1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Tas anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023)

Semenjak mulai memasuki usia sekolah, baik playgroup maupun SD, tas ransel menjadi perlengkapan yang wajib anak Anda miliki. Banyaknya desain, ukuran, dan spesifikasi tas ransel yang berbeda satu sama lain mungkin membuat Anda bingung memilih. 


Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi tas ransel terbaik untuk anak perempuan. Dengan begitu, menemukan tas anak perempuan yang awet dan berkualitas tinggi jadi mudah dilakukan. Anda akan menemukan merek tas ransel anak perempuan yang bagus keluaran Smiggle, XODA, GabaG, dan lainnya. Selamat memilih!

Diperbaharui 07-23-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih tas ransel untuk anak perempuan

Dibandingkas tas ransel untuk anak laki-laki, pilihan tas ransel untuk anak perempuan jauh lebih banyak. Warna dan modelnya juga sangat beragam. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli!

① Ketahui ukuran tas agar sesuai kebutuhan anak

Ketahui ukuran tas agar sesuai kebutuhan anak

Pertama, ada baiknya Anda mengecek dahulu ukuran dari tas ransel yang hendak dibelikan untuk anak perempuan Anda. Anda bisa memilih produk yang ukurannya dirasa sesuai dengan kebutuhan si anak. Berikut kami berikan perkiraan ukuran tas yang sekiranya pas untuk anak perempuan berdasarkan usianya. 


  • Anak TK: Ukuran 20–30 cm atau ±10 liter
  • Anak SD : Ukuran 20–40 cm atau 10–20 liter
  • Anak SMP : Ukuran 40 cm atau 20–30 liter

Saat anak Anda masih berusia anak TK, Anda bisa membelikan ransel yang ukurannya kecil. Pada usia sekolah tersebut, umumnya barang bawaannya belum terlalu banyak. Bila tasnya terlalu besar, tetapi isinya tidak terlalu banyak, tasnya akan terasa kurang stabil saat dibawa. 


Sebaliknya, ketika anak sudah memasuki SD, barang bawaannya mulai menjadi lebih banyak. Namun, ukuran badan mereka mungkin masih kecil. Agar lebih mudah dibawa dan tidak membebani anak perempuan yang sudah SD, mereka dapat menggunakan ransel dengan model trolley


Untuk tas anak perempuan SMP, pilih yang pas dengan kebutuhan mereka. Pilihlah yang besar, tetapi tidak terlalu bulky agar tetap mudah dibawa. 


Kami sudah mengulas tentang tas sekolah untuk anak perempuan secara khusus pada artikel di bawah ini. Yuk, disimak juga!

② Perhatikan ada tidaknya kantong penyimpanan di sisi luar tas

Perhatikan ada tidaknya kantong penyimpanan di sisi luar tas

Kantong penyimpanan di sisi luar tas memiliki fungsi tersendiri. Anak Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan benda yang sering dikeluarkan dan dimasukkan, misalnya botol minum. Tidak hanya itu, kantong di sisi luar bisa digunakan juga untuk menyimpan benda lain secara terpisah. Sebagai contoh, tempat bekal, payung, atau baju ganti akan lebih rapi disimpan di kantong tersebut. 


Benda kecil, misalnya lem kertas, masker cadangan, dan sebagainya juga akan lebih mudah dikeluarkan jika disimpan di tempat tersebut. Dengan begitu, anak Anda tidak akan kerepotan mengecek seluruh isi dalam tas untuk mengambil benda kecil tersebut. Meski begitu, Anda tetap bisa membelikan tas tanpa kantong penyimpanan di sisi luar bila memang anak Anda menyukainya.

③ Cek ketersediaan busa pada tali bahu

Cek ketersediaan busa pada tali bahu

Saat dibawa, beban tas ransel akan banyak bertumpu di bahu. Mempertimbangkan hal tersebut, tas yang tali bahunya dilengkapi busa akan lebih nyaman digunakan. Busa berfungsi sebagai bantalan yang akan membuat bahu anak Anda tidak cepat pegal.


Selain itu, dengan adanya busa, tekanan langsung akibat bobot tas yang ditanggung bahu anak pun berkurang. Hasilnya, bahu anak minim risiko sakit atau lecet meski terus bergesekan dengan tali bahu.

④ Sesuaikan tas dengan aktivitas anak

Sesuaikan tas dengan aktivitas anak

Tas anak perempuan yang bagus bukan hanya dilihat dari model dan bahannya saja. Anda juga harus memilih tas yang selaras dengan aktivitas anak, misalnya tas untuk sekolah, olahraga, untuk jalan-jalan, dan sebagainya. Agar Anda tak salah pilih, berikut penjelasan singkat tentang beberapa jenis tas ransel sesuai kegiatan anak:


  • Tas sekolah: Tas ransel anak perempuan untuk sekolah biasanya berbahan tebal dengan jahitan yang kuat. Ukurannya pun lebih besar dibandingkan tas lainnya agar bisa membawa banyak buku dan berbagai perlengkapan sekolah.
  • Tas olahraga: Jika si kecil suka olahraga, maka tas yang dipilih sebaiknya waterproof. Jadi, anak Anda bisa menggunakannya dalam kondisi apapun tanpa menghambat aktivitas olahraga yang dilakukan.
  • Tas untuk jalan-jalan: Tas ransel anak perempuan berukuran kecil paling cocok untuk jalan-jalan. Ditambah model yang lebih santai seperti mini backpack, anak Anda akan lebih bebas beraktivitas dan fashionable.
  • Tas untuk piknik: Jenis tas untuk piknik sebenarnya mirip dengan tas sekolah. Bentuknya lebih sporty dengan ukuran yang cukup besar. Ada juga yang dilengkapi kantung di beberapa sisi untuk diisi botol minuman dan alat makan lainnya.

⑤ Pilih produk dengan mekanisme trolley bila ingin yang lebih mudah dibawa

Pilih produk dengan mekanisme trolley bila ingin yang lebih mudah dibawa

Jumlah barang bawaan anak yang terus bertambah tentu membuat bobot tas makin berat. Hal tersebut bisa membuat anak kesulitan atau mudah lelah akibat menggendong ransel. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih tas yang dilengkapi mekanisme trolley.


Pada tas seperti ini, Anda akan menemukan roda di bagian bawah tas. Adanya roda membuat tas bisa bergulir dengan mudah saat diletakkan di lantai atau jalan. Tidak hanya itu, tas seperti ini juga dilengkapi gagang yang panjangnya bisa diubah sesuai kebutuhan. 


Kombinasi keduanya membuat tas seperti ini dapat diletakkan di lantai dan ditarik oleh anak dengan mudah. Bagi Anda yang ingin memberikan kemudahan membawa tas untuk anak, tas dengan mekanisme trolley layak dijadikan pilihan.

⑥ Periksa bahan tas dan kemampuan waterproof-nya

Periksa bahan tas dan kemampuan waterproof-nya

Tergantung pada masing-masing produsen, tas ransel untuk anak perempuan dibuat dari beragam material berbeda. Berikut ini dua bahan yang paling umum dijadikan material pembuatan ransel.


  • Bahan poliester
Bahan ini memiliki keunggulan berupa karakteristiknya yang kuat sekaligus cepat kering saat dicuci. Tas poliester layak dipilih jika Anda mencari tas yang dapat segera dipakai kembali setelah dicuci. Beberapa bahan poliester juga dirancang untuk waterproof, tetapi ada juga yang tidak.

  • Bahan PVC
Bahan ini umumnya terbuat dari senyawa plastik. Banyak bahan kulit sintetis yang dibuat dari bahan ini. Selain harganya terjangkau, bahan PVC juga mudah dibersihkan. Bahan ini juga tergolong bahan yang waterproof

Selain bahan, kemampuan tas dalam menahan air juga penting untuk Anda ketahui. Tas berbahan waterproof mampu melindungi buku dan barang bawaan anak dari air. Meski tasnya kehujanan, buku atau barang penting lainnya dalam tas tidak akan cepat rusak bila disimpan dalam tas waterproof.

⑦ Pastikan desainnya disukai anak Anda

Pastikan desainnya disukai anak Anda

Bagi anak-anak, desain tas adalah poin krusial yang tidak boleh dilewatkan. Anak perempuan akan sangat senang menggunakan tas yang desainnya terlihat manis atau lucu. Produk dengan warna soft dan cerah juga sama-sama disukai. 


Selain itu, tas yang ada boneka atau gambar karakter favorit sangat digemari. Tas berbentuk binatang juga salah satu jenis yang populer di kalangan anak perempuan. Anda bisa menanyakan langsung kepada anak terkait model atau karakter favoritnya. Selain itu, Anda dapat mencari informasi tentang hal yang sedang populer atau disukai di kalangan anak perempuan.

10 Rekomendasi tas ransel terbaik untuk anak perempuan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas ransel terbaik untuk anak perempuan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Moejoe

Fluffy Unicorn Bag

Moejoe Fluffy Unicorn Bag 1枚目

Tas anak perempuan model unicorn dengan bulu halus yang cantik

2

Ries Bag

 Ries Bag 1枚目

Modelnya nyentrik, bikin tampilan anak Anda makin menarik

3

DFR

Backpack Durant

DFR Backpack Durant 1枚目

Tas serbaguna yang menunjang segala aktivitas anak

4

Smiggle

Bag Backpack Trolley With Light Up Wheels

Smiggle Bag Backpack Trolley With Light Up Wheels 1枚目

Rodanya bisa menyala, tampak sangat eye-catching!

5

XODA

Toby - Ransel Anak - Mini Backpack

XODA Toby - Ransel Anak - Mini Backpack 1枚目

Tas minimalis yang praktis dibawa si kecil

6

Adinata

Frozen Autumn Backpack M

Adinata Frozen Autumn Backpack M 1枚目

Elsa dan kawan-kawan siap dampingi anak Anda di sekolah

7

GabaG

Kids Backpack 2in1 Mermaid Life

GabaG Kids Backpack 2in1 Mermaid Life 1枚目

Mempunyai penyimpanan bekal khusus agar makanan tetap segar

8

Gykaco

Minion Fashion Backpack

Gykaco Minion Fashion Backpack 1枚目

Tas anak perempuan untuk jalan-jalan dengan model unik dan stylish

9

Prosport

Backpack YHA Pink

Prosport  Backpack YHA Pink 1枚目

Memiliki tiga kompartemen luas, barang jadi lebih terorganisasi

10

Stardust

2 in 1 Backpack and Trolley Pink Butterfly

Stardust 2 in 1 Backpack and Trolley Pink Butterfly 1枚目

Tas troli anak yang bagus dengan penutup roda otomatis

Perincian produk
Close
No.1

MoejoeFluffy Unicorn Bag

Mulai dari Rp198.000,00

Tas anak perempuan model unicorn dengan bulu halus yang cantik

Kelebihan:

  • Modelnya lucu dan eye-catching
  • Perpaduan bulu halus dengan warna soft membuat tampilan makin trendi

Kekurangan:

  • Tidak ada kantong sisi luar sehingga kurang fungsional
  • Tidak tersedia busa pada tali bahu

Hiasi penampilan si kecil dengan tas Unicorn berbulu halus yang cantik ini! Variasi tanduk imut dan telinga di bagian atas ransel membuat anak perempuan Anda jadi makin menggemaskan. Selain itu, warna tas yang dibuat seperti hologram juga menambah kesan ceria pada si kecil. Desainnya yang trendi dan menawan menjadikan tas ini cocok dipakai anak-anak hingga orang dewasa.

No.2

Modelnya nyentrik, bikin tampilan anak Anda makin menarik

Kelebihan:

  • Motifnya sangat atraktif
  • Model menarik dan tak monoton, cocok dipakai dalam berbagai momen

Kekurangan:

  • Tidak terdapat kantong di sisi luar sehingga tidak bisa membawa terlalu banyak barang

Produk tas ransel ini sangat laris di pasaran karena bentuknya cute, berkualitas, dan harganya terjangkau. Motif dinosaurus pada produk ini menjadi daya tarik tersendiri untuk si kecil. Tas ini sangat ringan dan ukurannya kecil sehingga cocok digunakan balita dan anak TK. Selain itu, modelnya unik dan membuat tampilan si kecil makin terlihat nyentrik.

No.3

Tas serbaguna yang menunjang segala aktivitas anak

Kelebihan:

  • Motif menarik dan kekinian
  • Strap dilengkapi bantalan empuk yang nyaman
  • Dibekali ritsleting dan jahitan yang kuat

Kekurangan:

  • Kantong depan tidak terlalu besar sehingga kurang leluasa saat menyimpan barang

Jika Anda mencari tas yang cocok untuk berbagai kegiatan anak, produk ini layak diperhitungkan. Produk keluaran merk tas anak perempuan, DFR, ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ransel ini dibuat dari bahan yang tahan air sehingga bisa dipakai dalam berbagai kondisi lingkungan. Ditambah motif tas yang modern, penampilan anak akan tetap stylish dalam aktivitas apa pun.

No.4

SmiggleBag Backpack Trolley With Light Up Wheels

Mulai dari Rp1.200.000,00

Rodanya bisa menyala, tampak sangat eye-catching!

Kelebihan:

  • Desain menarik dan colourful
  • Rodanya bisa menyala sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk anak
  • Pegangan bagian atas tas dilengkapi busa agar nyaman saat diangkat

Kekurangan:

  • Ukuran cukup besar dan kurang ringan untuk dipakai anak TK

Tas Smiggle ini wajib dipertimbangkan jika Anda ingin membelikan tas ransel keren dan mencolok untuk gadis kecil Anda. Saat rodanya bergerak, roda pada tas ini dapat mengeluarkan cahaya, sangat eye-catching! Tak heran kalau Smiggle menjadi salah satu merek tas sekolah anak perempuan yang bagus.


Desain ransel ini terlihat menarik dan colourful sehingga anak perempuan Anda pasti akan menyukainya. Pegangan di bagian atasnya juga dilengkapi busa agar tangan anak Anda tidak sakit saat mengangkat tas ransel ini.

No.5

XODAToby - Ransel Anak - Mini Backpack

Mulai dari Rp139.000,00

Tas minimalis yang praktis dibawa si kecil

Kelebihan:

  • Punya pilihan warna yang beragam
  • Tali bahu sudah dilengkapi busa sehingga nyaman dipakai

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil sehingga kurang cocok dipakai sekolah karena tidak bisa membawa banyak barang

Si kecil tidak suka ransel yang terlalu banyak hiasan? Mungkin tas anak perempuan yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Ransel ini tidak memiliki banyak corak, tetapi tetap bergaya dengan warnanya yang cerah. 


Tas ini juga cukup untuk membawa makanan dan botol minuman meski ukurannya tak terlalu besar. Selain itu, tali bahunya telah dilengkapi busa untuk memaksimalkan kenyamanan saat tas dipakai si kecil.

No.6

AdinataFrozen Autumn Backpack M1994 - 8054

Mulai dari Rp399.000,00

Elsa dan kawan-kawan siap dampingi anak Anda di sekolah

Kelebihan:

  • Dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yaitu nylon dolby
  • Bahan ritsleting dibuat dari rubber yang awet

Kekurangan:

  • Tali pada bagian atas ransel belum dilengkapi busa sehingga kurang nyaman saat mengangkat tas

Bila anak perempuan Anda menyukai kartun Frozen, hadiahkan saja tas ransel ini! Di bagian depannya ada gambar Elsa, Anna, Olaf yang dibuat berdasarkan film Frozen II. Adanya gambar tersebut tentu membuat anak Anda dengan senang hati mengenakan tas ini ke mana pun. Bagian belakang tas ini dilengkapi busa dan mesh yang membuatnya makin nyaman dikenakan.

No.7

GabaGKids Backpack 2in1 Mermaid Life

Mulai dari Rp387.000,00

Mempunyai penyimpanan bekal khusus agar makanan tetap segar

Kelebihan:

  • Bahan sudah BPA free dan anti bocor
  • Bisa menahan makanan tetap panas selama 4-7 jam dan dingin selama 16-20 jam
  • Kompartemen cukup luas sehingga bisa dipakai sekolah ataupun piknik

Kekurangan:

  • Busa pada tali bagian atas ransel tidak terlalu tebal sehingga kurang nyaman saat menjinjing tas

Produk ini menjadi rekomendasi tas anak perempuan yang sangat cocok dipakai saat piknik. Selain bahannya tebal dan jahitannya kuat, tas ini dapat digunakan untuk menaruh bekal dan menjaga makanan agar tetap fresh. Terdapat juga ruang untuk menaruh buku dan perlengkapan sekolah lainnya di bagian belakang tas. Benar-benar produk yang sangat multifungsi untuk anak-anak.

No.8

GykacoMinion Fashion Backpack

Mulai dari Rp259.000,00

Tas anak perempuan untuk jalan-jalan dengan model unik dan stylish

Kelebihan:

  • Desain menarik dan fashionable
  • Bobotnya ringan sehingga enak dipakai jalan-jalan

Kekurangan:

  • Tali bahu belum dilengkapi busa sehingga kurang nyaman saat dipakai terlalu lama

Anak Anda suka karakter Minions? Yuk, segera belikan tas yang satu ini! Ransel dengan bahan kulit ini punya model yang unik dan bisa menemani aktivitas sehari-hari si kecil. Semua kantong pada tas ini dilengkapi ritsleting yang kuat sehingga barang yang dibawa aman dan terjaga. Ukuran ransel ini pun tergolong mini agar si kecil bisa lebih bebas bergerak saat jalan-jalan bersama Anda.

No.9

Prosport Backpack YHA Pink1316-40

Mulai dari Rp415.000,00

Memiliki tiga kompartemen luas, barang jadi lebih terorganisasi

Kelebihan:

  • Motif tas dihiasi ornamen timbul yang menarik
  • Memiliki tiga kompartemen yang luas sehingga sangat fungsional

Kekurangan:

  • Ukuran tas cukup besar dan kurang ringan sehingga tidak cocok digunakan anak TK

Hadir dengan gambar bertema karakter LOL, tas ini terlihat makin atraktif di mata anak perempuan. Terlebih, tas ini dihiasi dengan ornamen timbul yang menambah kesan menawan. Produk ini memiliki tiga kompartemen luas yang akan membuat barang bawaan si kecil menjadi lebih terorganisasi.


Anak-anak bisa menaruh buku pelajaran, bekal makanan, dan peralatan tulis di tempat yang berbeda. Ditambah lagi, terdapat dua saku samping yang bisa dipakai untuk membawa botol minum atau payung. Tas ini sangat ideal untuk anak SD penggemar LOL yang sudah membawa banyak buku pelajaran di sekolahnya. 

No.10

Stardust2 in 1 Backpack and Trolley Pink Butterfly

Mulai dari Rp1.790.000,00

Tas troli anak yang bagus dengan penutup roda otomatis

Kelebihan:

  • Memiliki penutup roda otomatis yang menjaga baju anak terhindar dari kotoran
  • Memiliki kantong dan sekat yang banyak sehingga sangat fungsional
  • Pegangan trolley sangat kokoh

Kekurangan:

  • Ukurannya besar dengan bobot yang cukup berat sehingga kurang cocok dipakai anak TK
  • Sebagai tas anak, hiasannya terlalu simpel

Untuk Anda yang sedang mencari tas sekolah model trolley dengan teknologi terkini, produk ini juga perlu dipertimbangkan. Tas Stardust ini adalah satu-satunya trolley bag yang memiliki intelligent strap system dan penutup roda otomatis. 


Bagian rodanya akan tertutup otomatis saat gagang diturunkan. Dengan begitu, tidak akan ada kotoran dari roda yang menempel pada baju ketika tas dijadikan backpack. Selain itu, intelligent strap system menahan strap atau tali bahu supaya tidak jatuh bergelantungan saat tas dijadikan trolley. Jadi, sudah dipastikan anak akan merasa nyaman dan aman selama memakai tas. 

Baca juga rekomendasi stationery lainnya di sini

Setelah memiliki tas yang menarik, kini saatnya Anda mengisi tas anak Anda dengan stationery yang tidak kalah menarik. Pada artikel berikut, kami sudah merangkum beberapa produk yang mungkin akan diperlukan anak Anda. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Tas ransel yang fungsional sekaligus berdesain menarik pasti akan disukai anak perempuan Anda. Guna mendapatkan produk yang tepat, pilih tas yang mendukung aktivitas anak dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan mereka. 


Tas yang dilengkapi roda dan kantong di sisi luar akan menambah fungsionalitasnya. Bahan tas dan keberadaan busa di tali bahu juga jangan luput dari perhatian. Selanjutnya, sesuaikan dana yang dimiliki dan belikan tas ransel terbaik untuk anak perempuan kesayangan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer