• 10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Joystick PC Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sejalan dengan pengembangan games untuk PC, joystick PC terus bermunculan. Modelnya pun beragam untuk memberikan kepuasan maksimal saat memainkan game favorit. Spesifikasi masing-masing produk berbeda satu sama lain, bisa saja Anda malah bingun saat hendak membelinya.


Tenang saja, dalam artikel ini Anda akan menemukan poin-poin mengenai cara memilih joystick PC. Rekomendasi joystick PC terbaik pun akan Anda dapatkan, menemukan produk yang paling tepat pun bukan lagi perkara sulit. Tak perlu menunggu lama, temukan joystick PC berkualitas keluaran Logitech, Thrustmaster, Ipega, dan sebagainya dalam artikel ini! 

  • Pembaharuan terakhir: 01 Juni 2020
  • 2.248 Views
Daftar isi

Maksimalkan sensasi bermain dengan joystick PC

Maksimalkan sensasi bermain dengan joystick PC

Banyak orang memilih untuk memainkan game PC menggunakan mouse dan keyboard. Hal tersebut tidaklah salah mengingat banyak game shooting, puzzle, atau strategi yang asyik dimainkan menggunakan mouse dan keyboard.


Meski begitu, game untuk PC tidak hanya terdiri dari genre tersebut saja. Game bergenre lain, seperti fighting, balapan, atau flight simulator memang bisa dimainkan menggunakan mouse dan keyboard. Namun, untuk sistem kontrol dan sensasi bermain yang lebih optimal, menggunakan joystick PC adalah solusi pintar.


Tergantung pada game yang dimainkan, model joystick yang paling ideal bisa saja berbeda. Hal tersebut akan kami bahas lebih detail pada poin-poin di bawah. Pastinya, untuk pengalaman bermain lebih maksimal dan kemudahan memainkan game tertentu, ada baiknya Anda memiliki joystick PC.

Cara memilih joystick PC

Memilih joystick PC yang paling tepat untuk Anda sangatlah mudah. Anda bisa menjadikan poin berikut sebagai acuan saat hendak membelinya.

Pilih joystick berdasarkan modelnya

Joystick PC tidak hanya dibuat dalam model gamepad saja, masih ada tiga model lainnya, lho! Masing-masing model memiliki karakteristik sendiri, Anda bisa memilih model yang paling diinginkan sesuai preferensi pribadi.

Gamepad, versatile dan bentuknya sudah familier

Gamepad, versatile dan bentuknya sudah familier

Di Indonesia, ada banyak orang yang pernah memainkan game console. Mulai dari Nintendo, SEGA, Xbox, hingga PlayStation, semuanya merupakan game console yang controller-nya bermodel gamepad. Memang benar, masing-masing controller bisa memiliki variasi bentuk. Namun, secara umum modelnya sama-sama gamepad. Layout tombolnya pun mirip, mulai dari peletakan tombol arah hingga action button. Hal tersebut membuat joystick PC model gamepad terasa begitu akrab dengan mayoritas orang Indonesia. Dengan begitu, menguasai penggunaannya pun terasa lebih mudah.


Tidak hanya itu, joystick PC model gamepad juga versatile untuk digunakan memainkan beragam game berbeda. Game fighting, shooting, olahraga, strategi, dan sebagainya bisa Anda mainkan menggunakan joystick PC model gamepad. Meski begitu, sistem kontrolnya tentu masih inferior dibandingkan dengan joystick PC model lain yang spesifik dibuat untuk genre tertentu. Sebagai contoh, mengontrol karakter dan combo dalam game fighting jauh lebih mudah dilakukan dengan arcade joystick daripada gamepad. Terlepas dari hal tersebut, jika Anda terbiasa dengan controller game console atau mencari joystick versatile, model ini pilihannya.

Arcade joystick, sangat asyik untuk game fighting

Arcade joystick, sangat asyik untuk game fighting

Sesuai namanya, arcade joystick memiliki bentuk layaknya controller pada game arcade atau dingdong lawas. Ciri utamanya terletak pada keberadaan joystick besar dengan ujung bulat seperti bola tebal. Di samping joystick terdapat beberapa tombol berbentuk lingkaran besar. Baik joystick maupun tombol diletakkan pada base datar. Dengan begitu, arcade joystick bisa Anda letakkan di meja atau pangkuan Anda saat bermain.


Pengalaman terbaik menggunakan arcade joystick akan Anda rasakan saat memainkan game fighting. Mengapa demikian? Joystick pada produk ini model ini bisa Anda gerakkan ke delapan arah. Dengan begitu, mengeluarkan gerakan yang mengharuskan joystick membentuk seperempat atau setengah lingkaran bisa dengan mudah dilakukan. Hal tersebut sangat penting terutama pada game sejenis Street Fighter atau Tekken. Jurus atau combo di game tersebut hampir selalu melibatkan gerakan melingkar tersebut. Penggemar game fighting tentu wajib memiliki arcade joystick.

Flight joystick, serasa mengendalikan pesawat betulan!

Flight joystick, serasa mengendalikan pesawat betulan!

Untuk merasakan betapa menakjubkannya pertempuran udara atau mengendalikan pesawat serealistis mungkin, flight joystick tidak boleh Anda lewatkan. Joystick-nya dibuat semirip mungkin dengan centre stick yang digunakan dalam pesawat sungguhan. Sistem kontrolnya pun dibuat sama persis, tarik ke belakang joystick-nya untuk naik dan dorong ke depan untuk turun. Jangan lupakan juga pelatuk tembakan yang diletakkan di ujung joystick, serasa menembak musuh dari dalam pesawat asli!


Bagi Anda yang belum terbiasa, sistem kontrol flight joystick bisa terasa sulit dikuasai. Namun, setelah Anda terus menggunakannya, Anda malah akan keasyikan memainkannya. Bila Anda memiliki dana lebih, Anda bisa membeli perlengkapan tambahan misalnya instrument panel agar suasana bermain makin nyata.

Steering wheel joystick, pacu adrenalin dalam beragam game balap

Steering wheel joystick, pacu adrenalin dalam beragam game balap

Jika flight joystick hadir untuk game menerbangkan pesawat, steering wheel joystick ada untuk membawa Anda masuk ke kabin mobil. Dibuat dengan bentuk seperti kemudi mobil, atmosfer balapan mobil akan makin kentara. Saat main balapan menggunakan gamepad, Anda bisa belok kanan dengan menekan tombol arah kanan saja. Lain halnya saat menggunakan steering wheel joystick, Anda harus memutar kemudinya beberapa kali agar bisa belok sempurna, seru!


Anda juga bisa membeli perlengkapan tambahan misalnya pedal gas atau persneling untuk pengalaman bermain yang sensasional. Namun, persiapkan dana yang cukup banyak, ya! Baik flight maupun steering wheel joystick sendiri saja sebenarnya memiliki harga jauh lebih mahal daripada gamepad atau arcade joystick. Terlebih saat Anda membeli perlengkapan tambahannya, tentu harganya akan melonjak pesat. Meski begitu, asalkan dananya mencukupi dan Anda sangat ingin memacu adrenalin dalam setiap game balap, beli saja semuanya!

Pilih joystick berdasarkan ada tidaknya kabel

Pilih joystick berdasarkan ada tidaknya kabel

Terkait kabel, ada dua tipe joystick PC, yaitu wired dan wireless. Joystick wireless memungkinkan Anda bermain tanpa adanya kabel yang melintang. Tidak hanya terkesan lebih rapi, Anda juga bisa bermain dengan jarak lebih jauh dari monitor. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin lebih bebas bermain tanpa ada kabel yang bisa terasa mengganggu. Meski begitu, Anda harus ingat untuk mengganti baterainya secara berkala. Selain itu, akan ada jeda pengiriman informasi dari joystick ke PC.


Sementara itu, joystick wired atau berkabel adalah solusi wajib jika Anda mengutamakan kestabilan konektivitas. Terhubung langsung dengan PC via kabel, tidak ada jeda pengiriman informasi dari joystick ke PC. Anda pun akan terbebas dari kewajiban mengganti atau mengisi ulang baterai secara berkala. Asalkan Anda tidak merasa terganggu dengan adanya kabel, tentu joystick PC tipe wired sangat pantas dimiliki.

Periksa ada tidaknya fitur tambahan pada joystick

Periksa ada tidaknya fitur tambahan pada joystick

Berikutnya, Anda perlu mengecek keberadaan fitur tambahan pada joystick. Sebagai contoh, pada joystick model gamepad ada produk yang dilengkapi tombol turbo atau vibration. Ada juga arcade joystick yang memiliki banyak tombol untuk memudahkan Anda mengeluarkan serangan. Adanya fitur-fitur seperti ini tentu membuat joystick-nya makin asyik digunakan.

Pastikan desainnya Anda sukai!

Pastikan desainnya Anda sukai!

Poin terakhir ini juga jangan luput dari perhatian Anda. Momen bermain game adalah saat ketika Anda mengekspresikan diri dalam game favorit Anda. Untuk kesan lebih personal, sangat baik bila Anda memilih produk yang desainnya paling disukai. Bila Anda misalnya menyukai warna merah, Anda bisa membeli joystick merah. Ada juga produk model gamepad yang casing-nya transparan sehingga tampak lebih keren. Pilihlah produk yang desainnya paling Anda suka untuk menemani sesi bermain!

10 Rekomendasi joystick PC terbaik

Tak perlu menunggu lama, berikut segera kami berikan daftar rekomendasi joystick PC terbaik. Segera beli joystick favorit Anda, ya!

10
Model joystickGamepad
KonektivitasKabel
Fitur tambahanVibration
9
Model joystickFlight
KonektivitasWired
Fitur tambahanCustomized driver dan 12 editable button
8
Model joystickGamepad
KonektivitasWireless
Fitur tambahanTidak disebutkan
7
Model joystickArcade
KonektivitasWired
Fitur tambahanPlug and play
6
Model joystickGamepad
KonektivitasWired
Fitur tambahanXInput/DirectInput
5

ThrustmasterFerrari Racing Wheel Red Legend Edition

Rp 3.030.000,00

Model joystickSteering wheel
KonektivitasWired
Fitur tambahanAuto-centring, wide foot-rest, central clamping system, dan sebagainya
4
Model joystickGamepad
KonektivitasWireless dan wired
Fitur tambahan4 LED indicators, mode select switch, built in rechargeable battery, dan sebagainya.
3
Model joystickArcade
KonektivitasWired
Fitur tambahanSignalSharing technology, turbo switch, menu lock, dan sebagainya
2
Model joystickFlight
KonektivitasWired
Fitur tambahanTwist rudder, 4 slide rails, 4 independendent axes, dan sebagainya
1
Model joystickSteering wheel
KonektivitasWired
Fitur tambahanAdjustable floor pedal, self calibrating, textured heel grip, dan sebagainya

Tabel perbandingan produk joystick PC terbaik

Gambar produk
1
Logitech Driving Force Racing Wheel 1

Logitech

2
Thrustmaster FCS FLIGHT PACK 1

Thrustmaster

3
GameSir C2 Arcade Fightstick 1

GameSir

4
Ipega Mini Bluetooth Gamepad 1

Ipega

5
Thrustmaster Ferrari Racing Wheel Red Legend Edition 1

Thrustmaster

6
Logitech Gamepad 1

Logitech

7
Arcade Game Rocker Controller 1

8
M-TECH Turbo Game Pad 2.4G Wireless 1

M-TECH

9
PXN Thunder Pro 1

PXN

10
R-One Dual Shocks Joystick Transparent 1

R-One

Nama produk

Driving Force Racing Wheel

FCS FLIGHT PACK

C2 Arcade Fightstick

Mini Bluetooth Gamepad

Ferrari Racing Wheel Red Legend Edition

Gamepad

Arcade Game Rocker Controller

Turbo Game Pad 2.4G Wireless

Thunder Pro

Dual Shocks Joystick Transparent

Keunggulan

Feedback kemudi maksimal, super realistis!

Kontrol sangat luwes berkat H.E.A.R.T. dan S.M.A.R.T.

Super sensitif dan durable untuk hardcore fighting!

Gamepad retro dengan akurasi tombol sangat baik

Tampil sporty berkat ornamen ala Ferrari

Lekat di tangan berkat pegangan karet

Arcade joystick yang harganya ramah di kantong

Wireless plus tombol turbo, makin nyaman digunakan

Ada fitur vibration, makin seru bermain!

Satu kabel untuk dua gamepad, transparan pula!

HargaRp 5.100.000,00Rp 4.503.000,00Rp 1.750.000,00Rp 214.400,00Rp 3.030.000,00Rp 342.000,00Rp 350.000,00Rp 105.000,00Rp 399.000,00Rp 80.000,00
Model joystickSteering wheelFlightArcadeGamepadSteering wheelGamepadArcadeGamepadFlightGamepad
KonektivitasWiredWiredWiredWireless dan wiredWiredWiredWiredWirelessWiredKabel
Fitur tambahanAdjustable floor pedal, self calibrating, textured heel grip, dan sebagainyaTwist rudder, 4 slide rails, 4 independendent axes, dan sebagainyaSignalSharing technology, turbo switch, menu lock, dan sebagainya4 LED indicators, mode select switch, built in rechargeable battery, dan sebagainya.Auto-centring, wide foot-rest, central clamping system, dan sebagainyaXInput/DirectInputPlug and playTidak disebutkanCustomized driver dan 12 editable buttonVibration
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini

Gaming menjadi hobi yang sangat disukai baik pria maupun wanita. Selain joystick, ada beragam perlengkapan gaming misalnya gaming mouse, gaming headset, dan sebagainya. Anda bisa membaca lebih detail tentang perlengkapan gaming di sini.

Kesimpulan

Menggunakan joystick sesuai game yang dimainkan dapat membuat suasana bermain terasa makin seru. Contohnya, cobalah gunakan joystick steering wheel saat memainkan game balap mobil dan Anda akan merasa sedang balapan sungguhan!


Masing-masing model memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa membeli seluruhnya untuk pengalaman bermain yang maksimal. Pilih produk dengan fitur dan desain yang Anda suka, dan segera masuk dalam dunia game bersama joystick favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Hobi
    108.321 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Hobi
    112.521 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Hobi
    92.360 Views
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang tidak hilang ditelan zaman. Belakangan ini, jumlah lapangan luas yang tidak terhalang tiang listrik makin sedikit. Jumlah anak-anak yang bermain layangan pun berkurang. Namun, hal ini bukan berarti kepopuleran layangan menghilang begitu saja.Kini, bahkan sedang dikembangkan BioKite berteknologi aerodinamik pesawat terbang dan sport kite yang digunakan untuk turnamen profesional. Untuk itu, kami akan berbagi tips mengenai cara memilih layangan serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi layangan terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya! 
    Hobi
    44.982 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Hobi
    42.619 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cat air adalah alat gambar yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang, baik pemula maupun profesional. Banyak merek produsen cat air terbaik, seperti Holbein, Winsor & Newton, dan Koi yang merupakan favorit pelukis profesional. Ada pula cat air dengan harga murah meriah seperti Pentel. Harganya tentu sangat bervariasi.Cat air seperti apa yang sebaiknya Anda miliki? Kali ini, kami akan membagikan tips cara memilih cat air serta merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari mulai menggambar dengan cat air terbaik!
    Hobi
    43.980 Views
  • 10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    MG Gundam keluaran Bandai adalah mainan populer dengan harga rata-rata mulai dari 400 ribu rupiah. Modelnya cukup lengkap, mulai dari Gundam versi awal sampai versi terbaru, semuanya ada. Sparepart-nya pun lebih beragam dibanding tipe HG (High Grade) Gundam. Tidak heran jika MG Gundam sangat populer bahkan sejak pertama kali dirilis.Belakangan ini, orang-orang yang menyukai Gundam terus bertambah. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukai mainan ini untuk dijadikan koleksi. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi MG Gundam terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Mari simak lebih jauh berikut ini!
    Hobi
    21.564 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori