• 10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Korean Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika mengikuti tren saat ini, produk perawatan kulit dari Korea sudah merajai pasar produk kecantikan dalam negeri. Salah satunya adalah produk tabir surya yang penting dalam perawatan kulit wajah dan tubuh semua usia, termasuk remaja. Beberapa merek sunblock dan sunscreen Korea telah menjadi favorit banyak orang, seperti Benton, Etude House, dan Innisfree.


Kami akan menjabarkan cara memilih produk sunscreen atau sunblock Korea yang bagus melalui artikel ini. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Pastikan Anda membaca sampai habis dan temukan produk favorit Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Juni 2022
Daftar isi

Apa bedanya sunscreen dan sunblock?

Apa bedanya sunscreen dan sunblock?

Terkadang Anda pasti bingung saat mendengar istilah sunscreen dan sunblock. Kedua produk ini memiliki tujuan yang sama untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Namun, pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda.


Produk sunscreen memiliki fungsi screening atau penyaring sinar matahari. Sinar matahari memang tetap terserap ke dalam kulit. Namun, sunscreen akan menyaring radiasi UV agar tidak masuk ke lapisan kulit dan merusaknya. Di sisi lain, sunblock memiliki fungsi yang lebih penting sebagai blocking atau menghalangi radiasi sinar matahari.


Untuk Anda yang banyak melakukan aktivitas di bawah sengatan matahari, sunblock lebih direkomendasikan. Sinar matahari sendiri terbagi menjadi dua, yaitu UVA dan UVB. UVA merupakan sinar yang merusak kulit. UVA (aging) adalah penyebab penuaan dini dan memicu kanker, sedangkan UVB (burning) menyebabkan kulit menjadi gelap dan terbakar.

Cara memilih Korean sunscreen/sunblock

Untuk dapat menemukan produk sunblock dan sunscreen yang paling sesuai bagi Anda, pahami cara memilihnya terlebih dahulu. Jika sudah memahaminya dengan baik, Anda pasti bisa menemukan produk yang terbaik untuk Anda!

Sesuaikan kandungan SPF dan PA dengan kebutuhan

Sesuaikan kandungan SPF dan PA dengan kebutuhan

SPF (sun protection factor) merupakan indikator kemampuan produk melindungi kulit dari sinar matahari. Umumnya Anda akan menemukan tulisan SPF yang diikuti dengan angka seperti SPF 10, SPF 15, SPF 30, sampai SPF 50. Makin tinggi angka SPF yang tertera, makin besar juga perlindungan yang diberikan produk tersebut. 


Jika SPF melindungi kulit dari sinar UVB, PA adalah indikator perlindungan terhadap sinar UVA. PA merupakan singkatan dari protection grade of UVA. Namun, tidak semua produk memiliki indikator tersebut. PA menggunakan tanda "+" untuk menunjukkan peringkat perlindungan terhadap UVA. Makin banyak tanda "+" artinya makin tinggi perlindungan yang diberikan oleh produk.


Apabila Anda banyak beraktivitas harian di dalam ruangan, pilihlah produk dengan minimal SPF 30/PA+. Ukuran ini cukup untuk melindungi Anda dari paparan sinar UVA dan UVB. Untuk aktivitas di luar ruangan, Anda perlu menggunakan sunblock atau sunscreen dengan PA lebih tinggi. Oleh sebab itu, untuk kegiatan di luar ruangan, Anda disarankan menggunakan sunblock minimal SPF 30/PA++. 

Pilih sunscreen/sunblock berdasarkan jenis kulit wajah

Pilih sunscreen/sunblock berdasarkan jenis kulit wajah

Jenis kulit juga perlu dijadikan pertimbangan saat memilih sunblock atau sunscreen. Berbeda jenis kulit, berbeda pula produk yang dibutuhkan. 


  • Untuk kulit sensitif, gunakanlah sunblock atau sunscreen berbahan mineral alami, seperti titanium dioksida dan zink dioksida. 

  • Jika kulit Anda mudah berjerawat, carilah produk yang memiliki keterangan non-comedogenic. Dengan adanya keterangan tersebut, produk sudah dibuat sebaik mungkin agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. 

  • Jenis kulit kering normal juga perlu menggunakan jenis sunblock atau sunscreen tersendiri, yaitu yang berbentuk losion atau krim. 

  • Untuk kulit berminyak dan berjerawat, produk berbentuk cairan, gel, atau spray lebih direkomendasikan.

Perhatikan tekstur produk tabir surya

Setelah Anda memahami jenis kulit, saatnya memilih sunblock atau sunscreen dengan bentuk yang sesuai dengan kulit. Dengan memilih bentuk produknya, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaannya, lho!

Tekstur krim: Melembapkan dan tepat untuk kulit kering

Tekstur krim: Melembapkan dan tepat untuk kulit kering

Sunblock bertekstur krim akan menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda yang berkulit kering. Beragam merek sunblock dalam bentuk krim memiliki kandungan moisturizer. Untuk kulit yang kering dan sensitif, moisturizer sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Tambahan pula, kulit akan terasa lebih kenyal karena teksturnya yang lebih kental.

Tekstur gel: Menyegarkan dan tidak lengket di kulit

Tekstur gel: Menyegarkan dan tidak lengket di kulit

Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, pilih sunblock atau sunscreen dengan tekstur gel. Produk bertekstur gel lebih mudah diserap kulit karena formulanya sangat ringan dan bahan dasarnya memiliki kadar air tinggi. Alhasil, produk berbentuk gel tidak lengket dan memicu munculnya minyak. Beberapa produk tabir surya berbentuk gel juga memiliki kandungan zinc oxide yang aman untuk kulit berjerawat. 


Sunblock atau sunscreen dalam bentuk gel juga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi. Karena banyak mengandung air, sunblock gel memberikan rasa segar pada kulit sehingga kulit menjadi lebih rileks. 

Tekstur cair: Cepat menyerap dan aman untuk kulit sensitif

Tekstur cair: Cepat menyerap dan aman untuk kulit sensitif

Bagi Anda yang menyukai produk praktis, sunblock atau sunscreen cair pasti menjadi favorit. Tidak perlu kesulitan memakainya karena Anda tinggal menyemprotkannya ke wajah. Selain memberikan kesegaran, tipe cair sangat ringkas untuk dibawa bepergian. Hal itu pula yang menjadi alasan bentuk cair banyak dipilih untuk pemakaian ulang sunblock atau sunscreen


Menggunakan sunblock cair juga diklaim bisa meminimalkan terjadinya iritasi pada kulit wajah. Karena tidak memerlukan jari untuk diaplikasikan pada wajah, produk cair menjadi pilihan aman untuk kulit sensitif.


Selain itu, tekstur cair mudah diserap kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Produk bertekstur cair ini sayangnya masih cukup sulit ditemukan di situs belanja online Indonesia.

Periksa kemampuan waterproof-nya

Periksa kemampuan waterproof-nya

Berapa pun tinggi indikator SPF dan PA, sunblock atau sunscreen memiliki sifat yang mudah luntur jika terkena air, termasuk keringat. Jadi, meski produk tabir surya yang Anda miliki memiliki klaim waterproof, Anda tetap harus mengaplikasikannya berulang kali. Pasalnya, sunblock atau sunscreen dengan keterangan waterproof hanya mampu bertahan sekitar 40–80 menit pada kulit basah.


Jika Anda menggunakan secara tidak merata dan tidak sering, sunblock tidak akan berfungsi efektif. Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda perlu menggunakannya berulang kali secara merata. 


Untuk beraktivitas di luar ruangan, Anda harus mengoleskan ulang sunblock atau sunscreen tiap 2 jam. Anda juga harus mengaplikasikannya ulang setelah Anda menyeka wajah, setelah berkeringat, atau setelah berada dalam air.

Gunakan physical sunscreen/sunblock agar tidak merusak lingkungan

Gunakan physical sunscreen/sunblock agar tidak merusak lingkungan

Pada dasarnya terdapat dua jenis sunblock atau sunscreen, yaitu chemical dan physical. Physical sunblock dan sunscreen mengandung bahan yang relatif lebih aman, yaitu titanium dioksida dan zink dioksida. Keduanya memberikan perlindungan bagi kulit dengan cara menghalangi dan menangkal sinar matahari. 


Sementara itu, tipe chemical mengandung bahan kimia aktif, seperti oxybenzone, octinoxate, avobenzene, dan bahan kimia sejenis lainnya. Zat kimia tersebut bekerja dengan cara memblokir sinar matahari dan secara aktif menyerapnya sebelum masuk ke kulit.


Sayangnya, kandungan tersebut terkenal berbahaya karena menyebabkan proses bleaching pada terumbu karang. Proses bleaching sendiri dapat merusak DNA terumbu karang dan membunuhnya secara perlahan. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

The Saem Eco Earth Power Pink Sun Cream SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 140.800,00

Spesialis
mybest

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+/PA+++

Mulai dari Rp 145.000,00

Spesialis
mybest

A'pieu Everyday Sun Gel SPF 50+/PA ++++

Mulai dari Rp 80.000,00

10 Rekomendasi Korean sunscreen/sunblock terbaik

Setelah membaca tips memilih tadi, Anda pasti sudah mulai mempertimbangkan sunblock atau sunscreen asal Korea yang sesuai. Berikut akan kami berikan sepuluh produk yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli. 

10

Nature RepublicCalifornia Aloe Daily Sun Block

NJ0946

Mulai dari Rp 328.000,00

Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanSemua jenis kulit
BentukKrim
Jenis Physical
9

InnisfreePerfect UV Protection Cream Triple Care

Mulai dari Rp 210.000,00

Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA+++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit berminyak dan berjerawat
BentukKrim
Jenis Physical
8
Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA+++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit berminyak dan kombinasi
Bentuk Cair
Jenis Physical
7

Holika HolikaAloe Waterproof Sun Gel

20012356

Mulai dari Rp 288.000,00

Kandungan SPF dan PASPF50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanSemua jenis kulit
BentukGel
Jenis Physical dan chemical
6
Kandungan SPF dan PASPF50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering
BentukGel
Jenis Chemical
5

make p:remUV Defense Me Blue Ray Sun Gel

Mulai dari Rp 259.000,00

Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering
BentukGel
Jenis Physical
4

NeogenDermalogy Day-Light Protection Sunscreen

Mulai dari Rp 330.000,00

Kandungan SPF dan PASPF 50/PA+++
Jenis kulit yang direkomendasikanSemua jenis kulit
BentukKrim
Jenis Physical dan chemical
3
Kandungan SPF dan PASPF 38/PA+++
Jenis kulit yang direkomendasikanSemua jenis kulit
BentukKrim
Jenis Physical dan chemical
2

SKIN1004Madagascar Centella AIR FIT Physical Sun Cream

Mulai dari Rp 324.500,00

Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit sensitif
BentukKrim
Jenis Physical
1

Some By MiTruecica Mineral 100 Calming Suncream

Mulai dari Rp 122.787,00

Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit berminyak, berjerawat, dan sensitif
BentukKrim
Jenis Physical

Tabel perbandingan produk Korean sunscreen/sunblock terbaik

Gambar produk
1
Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream 1

Some By Mi

2
SKIN1004 Madagascar Centella AIR FIT Physical Sun Cream 1

SKIN1004

3
Benton Papaya-D Sun Cream 1

Benton

4
Neogen Dermalogy Day-Light Protection Sunscreen 1

Neogen

5
make p:rem UV Defense Me Blue Ray Sun Gel 1

make p:rem

6
Missha Aqua Sun Gel 1

Missha

7
Holika Holika Aloe Waterproof Sun Gel 1

Holika Holika

8
Etude House Sunprise Mild Airy Finish  1

Etude House

9
Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care 1

Innisfree

10
Nature Republic California Aloe Daily Sun Block 1

Nature Republic

Nama produk

Truecica Mineral 100 Calming Suncream

Madagascar Centella AIR FIT Physical Sun Cream

Papaya-D Sun Cream

Dermalogy Day-Light Protection Sunscreen

UV Defense Me Blue Ray Sun Gel

Aqua Sun Gel

Aloe Waterproof Sun Gel

Sunprise Mild Airy Finish

Perfect UV Protection Cream Triple Care

California Aloe Daily Sun Block

Keunggulan

Jadikan kulit rileks dengan sensasi dingin menyegarkan

Mengandung Centella asiatic yang menenangkan kulit sensitif

Aman untuk harian serta mampu melembutkan dan mencerahkan

Ekstrak kelopak mawar dan raspberry mampu meremajakan kulit

Formula blue ray defense menyejukkan kulit di bawah terik matahari

Tak perlu khawatir beraktivitas di lingkungan ekstrem

Berenang tetap aman dengan sunscreen waterproof

Bye wajah kusam akibat minyak!

Tinted formula cerahkan kulit wajah

Melindungi dan memperbaiki warna kulit

Harga mulai dariRp 122.787,00Rp 324.500,00Rp 330.000,00Rp 330.000,00Rp 259.000,00Rp 339.000,00Rp 288.000,00Rp 129.900,00Rp 210.000,00Rp 328.000,00
Kandungan SPF dan PASPF 50+/PA++++SPF 50+/PA++++SPF 38/PA+++SPF 50/PA+++SPF 50+/PA++++SPF50+/PA++++SPF50+/PA++++SPF 50+/PA+++SPF 50+/PA+++SPF 50+/PA++++
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit berminyak, berjerawat, dan sensitifKulit sensitifSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit keringKulit keringSemua jenis kulitKulit berminyak dan kombinasiKulit berminyak dan berjerawatSemua jenis kulit
BentukKrimKrimKrimKrimGelGelGel CairKrimKrim
Jenis PhysicalPhysicalPhysical dan chemicalPhysical dan chemicalPhysical ChemicalPhysical dan chemicalPhysicalPhysicalPhysical
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sunscreen/sunblock lainnya di sini

Saat ini terdapat begitu banyak produk tabir surya. Selain memiliki banyak jenis, sunblock atau sunscreen memiliki formula yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan jenis kulit. Untuk mengetahui rekomendasi sunblock atau sunscreen lainnya, baca artikel berikut ini!

Kesimpulan

Memakai sunscreen atau sunblock merupakan bagian penting dari proses perawatan kulit sehari-hari. Proses ini tidak boleh dilewatkan agar kulit tetap sehat dan terjaga. Sebagian besar sunscreen dan sunblock Korea yang tersedia di pasaran berbentuk krim yang mudah diaplikasikan.

Meski demikian, hal terpenting dalam memilih produk tabir surya adalah memperhatikan kandungannya. Jangan sampai salah memilih karena jika tidak cocok, sunscreen atau sunblock justru dapat merusak kulit. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Nipple Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nipple Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Puting lecet, kering, dan terasa nyeri merupakan hal yang mungkin terjadi saat Anda memasuki masa menyusui bayi. Meski merupakan hal yang wajar, Anda sebaiknya tidak membiarkannya begitu saja. Supaya tetap nyaman selama masa menyusui, gunakan nipple cream untuk memperbaiki kondisi puting. Sayangnya, tidak semua nipple cream aman untuk breastfeeding.Kami akan membahas cara memilih nipple cream yang aman. Sepuluh rekomendasi produk dari merek-merek yang bagus juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan merek Mama's Choice, Medela, Lansinoh, dan Pigeon. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori