• 10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tanaman Hias Indoor Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)

Tanaman hias indoor mampu menciptakan nuansa alami di ruangan sehingga banyak diminati. Tak hanya untuk dekorasi, tanaman hias indoor bisa dijadikan sebagai apotek hidup hingga penyerap polutan. Beberapa jenis tanaman hias yang bagus untuk disimpan di dalam ruangan adalah monstera, rubber plant, dan lidah mertua.


Saat mencari tanaman hias indoor, Anda perlu memastikan tanamannya mudah dirawat dan bisa ditempatkan di ruangan yang minim cahaya. Untuk itu, mari pelajari cara memilih tanaman hias indoor terbaik sebelum membelinya di online shop. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nickyta Eleonora
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek Lanskap, Nickyta Eleonora

Profil pakar: Arsitek Lanskap, Nickyta Eleonora

Nickyta adalah ahli arsitek lanskap yang memiliki pengalaman selama sembilan tahun di dunia lanskap. Beliau mempunyai pengalaman bekerja di konsultan perencana lanskap, antara lain PT Townland International dan PT AECOM Indonesia.


Di Indonesia, Nickyta banyak bekerja untuk perencana lanskap di beberapa developer, antara lain Agung Sedayu, Summarecon Group, Lippo Group, dan lain-lain. Untuk tahu informasi tentang lanskap, beliau bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor

Tak peduli seberapa besar Anda menyukai suatu jenis tanaman hias, Anda tidak bisa sembarangan meletakkan tanaman di dalam ruangan. Alih-alih mempercantik ruangan, tanaman hias tersebut bisa saja mati karena tidak sanggup hidup di dalam ruangan. Karena itu, perhatikan cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor berikut ini. 

Pilih berdasarkan fungsinya, dekorasi atau untuk kesehatan?

Sebelum Anda menentukan jenis tanaman hias terbaik untuk indoor, tentukan terlebih dahulu fungsi yang Anda butuhkan. Tanaman hias memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai tanaman dekoratif dan untuk kesehatan. Dengan menentukan fungsinya, Anda bisa menemukan tanaman hias terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Menggunakan tanaman hias sebagai salah satu interior ruangan memang tengah menjadi tren. Kini tanaman hias dengan bentuk unik dan populer sangat disukai untuk interior karena dapat mempercantik ruangan. Anda dapat memilih tanaman daun atau batang yang bisa diletakkan di sudut ruangan ataupun di atas meja dapur.


Salah satu jenis tanaman hias yang termasyhur dengan fungsi estetisnya adalah tanaman Monstera deliciosa atau monstera. Harganya memang cukup mahal, tetapi menjadi item wajib di rumah, kantor, dan kafe. Jika monstera kurang mengena di hati, masih banyak jenis tanaman hias lain yang tak kalah cantik untuk memperindah ruangan Anda. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam ruangan dan memiliki tampilan cantik antara lain:

  • Janda bolong (Monstera adansonii). Tanaman indoor ini sedang banyak digemari karena bentuknya yang estetis.
  • Paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum). Tanaman indoor ini dapat diletakkan sebagai penghias tembok relief di dalam ruangan.
  • Sirih gading (Philodendron epipremnum aureum). Tanaman jenis ini merupakan tanaman rambat yang dapat diletakan di dalam ruangan.
  • Philodendron jari (Philodendron selloum).
  • Lavender (Lavandula angustifolia). Tanaman indoor ini memiliki nilai estetis dan fungsi aromaterapi dari wewangian yang dihasilkannya.
  • Geranium (Pelargonium zonale). Tanaman ini juga hampir memiliki fungsi yang sama dengan lavender, tetapi dengan bunga berwarna merah.

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan sebagai pengobatan herbal

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan sebagai pengobatan herbal

Jika diperhatikan lebih jauh, ada jenis tanaman hias yang memiliki manfaat kesehatan. Anda yang tinggal di perkotaan bisa mempertimbangkan tanaman yang mampu menyerap polusi, radiasi, dan bau tak sedap.


Beberapa pilihan tanaman tersebut di antaranya adalah lidah mertua dan lidah buaya. Kedua tanaman hias ini bisa bertahan hidup dengan sedikit air dan paparan sinar matahari. Selain itu, keduanya juga mampu membersihkan udara ruangan. 


Beberapa tanaman hias indoor juga dapat dijadikan obat stroke, mag, reumatik, dan penyakit lainnya. Tak hanya penyakit, ada pula tanaman yang cocok untuk kecantikan. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan tanaman Aloe vera untuk skincare dan haircare


Opsi lainnya, Anda dapat mempertimbangkan tanaman empon-empon atau herbal sebagai tanaman indoor. Memang saat ini belum banyak yang memakainya, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba. Namun, Anda harus rutin membawanya ke luar rumah dan meletakkannya di bawah paparan sinar matahari langsung, ya. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora
Tanaman hias indoor yang dapat memberi manfaat kesehatan antara lain:
  • Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) efektif menyaring udara dari debu dan zat polutan, mulai dari karbon dioksida hingga formalin. Udara yang tersaring diganti menjadi oksigen, bahkan saat malam hari.
  • Dragon tree (Dracaena draco) direkomendasikan untuk diletakkan di dalam rumah karena dapat menyerap debu. Dengan daunnya yang panjang dan tepian berwarna-warni, Dracaena bisa mempercantik ruangan.
  • Lili paris (Chlorophytum comosum) dapat menyerap polutan kimiawi seperti formalin dan xilena (xylene).
  • Tanaman karet (Ficus elastica) juga dapat menyerap senyawa karbon monoksida.

Cari tanaman hias yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Cari tanaman hias yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Ini dia faktor penting yang sering diabaikan saat memilih tanaman hias terbaik untuk indoor. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah tanaman yang Anda pilih membutuhkan paparan sinar matahari langsung atau tidak. Beberapa jenis tanaman hias tidak akan tumbuh dengan baik jika tidak ditanam di bawah sinar matahari. Bisa-bisa tanaman tersebut malah mati! 


Selain itu, Anda juga harus mengecek desain rumah Anda. Tentukan terlebih dahulu di mana Anda akan meletakkan tanaman hias tersebut. Jika memang tanaman yang dipilih membutuhkan cahaya matahari, carilah lokasi yang terkena cahaya langsung, misalnya di dekat jendela. Dengan cara ini, Anda tidak akan menyiksa tanaman dengan meletakkan mereka di dalam rumah. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Tanaman indoor sebaiknya dipilih yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Beberapa tanaman, seperti palem kuning, masih dapat dikategorikan tanaman indoor. Namun, akan lebih baik apabila diletakkan secara outdoor karena memerlukan paparan matahari yang cukup.

Perhatikan detail perawatan tanaman

Perhatikan detail perawatan tanaman

Selain soal kebutuhan cahaya matahari, Anda juga mesti memperhatikan detail perawatan tiap jenis tanaman hias yang Anda pilih. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi penyiraman dan pemupukan


Pada umumnya, tanaman indoor tidak perlu sering-sering disiram. Anda bisa menyiramnya dalam durasi tiga hari hingga seminggu sekali. Sebagai contoh, tanaman lidah mertua dapat bertahan dalam waktu seminggu tanpa penyiraman. Sebaliknya, ada tanaman jenis lain yang harus lebih sering disiram. 


Selain itu, Anda harus memikirkan tentang frekuensi pemupukan. Jika Anda sibuk, silakan memilih tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun, apabila Anda memiliki banyak waktu, jenis tanaman hias yang bisa dipilih pun makin beragam. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek detail perawatan untuk tanaman yang akan dipilih. 

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Apabila Anda memilih tanaman indoor yang memiliki kebutuhan paparan matahari yang cukup, disarankan untuk meletakkannya di luar ruangan secara berkala. Kebutuhan penyiraman tanaman indoor pun perlu diperhatikan.


Ada beberapa tanaman yang tidak terlalu membutuhkan penyiraman intensitas tinggi. Biasanya tanaman yang memiliki daun tebal dan bertekstur lilin (lidah mertua, tanaman karet, dan sebagainya) tidak terlalu membutuhkan penyiraman intensitas tinggi.

10 Rekomendasi tanaman hias indoor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman hias indoor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nickyta Eleonora.

10
Tinggi9–15 cm
Penyiraman3 kali per minggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
Pemupukan1 kali per bulan
9
Tinggi50–70 cm
Penyiraman2 kali per minggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsungx
Pemupukan1–2 kali per bulan
8
Tinggi15–60 cm
Penyiraman2 kali per minggu
FungsiPembersih udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsungX
Pemupukan1 kali per bulan
7
Tinggi30–100 cm
Penyiraman2 kali per minggu
FungsiMengobati stroke, mengobati mag, mengobati reumatik, pembersih udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
Pemupukan1 kali per bulan
6
Tinggi20–100 cm
Penyiraman1–2 kali per minggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
Pemupukan3–4 kali per tahun
5
Tinggi20–75 cm
Penyiraman1 kali per 2 hari
FungsiMeningkatkan kualitas udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
Pemupukan1 kali per bulan
4
Tinggi60–100 cm
Penyiraman1–2 kali per minggu
FungsiMenghaluskan rambut, merawat kulit, membersihkan udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsung✔︎
Pemupukan1 kali per bulan
3
Tinggi25–90 cm
Penyiraman2 kali per minggu
FungsiPenyerap polutan dan radiasi, dekorasi
Butuh sinar matahari langsung✔︎
Pemupukan1 kali per bulan
2
Tinggi15–65 cm
Penyiraman1 kali per 3–5 hari
FungsiPembersih udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
Pemupukan1 kali per bulan
1
Tinggi50–100 cm
Penyiraman1 kali per hari
FungsiMenambah stok oksigen, pembersih udara, dekorasi
Butuh sinar matahari langsungx
Pemupukan2 kali per bulan (pupuk NPK)

Tabel perbandingan produk tanaman hias indoor terbaik

Gambar produk
1
Sirih Gading 1

2
Peace Lily 1

3
Sansevieria trifasciata 1

4
Aloe vera 1

5
Monstera deliciosa 1

6
Pachira aquatica (Money Tree) 1

7
Rubber Plant 1

8
Curly Spider Plants 1

9
Ketapang Biola 1

10
Purple African Violets 1

Nama produk

Sirih Gading

Peace Lily

Sansevieria trifasciata

Aloe vera

Monstera deliciosa

Pachira aquatica (Money Tree)

Rubber Plant

Curly Spider Plants

Ketapang Biola

Purple African Violets

Keunggulan

Dapat tumbuh subur meski ditanam di media air

Kamar mandi makin kinclong dengan tanaman penghalau jamur

Efektif untuk membersihkan udara di ruangan

Bisa bikin homemade skincare kapan saja

Popularitasnya tak lekang oleh waktu

Batangnya lentur sampai bisa dikepang

Daunnya sering dipakai untuk pengobatan stroke

Kunci rahasia agar tembok rumah jadi lebih berwarna

Tanaman berdaun lebar dengan bentuk elegan

Kerap bad mood saat WFH? Hias meja kerja dengan African violets!

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 3.000,00Rp 10.000,00Rp 4.500,00Rp 28.500,00Rp 15.000,00Rp 35.000,00Rp 15.000,00Rp 40.000,00Rp 25.000,00
Tinggi50–100 cm15–65 cm25–90 cm60–100 cm20–75 cm20–100 cm30–100 cm15–60 cm 50–70 cm9–15 cm
Penyiraman1 kali per hari1 kali per 3–5 hari2 kali per minggu 1–2 kali per minggu1 kali per 2 hari1–2 kali per minggu 2 kali per minggu2 kali per minggu 2 kali per minggu3 kali per minggu
FungsiMenambah stok oksigen, pembersih udara, dekorasiPembersih udara, dekorasiPenyerap polutan dan radiasi, dekorasiMenghaluskan rambut, merawat kulit, membersihkan udara, dekorasiMeningkatkan kualitas udara, dekorasiDekorasi Mengobati stroke, mengobati mag, mengobati reumatik, pembersih udara, dekorasiPembersih udara, dekorasiDekorasiDekorasi
Butuh sinar matahari langsungx×✔︎✔︎×××Xx×
Pemupukan2 kali per bulan (pupuk NPK)1 kali per bulan1 kali per bulan1 kali per bulan1 kali per bulan3–4 kali per tahun1 kali per bulan1 kali per bulan1–2 kali per bulan1 kali per bulan
Tautan produk

Agar makin indah, gunakan wadah tanaman yang menarik

Agar makin indah, gunakan wadah tanaman yang menarik

Selain melihat bentuk tanamannya, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan wadah atau pot. Hal ini bertujuan agar ruangan yang dihiasi tanaman jadi makin indah dan menarik untuk disinggahi. 


Pot kaca yang transparan, seperti akuarium dengan bentuk dekoratif, bisa digunakan agar tanaman hias makin terlihat cantik. Jika Anda menginginkan tampilan yang klasik, pot dari tanah liat bisa menjadi pilihan tepat. Pot tanah liat juga bisa menjaga sirkulasi udara agar tanaman tidak membusuk.

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Ketika Anda memilih tanaman indoor yang berfungsi dapat menyerap polusi dan racun, jauhkan tanaman tersebut dari jangkauan hewan peliharaan ataupun anak-anak. Hal tersebut disebabkan tanaman ini beracun dan membahayakan kesehatan.

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Apakah Anda tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah? Selain tanaman indoor, ada juga tanaman jenis lain yang bisa Anda beli di online shop. Untuk selengkapnya, silakan baca artikelnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Siapa sangka ternyata banyak sekali jenis tanaman hias indoor yang dapat Anda pilih. Anda dapat mempercantik ruangan Anda dengan berbagai jenis tanaman indoor yang tak membutuhkan perawatan khusus. 


Ruangan yang awalnya monoton akan menjadi lebih berjiwa dengan penambahan tanaman indoor yang tepat. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan ruang tempat Anda meletakkannya. Selamat bereksperimen dan semoga menemukan tanaman yang Anda sukai!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bingkai foto atau pigura merupakan salah satu benda untuk memajang foto kenangan berbagai momen penting agar terlihat makin menarik. Ada banyak tipe dan ukuran bingkai foto yang beredar di pasaran, mulai dari ukuran 2R sampai A10. Namun, variasi dan desain yang beragam mungkin jadi menyulitkan Anda menentukan pilihan, bukan?Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi bingkai foto terbaik. Beragam bingkai foto berkualitas akan Anda temukan, menentukan produk yang paling tepat pun terasa makin mudah. Segera baca artikel ini selengkapnya untuk menemukan produk yang tepat!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Jam Meja Analog Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Meja Analog Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jam adalah benda yang akan sering dilihat dalam sehari. Jenis jam pun ada bermacam-macam, seperti jam dinding dan jam meja. Tidak hanya itu, jam pun terbagi lagi menjadi tipe analog dan digital. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai jam meja bertipe analog. Anda akan menemukan berbagai produsen jam seperti Seiko, TXL, dan sebagainya.Begitu banyaknya desain jam yang terlihat menarik di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Tenang saja karena kami akan menjelaskan poin memilihnya serta memberikan rekomendasi produk terbaik pilihan kami. Dengan desain jam yang cantik, tentu akan membuat tampilan meja Anda juga semakin menarik!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik Berbahan Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik Berbahan Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    Rasanya, tiap rumah hampir pasti mempunyai jam, baik itu jam dinding maupun jam yang diletakkan di atas meja. Seperti yang Anda ketahui, jam meja biasanya dijadikan sebagai bagian dari interior untuk mempercantik ruangan. Di antara banyaknya pilihan jam di pasaran, memilih jam meja berbahan kayu unik tentu akan memberikan aksen tersendiri.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh jam meja berbahan kayu beserta keunggulannya masing-masing. Terdapat beberapa merek, seperti SEIKO dan Karlsson. Namun, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai cara memilih jam meja kayu agar Anda tidak salah menentukan pilihan. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kamar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hiasan Kamar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi orang Indonesia, kamar adalah tempat untuk tidur dan bersantai. Untuk itu, tidak salah bila Anda ingin menghiasi kamar dengan beragam benda yang diinginkan. Mulai dari bantal, selimut, lampu meja, bahkan tanaman hias bisa Anda gunakan untuk dekorasi kamar tidur.Kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hiasan kamar yang bagus untuk Anda. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menentukan benda yang ingin segera Anda miliki. Pilihlah hiasan favorit dan jadikan kamar Anda terasa makin cozy dan personal!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gorden atau tirai jendela berperan penting untuk menjadikan ruangan makin menawan dan terjaga privasinya. Tidak hanya itu, gorden juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah masuknya cahaya ke dalam ruangan. Selain warna dan model gorden yang beragam, transparansinya pun berbeda satu sama lain.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi gorden terbaik. Anda akan menemukan rekomendasi gorden berkualitas tinggi dalam artikel ini, termasuk produk keluaran IKEA dan Univers. Mari simak penjelasan berikut ini dan dapatkan gorden dengan harga yang sesuai kantong!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bantal Couple Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Couple Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal couple lazim dihadiahkan saat anniversary bersama pasangan atau ketika ada kerabat yang menikah. Harga bantal couple berbeda-beda, tergantung ukuran, bahan, dan desain bantal couple itu sendiri. Beragam desain bantal couple yang bagus dapat Anda temukan di toko-toko online.Agar Anda makin mudah memilih produk, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi bantal couple terbaik. Bantal couple wedding, bantal couple unik, bantal foto couple, serta beragam bantal couple estetik lainnya akan Anda temukan. Yuk, baca artikelnya dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Jam Dinding IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Dinding IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merk IKEA tidak pernah berhenti berinovasi menghasilkan produk-produk yang bagus. Kali ini, kami akan membahas mengenai jam dinding IKEA. Harga jam dinding IKEA sendiri tergolong murah dan pastinya dapat mempercantik ruangan Anda. Namun, mungkin saja Anda bingung menentukan produk yang pas, bukan?Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk jam dinding IKEA terbaik pilihan kami. Jam dinding IKEA putih, misalnya IKEA Stomma akan Anda temukan di sini. Selain itu, jam dinding besar IKEA juga ada dalam daftar rekomendasi. Segera simak artikel ini selengkapnya, yuk!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Pagar Minimalis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pagar Minimalis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hunian minimalis tidak hanya sekadar desain, tetapi sudah menjadi gaya hidup sebagian generasi milenial. Salah satu dekorasi yang tak boleh terlewatkan untuk menonjolkan kesan modern minimalis adalah pagar. Bila Anda sedang mencari inspirasi mengenai pagar minimalis, artikel ini sebaiknya tidak Anda lewatkan.Pasalnya, kami akan membahas tentang cara memilih pagar minimalis yang bagus. Beragam pagar minimalis dari berbagai merek pun akan kami ulas untuk Anda. Pagar minimalis dengan warna dan corak yang bervariasi untuk diletakkan di area outdoor atau indoor, semuanya tersedia. Scroll dan baca artikel ini sampai usai, ya.
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Motif Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Motif Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu desain wallpaper dinding yang paling laris di pasaran baru-baru ini adalah motif bunga. Oleh sebab itu, banyak produsen menciptakan wallpaper dinding dengan beragam motif bunga yang cantik. Bila Anda sedang ingin mendekorasi dinding di hunian Anda dengan wallpaper bergambar bunga, artikel ini tepat untuk Anda.Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang cara memilih wallpaper dinding motif bunga yang bagus. Kami juga akan mengulas sepuluh produk dari pelbagai merek terbaik seperti BOBI. Simak artikel ini hingga akhir dan temukan wallpaper dinding motif bunga kesukaan Anda.
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemasangan perlak lantai dapat membuat ruangan terlihat makin rapi dan menarik. Di pasaran, perlak lantai tersedia dalam beragam motif yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan. Mulai dari perlak untuk ruangan bertema minimalis hingga kamar anak yang ceria dapat Anda beli secara online. Namun, banyaknya bervariasi perlak lantai mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas rekomendasi perlak lantai terbaik beserta cara memilihnya. Perlak lantai yang bagus, seperti motif kayu, keramik, dan karakter akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simaklah artikel ini sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Dibandingkan keramik biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Lantai granit juga tidak licin, membuatnya makin aman digunakan. Warna dan motif granit pun bagus dan beragam. Tak heran, granit menjadi favorit untuk mempercantik interior atau eksterior rumah.Di artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih lantai granit yang bagus, serta rekomendasi produk granit lantai terbaik. Kami akan mengulas kualitas dan harga lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Simak artikelnya sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan atap transparan pada hunian tidak hanya memberikan pencahayaan alami, tetapi juga membuat hunian berkesan modern. Tak heran jika penggunaan atap transparan makin diminati. Jenis dan merek atap transparan pun makin beragam dengan keunggulannya masing-masing. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan atap transparan di hunian Anda? Pada artikel kali ini, kami memberikan tips memilih atap transparan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk atap transparan yang bagus untuk Anda. Selamat membaca dan menentukan atap transparan yang cocok untuk Anda! 
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto saat acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto yang bagus untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk dari merek kenamaan, seperti iCreate.id dan Picora ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Pastikan untuk membaca sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain wallpaper, pemasangan plafon dapat menjadi item yang dapat mengubah suasana ruangan. Salah satu material plafon yang dapat Anda pilih adalah PVC. Plafon PVC dapat digunakan di ruang tamu, kamar tidur, serta ruangan lainnya. Desainnya pun sangat beragam, mulai dari plafon PVC motif awan, motif kayu, minimalis, hingga bernuansa mewah. Kami akan mengulas cara memilih plafon PVC yang bagus untuk ruangan Anda. Tak lupa, terdapat rekomendasi plafon PVC terbaik dari sejumlah merek, seperti Bringhome dan Eva Plafon. Simak tips dari kami dan dapatkan produk yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Maneki Neko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maneki Neko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apa itu kucing hoki? Kucing hoki atau biasa disebut dengan maneki neko adalah pajangan berbentuk kucing berbahan keramik atau plastik. Maneki neko dipercaya membawa keberuntungan dan biasa dipajang di tempat usaha atau rumah. Jika Anda berencana membeli maneki neko, artikel ini sebaiknya tidak Anda lewatkan.Kami akan membahas cara memilih maneki neko yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi maneki neko dengan beragam warna dan model dari berbagai macam merk. Dengan begitu, Anda pun bisa segera membeli maneki neko melalui Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, yuk!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori