• 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi HP Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Handphone (HP) menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dipunyai. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak HP yang memiliki fitur untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur tahan air yang membuat HP aman dibawa saat melakukan kegiatan outdoor maupun daerah basah.


Saat ini, banyak perusahaan elektronik memproduksi HP tahan air dengan beragam spesifikasi. Agar tidak kebingungan memilih produk yang tepat, kami akan memperkenalkan poin-poin cara memilih HP tahan air. Kami juga akan mengulas beberapa produk terbaik, seperti Samsung, Oppo, Huawei, dan lainnya yang bisa jadi referensi. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Deddy Huang
Tabitha Budiman
Dian Radiata
  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2021
  • 31.851 Views
Daftar isi

Cara memilih HP tahan air

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih HP tahan air. Silakan simak dengan saksama setiap poinnya dan tentukan HP yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa kode sertifikasi ketahanan air pada HP

Jika Anda menaruhkan perhatian lebih pada fitur tahan air, periksalah sertifikasi IP HP tersebut. IP merupakan kependekan dari Ingress Protection yang menentukan seberapa tahan dan kuat ponsel Anda. Pengujian IP meliputi ketahanan fisik, suhu, tekanan udara, air, dan lainnya. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh IEC (International Electronical Commission) dan telah disepakati seluruh dunia.


Biasanya, sertifikasi ketahanan pada HP ini terdiri dari kode IP diikuti dengan dua digit angka. Digit pertama menunjukkan tingkat ketahanan HP pada material padat, seperti debu, benda keras, dan lainnya. Kemudian, digit kedua menunjukkan ketahanan HP terhadap resapan air. Makin tinggi nilai dari angkat tersebut, daya tahan HP juga makin kuat. Biasanya, HP tahan air memiliki kode serfikasi IP67 atau IP68.

Kode sertifikasi IP67 pada HP berarti perangkat Anda memiliki perlindungan penuh terhadap material padat. HP dengan IP67 mampu bertahan di air sedalam 1 meter selama 30 menit. Kemudian, IP68 biasanya terpasang di produk kelas high-end. HP dengan IP68 juga terlindungi secara menyeluruh terhadap ancaman material padat. Untuk ketahanannya terhadap air, HP ini mampu bertahan dibawa menyelam dalam kedalaman 1 hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Periksa jumlah core CPU yang terpasang di HP

Kinerja pada HP dipengaruhi oleh CPU yang terpasang di perangkat tersebut. CPU dapat dianalogikan sebagai otak HP yang memiliki peran dalam pemrosesan data. Langkah sederhana untuk memeriksa kinerja CPU pada HP adalah dengan melihat jumlah core (inti) yang terpasang. Makin banyak jumlah core-nya, makin baik juga kinerja HP dalam memroses data apa aplikasi. Dengan demikian, performa HP menjadi memuaskan.

Jika Anda menggunakan HP untuk browsing, membuka sosial media, dan menonton, CPU quad-core dengan empat inti bisa dipilih. Selanjutnya, pilihlah HP dengan hexa-core (6 inti) atau octa-core (8 inti) jika Anda akan menjalankan aplikasi yang berat. Dengan jumlah inti tersebut, proses data saat merekam video 4K, gaming, mengedit foto dan video, hingga menggambar jadi lebih ringan. 

Sesuaikan RAM dengan tujuan penggunaan Anda

RAM (Random Access Memory) merupakan bagian yang berfungsi agar aplikasi yang dijalankan menjadi lancar. RAM juga menjadi salah satu penentu performa HP yang Anda miliki. Hal ini berhubungan dengan loading data pada aplikasi. 

2-4 GB, tersedia dengan harga lebih ekonomis

2-4 GB, tersedia dengan harga lebih ekonomis

Jika Anda menggunakan HP sebagai daily driver Anda, HP dengan RAM 3 GB sudah mencukupi. Ukuran RAM tersebut mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan, seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan lainnya. 


Menjalankan aplikasi tersebut tidak perlu menggunakan HP dengan RAM yang besar. Selain akan menjadi mubazir, Anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar. Hal ini karena kapasitas RAM yang lebih kecil biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. 

4 GB ke atas, jalankan aplikasi berat lebih mudah

4 GB ke atas, jalankan aplikasi berat lebih mudah

Jika Anda menjalankan aplikasi yang berat atau melakukan pengolahan data grafis yang tinggi, dibutuhkan RAM yang besar. Makin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka Anda dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar. Beberapa aplikasi berat seperti game 3D, video recording 4K atau lebih, mengedit video membutuhkan RAM yang besar. HP dengan RAM di atas 4 GB sudah mencukupi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat tersebut. Namun, RAM dengan kapasitas di atas itu memiliki performa yang lebih memuaskan lagi.


Perlu diingat, makin besar kapasitas RAM pada HP, makin mahal juga harganya. Jadi, sebaiknya Anda periksa kembali tujuan Anda memilih HP. Anda pun bisa menghemat pengeluaran pembelian HP dan mengalokasikannya ke hal yang lain.

Simpan banyak file? ROM berkapasitas besar lebih baik

Simpan banyak file? ROM berkapasitas besar lebih baik

ROM (Read Only Memory) atau dikenal juga sebagai penyimpanan internal menjadi penting sebelum membeli HP. Hal ini karena ROM berpengaruh pada performa ponsel Anda. Jika penyimpanan internal Anda mulai penuh, kinerja HP akan menurun sehingga akan mengganggu Anda.


Makin tinggi dan berat aplikasi yang dijalankan, makin besar juga penyimpanan internal yang Anda butuhkan. Jika Anda sering mengunduh beragam jenis file, seperti game, musik, hingga film, Anda membutuhkan ROM yang besar.


Untuk Anda yang menggunakan ponsel untuk komunikasi dan menjalankan aplikasi ringan, ROM berkapasitas 8 GB sudah cukup. Namun, jika Anda sering bermain game, menonton film, atau melakukan editing, pilihlah smartphone dengan ROM minimal 16 GB. Saat ini, bahkan ada HP dengan ROM mencapai 1 TB. Dengan demikian, kapasitas penyimpanan pun jadi lebih lapang.


Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah HP yang Anda pilih memiliki slot microSD atau tidak. Fitur ini akan mempermudah Anda untuk memperbesar kapasitas penyimpanan dalam ponsel Anda. Beberapa HP tahan air ada yang memiliki fitur ini, ada juga yang tidak. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya juga, ya!

Periksa jenis kamera yang terpasang pada HP

Jika Anda menyukai dunia fotografi maupun videografi, penting untuk memeriksa kamera pada HP. Saat ini, kamera HP sudah dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi layaknya DSLR. Dengan demikian, hanya menggunakan HP, hasil jepretan Anda dapat bersaing dengan kamera DSLR seperti seorang profesional.


Kualitas kamera HP dapat dilihat melalui besaran pikselnya. Makin besar angka piksel, makin bagus juga kualitas foto yang dihasilkan. Selain itu, perhatikan juga beberapa fitur autofokus yang terpasang pada kamera HP. Fitur ini berfungsi untuk mengunci objek gambar yang akan Anda bidik. Cobalah untuk memotret objek berjalan. Jika gambar yang dihasilkan tidak pudar, berarti kamera HP tersebut memiliki kualitas yang bagus.


Kemudian, perhatikan jumlah kamera belakang pada HP. Saat ini, banyak produk menawarkan lebih dari satu kamera belakang, seperti kamera wide, ultra-wide, telephoto, macro, dan lainnya. Tentu fitur ini akan mendukung Anda mendapatkan gambar yang cantik dengan berbagai situasi. Periksalah jenis kamera apa yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan ketersediaan produknya.

Pertimbangkan kapasitas baterainya

HP digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari membantu produktivitas hingga sarana hiburan sehari-hari. Dengan demikian, kami merekomendasikan memilih HP dengan kapastitas baterai yang besar. Terlebih jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi dan sering melakukan kegiatan outdoor. Memiliki HP dengan kapasitas baterai yang besar membuat Anda tidak khawatir kehabisan daya. 


Besaran kapasitas baterai pada HP dapat dilihat dari nilai milliamp hour atau dalam satuan mAh. Makin besar angka mAh-nya, makin tahan lama juga baterai HP akan bertahan. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa apakah produk tersebut memiliki fitur fast charging atau tidak. Fitur ini akan membantu Anda melakukan charging dalam waktu singkat sehingga Anda dapat menghemat waktu pengisian daya. Ada juga HP yang dilengkapi dengan fitur wireless charging. Fitur ini bisa membuat proses charging menjadi lebih praktis. Anda hanya perlu menempelkan HP pada perangkat charging, daya pun akan terisi.

Periksa fitur tambahan yang membantu pekerjaan Anda

Selain tahan air, ada beberapa HP yang mempunyai fitur tambahan untuk memudahkan pekerjaan Anda. Anda bisa menyesuaikan fitur tambahan ini dengan tujuan penggunaaan Anda. Salah satu fitur tambahan ini, seperti seri Note pada Samsung yang dilengkapi dengan stylus pen atau yang biasa dikenal dengan nama S Pen. Fitur ini akan sangat membantu jika Anda seorang ilustrator atau editor foto maupun video. 


Kemudian, ada juga HP yang dilengkapi dengan sensor thermal yang dapat mendeteksi panas pada manusia. Jenis lainnya, ada produk HP tahan air yang dibuat menggunakan material kuat. Jenis HP ini cocok digunakan jika Anda sering bekerja di luar ruangan. 

Perlu diketahui, pada umumnya HP tahan air merupakan jenis flagship, yakni produk unggulan yang dikeluarkan oleh produsen smartphone. Dengan demikan, jenis ponsel ini biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, pilihlah produk yang sesuai dengan budget yang Anda siapkan. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

SamsungGalaxy A50s

SM-A507FZWUXID

Mulai dari Rp 3.599.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi HP tahan air terbaik

Setelah mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan memilih HP tahan air, kami akan mengulas rekomendasi produk yang bisa jadi referensi. Silakan simak dan bandingkan keunggulan dari masing-masing produk.

10
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM512 MB/4 GB
Ukuran layar2,4 inci
Processor Qualcomm® 205 Mobile Platform
Kamera depanTidak ada
Kamera belakang2 MP
Baterai2100 mAh
Slot memoriUp to 32 GB
9
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM4 GB/32 GB, 6 GB/64 GB
Ukuran layar6 inci
Processor Exynos 7885 - octa-core
Kamera depan8 MP (wide), 16 MP (wide)
Kamera belakang16 MP (wide)
Baterai3500 mAh
Slot memoriUp to 256 GB
8
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM3 GB/32 GB
Ukuran layar4,7 inci
Processor Qualcomm MSM8952 - octa-core
Kamera depan5 MP
Kamera belakang13 MP
Baterai3800 mAh
Slot memoriUp to 128 GB
7
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM8 GB/128 GB, 8 GB/512 GB, 12 GB/1 TB
Ukuran layar6,4 inci
Processor Exynos 9820 - octa-core
Kamera depan8 MP (wide), 10 MP (wide)
Kamera belakang12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 16 MP (ultrawide)
Baterai4100 mAh
Slot memoriUp to 512 GB
6
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM6 GB/128 GB. 8 GB/128 GB. 8 GB/256 GB, 8 GB/512 GB
Ukuran layar6,47 inci
Processor Kirin 890 - octa-core
Kamera depan32 MP
Kamera belakang40 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 20 MP (ultrawide)
Baterai4200 mAh
Slot memoriUp to 256 GB
5
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM8 GB/128 GB, 12 GB/256 GB
Ukuran layar6,78 inci
Processor Qualcomm SM8250 - octa-core
Kamera depan16 MP
Kamera belakang48 MP (wide), 8 MP (telephoto), 48 MP (ultrawide), 5 MP (depth)
Baterai4510 mAh
Slot memoriTidak ada
4
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB
Ukuran layar6,8 inci
Processor Exynos 9825 - octa-core
Kamera depan10 MP
Kamera belakang12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 16 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)
Baterai4300 mAh
Slot memoriUp to 1 TB
3
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB
Ukuran layar6,7 inci
Processor Qualcomm Snapdragon 865 - octa-core
Kamera depan32 MP
Kamera belakang48 MP (wide), 13 MP (periscope telephoto), 48 MP (ultrawide)
Baterai4260 mAh
Slot memoriTidak ada
2
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM4 GB/64 GB, 4 GB/256 GB, 4 GB/512 GB
Ukuran layar6,5 inci
Processor Apple A13 Bionic - hexa-core
Kamera depan12 MP
Kamera belakang12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
Baterai 3046 mAh
Slot memoriTidak ada
1
Ingress ProtectionIP68
RAM/ROM12 GB/128 GB, 12GB/256 GB, 16 GB/512 GB
Ukuran layar6,9 inci
Processor Exynos 990 - octa-core
Kamera depan40 MP
Kamera belakang108 MP (wide), 48 MP (periscope telephoto), 12 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)
Baterai5000 mAh
Slot memoriUp to 1 TB

Tabel perbandingan produk HP tahan air terbaik

Gambar produk
1
Samsung  Galaxy S20 Ultra 1

Samsung

2
iPhone  11 Pro Max 1

iPhone

3
OPPO  Find X2 Pro  1

OPPO

4
Samsung Galaxy Note 10 Plus 1

Samsung

5
OnePlus 8 Pro 1

OnePlus

6
Huawei P30 Pro 1

Huawei

7
Samsung  Galaxy S10+ 1

Samsung

8
CAT  S60 1

CAT

9
Samsung  Galaxy A8+ 1

Samsung

10
Nokia  800 Tough 1

Nokia

Nama produk

Galaxy S20 Ultra

11 Pro Max

Find X2 Pro

Galaxy Note 10 Plus

8 Pro

P30 Pro

Galaxy S10+

S60

Galaxy A8+

800 Tough

Keunggulan

Kualitas kamera luar biasa, pilihan pencinta bagi fotografi dan videografi

Sistem operasi canggih, mampu lindungi privasi Anda

Hadirkan sensasi menonton di bioskop dalam genggaman

Dilengkapi S-Pen, bantu tingkatkan produktivitas Anda

Dilengkapi dengan 5G, koneksi internet pun jadi lebih cepat

Nyaman di genggaman, pas untuk dijadikan daily driver

Desain elegan dengan tampilan layar Infinity-O Display yang mewah

Tingkat ketahanan air paling tangguh, kokoh di lingkungan ekstrem

Ukuran pas untuk jadi teman olahraga Anda

Performa gagah untuk penjelajah!

Harga mulai dariRp 20.999.000,00Rp 21.999.000,00Rp 17.999.000,00Rp 13.500.000,00Rp 14.495.000,00Rp 12.999.000,00Rp 11.999.000,00Rp 8.550.000,00Rp 5.339.000,00Rp 3.300.000,00
Ingress ProtectionIP68 IP68IP68 IP68 IP68IP68IP68IP68IP68IP68
RAM/ROM12 GB/128 GB, 12GB/256 GB, 16 GB/512 GB4 GB/64 GB, 4 GB/256 GB, 4 GB/512 GB12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB8 GB/128 GB, 12 GB/256 GB6 GB/128 GB. 8 GB/128 GB. 8 GB/256 GB, 8 GB/512 GB8 GB/128 GB, 8 GB/512 GB, 12 GB/1 TB3 GB/32 GB4 GB/32 GB, 6 GB/64 GB512 MB/4 GB
Ukuran layar6,9 inci6,5 inci6,7 inci6,8 inci6,78 inci6,47 inci6,4 inci4,7 inci6 inci2,4 inci
Processor Exynos 990 - octa-coreApple A13 Bionic - hexa-coreQualcomm Snapdragon 865 - octa-coreExynos 9825 - octa-coreQualcomm SM8250 - octa-coreKirin 890 - octa-coreExynos 9820 - octa-coreQualcomm MSM8952 - octa-coreExynos 7885 - octa-coreQualcomm® 205 Mobile Platform
Kamera depan40 MP12 MP32 MP10 MP16 MP32 MP8 MP (wide), 10 MP (wide)5 MP8 MP (wide), 16 MP (wide)Tidak ada
Kamera belakang108 MP (wide), 48 MP (periscope telephoto), 12 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)48 MP (wide), 13 MP (periscope telephoto), 48 MP (ultrawide)12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 16 MP (ultrawide), 0.3 MP (depth)48 MP (wide), 8 MP (telephoto), 48 MP (ultrawide), 5 MP (depth)40 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 20 MP (ultrawide)12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 16 MP (ultrawide)13 MP16 MP (wide)2 MP
Baterai5000 mAh 3046 mAh4260 mAh4300 mAh4510 mAh 4200 mAh4100 mAh3800 mAh3500 mAh2100 mAh
Slot memoriUp to 1 TBTidak adaTidak adaUp to 1 TBTidak adaUp to 256 GBUp to 512 GBUp to 128 GBUp to 256 GBUp to 32 GB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan HP di sini

Selain HP tahan air, kami juga telah mengulas berbagai perlengkapan HP, seperti wireless charger, stabilizer, stand, dan lainnya. Perlengkapan ini tentunya akan memudahkan aktivitas Anda saat menggunakan HP. Jika Anda membutuhkannya, silakan membuka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan HP tahan air yang tepat? Ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mungkin akan membuat Anda kebingungan.


Sebelum memilih, tentukan terlebih dahulu kepentingan dan tujuan Anda menggunakan HP tahan air. Dengan demikian, Anda dapat menentukan spesifikasi HP yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi HP Infinix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi HP Infinix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Infinix merupakan produsen handphone (HP) asal Hong Kong. Produknya eksis di pasaran Indonesia sejak 2015. Saat ini seri HP-nya sudah makin beragam. Harganya juga bervariasi. Kira-kira, manakah produk yang bagus untuk Anda?Smart 5 dan Hot 8 cocok dipilih jika budget Anda terbatas. Apabila mobilitas Anda tinggi, Hot 9 Play dan Hot 10 bisa dipilih. Supaya Anda tak salah pilih, kami akan membagikan cara memilih HP Infinix terbaik di artikel ini. Kami juga melengkapinya dengan rekomendasi produk beserta ulasannya. HP Infinix terbaru seperti Note 8 pun ada. Yuk, dimulai saja!
    Handphone
    10.027 Views
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    iPhone merupakan produk smartphone populer buatan Apple Inc., California. Popularitasnya tak lepas dari fitur-fitur andal yang terkadang tak bisa ditemukan di ponsel merek lain. iPhone yang telah dirilis hingga saat ini memiliki ukuran layar, kapasitas, metode keamanan, dan fitur yang berbeda-beda.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih iPhone untuk membantu Anda. Produk rekomendasi seperti iPhone 7 Plus, 8, X, SE, 11 Pro dan 12 Pro Max juga akan kami sajikan. Simak terus sampai akhir, ya!
    Handphone
    13.209 Views
  • 10 Rekomendasi HP Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi HP Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, HP bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi dan berkirim pesan jarak jauh saja. Melainkan, HP juga berfungsi untuk menunjang pekerjaan, hobi, juga gaya hidup. Tak heran, perusahaan HP Samsung secara aktif menciptakan teknologi tercanggihnya. Beberapa seri terbaru seperti Samsung Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip adalah contoh produk dengan teknologi yang canggih. Selain seri tersebut, masih banyak seri lain yang cukup menggoda. Untuk itu, kami akan membagi tips cara memilih HP Samsung dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Handphone
    34.898 Views
  • 10 Rekomendasi HP 6 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi HP 6 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah membayangkan dengan uang sekitar 6 jutaan, HP seperti apa yang bisa Anda dapatkan? Tidak bisa dipungkiri, saat ini HP sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Spesifikasi dan fitur HP makin canggih dari hari ke hari sehingga Anda harus jeli sebelum membelinya. Bisa saja merek HP yang Anda remehkan ternyata memiliki spesifikasi yang bagus dengan harga lebih ekonomis.Kami akan membahas HP dengan harga 6 jutaan dari beberapa merek terkenal, seperti Samsung, ASUS, dan Xiaomi. Perhatikan cara memilihnya agar Anda lebih memahami keunggulan setiap HP, ya!  
    Handphone
    12.794 Views
  • 10 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik di Bawah 2 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik di Bawah 2 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    Smartphone memang tak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari gaming, streaming, hingga fotografi, semua bisa dilakukan gadget satu ini. Xiaomi bisa menjadi pilihan Anda untuk HP dengan fitur canggih di bawah 2 jutaan.   Xiaomi Redmi, Redmi Note, dan POCO merupakan beberapa seri HP merk Xiaomi di bawah 2 jutaan. Dengan harga tersebut, smartphone ini sudah dilengkapi fitur sidik jari hingga kualitas kamera yang bagus. Pilihan RAM-nya juga variatif, mulai dari RAM 3 GB hingga 4 GB. Mari ketahui ulasan lengkap HP Xiaomi di bawah 2 juta berikut ini!
    Handphone
    1.644 Views
  • 8 Rekomendasi HP Gaming ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    8 Rekomendasi HP Gaming ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Handphone gaming belakangan ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Dengan berbagai macam fitur yang mendukung dalam bermain, menjadi penyebab banyak yang memilih handphone gaming dibandingkan handphone biasa. ASUS sebagai produsen merek handphone ternama, memiliki handphone gaming yang disebut dengan ROG (Republic of Gamers) Phone.Pada kali ini, kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan handphone gaming ASUS. ASUS memiliki beberapa model yang bagus, seperti ROG Phone 5 Ultimate, ZenFone 7, dan ROG Phone II. Simak terus artikel ini hingga akhir agar Anda mendapatkan referensi handphone gaming ASUS berkualitas.
    Handphone
    93 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori