1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan instan
  6. >
  7. 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mie Instan Terbaik yang Aman untuk Diet dan Vegetarian - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)

Mie instan merupakan makanan yang populer dan disukai banyak orang. Mie instan sayangnya mengandung banyak kalori sehingga dihindari orang yang sedang diet. Para vegetarian pun cenderung menghindari mie instan karena kandungannya. Untungnya, sekarang sudah ada mie instan untuk diet dan vegetarian.


Kami akan berbagi tips memilih mie instan yang cocok untuk diet dan vegetarian. Kami juga akan merekomendasikan merek mie instan rendah kalori yang enak, seperti Fitmee, Klean Bowl, dan Tropicana Slim. Ada juga Lemonilo dan Ladang Lima. Baca juga tips tambahan dari biotechnologist, Marceline Noviani, dan temukan produk terbaiknya!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Biotechnologist
Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018. Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline juga pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Profil Marceline Noviani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Bolehkah orang yang sedang diet dan vegetarian mengonsumsi mie instan?

Bolehkah orang yang sedang diet dan vegetarian mengonsumsi mie instan?

Sebelum kami melanjutkan artikel ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian diet dan vegetarian.


  • Diet adalah perubahan pola serta nutrisi makanan dalam upaya seseorang memperoleh penampilan yang lebih baik dan sehat. Jenis diet ada bermacam-macam tergantung pada tujuan akhirnya. Jika orang berdiet dengan tujuan menurunkan berat badan, mereka cenderung menghindari makanan berkalori dan berlemak tinggi. 

  • Vegetarian adalah orang yang makan sayuran dan tumbuhan, tetapi tidak makan daging. Vegetarian masih menoleransi produk turunan hewan, seperti susu, telur, dan madu. Sementara itu, ada pula istilah vegan. Arti vegan adalah vegetarian yang tidak mengonsumsi daging dan produk turunan hewan sama sekali. 

Dalam satu kemasan mi instan biasanya dilengkapi dengan bumbu, minyak penyedap, serta tambahan topping kering. Nah, mungkinkah vegetarian dan orang yang sedang diet mengonsumsi mi instan? Jawabannya adalah sangat mungkin


Terjadinya peningkatan kesadaran akan hidup sehat dan kepedulian terhadap lingkungan menyebabkan turut meningkatnya pelaku diet dan vegetarian. Produsen makanan pun turut menawarkan mi instan yang dapat dikonsumsi siapa saja. Jadi, meskipun Anda sedang menjaga pola makan, tetap bisa merasakan kenikmatan mi instan.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Orang yang sedang diet sebenarnya diperbolehkan untuk mengonsumsi mi instan. Namun, Anda sebaiknya memperhatikan kandungan dari mi instan tersebut. Contohnya, apabila Anda vegetarian, pilihlah produk yang tanpa daging untuk mendukung gaya hidup Anda tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mie instan yang aman untuk diet dan vegetarian

Tenang saja karena sekarang Anda yang sedang diet ataupun vegetarian tetap dapat mengonsumsi mi instan. Meski begitu, Anda tetap harus memilih mi instan mana yang pas untuk dikonsumsi. Simak poin-poin berikut ini agar Anda dapat menemukan produk yang tepat.

① Cek bahan dasar pembuatan mie dan bumbunya

Cek bahan dasar pembuatan mie dan bumbunya

Mi instan umumnya terbuat dari bahan tepung terigu. Beberapa mi instan juga mengandung bawang ataupun telur dalam bumbunya. Untuk itu, penting sekali memperhatikan kandungan bahannya bagi Anda yang sedang diet ataupun vegetarian.


  • Untuk para vegetarian dan vegan, pastikan mi instan tersebut tidak mengandung bahan hewani. Beberapa vegan juga menghindari telur serta bawang. Agar lebih pasti, Anda dapat memilih merek mi instan yang sudah tepercaya untuk vegan, seperti DAAI Boga dan Maitri.

  • Mi instan berbahan dasar konjac atau shirataki menghasilkan produk rendah kalori. Mi instan seperti ini sudah banyak beredar di pasaran, seperti produk dari merek Fitmee dan Ashitaki.

  • Mi instan yang tidak digoreng sebagai pilihan yang lebih sehat dan rendah lemak. 

  • Penggunaan tepung singkong sebagai komposisi utama mi agar lebih rendah gluten. Jika Anda sedang menjalankan diet gluten free, pilihlah mi instan ini.

  • Tambahan ekstrak sayur dan buah untuk meningkatkan nilai gizi mi instan. Mi instan ini memiliki warna yang menarik sesuai dengan ekstrak syur dan buah yang digunakan.

  • Bumbu mi instan tanpa MSG menghasilkan produk yang rendah natrium. Mi instan menjadi lebih lezat karena bumbunya mengandung MSG. Beberapa orang yang diet biasanya menghindari natrium yang terlalu tinggi. Anda dapat memilih mi instan tanpa MSG atau rendah kandungan natriumnya.
Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Terdapat banyak pilihan alternatif yang lebih sehat untuk memuaskan keinginan Anda mengonsumsi mi. Contohnya, dengan mi instan untuk diet, Anda bisa menghemat banyak kalori. Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi kalori dari mi instan adalah dengan memperhatikan bahan dasar produknya. 


Biasanya, bahan dasar mi instan untuk diet menggunakan shirataki. Shirataki diambil dari umbi iles-iles atau porang. Bahan ini juga sering disebut sebagai konjac atau konnyaku. Selain shirataki, ada juga produk dengan bahan dasar tepung kacang edamame, kacang hitam, biji buckwheat, dan sayur-sayuran. 


Di antara semua bahan di atas, kalori dari mi berbahan shirataki adalah yang paling rendah, yaitu hanya 10 kkal per porsi. Sebaliknya, bahan kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti edamame, kacang hitam, dan biji buckwheat mengandung protein yang tinggi. 


Sayur-sayuran kaya protein, seperti brokoli, kale, dan bayam juga bisa menjadi pilihan campuran bahan untuk mi instan. Hal ini karena sayuran tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi dari serat dan protein. Selain itu, kandungan karbohidrat pada sayur-sayuran tersebut juga rendah. 


Sebagai contoh, satu porsi mi berbahan dasar edamame mengandung 22 gram karbohidrat, 25 gram protein, dan 11 gram serat. Nilai gizi ini kurang lebih sama dengan satu porsi dada ayam.

② Cari produk yang rendah kalori

Cari produk yang rendah kalori

Sebungkus mi instan memiliki porsi yang bervariasi, biasanya sekitar 70 sampai 85 gram per porsi. Jumlah kalori dalam seporsi mi instan biasa dapat berkisar antara 300 hingga 500 kilokalori. Mi instan untuk orang diet dan vegetarian biasanya mengandung kalori dalam jumlah yang lebih sedikit dari mi instan biasa. 


Dalam memilih mi instan, cobalah untuk membaca panduan nutrisi pada kemasan. Anda juga dapat mencari informasinya melalui internet. Pastikan jumlah kalori dalam produk sesuai dengan keinginan Anda. Untuk yang sedang berdiet, sebisa mungkin pilihlah produk mi instan berkalori rendah. 

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Jumlah kalori makanan yang rendah menjadi nilai tambah produk diet untuk mendukung proses penurunan berat badan. Bila Anda kekurangan asupan protein, mi instan berkalori rendah dengan komposisi protein yang tinggi dapat menjadi pilihan Anda.


Cara paling baik untuk mengonsumsi mi instan adalah dengan memakannya bersama makanan segar yang mengandung protein serta serat tinggi. Mi instan bisa menjadi santapan lezat ketika Anda sedang terburu-buru. Namun, mi instan tidak boleh menjadi makanan utama dalam diet Anda karena dapat menghasilkan banyak komplikasi jika dimakan terlalu banyak. Karena itu, nikmatilah mi instan sesekali saja.

③ Pilih berdasarkan jenis dan varian rasanya

Pilih berdasarkan jenis dan varian rasanya

Makin banyak produsen yang memproduksi mi instan sehat, makin banyak pula varian rasanya. Anda dapat memilih mi instan varian goreng atau kuah. Varian goreng biasanya dimakan ketika waktu Anda sempit sehingga membutuhkan makanan yang praktis. Sementara itu, mi instan varian kuah lebih cocok dikonsumsi di waktu lebih santai, terutama saat cuaca dingin.


Apabila mi instan biasanya dijual hanya dengan bumbu, kini ada mi instan dengan daging asli. Mi instan seperti ini dapat Anda temukan dari Klean Bowl. Rasanya tentu lebih lezat, proteinnya lebih tinggi, dan membuat Anda lebih kenyang.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Dewasa ini makin banyak mi instan berkalori rendah karena berbahan dasar sayur dan serat. Selain itu, berkat hal ini, kandungan gizi mi tersebut juga lebih baik dibandingkan mi instan konvensional. Ditambah lagi, mi instan untuk diet juga memiliki tambahan sayur dan kadar natrium dari garam serta MSG yang rendah. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah untuk gizi.


Mengonsumsi mi instan bisa menambah banyak asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda. Karena itu, Anda harus menggunakan kalori tersebut, contohnya untuk membangun otot. Otot sendiri mampu membakar kalori bahkan saat tubuh istirahat.


Dengan begitu, makin banyak otot yang Anda miliki pada tubuh, makin banyak kalori yang dibakar ketika Anda tidak melakukan apa-apa. Membangun otot juga akan membantu Anda untuk mengolah kalori ketika Anda makan sepanjang hari.

10 Rekomendasi mie instan terbaik yang aman untuk diet dan vegetarian

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mie instan terbaik yang aman untuk diet dan vegetarian yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alamie

Mie Instan

Alamie Mie Instan 1枚目

Banyak varian rasa, dapat dikonsumsi anak-anak sampai ibu hamil

2

Fitmee

Ayam Bawang

Fitmee Ayam Bawang 1枚目

Kalorinya rendah, rasanya sangat gurih

3

Lemonilo

Mie Instan Rasa Pedas Korea

Lemonilo Mie Instan Rasa Pedas Korea 1枚目

Solusi cheat meal yang lebih sehat dan lezat

4

DAAI Boga

Vegan Noodle

DAAI Boga Vegan Noodle 1枚目

Bersertifikat vegan, sangat vegan friendly

5

Ladang Lima

Veggie Noodle Kale Leaves

Ladang Lima Veggie Noodle Kale Leaves 1枚目

Nikmati kebaikan daun kale dalam sebungkus mie instan sehat

6

Tropicana Slim

Mie Goreng Istimewa

Tropicana Slim Mie Goreng Istimewa 1枚目

Rendah lemak, rendah garam, tetapi tinggi serat

7

Ashitaki

Mi Goreng Veggie Bulgogi

Ashitaki Mi Goreng Veggie Bulgogi 1枚目

Varian rasa asal Korea yang lezat dan pas untuk vegetarian

8

Olagafood

Maitri Instant Cup Noodle

Olagafood Maitri Instant Cup Noodle 1枚目

Mie instan cup untuk vegetarian yang praktis dikonsumsi

9

Klean Bowl

Mie Ayam

Klean Bowl Mie Ayam 1枚目

Mie ayam yang rendah kalori dan tinggi protein

10

Light Coach

Zero Mie - Chicken flavour

Light Coach Zero Mie - Chicken flavour 1枚目

Mie instan premium yang sangat rendah kalori

Perincian produk
Close
No.1

Banyak varian rasa, dapat dikonsumsi anak-anak sampai ibu hamil

Mi instan sehat Alamie dengan hadir dengan empat varian warna dari bayam hijau, wortel, buah naga, dan bayam merah. Tiap variannya tersedia dalam rasa soto, bawang, dan rendang. Anda juga dapat menemukannya dalam bentuk mi goreng ataupun kuah.


Mi instan Alamie dibuat dari sayur dan buah organik tanpa tambahan MSG, pewarna, pengawet, dan tanpa bahan kimia lainnya. Alamie diklaim aman dikonsumsi oleh siapa pun, termasuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. 

No.2

Kalorinya rendah, rasanya sangat gurih

Khusus untuk Anda yang menyukai varian rasa mi instan klasik, cobalah Fitmee. Rasa bumbunya sangat terasa dan seperti mengonsumsi mi instan biasanya, lho. Bedanya, Fitmee menggunakan mi shirataki yang kenyal dan rendah kalori. Jadi, tak masalah jika Anda mengonsumsi Fitmee pada malam hari karena benar-benar guilty free!

No.3

LemoniloMie Instan Rasa Pedas Korea

Mulai dari Rp9.592,00

Solusi cheat meal yang lebih sehat dan lezat

Lemonilo adalah salah satu merek mi instan sehat lokal yang sedang naik daun. Lemonilo menggunakan saripati tumbuhan serta tepung tapioka lokal. Alih-alih digoreng, mi instan Lemonilo menggunakan proses pemanggangan. Oleh karena itu, air rebusannya tetap jernih.


Salah satu varian terbarunya adalah Rasa Pedas Korea yang cocok untuk para pencinta rasa pedas. Hacks untuk mi instan ini pun beredar di media sosial, contohnya dicampurkan dengan susu. Anda dapat memilih produk ini sebagai cheat meal yang lebih sehat.

No.4

Bersertifikat vegan, sangat vegan friendly

Produk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi untuk para vegetarian, bahkan vegan. Mi instan dari DAAI telah memiliki sertifikat vegan dari Asia Pacific Vegan Certification, Hong Kong, dan Indonesia Vegetarian Society (IVS). Selain itu, produk ini terbuat dari bahan yang aman, tanpa pewarna buatan, pengawet, telur, bawang, dan MSG. 

No.5

Ladang LimaVeggie Noodle Kale Leaves

Mulai dari Rp10.500,00

Nikmati kebaikan daun kale dalam sebungkus mie instan sehat

Apakah Anda kurang suka mengonsumsi sayuran? Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi mi instan dari Ladang Lima yang mengandung sayuran segar. Tak hanya itu, mi instan ini tidak digoreng serta tidak menggunakan MSG dan telur.


Mi instan yang satu ini menggunakan campuran daun kale segar yang kaya akan antioksidan, zat besi, kalsium, dan vitamin. Dengan mengonsumsi mi instan ini, Anda akan mendapatkan berbagai kebaikan dari daun kale. 

No.6

Tropicana SlimMie Goreng Istimewa

Mulai dari Rp24.200,00

Rendah lemak, rendah garam, tetapi tinggi serat

Bagi Anda yang menderita diabetes dan sedang menjalankan diet, kami merekomendasikan mi instan dari Tropicana Slim. Tropicana Slim mengeluarkan produk mi instan dari shirataki. Mi instan ini rendah lemak dan garam serta tinggi serat. Tentu saja mi instan goreng ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.

No.7

AshitakiMi Goreng Veggie Bulgogi

Mulai dari Rp20.000,00

Varian rasa asal Korea yang lezat dan pas untuk vegetarian

Mi instan Ashitaki terbuat dari Ashitaba (seledri Jepang) dan shirataki yang rendah kalori. Produk ini juga diklaim rendah lemak, garam, karbohidrat, kolesterol, dan gula. Sementara itu, mi Ashitaki berserat tinggi sehingga dapat merasa kenyang lebih lama. 


Varian mi instan Ashitaki ini cocok untuk dikonsumsi para vegan dan vegetarian. Di dalam bumbu dan bahannya tidak mengandung bawang serta daging. Lalu, rasanya pun sangat lezat dengan tambahan minyak wijen di dalam bumbunya.

No.8

OlagafoodMaitri Instant Cup Noodle

Mulai dari Rp5.350,00

Mie instan cup untuk vegetarian yang praktis dikonsumsi

Nah, kalau mi instan yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mengonsumsi mi instan dengan praktis. Maitri memiliki mi instan dalam kemasan cup yang praktis Anda seduh kapan saja. Untuk kemasan cup, Maitri memiliki varian Rasa Mie Goreng dan Rasa Sup Ayam Pedas. Dilihat dari komposisinya, Maitri sangat cocok dikonsumsi para vegetarian dan vegan.

No.9

Klean BowlMie Ayam

Mulai dari Rp45.000,00

Mie ayam yang rendah kalori dan tinggi protein

Klean Bowl adalah salah satu penyedia makanan sehat yang lezat. Jika Anda menginginkan mi ayam yang lebih mengenyangkan, kami merekomendasikan produk yang satu ini. Mi dengan bahan dasar shirataki ini sudah lengkap dengan daging ayam cincang, bumbu, dan daun bawang. Selain kalorinya yang rendah, kandungan proteinnya cukup tinggi karena mencapai 20 gram.

No.10

Light CoachZero Mie - Chicken flavour

Mulai dari Rp120.000,00

Mie instan premium yang sangat rendah kalori

Apabila Anda mencari mi instan yang benar-benar rendah kalori, coba pertimbangkan produk ini. Zero Mie adalah mi instan premium yang terbuat dari kelp atau rumput laut. Mi ini bebas lemak, tetapi tinggi kandungan seratnya. Hal yang menarik dari mi instan ini adalah tak perlu dimasak. Anda cukup menuangkan air panas saja ke atas mi dan mi sudah siap disantap. Sangat praktis, bukan?

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Selain kalori, hal yang perlu diperhatikan saat diet adalah kandungan natrium (Na) pada tabel gizi kemasan. Kandungan Na yang berlebih akan mengikat air di dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko dehidrasi. Dehidrasi sendiri ditandai dengan bibir pecah-pecah, kulit kering, haus, dan sering berkemih.


Pastikan Anda tetap menjaga asupan kalori sesuai kondisi tubuh agar mencapai tujuan kesehatan Anda. Menurunkan berat badan memang merupakan proses yang panjang. Karena itu, Anda akan kagum dengan pencapaian yang Anda lewati seiring berjalannya waktu.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk dikonsumsi orang yang sedang diet di sini

Bagi Anda yang sedang berdiet, mengonsumsi mi instan dapat menjadi salah satu alternatif menu makanan Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya terlalu sering. Jika Anda tertarik untuk menemukan produk lain yang cocok untuk diet, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kini para vegetarian dan pelaku diet juga bisa menikmati mi instan tanpa khawatir lagi. Anda dapat tetap menjaga pola makan dengan memilih mi instan yang lebih rendah kalori, garam, dan lemaknya. Di sisi lain, rasa mi instan sehat juga tetap enak.


Pastikan komposisi mi instan sehat sesuai dengan kebutuhan diet Anda. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk paling sesuai. Selamat memilih dan melanjutkan gaya hidup sehat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer