1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat ini, fitur tahan air pada HP menarik pengguna smartphone. Berkat fitur anti-air tersebut, HP tetap aman saat terkena hujan atau tumpahan minuman. Sebagian bahkan ada yang tahan terhadap embun air laut. Selain tahan air, beberapa HP juga tahan banting sehingga cocok dibawa untuk aktivitas outdoor.


Ada beberapa merek HP tahan air yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, dan sebagainya. HP waterproof tersebut memiliki harga beragam, ada yang murah, ada juga yang mahal, tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan. Jika Anda mencari rekomendasi HP tahan air, bacalah ulasan berikut. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih HP tahan air

Sebelum memilih HP tahan air, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti IP rating, spesifikasi, dan lainnya. Silakan simak dengan saksama setiap poinnya dan tentukan HP yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda!

① Periksa IP rating yang memengaruhi ketahanan HP terhadap air

IP rating merupakan kependekan dari Ingress Protection, sertifikasi yang menentukan seberapa tahan dan kuat ponsel Anda. Kode IP diikuti dengan dua digit angka. Digit pertama menunjukkan tingkat ketahanan pada material padat, seperti debu, besi, dan lainnya. Digit kedua menunjukkan ketahanan HP terhadap resapan air. Jika Anda mencari HP tahan air, pilih produk yang memiliki sertifikasi IP67 atau IP68.

IP67, memberikan perlindungan untuk aktivitas ringan

IP67, memberikan perlindungan untuk aktivitas ringan

HP dengan IP67 mampu bertahan di air sedalam 1 meter selama 30 menit. Jenis HP ini masuk dalam tipe HP waterproof, tetapi hanya aman dalam tekanan air yang rendah. Karena daya tahannya tersebut, HP dengan IP68 direkomendasikan untuk Anda yang melakukan aktivitas ringan di luar ruangan. HP jenis ini cocok untuk Anda yang tidak sering pergi ke tempat-tempat yang basah di musim hujan.

IP68, melindungi HP secara menyeluruh untuk para petualang

IP68, melindungi HP secara menyeluruh untuk para petualang

Saat ini, HP dengan daya tahan terhadap air yang paling tinggi memiliki IP rating IP68. Jenis HP dengan IP68 diklaim aman saat dimasukkan ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Dengan ketahanannya tersebut, jenis HP ini aman digunakan untuk aktivitas outdoor, seperti hiking, camping, dan sejenisnya. Anda pun tidak khawatir saat diterpa hujan deras atau HP masuk ke dalam air.

② Lihat spesifikasi penting yang memengaruhi performa HP

Untuk dapat memilih HP tahan air terbaik, Anda juga harus memeriksa spesifikasi yang dimiliki HP tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda periksa adalah prosesor, RAM, dan memori internalnya. Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Prosesor, memengaruhi kinerja HP secara keseluruhan

Prosesor, memengaruhi kinerja HP secara keseluruhan

Prosesor bisa dibilang sebagai otak HP yang memengaruhi performa HP secara keseluruhan. Maka dari itu, jangan lupa mengecek jenis prosesor yang dipasangkan pada HP. Saat ini, beberapa jenis prosesor pada HP yang sering digunakan adalah Qualcomm Snapdragon dan MediaTek.


  • Qualcomm Snapdragon

Prosesor Snapdragon didesain untuk kebutuhan membuka aplikasi berat dan gaming. Seri yang paling tinggi adalah Snapdragon 800 Series sehingga harganya cukup mahal. Ada juga seri Snapdragon kelas mid-end, seperti seri 700 dan 600. Kedua seri di bawah Snapdragon 800 ini masih mampu menjalankan game berat dengan harga yang lebih terjangkau.


  • MediaTek

MediaTek sendiri menjadi prosesor HP tahan air kelas low-end dengan harga yang lebih terjangkau. Beberapa di antaranya, seperti MediaTek Helio A20 dan MediaTek Helio G25. Untuk menjalankan kedua prosesor ini tidak dibutuhkan RAM yang besar. Meski demikian, waktu komputasi data yang dibutuhkan lebih lama. Karena itu, prosesor ini lebih cocok untuk chat, sosial media, dan aplikasi ringan lainnya.

RAM, menjalankan banyak aplikasi minim lagging

RAM, menjalankan banyak aplikasi minim lagging

RAM (random-access memory) merupakan bagian yang berfungsi agar aplikasi yang dijalankan menjadi lancar. Terutama jika Anda membuka beberapa aplikasi sekaligus, RAM menjadi salah satu penentu performa HP. Hal ini karena RAM berhubungan dengan loading data pada aplikasi. 


Jika Anda menggunakan HP sebagai daily driver Anda, HP dengan RAM 3 hingga 4 GB sudah mencukupi. Kapasitas RAM tersebut mampu menjalankan berbagai aplikasi ringan, seperti aplikasi pesan dan sosial media. HP dengan RAM yang kecil juga memiliki harga yang lebih terjangkau.


HP dengan kapasitas yang lebih besar cocok untuk menjalankan aplikasi berat, seperti pengolahan data grafis yang tinggi maupun gaming. Kapasitas RAM yang besar membuat ruang kerja memori HP menjadi lebih lancar. Beberapa pekerjaan berat pada HP, seperti game 3D, recording video 4K, dan mengedit video. Jika Anda melakukan aktivitas tersebut, pilihlah HP dengan RAM di atas 4 GB.

ROM, menyimpan banyak file bukan lagi masalah

ROM, menyimpan banyak file bukan lagi masalah

ROM (read-only memory) atau penyimpanan internal juga memengaruhi performa ponsel Anda. Penyimpanan internal yang penuh membuat kinerja HP menurun. Selain itu, ROM yang besar memungkinkan Anda mengunduh dan menyimpan banyak file, seperti file foto, video, game, dan lainnya.


Untuk Anda yang menggunakan ponsel untuk kebutuhan komunikasi, penyimpanan internal 16 GB sudah cukup. Namun, untuk kebutuhan game, menonton film, atau melakukan editing, pilihlah HP dengan penyimpanan internal 32 GB ke atas. Beberapa HP juga menyediakan slot microSD sehingga Anda bisa menambahkan kapasitas penyimpanan HP. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

③ Periksa kualitas kamera untuk kebutuhan fotografi dan videografi

Periksa kualitas kamera untuk kebutuhan fotografi dan videografi

Beberapa HP tahan air masuk dalam kelas flagship yang menawarkan kamera berkualitas. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Selain piksel kamera, perhatikan juga jenis kamera yang tersedia. Banyak produk menawarkan beberapa kamera, seperti kamera wide, ultra-wide, telephoto, macro, dan lainnya. Dengan begitu, angle objek yang Anda tangkap jadi makin variatif.


Perhatikan juga mode pemotretan yang tersedia, seperti panorama, night mode, dan lainnya. Untuk Anda yang juga mengutamakan kualitas perekamannya, pastikan HP tersebut memiliki fitur autofocus dan image stabilization yang membuat hasil video tidak blurry maupun shaky. Ada juga mode timelapse, hyperlapse yang memungkinkan Anda membuat video yang sinematik.  

④ Pertimbangkan juga kapasitas baterai untuk penggunaan yang lama

Pertimbangkan juga kapasitas baterai untuk penggunaan yang lama

Kapasitas baterai HP dapat dilihat dari nilai milliamp hour (mAh). Makin besar nilai mAh-nya, makin tahan lama juga HP dapat menyala. Pilihlah HP dengan kapasitas 4.000 mAh ke atas yang bisa digunakan seharian. Meski demikian, HP dengan kapasitas yang sama, memiliki kemampuan daya yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu memastikan hal itu juga, ya. 


Anda juga perlu memeriksa keberadaan fitur fast charging pada HP pilihan Anda. Fitur ini akan membantu Anda melakukan charging dalam waktu singkat sehingga Anda dapat menghemat waktu pengisian daya. Beberapa HP juga memiliki fitur booster yang membuat penggunaan daya HP menjadi lebih hemat di masa-masa kritis.

⑤ Periksa fitur tambahan yang menunjang aktivitas outdoor

Periksa fitur tambahan yang menunjang aktivitas outdoor
Sumber: ulefone.com

Selain jenis flagship, ada jenis HP tahan air yang didesain untuk keperluan khusus. Tidak hanya kukuh, HP ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang khusus, seperti fitur termal pada CAT S62 Pro. Fitur termal ini mampu mendeteksi perbedaan panas pada sebuah objek yang biasa digunakan para pekerja konstruksi, kelistrikan, dan pertambangan.

 
Ada juga HP tahan air yang memiliki fitur gloves mode yang ada di Ulefone Armor X7 Pro. Fitur gloves mode memungkinkan Anda mengoperasikan HP dengan menggunakan sarung tangan. Jenis HP ini digunakan untuk Anda yang sering beraktivitas di tempat dengan suhu ekstrem seperti mendaki gunung dan sejenisnya. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya, ya.

10 Rekomendasi HP tahan air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh HP tahan air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Samsung

Galaxy A52s 5G

Samsung Galaxy A52s 5G 1枚目

Scrolling timeline makin mulus dengan layar yang halus

2

Apple

iPhone 12

Apple iPhone 12 1枚目

Bodi elegan, tahan banting, dan nyaman dalam genggaman

3

OPPO

Find X3 Pro

OPPO  Find X3 Pro 1枚目

Performa bandel untuk operasikan game apa pun!

4

LUNA

Warrior G6E

LUNA  Warrior G6E 1枚目

Kapasitas baterai besar untuk aktivitas outdoor yang lama!

5

Sharp

AQUOS Sense4 Plus

Sharp  AQUOS Sense4 Plus 1枚目

Harga budget friendly dengan performa mumpuni!

6

Xiaomi

Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra 1枚目

Kamera andal untuk para mobile sinematografer

7

OnePlus

9 Pro

OnePlus  9 Pro 1枚目

Berikan jepretan terbaik Anda dengan beragam mode fotografi

8

Ulefone

Armor X7 Pro

Ulefone  Armor X7 Pro 1枚目

Layar sensitif dapat dioperasikan meskipun menggunakan sarung tangan

9

ASUS

Zenfone 8

ASUS Zenfone 8 1枚目

Makin nyaman digenggam lama dengan bodi HP yang ringan

10

CAT

S62 Pro Smartphone

CAT S62 Pro Smartphone 1枚目

HP superkukuh yang tahan dari beragam ancaman

Perincian produk
Close
No.1

SamsungGalaxy A52s 5G

Mulai dari Rp6.499.000,00

Scrolling timeline makin mulus dengan layar yang halus

Jika Anda suka mengisi waktu luang dengan scrolling sosial media di waktu senggang, kami menyarankan produk ini. Samsung Galaxy A52s 5G ini memiliki layar FHD+ Super AMOLED Display sehingga tampilan layarnya clean dan clear. Layar HP ini juga dibekali Real Smooth yang menjaga tayangan tetap halus saat Anda sedang scrolling timeline.


HP ini juga memiliki Game Booster, fitur khusus agar Anda dapat berkonsentrasi bermain game. Fitur tersebut juga berfungsi untuk mengoptimalkan baterai, suhu, dan memori HP saat gaming. Untuk kebutuhan grafik saat gaming, ada juga Frame Booster yang membuat gerakan grafiknya menjadi halus seperti nyata.

No.2

Bodi elegan, tahan banting, dan nyaman dalam genggaman

Seri smartphone iPhone terbaru juga sudah memiliki fitur antiair, lho! Salah satu yang telah dilengkapi fitur tersebut adalah iPhone 12. Jika Anda seorang Apple enthusiast yang mencari HP yang elegan dan kukuh, ini produk yang pas untuk Anda. Bodi HP ini juga ergonomis sehingga nyaman digenggam berlama-lama.


Semua keunggulan dari bodi iPhone ini berkat lapisan ceramic shield yang membuat bodinya terlihat mewah. Tidak hanya itu, ceramic shield juga merupakan pelindung yang kukuh yang bahkan empat kali lebih tahan banting dari iPhone seri sebelumnya. Anda pun bisa lebih tenang saat membawa iPhone 12 ke luar ruangan.

No.3

Performa bandel untuk operasikan game apa pun!

Tidak harus indoor, bermain game dari HP tentu akan lebih asyik bila bisa dilakukan di berbagai tempat sesuai mood Anda. Untuk Anda yang mencari HP untuk gaming yang tahan air, Anda bisa mempertimbangkan OPPO Find X3 Pro. HP ini memiliki tenaga yang siapkan menjalankan jenis game apa pun. 


Mulai dari game ringan seperti Mobile Legend hingga game kelas berat seperti Genshin Impact bisa dengan mudah Anda mainkan. Apa pun jenis game yang Anda mainkan, tidak perlu takut game-nya tidak berjalan lancar.

No.4

Kapasitas baterai besar untuk aktivitas outdoor yang lama!

HP dari Luna ini disarankan untuk para pencinta alam, backpackers, atau Anda yang memiliki hobi traveling. Pasalnya, HP ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar sehingga waktu standby HP pun bisa lebih lama. 


Dengan kapasitas baterai yang besar, Anda tidak perlu khawatir HP akan kehabisan daya saat ada di luar ruangan. HP ini juga memiliki fitur ketahanan yang baik, seperti tahan air, debu, dan guncangan. Pengalaman berpetualang pun jadi makin menyenangkan, tanpa repot memikirkan isi ulang daya baterai!

No.5

Sharp AQUOS Sense4 Plus

Mulai dari Rp2.789.000,00

Harga budget friendly dengan performa mumpuni!

Jika Anda mencari HP tahan air yang budget friendly, pertimbangkanlah memilih Sharp AQUOS Sense4 Plus. Meski harganya bersahabat, nyatanya performa HP yang diklaim Japan quality ini tetap prima. Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, HP ini memiliki performa yang mumpuni. Didukung processor dengan gaming feature, Anda pun dapat bermain game tanpa lagging dengan HP ini.

No.6

Kamera andal untuk para mobile sinematografer

Kami merekomendasikan Xiaomi Mi 11 Ultra untuk para mobile sinematografer. HP ini memiliki layar besar yang memudahkan Anda untuk mengedit video. Performa kamera dari HP ini juga dapat diandalkan karena mampu merekam di resolusi 8K serta memiliki Ultra Night Video. Xiaomi juga bekerja sama dengan Golden Ear of Harman Kardon untuk dapat menghasilkan kualitas suara yang luar biasa dari HP ini.

No.7

Berikan jepretan terbaik Anda dengan beragam mode fotografi

Jika Anda seorang pencinta fotografi, Anda bisa memilih OnePlus 9 Pro. Kamera HP ini memiliki resolusi piksel dan besar dengan beberapa lensa. Tidak hanya lensa wide dan ultrawide, ada juga kamera telephoto dan monochrome yang disematkan pada HP ini.


Dengan berbagai lensa yang tersedia, pilihan mode fotografinya pun beragam. Ditambah dengan kemampuan tahan airnya, Anda pun bisa lebih leluasa photo hunting sembari bereksplorasi menciptakan berbagai jenis foto.

No.8

Layar sensitif dapat dioperasikan meskipun menggunakan sarung tangan

Apakah Anda sering melakukan aktivitas yang mengharuskan menggunakan sarung tangan, seperti mendaki gunung, touring, atau berada di tempat dingin? Jika iya, inilah HP yang harus Anda miliki. 


HP ini memiliki gloves mode sehingga dapat dioperasikan meski Anda menggunakan sarung tangan. Berkat fitur tersebut, Anda tetap dapat mengoperasikan HP tanpa perlu repot membuka dan memasang kembali sarung tangan. Praktis, bukan?

No.9

Makin nyaman digenggam lama dengan bodi HP yang ringan

Smartphone Zenfone 8 memiliki bobot yang ringan. Sisi belakang bodinya berupa 3D-curved yang akan pas dengan telapak tangan Anda. Bentuk tersebut juga menciptakan grip yang memberikan kendali penuh untuk tangan Anda. 


Selain kenyamanan untuk digenggam, HP ini juga dibekali teknologi mutakhir yang mendukung pemakaian harian. Keistimewaan tersebut membuat HP ini kami rekomendasikan bila Anda mencari HP yang tidak berat. Tangan Anda pun menjadi tidak pegal saat menggunakan HP di waktu yang lama.

No.10

HP superkukuh yang tahan dari beragam ancaman

Apakah Anda seorang yang bekerja di bidang pertambangan atau konstruksi? Salah satu HP buatan CAT ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Ini merupakan HP yang superkukuh dengan rating IP68 dan IP69. HP tahan terhadap pasir, debu, kotoran, air, kelembaban, dan kabut garam saat berada di tengah laut.


Tidak hanya superkukuh, HP ini memiliki fitur termal yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Fitur ini memberikan lebih banyak detail termal, seperti kelembapan, kecepatan angin, kebocoran, hotspot, korsleting listrik, penyumbatan, dan suhu tinggi. Tidak hanya aman, HP pun dapat mendukung pekerjaan Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan HP di sini

Selain HP tahan air, kami juga telah mengulas berbagai perlengkapan HP, seperti wireless charger, stabilizer, dan dudukan HP. Perlengkapan ini tentunya akan memudahkan aktivitas Anda saat menggunakan HP. Jika Anda membutuhkannya, silakan membuka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan HP tahan air yang cocok? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menilai sebuah produk, seperti kekukuhan, spesifikasi, dan harganya. Hal ini mungkin sedikit rumit dan membingungkan.


Selain itu, pikirkanlah kemampuan HP dalam menunjang aktivitas Anda. Masing-masing produk didesain untuk tujuan dan aktivitas berbeda. Ada HP yang aman untuk aktivitas outdoor, ada juga yang tahan dalam kondisi ekstrem. Cermatlah dalam memilih dan semoga ulasan ini membantu Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer