• 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Vitamin gummy merupakan bentuk vitamin yang cukup banyak disukai karena praktis untuk dikonsumsi, serta memiliki rasa yang enak. Ada banyak brand yang memproduksi vitamin gummy, antara lain Cerebrofort, Sakatonik ABC, Sugarbearhair, dan Natural Farm. Dari sekian banyak merek vitamin gummy di pasaran, apakah Anda bingung memilih yang paling cocok untuk Anda?


Untuk membantu Anda, kami akan berikan tips memilih vitamin gummy yang paling tepat untuk Anda. Selain itu, simak juga rekomendasi produk vitamin gummy terbaik hasil pilihan kami. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasannya!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2021
  • 10.293 Views
Daftar isi

Cara memilih vitamin gummy

Seperti memilih jenis vitamin lainnya, memilih vitamin gummy juga tidak boleh sembarangan. Ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan seperti bahan kandungan, rentang usia, hingga kesesuaian harganya dengan budget Anda. Untuk ulasan selengkapnya, simaklah tips berikut ini.

Sesuaikan kandungan vitamin gummy dengan kebutuhan Anda

Meskipun semua vitamin gummy memiliki bentuk dan tekstur seperti permen kenyal, kandungan di dalamnya berbeda-beda, lho. Agar Anda mendapat manfaat maksimal, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kandungan vitamin dan mineral: untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin dan mineral: untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Sebenarnya, kesehatan dan daya tahan tubuh bisa dijaga dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga harus berolahraga secara rutin, serta memiliki waktu tidur yang cukup. Akan tetapi, kesibukan yang tinggi sering kali mengakibatkan Anda sulit menjalankan pola hidup sehat. Akibatnya, daya tahan tubuh menurun dan Anda menjadi mudah terserang penyakit. Karena itu, Anda butuh mengonsumsi suplemen vitamin demi memenuhi kebutuhan gizi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. 


Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pilihlah vitamin gummy yang memiliki kandungan vitamin dan mineral dasar yang lengkap. Anda dapat memilih produk yang mengandung vitamin A, C, D, E, dan B kompleks. Sementara itu, kandungan mineral yang Anda butuhkan antara lain zat besi, kalsium, magnesium, dan zinc.

Kandungan buah dan sayur: untuk memenuhi kebutuhan serat

Kandungan buah dan sayur: untuk memenuhi kebutuhan serat

Sistem pencernaan memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh. Jika sistem pencernaan Anda bermasalah, seluruh sistem metabolisme tubuh juga akan terpengaruh. Karena itu, amat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.


Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, setiap harinya Anda harus mengonsumsi serat dalam jumlah tertentu. Kebutuhan serat harian dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup.


Anak-anak dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 300-400 gram buah dan sayur dalam sehari. Sementara untuk remaja dan dewasa, anjuran konsumsi buah dan sayur per hari adalah sekitar 400-600 gram. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan memilih vitamin gummy yang mengandung serat alami dari buah dan sayur.

Curcumin dan zinc: untuk penambah nafsu makan

Curcumin dan zinc: untuk penambah nafsu makan

Hilangnya nafsu makan dapat berbuntut panjang karena akan memengaruhi jumlah asupan gizi yang masuk ke tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh bisa menurun dan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan nafsu makan, Anda dapat memilih vitamin gummy yang mengandung curcumin.


Curcumin adalah kandungan yang terdapat di dalam temu lawak dan kunyit. Kandungan ini dapat menambah nafsu makan, serta berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Lebih lanjut, curcumin dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.


Turunnya nafsu makan juga dipengaruhi oleh kurangnya nutrisi, termasuk zinc. Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan efek pemberian zinc pada anak yang kekurangan gizi kronis. Setelah diberi zinc, nafsu makan terbukti bertambah sehingga asupan nutrisinya pun lebih optimal.

Kolagen dan biotin: bermanfaat untuk kecantikan

Kolagen dan biotin: bermanfaat untuk kecantikan

Kolagen memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ini membantu kulit tetap kencang dan kenyal. Sebenarnya, kolagen sudah ada di dalam tubuh manusia. Hanya saja, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh jadi berkurang. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Beberapa bahan makanan tersebut antara lain ikan, biji-bijian, kacang kedelai, bawang putih, dan kaldu dari tulang.


Sementara itu, biotin berfungsi untuk merawat kesehatan kuku dan rambut. Makanan yang banyak mengandung biotin antara lain telur, keju, kacang-kacangan, dan daging. 


Selain dari makanan-makanan tersebut, Anda dapat juga mengonsumsi vitamin gummy yang mengandung kolagen dan biotin. Vitamin ini Anda butuhkan terutama jika Anda mulai memiliki masalah seperti rambut rontok atau kuku yang rapuh.

Asam folat dan DHA: untuk mendukung kecerdasan otak

Asam folat dan DHA: untuk mendukung kecerdasan otak

Orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas. Selain menyediakan makanan yang bergizi, tak jarang orang tua juga memberi vitamin demi meningkatkan kecerdasan anak. Asam folat dan DHA adalah kandungan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan perkembangan otak. 


Asam folat juga merupakan zat penting yang banyak digunakan dalam suplemen untuk wanita hamil. Bagi janin, asam folat berperan untuk membantu pembentukan otak, produksi sel darah merah, serta mencegah risiko bayi lahir cacat. Sementara itu, DHA berfungsi untuk mendukung perkembangan otak, mata, dan sel saraf, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sesuaikan dengan usia orang yang mengonsumsinya

Sesuaikan dengan usia orang yang mengonsumsinya

Saat Anda memilih suatu produk vitamin gummy, perhatikanlah keterangan yang tertulis di kemasannya. Ada vitamin gummy yang dibuat khusus untuk anak-anak, ada yang untuk orang dewasa. Namun, ada juga produk yang dirancang untuk rentang usia tertentu. Pastikan bahwa produk pilihan Anda sesuai dengan usia orang yang mengonsumsinya.


Jika Anda ingin memberikannya kepada anak Anda, perhatikan juga kemampuan anak dalam mengunyah makanan. Umumnya, vitamin gummy ditujukan untuk anak yang telah berusia minimal 4 tahun. Alasannya, pada usia tersebut anak biasanya sudah bisa mengunyah makanan dengan baik sehingga tidak akan tersedak. Jadi, perhatikan baik-baik mengenai hal ini, ya.


Selain itu, perhatikan juga petunjuk pemakaiannya. Konsumsilah vitamin gummy dalam takaran yang sesuai dengan petunjuk pemakaian. Jangan sampai vitamin gummy tersebut malah membahayakan kesehatan Anda karena dikonsumsi secara berlebihan.

Perhatikan kadar gula dalam vitamin gummy

Perhatikan kadar gula dalam vitamin gummy

Demi menghasilkan rasa yang manis, beberapa vitamin gummy diberi kandungan gula yang cukup tinggi. Karena itu, perhatikanlah kandungan gula dari vitamin gummy pilihan Anda. Kandungan gula yang terlalu tinggi memiliki berbagai risiko, mulai dari obesitas hingga kerusakan gigi.


Kementerian Kesehatan Indonesia memberi batasan maksimal konsumsi gula harian berdasarkan usia. Berikut ini adalah rinciannya: 

      • Usia 3 tahun: 2-5 sendok teh (sekitar 20 gram)
  • Usia 4-6 tahun: 2,5-6 sendok teh (sekitar 25 gram) 
  • Usia 7-12 tahun: 4-8 sendok teh (sekitar 35 gram)
  • Usia 13 tahun hingga dewasa: 5-9 sendok teh (sekitar 40 gram)

Untuk mengurangi risiko akibat gula berlebih, pilihlah vitamin gummy dengan kandungan gula yang rendah. Selain itu, Anda dapat memilih produk dengan pemanis alami seperti daun stevia dan madu. Apabila Anda memiliki risiko diabetes, kami sarankan untuk memilih vitamin gummy dengan label sugar free

Perhatikan sertifikasi keamanannya

Perhatikan sertifikasi keamanannya

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan kepada suatu produk vitamin gummy, jangan lupa untuk memastikan aspek keamanannya. Pilihlah produk yang benar-benar aman untuk dikonsumsi. 


Agar lebih yakin, periksalah sertifikasi keamanan yang dimiliki oleh suatu produk. Anda bisa memilih vitamin gummy yang telah memiliki sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau FDA (Food and Drug Administration). Bila Anda kesulitan untuk mencari informasi mengenai sertifikasi keamanan suatu produk, Anda dapat memilih vitamin gummy dari brand terkenal. Brand yang sudah terkenal biasanya memiliki kualitas yang telah teruji. Dengan memilih produk yang aman, kesehatan Anda juga lebih terjamin.

Pilih berdasarkan kemasannya

Pilih berdasarkan kemasannya

Umumnya, vitamin gummy dijual dalam kemasan botol dan sachet. Vitamin gummy dalam kemasan botol biasanya berisi 30-70 butir sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin Anda untuk satu bulan. Isinya juga lebih terlindungi dari oksidasi dan kelembapan karena umumnya terdapat kantong penyerap kelembapan di dalamnya. Namun, kemasan ini berukuran cukup besar sehingga kurang praktis untuk dibawa-bawa.


Sebaliknya, kemasan sachet lebih compact sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas dan mudah dibawa bepergian. Kemasan ini juga biasanya dilengkapi dengan ziplock sehingga lebih mudah diambil. Isinya pun tetap terjaga higienis. Pilihlah kemasan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan dengan budget Anda

 Sesuaikan dengan budget Anda

Rentang waktu untuk mengonsumsi vitamin gummy bisa berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan tubuh Anda. Vitamin gummy yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh biasanya dikonsumsi untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan harga vitamin gummy dengan budget Anda.


Pilihlah produk yang harganya tidak akan memberatkan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengonsumsinya secara kontinu. Mengonsumsi vitamin secara kontinu tentu memberi dampak yang lebih baik untuk kesehatan. Alhasil, kesehatan Anda dan keluarga dapat selalu terlindungi.

10 Rekomendasi vitamin gummy terbaik

Setelah mengulas beberapa tips untuk memilih vitamin gummy, sekarang kami akan memberi rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silakan disimak!

10

KalbeCerebrofort Marine Gummy - Untuk Mata

Mulai dari Rp 10.000,00

Untuk usiaAnak usia 4-12 tahun
Kandungan khususMinyak ikan tuna, vitamin A, buah merah Papua
Isi5 butir/sachet
Dosis5 butir/hari
SertifikasiBPOM
9
Untuk usiaAnak-anak
Kandungan khususTemu lawak organik, minyak ikan kod, vitamin C, vitamin B1, B3, B12
Isi10 butir/sachet
Dosis1 sachet/hari
SertifikasiBPOM
8
Untuk usiaAnak usia 4-12 tahun
Kandungan khusus0.76% serat inulin, 0.38% ekstrak buah dan sayur, vitamin C
Isi10 butir/sachet
Dosis< 10 tahun: 10-30 gram/hari ・ > 10 tahun: 22-35 gram/hari
SertifikasiBPOM
7
Untuk usiaDewasa
Kandungan khususAsam folat, vitamin D, zinc
Isi7 butir/sachet
Dosis1 butir/hari
SertifikasiBPOM
6
Untuk usiaAnak-anak
Kandungan khususKalsium, vitamin D
Isi4 sachet/dus
Dosis1 sachet/hari
SertifikasiBPOM
5
Untuk usiaAnak di atas 5 tahun
Kandungan khususDHA, fish oil, vitamin D
Isi60 butir
Dosis3 butir/hari
SertifikasiTidak disebutkan
4
Untuk usia13 tahun ke atas
Kandungan khususBiotin, folic acid, vitamin D
Isi60 butir
Dosis2 butir/hari
SertifikasiTidak disebutkan
3

VitaFusionFiber Well™ Gummy Vitamins

Mulai dari Rp 649.000,00

Untuk usiaAnak dan dewasa
Kandungan khususPrebiotic fiber
Isi220 butir
Dosis2 butir/hari
SertifikasiFDA
2
Untuk usiaDewasa
Kandungan khususVERISOL™ bioactive collagen peptides
Isi40 butir
Dosis3 butir/hari
SertifikasiTGA (Therapeutic Goods Administration)
1
Untuk usiaAnak di atas usia 4 tahun
Kandungan khususVitamin A, C, D, E, kalsium, asam folat, Vitamin B5, B6,B12, iodine, sodium, zinc, kolin, inositol
Isi30 butir
Dosis1 butir/hari
SertifikasiBPOM

Tabel perbandingan produk vitamin gummy terbaik

Gambar produk
1
Natural Farm Wellness Gummy Kids (30) 1

Natural Farm

2
Nature's Way Beauty Collagen Gummies 40s 1

Nature's Way

3
VitaFusion Fiber Well™ Gummy Vitamins 1

VitaFusion

4
Sugarbearhair Hair Vitamins 1

Sugarbearhair

5
GSK Scott's DHA Gummies 1

GSK

6
SOHO Fitkom Gummy Calcium 1

SOHO

7
youvit MultiMum 1

youvit

8
Kalbe Sakatonik ABC Gummy 1

Kalbe

9
SOHO Curcuma Plus Gofit Gummy 1

SOHO

10
Kalbe Cerebrofort Marine Gummy - Untuk Mata 1

Kalbe

Nama produk

Wellness Gummy Kids (30)

Beauty Collagen Gummies 40s

Fiber Well™ Gummy Vitamins

Hair Vitamins

Scott's DHA Gummies

Fitkom Gummy Calcium

MultiMum

Sakatonik ABC Gummy

Curcuma Plus Gofit Gummy

Cerebrofort Marine Gummy - Untuk Mata

Keunggulan

Gummy bear imut untuk daya tahan tubuh yang kuat

Sugar-free gummy yang menunjang kecantikan Anda

Melancarkan sistem metabolisme dengan serat prebiotik

Rambut lebat dan berkilau bukan lagi mimpi!

Nutrisi lezat untuk perkembangan otak

Tulang dan gigi kuat dengan kalsium dan vitamin D3

Mengonsumsi asam folat tanpa rasa enek

Memenuhi kebutuhan serat anak Anda

Penambah nafsu makan anak

Rasa tutti frutti yang segar untuk mata yang sehat

Harga mulai dariRp 210.000,00Rp 279.000,00Rp 649.000,00Rp 600.000,00Rp 200.000,00Rp 23.500,00Rp 23.500,00Rp 11.000,00Rp 11.150,00Rp 10.000,00
Untuk usiaAnak di atas usia 4 tahunDewasaAnak dan dewasa13 tahun ke atasAnak di atas 5 tahunAnak-anakDewasa Anak usia 4-12 tahunAnak-anakAnak usia 4-12 tahun
Kandungan khususVitamin A, C, D, E, kalsium, asam folat, Vitamin B5, B6,B12, iodine, sodium, zinc, kolin, inositolVERISOL™ bioactive collagen peptidesPrebiotic fiberBiotin, folic acid, vitamin DDHA, fish oil, vitamin DKalsium, vitamin DAsam folat, vitamin D, zinc0.76% serat inulin, 0.38% ekstrak buah dan sayur, vitamin CTemu lawak organik, minyak ikan kod, vitamin C, vitamin B1, B3, B12Minyak ikan tuna, vitamin A, buah merah Papua
Isi30 butir40 butir220 butir60 butir60 butir4 sachet/dus7 butir/sachet10 butir/sachet10 butir/sachet5 butir/sachet
Dosis1 butir/hari3 butir/hari2 butir/hari2 butir/hari3 butir/hari1 sachet/hari1 butir/hari< 10 tahun: 10-30 gram/hari ・ > 10 tahun: 22-35 gram/hari1 sachet/hari5 butir/hari
SertifikasiBPOMTGA (Therapeutic Goods Administration)FDATidak disebutkanTidak disebutkanBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM
Tautan produk

Baca juga rekomendasi vitamin lainnya di sini

Vitamin dan suplemen telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Di samping dalam bentuk vitamin gummy, ada berbagai macam vitamin dan suplemen lain dengan manfaat yang berbeda. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai vitamin dan suplemen lainnya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Vitamin gummy banyak disukai karena memiliki tekstur dan rasa yang enak. Untuk menemukan vitamin gummy yang sesuai, perhatikanlah bahan kandungannya. Selain itu, pilihlah produk yang sesuai dengan usia Anda agar hasilnya maksimal. Jangan lupa juga untuk turut mempertimbangkan harganya, ya. 


Tuntas sudah ulasan kami kali ini. Semoga Anda menemukan vitamin gummy yang paling pas untuk Anda dan keluarga. Selamat mengonsumsi vitamin dan menjalani pola hidup yang sehat! Stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    588.513 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya, zaman sekarang, tidak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan mengalami kekurangan vitamin D. Berbagai merek suplemen vitamin D diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, produk seperti apa yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Ada merek ternama, seperti Doctor’s Best, Now Foods, atau Nature’s Plus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Vitamin & suplemen
    172.248 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    451.824 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
    314.637 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    312.905 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    114.417 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan vitamin mata dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tambahan suplemen mata untuk memastikan mata memperoleh asupan vitamin. Di pasaran tersedia berbagai merek vitamin mata, seperti Eyevit, Blackmores, dan Sidomuncul. Untuk memudahkan Anda memilih, berikut ini kami berikan tips memilih vitamin mata yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk vitamin mata yang bisa Anda pilih. Mari simak artikel ini sampai selesai dan temukan produk terbaiknya!
    Vitamin & suplemen
    4.544 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori