1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tentunya Anda sudah mengenal adidas sebagai salah satu merek tersohor untuk peralatan olahraga, termasuk sepatu bola. Ada banyak pemain bola profesional yang menggunakan sepatu adidas, seperti Lionel Messi  Mo Salah, Paul Pogba, dan James Rodriguez Banyaknya pilihan mungkin membingungkan Anda menentukan sepatu bola adidas yang bagus.


Kami akan mengupas secara detail hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bola dari merek ini. Sepatu adidas terbaik seri Copa, X, dan Predator juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Simak selengkapnya, ya!

Diperbaharui 10-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepatu bola adidas

Sepatu bola adidas memiliki beberapa seri terbaik yang wajib Anda pantau, seperti Predator, X, dan Copa. Selain serinya, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan jenis lapangan tempat Anda bermain bola. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

① Pilih seri sepatu sesuai dengan fitur dan gaya permainan

Seri atau tipe sepatu bola adidas tentunya memiliki ciri khas berbeda, baik dari segi desain, teknologi, bobot, maupun kegunaannya. Biasanya. setiap seri ditujukan untuk gaya permainan atau posisi tertentu. Namun, hal ini tidak menjadi patokan yang mutlak.

Seri Predator, andalan untuk mengontrol permainan dan melakukan killer pass

Seri Predator, andalan untuk mengontrol permainan dan melakukan killer pass
Sumber: adidas.co.id

Sepatu adidas Predator pertama kali dirilis pada 1994. Pemain legendaris sekelas Zidane dan Beckham pernah mengenakan sepatu ini. Predator dikenal memiliki desain upper yang mumpuni sehingga para pemain dapat melakukan killer pass dan kontrol bola yang baik. Inovasi desain upper pada adidas Predator sangat revolusioner.


Predator menggunakan upper Primeknit yang ringan sehingga memberikan kenyamanan selama pertandingan berlangsung. Seri terbaru bahkan sudah ada yang menggunakan teknologi Demonskin di bagian upper-nya. Demonskin adalah tonjolan-tonjolan kecil berbahan karet yang membuat pemain bisa menendang bola lebih kencang dan menahan bola lebih baik.

Seri X, memberikan akselerasi tinggi dan tendangan yang kencang

Seri X, memberikan akselerasi tinggi dan tendangan yang kencang
Sumber: adidas.co.id

adidas X adalah senjata mematikan untuk pemain yang memiliki kecepatan tinggi. Bobotnya sangat ringan dan ditunjang dengan desain pull yang agresif. Efeknya, tolakan pemain saat berlari jadi lebih kencang sehingga memberikan keuntungan saat adu lari dengan pemain bertahan.


Tak hanya striker, sepatu ini juga sudah banyak dipakai oleh para pemain bertahan. Saat ini pemain bertahan tidak hanya harus memiliki postur tinggi dan jago dalam duel udara, tetapi juga harus memiliki kecepatan. Tak heran adidas X digunakan oleh pemain bertahan yang karakter permainannya cepat dan eksplosif, contohnya De Ligt dari Juventus.

Seri Copa, sepatu kulit premium bergaya klasik yang tak lekang oleh zaman

Seri Copa, sepatu kulit premium bergaya klasik yang tak lekang oleh zaman
Sumber: adidas.co.id

Salah satu sepatu kulit bergaya vintage yang menjadi banyak incaran orang-orang adalah adidas Copa. Sampai saat ini, adidas Copa masih mempertahankan ciri khasnya sebagai sepatu kulit dengan desain minimalis. Sejumlah seri Copa masih menggunakan tongue dan tali sepatu model klasik. Paulo Dybala adalah salah satu pemain yang menggunakan sepatu ini.


Meskipun bergaya klasik, bukan berarti sepatu ini ketinggalan zaman. Sepatu ini juga mengikuti tren terkini sehingga kualitas, kemampuan kontrol bola, dan kecepatannya bisa bersaing dengan sepatu lainnya. Sepatu adidas Copa yang masih digandrungi masyarakat adalah adidas Copa 20.3 dan Copa 20.4.

② Pertimbangkan cutting sepatu yang sesuai dengan selera

Pertimbangkan cutting sepatu yang sesuai dengan selera
Sumber: adidas.co.id

Seiring berkembangnya teknologi, sepatu bola juga mengalami berbagai perubahan signifikan, misalnya dari segi cutting. Sepatu bola zaman sekarang terbagi menjadi low cut dan high cut.


  • Sepatu low cut

Sepatu bola tipe klasik berpotongan pendek ini tidak melindungi bagian mata kaki. Saat menggunakan sepatu low cut, pergerakan kaki Anda jadi lebih bebas. Namun, kemampuan proteksi sepatu jenis ini kurang memadai sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Sepatu ini cocok untuk Anda yang mengandalkan kecepatan.


  • Sepatu high cut

Sepatu bola adidas model high cut dibuat agar pemain mendapatkan proteksi lebih maksimal. Sepatu tipe ini melindungi hingga bagian atas mata kaki sehingga terkesan seperti menggunakan kaos kaki tambahan. Anda yang gaya permainannya lebih sering mengontrol bola cocok dengan sepatu ini.

③ Sesuaikan dengan jenis permukaan lapangan

Ciri khas sepatu bola adalah adanya pull atau stud di bagian bawah sepatunya. Namun, pernahkah Anda bingung saat menjumpai kode FG, TF, dan semacamnya di sepatu yang Anda pilih? Berikut ini kami berikan jawabannya untuk Anda.

Sepatu FG: Saat bermain di lapangan rumput asli

Sepatu FG: Saat bermain di lapangan rumput asli

Saat bermain sepak bola di lapangan rumput asli, Anda perlu menyesuaikan sepatu dengan jenis lapangan. Makin pas kode sepatu dengan jenis lapangannya, makin nyaman juga sepatu tersebut saat dipakai.


  • Kode FG (firm ground)
Sepatu kode FG memiliki jenis pull normal dan paling aman sesuai kondisi lapangan di Indonesia.

  • Kode SG (soft ground)
Sepatu dengan kode SG memiliki pull lebih tinggi dan tajam, menyesuaikan dengan kondisi lapangan yang sedikit gembur.

  • Kode IN (indoor)

Sepatu dengan kode IN digunakan di dalam ruangan seperti lapangan vinyl atau parquette (lantai kayu). Umumnya, sepatu ini dipakai saat latihan atau bermain futsal.


  • Kode MG (multi ground)
Sebagai alternatif, Anda bisa memilih sepatu MG yang fleksibel sehingga bisa digunakan di berbagai jenis lapangan.

Di bawah ini terdapat artikel yang secara khusus membahas sepatu spike adidas terbaik untuk sepak bola. Simak juga, ya.

Sepatu TF: Saat bermain di lapangan rumput sintetis

Sepatu TF: Saat bermain di lapangan rumput sintetis

Belakangan ini sedang ramai olahraga mini soccer atau futsal di lapangan rumput sintetis yang terbuat dari karpet atau turf. Jangan gunakan sepatu FG karena akan merusak lapangan dan berpotensi menyebabkan Anda cedera. Sebaiknya gunakan sepatu berkode TF (turf). Jenis pull-nya lebih tidak tajam dan cenderung bergerigi.

④ Pastikan ukuran sepatu nyaman di kaki Anda

Pastikan ukuran sepatu nyaman di kaki Anda

Sepak bola merupakan permainan yang berlangsung dalam jangka waktu cukup lama, normalnya 90 menit. Memakai sepatu yang terlalu sempit bisa menyebabkan kaki lecet atau cedera. Pemilihan ukuran sepatu yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman di lapangan. Pertimbangkanlah tiga hal ini, yakni bagian tumit, lengkung kaki, dan bagian jari-jari kaki.


Pastikan bagian tumitnya pas dan tidak longgar karena bagian ini berperan penting saat Anda berlari ataupun menendang. Kemudian, usahakan lengkung kaki agak longgar, sekitar 5–8 mm terhadap bagian atas sepatu. Terakhir, pastikan jari-jari kaki tidak menekuk dan usahakan untuk memberi jarak sekitar 1–1,5 cm dari ujung sepatu.

10 Rekomendasi sepatu bola adidas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu bola adidas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

adidas

Predator Edge.3 Laceless Firm Ground

adidas Predator Edge.3 Laceless Firm Ground 1枚目

Bebas ribet di lapangan dengan sepatu bola tanpa tali

2

adidas

Super Sala Boots

adidas Super Sala Boots 1枚目

Bergerak selincah Mo Sala tanpa khawatir kaki gerah

3

adidas

X Speedflow Messi.1 Firm Ground Boots

adidas X Speedflow Messi.1 Firm Ground Boots 1枚目

Penggemar berat Messi wajib punya sepatu ini!

4

adidas

Copa Sense.1 Firm Ground Boots

adidas Copa Sense.1 Firm Ground Boots 1枚目

Tawarkan desain modern dengan model sepatu pas di kaki

5

adidas

X Speedportal.3 Firm Ground Cleats

adidas X Speedportal.3 Firm Ground Cleats 1枚目

Desain universal, hadirkan kontrol penuh pada bola

6

adidas

Predator Edge.3 Indoor Boots

adidas Predator Edge.3 Indoor Boots 1枚目

Fleksibel, dapat diandalkan saat berlatih atau untuk digunakan pemula

7

adidas

X Speedportal Messi.3 Indoor Shoes

adidas X Speedportal Messi.3 Indoor Shoes 1枚目

Fokus menyerang pertahanan lawan berkat ekstra grip di sepatu

8

adidas

Predator Edge.3 Low Firm Ground Boots

adidas Predator Edge.3 Low Firm Ground Boots 1枚目

Jadi pusat perhatian di lapangan dengan desain tali asimetris

9

adidas

X Speedflow.4 Flexible Ground Boots

adidas X Speedflow.4 Flexible Ground Boots 1枚目

Bobotnya ringan, bantu tingkatkan akselerasi pemain sayap

10

adidas

Copa Sense.4 Flexible Ground Boots

adidas Copa Sense.4 Flexible Ground Boots 1枚目

Manuver optimal dengan sepatu bola bergaya klasik

Perincian produk
Close
No.1

adidasPredator Edge.3 Laceless Firm Ground

Mulai dari Rp1.400.000,00

Bebas ribet di lapangan dengan sepatu bola tanpa tali

Kelebihan:

  • Menggunakan teknologi laceless
  • Menyerupai kaus kaki, memberikan perlindungan ekstra pada kaki
  • Terbuat dari 50% material daur ulang sehingga mendukung gerakan go green


Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan daya tahan sepatu ini kurang baik

Sejumlah orang merasa mengikat tali sepatu merepotkan, terutama bila harus dilakukan berkali-kali di lapangan. Bila Anda salah satunya, inilah sepatu yang layak dikoleksi. Desainnya minimalis, tetapi memaksimalkan pengontrolan bola melalui grip-enhancing print.


Karena tidak disertai tali atau strap sebagai pengencang, Anda harus lebih cermat menentukan ukuran sepatu yang pas. Berdasarkan review dari sejumlah pembeli, Anda disarankan memilih sepatu setengah nomor di bawah ukuran Anda biasanya.

No.2

adidasSuper Sala BootsGV7593

Mulai dari Rp900.000,00

Bergerak selincah Mo Sala tanpa khawatir kaki gerah

Kelebihan:

  • Kombinasi mesh dan kulit sintetis menghasilkan sirkulasi udara yang baik
  • Tersedia dalam banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan sepatu ini kurang awet sehingga kurang cocok bila Anda cukup sering bermain bola

Kaki Anda mudah berkeringat terutama saat bermain bola? Cobalah Super Sala Boots ini. Sepatu ini memadukan bahan mesh untuk sirkulasi udara serta kulit sintetis dirancang untuk menahan benturan dan goresan.


Sepatu ini akan mendukung gerakan selincah Mo Sala terutama di lapangan indoor dan menjaga kaki tetap sejuk. Desainnya yang simpel sekaligus stylish membuat sepatu ini cocok untuk digunakan sehari-hari.

No.3

adidasX Speedflow Messi.1 Firm Ground Boots

Mulai dari Rp3.500.000,00

Penggemar berat Messi wajib punya sepatu ini!

Kelebihan:

  • Desain eksklusif khas Lionel Messi
  • 3D cushioned heel terasa empuk dan tidak membuat kaki mudah pegal

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna

Bila Anda termasuk penggemar pesepak bola Lionel Messi, sebaiknya jangan lewatkan sepatu ini. Sepatu yang dinamakan Mi Historia ini mencerminkan kesuksesan Messi di lapangan untuk klub dan negara. Secara khusus Messi memberikan sejumlah sentuhan pribadi seperti moto hidupnya dalam bahasa Spanyol.


Bagian upper berupa PRIMEKNIT premium ringan untuk pemain intuitif yang perlu bereaksi dengan cepat. Sistem AgilityFrame memungkinkan pemain dapat men-dribble bola ke segala arah dengan stabil dan tetap ringan.

No.4

adidasCopa Sense.1 Firm Ground Boots

Mulai dari Rp2.800.000,00

Tawarkan desain modern dengan model sepatu pas di kaki

Kelebihan:

  • Pas di kaki sehingga lebih tidak mudah lepas
  • Stud yang kompatibel dengan FG/AG

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan unsur kulit pada sepatu Copa seri ini sangat sedikit

Seri sepatu adidas Copa satu ini adalah pilihan tepat bagi Anda sang goal maker sejati. Dengan model fit di kaki, sepatu ini tidak akan mudah terlepas saat Anda menendang bola. Sepatu ini dirancang agar Anda lebih dapat merasakan bola dan lapangan bagaikan barefoot.


Meskipun berangkat dari seri Copa, desain yang dihadirkan sangat modern sehingga cocok bagi Gen Z sekalipun. Material K-leather yang lembut serta busa Touchpod berpadu untuk menjaga performa Anda. Sensepod mengisi celah di bagian tumit sehingga Anda bebas berlari dengan sepatu yang pas di kaki.

No.5

adidasX Speedportal.3 Firm Ground Cleats

Mulai dari Rp1.200.000,00

Desain universal, hadirkan kontrol penuh pada bola

Kelebihan:

  • Memberikan dukungan maksimal pada tumit

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan ukurannya lebih kecil ketimbang ukuran sepatu adidas pada umumnya

Sepatu adidas X Speedportal.3 Firm Ground Cleats menawarkan kontrol bola yang lebih maksimal. Sepatu ini direkomendasikan bagi pemilik kaki ramping, termasuk anak-anak dan wanita. Dengan lining yang singset, kaki Anda akan terasa sangat nyaman dalam mengontrol bola saat menggunakan sepatu ini.


Adanya pul tambahan pada sol luar yang ringan dari sepatu sepak bola adidas ini memastikan reaksi cepat dan stabil di lapangan. Kombinasi Primeknit dan bantalan EVA di bagian tumit akan mengunci kenyamanan Anda saat beraksi.

No.6

adidasPredator Edge.3 Indoor BootsGV8517

Mulai dari Rp1.300.000,00

Fleksibel, dapat diandalkan saat berlatih atau untuk digunakan pemula

Kelebihan:

  • Cocok juga untuk pemula dan bisa digunakan sebagai sepatu latihan

Kekurangan:

  • Bagian heel cushion-nya tergolong tebal sehingga mungkin kurang cocok bagi pemain yang mengutamakan kecepatan

Sepatu ini merupakan produk yang tepat untuk pemula dalam bermain sepak bola dalam ruangan. Desainnya yang fleksibel memungkinkan Anda untuk mengontrol bola, menggiringnya, dan mencetak gol fantastis.


Bagian outsole-nya pun mampu memberikan akselerasi dan ketahanan optimal di lapangan. Desain sol terpisah berpadu dengan alas berpola herringbone dapat memberikan traksi maksimum di lapangan. Anda juga bisa menggunakannya untuk berlatih, lho!

No.7

adidasX Speedportal Messi.3 Indoor ShoesGW8392

Mulai dari Rp1.300.000,00

Fokus menyerang pertahanan lawan berkat ekstra grip di sepatu

Kelebihan:

  • Terbuat dari 50% material daur ulang sehingga mendukung gerakan go green
  • Dilengkapi tali untuk lebih mengencangkan sepatu

Kekurangan:

  • Bagian heel cushion-nya tergolong tebal sehingga mungkin kurang cocok bagi pemain yang mengutamakan kecepatan

Anda sering berperan sebagai pemain penyerang saat bermain futsal? Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan sepatu ini. adidas mengombinasikan fitur sock-like collar dan tali pengencang sehingga sepatu terasa erat di kaki. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk menggiring bola dan mengopernya ke mana saja.


Outsole karet sepatu bersifat grippy karena dirancang khusus untuk permukaan dalam ruangan yang datar. Varian satu ini merupakan desain yang terinspirasi dari Lionel Messi. Anda juga bisa memilih warna lain dari X Speedportali.3 Indoor Shoes, lho!

No.8

adidasPredator Edge.3 Low Firm Ground Boots

Mulai dari Rp1.200.000,00

Jadi pusat perhatian di lapangan dengan desain tali asimetris

Kelebihan:

  • Terbuat dari material daur ulang sehingga mendukung gerakan go green
  • Bisa digunakan pemilik kaki lebar

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan sepatu ini tidak cocok digunakan di lapangan yang keras

Sepatu adidas ini direkomendasikan untuk Anda yang senang menembak jarak jauh. Di bagian upper-nya dilengkapi teknologi grip-enhancing print dengan area sentuhan bola yang luas. Teknologi ini membuat Anda mampu menendang bola dengan akurasi tinggi.


Di bagian dalam sepatu terdapat bantalan pelindung tumit untuk melindungi kaki Anda. Potongan asimetrisnya juga unik sehingga membuat Anda tampil lebih percaya diri di lapangan.

No.9

adidasX Speedflow.4 Flexible Ground BootsGW7515

Mulai dari Rp800.000,00

Bobotnya ringan, bantu tingkatkan akselerasi pemain sayap

Kelebihan:

  • Terbuat dari 50% material daur ulang yang ringan
  • Dapat digunakan di berbagai lapangan

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan bagian lidah dan jalur lubang tali sepatu kurang fleksibel

Pemain sepak bola di posisi sayap tentu membutuhkan sepatu yang bisa mendukung kecepatannya di lapangan. Anda yang biasa berada di posisi sayap patut mempertimbangkan sepatu adidas satu ini.


adidas X Speedflow.4 Flexible Ground Boots didesain ringan agar pemain dapat bergerak cepat. Uniknya, sebagian besar material sepatu ini terbuat dari limbah produksi yang didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Sepatu ini juga bersifat fleksibel yang membuatnya bisa digunakan di firm ataupun soft ground.

No.10

adidasCopa Sense.4 Flexible Ground Boots

Mulai dari Rp550.000,00

Manuver optimal dengan sepatu bola bergaya klasik

Kelebihan:

  • Menggunakan kulit sintesis yang ringan dengan detail jahitan klasik
  • Dapat digunakan di berbagai lapangan

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan sepatu ini terasa sempit dan kaku sehingga kurang cocok bagi pemilik kaki lebar

Sekilas, adidas Copa Sense.4 Flexible Ground Boots menawarkan sepatu bola dengan desain dan fitur-fitur yang simpel. Namun, sepatu ini tetap bisa bersaing di lapangan, lho. Material kulit sintetis yang ringan di bagian upper sepatu akan memudahkan Anda bermain dengan lincah.


Bagian outsole serbagunanya menawarkan traksi optimal di tanah yang kokoh, tanah yang keras, ataupun rumput buatan. Dengan harganya yang termasuk terjangkau untuk sepatu adidas, sepatu ini wajib ada dalam cadangan Anda.

Apa beda sepatu futsal dan sepatu bola?

Apa beda sepatu futsal dan sepatu bola?

Sekilas, futsal dan sepak bola terlihat seperti olahraga yang serupa termasuk sepatunya. Namun, Anda perlu memahami bahwa sepatu futsal memiliki sejumlah perbedaan dengan sepatu bola. Pastikan Anda memilih dan menggunakan sepatu yang tepat untuk kenyamanan serta menghindari cedera.


Sepatu bola memiliki stud atau pul yang lebih banyak dan tajam di bagian bawah (outsole). Di sisi lain, ada juga sepatu futsal yang memiliki stud untuk dimainkan di lapangan futsal berumput sintetis.


Sepatu futsal biasanya lebih ringan dan dilengkapi outsole karet yang sepintas mirip sepatu basket. Sepatu bola dengan pul sebaiknya tidak digunakan untuk bermain futsal karena dirancang untuk medan beralaskan tanah, rumput, atau lapangan keras. Anda bisa memilih sepatu berkode IN atau sepatu khusus futsal.

Baca juga rekomendasi sepatu bola lainnya di sini

Anda ingin mencari referensi sepatu bola lain? Tenang saja! Kami juga sudah mengulas beberapa merek dan jenis sepatu bola lainnya. Untuk tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini dan temukan produk yang Anda cari!

Kesimpulan

Sepatu bola menjadi salah satu faktor utama yang menentukan performa Anda di lapangan. Oleh karena itu, Anda harus memilih sepatu bola yang nyaman, pas di kaki, dan sesuai dengan gaya permainan.


adidas memiliki berbagai seri yang dirancang mengikuti kebutuhan para pegiat olahraga sepak bola. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pilihan sepatu dengan lapangan tempat Anda bermain. Semoga artikel ini membantu Anda mendapatkan sepatu bola adidas terbaik, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer