1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Peci hitam adalah salah satu item pelengkap ibadah favorit bagi pria muslim. Selain merupakan sunah dari Rasulullah, memakai peci membuat outfit ibadah makin keren. Saat ini model dan motif peci hitam sangat beragam. Ada yang polos, bermotif laser, hingga berbahan antiair. Harga peci hitam pun bervariasi.


Nah, supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih peci hitam terbaik. Sepuluh rekomendasi peci hitam yang bagus dari berbagai merek, seperti Atlas, Awing, dan Wadimor, juga telah kami siapkan. Penasaran? Mari simak artikel ini hingga selesai!

Diperbaharui 08-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu peci?

Apa itu peci?

Peci, sering juga disebut kopiah atau songkok, merupakan penutup kepala pria yang terbuat dari kain. Sebenarnya, peci merupakan kata serapan yang berasal dari beberapa bahasa asing. Salah satu kata asing tersebut adalah petje dari bahasa Belanda yang berarti topi kecil.


Peci juga dikatakan berasal dari kata fez yang merupakan penutup kepala kaum nasionalis Turki. Namun, dilihat dari bentuknya, peci di Indonesia lebih mirip dengan kepi yang dipakai oleh militer Prancis.


Kopiah sendiri merupakan bahasa serapan dari bahasa Arab, yaitu keffieh, kufiya, keffiyeh, yang artinya penutup kepala. Sementara itu, penyebutan songkok berasal dari Melayu atau Bugis. 


Banyak pria muslim yang menggunakan peci sebagai item yang membantu untuk menyempurnakan salat. Penggunaan peci dianjurkan agar dahi tidak terhalang rambut saat melakukan sujud. Karena perkembangan fashion muslim begitu pesat, peci tak hanya berfungsi sebagai pelengkap salat saja. Peci kini juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya, seperti kondangan, acara silaturahmi, atau sebagai identitas diri.

Cara memilih peci hitam

Meski sama-sama disebut peci hitam, ternyata tiap-tiap produk mempunyai keunggulannya tersendiri. Ketika dipakai, setiap peci juga akan memberi tampilan berbeda pada penggunanya. Supaya Anda bisa mendapatkan songkok hitam yang bagus dan sesuai, perhatikanlah dengan saksama poin-poin di bawah ini!

① Ketahui macam-macam jenis peci

Ada bermacam-macam model kopiah yang dijual di offline ataupun online store. Setiap model tentunya memiliki desain dan bentuk yang berbeda. Nah, kira-kira, model peci seperti apa yang paling cocok dengan style Anda? Berikut akan kami jabarkan selengkapnya.

Peci songkok, hasilkan tampilan yang lebih maskulin

Peci songkok, hasilkan tampilan yang lebih maskulin

Peci songkok merupakan model peci salat yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan Melayu. Image peci songkok hitam sangat lekat dengan aura presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno, yang gagah berani. Tak heran bila pria yang menggunakan songkok hitam akan terlihat lebih maskulin.


Di Indonesia, songkok hitam polos biasa digunakan untuk acara resmi, seperti upacara nasional, pemakaman, pengajian, akad nikah, dan lainnya. Namun, untuk Anda yang menginginkan nuansa berbeda, songkok dengan aksen bordir bisa menjadi pilihan. Kopiah hitam bordir tampak lebih mewah sehingga bisa digunakan untuk menghadiri kondangan.

Peci miki hat, memberi kesan modis

Miki hat merupakan model peci kekinian yang simpel dan trendi. Oleh sebab itu, peci hitam jenis ini banyak diminati oleh anak muda. Beberapa jenis peci miki memiliki list kontras yang akan menambah kesan modis. Penggunanya pun bisa tampil lebih percaya diri dengan kopiah anak muda ini.

Peci pakol atau taliban, untuk bergaya ala pria Asia Selatan

Peci pakol atau taliban, untuk bergaya ala pria Asia Selatan

Kesan islami ala pria Asia Selatan bisa didapatkan ketika Anda menggunakan peci hitam model pakol. Tidak hanya berwarna polos, pakol juga hadir dengan aksen bordir bertuliskan huruf Arab. Ada beberapa orang yang menyebut peci pakol ini sebagai peci taliban. Supaya penampilan lebih maksimal, Anda bisa memadukannya dengan baju koko Pakistan yang memiliki panjang hingga pangkal paha atau selutut.

Peci rajut, lebih mudah dilipat dan dibawa ke mana saja

Peci rajut, lebih mudah dilipat dan dibawa ke mana saja

Jenis peci rajut memiliki bentuk yang minimalis, serta mudah dilipat sehingga dapat diletakkan di kantong saku. Karena itu, jenis peci ini cocok dibawa ke mana saja. Bahan peci hitam jenis rajut juga elastis sehingga dapat menyesuaikan bentuk kepala. Bahan rajutnya pun cukup hangat sehingga Anda bisa memakainya saat udara sedang dingin.


Salah satu model peci rajut yang sedang digandrungi adalah peci beanie. Bahkan, beberapa ustaz terkemuka di Indonesia memakai peci beanie sebagai ciri khasnya. Karakteristik dari peci beanie mirip dengan miki hat yang memiliki lipatan di ujung topi. Namun, miki hat biasanya terbuat dari rafel denim, sedangkan beanie terbuat dari bahan rajut. 

Peci cap, dapat disesuaikan dengan ukuran kepala

Bentuk peci hitam yang satu ini bisa dibilang mirip dengan miki hat. Bedanya, peci cap dilengkapi dengan pengaturan ukuran di bagian belakang sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Dengan begitu, peci cap terasa lebih pas dan antimelorot saat dikenakan, mirip ketika memakai topi biasa.

Peci batik, berikan sentuhan tradisional

Peci batik, berikan sentuhan tradisional

Peci batik umumnya memiliki bentuk yang mirip dengan peci songkok, tetapi lebih pendek. Tampilan peci hitam jenis ini memang paling mencolok di antara lainnya berkat keberadaan aksen kain batik yang mengelilingi peci. Ciri lain dari peci batik yakni adanya sisa kain di bagian belakang yang terlihat seperti ekor.

② Periksa ukuran peci hitam

Periksa ukuran peci hitam

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih peci hitam adalah memeriksa ukurannya. Tujuannya supaya peci nyaman dikenakan, bahkan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, silakan perhatikan ukuran lingkar kepala Anda.


Pada umumnya, ukuran kopiah dituliskan dalam angka yang menunjukkan perbedaan besarnya lingkar kepala. Namun, ada beberapa produk yang memiliki ukuran all size sehingga Anda perlu mengetahui detail ukurannya.


Jika memungkinkan, pilihlah peci yang memiliki setelan ukuran di belakangnya. Dengan begitu, Anda lebih mudah menyesuaikannya dengan lingkar kepala. Jangan sampai salah ukuran agar peci yang sudah dibeli tidak sia-sia, ya!

③ Perhatikanlah detail produknya

Perhatikanlah detail produknya

Meski disebut peci hitam, tidak semua produk mempunyai detail atau motif polos yang kaku. Beberapa produsen menambahkan detail atau motif pada peci hitam supaya terlihat lebih menarik saat dipakai. Berikut beberapa detail atau motif dari peci hitam yang bisa ditemukan di pasaran:


  • Peci hitam motif laser. Motif ini mampu menghilangkan kesan kaku dari peci hitam polos.
  • Peci hitam motif bordir. Motif bordir akan membuat tampilan peci menjadi lebih classy.
  • Peci hitam dengan detail jaring. Detail jaring dapat membantu melancarkan sirkulasi udara pada peci sehingga terasa lebih sejuk.
  • Peci hitam dengan detail bintik-bintik. Bintik-bintik di peci bisa memberi manfaat kesehatan.

Menarik, bukan? Karena itu, belilah kopiah hitam sesuai dengan style dan kebutuhan Anda, ya!

10 Rekomendasi peci hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk peci hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Behaestex

Atlas Songkok Premium AC Tinggi 9

Behaestex Atlas Songkok Premium AC Tinggi 9 1枚目

Desain sederhana, tetapi awetnya luar biasa

2

Kenrical

Peci Sehat

Kenrical Peci Sehat 1枚目

Satu peci dengan banyak manfaat kesehatan

3

Awing

President Songkok

Awing President Songkok 1枚目

Penggunaan bahan yang lembut sekaligus antiair

4

DeJubah

Peci Rajut Dewasa Model Nanas

DeJubah Peci Rajut Dewasa Model Nanas 1枚目

Antikusut meski telah dilipat-lipat

5

Wadimor

Songkok / Peci Hitam Bordir

Wadimor Songkok / Peci Hitam Bordir 1枚目

Look makin classy dengan detail bordir yang menawan

6

Peci Batik Jogokariyan

Peci Batik Motif Poleng Sogan

Peci Batik Jogokariyan Peci Batik Motif Poleng Sogan 1枚目

Gaya lebih tradisional dan unik bersama motif batik

7

Zayidan

Miki Hat Jaring Polos

Zayidan Miki Hat Jaring Polos 1枚目

Antipengap saat memakai peci hitam

8

Houseofcuff

Miki Hat Kopiah Black

Houseofcuff Miki Hat Kopiah Black 1枚目

Modelnya trendi, pas disebut peci untuk anak muda!

9

BHS

Peci Excellent Laser

BHS Peci Excellent Laser 1枚目

Makin unik dengan keberadaan motif laser

10

SAMASE

Peci Pakol

SAMASE Peci Pakol  1枚目

Hadirkan tampilan menarik ala pria Afganistan

Perincian produk
Close
No.1

BehaestexAtlas Songkok Premium AC Tinggi 9

Mulai dari Rp129.000,00

Desain sederhana, tetapi awetnya luar biasa

Peci hitam premium merek Atlas ini terkenal akan keawetannya. Itu semua berkat penggunaan bahan beludru kualitas wahid yang terbukti lembut dan tidak mudah rusak. Anda yang mengutamakan kualitas suatu produk, jatuhkanlah pilihan pada salah satu merek songkok terbaik ini.


Ditambah desain klasik hitam polos, songkok hitam ini mudah dipadukan dengan berbagai jenis baju koko. Tampilannya yang kokoh juga membuat produk ini bisa digunakan sebagai peci untuk rambut gondrong.

No.2

Satu peci dengan banyak manfaat kesehatan

Ini dia peci terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Bagian dalam peci kesehatan ini terdapat bintik-bintik yang mengandung Bio Ion Negatif Far Infrared. Kandungan tersebut mampu membantu melancarkan peredaran darah, mencegah sakit kepala, hingga mengurangi kelelahan pada otot leher.


Kenrical Peci Sehat tak hanya bisa digunakan untuk daily activity saja. Karena desainnya simpel dan menyerupai peci, Anda dapat menggunakannya sebagai item pelengkap ibadah.

No.3

AwingPresident Songkok

Mulai dari Rp85.500,00

Penggunaan bahan yang lembut sekaligus antiair

Keunikan dari peci hitam Awing ini terletak pada pemakaian bahan beludru sutra. Bahan songkok hitam tersebut membuat peci ini antiair. Dengan begitu, Anda yang harus pergi ke masjid saat gerimis pun tak perlu khawatir. Bisa dibilang ini adalah songkok terbaik untuk digunakan saat musim hujan.


Peci hitam model songkok ini juga tidak mudah kusut meski tanpa kertas penyangga di bagian dalamnya. Karena itu, Anda tidak akan mudah merasa kepanasan. 

No.4

DeJubahPeci Rajut Dewasa Model Nanas

Mulai dari Rp17.600,00

Antikusut meski telah dilipat-lipat

Bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah, peci rajut produksi DeJubah wajib dimiliki. Penggunaan benang polyester membuat produk ini antikusut dan tidak berubah bentuk meski telah dilipat-lipat. Jadi, Anda bisa tenang saat menaruhnya di saku celana atau tas dalam jangka waktu lama. Harga kopiah hitam ini juga yang paling terjangkau di antara produk lainnya, lho!

No.5

WadimorSongkok / Peci Hitam Bordir

Mulai dari Rp70.000,00

Look makin classy dengan detail bordir yang menawan

Kopiah hitam Wadimor ini sangat cocok Anda pakai ketika kondangan atau menghadiri acara spesial lainnya. Dengan kombinasi bahan beludru dan aksen bordir yang eksklusif, merek peci yang bagus ini terlihat makin mewah. Bahkan, saat dipadukan dengan kemeja polos pun gaya Anda tetap classy. Sudah siap tampil menawan nan mewah dengan peci songkok hitam ini?

No.6

Peci Batik JogokariyanPeci Batik Motif Poleng Sogan

Mulai dari Rp125.000,00

Gaya lebih tradisional dan unik bersama motif batik

Sedang mencari peci antimainstream nan artistik? Produk ini patut Anda coba! Peci ini didesain layaknya udeng tradisional dengan tambahan kain yang menjuntai di bagian belakang. Meski bagian atas berwarna polos, samping kepalanya ditambahkan motif batik khas Yogyakarta. Sangat menarik, kan? 


Anda bisa memadukannya dengan baju koko, baju santai, ataupun baju semiformal. Tak hanya artistik, aura islami yang tradisional pun melekat menjadi satu. Selamat bergaya dengan peci berbalut batik yang indah!

No.7

Antipengap saat memakai peci hitam

Peci hitam merek Zayidan ini memiliki jaring di sisi kanan dan kirinya. Dengan begitu, kepala Anda tidak terasa pengap ketika memakainya. Jenis kopiah ini juga dilengkapi dengan velcro yang memudahkan Anda untuk mengatur ukurannya.


Ditambah dengan desain mirip topi, peci yang lagi trend ini bisa digunakan sebagai penutup kepala sehari-hari. Jika Anda harus sering berada di tempat panas, peci yang bagus ini tepat untuk dipilih.

No.8

HouseofcuffMiki Hat Kopiah Black

Mulai dari Rp120.000,00

Modelnya trendi, pas disebut peci untuk anak muda!

Ingin tampil trendi dan stylish dengan peci hitam? Pakai saja Miki Hat Hijrah Muslim dari Houseofcuff ini. Meskipun terlihat sederhana, desainnya begitu trendi. Produk ini sangat cocok dikombinasikan dengan busana semiformal. Bisa dibilang ini adalah peci keren anak muda.


Anda dapat memadukan peci hitam ini dengan bawahan sarung atau celana jeans. Pada bagian atas peci terdapat tambahan kancing warna senada yang akan memudahkan Anda melepas peci dari atas.

No.9

BHSPeci Excellent Laser

Mulai dari Rp224.000,00

Makin unik dengan keberadaan motif laser

Peci hitam motif laser merek BHS ini ditujukan untuk Anda yang menyukai detail-detail sederhana. Ya, produk satu ini sekilas memang terlihat seperti peci hitam polos. Nyatanya, terdapat motif seperti bayang-bayang yang diaplikasikan dengan teknik laser di bagian luar peci songkok hitam ini. Menarik, bukan? Anda pun pasti akan tampak outstanding saat memakai peci hitam ini.

No.10

SAMASEPeci Pakol 10E003

Mulai dari Rp55.000,00

Hadirkan tampilan menarik ala pria Afganistan

Apabila Anda sudah bosan dengan model peci nasional yang itu-itu saja, cobalah beralih ke SAMASE Peci Pakol. Dengan menggunakan peci warna hitam ini, Anda bisa mendapatkan aura islami ala pria Afganistan. 


Meski ukuran peci dewasa ini all size, kepala Anda tidak akan terlihat bulat saat mengenakannya. Hal tersebut disebabkan desain peci keren ini yang bertekstur, tidak flat seperti peci all size pada umumnya. Modelnya yang unik juga membuat kopiah pria ini mudah dipadukan dengan busana favorit. Namun, supaya tampilan islami Anda lebih maksimal, silakan padukan dengan kurta atau baju koko Pakistan.

Baca juga rekomendasi baju koko di sini

Setelah menemukan peci favorit, kurang lengkap bila tidak memadukannya dengan baju koko. Model baju koko sangat banyak ragamnya, misalnya kurta, baju koko lengan pendek, hingga baju koko lengan panjang. Jika Anda ingin melengkapi gaya islami dengan baju koko, baca artikel yang sudah kami siapkan di bawah ini, ya. Ada rekomendasi produk terbaik, serta tips memilihnya!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan peci hitam yang pas? Tentunya peci berwarna hitam sangatlah mudah dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Jadi, Anda bisa leluasa memadukan atasan warna favorit dengan peci hitam pilihan Anda. Tampilan Anda pun akan langsung chic dan eye-catching! 


Semoga peci yang dipilih bisa membuat Anda makin bersemangat dalam beribadah, ya. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer