• 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020)

Sudah bukan rahasia jika tanaman hias mampu menciptakan nuansa alami di ruangan. Makanya, tanaman hias untuk indoor pun banyak diburu. Menariknya, tanaman hias tak hanya berfungsi sebagai benda dekorasi. Anda bisa menemukan tanaman hias indoor untuk apotek hidup atau yang berfungsi sebagai pembersih udara.


Beberapa jenis tanaman hias terbaik untuk indoor adalah monstera, rubber plant, dan lidah mertua. Selain ketiga tanaman hias populer ini, kami juga memilih tanaman hias terbaik untuk indoor lainnya. Mari kita pelajari terlebih dahulu cara memilih dan baru membelinya di online shop

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Haya Aliya Zaki
Mutia Nurul Rahmah
Rizky Ashyanita
  • Pembaharuan terakhir: 03 Juni 2020
  • 1.755 Views
Daftar isi

Cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor

Tak peduli seberapa besar Anda menyukai suatu jenis tanaman hias, kita tidak bisa sembarangan meletakkan tanaman di dalam ruangan, lho. Alih-alih mempercantik ruangan, tanaman hias tersebut bisa saja mati karena tidak bisa hidup di dalam ruangan. Makanya, perhatikan cara memilih tanaman hias terbaik untuk indoor berikut ini. 

Pilih berdasarkan fungsinya, dekorasi atau untuk kesehatan?

Sebelum Anda menentukan jenis tanaman hias terbaik untuk indoor, tentukan terlebih dahulu apa fungsinya. Tanaman hias memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai tanaman dekoratif dan ada pula yang untuk kesehatan. Dengan menentukan apa fungsinya, Anda bisa menemukan tanaman hias terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Dekorasi: Tampilannya cantik dan bisa diletakkan di mana saja

Menggunakan tanaman hias sebagai salah satu interior ruangan memang tengah menjadi tren! Kini, tanaman hias dengan bentuk unik dan populer sangat disukai untuk interior karena dapat mempercantik ruangan. Anda dapat memilih tanaman daun atau batang yang bisa diletakkan di sudut ruangan ataupun di atas meja dapur! 


Salah satu jenis tanaman hias yang termasyhur dengan fungsi estetisnya adalah tanaman Monstera deliciosa atau monstera. Harganya memang cukup mahal, tetapi menjadi item wajib di rumah, kantor, dan kafe. Jika monstera kurang mengena di hati, masih banyak jenis tanaman hias lain yang tak kalah cantik untuk memperindah ruangan Anda. 

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan pengobatan herbal

Kesehatan: Membersihkan ruangan dan pengobatan herbal

Jika diperhatikan lebih jauh, ada jenis tanaman hias yang memiliki manfaat kesehatan. Anda yang tinggal di perkotaan bisa mempertimbangkan tanaman yang mampu menyerap polusi, radiasi, dan bau tak sedap. Beberapa pilihan tanaman tersebut di antaranya adalah lidah mertua dan lidah buaya. Kedua tanaman hias ini tak hanya bisa bertahan hidup dengan sedikit air dan paparan sinar matahari, tetapi juga mampu membersihkan udara ruangan. 


Selain itu, beberapa tanaman hias indoor dapat dijadikan obat stroke, mag, rematik, dan penyakit lainnya. Tak hanya penyakit, ada pula tanaman yang cocok untuk kecantikan. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan tanaman Aloe vera untuk skincare dan haircare


Opsi lainnya, Anda bisa mempertimbangkan tanaman empon-empon atau herbal sebagai tanaman indoor. Memang saat ini belum banyak yang memakainya, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba. Namun, Anda harus rutin membawanya ke luar rumah dan meletakkannya di bawah paparan sinar matahari langsung, ya. 

Cari yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Cari yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung

Ini dia faktor penting yang sering diabaikan saat memilih tanaman hias terbaik untuk indoor. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah tanaman yang Anda pilih membutuhkan paparan sinar matahari langsung atau tidak. Pasalnya, beberapa jenis tanaman hias tidak akan tumbuh dengan baik jika tidak ditanam di bawah sinar matahari. Parahnya, tanaman tersebut bisa sampai mati! 


Selain itu, Anda juga harus mengecek desain rumah Anda. Tentukan terlebih dahulu di mana Anda akan meletakkan tanaman hias tersebut. Jika memang tanaman yang dipilih membutuhkan cahaya matahari, carilah lokasi yang terkena cahaya langsung seperti di dekat jendela. Dengan cara ini, Anda tidak akan menyiksa tanaman dengan meletakkan mereka di dalam rumah. 

Perhatikan detail perawatan tanaman

Perhatikan detail perawatan tanaman

Selain soal kebutuhan cahaya matahari, Anda juga mesti memperhatikan detail perawatan tiap jenis tanaman yang Anda pilih. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi penyiraman dan pemupukan. 


Pada umumnya, tanaman indoor tidak perlu sering-sering disiram. Anda bisa menyiramnya dalam durasi tiga hari hingga seminggu sekali. Misalnya, tanaman lidah mertua dapat bertahan dalam waktu seminggu tanpa penyiraman. Ada juga tanaman jenis lain yang harus lebih sering disiram. Lalu, Anda juga harus memikirkan tentang frekuensi pemupukan. 


Jika Anda sibuk, silakan untuk memilih tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun, apabila Anda memiliki banyak waktu, jenis tanaman hias yang bisa dipilih pun makin beragam. Makanya, pastikan Anda mengecek detail perawatan untuk tanaman yang akan dipilih. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

MendekorRonge Monstera Sintetis Tanaman Artifisial

Rp 229.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi tanaman hias terbaik untuk indoor

Setelah membawa penjelasan di atas, ternyata kita tidak bisa sembarangan dalam memilih tanaman hias untuk indoor. Untuk menekan risiko salah pilih, pertimbangan sepuluh tanaman hias terbaik untuk indoor di bawah ini. Kami sudah memilihnya spesial untuk Anda yang sedang hunting tanaman indoor di online shop

10
Tinggi15 cm - 60 cm
Penyiraman2 kali seminggu
FungsiPembersih udara dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsungX
9
Tinggi50 cm - 100 cm
Penyiraman2 hari sekali
FungsiMeningkatkan kualitas udara dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
8
Tinggi15 cm - 60 cm
Penyiraman3-5 hari sekali
FungsiPembersih udara dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
7
Tinggi25 cm - 100 cm
Penyiraman2 kali seminggu
FungsiPenyerap polutan, radiasi, dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung✔︎
6
Tinggi15 cm - 35 cm
Penyiraman1 kali seminggu
FungsiMeningkatkan kualitas udara dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
5
Tinggi30 cm - 100 cm
Penyiraman2 kali seminggu
FungsiMengobati stroke, mag, rematik, pembersih udara, dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
4
Tinggi60 cm - 100 cm
Penyiraman1-2 kali seminggu
FungsiMenghaluskan rambut, merawat kulit, membersihkan udara, dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung ✔︎
3
Tinggi10 cm - 100 cm
Penyiraman1-2 kali seminggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
2
Tinggi40 cm - 60 cm
Penyiraman3 kali seminggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsung×
1
Tinggi50 cm - 100 cm
Penyiraman2 kali seminggu
FungsiDekorasi
Butuh sinar matahari langsung ✔︎

Tabel perbandingan produk tanaman hias terbaik untuk indoor

Gambar produk
1
Ketapang Biola 1

2
Purple African Violets 1

3
Pachira Aquatica Kepang Tiga 1

4
Aloe Vera 1

5
Rubber Plant 1

6
Guzmania Merah 1

7
Sansevieria Trifasciata 1

8
Peace Lily 1

9
Monstera Deliciosa 1

10
Curly Spider Plants 1

Nama produk

Ketapang Biola

Purple African Violets

Pachira Aquatica Kepang Tiga

Aloe Vera

Rubber Plant

Guzmania Merah

Sansevieria Trifasciata

Peace Lily

Monstera Deliciosa

Curly Spider Plants

Keunggulan

Tak hanya indoor, bisa juga ditanam outdoor!

Suka bad mood saat WFH? Hias meja kerja dengan African violets!

Batangnya lentur sampai bisa dikepang

Bisa bikin homemade skincare kapan saja

Daunnya sering dipakai untuk pengobatan stroke

Pakai tanaman asal benua Amerika ini untuk parcel acara spesial

Efektif untuk membersihkan udara di ruangan

Kamar mandi makin kinclong dengan tanaman penghalau jamur

Popularitasnya tak lekang oleh waktu

Kunci rahasia tembok rumah jadi lebih berwarna

HargaRp 25.000,00Rp 18.500,00Rp 15.000,00Rp 3.000,00Rp 25.000,00Rp 15.000,00Rp 10.000,00Rp 5.000,00Rp 28.500,00Rp 15.000,00
Tinggi50 cm - 100 cm40 cm - 60 cm 10 cm - 100 cm60 cm - 100 cm30 cm - 100 cm15 cm - 35 cm25 cm - 100 cm15 cm - 60 cm50 cm - 100 cm15 cm - 60 cm
Penyiraman2 kali seminggu3 kali seminggu1-2 kali seminggu 1-2 kali seminggu2 kali seminggu1 kali seminggu2 kali seminggu 3-5 hari sekali 2 hari sekali2 kali seminggu
FungsiDekorasiDekorasiDekorasi Menghaluskan rambut, merawat kulit, membersihkan udara, dan dekorasiMengobati stroke, mag, rematik, pembersih udara, dan dekorasiMeningkatkan kualitas udara dan dekorasiPenyerap polutan, radiasi, dan dekorasiPembersih udara dan dekorasiMeningkatkan kualitas udara dan dekorasiPembersih udara dan dekorasi
Butuh sinar matahari langsung ✔︎××✔︎××✔︎××X
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Apakah Anda tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah? Selain tanaman indoor, ada juga tanaman jenis lain yang bisa Anda beli di online shop. Silakan untuk membeli pelbagai jenis tanaman gantung yang bisa mempercantik tembok rumah Anda. Namun, jika Anda adalah seorang beginner, paling aman untuk membeli tanaman hias yang mudah dirawat. Untuk selengkapnya, silakan baca penjelasannya di bawah ini. 

Kesimpulan

Siapa sangka ternyata banyak sekali jenis tanaman hias indoor yang dapat Anda pilih. Kini, Anda dapat mempercantik ruangan Anda dengan berbagai jenis tanaman indoor yang tak membutuhkan perawatan khusus. Ruangan yang awalnya monoton akan menjadi lebih berjiwa dengan penambahan tanaman indoor yang tepat. Selamat bereksperimen dan semoga menemukan tanaman yang cocok dengan konsep ruangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman, rak bunga pun dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah. Namun, banyaknya jenis rak bunga mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam memilihnya.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga terlebih dahulu. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda, salah satunya keluaran IKEA. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menentukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Interior, furnitur
    83.014 Views
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kasur yang Anda gunakan setiap hari sangatlah mempengaruhi kualitas tidur. Jika Anda malah merasa lelah dan pegal ketika bangun, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras yang diproduksi oleh berbagai produsen seperti Uniland, Elite, IKEA, dan sebagainya. Kasur dengan kriteria seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kasur matras yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kasur yang mudah Anda dapatkan secara online. Nah, mari simak informasi selengkapnya dan tentukan pilihan Anda!
    Interior, furnitur
    72.497 Views
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto di acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Beragam bingkai foto berkualitas ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Mari simak selengkapnya dan temukan produk bingkai foto yang cocok untuk Anda!
    Interior, furnitur
    30.186 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Interior, furnitur
    49.870 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Interior, furnitur
    20.564 Views
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemilihan meja belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa brand yang varian meja belajarnya terjamin kualitasnya, seperti dari Ikea, Funika, dan Infinity.Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Yuk, dibaca!
    Interior, furnitur
    29.579 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Santai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kursi Santai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas, kursi santai dapat membuat Anda menghabiskan waktu istirahat dengan nyaman. Anda dapat mengistirahatkan punggung Anda dengan menyandarkannya pada sandaran kursi yang empuk, atau meluruskan kaki Anda agar aliran darah kembali lancar.Ada berbagai macam kursi santai di pasaran, ada yang bisa dilipat, yang memiliki sandaran kursi yang tinggi, atau yang mempunyai sandaran kaki terpisah. Kali ini kami akan merekomendasikan kursi santai dengan sandaran kursi yang tinggi yang dapat membuat punggung Anda beristirahat dengan nyaman. Mari simak lebih lanjut!
    Interior, furnitur
    5.937 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori