• 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)

Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah sedikit saja, kulit malah bisa jadi berjerawat. Untuk menghindarinya, peran toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare Anda. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. 


Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner untuk kulit berminyak. Kami juga akan merekomendasikan merek-merek toner wajah terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi. Anda penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan artikel ini hingga akhir! 

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Elnie Nona Hitam Pahit
Finastri Annisa
Liana Eka Wulandari
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 127.174 Views
Daftar isi

Bagaimana ciri-ciri wajah berminyak?

 Bagaimana ciri-ciri wajah berminyak?

Kulit berminyak adalah kondisi saat kelenjar kulit menghasilkan sebum atau minyak berlebih. Minyak memang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembapan, tetapi jika berlebihan justru akan menimbulkan banyak masalah. Wajah berminyak ditandai dengan kulit yang mengilap karena minyak, terutama pada siang hari atau saat bangun pagi. Kulit berminyak juga biasanya memiliki pori-pori yang besar, bahkan terlihat saat Anda sedang bercermin. 


Selanjutnya, sel-sel kulit mati pada kulit berminyak sulit luruh dengan sendirinya. Akibatnya, pori-pori kulit mudah tersumbat sehingga Anda rentan mengalami jerawat dan komedo. Penumpukan sel kulit mati akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan kasar. Maka dari itu, Anda membutuhkan toner untuk membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Cara memilih toner untuk kulit berminyak

Untuk mencegah timbulnya lebih banyak masalah pada kulit berminyak, pilihan toner yang tepat akan sangat membantu. Di bawah ini, kami sudah merangkum poin-poin penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli toner. Perhatikan baik-baik, ya!

Perhatikan tipe toner yang Anda pilih

Ada dua tipe toner yang beredar di pasaran yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Cari tahu perbedaan keduanya dan pilih sesuai kebutuhan Anda! 

Exfoliating toner: Membantu mengangkat sel kulit mati

 Exfoliating toner: Membantu mengangkat sel kulit mati

Exfoliating toner merupakan toner yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah. Agar kotoran dan sebum berlebih tidak menutup pori-pori, eksfoliasi secara berkala sangat dibutuhkan. Selain itu, exfoliating toner juga dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan glowing


Di dalam exfoliating toner biasanya terkandung bahan-bahan kimia, seperti AHA, BHA, glycolic acid, atau salicylic acid. Namun, karena sifatnya yang cukup keras, exfoliating toner disarankan untuk dipakai cukup dua kali dalam seminggu. Jika over-exfoliating, kulit malah bisa jadi iritasi dan mengelupas.  

Hydrating toner: Membantu melembapkan kulit wajah

Hydrating toner: Membantu melembapkan kulit wajah

Banyak orang yang menganggap jika kulit berminyak tidak perlu lagi menggunakan pelembap. Padahal, kulit yang mengalami dehidrasi justru akan kehilangan kelembapan alaminya. Hal inilah yang membuat kulit Anda makin memproduksi lebih banyak minyak. Nah, jadi di sinilah peran hydrating toner untuk kulit berminyak.


Hydrating toner berfungsi untuk melembapkan wajah sekaligus mengembalikan pH alami kulit. Umumnya, hydrating toner memiliki kandungan berupa hyaluronic acid atau glycerin. Namun, ada juga kandungan lainnya seperti centella asiatica yang dapat melembapkan tanpa membuat wajah makin berminyak.


Hydrating toner yang tepat untuk kulit berminyak adalah yang memiliki tekstur cair, tidak lengket, dan tentunya melembapkan. Carilah kandungan pelembap yang tidak terlalu berat, tetapi mampu menyeimbangkan kadar minyak di wajah Anda. 

Pilih kandungan toner yang sesuai dengan kondisi kulit Anda

Kulit berminyak ternyata ada banyak macamnya, lho. Sebelum membeli toner, cari tahu dahulu jenis kulit berminyak yang Anda miliki. Kemudian, pastikan bahan yang ada di dalam toner efektif mengatasi masalah kulit Anda. 

Kandungan BHA atau witch hazel, untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kandungan BHA atau witch hazel, untuk kulit berminyak dan berjerawat

Jika kondisi kulit Anda berminyak dan berjerawat, pilih toner yang bisa mengontrol produksi minyak sekaligus mencegah munculnya jerawat. Anda bisa memilih produk berbahan salicylic acid (BHA) yang dapat membersihkan pori-pori hingga ke dalam sekaligus mengurangi minyak berlebih. Kedua hal ini penting supaya kulit Anda tidak rentan berjerawat dan berkomedo. 


Anda juga bisa mencari toner yang mengandung witch hazel, teh hijau, tea tree, atau zinc. Semua bahan tersebut memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi yang efektif memerangi bakteri penyebab jerawat. Kandungan-kandungan ini juga bertugas mengecilkan pori-pori wajah dan menyamarkan luka bekas jerawat. 

Kandungan AHA atau centella, untuk kulit kombinasi cenderung berminyak

Kandungan AHA atau centella, untuk kulit kombinasi cenderung berminyak

Kulit kombinasi ditandai dengan kulit yang berminyak di daerah T dan kering di daerah U. Kondisi kulit seperti ini biasanya membuat daerah T (dahi dan hidung) memiliki pori-pori besar, mengilap, dan berminyak. Di sisi lain, daerah U (pipi dan dagu) biasanya cenderung normal hingga kering. 


Idealnya, Anda perlu menggunakan dua macam toner yang berbeda untuk kulit Anda. Namun, hal itu pasti sangat merepotkan, bukan? Agar lebih mudah, Anda bisa mencari toner yang mengandung bahan centella atau glycolid acid (AHA). Kedua bahan ini mampu mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit Anda jadi terlalu kering. Selain itu, kedua bahan ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga kulit Anda jadi lebih mudah diatur.

Kandungan yang menenangkan kulit, untuk kulit berminyak yang sensitif

Kandungan yang menenangkan kulit, untuk kulit berminyak yang sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan mudahnya kulit mengalami iritasi dan berwarna kemerahan. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif berminyak, hindarilah produk yang mengandung alkohol, paraben, atau BHA yang berlebihan. Kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit apalagi jika dipakai terlalu sering. 


Selain itu, hindari juga bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Anda juga bisa mencari bahan alami yang dapat menenangkan kulit seperti lidah buaya (Aloe vera) atau ekstrak timun. Cari tahu review produk dari pemakai lain untuk memastikan toner pilihan Anda cocok di kulit. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Sandara Jiwa Calendula Hydrating Toner

Rp 160.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi toner terbaik untuk kulit berminyak

Setelah mengetahui cara memilih toner yang tepat untuk kulit berminyak, mari simak rekomendasi produk yang kami pilih. Jangan lupa untuk memeriksa kandungan di dalamnya dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. 

10
KomposisiButylene glycol, glycerin, zinc gluconate, PEG-40 hydrogenated castor oil, witch hazel, aloe ferox leaf extract
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
9
KomposisiGlycolic acid, butylene glycol, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil, lactic acid, aloe barbadensis leaf extract
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat, kombinasi
8
KomposisiGreen tea, tartaric acid, tea tree oil, PEG-40 hydrogenated castor oil, allantoin, witch hazel
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat
7

Skin 1004Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

NA26181212088

Rp 561.000,00

KomposisiCentella asiatica extract, PHA (gluconolactone), hyaluronic acid
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitKombinasi, sensitif
6

COSRXCentella Water Alcohol-Free Toner

CXPRM0401

Rp 159.000,00

KomposisiCentella asiatica leaf water, butylene glycol, panthenol, allantoin
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitKombinasi, sensitif
5
KomposisiVolcanic ash, green tea extract, PEG-60 hydrogenated castor oil, lactic acid, butylene glycol
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat, kombinasi
4
KomposisiGlycolic acid, rosa damascena flower water, aloe barbadensis leaf water, glycerin, panax ginseng root extract, tasmannia lanceolata fruit/leaf extract, citric acid
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat, kombinasi
3

ThayersPremium Witch Hazel Rose Petal Facial Toner

7003

Rp 278.000,00

KomposisiAloe barbadensis leaf juice, glycerin, hamamelis virginiana extract (witch hazel), rose water
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat, sensitif
2
KomposisiSalicylic acid, witch hazel, citric acid, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol, niacinamide
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
1
Komposisi Glycolic acid, butylene glycol, glycerin, aloe barbadensis leaf juice, witch hazel, ginseng root extract
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak

Tabel perbandingan produk toner terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
Pixy Glow Tonic 1

Pixy

2
Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner 1

Some By Mi

3
Thayers Premium Witch Hazel Rose Petal Facial Toner 1

Thayers

4
The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution 1

The Ordinary

5
Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner 1

Innisfree

6
COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner 1

COSRX

7
Skin 1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner 1

Skin 1004

8
Vitapharm Viva Face Tonic Green Tea 1

Vitapharm

9
Emina Cosmetics Witch Power Face Toner 1

Emina Cosmetics

10
Wardah Acnederm Pore Refining Toner 1

Wardah

Nama produk

Glow Tonic

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Premium Witch Hazel Rose Petal Facial Toner

Glycolic Acid 7% Toning Solution

Jeju Volcanic Pore Toner

Centella Water Alcohol-Free Toner

Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Viva Face Tonic Green Tea

Witch Power Face Toner

Acnederm Pore Refining Toner

Keunggulan

Menenangkan kulit yang sensitif sekaligus mengeksfoliasi

Mencerahkan dan merawat kulit berjerawat hanya dalam 30 hari!

Hydrating toner yang ringan untuk kulit berjerawat

Solusi untuk kulit berjerawat yang kusam dan tidak merata

Membersihkan pori-pori maksimal, bye-bye komedo!

Membantu melembapkan kulit yang dehidrasi

Merawat kulit kombinasi berminyak sekaligus membuat awet muda

Murah, tetapi punya kualitas yang oke!

Kandungannya lembut mengeksfoliasi, cocok untuk kulit remaja

Menyamarkan bekas jerawat dan melindungi kulit dari sinar UV

HargaRp 260.000,00Rp 145.000,00Rp 278.000,00Rp 290.000,00Rp 270.000,00Rp 159.000,00Rp 561.000,00Rp 7.450,00Rp 27.500,00Rp 25.200,00
Komposisi Glycolic acid, butylene glycol, glycerin, aloe barbadensis leaf juice, witch hazel, ginseng root extractSalicylic acid, witch hazel, citric acid, glycerin, sodium hyaluronate, butylene glycol, niacinamideAloe barbadensis leaf juice, glycerin, hamamelis virginiana extract (witch hazel), rose waterGlycolic acid, rosa damascena flower water, aloe barbadensis leaf water, glycerin, panax ginseng root extract, tasmannia lanceolata fruit/leaf extract, citric acidVolcanic ash, green tea extract, PEG-60 hydrogenated castor oil, lactic acid, butylene glycolCentella asiatica leaf water, butylene glycol, panthenol, allantoinCentella asiatica extract, PHA (gluconolactone), hyaluronic acidGreen tea, tartaric acid, tea tree oil, PEG-40 hydrogenated castor oil, allantoin, witch hazelGlycolic acid, butylene glycol, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil, lactic acid, aloe barbadensis leaf extractButylene glycol, glycerin, zinc gluconate, PEG-40 hydrogenated castor oil, witch hazel, aloe ferox leaf extract
Tipe tonerExfoliating tonerExfoliating tonerHydrating tonerExfoliating tonerExfoliating tonerHydrating tonerHydrating tonerHydrating tonerExfoliating tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyakSemua jenis kulit berminyakBerjerawat, sensitifBerjerawat, kombinasiBerjerawat, kombinasiKombinasi, sensitifKombinasi, sensitifBerjerawatBerjerawat, kombinasiSemua jenis kulit berminyak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi toner lainnya di sini

Selain rekomendasi tentang toner terbaik untuk kulit berminyak, kami masih memiliki artikel lain yang berhubungan dengan toner. Kami telah menyiapkan rekomendasi tentang hydrating toner terbaik, toner terbaik untuk kulit kering, dan lain-lain. Silakan membaca artikel-artikel kami lainnya dengan cara mengeklik link di bawah ini.

Kesimpulan

Sudah menemukan produk favorit Anda dari rekomendasi di atas? Semoga artikel kami dapat membantu Anda menganalisis permasalahan kulit dan menemukan produk yang tepat. 


Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam produk. Hal ini terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif cenderung berminyak. Jika tidak cermat, kulit Anda mungkin malah makin bermasalah. Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel kami!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    631.433 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    484.796 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    175.059 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    404.613 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    246.080 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    468.640 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2020)
    Memasuki usia akhir dua puluhan, kulit akan mulai menampakkan tanda awal penuaan. Kulit Anda perlahan akan tampak kendur, kusam, kering, dan mulai bertekstur. Inilah pertanda Anda harus mulai menggunakan essence. Essence merupakan perawatan pelengkap yang biasanya dipakai setelah penggunaan toner.Essence mengandung bahan aktif yang akan mengatasi tanda penuaan. Tertarik menambahkan essence dalam skincare routine Anda? Kali ini, kami akan membahas cara memilih essence terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga menyiapkan merek terbaik, seperti Somethinc dan NPure hingga merek luar negeri, seperti Huxley. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
    3.453 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori