigi charcoal.


Di artikel ini kami akan membagikan review pasta gigi charcoal beserta komentar tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Agar memudahkan Anda, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi charcoal yang bagus. Yuk, baca sampai habis!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dentist, drg. Galih Fata Anadza

Profil pakar: Dentist, drg. Galih Fata Anadza

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Apa itu pasta gigi charcoal?

Apa itu pasta gigi charcoal?

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, charcoal memang memiliki arti arang. Namun, charcoal yang dijadikan bahan utama dalam pasta gigi lebih mengarah ke arang aktif atau activated charcoal. Arang aktif ini adalah arang yang terbuat dari batok kelapa yang dipanaskan pada temperatur tinggi dan diberi perlakuan tertentu. 


Hasilnya, arang aktif ini memiliki struktur yang lebih berongga dibandingkan arang biasa sehingga bisa menyerap kotoran dengan lebih baik. Arang sendiri memang sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai bahan yang dapat mendetoksifikasi racun. 


Belakangan ini, penggunaan charcoal sebagai bahan utama pasta gigi makin meningkat. Beberapa artis mancanegara bahkan ikut mempromosikan penggunaan pasta gigi charcoal ini. Namun, apakah pasta gigi ini memang dapat memutihkan gigi?

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Pada dasarnya, arang atau charcoal sudah banyak digunakan dalam bidang kesehatan seperti untuk kulit dan wajah. Secara fungsi, charcoal bisa mengangkat kotoran yang ada pada suatu permukaan dan berguna untuk detoksifikasi. 


Nah, beberapa tahun terakhir ini mulai banyak produsen pasta gigi yang memasukkan kandungan charcoal ke dalam produknya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi pasta gigi untuk mengangkat noda-noda pada gigi.

Ketahui pro dan kontra penggunaan pasta gigi charcoal

Ketahui pro dan kontra penggunaan pasta gigi charcoal

Sampai saat ini, penelitian tentang pasta gigi charcoal masih terus dilakukan dan dikembangkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda memilih pasta gigi charcoal.


Pasta gigi charcoal dapat membersihkan dan mengangkat kotoran pada lapisan luar gigi karena daya abrasifnya yang cukup tinggi. Namun, kurang tepat jika dikatakan bahwa pasta gigi ini mampu memutihkan gigi. Kandungan charcoal-nya belum dapat dibuktikan bisa memutihkan gigi dari bagian dalam.


Selain membersihkan gigi, pasta gigi charcoal juga diklaim mampu membuat napas lebih segar dan memperbaiki kondisi mikrobiota pada rongga mulut. Jadi, meskipun kemampuannya untuk memutihkan gigi secara permanen belum bisa dipastikan, Anda tetap bisa menggunakan pasta gigi charcoal untuk membersihkan gigi dan rongga mulut.


Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan pasta gigi charcoal. Pasta gigi ini umumnya tidak mengandung fluoride yang biasa digunakan untuk mencegah gigi berlubang. 


Selain itu, sifat abrasifnya yang tinggi bisa mengikis lapisan email gigi jika dipakai terus-menerus. Anda yang memiliki gigi sensitif sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi ini. Karena itu, disarankan untuk menggunakan pasta gigi charcoal sekitar 2-3 kali seminggu saja.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Karena pasta gigi charcoal termasuk hal baru, kegunaannya masih banyak diperdebatkan. Hal ini karena pasta gigi charcoal belum tentu cocok untuk semua orang dengan keadaan rongga mulut yang berbeda-beda. 


Salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan adalah sifat abrasif charcoal yang dapat merusak struktur gigi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menjadikan pasta gigi charcoal sebagai pasta gigi utama yang dipakai setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa menghindari efek-efek yang tidak diinginkan akibat pasta gigi charcoal tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi charcoal

Dalam memilih pasta gigi charcoal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Contohnya, bahan yang terkandung di dalam pasta gigi, jenis pasta giginya, harga, serta cara pemakaiannya. Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!

Perhatikan kandungan efektif pada pasta gigi yang Anda pilih

Hal paling utama dalam memilih pasta gigi charcoal adalah Anda harus mengetahui kandungan efektif di dalamnya. Selain charcoal, ada beberapa kandungan lainnya, seperti xylitol, baking soda, dan essential oil, yang biasanya terdapat di dalam pasta gigi. 

Charcoal, bahan utama yang memiliki sifat abrasif tinggi

Charcoal, bahan utama yang memiliki sifat abrasif tinggi

Arang aktif didapatkan dari batok kelapa atau kayu yang dibakar pada suhu tinggi. Lalu, arang aktif tersebut digabungkan dengan beberapa bahan lainnya untuk menjadi pasta gigi. Khasiat utama dari charcoal untuk pasta gigi adalah kemampuannya membersihkan gigi dari kotoran dan noda berkat daya abrasifnya yang tinggi. Charcoal bekerja dengan cara mengadsoprsi kotoran-kotoran yang menempel di lapisan luar gigi.


Karena kemampuan adsorpsinya yang tinggi, penggunaan pasta gigi charcoal tidak selalu digosokkan ke gigi. Anda bisa mengoleskannya di gigi dan mendiamkannya beberapa saat, lalu setelah itu dibilas dengan air. Namun, Anda perlu berhati-hati karena daya abrasifnya yang tinggi bisa menyebabkan pengikisan lapisan email gigi jika dipakai terlalu sering. Akibatnya, gigi bisa menjadi terlalu sensitif.  

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Karena charcoal memiliki bentuk menyerupai butiran pasir yang cukup keras, bahan ini bisa mengikis permukaan gigi. Untuk Anda yang memiliki gigi sensitif atau memiliki peradangan gusi, sebaiknya hindari pasta gigi charcoal ini. Bagi Anda yang akan menggunakannya, pelajarilah lagi cara menyikat gigi yang benar dengan tenaga yang cenderung kecil.

Sorbitol, berperan sebagai perasa dan mengatasi masalah mulut kering

Sorbitol, berperan sebagai perasa dan mengatasi masalah mulut kering

Jangan khawatir jika pasta gigi Anda mengandung sorbitol. Bahan ini merupakan gula alkohol yang terbentuk dari proses metabolisme karbohidrat. Gula sorbitol ini tidak membuat gigi berlubang sehingga produsen pasta gigi memanfaatkan rasa manisnya sebagai perasa pada pasta gigi. Dengan begitu, pasta gigi lebih nyaman digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Selain itu, sorbitol juga dapat berperan sebagai humektan yang tugasnya menjaga kelembapan mulut. Sorbitol bisa mengikat air sehingga bahan ini membantu agar mulut Anda tidak kering. Mulut yang kering bisa menyebabkan bau mulut dan napas tidak segar, lho!

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Sorbitol merupakan salah satu jenis gula yang aman bagi gigi dan mulut. Kandungan ini berfungsi untuk memberikan sensasi sedikit rasa manis sehingga membuat orang nyaman saat menyikat gigi. Selain itu, ia juga dapat menjaga kelembapan rongga mulut sehingga tidak kering.

Hydrated silica, kandungan untuk memutihkan gigi

Hydrated silica, kandungan untuk memutihkan gigi

Hydrated silica adalah bahan dalam pasta gigi yang digunakan untuk memutihkan gigi. Senyawa ini bersifat abrasif seperti charcoal dan mampu membersihkan kotoran-kotoran di lapisan luar gigi. Selain itu, hydrated silica juga bisa menyerap noda warna pada gigi. 


Jadi, bahan ini sangat membantu memutihkan gigi orang-orang yang gemar minum kopi, soda, atau merokok. Hydrated silica ada yang berbentuk butiran-butiran granul hingga pasta yang halus, tergantung pada tiap-tiap produk.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Hampir mirip seperti charcoal, hydrated silica juga berbentuk seperti butiran pasir kecil. Kandungan ini berfungsi untuk menyerap noda-noda pada gigi sehingga gigi terlihat lebih cerah. Karena sifat abrasifnya mirip dengan charcoal, Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakannya

Pilih produk yang bisa mengatasi masalah rongga mulut juga

Pilih produk yang bisa mengatasi masalah rongga mulut juga

Saat Anda memilih pasta gigi charcoal untuk memutihkan atau membersihkan gigi, sebaiknya pertimbangkan juga kemampuannya dalam mengatasi permasalahan rongga mulut. Seperti diketahui, di dalam rongga mulut manusia juga terdapat banyak bakteri, baik itu bakteri jahat maupun baik. Jika pasta gigi yang Anda pilih memiliki kandungan antibakteri, hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri.


Selain bakteri di mulut, Anda juga harus memikirkan kesehatan gusi, lidah, dan rongga mulut. Pilihlah pasta gigi yang mengandung ekstrak tanaman herbal atau vitamin. Kandungan semacam itu baik untuk kesehatan rongga mulut. Pemilik gigi sensitif biasanya rentan mengalami masalah pada gusi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung isopropyl methylphenol (IPMP) atau triclosan.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Karena banyaknya bagian-bagian yang harus diperhatikan pada rongga mulut, pilihlah pasta gigi yang tidak berfokus pada gigi saja. Pasta gigi yang baik harus bisa mengatasi masalah-masalah lain, seperti gusi berdarah, bau mulut, dan lainnya.

10 Rekomendasi pasta gigi charcoal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk pasta gigi charcoal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Galih Fata Anadza.

10

P&GCrest 3D White Whitening Therapy Toothpaste - Charcoal

Mulai dari Rp 119.000,00

Pilihan isi150 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifCalcium carbonate, silica, sorbitol, charcoal
9

Colgate-PalmoliveColgate® Natural Extracts® PURE CLEAN with Activated Charcoal and Mint

Mulai dari Rp 15.000,00

Pilihan isi48 gram
Jenis produkTablet
Kandungan efektifCharcoal, sorbitol, kaolin, Persian lime oil, black pepper oil
8

DarlieAll Shiny White Charcoal Clean Toothpaste

Mulai dari Rp 13.300,00

Pilihan isi90 gram, 160 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifHydrated silica, sorbitol, natural bamboo charcoal, sodium fluoride
7

Carbon CocoActivated Charcoal Tooth Polish

Mulai dari Rp 405.000,00

Pilihan isiTidak ada keterangan
Jenis produkBubuk
Kandungan efektifCharcoal, bentonite powder, lemon myrtle
6
Pilihan isi160 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifCharcoal, tea tree oil, bamboo mint
5

Colgate-PalmoliveColgate Naturals Pure Clean Toothpaste Charcoal

Mulai dari Rp 36.500,00

Pilihan isi120 gram
Jenis produkPasta gigi
Kandungan efektifArang buluh, pudina alami
4

Sensatia BotanicalsCharcoal-mint Natural Toothpaste

Mulai dari Rp 50.000,00

Pilihan isi40 gram, 120 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifCalcium carbonate, glycerin, calcium glycerophosphate, charcoal powder, ekstrak kakadu plum
3
Pilihan isi65 gram, 160 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifSorbitol, hydrated silica, charcoal, ekstrak lemon
2
Pilihan isi110 gram, 150 gram
Jenis produkPasta
Kandungan efektifSorbitol, silica, triclosan, sodium fluoride, charcoal
1

UnileverCloseup White Attraction Natural Glow

Mulai dari Rp 16.525,00

Pilihan isi100 gram
Jenis produkGel
Kandungan efektifCoconut extract, bamboo charcoal, sorbitol, hydrated silica

Tabel perbandingan produk pasta gigi charcoal terbaik

Gambar produk
1
Unilever Closeup White Attraction Natural Glow 1

Unilever

2
Colgate Total Charcoal Deep Clean 1

Colgate

3
Unilever Pepsodent Charcoal 1

Unilever

4
Sensatia Botanicals Charcoal-mint Natural Toothpaste 1

Sensatia Botanicals

5
Colgate-Palmolive Colgate Naturals Pure Clean Toothpaste Charcoal 1

Colgate-Palmolive

6
OT Formula Nano Charcoal 1

OT

7
Carbon Coco Activated Charcoal Tooth Polish 1

Carbon Coco

8
Darlie All Shiny White Charcoal Clean Toothpaste 1

Darlie

9
Colgate-Palmolive Colgate® Natural Extracts® PURE CLEAN with Activated Charcoal and Mint 1

Colgate-Palmolive

10
P&G Crest 3D White Whitening Therapy Toothpaste - Charcoal 1

P&G

Nama produk

Closeup White Attraction Natural Glow

Total Charcoal Deep Clean

Pepsodent Charcoal

Charcoal-mint Natural Toothpaste

Colgate Naturals Pure Clean Toothpaste Charcoal

Formula Nano Charcoal

Activated Charcoal Tooth Polish

All Shiny White Charcoal Clean Toothpaste

Colgate® Natural Extracts® PURE CLEAN with Activated Charcoal and Mint

Crest 3D White Whitening Therapy Toothpaste - Charcoal

Keunggulan

Produk berbentuk gel yang ampuh membuat napas lebih segar

Mulut bersih dan terlindungi dari bakteri jahat selama 12 jam!

Mampu mengembalikan putih alami pada gigi Anda

Wujudkan gigi bersih dan gusi kuat dambaan Anda!

Pasta gigi charcoal dengan 96,3% ekstrak alami, cocok untuk Anda yang vegan

Perpaduan tiga bahan aktif untuk gigi bersih maksimal

Ampuh bersihkan gigi dengan kandungan 100% bahan alami

Membersihkan gigi dengan sistem pemutihan ganda

Telah disetujui oleh FDA dan BPOM

Membersihkan gigi dari noda membandel, memberikan sensasi mint yang fresh

Harga mulai dariRp 16.525,00Rp 26.900,00Rp 15.200,00Rp 50.000,00Rp 36.500,00Rp 14.400,00Rp 405.000,00Rp 13.300,00Rp 15.000,00Rp 119.000,00
Pilihan isi100 gram110 gram, 150 gram65 gram, 160 gram40 gram, 120 gram120 gram160 gramTidak ada keterangan90 gram, 160 gram48 gram150 gram
Jenis produkGelPastaPastaPastaPasta gigiPastaBubukPastaTabletPasta
Kandungan efektifCoconut extract, bamboo charcoal, sorbitol, hydrated silicaSorbitol, silica, triclosan, sodium fluoride, charcoalSorbitol, hydrated silica, charcoal, ekstrak lemonCalcium carbonate, glycerin, calcium glycerophosphate, charcoal powder, ekstrak kakadu plumArang buluh, pudina alamiCharcoal, tea tree oil, bamboo mintCharcoal, bentonite powder, lemon myrtleHydrated silica, sorbitol, natural bamboo charcoal, sodium fluorideCharcoal, sorbitol, kaolin, Persian lime oil, black pepper oilCalcium carbonate, silica, sorbitol, charcoal
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pasta gigi lainnya di sini

Selain pasta gigi charcoal, kami juga sudah pernah membahas beberapa pasta gigi lainnya. Tentunya kami juga menyertakan cara memilih serta rekomendasi produk-produk terbaiknya. Untuk Anda yang memiliki masalah gigi sensitif atau sedang mencari pasta gigi untuk anak Anda, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pasta gigi merupakan alat kebersihan yang digunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih teliti dalam membelinya karena efeknya akan dirasakan dalam jangka panjang. Seperti yang telah dibahas, pasta gigi charcoal memiliki khasiat utama dalam membersihkan serta membuat warna gigi lebih putih.


Apa Anda sudah mendapatkan produk pasta gigi charcoal terbaik? Sebelum membeli, pastikan Anda mengecek kandungannya terlebih dahulu di bagian kemasan atau ulasan dari blog. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau anti-inflamasi.Kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merek. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah menyikat gigi, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut. Obat kumur dapat mengatasi berbagai masalah mulut dan gigi, seperti bau mulut, seriawan, dan sakit gigi. Anda bisa memilih obat kumur terbaik dari merek Listerine, Betadine, Pepsodent, atau lainnya.Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas cara memilih obat kumur yang bagus. Tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi obat kumur untuk Anda. Cek juga komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin dalam memilih. Silakan baca artikel ini sampai selesai!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki gigi yang bersih merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, Anda memerlukan sikat gigi elektrik yang lebih efisien daripada sikat gigi tangan biasa. Ada tipe getaran sonik dan ultrasonik yang bisa Anda pilih. Beberapa sikat gigi elektrik juga dilengkapi fitur-fitur khusus seperti memutihkan gigi dan membersihkan plak.Kali ini kami akan mengulas cara memilih sikat gigi elektrik serta membagikan informasi tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek sikat gigi elektrik yang bagus, seperti Oral-B, Philips, Xiaomi, dan lain sebagainya. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Sikat gigi elektrik adalah pilihan alternatif untuk membersihkan gigi dengan lebih sempurna, khususnya dari plak yang menempel. Selain untuk orang dewasa, produk ini juga tersedia untuk anak-anak. Terdapat berbagai merek yang beredar di pasaran, seperti Oral-B, Spinbrush, dan Philips. Produk manakah yang tepat untuk dipilih?Sebagian besar orang mungkin belum memahami kriteria sikat gigi elektrik yang baik digunakan oleh anak-anak. Karena itu, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai cara memilihnya. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk sikat gigi elektrik yang bagus. Yuk, simak informasinya!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tusuk gigi sering diasosiasikan sebagai alat bantu untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Namun, sebenarnya tusuk gigi juga memiliki banyak kegunaan lainnya, termasuk sebagai alat dekorasi maupun crafting, lho! Beragam manfaat tusuk gigi bisa dibedakan berdasarkan bahan, bentuk, fungsi, maupun ukuran tusuk gigi itu sendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai kegunaan tusuk gigi beserta cara memilihnya sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk tusuk gigi dengan beragam aplikasinya. Mari temukan berbagai hal baru serta keunikan fungsi tusuk gigi dalam artikel ini!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pepsodent menjadi merek pasta gigi andalan bagi banyak keluarga di Indonesia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasta gigi Pepsodent bisa dipakai usia anak-anak hingga dewasa. Selain itu, Pepsodent menghadirkan varian pasta gigi dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kandungan bahannya.Varian pasta gigi Pepsodent, antara lain, adalah Action 123, Complete 8, dan Pepsodent Sensitive Mineral Expert untuk gigi sensitif. Agar tidak bingung, kami akan membahas tips memilih produk pasta gigi Pepsodent terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi Pepsodent yang bagus untuk keluarga. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Pepsodent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin tidak asing dengan Pepsodent sebagai merk perawatan gigi dan mulut yang akrab dengan keluarga Indonesia. Pepsodent sangat dikenal dengan rangkaian produk pasta gigi. Meskipun begitu, merk ini juga menyediakan beragam varian sikat gigi yang bagus untuk Anda.Sikat gigi Pepsodent ada yang ditujukan untuk perawatan gigi sensitif, gigi yang tidak rata, hingga gigi anak. Untuk memudahkan Anda memilih sikat gigi dari Pepsodent, kami akan memberikan rekomendasi produk serta menjelaskan cara memilihnya. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Oral-B Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Oral-B Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oral-B adalah salah satu merk di bawah naungan perusahaan multinasional Procter & Gamble. Oral-B dikenal sejak lama sebagai merk produk-produk kebersihan mulut, seperti sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur. Pada kesempatan ini, kami akan fokus membahas mengenai sikat gigi Oral-B. Kami akan mengulas sikat gigi Oral-B extra soft, sikat gigi Oral-B elektrik, hingga sikat gigi Oral-B anak. Memilih sikat gigi yang tepat ternyata sama pentingnya dengan pemilihan produk perawatan mulut lainnya. Jadi, silakan simak cara memilih sikat gigi Oral-B yang tepat beserta rekomendasi produknya di bawah ini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sama dengan anggota tubuh lainnya, mulut dan gigi bisa mengalami cedera saat berolahraga. Maka dari itu, pada olahraga tertentu, seperti tinju dan karate, disarankan menggunakan mouthguard atau pelindung gigi. Mouthguard juga bisa digunakan untuk mengatasi bruxism atau gemertak gigi dan gangguan tidur seperti mendengkur. Di pasaran Anda bisa menemukan berbagai merek mouthguard yang bisa dipilih. Contohnya saja, terdapat mouthguard merek Kettler, Rounin Fighter, dan masih banyak lagi. Agar Anda tidak kebingungan dalam memilih, kami akan memberikan tips memilih mouthguard. Kami juga merekomendasikan produk yang bagus. Anda bisa langsung menyimaknya berikut.
    Perawatan gigi & mulut
  • Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat. Anda bisa memilih pasta gigi dengan fluoride, untuk gigi sensitif, mengatasi bau mulut, dan lainnya.Ada berbagai merek pasta gigi yang bagus di pasaran, seperti Pepsodent, Sensodyne, Click, dan Enzim. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride maupun tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memasuki usia 1 tahun, gigi si kecil akan makin lengkap. Makanan yang dikonsumsi si kecil tentunya juga makin beragam. Untuk itu, para orang tua sudah mulai harus menyikat gigi si kecil dengan odol untuk anak 1 tahun.Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pasta gigi yang bagus untuk si kecil. Untuk itu, silakan simak cara memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun beserta sepuluh rekomendasi produknya. Merek pasta gigi 1 tahun seperti Jack and Jill, dan Pigeon akan kami ulas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik secara online maupun di apotek. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merek, mulai dari Lanbena sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan zat abrasifnya. Namun, banyaknya produk odol pemutih gigi di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilihnya.Kali ini kami akan membahas cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi pemutih gigi terbaik, seperti merek Pepsodent, Sensodyne, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah menyikat gigi, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut. Obat kumur dapat mengatasi berbagai masalah mulut dan gigi, seperti bau mulut, seriawan, dan sakit gigi. Anda bisa memilih obat kumur terbaik dari merek Listerine, Betadine, Pepsodent, atau lainnya.Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas cara memilih obat kumur yang bagus. Tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi obat kumur untuk Anda. Cek juga komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin dalam memilih. Silakan baca artikel ini sampai selesai!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Sikat gigi ultrasonik efektif menghilangkan plak dan cocok untuk meningkatkan perawatan gigi serta mulut. Bahkan, kinerjanya lebih baik dari sikat gigi elektrik biasa sebab frekuensi menyikatnya lebih tinggi. Meski demikian, tiap produk sikat gigi ultrasonik biasanya memiliki karakteristik yang berbeda.Kami akan menjelaskan cara memilih sikat gigi ultrasonik agar Anda bisa mendapatkan produk yang cocok. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek yang bagus, seperti Xiaomi, Philips, dan Colgate. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontist kami, drg. Ceples Dian Kartika Wisnu Putri. Jadi, selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori