• 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Selai cokelat merupakan salah satu favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain rasanya yang lezat, selai cokelat juga mudah ditemukan dimana-mana. Anda dapat menggunakannya sebagai olesan roti, isian kue, hingga celupan untuk biskuit. Namun, banyaknya selai cokelat yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Selai mana yang sebaiknya Anda pilih? 


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih selai cokelat beserta rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menemukan selai cokelat dari berbagai merek seperti Ceres, Nutella, dan Ovomaltine. Simak sampai selesai, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 19 Februari 2021
  • 16.369 Views
Daftar isi

Cara memilih selai cokelat

Selai cokelat menjadi favorit banyak orang, meski selera mereka berbeda-beda. Nah, selai cokelat seperti apa yang sepertinya akan cocok dengan lidah Anda? Simak cara memilihnya dalam penjelasan berikut ini!

Pilih berdasarkan kandungan cokelat dan rasanya

Pilih berdasarkan kandungan cokelat dan rasanya

Ada berbagai jenis dan merek selai cokelat yang ditawarkan oleh produsen. Biasanya, yang membedakan satu sama lain adalah kandungan cokelat beserta rasanya. Jika Anda kurang menyukai selai yang terlalu manis Anda dapat memilih selai dengan kandungan kakao di atas 70%. Kandungan kakao sebanyak itu akan menghasilkan rasa selai yang sedikit pahit.


Sebaliknya, jika Anda menyukai rasa yang manis, Anda dapat memilih selai dengan kandungan kakao di bawah 70%. Selai cokelat pada umumnya terbuat dari campuran kakao, minyak nabati, gula, susu, dan perisa lain. Dengan kandungan kakao yang lebih rendah, maka campuran susu dan gulanya akan membuat rasa selai menjadi lebih manis. 

Pilih berdasarkan kombinasinya dengan bahan lain

Pilih berdasarkan kombinasinya dengan bahan lain

Selain dibuat dari cokelat secara keseluruhan, beberapa produsen menambahkan bahan lain ke dalam selai. Salah satu bahan yang paling banyak digunakan sebagai kombinasi selai cokelat adalah kacang-kacangan, seperti hazelnut. Jika Anda tidak dapat memilih antara selai kacang dan selai cokelat, cobalah perpaduan keduanya dalam selai cokelat kacang!


Perpaduan gurihnya kacang dan cokelat yang manis membuat selai cokelat kacang semakin digemari. Selain itu, kacang tinggi akan fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan dan kaya akan vitamin. Namun, Anda perlu menghindari produk jenis ini jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. 

Pilih berdasarkan kandungan zat aditifnya

Pilih berdasarkan kandungan zat aditifnya

Kelezatan selai cokelat memang sulit untuk ditolak, terutama bagi anak-anak. Mereka tentu akan bersemangat bila roti sarapan mereka diolesi dengan selai cokelat favorit. Bahkan tidak sedikit produsen selai cokelat yang mengklaim bahwa produknya merupakan pilihan tepat untuk sarapan keluarga.


Terlepas dari hal tersebut, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan zat aditif dalam selai dengan saksama. Sebaiknya hindari selai cokelat dengan tambahan zat pengawet, pemanis, dan pewarna buatan yang berlebih. Zat-zat aditif tersebut tidak aman jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu panjang. Bila memang tidak memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi selai cokelat pada waktu-waktu tertentu saja.

Pilih berdasarkan kalorinya

Pilih berdasarkan kalorinya

Selain lezat dan bernutrisi tinggi, selai cokelat juga menyimpan bahaya jika dikonsumsi berlebihan. Selai cokelat mengandung gula, kalori, dan lemak yang cukup tinggi. Tiap dua sendok makan selai cokelat (sekitar 37 gram), kandungannya sama dengan 21 gram gula atau lima sendok teh gula. Padahal, asupan gula untuk orang dewasa dibatasi sekitar 60 gram per hari. 


Tidak hanya tinggi gula, kandungan kalori dalam selai cokelat juga tinggi. Minyak nabati sebagai bahan selai cokelat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Mengonsumsi selai cokelat terlalu banyak dapat memicu pertambahan berat badan, bahkan obesitas. 

Pilih berdasarkan kemasannya

Pilih berdasarkan kemasannya

Selai cokelat hadir dalam berbagai kemasan, mulai dari botol kaca hingga kemasan plastik. Anda dapat memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk dikonsumsi bersama keluarga di rumah, selai cokelat dalam botol kaca dapat menjadi pilihan. Namun, pastikan Anda menyimpan selai berbotol kaca di tempat yang aman karena rawan pecah. Anda juga dapat memilih selai dalam kemasan plastik untuk memudahkan penyimpanan. Hal yang terpenting, pastikan Anda menutup rapat kemasan setelah mengonsumsi selai.


Ukuran kemasan pun harus dijadikan pertimbangan dalam memilih selai cokelat. Anda yang mengonsumsi selai cokelat sesekali saja atau bersama keluarga, pilihlah produk dalam kemasan botol kecil atau sedang. Namun, bila Anda ingin membeli selai cokelat untuk diolah menjadi bahan tambahan kue, minuman, dan sebagainya, pilihlah kemasan besar. Terdapat beberapa produk berkemasan bucket besar yang lebih ekonomis, seperti salah satu produk pada rekomendasi di bawah ini!

10 Rekomendasi selai cokelat terbaik

Sudah tidak sabar untuk mencicipi lezatnya selai cokelat? Di bawah ini merupakan rekomendasi sepuluh produk selai cokelat terbaik yang dapat Anda pilih. Selamat menyimak!

10

SchokoPremium Chocolate Dips & Spread

Rp 18.000,00

Isi250 gram
KomposisiGula, minyak nabati, bubuk kakao, susu bubuk, lesitin, garam, aroma
KaloriTidak disebutkan
9
Isi250 gram
KomposisiSugar, cocoa butter subtitute, cocoa powder, skim milk powder, artificial flavor, emulsifier soya lecithin, salt
KaloriTidak disebutkan
8
Isi410 gram
KomposisiGula, minyak nabati, coklat bubuk, pengemulsi lesitin kedelai, perisa artifisial vanila
KaloriTidak disebutkan
7
Isi350 gram
KomposisiMinyak nabati (mengandung antioksidan TBHQ, askorbil palmitat & tokoferol), gula, susu bubuk, coklat bubuk, perisa artifisial vanila
Kalori120 kkal per 20 gram
6
Isi330 gram
KomposisiCokelat kakao, kacang kedelai, gula, susu skim
Kalori90 kkal per 14 gram
5
Isi350 gram
KomposisiSugar, palm oil, hazelnuts, skim milk, cocoa, soy lecithin as emulsifier, vanilin: an artificial flavor
Kalori200 kkal per 37 gram
4
Isi380 gram
Komposisi33% malted beverage powder Ovomaltine (Barley malt extract, condensed skimmed Milk, condensed Milk permeate, 13.3% fat-reduced cocoa powder, sugar, fructose, minerals (magnesium carbonate, dicalcium phosphate), rapeseed oil, vitamins (A, E, C, thiamin, riboflavin, niacin, B6, folic acid, B12, biotin, pantothenic acid), salt, flavouring vanillin), sugar, rapeseed oil, fully hydrogenated rapeseed oil, Hazelnuts, emulsifiers (sunflower lecithin, mono- and diglycerides of fatty acids), mineral dicalcium phosphate, 0.4% fat-reduced cocoa powder, antioxidants (ascorbyl palmitate, alpha-tocopherol), flavouring vanillin.
Kalori109 kkal per 20 gram
3
Isi300 gram
KomposisiTidak disebutkan
Kalori50 kkal per 10 gram
2
Isi1 kilogram
KomposisiKakao bubuk, gula, sereal malt, lemak reroti, pati jagung, pengemulsi lesitin kedelai, garam
KaloriTidak disebutkan
1
Isi400 gram
KomposisiGula, minyak nabati, susu bubuk skim (5,5%), bubuk whey, bubuk kakao (2,5%), kacang hazel (1%), pengemulsi lesitin kedelai, perisa
KaloriTidak disebutkan

Tabel perbandingan selai cokelat terbaik

Gambar produk
1
Ceres Choco Spread Hazelnut Duo 1

2
Goldenfil Choco Crunchy 1

Goldenfil

3
Tropicana Slim Tropicana Slim Chocolate Spread 1

Tropicana Slim

4
Ovomaltine Crunchy Cream 1

5
Ferrero Nutella 1

Ferrero

6
Morin Foods Morin Chocolate Peanut 1

Morin Foods

7
Mariza Foods Mariza Chocolate Spread 1

Mariza Foods

8
Welco Chocolate Spread 1

Welco

9
Diamond Cokelat Pasta 1

Diamond

10
Schoko Premium Chocolate Dips & Spread  1

Schoko

Nama produk

Ceres Choco Spread Hazelnut Duo

Choco Crunchy

Tropicana Slim Chocolate Spread

Ovomaltine Crunchy Cream

Nutella

Morin Chocolate Peanut

Mariza Chocolate Spread

Chocolate Spread

Cokelat Pasta

Premium Chocolate Dips & Spread

Keunggulan

Rasakan manisnya perpaduan selai cokelat kacang dan susu vanila premium!

Tekstur renyah dan lezat dalam kemasan bucket, lebih puas!

Nikmati selai cokelat tanpa khawatir gula dan kalori berlebih

Kombinasi unik malt dan kakao, crunchy!

Kelezatan cokelat dan hazelnut yang mendunia

Perpaduan cokelat dan kacang yang gurih dalam satu kemasan!

Selai cokelat bertekstur lembut, tanpa pemanis buatan

Dibuat dari 100% biji cokelat asli, rasa cokelatnya alami

Lezat cokelatnya pas, dapat diolah kembali sebagai pelengkap pastri

Kemasan praktis, harga ekonomis

HargaRp 52.500,00Rp 45.000,00Rp 70.000,00Rp 66.000,00Rp 70.700,00Rp 41.600,00Rp 41.000,00Rp 35.000,00Rp 20.800,00Rp 18.000,00
Isi400 gram1 kilogram300 gram380 gram350 gram330 gram350 gram410 gram250 gram250 gram
KomposisiGula, minyak nabati, susu bubuk skim (5,5%), bubuk whey, bubuk kakao (2,5%), kacang hazel (1%), pengemulsi lesitin kedelai, perisaKakao bubuk, gula, sereal malt, lemak reroti, pati jagung, pengemulsi lesitin kedelai, garamTidak disebutkan33% malted beverage powder Ovomaltine (Barley malt extract, condensed skimmed Milk, condensed Milk permeate, 13.3% fat-reduced cocoa powder, sugar, fructose, minerals (magnesium carbonate, dicalcium phosphate), rapeseed oil, vitamins (A, E, C, thiamin, riboflavin, niacin, B6, folic acid, B12, biotin, pantothenic acid), salt, flavouring vanillin), sugar, rapeseed oil, fully hydrogenated rapeseed oil, Hazelnuts, emulsifiers (sunflower lecithin, mono- and diglycerides of fatty acids), mineral dicalcium phosphate, 0.4% fat-reduced cocoa powder, antioxidants (ascorbyl palmitate, alpha-tocopherol), flavouring vanillin.Sugar, palm oil, hazelnuts, skim milk, cocoa, soy lecithin as emulsifier, vanilin: an artificial flavorCokelat kakao, kacang kedelai, gula, susu skimMinyak nabati (mengandung antioksidan TBHQ, askorbil palmitat & tokoferol), gula, susu bubuk, coklat bubuk, perisa artifisial vanilaGula, minyak nabati, coklat bubuk, pengemulsi lesitin kedelai, perisa artifisial vanilaSugar, cocoa butter subtitute, cocoa powder, skim milk powder, artificial flavor, emulsifier soya lecithin, saltGula, minyak nabati, bubuk kakao, susu bubuk, lesitin, garam, aroma
KaloriTidak disebutkanTidak disebutkan50 kkal per 10 gram109 kkal per 20 gram200 kkal per 37 gram90 kkal per 14 gram120 kkal per 20 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk selai terbaik lainnya di sini!

Selain selai cokelat, ada berbagai jenis selai yang dapat Anda jadikan pilihan. Kami telah menyiapkan ulasan terkait selai berbahan lainnya yang dapat Anda temukan melalui artikel di bawah. Cek tautan berikut ini!

Kesimpulan

Selai cokelat yang lezat tidak hanya dapat digunakan sebagai olesan roti. Berbekal kreativitas, Anda dapat mengolahnya menjadi kudapan manis berupa camilan bahkan minuman. Apakah Anda telah menemukan produk yang diinginkan? Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih selai cokelat terbaik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan batas konsumsi agar tetap sehat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Roti & kue
    56.605 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Roti & kue
    102.162 Views
  • 10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue (Terbaru Tahun 2021)
    Ragi adalah bahan penting untuk membuat roti dan kue. Tanpa ragi, roti akan bantat dan rasanya kurang enak. Karena itu, jangan lupa untuk menyertakan ragi saat Anda akan baking. Sekarang ini, Anda tidak perlu membuat ragi sendiri. Di pasaran, telah dijual berbagai produk ragi yang bisa langsung dicampurkan ke adonan.Agar Anda tidak bingung, kami akan memberi tips memilih ragi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti merek Koepoe Koepoe, Mauri-pan, Saf-Instant, dan lainnya. Selamat mencari ragi terbaik untuk adonan roti dan kue Anda!
    Roti & kue
    28.116 Views
  • 10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baking Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baking powder adalah kunci rahasia untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang renyah, tampilan yang halus, dan tebal. Oleh karena itu, baking powder menjadi item wajib dalam industri makanan. Tak sekadar untuk kue, baking powder juga sering dipakai membuat roti dan fried food.Beberapa merek baking powder terbaik yang bisa Anda pilih adalah baking powder bebas aluminium Bob’s Red Mill hingga merek lokal Koepoe Koepoe! Apa pun mereknya, silakan memilih sesuai dengan frekuensi pemakaian dan kebutuhan Anda.
    Roti & kue
    37.922 Views
  • 10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Maple syrup adalah sirup yang dapat digunakan untuk berbagai resep masakan. Biasanya, orang menggunakan maple syrup untuk pelengkap pancake atau membuat saus dasar seperti demiglace. Selain itu, maple syrup juga memiliki kalori yang lebih rendah daripada madu dan aman untuk dikonsumsi bayi.Kali ini kami juga akan menjelaskan manfaat maple syrup beserta cara memilih dan rekomendasi produk terbaiknya. Beberapa produk maple syrup terkenal seperti Maple Joe, Coombs Family Farms, dan B&G MacDonald’s juga ada di rekomendasi produk kali ini, lho! Ayo cari tahu lebih banyak soal maple syrup sebelum membelinya!
    Roti & kue
    21.880 Views
  • 10 Rekomendasi Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Roti tawar adalah jenis roti yang bisa diolah menjadi apa saja sesuai selera. Anda dapat menyiapkan roti tawar untuk sarapan praktis, menjadikannya bekal piknik, atau mengolahnya menjadi aneka makanan ringan. Roti tawar putih yang lembut ataupun roti tawar gandum yang tinggi serat sama-sama terasa lezat.Ada beberapa merek roti tawar yang bisa dinikmati, seperti Sari Roti, Diana Bakery, atau MyRoti. Apabila Anda sedang mencari roti tawar, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan membahas tips memilih roti tawar, rekomendasi produk roti tawar terbaik, serta ide mengolah roti tawar. Selamat membaca!
    Roti & kue
    307 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori