• 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang dijual di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings dan yang lainnya.


Namun, bagaimana cara memilih teh celup yang tepat? Kami telah menyiapkan beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan saat memilih teh celup. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya.

  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 5.666 Views
Daftar isi

Cara memilih teh celup

Teh merupakan minuman yang tidak kalah banyak peminatnya dibandingkan kopi. Salah satu cara paling praktis untuk menikmati teh adalah dengan teh celup. Berikut ini, kami akan memberikan tips sederhana untuk Anda dalam memilih teh celup. Silakan disimak!

Kenali jenis teh yang digunakan

Sebenarnya, semua teh berasal dari tanaman Camellia sinensis. Akan tetapi, lamanya proses fermentasi dan oksidasi membuat rasanya jadi berbeda-beda. 


Di samping tanaman tersebut, ada juga teh yang terbuat dari bahan herbal. Selanjutnya, kami akan jelaskan beberapa jenis teh yang umum digunakan dalam teh celup. Namun, tetap ada jenis-jenis teh lain di luar dari teh yang kami jelaskan ini.

Black tea : oksidasi sempurna untuk rasa lebih pekat

Teh hitam atau black tea adalah jenis teh yang banyak digunakan dalam pembuatan teh celup. Untuk menghasilkan black tea, daun teh digiling sehingga terjadi oksidasi sempurna sebelum dikeringkan. Proses ini menghasilkan rasa teh yang cukup pekat saat diminum. Setelah Anda seduh, teh ini akan berwarna cokelat kehitaman.


Beberapa teh terkenal seperti Assam tea, Darjeeling tea, earl grey tea, dan english breakfast tea dibuat dengan menggunakan black tea. Namun, setiap teh tersebut memiliki rasa yang khas sesuai dengan tempat penanaman dan proses pengolahan berikutnya.

Green tea : lebih rendah kafein dan tidak mengalami oksidasi

Berbeda dengan black tea, green tea tidak mengalami oksidasi. Daun teh yang dipanen kemudian dikeringkan dan dipanaskan agar proses oksidasi tidak terjadi. Kadar kafeinnya juga lebih rendah dibanding dengan black tea.


Ada dua cara pemanasan daun teh untuk menghasilkan green tea, dipanaskan dengan wajan di atas api atau dikukus. Green tea yang dipanaskan dengan wajan di atas api akan menghasilkan warna yang lebih kusam. Sementara itu, green tea yang dikukus memiliki warna yang lebih terang.

Herbal and fruit tea : teh kaya manfaat yang hadir dalam rasa berbeda

Teh herbal cukup menjadi incaran karena memiliki banyak manfaat berkat adanya tambahan herbal. Berbagai herbal, seperti kayu manis, jahe, serai, dan lainnya dipadukan dengan black tea atau green tea. Tambahan herbal membuat aroma teh menjadi lebih wangi.


Selain dicampur dengan teh, ada juga campuran bahan herbal yang tidak menggunakan teh. Jenis ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak boleh mengonsumsi kafein.


Di samping teh herbal, fruit tea juga banyak disukai orang. Rasa buah yang manis dan segar akan berpadu sempurna dengan rasa teh.

Perhatikan juga bahan kantong teh

Selain jenis teh, Anda juga perlu memilih bahan kantong teh atau tea bag. Bahan yang digunakan untuk membuat kantong teh dapat memengaruhi rasa teh tersebut. Nah, kami akan menjelaskan dua bahan kantong teh yang banyak digunakan di pasaran.

Bahan kertas : paling umum dipakai dan harganya lebih ekonomis

Kantong teh berbahan kertas merupakan jenis yang paling umum ditemui. Dengan menggunakan bahan kertas, biaya produksi jadi lebih murah. Alhasil, harga jual teh celup tersebut juga tergolong ramah di kantong. Bahan kertas pada kantong teh ini menambahkan sedikit rasa pahit dalam teh Anda. 


Namun, hindarilah memilih teh celup yang menggunakan staples dan lem untuk menutup kantong teh. Bahan tersebut dapat mengontaminasi minuman Anda sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.


Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak memilih produk yang kantong tehnya telah melewati proses bleaching. Penggunaan chlorine dalam proses bleaching sangat tidak baik untuk kesehatan. Agar lebih aman, pilihlah produsen teh ternama karena kualitas kantong tehnya sudah lebih terjamin.

Bahan muslin : bahan premium yang mampu menjaga kualitas teh

Bahan muslin : bahan premium yang mampu menjaga kualitas teh

Bahan muslin sebagai kantong teh banyak digunakan oleh merek teh premium. Bahan ini terbuat dari sutra atau katun, serta lebih tahan lama dibandingkan kertas.  Penggunaan bahan muslin membuat rasa teh lebih terjaga. Selain itu, karena bahannya transparan, Anda jadi dapat melihat kualitas daun teh yang digunakan. Tidak heran jika harga teh celup yang menggunakan bahan muslin biasanya cenderung lebih mahal.


Umumnya, kantong teh dari bahan muslin berbentuk piramida. Bentuk piramida akan memberi ruang lebih untuk daun teh mengambang saat diseduh. Proses ini membuat teh dapat mengeluarkan aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih kaya.

Sesuaikan rasa teh dengan waktu Anda mengonsumsinya

Di Indonesia, tidak ada panduan waktu khusus untuk minum teh. Pada dasarnya, Anda dapat mengonsumsi teh kapan saja sesuai keinginan dan selera Anda. Namun, Anda bisa mencoba untuk menikmati jenis teh yang dianggap sesuai untuk situasi tertentu


Bagi Anda yang suka mengonsumsi teh pada pagi hari, cobalah teh dengan rasa yang lebih kuat. Salah satu teh yang pas dinikmati saat pagi hari adalah English Breakfast atau black tea lainnya. Black tea memiliki rasa yang lebih kuat dan kandungan kafein yang lebih banyak sehingga bisa membuat Anda lebih bersemangat.


Jenis teh herbal, buah, atau green tea merupakan pilihan yang tepat untuk dinikmati setelah makan. Ketiganya dapat membantu membersihkan indra pengecap Anda sehabis makan.


Jika Anda ingin mengonsumsi teh sebelum tidur, teh herbal adalah pilihan yang tepat. Kandungan herbal dan aromanya akan membuat Anda lebih rileks. Tidur pun jadi lebih nyaman setelah Anda mengonsumsi teh herbal.

Perhatikan jumlah kantong teh per kemasan

Beberapa produsen teh celup menawarkan berbagai pilihan jumlah kantong teh per kemasannya. Jika Anda baru mencoba suatu merek, pilihlah jumlah kantong teh yang paling sedikit. Anda juga dapat membeli kantong teh satuan di toko online untuk mencoba suatu rasa.


Bagi Anda yang sudah memiliki produk teh celup favorit, Anda dapat memilih jumlah isi yang lebih banyak. Produk yang isinya lebih banyak akan terasa lebih hemat dibandingkan yang sedikit. Selain itu, Anda tidak perlu repot berkali-kali membeli teh celup yang baru.

10 Rekomendasi teh celup terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk teh celup terbaik hasil pilihan kami. Temukan teh yang sesuai dengan selera Anda!

10
Jenis tehGreen tea, black tea
Bahan kantong tehKertas
Isi25 kantong teh
9
Jenis tehFruit tea
Bahan kantong tehKertas
Isi12 kantong teh
8
Jenis tehBlack tea
Bahan kantong tehKertas
Isi25 kantong teh
7
Jenis tehTidak disebutkan
Bahan kantong tehMuslin
Isi15 kantong teh
6
Jenis tehBlack tea
Bahan kantong tehTidak disebutkan
Isi20 kantong teh
5
Jenis tehHerbal (bebas kafein)
Bahan kantong tehKertas
Isi20 kantong teh
4
Jenis tehGreen tea
Bahan kantong tehKertas
Isi50 kantong teh
3
Jenis tehHerbal & fruit (bebas kafein)
Bahan kantong tehMuslin
Isi12 kantong teh
2
Jenis tehBlack tea
Bahan kantong tehKertas
Isi4 kantong teh
1
Jenis tehHerbal (tanpa kafein)
Bahan kantong tehKertas
Isi16 kantong teh

Tabel perbandingan produk teh celup terbaik

Gambar produk
1
Yogi Bedtime Tea 1

Yogi

2
Sari Wangi Kantong Jumbo 1

Sari Wangi

3
Twinings Cold Infuse 1

Twinings

4
OSK Japanese Green Tea 1

OSK

5
Ahmad Tea Camomile & Lemongrass Infusion 1

Ahmad Tea

6
Dilmah Rose with French Vanilla  1

Dilmah

7
Tong Tji Imperial Jasmine Tea 1

Tong Tji

8
Unilever Food Solutions Lipton English Breakfast 1

Unilever Food Solutions

9
Gunung Subur Sejahtera Kepala Djenggot Lemon Tea 1

Gunung Subur Sejahtera

10
Sosro Heritage Teh Celup 1

Sosro

Nama produk

Bedtime Tea

Kantong Jumbo

Cold Infuse

Japanese Green Tea

Camomile & Lemongrass Infusion

Rose with French Vanilla

Imperial Jasmine Tea

Lipton English Breakfast

Kepala Djenggot Lemon Tea

Heritage Teh Celup

Keunggulan

Rahasia tidur nyenyak dan pikiran tenang

Seduh lebih banyak teh tanpa menguras kantong

Teh celup dalam air dingin? Terobosan terbaru!

Kaya akan berbagai manfaat kesehatan

Mampu menenangkan tubuh yang lelah

Rasa unik yang menambah suasana romantis

Mengandung bunga melati asli. Aromanya jadi lebih semerbak

Menyemangati hari Anda dengan keharuman dan rasanya

Hangat dan menyehatkan tubuh

Tampilkan kekayaan rasa Nusantara yang khas

HargaRp 120.000,00Rp 9.100,00Rp 100.000,00Rp 114.900,00Rp 62.500,00Rp 123.000,00Rp 49.000,00Rp 48.200,00Rp 20.800,00Rp 9.800,00
Jenis tehHerbal (tanpa kafein)Black teaHerbal & fruit (bebas kafein)Green teaHerbal (bebas kafein)Black teaTidak disebutkanBlack teaFruit teaGreen tea, black tea
Bahan kantong tehKertasKertasMuslinKertasKertasTidak disebutkanMuslinKertasKertasKertas
Isi16 kantong teh4 kantong teh12 kantong teh50 kantong teh20 kantong teh20 kantong teh15 kantong teh25 kantong teh12 kantong teh25 kantong teh
Tautan produk

Bagaimana cara menyeduh teh celup yang benar?

Aspek-aspek dalam proses menyeduh teh, seperti suhu air dan lamanya waktu yang dibutuhkan, akan memengaruhi rasa teh yang dihasilkan. Cara paling mudah untuk menyeduh teh celup adalah dengan membaca keterangan yang tertera pada kemasannya.


Untuk mengeluarkan rasa teh yang lebih khas, setiap jenis teh membutuhkan suhu ideal yang berbeda-beda. Green tea lebih pas diseduh dengan air bersuhu 75-80℃ untuk menghasilkan rasa yang lembut. Suhu yang terlalu panas akan merusak rasa green tea.


Namun, tidak demikian dengan black tea. Black tea akan menghasilkan rasa yang berbeda-beda pada beberapa suhu air. Pada suhu 85℃, black tea akan menghasilkan rasa yang ringan dengan floral taste. Jika Anda ingin rasa yang lebih pekat, Anda dapat menggunakan air dengan suhu 90-95℃.


Anda sebaiknya menyeduh teh selama 2-5 menit saja. Menyeduh teh dalam waktu yang lebih lama akan membuat rasanya lebih pekat sehingga memudarkan rasa aslinya. Teh yang terlalu pekat juga berisiko membuat gigi menjadi kuning, serta memberatkan kerja ginjal.


Teh celup berbeda dengan loose leaf tea yang dapat diseduh berulang kali. Teh celup dirancang untuk dapat diseduh hanya sekali sampai dua kali saja. Hindari menyeduh teh celup berulang kali karena tidak akan bermanfaat untuk Anda.


Teh memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Namun, tetap perhatikan jumlah asupan air mineral Anda per harinya, ya. Minumlah air dalam jumlah yang cukup agar kerja ginjal tidak menjadi berat.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Bagi para tea lovers, kami memiliki artikel lainnya sesuai dengan jenis teh. Teh hitam, teh hijau, teh oolong, teh herbal, dan fruit tea ada dalam artikel kami yang lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi tentang teh pilihan Anda.

Kesimpulan

Wah, Anda pasti sudah tidak sabar ya untuk menyeduh dan mencicipi teh pilihan Anda. Pilihlah jenis teh yang paling sesuai dengan selera Anda. Jika Anda memilih teh herbal, pertimbangkanlah manfaat yang diberikan oleh kandungan herbal tersebut. Anda juga bisa menyediakan beberapa jenis teh celup di rumah agar dapat meminumnya secara bergantian.


Semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Selamat menikmati teh pilihan Anda dan sampai jumpa!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kini, secangkir kopi enak dapat Anda nikmati di rumah dengan produk biji kopi dan bubuk kopi yang sudah luas beredar di pasaran, mulai dari toko konvensional hingga online shop. Namun, dari banyaknya jenis kopi yang ada, dapatkah Anda dengan yakin memilih kopi yang sebaiknya dibeli?Kali ini, kami akan memperkenalkan produk kopi yang kini tengah populer, seperti Coffee Toffee, JJ Royal Coffee, serta yang lainnya, sekaligus menjelaskan cara memilih kopi. Simak terus artikel ini sampai akhir dan temukan kopi yang paling sesuai dengan selera Anda.
    Teh & kopi
    67.259 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    53.793 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan di luar sana, Anda mungkin bingung memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile serta menjelaskan manfaat yang didapat dari mengonsumsinya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    63.929 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang pecinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein pada tubuh dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan menjelaskan karakteristik setiap jenis teh dan cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    13.760 Views
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari kopi drip yang praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan Taman Delta Indonesia yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya membuat Anda sulit menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih kopi drip yang berasa lezat. Produk yang kami rekomendasikan menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip agar menyeruputnya semakin nikmat. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
    7.656 Views
  • 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Earl grey tea adalah teh hitam dengan tambahan aroma bergamot yang segar. Teh ini juga memiliki aroma citrus yang membantu menenangkan pikiran saat Anda meminumnya. Beberapa produsen teh, seperti Dilmah, Twinings, dan Tasseo juga ikut menawarkan earl grey tea terbaiknya.Pada artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk earl grey tea terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Namun, sebelumnya kami akan memulai dengan membagikan tips cara memilih earl grey tea. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    16.900 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori