• 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah satu skincare yang tidak boleh dilewatkan oleh tipe kulit berminyak adalah toner. Sekarang ini sudah banyak toner untuk kulit berminyak yang juga efektif untuk mengatasi kulit berjerawat dan mengecilkan pori-pori.


Nah, kali ini kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner dan hydrating toner untuk kulit berminyak. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Bacalah rekomendasi produk yang bagus dari merk terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi di artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 250.787 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klink Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Bagaimana ciri-ciri wajah berminyak?

 Bagaimana ciri-ciri wajah berminyak?

Kulit berminyak adalah kondisi saat kelenjar kulit menghasilkan sebum atau minyak berlebih. Minyak memang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembapan, tetapi jika berlebihan justru akan menimbulkan banyak masalah. 


Wajah berminyak ditandai dengan kulit yang mengilap karena minyak, terutama pada siang hari atau saat bangun pagi. Kulit berminyak juga biasanya memiliki pori-pori yang besar, bahkan terlihat saat Anda sedang bercermin. 


Selanjutnya, sel-sel kulit mati pada kulit berminyak sulit luruh dengan sendirinya. Akibatnya, pori-pori kulit mudah tersumbat sehingga Anda rentan mengalami jerawat dan komedo. Penumpukan sel kulit mati akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan kasar. Maka dari itu, Anda membutuhkan toner untuk membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jenis kulit berminyak ditandai dengan adanya produksi sebum berlebih. Ciri-ciri kulit berminyak adalah adanya pori-pori yang tampak besar di area tengah atau bahkan di seluruh wajah. Pada jenis kulit berminyak juga sering ditemukan adanya sumbatan sebum berupa komedo. Komedo sendiri dibagi menjadi dua tipe, yaitu komedo putih (whitehead comedones) dan komedo hitam (blackhead comedones).


Biasanya, kondisi kulit berminyak dapat diamati setelah penggunaan makeup foundation. Amatilah kondisi kulit wajah setelah menggunakan makeup selama tiga jam. Jika makeup terlihat luntur atau smudged, bisa disimpulkan bahwa kondisi kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih toner untuk kulit berminyak

Untuk mencegah timbulnya lebih banyak masalah pada kulit berminyak, pilihan toner yang tepat akan sangat membantu. Di bawah ini, kami sudah merangkum poin-poin penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli toner. Perhatikan baik-baik, ya!

Perhatikan tipe toner yang Anda pilih

Ada dua tipe toner yang beredar di pasaran, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Cari tahu perbedaan keduanya dan pilih sesuai kebutuhan Anda! 

Exfoliating toner: Membantu mengangkat sel kulit mati

 Exfoliating toner: Membantu mengangkat sel kulit mati

Exfoliating toner merupakan toner yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah. Agar kotoran dan sebum berlebih tidak menutup pori-pori, eksfoliasi secara berkala sangat dibutuhkan. Selain itu, exfoliating toner juga dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan glowing


Di dalam exfoliating toner biasanya terkandung bahan-bahan kimia, seperti AHA, BHA, glycolic acid, atau salicylic acid. Namun, karena sifatnya yang cukup keras, exfoliating toner disarankan untuk dipakai cukup dua kali dalam seminggu. Jika over-exfoliating, kulit malah bisa jadi iritasi dan mengelupas.  

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Secara alami, kulit manusia mengalami proses pelepasan sel kulit mati secara berkala yang dikenal dengan istilah eksfoliasi. Namun, proses eksfoliasi alami ini sering kali mengalami gangguan pada jenis kulit berminyak. 


Sel kulit mati secara normal akan terlepas dalam bentuk serpihan halus (flakes). Namun, pada kulit berminyak, sel kulit mati sering kali menempel satu sama lain akibat adanya sebum yang berlebih. Akibatnya, sel kulit mati tidak dapat terlepas secara normal.


Saat sel kulit mati menumpuk, terjadilah sumbatan di pori-pori yang menyebabkan sebum tersumbat. Sumbatan sebum inilah yang menyebabkan timbulnya komedo. Komedo yang tidak cepat diatasi dapat mengalami radang atau inflamasi. Jika sudah begitu, komedo dapat berkembang menjadi jerawat yang merah dan membengkak.


Penggunaan exfoliating toner bisa membantu pengangkatan sel kulit mati. Saat sel kulit mati terluar diangkat melalui proses exfoliating, sumbatan pori akibat penumpukan sel kulit mati dapat dikurangi. Hal ini akan membantu mengurangi masalah komedo dan jerawat.

Hydrating toner: Membantu melembapkan kulit wajah

Hydrating toner: Membantu melembapkan kulit wajah

Banyak orang yang menganggap jika kulit berminyak tidak perlu lagi menggunakan pelembap. Padahal, kulit yang mengalami dehidrasi justru akan kehilangan kelembapan alaminya. Hal inilah yang membuat kulit Anda makin memproduksi lebih banyak minyak. Nah, jadi di sinilah peran hydrating toner untuk kulit berminyak.


Hydrating toner berfungsi untuk melembapkan wajah sekaligus mengembalikan pH alami kulit. Umumnya, hydrating toner memiliki kandungan berupa hyaluronic acid atau glycerin. Namun, ada juga kandungan lainnya, seperti centella asiatica yang dapat melembapkan tanpa membuat wajah makin berminyak.


Hydrating toner yang tepat untuk kulit berminyak adalah yang memiliki tekstur cair, tidak lengket, dan tentunya melembapkan. Carilah kandungan pelembap yang tidak terlalu berat, tetapi mampu menyeimbangkan kadar minyak di wajah Anda. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kulit yang berminyak pun perlu dijaga kelembapannya. Kelembapan ini ditandai dengan hidrasi kulit yang baik. Hidrasi kulit adalah kandungan air di dalam lapisan kulit dan sel kulit. Dengan kandungan air yang cukup, kulit akan mampu mempertahankan fungsinya dengan baik sebagai barrier.


Kulit berminyak memang ditandai dengan produksi sebum berlebih. Namun, kulit berminyak ternyata dapat bersifat kering. Kulit kering sendiri diakibatkan karena hidrasi kulit yang buruk. Karena kulit berminyak dapat mengalami kekurangan air, kulit berminyak bisa juga bersifat kering. 


Penggunaan produk yang bisa mengurangi produksi sebum atau yang bersifat exfoliating sering kali membuat kulit menjadi kering. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan pada barrier kulit. 


Gangguan barrier kulit akan menyebabkan peningkatan pelepasan air dari lapisan kulit. Proses ini dikenal dengan istilah transepidermal water loss (TEWL). Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah mengalami iritasi ataupun meradang.


Hydrating toner dapat menjadi pilihan untuk hidrasi bagi kulit berminyak. Sifat hydrating toner yang cair dan tidak lengket cocok untuk kulit berminyak. Hindari penggunaan produk hydrating yang bersifat lengket (oil based) dan menutup pori atau oklusif. Kandungan zat aktif hyaluronic acid (HA) mampu mengikat dan mempertahankan air di dalam kulit. Karena itu, kandungan ini cocok untuk tipe kulit berminyak.

Pilih kandungan toner yang sesuai dengan kondisi kulit Anda

Kulit berminyak ternyata ada banyak macamnya, lho. Sebelum membeli toner, cari tahu dahulu jenis kulit berminyak yang Anda miliki. Kemudian, pastikan bahan yang ada di dalam toner efektif mengatasi masalah kulit Anda. 

Kandungan BHA atau witch hazel, untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kandungan BHA atau witch hazel, untuk kulit berminyak dan berjerawat

Jika kondisi kulit Anda berminyak dan berjerawat, pilih toner yang bisa mengontrol produksi minyak sekaligus mencegah munculnya jerawat. Anda bisa memilih produk berbahan salicylic acid (BHA) yang dapat membersihkan pori-pori hingga ke dalam sekaligus mengurangi minyak berlebih. Kedua hal ini penting supaya kulit Anda tidak rentan berjerawat dan berkomedo. 


Anda juga bisa mencari toner yang mengandung witch hazel, teh hijau, tea tree, atau zinc. Semua bahan tersebut memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi yang efektif memerangi bakteri penyebab jerawat. Kandungan-kandungan ini juga bertugas mengecilkan pori-pori wajah dan menyamarkan luka bekas jerawat. 
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kandungan aktif beta hydroxy acid (BHA) cocok untuk acne fighter yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat. BHA dapat membantu mengurangi sumbatan dengan kemampuan eksfoliasinya.


Selain itu, BHA juga memberikan manfaat mengurangi produksi sebum, bersifat antibakteri, dan anti-inflamasi. Karena itu, ia cocok bagi acne fighter dengan jerawat tipe komedo ataupun jerawat yang sedang meradang.


Bahan aktif witch hazel memiliki keunggulan karena memiliki efek anti-inflamasi atau mengurangi peradangan. Karena itu, bahan aktif witch hazel juga cocok digunakan pada kulit yang mengalami iritasi dan jerawat yang sedang meradang.

Kandungan AHA atau centella, untuk kulit kombinasi cenderung berminyak

Kandungan AHA atau centella, untuk kulit kombinasi cenderung berminyak

Kulit kombinasi ditandai dengan kulit yang berminyak di daerah T dan kering di daerah U. Kondisi kulit seperti ini biasanya membuat daerah T (dahi dan hidung) memiliki pori-pori besar, mengilap, dan berminyak. Di sisi lain, daerah U (pipi dan dagu) biasanya cenderung normal hingga kering


Idealnya, Anda perlu menggunakan dua macam toner yang berbeda untuk kulit Anda. Namun, hal itu pasti sangat merepotkan, bukan? Agar lebih mudah, Anda bisa mencari toner yang mengandung bahan centella atau glycolid acid (AHA). Kedua bahan ini mampu mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit Anda jadi terlalu kering. Selain itu, kedua bahan ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga kulit Anda jadi lebih mudah diatur.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Glycolic acid termasuk dalam golongan alpha hydroxy acid (AHA). Kandungan ini memiliki efek sebagai exfoliating agent dan juga dapat menstimulasi pembentukan kolagen. Karena itu, glycolic acid menjadi salah satu pilihan untuk terapi anti-aging


Selain itu, glycolic acid memiliki efek perbaikan terhadap masalah hiperpigmentasi. Glycolic acid cocok untuk jenis kulit berminyak karena dapat membuat pori-pori yang besar menjadi lebih kecil.


Centella asiatica dikenal karena efek antioksidannya yang mampu melindungi kerusakan sel kulit akibat efek reaksi oksidatif. Centella asiatica juga memiliki kemampuan untuk menstimulasi kolagen sehingga menjadi salah satu bahan aktif pilihan dalam terapi anti-aging. Kandungan ini berperan dalam meningkatkan dan mempertahankan kekenyalan kulit.

Kandungan yang menenangkan kulit, untuk kulit berminyak yang sensitif

Kandungan yang menenangkan kulit, untuk kulit berminyak yang sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan mudahnya kulit mengalami iritasi dan berwarna kemerahan. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif berminyak, hindarilah produk yang mengandung alkohol, paraben, atau BHA yang berlebihan. Kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit apalagi jika dipakai terlalu sering. 


Selain itu, hindari juga bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Anda juga bisa mencari bahan alami yang dapat menenangkan kulit seperti lidah buaya (Aloe vera) atau ekstrak timun. Cari tahu review produk dari pemakai lain untuk memastikan toner pilihan Anda cocok di kulit. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kulit wajah yang sensitif ditandai dengan rasa gatal, menyengat, ataupun sensasi seperti terbakar pada kulit. Hal ini bisa juga terjadi ketika kulit sensitif mencoba skincare atau kosmetik tertentu. 


Kemerahan pada kulit wajah juga dapat muncul akibat stres, pajanan sinar matahari, ataupun makanan pedas. Dalam beberapa kasus, kulit sensitif juga tampak bersisik dan sering kali diikuti dengan penyakit kulit seperti dermatitis atau eksim.


Kulit berminyak pun bisa saja merupakan kulit sensitif. Karena itu, pilihlah bahan aktif yang memiliki efek soothing atau menenangkan kulit. Contohnya, pilihlah kandungan Aloe vera, calendula, chamomile, niacinamide, phantenol, colloidal oatmeal, licorice, green tea, dan lainnya.

10 Rekomendasi toner terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk toner terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Indah Maharani.

10

MisshaSu:nhada Calendula pH 5.5 Soothing Toner

Mulai dari Rp 499.000,00

KomposisiSodium hyaluronate, hyaluronic acid, Hedera helix (ivy) leaf/​stem extract, Theobroma cacao (cocoa) seed extract, Calendula officinalis flower extract, dll
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSensitif
9
KomposisiGalactomyces, vitamin B5, hyaluronate acid
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitKulit kombinasi
8
KomposisiButylene glycol, glycerin, 1,2-hexanediol, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate, pentylene glycol, sodium hyaluronate crosspolymer
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
7

Some By MiAHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Mulai dari Rp 140.000,00

KomposisiButylene glycol, dipropylene glycol, glycerin, niacinamide, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf water, benzyl glycol
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
6

SensatiaCalming Chamomile Facial Toner

Mulai dari Rp 160.000,00

KomposisiAloe barbadensis leaf extract, sodium citrate, citric acid, benzyl alcohol, Anthemis nobilis flower oil, Averrhoa carambola fruit extract, Carica papaya (papaya) fruit extract, Camellia sinensis leaf extract, Chamomilla recutita (matricaria) oil
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSensitif
5

RohtoHada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

Mulai dari Rp 47.000,00

KomposisiPentylene glycol, butylene glycol, gluconolactone, tranexamic acid, sodium met bisulfite, polyquaternium-51
Tipe tonerExfoliation toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
4
KomposisiPropanediol, alcohol denat., 1,2-hexanediol, citric acid, volcanic ash, titanium dioxide, lactic acid/glycolic acid copolymer
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitBerjerawat, kombinasi
3
KomposisiAloe barbadensis leaf water, snail secretion filtrate, salicylic acid, Aloe barbadensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice
Tipe tonerExfoliation toner
Untuk kondisi kulitSemua kulit berminyak
2
KomposisiGlycolic acid, sodium hydroxide, butylene glycol, glycerin, Aloe barbadensis leaf juice, Hamamelis virginiana (witch hazel) water
Tipe tonerExfoliating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak
1
KomposisiZinc gluconate, Aloe vera (leaf) extract, Hamamelis virginiana (witch hazel)
Tipe tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyak

Tabel perbandingan produk toner terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
Wardah Acnederm Pure Refining Toner 1

Wardah

2
Pixi Glow Tonic 1

Pixi

3
Benton Aloe BHA Skin Toner 1

Benton

4
Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner 2X 1

Innisfree

5
Rohto Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion 1

Rohto

6
Sensatia Calming Chamomile Facial Toner 1

Sensatia

7
Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner 1

Some By Mi

8
COSRX Hydrium Watery Toner 1

COSRX

9
Everwhite Hydrating Essence Toner 1

Everwhite

10
Missha Su:nhada Calendula pH 5.5 Soothing Toner 1

Missha

Nama produk

Acnederm Pure Refining Toner

Glow Tonic

Aloe BHA Skin Toner

Jeju Volcanic Pore Toner 2X

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

Calming Chamomile Facial Toner

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Hydrium Watery Toner

Hydrating Essence Toner

Su:nhada Calendula pH 5.5 Soothing Toner

Keunggulan

Menyamarkan bekas jerawat dan melindungi kulit dari sinar UV

Menenangkan kulit yang sensitif sekaligus mengeksfoliasi

Mengandung filtrasi lendir siput yang mencegah tanda penuaan

Butiran volcanic clay-nya ampuh membersihkan pori-pori dan mengangkat komedo!

Efektif mengangkat sel-sel kulit mati, bye-bye kulit kusam!

Toner aman untuk ibu hamil dan menyusui

Mencerahkan dan merawat kulit berjerawat hanya dalam 30 hari!

Mengandung vitamin B5 yang mengunci kelembapan kulit

Menghidrasi kulit beruntusan dengan kandungan galactomyces, vitamin B5, dan hyaluronate

Tingkat keasaman rendah, menenangkan kulit sensitif

Harga mulai dariRp 31.500,00Rp 174.000,00Rp 260.000,00Rp 250.000,00Rp 47.000,00Rp 160.000,00Rp 140.000,00Rp 225.000,00Rp 92.000,00Rp 499.000,00
KomposisiZinc gluconate, Aloe vera (leaf) extract, Hamamelis virginiana (witch hazel)Glycolic acid, sodium hydroxide, butylene glycol, glycerin, Aloe barbadensis leaf juice, Hamamelis virginiana (witch hazel) waterAloe barbadensis leaf water, snail secretion filtrate, salicylic acid, Aloe barbadensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juicePropanediol, alcohol denat., 1,2-hexanediol, citric acid, volcanic ash, titanium dioxide, lactic acid/glycolic acid copolymerPentylene glycol, butylene glycol, gluconolactone, tranexamic acid, sodium met bisulfite, polyquaternium-51Aloe barbadensis leaf extract, sodium citrate, citric acid, benzyl alcohol, Anthemis nobilis flower oil, Averrhoa carambola fruit extract, Carica papaya (papaya) fruit extract, Camellia sinensis leaf extract, Chamomilla recutita (matricaria) oilButylene glycol, dipropylene glycol, glycerin, niacinamide, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf water, benzyl glycolButylene glycol, glycerin, 1,2-hexanediol, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate, pentylene glycol, sodium hyaluronate crosspolymerGalactomyces, vitamin B5, hyaluronate acidSodium hyaluronate, hyaluronic acid, Hedera helix (ivy) leaf/​stem extract, Theobroma cacao (cocoa) seed extract, Calendula officinalis flower extract, dll
Tipe tonerHydrating tonerExfoliating tonerExfoliation tonerExfoliating tonerExfoliation tonerHydrating tonerExfoliating tonerHydrating tonerHydrating tonerHydrating toner
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit berminyakSemua jenis kulit berminyakSemua kulit berminyakBerjerawat, kombinasiSemua jenis kulit berminyakSensitifSemua jenis kulit berminyakSemua jenis kulit berminyakKulit kombinasiSensitif
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Selalu perhatikan kondisi hidrasi kulit meskipun Anda memiliki jenis kulit berminyak. Lakukan pembersihan kulit dengan pembersih yang lembut. Exfoliating toner dapat digunakan untuk mengangkat tumpukan lapisan sel kulit mati dengan frekuensi penggunaan 1–2 kali per minggu. 


Jangan lupa untuk tetap mempertahankan kelembapan kulit dengan menggunakan moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Selalu gunakan sunblock yang bersifat broad spectrum untuk perlindungan kulit dari pajanan sinar ultraviolet.

Baca juga rekomendasi toner lainnya di sini

Selain rekomendasi tentang toner terbaik untuk kulit berminyak, kami masih memiliki artikel lain yang berhubungan dengan toner. Kami telah menyiapkan rekomendasi tentang hydrating toner terbaik, toner terbaik untuk kulit kering, dan lain-lain. Silakan membaca artikel-artikel kami lainnya dengan cara mengeklik link di bawah ini.

Kesimpulan

Sudah menemukan produk favorit Anda dari rekomendasi di atas? Semoga artikel kami dapat membantu Anda menganalisis permasalahan kulit dan menemukan produk yang tepat. 


Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam produk. Hal ini terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif cenderung berminyak. Jika tidak cermat, kulit Anda mungkin malah makin bermasalah. Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel kami!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    936.323 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    524.437 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya!
    Perawatan wajah
    716.529 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.
    Perawatan wajah
    163.380 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam yang bagus harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merek terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    637.964 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Usia 40-an adalah masa ketika kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, dan kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan serum anti-aging. Namun, dari banyaknya produk serum anti-aging, manakah yang cocok untuk kulit Anda?Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih serum wajah terbaik untuk usia 40 ke atas. Rekomendasi merek serum untuk usia 40 tahun yang bagus, seperti Wardah, Olay, dan Pond's juga kami sediakan. Tak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan informasi tambahan.
    Perawatan wajah
    264.569 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang mengalami berbagai masalah kulit saat berusia 40-an. Kulit kering, noda hitam, keriput, kendur, kusam, dan pori-pori yang terbuka adalah contohnya. Untuk menghindari masalah kulit dan menjaganya agar tetap awet muda, Anda perlu menggunakan essence yang cocok bagi kulit usia 40-an.Namun, banyaknya pilihan essence yang ada di pasaran tentu akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih essence untuk Anda yang memasuki usia 40-an. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya.
    Perawatan wajah
    102.868 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori