• 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Terbaik dari Sinar Matahari (Terbaru Tahun 2022)

Pelindung kaca mobil hadir untuk mengurangi kenaikan suhu di dalam mobil akibat paparan sinar matahari. Terdapat dua tipe pelindung kaca mobil, yaitu pemasangan dalam dan pemasangan luar. Pilihan tipe tersebut mungkin membuat Anda bingung saat memilih.


Karena itu, kali ini kami akan membagikan cara memilih sun shield mobil yang bagus, Tidak lupa, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Munchkin dan Sparco Corsa. Simak informasinya dan temukan pelindung kaca mobil yang sesuai dengan kebutuhan, seperti yang bisa dilipat atau yang antipanas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Fungsi pelindung kaca mobil

Kegunaan dari sun shield mobil yang ditempelkan di kaca depan atau belakang adalah untuk menghalau sinar matahari. Saat cuaca sedang terik-teriknya, bagian dalam mobil akan terasa panas dan pengap. Namun, hal tersebut tak akan terjadi jika Anda menggunakan pelindung kaca mobil.


Japan Automobile Federation (JAF) melakukan penelitian mengenai suhu mobil yang dipengaruhi oleh cuaca. Hasilnya menunjukkan suhu di dalam mobil mencapai sekitar 45 ℃ hanya dalam waktu 30 menit saat suhu cuaca 35 ℃. Lalu, setelah beberapa jam suhu di dalam mobil akan naik hingga 60 ℃, bahkan suhu dashboard bisa mencapai 60 ℃.


Untuk menekan kenaikan suhu di dalam mobil, Anda memerlukan sun shield mobil. Selain itu, pelindung kaca mobil juga dapat dijadikan sebagai penutup saat Anda berganti pakaian atau menyusui.

Cara memilih pelindung kaca mobil dari sinar matahari

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin penting dalam memilih pelindung kaca mobil berdasarkan fungsi dan tujuan penggunaannya. Ada enam poin penting yang perlu diperhatikan. Mari disimak mulai dari awal hingga akhir!

Tentukan tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Terdapat dua tipe pelindung kaca mobil yang dapat ditemui yaitu untuk pemasangan dalam dan pemasangan luar. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda sekarang.

Tipe pemasangan luar, untuk mobil yang diparkir di luar ruangan

Tipe pemasangan luar, untuk mobil yang diparkir di luar ruangan

Dibandingkan pemasangan dalam, pelindung kaca yang dipasang di luar lebih efektif mengurangi kenaikan suhu di dalam mobil. Pemasangannya yang menutupi seluruh bagian kaca depan membuat sinar matahari tidak dapat menembus, bahkan ke sela-selanya.


Selain itu, pelindung kaca dengan tipe pemasangan luar seperti ini dapat melindungi mobil dari debu dan kotoran. Dengan begitu, fungsinya pun menjadi lebih luas, tidak melulu untuk menutupi kaca mobil saja. Meskipun begitu, tipe ini tidak dapat digunakan selama berkendara. Pilihlah tipe ini untuk mobil Anda yang sering diparkir di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Tipe pemasangan dalam, untuk mobil yang sedang melaju

Tipe pemasangan dalam, untuk mobil yang sedang melaju

Keunggulan dari pelindung kaca yang dipasang di dalam adalah lebih praktis dipakai. Alasannya karena Anda dapat memasang dan melepasnya dengan mudah kapan saja. Tipe ini dapat digunakan ketika mobil diparkir ataupun saat mobil sedang melaju sekalipun.


Selain kaca bagian depan, banyak juga produk yang dapat dipasang di kaca bagian samping atau belakang. Sebagai contoh, ketika mobil sedang berjalan, Anda dapat memasangnya di kaca bagian samping agar anak Anda agar tidak silau.


Kelemahan dari tipe ini adalah tidak dapat dipasang secara menyeluruh. Akibatnya, sinar matahari dapat menembus ke sela-selanya dan membuat suhu di dalam mobil lebih mudah naik. Untuk penggunaan jangka pendek, tipe ini masih direkomendasikan. Namun, untuk mobil yang diparkir di bawah terik matahari, fungsinya tidak akan maksimal jika dibandingkan tipe pemasangan luar.

Kenali material yang digunakan

Kenali material yang digunakan

Poin lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah mengenali material sun shield mobil. Umumnya, material yang sering digunakan untuk membuat sun shield mobil adalah aluminium dan mesh. Di bawah ini, kami akan menjelaskan karakteristik dari kedua material tersebut.


  • Aluminium

Material ini mampu menutup menghalau secara maksimal sinar matahari berkat karakteristiknya yang tebal dan tidak tembus pandang. Selain itu, produk berbahan aluminium juga lebih awet sehingga dapat dipakai dalam waktu lama. Sayangnya, material ini tidak mudah dilipat menjadi compact.


  • Mesh

Lain halnya dengan aluminium, produk berbahan mesh bersifat tembus pandang. Alhasil, Anda dapat menikmati pemandangan saat sun shield dipasang di samping atau belakang mobil. Namun, pelindung kaca mobil yang dibuat dari mesh kurang maksimal dalam memblokir sinar matahari.

Pastikan produknya dapat menangkal sinar UV hingga 90%

Pastikan produknya dapat menangkal sinar UV hingga 90%

Untuk menghindari sengatan sinar matahari, pilihlah produk yang dapat menangkal sinar UV secara lebih efektif. Makin tinggi daya tahannya dalam menangkal sinar UV, makin kuat bayangan yang akan dihasilkan. Jika memungkinkan, pilihlah yang memiliki daya tangkal sampai 90% atau lebih.


Daya tangkal ini menunjukkan ketahanannya terhadap sinar UV. Mohon diingat, daya tangkal ini tidak ada hubungannya dengan tingkat kesejukan yang dihasilkan, ya. Selain itu, keterangan mengenai besaran daya tangkal sinar UV masih belum banyak dijelaskan oleh seller.


Sebagai alternatif, Anda dapat mempertimbangkan pemilihan warna sun shield mobilUntuk pemasangan luar, pilihlah produk yang berwarna cerah, seperti perak atau putih. Warna-warna yang cerah dapat memantulkan cahaya. Sebaliknya, untuk pemasangan dalam, pilihlah produk yang warnanya gelap karena tidak memantulkan cahaya.

Sesuaikanlah dengan ukuran kaca mobil

Sesuaikanlah dengan ukuran kaca mobil

Selanjutnya, pastikan pelindung kaca pilihan Anda sesuai dengan ukuran kaca jendela mobil agar tidak mudah lepas. Hal ini terutama saat Anda memasang tipe yang menggunakan tempelan. Jika terlalu besar, pelindung kacanya malah tidak dapat menempel. Jadi, mohon periksa dengan saksama sebelum membeli.

 
Sebaliknya, jika terlalu kecil, efek pelindung kaca juga tidak akan maksimal. Terlebih lagi, untuk pelindung kaca yang dipasang di luar, apabila terlalu kecil malah sama sekali tidak dapat digunakan. Supaya lebih aman, pilihlah yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kaca mobil Anda. Namun, jika ingin menemukan yang betul-betul pas, pilihlah pelindung kaca yang dikhususkan untuk tipe mobil Anda.

Pilih berdasarkan cara pemasangannya

Stabil atau tidaknya pelindung kaca mobil dapat Anda lihat dari cara pemasangannya. Untuk mengetahuinya, simak dengan saksama informasi yang akan kami paparkan di bawah ini, ya!

Dijepit di sela-sela pintu mobil, tidak mudah lepas

Jika Anda ingin pelindung kaca yang tidak mudah lepas, pilihlah produk yang pemasangannya dijepit di celah pintu. Harap diingat, tipe seperti ini hanya dapat digunakan untuk pemasangan luar. Karena tidak mudah lepas, tipe ini aman untuk mobil yang lama diparkir di luar.


Produk ini stabil karena kedua ujungnya dijepitkan ke dalam mobil atau dikaitkan ke kaca spion dengan karet. Namun, untuk tipe pemasangan ini Anda akan butuh waktu sampai terbiasa agar bisa dipasang dengan kencang. Setelah terbiasa, cukup dengan menggelar dan menutup pintu mobil saja pelindung kaca Anda akan terpasang dengan mudah.

Ditempel ke kaca atau dikaitkan ke sun visor, mudah untuk dipasang

Nah, tipe yang paling umum dan mudah penggunaannya adalah yang ditempel. Karena mudah ditempelkan begitu saja dari dalam mobil, tipe ini bisa dipasang oleh pemula atau siapa pun. Ketika ingin melepas pun, Anda hanya perlu satu gerakan untuk melakukannya.


Meskipun begitu, tipe ini tetap memiliki kelemahan, yaitu mudah lepas. Jika kaca jendela berdebu, produknya akan sulit dipasang. Begitu juga jika lama terkena sinar matahari, daya isapnya akan menurun sehingga mudah lepas.


Tipe lainnya yang mudah dipasang adalah produk yang dapat dijepitkan di bagian sun visor mobil. Namun, jika jarak antara sun visor dengan kaca depan cukup jauh, produk tidak akan dapat dipasang. Tipe ini sering kali dilengkapi juga dengan penempel karet. Yang terpenting, pastikan Anda memeriksa apakah produknya dapat dipasang di dalam mobil Anda atau tidak, ya.

Pertimbangkan yang dapat dilipat agar lebih ringkas

Pertimbangkan yang dapat dilipat agar lebih ringkas

Sun shield mobil yang dapat diilipat pastinya akan mudah disimpan secara compact di dalam mobil. Anda bisa mempertimbangkan produk yang dapat disimpan hanya dengan satu lipatan atau yang dapat dilipat seperti payung.


Karena dapat dilipat menjadi kecil, pelindung kaca tersebut dapat dimasukkan ke laci atau saku pintu mobil. Alhasil, Anda bisa segera memasangnya apabila diperlukan. Tak hanya tipe satu lipatan, ada juga tipe yang dilipat seperti biasa. Tipe ini juga mudah digunakan dan disimpan. Namun, mungkin Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpannya.

10 Rekomendasi pelindung kaca mobil terbaik dari sinar matahari

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelindung kaca mobil terbaik dari sinar matahari yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 27 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mobeo Sunshield Mobil Model Payung memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sparco Corsa Sunshade yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 9 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Mobeo Sunshield Mobil Model Payung 1

Mobeo

2
Windshield Sun Shade 1

3
Sun Shield Mobil Karakter 1

4
Munchkin Brica Stretch-to-Fit Sun Shade 1

Munchkin

5
Munchkin Brica White Hot Sun Safety Shade 1

Munchkin

6
ZACRO Sun Shade Mobil 1

ZACRO

7
Sun Shade Pelindung UV Kaca Mobil 1

8
DAISO Car Sunshade Mickey 1

DAISO

9
Sparco Corsa Sunshade 1

Sparco Corsa

10
Car Sun Shade Motif Lucu 1

Nama produk

Sunshield Mobil Model Payung

Windshield Sun Shade

Sun Shield Mobil Karakter

Brica Stretch-to-Fit Sun Shade

Brica White Hot Sun Safety Shade

Sun Shade Mobil

Sun Shade Pelindung UV Kaca Mobil

Car Sunshade Mickey

Sunshade

Car Sun Shade Motif Lucu

Keunggulan

Menyerupai payung, lebih compact dan praktis

Desainnya unik seperti tirai jendela

Tawarkan karakter superhero yang cool

Materialnya melar, dapat disesuaikan dengan ukuran kaca mobil

Terdapat fitur white hot indicator yang dapat berubah warna

Warna peraknya menjaga suhu mobil tetap normal

Tiga lapisannya melindungi mobil secara menyeluruh

Melindungi si kecil dari sengatan matahari

Menghalau sinar UV dengan tampilan matte finish-nya

Desain gemas dengan pilihan karakter beragam

Harga mulai dariRp 200.000,00Rp 188.000,00Rp 90.000,00Rp 165.000,00Rp 120.000,00Rp 75.000,00Rp 50.000,00Rp 98.000,00Rp 185.000,00Rp 75.000,00
TipePemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan luarPemasangan dalamPemasangan dalamPemasangan dalam
Dimensi79 cm x 145 cm65 cm x 130 cm69 cm x 130 cm30,5 cm x 45,7 cm sampai 45,7 cm x 68,6 cm35,6 cm x 43,2 cm70 cm x 150 cm, 60 cm x 130 cm100 cm x 190 cm44 cm x 38 cm140 cm x 70 cm70 cm x 130 cm
MaterialPelapis: lem perak dan kain impacPelapis: aluminium alloyAluminium foil, PE bubbleSafe-View fabric meshSafe-View premium fabric meshAluminium foil, PE bubbleKatun, aluminium foil, taffetaPolisterAluminium foilAluminium, polister
Tempat pemasanganKaca depanKaca depanKaca depanKaca samping Kaca samping Kaca depanKaca depanKaca sampingKaca depanKaca depan
Cara penyimpananDilipatRetractable/dilipatDilipatDilipatDigulungDilipatDilipatDilipatDilipatDilipat
Cara pemasanganDijepit dengan sun visor mobilDitempelDitempelDitempelDitempelDitempelDijepit ke sela-sela pintu mobilDitempelDitempel, dikaitkan ke sun visorDitempel
Tautan produk
10

Car Sun Shade Motif Lucu

Mulai dari Rp 75.000,00

TipePemasangan dalam
Dimensi70 cm x 130 cm
MaterialAluminium, polister
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel
9
TipePemasangan dalam
Dimensi140 cm x 70 cm
MaterialAluminium foil
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel, dikaitkan ke sun visor
8
TipePemasangan dalam
Dimensi44 cm x 38 cm
MaterialPolister
Tempat pemasanganKaca samping
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel
7

Sun Shade Pelindung UV Kaca Mobil

Mulai dari Rp 50.000,00

TipePemasangan luar
Dimensi100 cm x 190 cm
MaterialKatun, aluminium foil, taffeta
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDijepit ke sela-sela pintu mobil
6

ZACROSun Shade Mobil

Mulai dari Rp 75.000,00

TipePemasangan dalam
Dimensi70 cm x 150 cm, 60 cm x 130 cm
MaterialAluminium foil, PE bubble
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel
5

MunchkinBrica White Hot Sun Safety Shade

Mulai dari Rp 120.000,00

TipePemasangan dalam
Dimensi35,6 cm x 43,2 cm
MaterialSafe-View premium fabric mesh
Tempat pemasanganKaca samping
Cara penyimpananDigulung
Cara pemasanganDitempel
4

MunchkinBrica Stretch-to-Fit Sun Shade

Mulai dari Rp 165.000,00

TipePemasangan dalam
Dimensi30,5 cm x 45,7 cm sampai 45,7 cm x 68,6 cm
MaterialSafe-View fabric mesh
Tempat pemasanganKaca samping
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel
3
TipePemasangan dalam
Dimensi69 cm x 130 cm
MaterialAluminium foil, PE bubble
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDitempel
2
TipePemasangan dalam
Dimensi65 cm x 130 cm
MaterialPelapis: aluminium alloy
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananRetractable/dilipat
Cara pemasanganDitempel
1

MobeoSunshield Mobil Model Payung

Mulai dari Rp 200.000,00

TipePemasangan dalam
Dimensi79 cm x 145 cm
MaterialPelapis: lem perak dan kain impac
Tempat pemasanganKaca depan
Cara penyimpananDilipat
Cara pemasanganDijepit dengan sun visor mobil

Baca juga rekomendasi aksesori mobil lainnya di sini

Selain pelindung kaca, Anda dapat menemukan beragam aksesori mobil lainnya yang dapat melengkapi interior mobil Anda. Jika Anda senang memodifikasi mobil, pastinya Anda membutuhkan banyak referensi produk, bukan? Untuk itu, silakan baca artikel mengenai aksesori mobil lainnya di bawah ini. Selamat mencari!

Kesimpulan

Dengan cuaca di Indonesia yang cenderung panas, pelindung kaca mobil menjadi produk yang banyak dicari. Selain memberi proteksi lebih terhadap sinar matahari, suhu di mobil akan lebih terjaga kestabilannya.


Dengan demikian, interior dalam mobil tidak mudah rusak dan bau menyengat pun tidak akan muncul. Melalui artikel ini, kami harap Anda dapat menemukan pelindung kaca mobil yang tepat. Tetap ingat, gunakanlah sun shield mobil sesuai aturan yang ada, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih lagi, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Nakamichi. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karpet dasar mobil sangat penting untuk melindungi lantai mobil dari kotoran, seperti debu, pasir, atau tumpahan makanan dan minuman. Selain produk asli buatan pabrikan mobil, ada banyak produsen yang juga menjual karpet dengan berbagai jenis dan ukuran. Namun, seperti apakah karpet mobil yang bagus menurut Anda?Supaya Anda tidak bingung, melalui artikel ini kami akan memberikan tips memilih karpet mobil terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek seperti Continental atau Trapo di sini. Temukan karpet yang tepat supaya mobil Anda tetap terjaga kebersihannya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Woofer Terbaik untuk di Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Woofer Terbaik untuk di Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker woofer khusus mobil sangat diperlukan bagi untuk menikmati musik di dalam mobil. Anda dapat menikmati suara bass kualitas tinggi yang tidak akan didapati dari speaker asli mobil. Banyak produk woofer mobil yang dijual oleh berbagai produsen seperti Pioneer, Alpine, juga Kenwood dan merek lainnya.Kira-kira speaker woofer merek apa yang bagus untuk dipilih dan dipasang di mobil Anda? Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih woofer mobil dan rekomendasi produk-produknya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori