• 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.


Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 09 Juli 2020
  • 2.221 Views
Daftar isi

Perbedaan kamera compact, mirrorless, dan DSLR

Secara garis besar, terdapat tiga jenis kamera digital di pasaran, yaitu kamera compact, mirrorless, dan DSLR. Di antaranya ada juga kamera prosumer yang cukup banyak diminati. Di bawah ini, kami akan memaparkan secara singkat perbedaan dari tiap-tiap kamera tersebut.

Kamera compact

Kamera compact

Dibanding dengan kamera digital single lens reflex (DSLR), kamera compact memang memiliki kualitas gambar yang tidak terlalu tajam. Namun, kamera jenis ini biasanya sudah dilengkapi berbagai fitur yang memadai, berbobot ringan, dan berukuran compact. Pengoperasiannya pun lebih mudah dan ramah bagi pemula.


Untuk Anda yang senang selfie atau berswafoto, Anda bisa mempertimbangkan kamera saku dari jenis kamera compact iniHarganya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan kamera DSLR atau mirrorless. Sementara untuk kualitas yang tak kalah dengan DSLR, Anda bisa memilih jenis bridge camera atau kamera prosumer. Tentu saja, kamera digital berharga di bawah tiga juta rupiah lebih banyak didominasi jenis kamera saku.

Kamera mirrorless

Kamera mirrorless

Kamera mirrorless mungkin sepintas terlihat sama dengan kamera compact. Namun, keduanya adalah jenis yang berbeda. Perbedaannya adalah lensa yang dapat dibongkar pasang pada kamera mirrorless.


Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan kamera DSLR. Karena tidak memiliki cermin, cahaya pada kamera mirrorless akan langsung diteruskan ke sensor. Hasil pratinjau objek akan ditampilkan langsung pada layar LCD atau electronic viewfinder (EVF).


Sekalipun beberapa kamera mirrorless sudah dilengkapi dengan kecepatan autofocus yang setara DSLR, sebagian besar masih menggunakan contrast detect AF. Akibatnya, kemampuan kamera mirrorless masih belum dapat melebihi kamera DSLR. Tergantung pada fiturnya, beberapa kamera mirrorless memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kamera digital lainnya di pasaran. 

Kamera DSLR

Kamera DSLR

Kamera DSLR memiliki cermin 45° untuk memantulkan cahaya menuju prisma yang kemudian masuk ke jendela bidik optik. Hasil pantulan cahaya akan menampilkan pratinjau objek yang dibidik tersebut.


Selain itu, kamera DSLR juga dilengkapi dengan teknologi phase detection AF yang dapat dengan cepat mengukur konvergensi dua sinar cahaya. Hal ini membuatnya dapat menangkap objek yang bergerak dengan cepat. Untuk mengakomodasi semua teknologi tersebut, ukuran kamera DSLR dirancang lebih besar dibandingkan jenis kamera lainnya.


Tidak banyak kamera DSLR profesional yang dapat Anda temukan dengan harga dua jutaan rupiah. Solusinya, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada bridge camera alias kamera prosumer. Kamera prosumer merupakan gabungan dari kamera konsumer dan kamera profesional. Dengan jenis kamera ini, Anda akan mendapatkan kamera berukuran compact dengan kualitas menyerupai kamera DSLR pemula.

Cara memilih kamera digital harga 2 jutaan

Selanjutnya, kita lihat bersama bagaimana cara memilih kamera digital seharga dua jutaan yang tepat untuk Anda. Mari disimak!

Kenali karakteristik masing-masing merek

Tiap-tiap jenis kamera digital memiliki perbedaan yang signifikan tergantung pada produsennya. Maka dari itu, kami akan menjabarkan keunggulan dari kamera digital low-end berdasarkan mereknya.

Sony: Bebas blur dan bisa mengambil foto dalam gelap tanpa bantuan flash

Beberapa kamera digital low-end dari Sony telah memiliki sensor yang sempurna untuk mengambil gambar pada pencahayaan minim. Anda tidak perlu menggunakan flash sekalipun lokasi tempat Anda mengambil foto gelap. 


Selain itu, Sony juga menciptakan teknologi Cyber-shot sehingga Anda dapat menangkap gambar dengan sangat presisi dan bebas blur. Jika Anda menginginkan gambar yang mendetail di bagian background atau fokus kecil di bagian tertentu, semua dapat dilakukan dengan kamera Sony.

Fujifilm: Bentuk bodi yang retro dengan fitur tahan banting

Jika Anda menyukai kamera dengan kesan retro, pilihannya akan jatuh kepada Fujifilm. Bentuknya yang mirip dengan kamera jadul membuat kamera milik Fujifilm sering dijadikan koleksi.


Untuk beberapa kamera low-end-nya, Fujifilm juga berani memberikan beberapa kelebihan, seperti ISO yang tinggi, waterproof, shockproof, dan dustproof. Dengan kamera dari Fujifilm, Anda tidak perlu ragu memotret di dalam air atau di padang gurun yang panas sekalipun. 

Canon: Sensor berukuran besar plus jenis kamera yang beragam

Kamera DSLR dari Canon sudah terkenal dan digunakan oleh banyak profesional. Meskipun cukup terlambat menjajaki dunia kamera mirrorless, bentuk dan ukuran yang ditawarkan Canon sangat variatif. Selain itu, kamera digital dari Canon rata-rata memiliki sensor dengan ukuran besar sekalipun untuk produk low-end.


Jika Anda mencari kamera saku ekonomis dengan fitur-fitur yang mumpuni, Seri IXUS dari Canon dapat menjadi pilihan. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak seri IXUS dengan harga di bawah dua juta rupiah. Sementara untuk kategori kamera prosumer, Anda dapat memilih Canon PowerShot yang menggabungkan bentuk bodi kamera compact dengan kamera DSLR.

Nikon: Lensa milik kamera DSLR pun dapat digunakan

Keistimewaan kamera mirrorless keluaran Nikon adalah lensanya dapat menggunakan lensa kamera DSLR dengan bantuan adaptor. Anda yang memiliki beberapa lensa kamera DSLR dapat menggunakannya untuk kamera mirrorless Anda. Sayangnya, teknologi ini tidak banyak terdapat pada produk low-end dari Nikon.


Namun, kamera digital low-end dari Nikon tetap memiliki keunggulan meski tidak dapat diganti lensanya. Beberapa kamera low-end dari Nikon seperti seri COOLPIX sudah memiliki kemampuan zoom dinamis 40x hingga 56x. Nikon juga memproduksi kamera saku waterproof yang sangat modis. Cukup dapat diandalkan untuk ukuran kamera low-end, bukan?

Perhatikan sensor pada kamera

Perhatikan sensor pada kamera

Pada umumnya, kamera digital low-end memiliki dua jenis sensor yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih kamera. Sensor tersebut adalah CMOS dan CCD.


Sensor CCD atau charge-coupled device adalah sensor yang dibuat secara khusus sehingga tingkat ketajaman warna dan sensitivitas cahayanya lebih baik. Akan tetapi, kamera dengan sensor CCD cenderung lebih boros daya sehingga Anda memerlukan baterai cadangan jika ingin menggunakannya di luar ruangan.


Di sisi lain, sensor CMOS atau complimentary metal-oxide semiconductor kualitasnya memang lebih rendah dari CCD. Namun, kamera bersensor CMOS tidak boros daya dan dapat dipakai dalam waktu lama.

Pastikan kualitas rekaman

Pastikan kualitas rekaman

Jika Anda membeli kamera digital untuk membuat vlog, ada baiknya Anda memastikan kemampuan autofocus dari kamera tersebut. Pastikan kamera Anda dapat menghasilkan fokus video yang baik dan jernih. Untuk kebutuhan vlog, Anda juga dapat memilih kamera dengan layar LCD yang dapat diputar menghadap ke depan.

Cek spesifikasi dan fitur tambahan yang diberikan

Cek spesifikasi dan fitur tambahan yang diberikan

Banyak sekali fitur tambahan dan spesifikasi lainnya yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih kamera digital. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah fitur waterproof, dustproof, dan shockproof. Hal ini sangat penting apabila Anda sering mengambil gambar di luar ruangan.


Di samping itu, Anda juga dapat mempertimbangkan konektivitas yang dimiliki oleh kamera digital. Ada banyak pilihan koneksi, seperti Wi-Fi, GPS, NFC, dan Bluetooth. Tambahan lagi, fitur touchscreen tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mengakses kamera digital.

Periksa bobot dan ukuran

Periksa bobot dan ukuran

Dibandingkan kamera DSLR, ukuran dan bobot dari kamera saku, prosumer, dan mirrorless lebih kecil dan lebih ringan. Jadi, tidak heran banyak orang lebih memilih tipe kamera compact tersebut karena tidak ingin terbebani dengan besarnya kamera DSLR. 


Anda pun harus memastikan terlebih dahulu bobot dan ukuran kamera yang ingin dimiliki. Jika ingin dibawa bepergian, pastikan kamera tersebut muat dimasukkan ke dalam tas. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan tas khusus lagi untuk membawa kamera.

10 Rekomendasi kamera digital terbaik harga 2 jutaan

Selanjutnya, kami memberikan sepuluh rekomendasi kamera digital seharga dua jutaan rupiah untuk Anda. Temukanlah produk-produk pilihan dari beberapa merek terkenal, seperti Sony, Canon, Fujifilm, dan Nikon!

10
Tipe sensor1/2,3-in CCD
Sensitivitas ISO100–1600
Hasil rekaman video720p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi95,3 mm x 56,8 mm x 23,6 mm
Berat137 gram
JenisKamera saku
9
Tipe sensor1/2,3-in Super HAD CCD
Sensitivitas ISO80–3200
Hasil rekaman video720p
Wireless / touchscreenX / X
Dimensi127,5 mm x 89 mm x 91,7 mm
BeratBodi saja: 495 gram・Bodi dengan baterai dan media: 590 gram
JenisKamera prosumer
8
Tipe sensorAPS-C CMOS
Sensitivitas ISO100–25600
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi116,9 mm x 67,4 mm x 40,4 mm
BeratBodi saja: 282 gram・Bodi dengan baterai dan media: 331 gram
JenisKamera mirrorless
7
Tipe sensor1/3,1-in CMOS
Sensitivitas ISO125–1600
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi109,5 mm x 67 mm x 38 mm
Berat177 gram
JenisKamera saku
6
Tipe sensorBSI-CMOS
Sensitivitas ISO160–12800
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / ✔︎
Dimensi98,3 mm x 59,7 mm x 31,5 mm
Berat231 gram
JenisKamera mirrorless
5
Tipe sensor1/2,3-in CCD
Sensitivitas ISO100–1600
Hasil rekaman video720p
Wireless / touchscreenX / X
Dimensi104,4 mm x 69,1 mm x 85,1 mm
BeratBodi saja: 308 gram・Bodi dengan baterai dan media: 325 gram
JenisKamera prosumer
4
Tipe sensor1/2,3-in CCD
Sensitivitas ISO100–6400
Hasil rekaman video720p
Wireless / touchscreenX / X
Dimensi123,8 mm x 83,7 mm x 91,4 mm
BeratBodi saja: 465 gram・Bodi dengan baterai dan media: 558 gram
JenisKamera prosumer
3
Tipe sensor1/2,3-in CMOS
Sensitivitas ISO125–6400
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi 99,5 mm x 60 mm x 27,4 mm
Berat161 gram
JenisKamera saku
2
Tipe sensor1/2,3-in CMOS Exmor R
Sensitivitas ISO100–12800
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi92,3 mm x 52,4 mm x 21,6 mm
BeratBodi saja: 105 gram・Bodi dengan baterai dan media: 121 gram
JenisKamera saku
1
Tipe sensor1/2,3-in BSI CMOS
Sensitivitas ISO100–6400
Hasil rekaman video1080p
Wireless / touchscreen✔︎ / X
Dimensi109,6 mm x 71 mm x 27,8 mm
BeratBodi: 186 gram・Bodi dengan baterai dan media: 203 gram
JenisKamera saku

Tabel perbandingan produk kamera digital terbaik harga 2 jutaan

Gambar produk
1
Fujifilm FinePix XP120 1

Fujifilm

2
Sony DSC-WX220 1

Sony

3
Nikon COOLPIX S7000 1

Nikon

4
Panasonic Lumix DMC-LZ30 1

Panasonic

5
Canon PowerShot SX410 IS 1

Canon

6
Nikon 1 J5 1

Nikon

7
Nikon  COOLPIX W150 1

Nikon

8
Fujifilm X-A10 1

Fujifilm

9
Sony DSC-H300 1

Sony

10
Canon IXUS 190 1

Canon

Nama produk

FinePix XP120

DSC-WX220

COOLPIX S7000

Lumix DMC-LZ30

PowerShot SX410 IS

1 J5

COOLPIX W150

X-A10

DSC-H300

IXUS 190

KeunggulanTahan banting! Kamera terta...Hanya sebesar kartu ATM And...Ingin memotret hewan berger...Bebaskan ekpresi Anda saat ...Dengan ECO mode, Anda dapat...Mengambil foto jadi lebih m...Liburan seru dengan kamera ...Cahaya flash membuat foto t...Memotret pemandangan 360˚ d...Mungil, ringan, tetapi teta...
HargaRp 2.100.000,00Rp 2.379.000,00Rp 2.400.000,00Rp 2.448.000,00Rp 2.150.000,00Rp 2.700.000,00Rp 2.199.000,00Rp 2.500.000,00Rp 2.299.000,00Rp 2.485.000,00
Tipe sensor1/2,3-in BSI CMOS1/2,3-in CMOS Exmor R1/2,3-in CMOS1/2,3-in CCD1/2,3-in CCDBSI-CMOS1/3,1-in CMOS APS-C CMOS1/2,3-in Super HAD CCD1/2,3-in CCD
Sensitivitas ISO100–6400100–12800125–6400100–6400100–1600160–12800125–1600100–2560080–3200100–1600
Hasil rekaman video1080p1080p1080p720p720p1080p1080p1080p720p720p
Wireless / touchscreen✔︎ / X✔︎ / X✔︎ / XX / XX / X✔︎ / ✔︎✔︎ / X✔︎ / XX / X✔︎ / X
Dimensi109,6 mm x 71 mm x 27,8 mm92,3 mm x 52,4 mm x 21,6 mm 99,5 mm x 60 mm x 27,4 mm 123,8 mm x 83,7 mm x 91,4 mm104,4 mm x 69,1 mm x 85,1 mm98,3 mm x 59,7 mm x 31,5 mm109,5 mm x 67 mm x 38 mm 116,9 mm x 67,4 mm x 40,4 mm127,5 mm x 89 mm x 91,7 mm95,3 mm x 56,8 mm x 23,6 mm
BeratBodi: 186 gram・Bodi dengan baterai dan media: 203 gramBodi saja: 105 gram・Bodi dengan baterai dan media: 121 gram161 gramBodi saja: 465 gram・Bodi dengan baterai dan media: 558 gramBodi saja: 308 gram・Bodi dengan baterai dan media: 325 gram231 gram177 gramBodi saja: 282 gram・Bodi dengan baterai dan media: 331 gramBodi saja: 495 gram・Bodi dengan baterai dan media: 590 gram137 gram
JenisKamera sakuKamera sakuKamera sakuKamera prosumerKamera prosumerKamera mirrorlessKamera sakuKamera mirrorlessKamera prosumerKamera saku
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamera low-end atau kamera untuk pemula lainnya di sini

Di artikel kali ini, kami merekomendasikan produk kamera digital seharga dua jutaan rupiah yang dapat digunakan untuk pemula atau pencinta fotografi dengan bujet terbatas. Jika Anda mencari kamera low-end dari merek atau jenis tertentu lainnya, silakan melihat rekomendasinya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Mencari kamera digital berharga terjangkau, tetapi bagus, bukanlah hal yang mustahil! Anda dapat memilih berdasarkan jenis kamera, spesifikasi, hingga merek favorit Anda.


Akhir kata, jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk Anda memilih kamera digital low-end yang mumpuni! Mari mulai mendokumentasikan keseharian Anda dan berbagi kisah dengan rekan-rekan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    127.144 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    100.635 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    59.370 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    80.147 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    88.277 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    66.738 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Komputer & kamera
    11.286 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori