mybest
Tanaman hias

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Dekorasi ruangan
  4. 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 5

10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]

Tanaman hias indoor mampu menciptakan nuansa alami di ruangan sehingga banyak diminati. Tak hanya untuk dekorasi, tanaman hias indoor bisa dijadikan sebagai apotek hidup hingga penyerap polutan. Beberapa jenis tanaman hias yang bagus untuk disimpan di dalam ruangan adalah monstera, rubber plant, dan lidah mertua.


Saat mencari tanaman hias indoor, Anda perlu memastikan tanamannya mudah dirawat dan bisa ditempatkan di ruangan yang minim cahaya. Untuk itu, mari pelajari cara memilih tanaman hias indoor terbaik sebelum membelinya di online shop. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora.

Diperbaharui 15/01/2024
Nickyta Eleonora
Pakar
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Nickyta adalah ahli arsitek lanskap yang memiliki pengalaman selama sembilan tahun di dunia lanskap. Beliau mempunyai pengalaman bekerja di konsultan perencana lanskap, antara lain PT Townland International dan PT AECOM Indonesia. Di Indonesia, Nickyta banyak bekerja untuk perencana lanskap di beberapa developer, antara lain Agung Sedayu, Summarecon Group, Lippo Group, dan lain-lain. Untuk tahu informasi tentang lanskap, beliau bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil Nickyta Eleonora
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor

Tak peduli seberapa besar Anda menyukai suatu jenis tanaman hias, Anda tidak bisa sembarangan meletakkan tanaman di dalam ruangan. Alih-alih mempercantik ruangan, tanaman hias tersebut bisa saja mati karena tidak sanggup hidup di dalam ruangan. Karena itu, perhatikan cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor berikut ini. 

1

Pilih berdasarkan fungsinya, dekorasi atau untuk kesehatan?

Sebelum Anda menentukan jenis tanaman hias terbaik untuk indoor, tentukan terlebih dahulu fungsi yang Anda butuhkan. Tanaman hias memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai tanaman dekoratif dan untuk kesehatan. Dengan menentukan fungsinya, Anda bisa menemukan tanaman hias terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Menggunakan tanaman hias sebagai salah satu interior ruangan memang tengah menjadi tren. Kini tanaman hias dengan bentuk unik dan populer sangat disukai untuk interior karena dapat mempercantik ruangan. Anda dapat memilih tanaman daun atau batang yang bisa diletakkan di sudut ruangan ataupun di atas meja dapur.


Salah satu jenis tanaman hias yang termasyhur dengan fungsi estetisnya adalah tanaman Monstera deliciosa atau monstera. Harganya memang cukup mahal, tetapi menjadi item wajib di rumah, kantor, dan kafe. Jika monstera kurang mengena di hati, masih banyak jenis tanaman hias lain yang tak kalah cantik untuk memperindah ruangan Anda. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam ruangan dan memiliki tampilan cantik antara lain:

  • Janda bolong (Monstera adansonii). Tanaman indoor ini sedang banyak digemari karena bentuknya yang estetis.
  • Paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum). Tanaman indoor ini dapat diletakkan sebagai penghias tembok relief di dalam ruangan.
  • Sirih gading (Philodendron epipremnum aureum). Tanaman jenis ini merupakan tanaman rambat yang dapat diletakan di dalam ruangan.
  • Philodendron jari (Philodendron selloum).
  • Lavender (Lavandula angustifolia). Tanaman indoor ini memiliki nilai estetis dan fungsi aromaterapi dari wewangian yang dihasilkannya.
  • Geranium (Pelargonium zonale). Tanaman ini juga hampir memiliki fungsi yang sama dengan lavender, tetapi dengan bunga berwarna merah.

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan sebagai pengobatan herbal

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan sebagai pengobatan herbal

Jika diperhatikan lebih jauh, ada jenis tanaman hias yang memiliki manfaat kesehatan. Anda yang tinggal di perkotaan bisa mempertimbangkan tanaman yang mampu menyerap polusi, radiasi, dan bau tak sedap.


Beberapa pilihan tanaman tersebut di antaranya adalah lidah mertua dan lidah buaya. Kedua tanaman hias ini bisa bertahan hidup dengan sedikit air dan paparan sinar matahari. Selain itu, keduanya juga mampu membersihkan udara ruangan. 


Beberapa tanaman hias indoor juga dapat dijadikan obat stroke, mag, reumatik, dan penyakit lainnya. Tak hanya penyakit, ada pula tanaman yang cocok untuk kecantikan. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan tanaman Aloe vera untuk skincare dan haircare


Opsi lainnya, Anda dapat mempertimbangkan tanaman empon-empon atau herbal sebagai tanaman indoor. Memang saat ini belum banyak yang memakainya, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba. Namun, Anda harus rutin membawanya ke luar rumah dan meletakkannya di bawah paparan sinar matahari langsung, ya. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora
Tanaman hias indoor yang dapat memberi manfaat kesehatan antara lain:
  • Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) efektif menyaring udara dari debu dan zat polutan, mulai dari karbon dioksida hingga formalin. Udara yang tersaring diganti menjadi oksigen, bahkan saat malam hari.
  • Dragon tree (Dracaena draco) direkomendasikan untuk diletakkan di dalam rumah karena dapat menyerap debu. Dengan daunnya yang panjang dan tepian berwarna-warni, Dracaena bisa mempercantik ruangan.
  • Lili paris (Chlorophytum comosum) dapat menyerap polutan kimiawi seperti formalin dan xilena (xylene).
  • Tanaman karet (Ficus elastica) juga dapat menyerap senyawa karbon monoksida.
2

Cari tanaman hias yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Cari tanaman hias yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Ini dia faktor penting yang sering diabaikan saat memilih tanaman hias terbaik untuk indoor. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah tanaman yang Anda pilih membutuhkan paparan sinar matahari langsung atau tidak. Beberapa jenis tanaman hias tidak akan tumbuh dengan baik jika tidak ditanam di bawah sinar matahari. Bisa-bisa tanaman tersebut malah mati! 


Selain itu, Anda juga harus mengecek desain rumah Anda. Tentukan terlebih dahulu di mana Anda akan meletakkan tanaman hias tersebut. Jika memang tanaman yang dipilih membutuhkan cahaya matahari, carilah lokasi yang terkena cahaya langsung, misalnya di dekat jendela. Dengan cara ini, Anda tidak akan menyiksa tanaman dengan meletakkan mereka di dalam rumah. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman indoor sebaiknya dipilih yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Beberapa tanaman, seperti palem kuning, masih dapat dikategorikan tanaman indoor. Namun, akan lebih baik apabila diletakkan secara outdoor karena memerlukan paparan matahari yang cukup.

3

Perhatikan detail perawatan tanaman

Perhatikan detail perawatan tanaman

Selain soal kebutuhan cahaya matahari, Anda juga mesti memperhatikan detail perawatan tiap jenis tanaman hias yang Anda pilih. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi penyiraman dan pemupukan


Pada umumnya, tanaman indoor tidak perlu sering-sering disiram. Anda bisa menyiramnya dalam durasi tiga hari hingga seminggu sekali. Sebagai contoh, tanaman lidah mertua dapat bertahan dalam waktu seminggu tanpa penyiraman. Sebaliknya, ada tanaman jenis lain yang harus lebih sering disiram. 


Selain itu, Anda harus memikirkan tentang frekuensi pemupukan. Jika Anda sibuk, silakan memilih tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun, apabila Anda memiliki banyak waktu, jenis tanaman hias yang bisa dipilih pun makin beragam. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek detail perawatan untuk tanaman yang akan dipilih. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Apabila Anda memilih tanaman indoor yang memiliki kebutuhan paparan matahari yang cukup, disarankan untuk meletakkannya di luar ruangan secara berkala. Kebutuhan penyiraman tanaman indoor pun perlu diperhatikan.


Ada beberapa tanaman yang tidak terlalu membutuhkan penyiraman intensitas tinggi. Biasanya tanaman yang memiliki daun tebal dan bertekstur lilin (lidah mertua, tanaman karet, dan sebagainya) tidak terlalu membutuhkan penyiraman intensitas tinggi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tanaman Hias Indoor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tanaman Hias Indoor terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 19 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis tanaman
Bentuk tanaman
Ukuran
Fungsi tanaman
Tinggi
Penyiraman
Pemupukan
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanaman
Termasuk pot
Penempatan
1

Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum)

 Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 1

Mulai dari Rp2.000,00

Agak Murah

Tanaman indoor yang bermanfaat menyegarkan dan menetralkan udara

Dedaunan

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Rutin setiap pagi

Sebulan sekali

Lili paris

Indoor, outdoor

2

Peace Lily (Spathiphyllum)

 Peace Lily (Spathiphyllum) 1

Mulai dari Rp3.000,00

Agak Murah

Kamar mandi makin kinclong dengan tanaman penghalau jamur

Bunga, sukulen

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Sehari sekali

Sebulan sekali

Peace lily

Indoor, outdoor

3

Sirih Gading

 Sirih Gading 1

Mulai dari Rp2.000,00

Agak Murah

Dapat tumbuh subur meski ditanam di media air

Dedaunan

Tanaman rambat

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Sehari sekali

Tiga bulan sekali

Sirih gading

Indoor, outdoor

4

Lidah Mertua (Sansevieria)

 Lidah Mertua (Sansevieria) 1

Mulai dari Rp5.000,00

Menengah

Sulit mati dan manfaatnya segudang, tanaman hias yang cocok untuk pemula

Sukulen

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Sehari sekali

Sebulan sekali

Lidah mertua

Indoor, outdoor

5

Philodendron Brasil

 Philodendron Brasil 1

Mulai dari Rp5.000,00

Menengah

Mempercantik ruangan dengan bentuk dan warna daunnya yang indah

Dedaunan

Tanaman rambat

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Seminggu sekali

Sebulan sekali

Philodendron Brasil

Indoor, outdoor

6

Janda Bolong Air

 Janda Bolong Air 1

Mulai dari Rp8.000,00

Menengah

Tanaman hias indoor yang estetik dan dapat menyerap racun

Dedaunan

Tanaman rambat

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Sehari sekali hingga seminggu sekali

Sebulan sekali

Janda bolong

Indoor, outdoor

7

Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra

 Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 1

Mulai dari Rp10.000,00

Agak Mahal

Tidak perlu sering-sering disirami, sangat pas untuk Anda yang sibuk

Sukulen

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi

Beragam

Seminggu sekali

Tidak perlu sering-sering

Haworthia attenuata

Indoor, outdoor

8

English Ivy (Hedera helix)

 English Ivy (Hedera helix) 1

Mulai dari Rp8.000,00

Menengah

Bisa merambat atau menjuntai seperti tirai

Dedaunan

Tanaman dalam pot, tanaman rambat

Beragam

Dekorasi

Beragam

1-2 kali per minggu

2 minggu sekali

English ivy

Indoor, outdoor

9

Rubber Plant

 Rubber Plant 1

Mulai dari Rp20.000,00

Lebih Mahal

Daunnya sering dipakai untuk pengobatan stroke

Dedaunan

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Sehari sekali

Sebulan sekali

Rubber Plant

Indoor, outdoor

10

Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva

 Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 1

Mulai dari Rp9.000,00

Agak Mahal

Bunganya menggemaskan dengan perawatan minimal

Bunga

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi

Beragam

4 hari sekali, tidak boleh terlalu basah

2-4 minggu sekali

Kalanchoe calandiva

Indoor, outdoor

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 1
Sumber: shopee.co.id
Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 2
Sumber: shopee.co.id
Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 3
Sumber: shopee.co.id
Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 4
Sumber: blibli.com
Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 5
Sumber: blibli.com
Harga referensi
Mulai dari Rp2.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.000,00
Agak Murah

Tanaman indoor yang bermanfaat menyegarkan dan menetralkan udara

Lili Paris atau spider plant termasuk ke dalam genus Chlorophytum dengan karakteristik yang bandel. Anda tak akan merasa kesusahan merawatnya, cukup siram jika tanahnya sudah kering. 


Daun jabrik dengan pinggiran berwarna putih menjadi ciri khas tanaman ini. Selain daunnya yang cantik, tanaman ini juga mampu menetralkan udara dari senyawa berbahaya. Tidak mau repot sering menyiram? Lili Paris pas untuk dipilih.

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanRutin setiap pagi
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanLili paris
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace Lily (Spathiphyllum) 1
Sumber: shopee.co.id
Peace Lily (Spathiphyllum) 2
Sumber: shopee.co.id
Peace Lily (Spathiphyllum) 3
Sumber: shopee.co.id
Peace Lily (Spathiphyllum) 4
Sumber: shopee.co.id
Peace Lily (Spathiphyllum) 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.000,00
Agak Murah

Kamar mandi makin kinclong dengan tanaman penghalau jamur

Peace lily mematahkan stereotip bahwa setiap tanaman hias dengan tampilan cantik cenderung tidak berguna sama sekali. Tanaman cantik ini memiliki kekuatan untuk mengurangi jamur dalam ruangan dan tembok rumah. Anda dapat meletakkannya di dalam kamar mandi untuk menghalau jamur. 


Dengan meletakkan tanaman ini di kamar mandi, dinding kamar mandi akan bebas dari jamur. Selain kamar mandi, Anda juga bisa meletakkannya di tempat lembap lainnya. Pilihlah pot minimalis agar ruangan terasa lapang di mana pun tanaman ditempatkan. Jika Anda memiliki alergi spora, silakan memilih tanaman hias indoor ini. 

Jenis tanamanBunga, sukulen
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSehari sekali
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanPeace lily
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.3

Sirih Gading

Sirih Gading 1
Sumber: shopee.co.id
Sirih Gading 2
Sumber: shopee.co.id
Sirih Gading 3
Sumber: blibli.com
Sirih Gading 4
Sumber: shopee.co.id
Sirih Gading 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.000,00
Agak Murah

Dapat tumbuh subur meski ditanam di media air

Jika Anda mencari tanaman hias indoor berdaun cantik yang bisa ditanam di media air, pilihlah sirih gading. Tanaman ini mudah dirawat dan dapat ditempatkan dalam berbagai kondisi cahaya. Untuk memperindah ruangan, Anda bisa menggunakan pot kaca saat menanamnya di media air.


Tanaman ini mempunyai jenis yang beragam dan merupakan tanaman yang tumbuh secara merambat. Potongan cabang tanaman ini dapat bertahan hidup apabila pangkalnya dicelupkan ke dalam air. Selain enak dipandang, sirih gading bisa menyegarkan ruangan dan membasmi racun di udara.

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman rambat
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSehari sekali
PemupukanTiga bulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanSirih gading
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.4

Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah Mertua (Sansevieria) 1
Sumber: shopee.co.id
Lidah Mertua (Sansevieria) 2
Sumber: shopee.co.id
Lidah Mertua (Sansevieria) 3
Sumber: shopee.co.id
Lidah Mertua (Sansevieria) 4
Sumber: shopee.co.id
Lidah Mertua (Sansevieria) 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah

Sulit mati dan manfaatnya segudang, tanaman hias yang cocok untuk pemula

Jika Anda masih pemula dalam berkebun, Anda bisa memilih tanaman lidah mertua. Lidah mertua dapat ditanam di bawah sinar matahari yang terik ataupun ditaruh di ruangan. Tanaman ini bahkan dapat bertahan hidup meski tidak disiram selama seminggu. Anda yang sibuk beraktivitas tak perlu sering-sering menyiramnya. 


Pola daun tanaman ini juga unik, runcing dengan pola mirip harimau. Kerennya lagi, jika ditanam di dalam ruangan, tanaman ini dapat berfungsi membersihkan udara sekaligus memasok oksigen. Di malam hari, tanaman ini dapat menyerap karbon dioksida. Tak hanya sulit mati, tanaman ini ternyata kaya manfaat! 

Jenis tanamanSukulen
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSehari sekali
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanLidah mertua
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.5

Philodendron Brasil

Philodendron Brasil 1
Sumber: shopee.co.id
Philodendron Brasil 2
Sumber: shopee.co.id
Philodendron Brasil 3
Sumber: shopee.co.id
Philodendron Brasil 4
Sumber: shopee.co.id
Philodendron Brasil 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah

Mempercantik ruangan dengan bentuk dan warna daunnya yang indah

Ingin menghiasi area dekat jendela yang terkena sinar matahari dengan tanaman hias? Pilih saja philodendron Brasil. Tanaman ini memiliki daun dengan bentuk dan warna yang unik. Daun tanaman ini berbentuk seperti hati, sedangkan warnanya berupa perpaduan hijau dan kuning.


Tak sulit merawat philodendron Brasil. Selain disiram seminggu sekali, Anda perlu meletakkannya di area yang terkena sinar matahari. Cahaya matahari penting untuk menjaga agar warna daunnya tetap indah. Namun, Anda perlu berhati-hati, tanaman ini berbahaya jika tertelan oleh manusia juga hewan. 

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman rambat
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSeminggu sekali
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanPhilodendron Brasil
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.6

Janda Bolong Air

Janda Bolong Air 1
Sumber: shopee.co.id
Janda Bolong Air 2
Sumber: shopee.co.id
Janda Bolong Air 3
Sumber: shopee.co.id
Janda Bolong Air 4
Sumber: shopee.co.id
Janda Bolong Air 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp8.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp8.000,00
Menengah

Tanaman hias indoor yang estetik dan dapat menyerap racun

Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan dapat menyerap racun. Terlebih bila rumah Anda cenderung agak pengap, meletakkan tanaman ini bisa membantu menetralisir kualitas udara. Janda bolong air adalah tanaman unik yang patut Anda miliki. Perawatannya juga sangat sederhana. 


Anda hanya perlu menanamnya ke dalam sebotol pot kaca berisi air dan daunnya akan menjuntai indah. Setelah itu, letakkan pot di atas meja atau rak dengan space yang cukup supaya daunnya mengembang sempurna. Voila! ruangan Anda tidak hanya bersih, tetapi juga indah.

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman rambat
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSehari sekali hingga seminggu sekali
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanJanda bolong
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.7

Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra

Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 1
Sumber: shopee.co.id
Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 2
Sumber: shopee.co.id
Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 3
Sumber: shopee.co.id
Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 4
Sumber: shopee.co.id
Succulent Haworthia attenuata / Tanaman zebra 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Mahal

Tidak perlu sering-sering disirami, sangat pas untuk Anda yang sibuk

Anda kesusahan menemukan kaktus hias yang ukurannya pas dengan ruangan Anda? Jika ya, produk ini adalah jawabannya. Kaktus hias ini hadir dalam beragam ukuran, mulai dari ukuran bibit hingga rimbun mencapai 25 cm. Jadi, Anda dapat lebih mudah memilih size sesuai kebutuhan. 


Perlu Anda ketahui, terlalu lama terkena sinar matahari dapat membuat daun kaktus hias ini berubah menjadi putih atau kuning. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu menjemur tanaman ini 1-2 minggu sekali. Selain itu, Anda juga tak perlu sering-sering menyiraminya. Seminggu sekali saja sudah cukup.

Jenis tanamanSukulen
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi
TinggiBeragam
PenyiramanSeminggu sekali
PemupukanTidak perlu sering-sering
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanHaworthia attenuata
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.8

English Ivy (Hedera helix)

English Ivy (Hedera helix) 1
Sumber: shopee.co.id
English Ivy (Hedera helix) 2
Sumber: shopee.co.id
English Ivy (Hedera helix) 3
Sumber: shopee.co.id
English Ivy (Hedera helix) 4
Sumber: shopee.co.id
English Ivy (Hedera helix) 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp8.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp8.000,00
Menengah

Bisa merambat atau menjuntai seperti tirai

English ivy adalah tanaman hias gantung merambat yang sangat cocok untuk taman berkonsep hanging garden. Anda bisa meletakkannya di indoor dalam sebuah pot atau merambatkannya di teralis dan tiang. Daunnya bisa menjuntai atau memanjang hingga puluhan meter. 


Tanaman ini paling suka berada di tempat yang terang, tetapi tidak terlalu panas. Jika terkena cahaya berlebihan, warna daunnya akan menjadi dominan kuning. 

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman dalam pot, tanaman rambat
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi
TinggiBeragam
Penyiraman1-2 kali per minggu
Pemupukan2 minggu sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanEnglish ivy
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.9

Rubber Plant

Rubber Plant 1
Sumber: shopee.co.id
Rubber Plant 2
Sumber: shopee.co.id
Rubber Plant 3
Sumber: blibli.com
Rubber Plant 4
Sumber: shopee.co.id
Rubber Plant 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Lebih Mahal

Daunnya sering dipakai untuk pengobatan stroke

Jika Anda mencari di online shop, tanaman karet kebo atau rubber plant sering dijual dalam bentuk daun. Usut punya usut, daun tanaman ini kabarnya efektif untuk menyembuhkan stroke. Jika ada anggota keluarga yang harus mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa menanamnya sendiri.


Letakkan tanaman dalam pot berukuran sedang di dalam ruangan agar tak memakan banyak tempat. Dengan begitu, Anda bisa memanen daunnya kapan pun dibutuhkan tanpa perlu keluar rumah. Sambil menyelam, minum air, tanaman herbal ini juga bisa membuat udara ruangan menjadi lebih fresh!

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
TinggiBeragam
PenyiramanSehari sekali
PemupukanSebulan sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanRubber Plant
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
No.10

Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva

Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 1
Sumber: shopee.co.id
Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 2
Sumber: shopee.co.id
Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 3
Sumber: shopee.co.id
Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 4
Sumber: shopee.co.id
Cocor Bebek / Kalanchoe calandiva 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp9.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp9.000,00
Agak Mahal

Bunganya menggemaskan dengan perawatan minimal

Ada banyak tanaman bunga yang mudah dirawat, salah satunya Kalanchoe calandiva atau yang kerap disebut calandiva. Tanaman ini memiliki bunga berukuran kecil yang tumbuh secara bergerombol. Bunganya bahkan dapat bertahan selama beberapa minggu. Daunnya yang tebal dan mengilap juga memiliki daya tarik tersendiri. 


Tanaman ini pas menjadi tanaman hias indoor karena daunnya justru dapat gosong jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Jadi, Anda hanya perlu meletakkannya di dekat jendela. Anda kerap lupa menyiram tanaman? Tak perlu khawatir, kalanchoe tak membutuhkan banyak air. Inilah tanaman yang tepat untuk Anda yang menginginkan tanaman bunga dengan perawatan minimal.

Jenis tanamanBunga
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranBeragam
Fungsi tanamanDekorasi
TinggiBeragam
Penyiraman4 hari sekali, tidak boleh terlalu basah
Pemupukan2-4 minggu sekali
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanKalanchoe calandiva
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all

Agar makin indah, gunakan wadah tanaman yang menarik

Agar makin indah, gunakan wadah tanaman yang menarik

Selain melihat bentuk tanamannya, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan wadah atau pot. Hal ini bertujuan agar ruangan yang dihiasi tanaman jadi makin indah dan menarik untuk disinggahi. 


Pot kaca yang transparan, seperti akuarium dengan bentuk dekoratif, bisa digunakan agar tanaman hias makin terlihat cantik. Jika Anda menginginkan tampilan yang klasik, pot dari tanah liat bisa menjadi pilihan tepat. Pot tanah liat juga bisa menjaga sirkulasi udara agar tanaman tidak membusuk.

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Ketika Anda memilih tanaman indoor yang berfungsi dapat menyerap polusi dan racun, jauhkan tanaman tersebut dari jangkauan hewan peliharaan ataupun anak-anak. Hal tersebut disebabkan tanaman ini beracun dan membahayakan kesehatan.

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Apakah Anda tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah? Selain tanaman indoor, ada juga tanaman jenis lain yang bisa Anda beli di online shop. Untuk selengkapnya, silakan baca artikelnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Siapa sangka ternyata banyak sekali jenis tanaman hias indoor yang dapat Anda pilih. Anda dapat mempercantik ruangan Anda dengan berbagai jenis tanaman indoor yang tak membutuhkan perawatan khusus. 


Ruangan yang awalnya monoton akan menjadi lebih berjiwa dengan penambahan tanaman indoor yang tepat. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan ruang tempat Anda meletakkannya. Selamat bereksperimen dan semoga menemukan tanaman yang Anda sukai!

5 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor terbaik

No. 1: Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum)

No. 2: Peace Lily (Spathiphyllum)

No. 3: Sirih Gading

No. 4: Lidah Mertua (Sansevieria)

No. 5: Philodendron Brasil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Dekorasi ruangan
  4. 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.