• 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.


Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Ganti speaker mobil Anda dan nikmati suara musik yang lebih jernih

Ganti speaker mobil Anda dan nikmati suara musik yang lebih jernih

Bagi para pengendara mobil, sudah umum untuk mendengarkan musik menggunakan radio atau perangkat lainnya di dalam kendaraan. Bagus tidaknya suara musik yang dihasilkan akan bergantung pada speaker mobil yang dipakai. Meskipun begitu, speaker bawaan yang terpasang di dashboard mobil kebanyakan memiliki kualitas yang standar dari pabrikannya.


Jika Anda menginginkan hasil suara yang lebih jernih, ada baiknya untuk mengganti speaker mobil Anda. Tentunya, kami menyarankan produk yang memang dikenal memiliki kualitas tinggi. Dengan begitu, Anda dapat menikmati lagu dengan sensasi suara yang lebih menggelegar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih speaker mobil

Simak poin-poin di bawah ini untuk memilih speaker mobil yang tepat dan sesuai dengan yang Anda cari!

Pilih berdasarkan hasil suara speaker

Speaker mobil terbagi menjadi dua tipe utama yaitu coaxial dan split component. Mari pelajari perbedaan kualitas suara dari masing-masing tipe tersebut! 

Coaxial speaker, untuk suara audio yang lebih menyatu

Coaxial speaker, untuk suara audio yang lebih menyatu

Jika Anda ingin sensasi audio yang menyatu, speaker tipe coaxial ini cocok untuk dipasang di mobil Anda. Tipe ini memiliki midrange dan tweeter sekaligus yang terpasang di dalamnya. Sebagai informasi, kebanyakan speaker bawaan dari mobil memakai tipe coaxial ini.


Karena bentuknya yang sama dengan speaker bawaan di dalam mobil, tipe ini mudah dipasang menggantikan speaker lama. Selain harganya yang lebih miring, coaxial speaker cocok untuk Anda yang tidak mau repot. Pilih speaker tipe ini jika Anda ingin menghemat uang dan ruang. Khusus untuk mobil minivans, letak speaker yang ada di bawah membuat suara muncul dari bawah kaki Anda.


Namun, tipe speaker ini juga memiliki kekurangan, yaitu semua driver-nya menyatu pada satu konus dan diletakkan di bawah pengemudi. Hal ini menyebabkan staging yang kurang tepat.

Split component speaker, untuk suara yang lebih natural dan lebih hidup

Split component speaker, untuk suara yang lebih natural dan lebih hidup

Jika Anda menginginkan speaker yang dapat disesuaikan letaknya, tipe split component ini dapat menjadi pilihan yang pas. Dengan speaker ini, hasil suara yang disetel akan lebih sesuai dengan kemauan Anda.


Speaker tipe ini berbeda dengan coaxial speaker atau speaker bawaan. Ciri utama tipe ini adalah tweeter dan woofer yang terpasang terpisah. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pun lebih memukau dan terasa nyata. Terdapat dua tipe dari split component speakers yang bisa Anda pilih yaitu 2-way dan 3-way. Anda pun bisa memasang speaker sebanyak yang Anda mau.


Secara khusus, apabila Anda memasang tweeter di atas dashboard, Anda akan mendapatkan sensasi suara yang lebih hidup. Hal ini karena letaknya yang dekat ke telinga pengendara.


Meskipun begitu, tipe ini akan memakan biaya yang lebih mahal dan membutuhkan orang ahli untuk memasangnya. Jika tidak sanggup memasang sendiri, ada baiknya meminta pegawai toko tempat Anda membeli speaker untuk membantu pemasangan.

Agar musik terdengar lebih mantap, pilih yang jangkauan frekuensinya luas

Agar musik terdengar lebih mantap, pilih yang jangkauan frekuensinya luas

Jika Anda ingin sensasi suara bass yang lebih menggelegar, pilihlah speaker dengan frekuensi 40 Hz ke bawah. Jika Anda ingin yang frekuensinya tinggi, pilihlah produk yang memiliki frekuensi 40 kHz ke atas.


Frekuensi yang rendah menunjukkan jika speaker lebih tahan terhadap suara yang rendah seperti musik rock. Sebaliknya, frekuensi tinggi menunjukkan speaker tersebut kuat pada suara tinggi, misalnya lagu bersuara vokal tinggi.


Pada dasarnya, frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia adalah 20 Hz sampai 20 kHz. Makin luas jangkauan frekuensi yang dimiliki speaker, makin terasa suaranya yang lebih hidup. Menciptakan hasil suara yang bagus di dalam mobil adalah hal yang penting. Namun, jangan lupa juga untuk memikirkan tata letak speaker-nya agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk Anda yang tidak puas dengan tipe 2-way, ubahlah speaker ke tipe 3-way

Untuk Anda yang tidak puas dengan tipe 2-way, ubahlah speaker ke tipe 3-way

Untuk split component speakers, tipe 2-way adalah yang paling banyak digunakan. Namun, jika masih kurang puas dan ingin sensasi suara seperti menonton konser, beralihlah ke speaker tipe 3-way. Perlu digarisbawahi, Anda dapat menciptakan suara yang lebih menakjubkan dengan memasang tipe 3-way secara tepat dan seimbang.


Jika jumlah speaker bertambah, tetapi tidak diimbangi pemasangan yang tepat, suara yang dihasilkan malah terdengar berantakan. Karena itu, tipe 3-way ini lebih cocok untuk Anda yang sudah paham betul dunia audio mobil. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah memahami speaker mobil dan tahu harus memasang speaker-nya seperti apa. 

Pilih berdasarkan spesifikasi power amplifier

Pilih berdasarkan spesifikasi power amplifier

Mari periksa terlebih dahulu nilai output dari power amplifier yang terpasang di mobil Anda. Selanjutnya, periksalah nilai input di bagian spesifikasi speaker-nya. Terdapat berbagai macam produk speaker yang memiliki spesifikasi nilai input dari 30 W sampai 150 W. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mencari speaker yang kompatibel.


Misalnya, nilai output dari power amplifier adalah 40 W dan nilai input dari speaker Anda adalah 50 W. Hal ini akan mengakibatkan kurangnya daya dan membuat speaker tidak mampu beroperasi maksimal. Oleh sebab itu, pilihlah speaker yang mendukung nilai output dari power amplifier di mobil Anda. Jika masih ragu, belilah juga power amplifier eksternal yang mendukung speaker mobilnya.


Selain itu, perhatikan juga rating sensitivitas. Meski tidak memengaruhi kualitas suara secara keseluruhan, rating sensitivitas dapat mengontrol besarnya suara speaker dengan daya yang dibutuhkan. Jika mobil Anda memiliki speaker amplifier bertenaga rendah, pilihan terbaik adalah memilih speaker system dengan sensitivitas tinggi.

10 Rekomendasi speaker mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk speaker mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10

Sony6”1/2 (16 cm) 3-Way Speakers

XS-FB1630

Mulai dari Rp 370.000,00

TipeCoaxial
Daya rata-rata40 W
Daya maksimum270 W
Frekuensi50 Hz–24 kHz
Ukuran16 cm
9
TipeCoaxial
Daya rata-rata50 W
Daya maksimum150 W
Frekuensi50 Hz–20 kHz
Ukuran16,5 cm
8

Pioneer6.5” 2-Way Component System

TS-Z65CH

Mulai dari Rp 5.136.000,00

TipeSplit component
Daya rata-rata110 W
Daya maksimum330 W
Frekuensi30 Hz–96 kHz
Ukuran16 cm
7

KenwoodHi-Res Audio Certified 17cm Component Speaker

KFC-XS1703

Mulai dari Rp 2.350.000,00

TipeSplit component
Daya rata-rata45 W
Daya maksimum180 W
Frekuensi25 Hz–48 kHz
Ukuran17 cm
6

Alpine6" Component 2-Way Speaker

SPJ-161CS

Mulai dari Rp 590.000,00

TipeSplit component
Daya rata-rata50 W
Daya maksimum250 W
Frekuensi30 Hz–30 kHz
Ukuran16 cm
5

JBL by Harman6-1/2" (160 mm) Coaxial Car Speaker

Club 6520

Mulai dari Rp 775.000,00

TipeCoaxial
Daya rata-rata50 W
Daya maksimum150 W
Frekuensi55 Hz–20 kHz
Ukuran16,5 cm
4
TipeCoaxial
Daya rata-rata20 W
Daya maksimum400 W
Frekuensi85 Hz–20 kHz
Ukuran16 cm
3

JBL by Harman6-1/2” Coaxial Car Audio Loudspeaker

GT7-6

Mulai dari Rp 600.000,00

TipeCoaxial
Daya rata-rata45 W
Daya maksimum135 W
Frekuensi55 Hz–20 kHz
Ukuran16,5 cm
2

JBL by Harman6-1/2" Two Way Component Speaker

GTO609C

Mulai dari Rp 960.000,00

TipeSplit component
Daya rata-rata5 W–200 W
Daya maksimum270 W
Frekuensi67 Hz–21 kHz
Ukuran16,5 cm
1

Pioneer6-1/2" Component Speaker Package (6-3/4" Compatible)

TS-A1606C

Mulai dari Rp 1.147.000,00

TipeSplit component
Daya rata-rata60 W
Daya maksimum350 W
Frekuensi32 Hz–43 kHz
Ukuran16,5 cm

Tabel perbandingan produk speaker mobil terbaik

Gambar produk
1
Pioneer 6-1/2" Component Speaker Package (6-3/4" Compatible) 1

Pioneer

2
JBL by Harman 6-1/2" Two Way Component Speaker 1

JBL by Harman

3
JBL by Harman 6-1/2” Coaxial Car Audio Loudspeaker 1

JBL by Harman

4
Nakamichi NSE-1617 1

Nakamichi

5
JBL by Harman 6-1/2" (160 mm) Coaxial Car Speaker 1

JBL by Harman

6
Alpine 6" Component 2-Way Speaker 1

Alpine

7
Kenwood Hi-Res Audio Certified 17cm Component Speaker 1

Kenwood

8
Pioneer 6.5” 2-Way Component System 1

Pioneer

9
Venom Diablo Series 1

Venom

10
Sony 6”1/2 (16 cm) 3-Way Speakers 1

Sony

Nama produk

6-1/2" Component Speaker Package (6-3/4" Compatible)

6-1/2" Two Way Component Speaker

6-1/2” Coaxial Car Audio Loudspeaker

NSE-1617

6-1/2" (160 mm) Coaxial Car Speaker

6" Component 2-Way Speaker

Hi-Res Audio Certified 17cm Component Speaker

6.5” 2-Way Component System

Diablo Series

6”1/2 (16 cm) 3-Way Speakers

Keunggulan

Multilayer cone-nya membuat semua genre musik terasa hidup

Sensasi suara bombastis melampaui ukurannya

Desain keren dengan cara pemasangan yang mudah

Tahan banting dan cocok untuk pengganti speaker di pintu mobil

Hemat daya aki mobil dengan performa fantastis

Suara bass menggelegar di seluruh penjuru mobil

Hasil suara yang tajam dengan adanya Hi-Resolution Audio

Naik mobil terasa seperti menonton konser dengan Pioneer Seri Z

Adanya crossover passive meningkatkan kualitas suara

Dengan tipe 3-way membuat suara lebih dinamis

Harga mulai dariRp 1.147.000,00Rp 960.000,00Rp 600.000,00Rp 147.500,00Rp 775.000,00Rp 590.000,00Rp 2.350.000,00Rp 5.136.000,00Rp 479.000,00Rp 370.000,00
TipeSplit componentSplit componentCoaxialCoaxialCoaxialSplit componentSplit componentSplit componentCoaxialCoaxial
Daya rata-rata60 W5 W–200 W45 W20 W50 W50 W45 W110 W50 W40 W
Daya maksimum350 W270 W135 W400 W150 W250 W180 W330 W150 W270 W
Frekuensi32 Hz–43 kHz67 Hz–21 kHz55 Hz–20 kHz85 Hz–20 kHz55 Hz–20 kHz30 Hz–30 kHz25 Hz–48 kHz30 Hz–96 kHz50 Hz–20 kHz50 Hz–24 kHz
Ukuran16,5 cm16,5 cm16,5 cm16 cm16,5 cm16 cm17 cm16 cm16,5 cm16 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar speaker mobil

Pertanyaan umum seputar speaker mobil

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar speaker mobil. Jika Anda masih penasaran dengan speaker mobil, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah kita bisa mengganti speaker mobil sendiri?

Anda dapat memasang sendiri speaker mobil, tetapi diperlukan alat dan pengetahuan khusus mengenai audio dan kelistrikan mobilnya. Selain itu, Anda mungkin akan memerlukan alat-alat pendukung, seperti obeng, selotip bolak-balik, kunci pas, dan lainnya. Untuk beberapa kasus, modifikasi pintu juga perlu dilakukan.


Jika Anda masih khawatir akan hasilnya, mintalah vendor profesional untuk memasangnya. Walaupun harus merogoh kocek lebih dalam, hasilnya akan lebih aman dan Anda tidak perlu repot. Ilmu saja terkadang tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Pengalaman juga diperlukan untuk hal ini, terlebih jika Anda tiba-tiba menemui masalah dalam pemasangan.

Baca juga rekomendasi produk speaker lainnya di sini

Musik memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Musik dapat membuat hari Anda lebih bersemangat, mengusir kantuk, ataupun menemani Anda melakukan kegiatan lain. Untuk membuat musik menjadi lebih hidup lagi, speaker berkualitas menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda sedang mencari produk speaker lainnya, simak juga rekomendasi kami untuk produk speaker di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan hanya mengganti speaker mobil, suara di dalam mobil Anda akan berubah secara drastis. Hal ini khususnya jika Anda penikmat musik yang tidak mau menyia-nyiakan waktu di dalam mobil dengan berdiam diri saja. 


Kini, kami harap Anda tidak kebingungan lagi memilih produk dan tipe speaker yang cocok. Selamat memilih speaker mobil dan nikmatilah perjalanan Anda dengan sensasi suara yang lebih mantap dari sebelumnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Menikmati musik di dalam mobil bisa membuat Anda relaks, terlebih saat terjebak kemacetan. Nah, ada aksesori tambahan pada mobil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik dengan maksimal, yaitu subwoofer kolong. Subwoofer kolong yang bagus akan membuat suara musik dalam mobil lebih jernih dan berkualitas.Terdapat banyak merek subwoofer kolong yang patut dipertimbangkan, seperti Pioneer, JBL, dan Venom. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk unggulan untuk Anda. Tak lupa, kami juga menyiapkan panduan cara memilih subwoofer kolong terbaik. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori mobil
  • 10 Jump Starter Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jump Starter Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering road trip, jump starter adalah benda wajib yang harus dibawa. Jump starter dapat Anda andalkan saat aki bermasalah atau mobil tidak mau menyala. Selain sebagai jumper aki, jump starter juga dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya pada ponsel Anda.Ada banyak merek produk jump starter yang bagus untuk berbagai kendaraan, mulai dari mobil kecil hingga truk. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih jump starter serta merekomendasikan produknya, seperti Anker, Shell, dan Baseus. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori