• 10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Selai Coklat yang Enak - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Selai cokelat merupakan salah satu rasa selai terfavorit. Selain cocok dioles pada roti, selai cokelat juga pas digunakan sebagai olesan kue, biskuit, juga martabak. Menariknya, variasi selai cokelat juga beragam di pasaran. Anda dapat memilih selai cokelat biasa sampai selai yang crunchy.

 
Kali ini, kami akan memberikan tips memilih selai cokelat yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk selai cokelat terbaik. Anda dapat menemukan selai coklat dari merek-merek yang bagus, seperti Ceres, Goldenfil, juga Nutella. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Simak terus, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Stella Permata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata
Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.
Stella Permata
Pastry instructor
Stella Permata

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih selai coklat

Ada beragam jenis selai cokelat di pasaran. Selai cokelat seperti apa yang perlu Anda pilih? Berikut tips dari kami untuk memilih selai cokelat terbaik.

Pilih berdasarkan kandungan coklat dan rasanya

Pilih berdasarkan kandungan coklat dan rasanya

Meski terlihat sama, kandungan cokelat dalam selai cokelat beragam. Perbedaan kandungan ini akan memengaruhi rasanya. Selai dengan kandungan kakao di atas 70% memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Pas jika Anda kurang menyukai selai dengan rasa yang sangat manis.

 
Lain lagi jika Anda memang menyukai makanan manis. Anda dapat memilih selai cokelat dengan kandungan kakao di bawah 70%. Makin tinggi kandungan cokelat, maka akan semakin intens juga rasanya. Campuran bahan lain dalam selai cokelat seperti susu dan gula akan membuat rasanya menjadi lebih manis. Pasangan sempurna untuk roti tawar.

Tentukan berdasarkan kombinasinya dengan bahan lain

Tentukan berdasarkan kombinasinya dengan bahan lain

Di pasaran, Anda tak hanya dapat menemukan selai cokelat biasa. Banyak pula produsen yang mengombinasikan kelezatan cokelat dengan aneka bahan lain seperti kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang yang biasa digunakan sebagai kombinasi dengan selai cokelat adalah hazelnut, almon, dan kenari.


Tak cuma lezat, penambahan kacang-kacangan pada selai cokelat juga menambah nilai gizinya. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein nabati. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan vitamin dan mineral. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, jenis selai cokelat seperti ini perlu Anda hindari.

 
Selain kacang-kacangan, bahan populer lain yang ditambahkan pada selai cokelat adalah malt. Malt adalah biji-bijian serealia yang dikeringkan. Bahan tambahan ini dapat memberikan sensasi crunchy pada selai cokelat. Selain membuat selai cokelat makin enak, malt juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan asam amino

Perhatikan kandungan zat aditifnya

Perhatikan kandungan zat aditifnya

Selai cokelat bisa jadi ditambahkan zat aditif seperti pengawet, perasa tambahan, juga pewarna buatan. Kandungan zat aditif seperti ini tidak sepenuhnya buruk. Terlebih jika produk yang Anda pilih sudah lolos uji BPOM karena kandungan zat aditifnya masih aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, Anda tetap perlu membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.


Jika Anda ragu dengan kandungan zat aditif seperti ini, Anda dapat memilih produk yang bebas dari zat aditif. Jenisnya pun beragam, ada yang bebas dari zat pengawet ataupun bebas dari pemanis buatan. Pastikan kandungannya dengan memeriksa label pada kemasannya. Selain memastikan kandungan zat aditif, memeriksa label juga penting untuk mengetahui kandungan bahan lain yang mungkin memicu alergi.

Pilih berdasarkan kalorinya

Pilih berdasarkan kalorinya

Lezat dan manisnya selai cokelat memang susah ditolak. Namun, Anda perlu membatasi konsumsinya sebab kandungan gula dan kalori dalam selai cokelat cukup tinggi. Dua sendok makan selai cokelat (37 gram) mengandung 21 gram gula dan 200 kalori. Padahal, batas anjuran maksimal konsumsi gula untuk orang dewasa adalah 50 gram sehari. Agar makin aman, cek kandungan gula dan kalori pada selai yang Anda pilih.

Jika Anda tengah menjalani program diet untuk mengendalikan berat badan, sebaiknya pilih selai cokelat yang rendah kalori. Produk seperti ini cukup banyak di pasaran sehingga Anda tetap bisa menikmati selai cokelat meski tengah berdiet. Selai cokelat rendah kalori dan gula juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati selai cokelat yang lebih sehat.

Pertimbangkan kemasan dan berat bersihnya

Pertimbangkan kemasan dan berat bersihnya

Selai cokelat dijual dalam beragam jenis kemasan. Kebanyakan berupa botol kaca yang cukup tebal dan khas. Ada pula beberapa produk yang dijual dalam botol plastik yang lebih tahan banting. Anda dapat memilih kemasan seperti ini jika tak menyukai produk dalam botol kaca yang rawan pecah. Selain kedua jenis kemasan ini, kemasan lain yang cukup populer adalah bucket plastik berukuran besar.

 
Ukuran selai cokelat juga sangat bervariasi. Kebanyakan produk untuk konsumsi keluarga kecil berukuran antara 150 gram sampai 350 gram. Namun, terdapat pula produk selai cokelat yang dijual dalam ukuran satu kilogram, bahkan lima kilogram. Produk seperti ini biasanya ditujukan untuk home industry seperti untuk isian donat, kue, atau martabak manis. Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan. 

10 Rekomendasi selai coklat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selai coklat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 22 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Ceres Choco Spread Hazelnut Duo menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Goldenfil Selai Choco Crunchy 1 kg memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.

Gambar produk
1
Goldenfil Selai Choco Crunchy 1 kg 1

Goldenfil

2
Ferrero Nutella 1

Ferrero

3
Wander AG Ovomaltine Crunchy Cream 1

Wander AG

4
Nutrifood Tropicana Slim Chocolate Spread 1

Nutrifood

5
Elmer Crunchy Chocomaltine 1

Elmer

6
Morinfoods Morin Chocolate Peanut 1

Morinfoods

7
Crumpy Duo Hazelnut Spread 1

Crumpy

8
Delfi Ceres Spread Choco Hazelnut 1

Delfi

9
Gandum Mas Kencana Colatta Chocolate Spread Dark 220 g 1

Gandum Mas Kencana

10
Asa Antara Nusa Timurasa Kenari Nuts Spread With Dark Cocoa 1

Asa Antara Nusa

Nama produk

Selai Choco Crunchy 1 kg

Nutella

Ovomaltine Crunchy Cream

Tropicana Slim Chocolate Spread

Crunchy Chocomaltine

Morin Chocolate Peanut

Duo Hazelnut Spread

Ceres Spread Choco Hazelnut

Colatta Chocolate Spread Dark 220 g

Timurasa Kenari Nuts Spread With Dark Cocoa

Keunggulan

Selai coklat satu kilo yang harganya ramah di kantong

Rasanya autentik, bebas pengawet dan pewarna buatan pula!

Sensasi crunchy dan creamy yang siap memanjakan lidah

Selai coklat rendah kalori dengan sensasi crunchylicious

Selai coklat crunchy premium yang hadirkan varian 1 kg

Pilihan tepat untuk penggemar coklat dan kacang

Nikmati istimewanya coklat Belgia dalam bentuk selai

Selai coklat legit untuk si penyuka makanan manis

Rasa coklatnya intens berkat kandungan dark chocolate

Rendah gula dan cocok untuk diet dengan bahan asli Indonesia

Harga mulai dariRp 49.400,00Rp 29.899,00Rp 42.000,00Rp 92.400,00Rp 25.000,00Rp 23.400,00Rp 42.400,00Rp 30.900,00Rp 24.900,00Rp 50.000,00
Isi1 kg180 gram, 350 gram, 750 gram, 3 kg230 gram, 380 gram, 680 gram300 gram250 gram, 500 gram, 1 kilogram150 gram, 250 gram400 gram200 gram, 350 gram220 gram200 gram
KomposisiTidak disebutkan Gula, minyak sawit, kacang hazel (13%), bubuk susu skim (8,7%), cokelat rendah lemak (7,4%), pengemulsi: lesitin (kedelai), vanili33% malted beverage powder Ovomaltine (Barley malt extract, condensed skimmed Milk, condensed Milk permeate, 13.3% fat-reduced cocoa powder, sugar, fructose, dan sebagainyaPasta cokelat dengan kandungan pemanis alami maltitol dan susu, malt crunchy 9%, garam NaCL, perisa sintetikTidak disebutkanGula, minyak nabati mengandung antioksidant tokoferol, askorbil palmitat, kacang tanah 28, kakao bubuk 11, susu skim bubuk, pengemulsi nabati lesitin, garam, perisa arfisial vanili mengandung bahan alegan kacang tanah, susu kacang kedelai.Tidak disebutkanGula, minyak nabati, bubuk whey, bubuk kakao penuh lemak, kacang hazel, pengemulsi lesitin kedelai, perisa identik alami, vaniliSugar, vegetable fat, cacao powder, cacao mass, emulsifier: soya lecithin, synthetic vanila flavourKacang kenari panggang, gula aren bubuk Banten, kakao bubuk Timurasa, ekstrak vanila, garam laut
Tautan produk
10

Asa Antara NusaTimurasa Kenari Nuts Spread With Dark Cocoa

Mulai dari Rp 50.000,00

Isi200 gram
KomposisiKacang kenari panggang, gula aren bubuk Banten, kakao bubuk Timurasa, ekstrak vanila, garam laut
9

Gandum Mas KencanaColatta Chocolate Spread Dark 220 g

Mulai dari Rp 24.900,00

Isi220 gram
KomposisiSugar, vegetable fat, cacao powder, cacao mass, emulsifier: soya lecithin, synthetic vanila flavour
8

DelfiCeres Spread Choco Hazelnut

Mulai dari Rp 30.900,00

Isi200 gram, 350 gram
KomposisiGula, minyak nabati, bubuk whey, bubuk kakao penuh lemak, kacang hazel, pengemulsi lesitin kedelai, perisa identik alami, vanili
7
Isi400 gram
KomposisiTidak disebutkan
6

MorinfoodsMorin Chocolate Peanut

Mulai dari Rp 23.400,00

Isi150 gram, 250 gram
KomposisiGula, minyak nabati mengandung antioksidant tokoferol, askorbil palmitat, kacang tanah 28, kakao bubuk 11, susu skim bubuk, pengemulsi nabati lesitin, garam, perisa arfisial vanili mengandung bahan alegan kacang tanah, susu kacang kedelai.
5
Isi250 gram, 500 gram, 1 kilogram
KomposisiTidak disebutkan
4
Isi300 gram
KomposisiPasta cokelat dengan kandungan pemanis alami maltitol dan susu, malt crunchy 9%, garam NaCL, perisa sintetik
3
Isi230 gram, 380 gram, 680 gram
Komposisi33% malted beverage powder Ovomaltine (Barley malt extract, condensed skimmed Milk, condensed Milk permeate, 13.3% fat-reduced cocoa powder, sugar, fructose, dan sebagainya
2
Isi180 gram, 350 gram, 750 gram, 3 kg
Komposisi Gula, minyak sawit, kacang hazel (13%), bubuk susu skim (8,7%), cokelat rendah lemak (7,4%), pengemulsi: lesitin (kedelai), vanili
1
Isi1 kg
KomposisiTidak disebutkan

Pertanyaan seputar selai cokelat

Pertanyaan seputar selai cokelat

Selain memberikan tips dan rekomendasi selai cokelat yang enak, kami juga akan menjawab pertanyaan seputar selai cokelat. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Berapa lama selai cokelat bisa disimpan?

Selai coklat bisa disimpan dengan umur yang panjang dengan mengikuti saran penyimpanan yang terdapat di dalam kemasan. Untuk menghindari produk rusak, selalu gunakan alat makan yang bersih ketika mengambil produk. Dengan begitu, selai yang Anda simpan akan tetap higienis.

Baca juga rekomendasi produk selai terbaik lainnya di sini

Tak hanya selai cokelat, kami juga sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai beragam jenis selai. Anda dapat menemukan tips memilih juga rekomendasi produk terbaiknya. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel lengkapnya.

Kesimpulan

Kelezatan selai cokelat menjadikannya favorit bagi banyak orang. Namun, dalam memilihnya Anda perlu cermat agar mendapatkan selai cokelat terenak. Selain berdasarkan rasanya, pilihlah selai cokelat dengan mempertimbangkan kandungan gula, kalori, dan zat aditif di dalamnya.

 
Meski lezat, Anda tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya agar tidak sampai berlebihan. Konsumsi selai cokelat secara berlebihan justru buruk untuk kesehatan. Nah, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Selamat memilih dan menikmati selai cokelat favorit. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheesecake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue" ulang tahun kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi.Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Berbagai merek kue ulang tahun yang enak juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Tarterie & Co, The Harvest, dan Cupcakes Company. Pilihlah kue ulang tahun terenak dan harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut kue yang bagus, seperti Spontan, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Lapis Legit Terenak (Terbaru Tahun 2023)
    10 Lapis Legit Terenak (Terbaru Tahun 2023)
    Lapis legit adalah kue klasik dengan tekstur lembut yang selalu menjadi hidangan istimewa ketika perayaan-perayaan besar. Aroma yang menggugah selera dan tampilannya yang berlapis membuat kue ini populer sepanjang masa. Ada begitu banyak merek lapis legit yang enak di pasaran. Manakah lapis legit yang paling enak?Nah, kami akan mengulas lapis legit dari berbagai merek, seperti Holland Bakery, Kartika Sari, dan Laritta Legit. Ada juga lapis legit untuk perayaan Imlek. Mari simak beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda hendak membeli lapis legit. Yuk, baca artikelnya dan pilih lapis legitnya!
    Roti & kue
  • 10 Merk Bika Ambon Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bika Ambon Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda jangan sampai tertipu dengan namanya, ya! Alih-alih Ambon, bika ambon sebenarnya berasal dari Medan, lho. Bika ambon adalah kue yang memiliki ciri khas unik berupa warna kuning cerah dengan bentuk seperti sarang. Usut punya usut, bika ambon terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan santan, gula, dan telur. Kami pun sudah memilih sepuluh rekomendasi bika ambon yang enak dari beberapa merek terkenal. Ada bika ambon Zulaikha, Meranti, Larizo, dan Holland Bakery. Selain rasa original, ada juga bika ambon pandan dan cokelat yang lezat. Yuk, cek selengkapnya di sini!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini kami membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Coklat Bubuk Terbaik untuk Membuat Kue - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
    10 Coklat Bubuk Terbaik untuk Membuat Kue - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
    Coklat termasuk varian rasa kue yang banyak digemari. Beberapa contohnya adalah black forest, bolu, brownies, dan cookies coklat. Salah satu komponen penting dalam membuat olahan kue coklat adalah coklat bubuk. Coklat bubuk yang bagus akan membuat kue coklat terasa lebih lezat. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih coklat bubuk yang enak. Kami juga akan memberi rekomendasi coklat bubuk terbaik untuk kue, seperti merek Van Houten, Bensdorp, Tulip, hingga Hershey's. Kemasannya pun beragam, mulai dari bubuk coklat sachet hingga karton. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Roti & kue
  • 10 Mentega Putih (Shortening) Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mentega Putih (Shortening) Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    Mentega putih (shortening) adalah lemak (edible fat) yang banyak dipakai dalam proses pembuatan roti dan kue. Seperti mentega dan margarin, shortening terbuat dari lemak hewani dan nabati, tetapi fungsinya berbeda. Bagi bakers pemula, istilah ini tentu menimbulkan pertanyaan, apalagi jenis dan harga mentega putih cukup beragam.Artikel kali ini akan membahas mengenai shortening sekaligus tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek mentega putih terbaik, seperti Palmia, Blue Band, dan Amanda. Ada mentega putih yang bagus untuk buttercream juga, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh cake designer kami, Adela Andriana.
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori