1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.


Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa yang dimaksud dengan cushion?

Apa yang dimaksud dengan cushion?

Cushion compact foundation atau lebih sering disebut cushion saja, merupakan inovasi kosmetik dari Korea Selatan. Pada umumnya, cushion berupa bantalan berpori yang direndam foundation, BB cream, atau CC cream. Cara pemakaiannya, ambil produk secukupnya dengan puff yang tersedia, lalu tepukkan secara merata di wajah. Anda dapat menutupi noda-noda, kusam, dan meratakan warna kulit dalam waktu singkat.


Keunggulan cushion dibandingkan produk serupa lain adalah bentuknya yang compact. Biasanya, cushion sudah dilengkapi dengan cermin dan puff sehingga lebih praktis. Beberapa produk bahkan mencampurkan bahan skincare dan tabir surya di dalamnya. Manfaat lain dari cushion adalah melembapkan wajah, menyerap minyak, mencerahkan wajah, dan meratakan warna kulit.

Cara memilih cushion lokal

Berikut ini akan kami ulas beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan ketika memilih produk cushion lokal.

① Sesuaikan dengan warna kulit

Sesuaikan dengan warna kulit

Memilih cushion memerlukan ketepatan dalam pemilihan warna atau shade. Alih-alih terlihat cantik, salah memilih warna cushion mengakibatkan wajah terlihat belang. Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda mengetahui undertone kulit. Cobalah periksa warna urat nadi pergelangan tangan Anda di bawah pencahayaan terang. 


  • Warna biru berarti Anda memiliki cool tone dan cocok dengan produk berwarna pink.
  • Warna hijau artinya warm tone, undertone ini lebih sesuai dengan produk berwarna kekuningan.
  • Warna ungu atau di antara hijau dan biru berarti neutral tone. Anda cocok dengan warna di antara dua tone di atas, tidak terlalu dingin (pink) atau hangat (kuning).

Selain undertone, tingkat warna kulit juga penting Anda ketahui. Secara garis besar, tingkat warna kulit terdiri dari terang, medium, dan gelap. Jika selama ini Anda kesulitan menemukan shade yang sesuai dari produk internasional, mungkin sudah saatnya beralih ke produk lokal. Pilihan warna produk lokal tentu telah disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia.

② Pilih jenis berdasarkan hasil akhirnya

Layaknya memilih foundation, pemilihan hasil akhir yang sesuai dengan jenis kulit akan membuat tampilan Anda lebih menawan. Khusus untuk jenis kulit sensitif, Anda dapat memilih cushion dengan hasil akhir apa pun. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap bahan-bahan tertentu di dalamnya. Bagi jenis kulit lain, berikut penjelasan hasil akhir bagi Anda.

Dewy finish, untuk kulit kering

Dewy finish, untuk kulit kering

Sebelum membeli cushion, perhatikanlah jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah cushion dengan hasil akhir dewy. Tekstur yang lebih cair dan basah dari dewy cushion mampu memberikan kelembapan ekstra bagi kulit kering. Dengan kelembapan yang tinggi, dewy cushion menawarkan tingkat kilap yang sangat tinggi. Hal ini untuk membuat kulit kering Anda terlihat berkilau dan sehat.

Matte finish, untuk kulit berminyak

Matte finish, untuk kulit berminyak

Cushion yang matte akan menghasilkan tampilan tanpa kilap dengan cara menyerap kelebihan minyak di wajah. Tidak heran, cushion jenis ini digemari oleh pemilik kulit berminyak. Selain itu, cushion dengan finish matte biasanya juga lebih tahan lama karena dapat menyerap sebum.

Satin finish, untuk kulit normal dan kombinasi

Satin finish, untuk kulit normal dan kombinasi

Jika kandungan minyak di wajah Anda dirasa cukup normal, Anda bisa mencari cushion dengan hasil satin. Satin finish adalah hasil akhir di antara dewy dan matte. Jenis ini cocok untuk kulit normal atau kulit kombinasi. Kulit kombinasi biasanya hanya berminyak di bagian-bagian tertentu sehingga tetap membutuhkan kelembapan yang cukup. Hasilnya, wajah akan terlihat natural dengan tingkat kilap yang medium.

③ Tentukan tingkat coverage yang diinginkan

Tentukan tingkat coverage yang diinginkan

Selain hasil akhir, Anda juga perlu mempertimbangkan daya coverage dari cushion pilihan Anda. Tingkat coverage tergantung dari seberapa tinggi pigmentasi produk saat diaplikasikan. Jika kulit Anda terbilang mulus, pilihlah cushion dengan sheer hingga medium coverage. Dengan coverage ini, kulit Anda akan terlihat segar tanpa terlihat dempul.


Jika Anda bermasalah dengan bekas jerawat atau noda hitam, pilihlah cushion dengan medium hingga full coverage. Coverage tersebut cocok untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit sehingga terlihat lebih flawless.


Mayoritas cushion dengan medium to full coverage bersifat buildable. Artinya, Anda dapat menentukan sendiri tingkat ketebalannya dengan menambahkan produk hingga dapat menutup semua noda dengan sempurna.

④ Pertimbangkan cushion yang memiliki kandungan SPF

Pertimbangkan cushion yang memiliki kandungan SPF

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli cushion lokal adalah kandungan sun protection factor (SPF) . Tinggal di negara tropis seperti Indonesia berarti memerlukan perlindungan kulit ekstra.


Anda dapat menyesuaikan kandungan SPF dan PA dalam cushion dengan kegiatan sehari-hari. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilih cushion ber-SPF tinggi, yaitu minimal PA++ dan SPF 30.

⑤ Ketahui ketersediaan kemasan isi ulang

Ketahui ketersediaan kemasan isi ulang

Tersedianya kemasan isi ulang untuk produk cushion juga hal lain yang perlu diketahui. Hal ini karena cushion bisa dilepas pasang ketika isi produk sudah habis. Jadi, Anda cukup membeli cushion lengkap beserta tempatnya sekali saja, selanjutnya belilah kemasan isi ulang. Selain lebih hemat, Anda tidak perlu membuang tempat cushion karena bisa digunakan lagi.

10 Rekomendasi cushion lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cushion lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pixy Cosmetics

Make It Glow Dewy Cushion

Pixy Cosmetics Make It Glow Dewy Cushion 1枚目

Membantu menutrisi kulit dari dalam dengan Botanical Extracts

2

Purbasari

Pore Perfecting BB Cushion

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion 1枚目

Semimatte finish untuk membuat kulit berminyak bebas kilap, tetapi tetap tampak lembap

3

Make Over

Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion 1枚目

Tampil matte, flawless, dan transferproof hingga 12 jam!

4

Emina Cosmetics

Bare With Me Mineral Cushion

Emina Cosmetics Bare With Me Mineral Cushion 1枚目

Ringan dan bikin kulit cerah, pas untuk pemula dan remaja

5

Somethinc

Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion 1枚目

Dewy cushion yang cocok di iklim Indonesia dengan pilihan warna beragam

6

Looké Cosmetics

Holy Flawless BB Cushion

Looké Cosmetics Holy Flawless BB Cushion 1枚目

Diperkaya ekstrak teh hijau yang cocok untuk kulit berjerawat

7

Rollover Reaction

Cushion Compact

Rollover Reaction Cushion Compact 1枚目

Melembapkan kulit kering dengan kandungan hyaluronic acid

8

BLP Beauty

Cover Cushion

BLP Beauty Cover Cushion 1枚目

Nyaman dibawa traveling berkat kemasannya yang ramping

9

Luxcrime

Second Skin Luminous Cushion

Luxcrime Second Skin Luminous Cushion 1枚目

Formulanya menyatu sempurna seperti kulit kedua

10

Rabbit Habit

Moon Glow

Rabbit Habit Moon Glow 1枚目

Lengkap! Dua produk complexion dalam satu kemasan

Perincian produk
Close
No.1

Pixy CosmeticsMake It Glow Dewy Cushion

Mulai dari Rp125.000,00

Membantu menutrisi kulit dari dalam dengan Botanical Extracts

Bagi Anda yang berkulit kering dan butuh tambahan skincare, cobalah cushion dari Pixy Cosmetics ini. Cushion ini diperkaya Botanical Extracts, seperti olive oil, jojoba oil, dan ekstrak yuzu yang membantu menutrisi kulit dari dalam. Wajah Anda pun akan tampak sehat berseri dan lebih bercahaya.


Produk ini dapat menyamarkan kekurangan di wajah seperti noda hitam dan bekas jerawat dengan hasil dewy natural. Selain itu, cushion ini juga dapat membuat kulit menjadu halus dan lembut hingga 10 jam. Karena itu, Anda tidak perlu repot untuk sering-sering touch up riasan.

No.2

PurbasariPore Perfecting BB Cushion

Mulai dari Rp120.000,00

Semimatte finish untuk membuat kulit berminyak bebas kilap, tetapi tetap tampak lembap

Pore Perfecting BB Cushion merupakan cushion yang cocok bagi pemilik kulit berminyak. Kandungan oil absorber dan hasil akhir yang semimatte akan membuat kulit Anda bebas kilap. Pori-pori juga akan tertutup sempurna ketika memakainya. Selain itu, produk ini diperkaya dengan microfoam yang berfungsi menjaga kesegaran sehingga foundation tahan lama dan tidak menggumpal.

No.3

Make OverPowerstay Demi-Matte Cover Cushion

Mulai dari Rp215.000,00

Tampil matte, flawless, dan transferproof hingga 12 jam!

Kesulitan menemukan cushion yang tahan lama dan tidak transfer di masker? Anda bisa coba cushion andalan dari merek Make Over ini. Oil-control-nya yang tinggi akan membuat kulit Anda flawless hingga 12 jam! Anda juga tidak perlu khawatir gosong saat aktivitas outdoor berkat kandungan UV filter SPF 50 dan PA++++.

Walau hasilnya awet, produk ini tidak akan membuat kuit kekeringan. Cushion ini diformulasikan dengan moisturizer dan soft focus agent untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Aplikatornya juga tahan air dan antibakteri sehingga produk tidak banyak terserap puff. Hasilnya, cushion dapat memberikan coverage maksimal dan merata di wajah Anda.

No.4

Emina CosmeticsBare With Me Mineral Cushion

Mulai dari Rp126.000,00

Ringan dan bikin kulit cerah, pas untuk pemula dan remaja

Bare With Me Mineral Cushion dari Emina Cosmetics merupakan produk yang cocok digunakan jika Anda pemula dalam memakai makeup. Produk ini dapat mencerahkan kulit secara natural dan menyerap minyak di wajah.


Kandungan oil absorber dalam cushion akan menyerap minyak sepanjang hari. Produk ini juga memiliki tekstur yang ringan. Perlindungan kulit dari sinar mataharinya memang terbilang rendah, tetapi cukup untuk sehari-hari.

No.5

SomethincCopy Paste Breathable Mesh Cushion

Mulai dari Rp185.900,00

Dewy cushion yang cocok di iklim Indonesia dengan pilihan warna beragam

Cushion ini mengusung konsep hybrid yang memadukan makeup dengan skincare. Formulanya yang breathable dibuat khusus sesuai suhu dan kelembapan udara Indonesia. Jadi, walau hasilnya dewy, produk ini tidak akan terasa becek atau pengap di kulit. 


Varian warnanya juga banyak, yaitu 12 warna! Bagi Anda yang kesulitan menemukan warna yang pas, cobalah produk ini. Keunikan lainnya adalah bagian cushion-nya dibentuk dari jaring fiber, bukan spons. Jaring tersebut diklaim lebih higienis, antibakteri, dan tidak mudah berantakan. Selain itu, produk ini juga diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui, lho.

No.6

Looké CosmeticsHoly Flawless BB Cushion

Mulai dari Rp225.000,00

Diperkaya ekstrak teh hijau yang cocok untuk kulit berjerawat

Holy Flawless BB Cushion bisa dijadikan andalan oleh si kulit berminyak, sensitif, dan berjerawat. Walaupun hasilnya satin, oil control-nya patut diacungi jempol. Produk ini dapat bertahan lama di kulit walaupun tidak ditambahkan bedak.

Dengan bahan hyaluronic acid dan ekstrak green tea, cushion ini mampu melembapkan tanpa terasa becek. Ekstrak teh hijau inilah yang membantu menutrisi kulit dan mengurangi minyak berlebih.

No.7

Rollover ReactionCushion Compact

Mulai dari Rp195.000,00

Melembapkan kulit kering dengan kandungan hyaluronic acid

Mencari cushion yang cocok untuk kulit kering? Atau, mau tampil natural dengan kulit lembap? Cushion dari Rollover Reaction ini mengandung hyaluronic acid yang dapat melembapkan kulit dan mengurangi kerutan. Hasilnya? Wajah akan terlihat lebih sehat dengan satin finish-nya. Namun, karena coverage-nya cenderung rendah, mungkin Anda butuh concealer lagi untuk menutupi noda-noda yang membandel di wajah.

No.8

BLP BeautyCover Cushion

Mulai dari Rp189.000,00

Nyaman dibawa traveling berkat kemasannya yang ramping

Ciri khas cushion buatan Lizzie Parra ini adalah kemasannya yang ramping. Cushion ini terbilang tipis dan compact jika dibandingkan dengan cushion pada umumnya yang biasanya bulky atau gemuk, Namun, isinya tetap cukup banyak, kok! Cocok bagi Anda yang suka travelling dan tak ingin makeup pouch terlihat penuh.


Daya tahan cushion ini juga termasuk tinggi. Dalam pemakaian sekitar 6 jam, produk yang transfer di masker cukup minim. Formulanya yang noncomedogenic juga tidak akan menyumbat pori Anda. Tertarik mencoba?

No.9

LuxcrimeSecond Skin Luminous Cushion

Mulai dari Rp179.000,00

Formulanya menyatu sempurna seperti kulit kedua

Cushion ini datang dengan kemasan yang cantik, yaitu berbentuk persegi dengan motif khas merek Luxcrime. Dengan formula ringan dan medium coverage, Anda cukup menekan cushion secara ringan untuk menutup ketidaksempurnaan di wajah. 


Hasilnya natural menuju dewy layaknya kulit Anda sendiri. Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan tampilan 'my skin but better' layaknya kulit kedua. Bagi Anda yang mencari cushion untuk tampilan natural sehari-hari. produk ini pasti cocok!

No.10

Rabbit HabitMoon Glow

Mulai dari Rp289.000,00

Lengkap! Dua produk complexion dalam satu kemasan

Tidak mau repot-repot membawa foundation dan concealer? Rabbit Habit punya solusinya. Cushion ini memiliki tiga tingkat, pertama untuk tempat spons, kedua untuk cream concealer, dan ketiga untuk foundation. Semua ini dikemas dalam satu cushion yang compact dengan tutup magnet.


Komposisinya kaya akan bahan skincare, seperti adenosine, allantoin, chamomile extract, caffeine, glycerin, dan niacinamide. Pemilik kulit kering dan sensitif pasti akan suka dengan formulanya yang dewy dan kaya nutrisi. Satu-satunya yang menjadi kekurangan produk ini hanyalah tidak tersedianya refill.

Baca juga rekomendasi kosmetik lokal lainnya di sini

Kosmetik lokal tidak hanya sebatas cushion saja. Anda juga bisa menemukan concealer, blush on, dan foundation yang bagus dari merek dalam negeri. Temukan tips memilih kosmetik lokal lain beserta rekomendasi produk terbaiknya melalui ulasan kami. Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang cushion lokal? Kini kosmetik lokal memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan merek internasional. Jika Anda tertarik membeli cushion lokal, Anda dapat memilih berdasarkan warna, hasil akhir, dan daya coverage. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kandungan SPF dan ketersediaan isi ulang juga. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan cushion lokal terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer