mybest
Teh

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik [Ditinjau oleh Tea Specialist]
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik  [Ditinjau oleh Tea Specialist] 1
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik  [Ditinjau oleh Tea Specialist] 2
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik  [Ditinjau oleh Tea Specialist] 3
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik  [Ditinjau oleh Tea Specialist] 4
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik  [Ditinjau oleh Tea Specialist] 5

10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik [Ditinjau oleh Tea Specialist]

Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti teh Dandang, Tong Tji, Dilmah, Twinings, Haveltea, dan lainnya.


Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda beserta tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!

Diperbaharui 16/10/2023
Bambang Laresolo
Pakar
Tea specialist
Bambang Laresolo

Meminum teh adalah tradisi yang ditekuni Bambang Laresolo sejak kecil. Dahulu, Bambang bahkan selalu meminum teh dan tidak bisa minum air putih. Pemilik kedai teh Laresolo di Bogor ini mulai mendalami dunia teh sejak 2005. Pada 2015, Bambang ikut menjadi co-founder Lewis and Carroll. International tea blender dan tea sommelier bersertifikat ini juga merupakan praktisi upacara minum teh Cina aliran Liu Xiang Craft dan teh Jepang aliran Urasenke. Anda bisa menyapanya lewat Instagram @laresolo.

Profil Bambang Laresolo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih Teh Celup

Teh merupakan minuman yang tidak kalah banyak peminatnya dibandingkan kopi. Salah satu cara paling praktis untuk menikmati teh adalah dengan teh celup. Berikut ini, kami akan memberikan tips sederhana untuk Anda dalam memilih teh celup. Silakan disimak!

1

Kenali jenis teh yang digunakan

Sebenarnya, semua teh berasal dari tanaman Camellia sinensis. Akan tetapi, lamanya proses fermentasi dan oksidasi membuat rasanya jadi berbeda-beda. Di samping tanaman tersebut, ada juga teh yang terbuat dari bahan herbal. Agar lebih jelas, kami akan jelaskan beberapa jenis teh yang umum digunakan dalam teh celup. Namun, tetap ada jenis-jenis teh lain di luar dari teh yang kami jelaskan ini.

Black tea: Oksidasi sempurna untuk rasa lebih pekat

Black tea: Oksidasi sempurna untuk rasa lebih pekat

Teh hitam atau black tea adalah jenis teh yang banyak digunakan dalam pembuatan teh celup. Untuk menghasilkan black tea, daun teh digiling sehingga terjadi oksidasi sempurna sebelum dikeringkan. Proses ini menghasilkan rasa teh yang cukup pekat saat diminum. Setelah Anda seduh, teh ini akan berwarna cokelat kehitaman.


Beberapa teh terkenal seperti Assam tea, Darjeeling tea, earl grey tea, dan english breakfast tea dibuat dengan menggunakan black tea. Namun, setiap teh tersebut memiliki rasa yang khas sesuai dengan tempat penanaman dan proses pengolahan berikutnya.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bagi para pencinta teh, Anda bisa memilih jenis-jenis teh yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau Anda menyukai teh yang memiliki efek warming, cobalah untuk menyeduh teh hitam. Karena rasa body-nya yang lebih kuat, teh ini bisa memberi semangat pada pagi hari. 


Oksidasi sempurna pada proses pembuatan teh hitam berhasil merubah senyawa katekin menjadi theaflavin dan thearubigin. Senyawa terakhir inilah yang menyebabkan warna merah pada teh hitam. Karena itu, rasa teh tetap terasa kuat dan warnanya juga tetap cantik meski di-infuse dengan bahan lain seperti susu dan lemon.

Green tea: Lebih rendah kafein dan tidak mengalami oksidasi

Green tea: Lebih rendah kafein dan tidak mengalami oksidasi

Berbeda dengan black tea, green tea tidak mengalami oksidasi. Daun teh yang dipanen kemudian dikeringkan dan dipanaskan agar proses oksidasi tidak terjadi. Umumnya, kadar kafeinnya juga lebih rendah dibanding dengan black tea.


Ada dua cara pemanasan daun teh untuk menghasilkan green tea, dipanaskan dengan wajan di atas api atau dikukus. Green tea yang dipanaskan dengan wajan di atas api akan menghasilkan warna yang lebih kusam. Sementara itu, green tea yang dikukus memiliki warna yang lebih terang.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Dengan tidak adanya proses oksidasi, warna green tea lebih terang sehingga cocok untuk dibuat minuman yang menenangkan. Sebenarnya, ada banyak orang yang menganggap bahwa teh hijau memiliki tingkat kafein yang rendah. Namun, ketahuilah bahwa hal ini tidak sepenuhnya benar. Bahkan, ada beberapa jenis teh hijau dari Jepang yang justru memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Herbal and fruit tea: Teh kaya manfaat yang hadir dalam rasa berbeda

Herbal and fruit tea: Teh kaya manfaat yang hadir dalam rasa berbeda

Teh herbal cukup menjadi incaran karena memiliki banyak manfaat berkat adanya tambahan herbal. Berbagai herbal, seperti kayu manis, jahe, serai, dan lainnya dipadukan dengan black tea atau green tea. Tambahan herbal membuat aroma teh menjadi lebih wangi.


Selain dicampur dengan teh, ada juga campuran bahan herbal yang tidak menggunakan teh. Jenis ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak boleh mengonsumsi kafein. Di samping teh herbal, fruit tea juga banyak disukai orang. Rasa buah yang manis dan segar akan berpadu sempurna dengan rasa teh.


Ingin tahu lebih lanjut tentang teh herbal dan fruit tea? Langsung saja simak pembahasannya pada artikel di bawah ini!

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bagi Anda yang menginginkan minuman tanpa kafein, memilih teh herbal dan teh buah adalah pilihan yang tepat. Teh buah sangat cocok diminum dingin dan terasa sangat menyegarkan ketika kondisi cuaca sedang panas.

2

Perhatikan juga bahan kantong teh

Selain jenis teh, Anda juga perlu memilih bahan kantong teh atau tea bag. Bahan yang digunakan untuk membuat kantong teh dapat memengaruhi rasa teh tersebut. Nah, kami akan menjelaskan dua bahan kantong teh yang banyak digunakan di pasaran.

Bahan kertas: Paling umum dipakai dan harganya lebih ekonomis

Bahan kertas: Paling umum dipakai dan harganya lebih ekonomis

Kantong teh berbahan kertas merupakan jenis yang paling umum ditemui. Dengan menggunakan bahan kertas, biaya produksi jadi lebih murah. Alhasil, harga jual teh celup tersebut juga tergolong ramah di kantong. Bahan kertas pada kantong teh ini menambahkan sedikit rasa pahit dalam teh Anda. 


Namun, hindarilah memilih teh celup yang menggunakan staples dan lem untuk menutup kantong teh. Bahan tersebut dapat mengontaminasi minuman Anda sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.


Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak memilih produk yang kantong tehnya telah melewati proses bleaching. Penggunaan chlorine dalam proses bleaching sangat tidak baik untuk kesehatan. Agar lebih aman, pilihlah produsen teh ternama karena kualitas kantong tehnya sudah lebih terjamin.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teh celup berbahan kertas memang biasanya lebih murah. Namun, sering kali aroma kertas yang tercium bisa terasa mengganggu. Beberapa teh celup memiliki kantong yang terbuat dari kandungan serat abaca. Namun, produk seperti ini memiliki warna kantong yang berwarna cokelat dan terlihat kurang menarik.

Bahan muslin: Bahan premium yang mampu menjaga kualitas teh

Bahan muslin: Bahan premium yang mampu menjaga kualitas teh

Bahan muslin sebagai kantong teh banyak digunakan oleh merek teh premium. Bahan ini terbuat dari sutra atau katun, serta lebih tahan lama dibandingkan kertas.  Penggunaan bahan muslin membuat rasa teh lebih terjaga. Selain itu, karena bahannya transparan, Anda jadi dapat melihat kualitas daun teh yang digunakan. Tidak heran jika harga teh celup yang menggunakan bahan muslin biasanya cenderung lebih mahal.


Umumnya, kantong teh dari bahan muslin berbentuk piramida. Bentuk piramida akan memberi ruang lebih untuk daun teh mengambang saat diseduh. Proses ini membuat teh dapat mengeluarkan aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih kaya.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Bahan lain yang lebih baik dari bahan kertas adalah kain. Kantong teh dari bahan kain biasanya dibuat dari kain katun atau nylon. Kantong kain tentunya tidak mengeluarkan aroma mengganggu yang bisa tercium dari kantong kertas. Namun, teh celup dengan kantong kain tentunya memiliki harga yang lebih mahal.


Selain bahan, bentuk kantong juga memengaruhi kualitas teh celup. Kantong berbentuk pyramid biasanya memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini karena tipe ini memiliki ruang untuk daun teh mengembang yang lebih besar. Karena itu, kantong berbentuk ini biasanya memiliki daun teh dengan ukuran yang lebih besar.

3

Sesuaikan rasa teh dengan waktu Anda mengonsumsinya

Sesuaikan rasa teh dengan waktu Anda mengonsumsinya

Di Indonesia, tidak ada panduan waktu khusus untuk minum teh. Pada dasarnya, Anda dapat mengonsumsi teh kapan saja sesuai keinginan dan selera Anda. Namun, Anda bisa mencoba untuk menikmati jenis teh yang dianggap sesuai untuk situasi tertentu


  • Bagi Anda yang suka mengonsumsi teh pada pagi hari, cobalah teh dengan rasa yang lebih kuat. Salah satu teh yang pas dinikmati saat pagi hari adalah English Breakfast atau black tea lainnya. Black tea memiliki rasa yang lebih kuat dan kandungan kafein yang lebih banyak sehingga bisa membuat Anda lebih bersemangat.

  • Jenis teh herbal, buah, atau green tea merupakan pilihan yang tepat untuk dinikmati setelah makan. Ketiganya dapat membantu membersihkan indra pengecap Anda sehabis makan.

  • Jika Anda ingin mengonsumsi teh sebelum tidur, teh herbal adalah pilihan yang tepat. Kandungan herbal dan aromanya akan membuat Anda lebih relaks. Tidur pun jadi lebih nyaman setelah Anda mengonsumsi teh herbal.
Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Teh adalah minuman yang dapat diminum kapan saja dan dinikmati pada waktu apa saja. Bahkan, ada satu puisi teh yang sangat terkenal dari William Ewart Glastone yang berbunyi, “If you are cold, tea will warm you; if you are too heated, it will cool you. If you are depressed, it will cheer you; If you are excited, it will calm you.”


Sesuai dengan puisi tersebut, Anda bisa menikmati jenis teh apa saja sesuai dengan kebutuhan. Ada yang meminum teh hitam pada pagi hari karena menginginkan minuman segar yang mampu memberikan semangat. Ada juga yang menyukai pilih teh hijau karena perlu ketenangan dan fokus.

4

Perhatikan jumlah kantong teh per kemasan

Perhatikan jumlah kantong teh per kemasan

Beberapa produsen teh celup menawarkan berbagai pilihan jumlah kantong teh per kemasannya. Jika Anda baru mencoba suatu merek, pilihlah jumlah kantong teh yang paling sedikit. Anda juga dapat membeli kantong teh satuan di toko online untuk mencoba suatu rasa.


Bagi Anda yang sudah memiliki produk teh celup favorit, Anda dapat memilih jumlah isi yang lebih banyak. Produk yang isinya lebih banyak akan terasa lebih hemat dibandingkan yang sedikit. Selain itu, Anda tidak perlu repot berkali-kali membeli teh celup yang baru.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Jangan terbujuk dengan jumlah kantong yang banyak dalam satu kemasan. Umumnya, teh celup yang murah memiliki isi 25–30 kantong per kemasan. Sementara itu, teh celup premium yang berbentuk pyramid biasanya berisi 10–20 kantong per kemasan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Teh Celup Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Teh Celup terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 16 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Jenis kopi
Jenis teh
Kepekatan
Campuran citrus
Kaya serat
Bentuk
Rasa
Keasaman
Aftertaste
1

Kartini Teh Nasional

Dandang Vanilla Tea

Kartini Teh Nasional Dandang Vanilla Tea 1

Rp10.800

Agak Murah

Beri Anda teh hitam dengan aroma soft vanilla

50 g (25 x 2 g)

Tidak diketahui

Teh hitam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Teh vanilla

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Gunung Subur Sejahtera

Kepala Djenggot Teh Hijau Premium

Gunung Subur Sejahtera Kepala Djenggot Teh Hijau Premium 1

Rp21.300

Menengah

Daun teh hijau asli untuk menemani keseharian Anda

60 g (25 bags)

Tidak diketahui

Teh hijau

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Teh murni

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Tong Tji

Jasmine Tea Non Envelope

Tong Tji  Jasmine Tea Non Envelope 1

Rp8.500

Agak Murah

Aroma melatinya lembut dan menenangkan

50 g (25 bags)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Melati

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Unilever

Sariwangi Teh Hitam Jahe & Kunyit

Unilever Sariwangi Teh Hitam Jahe & Kunyit 1

Rp10.000

Agak Murah

Tubuh kian hangat dan bertenaga berkat jahe plus kunyit

37,5 g (25 bags)

Tidak diketahui

Teh hitam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Teh hitam jahe dan kunyit

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Twinings

Earl Grey Tea

Twinings  Earl Grey Tea 1

Rp90.396

Agak Mahal

Teh premium yang rasanya light sekaligus berkelas

50 g (25 x 2 g)

Tidak diketahui

Teh hitam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Earl grey tea

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

2Tang

Jasmine Tea Reguler

2Tang  Jasmine Tea Reguler 1

Rp7.700

Agak Murah

Teh hijau harum yang rasanya tidak pekat di lidah

50 g (25 x 2 g)

Tidak diketahui

Teh hijau

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Melati

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Dilmah

Peach Fun Flavoured Tea

Dilmah Peach Fun Flavoured Tea 1

Rp51.500

Agak Mahal

Rasa unik yang menambah suasana romantis

40 g (20 x 2 g)

Tidak diketahui

Teh hitam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Peach

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Glaranadi

Teh Bunga Celup

Glaranadi Teh Bunga Celup 1

Rp26.900

Menengah

Teh bunga dengan berbagai varian, aroma, dan rasa

8 - 10 g (8 - 10 bags)

Tidak diketahui

Teh bunga

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Bervariasi (Chamomile, telang, lavender, roselle, apple blossom, dll)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Haveltea

SLEEP - Teh Bunga Chamomile

Haveltea SLEEP - Teh Bunga Chamomile 1

Rp79.000

Agak Mahal

Kombinasi aromanya menenangkan, siap membawa tidur Anda jadi lebih berkualitas

12 g

Tidak diketahui

Teh herbal

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kombinasi bunga-bungaan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Teh Tjap Botol

Teh Hijau Melati

Teh Tjap Botol  Teh Hijau Melati 1

Rp69.000

Agak Mahal

Sudah ada sejak dahulu, bukti kualitas yang terus terjaga

40 g (20 x 2 g)

Tidak diketahui

Teh hijau

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Melati

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kartini Teh NasionalDandang Vanilla Tea

Dandang Vanilla Tea 1
Sumber: shopee.co.id
Dandang Vanilla Tea 2
Sumber: shopee.co.id
Dandang Vanilla Tea 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.800
Agak Murah
Harga referensi
Rp10.800
Agak Murah

Beri Anda teh hitam dengan aroma soft vanilla

Teh Dandang Vanilla ini adalah minuman teh hitam dengan sentuhan vanilla yang lembut. Rasa teh ini terasa begitu kaya dengan aroma manis vanilla yang unik. Anda ingin menikmati minuman teh yang istimewa atau menyukai nuansa manis dalam teh hitam? Saatnya Anda mencoba teh nikmat yang satu ini!

Isi50 g (25 x 2 g)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hitam
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaTeh vanilla
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Gunung Subur SejahteraKepala Djenggot Teh Hijau Premium

Harga referensi
Rp21.300
Menengah

Daun teh hijau asli untuk menemani keseharian Anda

Terbuat dari daun teh hijau berkualitas, produk ini akan memberikan rasa teh hijau yang segar dan khas. Tidak hanya itu, teh hijau asli ini punya segudang manfaat, mulai dari melancarkan peredaran darah hingga kurangi lemak. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi teh hijau ini. Produk ini ideal dibeli jika Anda ingin ditemani oleh secangkir teh hijau fresh dalam rutinitas harian.

Isi60 g (25 bags)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hijau
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaTeh murni
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.3

Tong Tji Jasmine Tea Non Envelope

Harga referensi
Rp8.500
Agak Murah

Aroma melatinya lembut dan menenangkan

Teh hijau ini menawarkan sentuhan harum bunga melati untuk memberikan pengalaman minum yang segar dengan nuansa bunga lembut. Anda akan mengecap rasa sepat teh dengan sentuhan aroma melati yang menenangkan dalam setiap teguk produk ini. Jika Anda mengutamakan cita rasa unik dan aroma yang istimewa dalam teh, produk ini patut diperhitungkan.

Isi50 g (25 bags)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTidak diketahui
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaMelati
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.4

UnileverSariwangi Teh Hitam Jahe & Kunyit

Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah

Tubuh kian hangat dan bertenaga berkat jahe plus kunyit

Jahe dan kunyit adalah dua rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, tambahan jahe dan kunyit dalam teh bisa memberikan rasa hangat dan membantu meningkatkan ketahanan tubuh. 


Teh Hitam Sari Wangi rasa Jahe dan Kunyit ini terasa pekat, tetapi tetap menyegarkan. Tambahan jahe dan kunyit sangat cocok diminum saat cuaca hujan sembari menikmati gorengan panas. Jika Anda ingin menikmati teh dengan cita rasa berbeda sembari menghangatkan tubuh, produk ini layak dicoba. 

Isi37,5 g (25 bags)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hitam
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaTeh hitam jahe dan kunyit
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.5

Twinings Earl Grey Tea

Harga referensi
Rp90.396
Agak Mahal

Teh premium yang rasanya light sekaligus berkelas

Twinings Earl Grey Tea adalah teh hitam berkualitas tinggi dengan aroma berlimpah dan rasa berkelas. Produk ini akan memberi Anda teh istimewa dengan sentuhan aroma jeruk bergamot. Tampilannya pun premium sehingga makin cocok dihidangkan misalnya saat rapat bisnis. Bagi Anda pencinta minuman teh premium, pilihlah produk ini.

Isi50 g (25 x 2 g)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hitam
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaEarl grey tea
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.6

2Tang Jasmine Tea Reguler

Harga referensi
Rp7.700
Agak Murah

Teh hijau harum yang rasanya tidak pekat di lidah

Produk ini menawarkan teh hijau yang rasanya light dan bernuansa melati. Ketika diseruput, teh hijau ini terasa lezat dan aroma bunganya bisa membuat pikiran makin relaks. Ditambah dengan adanya sedikit aksen rasa manis, teh ini mudah disukai oleh orang dari berbagai kalangan usia. Bila Anda mencari teh celup yang rasanya ringan sekaligus harum, produk ini wajib dicoba. 

Isi50 g (25 x 2 g)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hijau
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaMelati
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.7

DilmahPeach Fun Flavoured Tea

Harga referensi
Rp51.500
Agak Mahal

Rasa unik yang menambah suasana romantis

Melalui produk ini, Anda dapat mencoba varian Dilmah yang memadukan teh Ceylon dengan bahan lainnya seperti peach. Peach Fun Flavoured Tea merupakan varian dengan rasa peach yang cukup unik.


Campuran teh hitam Ceylon dengan buah peach membuat teh satu ini terasa mewah dan elegan. Nikmati teh celup ini bersama pasangan Anda untuk melengkapi suasana romantis. Hubungan Anda dan pasangan bakal terasa makin hangat.

Isi40 g (20 x 2 g)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hitam
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaPeach
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.8

GlaranadiTeh Bunga Celup

Harga referensi
Rp26.900
Menengah

Teh bunga dengan berbagai varian, aroma, dan rasa

Keharuman bunga bisa Anda nikmati dalam sekantung teh. Glaranadi menjual berbagai teh bunga yang akan memanjakan hidung dan indra perasa Anda. Varian yang dipilih tergolong lengkap, seperti blue pea, rosemary, calendula, rose, chamomile, dan sebagainya. Warna-warni teh yang menarik juga akan meningkatkan momen relaksasi Anda dengan lebih optimal.

Isi8 - 10 g (8 - 10 bags)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh bunga
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaBervariasi (Chamomile, telang, lavender, roselle, apple blossom, dll)
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.9

HavelteaSLEEP - Teh Bunga Chamomile

SLEEP - Teh Bunga Chamomile 1
Sumber: shopee.co.id
SLEEP - Teh Bunga Chamomile 2
Sumber: shopee.co.id
SLEEP - Teh Bunga Chamomile 3
Sumber: shopee.co.id
SLEEP - Teh Bunga Chamomile 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp79.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp79.000
Agak Mahal

Kombinasi aromanya menenangkan, siap membawa tidur Anda jadi lebih berkualitas

Chamomile sejak dahulu dikenal dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Untuk Anda yang ingin menikmati momen bersantai atau bisa tidur lebih nyenyak, kami rekomendasikan produk satu ini. Perpaduan chamomile, lemongrass, rose, dan lavender akan menjadi kombinasi yang pas untuk jadi teh pengantar tidur Anda. Jadi, katakan selamat tinggal pada susah tidur!

Isi12 g
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh herbal
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaKombinasi bunga-bungaan
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all
No.10

Teh Tjap Botol Teh Hijau Melati

Harga referensi
Rp69.000
Agak Mahal

Sudah ada sejak dahulu, bukti kualitas yang terus terjaga

Dilihat dari merek dan kemasannya, mungkin Anda sudah menduga bahwa produk ini sudah ada sejak zaman dahulu. Perkiraan Anda tepat, teh ini sudah ada sejak 1940 dan terus menjaga kualitasnya hingga kini. Teh ini sendiri merupakan perpaduan teh hijau dengan bunga melati. Oleh karena itu, aroma dan nikmatnya tentu akan memanjakan lidah Anda.

Isi40 g (20 x 2 g)
Jenis kopiTidak diketahui
Jenis tehTeh hijau
KepekatanTidak diketahui
Campuran citrusTidak diketahui
Kaya seratTidak diketahui
BentukTidak diketahui
RasaMelati
KeasamanTidak diketahui
AftertasteTidak diketahui
View all

Bagaimana cara menyeduh teh celup yang benar?

Bagaimana cara menyeduh teh celup yang benar?

Aspek-aspek dalam proses menyeduh teh, seperti suhu air dan lamanya waktu yang dibutuhkan, akan memengaruhi rasa teh yang dihasilkan. Cara paling mudah untuk menyeduh teh celup adalah dengan membaca keterangan yang tertera pada kemasannya.


Untuk mengeluarkan rasa teh yang lebih khas, setiap jenis teh membutuhkan suhu ideal yang berbeda-beda. 


  • Green tea lebih pas diseduh dengan air bersuhu 75-80℃ untuk menghasilkan rasa yang lembut. Suhu yang terlalu panas akan merusak rasa green tea.

  • Black tea akan menghasilkan rasa yang berbeda-beda pada beberapa suhu air. Pada suhu 85℃, black tea akan menghasilkan rasa yang ringan dengan floral taste. Jika Anda ingin rasa yang lebih pekat, Anda dapat menggunakan air dengan suhu 90-95℃.

Anda sebaiknya menyeduh teh selama 2-5 menit saja. Menyeduh teh dalam waktu yang lebih lama akan membuat rasanya lebih pekat sehingga memudarkan rasa aslinya. Teh yang terlalu pekat juga berisiko membuat gigi menjadi kuning, serta memberatkan kerja ginjal.


Teh celup berbeda dengan loose leaf tea yang dapat diseduh berulang kali. Teh celup dirancang untuk dapat diseduh hanya sekali sampai dua kali saja. Hindari menyeduh teh celup berulang kali karena tidak akan bermanfaat untuk Anda.


Teh memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Namun, tetap perhatikan jumlah asupan air mineral Anda per harinya, ya. Minumlah air dalam jumlah yang cukup agar kerja ginjal tidak menjadi berat.

Bambang Laresolo
Tea specialist
Bambang Laresolo

Umumnya satu kantong teh celup berisi 2–3 gram teh. Anda harus menyesuaikan jumlah teh yang ingin diseduh dengan wadah tempat Anda menyeduh teh. Jika Anda menggunakan cangkir teh biasa, Anda cukup menyeduh satu kantong saja. Namun, jika Anda menggunakan mug besar yang isinya antara 350–500 ml, sebaiknya Anda menggunakan dua kantong.


Ingatlah agar Anda tidak membiarkan kantong teh tercelup air panas terlalu lama. Karena teh celup memiliki teh dengan ukuran daun yang kecil, proses ektraksi teh berjalan lebih cepat. Karena itu Anda cukup menyeduh teh dalam waktu 2–3 menit saja, lalu angkat kantongnya.

5 Rekomendasi Teh Celup terbaik

No. 1: Kartini Teh NasionalDandang Vanilla Tea

No. 2: Gunung Subur SejahteraKepala Djenggot Teh Hijau Premium

No. 3: Tong Tji Jasmine Tea Non Envelope

No. 4: UnileverSariwangi Teh Hitam Jahe & Kunyit

No. 5: Twinings Earl Grey Tea

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik [Ditinjau oleh Tea Specialist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.