• 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Joystick PC Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Joystick PC dapat memberikan kepuasan tersendiri saat bermain game. Sensasinya tentu lain dari menggunakan keyboard dan mouse. Namun, setiap jenis game membutuhkan model joystick yang berbeda. Memilih produk yang bagus mungkin terasa sulit untuk Anda.


Tenang saja, Anda akan menemukan rekomendasi joystick PC dari berbagai merek di artikel ini. Kami sudah mengulas wireless gamepad dari Logitech, joystick PC double dari R-One, dan lainnya. Namun, kami akan memperkenalkan cara memilihnya terlebih dahulu. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Simak informasinya dan temukan joystick PC terbaik di sini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faynilla
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla
Faynilla
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020.


Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Maksimalkan sensasi bermain game dengan joystick PC

Maksimalkan sensasi bermain game dengan joystick PC

Mouse dan keyboard sudah sering digunakan untuk memainkan game PC. Hal itu tidaklah aneh mengingat game strategi dan shooting lebih asyik dimainkan dengan kedua perangkat tersebut.


Meski begitu, game PC tidak hanya terdiri dari genre tersebut saja. Genre lain, seperti fighting, sports, atau flight simulator, memang bisa dimainkan dengan mouse dan keyboard. Namun, untuk sistem kontrol dan sensasi bermain yang lebih optimal, menggunakan joystick PC adalah solusi pintar.


Tergantung pada game yang dimainkan, model joystick yang paling ideal bisa saja berbeda. Hal tersebut akan kami bahas lebih detail di artikel ini. Pastinya untuk pengalaman bermain lebih maksimal dan kemudahan memainkan game tertentu, ada baiknya Anda memilih joystick PC.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih joystick PC

Mendapatkan produk yang paling tepat untuk Anda bukanlah tidak mungkin. Ikuti saja poin-poin cara memilih joystick PC dari kami berikut ini sebelum Anda bertransaksi.

Pilih joystick menurut jenis game yang dimainkan

Gamepad mungkin merupakan salah satu model joystick PC yang paling populer. Akan tetapi, masih ada model lain dengan karakteristik tersendiri. Anda bisa memilih model yang paling dibutuhkan menurut jenis game yang paling banyak dimainkan.

Gamepad, versatile dan bentuknya sudah familier

Gamepad, versatile dan bentuknya sudah familier

Desain setiap gamepad memang bervariasi. Namun, secara umum modelnya sama. Layout tombolnya pun mirip, mulai dari peletakan directional pad hingga action button. Hal inilah yang membuat gamepad begitu akrab dengan tangan mayoritas gamer. Namun, sebelum memilihnya, ketahuilah kelebihan dan kekurangan gamepad berikut ini.


  • Kelebihan gamepad

Model ini versatile untuk digunakan memainkan game dalam beragam genre. Game RPG, adventure, platformer, olahraga, dan sebagainya, cocok dimainkan dengan gamepad. Jadi, Anda bisa memiliki satu joystick PC untuk berbagai jenis game.


  • Kekurangan gamepad

Sistem kontrolnya masih inferior dibandingkan model lain yang spesifik dibuat untuk genre tertentu. Sebagai contoh, mengontrol karakter dan combo dalam fighting game jauh lebih mudah dilakukan dengan arcade joystick ketimbang gamepad


Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih model ini jika sudah terbiasa dengan controller konsol game. Mulai dari Nintendo, SEGA, Xbox, hingga PlayStation, semuanya merupakan konsol game dengan controller bermodel gamepad

Arcade joystick, sangat asyik untuk fighting game

Arcade joystick, sangat asyik untuk fighting game

Sesuai namanya, arcade joystick memiliki bentuk layaknya controller pada game arcade atau dingdong lawas. Ciri utamanya terletak pada keberadaan joystick besar dengan ujung bulat seperti bola tebal. Di samping joystick terdapat beberapa tombol berbentuk lingkaran. Pertimbangkanlah hal berikut ini jika Anda hendak membeli arcade joystick.


  • Kelebihan arcade joystick

Model ini memiliki joystick yang bisa Anda gerakkan ke delapan arah. Dengan begitu, menggerakkan joystick dengan arah seperempat atau setengah lingkaran lebih mudah dilakukan. Gerakan ini banyak dibutuhkan untuk menghasilkan combo di fighting game.


  • Kekurangan arcade joystick

Ukuran model ini jauh lebih besar dari gamepad. Baik joystick maupun tombolnya diletakkan pada base datar sehingga Anda tidak bisa menggenggamnya. Oleh karena itu, arcade joystick membutuhkan area yang lega untuk digunakan dengan nyaman.


Pengalaman terbaik menggunakan model ini akan Anda rasakan saat memainkan fighting game. Penggemar berat game bergenre ini, seperti Mortal Kombat, Street Fighter, hingga Tekken, tentu wajib memiliki arcade joystick.

Flight joystick, serasa mengendalikan pesawat betulan!

Flight joystick, serasa mengendalikan pesawat betulan!

Merasakan betapa menakjubkannya pertempuran udara atau mengendalikan pesawat serealistis mungkin bisa Anda dapatkan dari flight joystick. Desain model ini dibuat semirip mungkin dengan centre stick yang digunakan dalam pesawat sungguhan. Akan tetapi, apakah model ini layak Anda miliki? Ketahuilah hal-hal berikut ini lebih dahulu.


  • Kelebihan flight joystick

Tidak hanya desainnya, sistem kontrolnya pun dibuat sama persis dengan yang asli. Tarik joystick untuk manuver naik, serta dorong untuk turun. Jangan lupakan juga trigger yang diletakkan di ujung joystick. Anda serasa menembak musuh dari dalam pesawat asli!


  • Kekurangan flight joystick
Variasi game simulasi pesawat tidak sebanyak genre fighting, terlebih yang lain. Produknya mungkin hanya akan Anda gunakan untuk beberapa judul game. Selain itu, judul-judul baru tidak muncul secepat dan sesering genre yang lain.

Bagi Anda yang belum terbiasa, sistem kontrol flight joystick bisa terasa sulit dikuasai. Namun, setelah terus menggunakannya, Anda malah bisa keasyikan. Anda dapat membeli perlengkapan tambahan jika memiliki dana lebih, misalnya instrument panel, agar suasana bermain makin nyata.

Mau wireless atau wired? Periksa koneksinya

Mau wireless atau wired? Periksa koneksinya

Terkait koneksi, ada dua tipe joystick PC yaitu wireless dan wired. Seperti namanya, koneksi wired menggunakan kabel, sedangkan wireless tidak. Akan tetapi, bukan cuma itu karakteristik keduanya. Simak penjelasan selengkapnya dari kami di bawah ini.


  • Wireless

Joystick PC wireless memungkinkan Anda untuk bermain dengan jarak lebih jauh dari layar. Produknya menggunakan koneksi USB dongle atau Bluetooth. Tipe USB dongle lebih umum digunakan karena lebih minim latensi jika dibandingkan Bluetooth. Perlu diingat, Anda harus mengganti baterainya secara berkala. Namun, ada juga yang dayanya bisa diisi ulang.


  • Wired

Produk wired lebih mudah ditemui daripada produk wireless. Hal ini karena arcade dan flight joystick masih mengandalkan koneksi kabel. Dengan produknya, Anda terbebas dari kewajiban mengganti atau mengisi ulang baterai secara berkala. Asalkan Anda tidak merasa terganggu dengan adanya kabel, tentu joystick PC wired sangat pantas dimiliki.


Harga joystick PC wired umumnya lebih murah dari yang wireless. Produk wireless menawarkan kemudahan yang tidak dimiliki produk wired. Anda mungkin pernah mendengar bahwa koneksi wireless tidak sestabil yang wired. Namun, perkembangan teknologi telah jauh meminimalkan jeda pengiriman informasi koneksi wireless.

Ketahui ada tidaknya fitur tambahan pada joystick

Ketahui ada tidaknya fitur tambahan pada joystick

Joystick PC terdiri dari stik analog dan tombol-tombol perintah. Selebihnya merupakan fitur tambahan untuk meningkatkan kinerja produk. Apa saja fitur-fitur yang umum dimiliki joystick PC? Berikut ini kami akan memerincinya satu per satu untuk Anda.


  • Vibrasi

Fitur ini umum Anda jumpai pada gamepad. Joystick akan bergetar pada momen-momen tertentu sehingga menambah tegang suasana bermain game. Vibrasi juga bisa menjadi panduan dalam quick time events.


  • Mode turbo

Menekan tombol tertentu dengan cepat dan berulang pada gamepad atau arcade joystick dapat membuat Anda pegal. Mode turbo akan menggantikan peran jari Anda karena sanggup mengirim suatu perintah secara beruntun dengan satu klik.


  • Programmable buttons

Anda mungkin memiliki preferensi sendiri mengenai fungsi setiap tombol perintah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menukar fungsi-fungsi pada tombolnya sesuai keinginan. Programmable buttons sering dijumpai pada flight joystick karena tombolnya banyak.


  • Tombol makro

Fitur ini merupakan shortcut untuk kombinasi beberapa perintah sekaligus dalam satu tombol. Anda dapat mendedikasikan satu tombol yang fungsinya merupakan kombinasi perintah dari tombol-tombol lainnya.

Produk rekomendasi pakar

MicrosoftXbox Wireless Controller

Mulai dari Rp 929.000,00

Model joystickGamepad
KoneksiWireless (Bluetooth, USB dongle)
Fitur tambahanShare button, haptic feedback
KompatibilitasXbox Series X, Xbox Series S, Xbox One, Windows 10/11, Android, and iOS

10 Rekomendasi joystick PC terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk joystick PC terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Faynilla.

Gambar produk
1
Rexus Gladius GX100 1

Rexus

2
R-One Gamepad 1

R-One

3
M-TECH Turbo Game Pad 1

M-TECH

4
Logitech Extreme 3D Pro Joystick 1

Logitech

5
Dobe 7 in 1 Wired Small Rocking Table 1

Dobe

6
8BitDo Arcade Stick 1

8BitDo

7
PXN Flight Joystick Advance Edition 1

PXN

8
GameSir C2 Arcade Fightstick 1

GameSir

9
Thrustmaster FCS FLIGHT PACK 1

Thrustmaster

10
Logitech F710 Wireless Gamepad 1

Logitech

Nama produk

Gladius GX100

Gamepad

Turbo Game Pad

Extreme 3D Pro Joystick

7 in 1 Wired Small Rocking Table

Arcade Stick

Flight Joystick Advance Edition

C2 Arcade Fightstick

FCS FLIGHT PACK

F710 Wireless Gamepad

Keunggulan

Stik analognya lebih mudah dijangkau

Lebih simpel dengan desain dua gamepad satu kabel

Harganya terjangkau untuk wireless gamepad dengan ragam fitur

Nyaman digenggam lama-lama tanpa membuat tangan lekas pegal

Kompatibel untuk beragam platform, dari konsol sampai perangkat Android

Wireless atau wired, semuanya bisa

Tidak mudah bergeser meski dalam pertempuran yang intens

Super durable untuk hardcore fighting gamer!

Kontrolnya berpresisi tinggi berkat teknologi H.E.A.R.T. dan S.M.A.R.T.

Joystick PC modern untuk beragam keperluan

Harga mulai dariRp 319.000,00Rp 73.405,00Rp 145.000,00Rp 599.000,00Rp 800.000,00Rp 895.000,00Rp 480.000,00Rp 1.280.000,00Rp 4.200.000,00Rp 749.000,00
Model joystickGamepadGamepadGamepadFlightArcadeArcadeFlightArcadeFlightGamepad
KoneksiWireless (USB dongle)WiredWireless (USB dongle)WiredWiredWireless (Bluetooth, USB dongle), wiredWiredWiredWiredWireless (USB dongle)
Fitur tambahanVibrasi, mode turboVibrasiVibrasi, mode turbo12 programmable buttons, tombol makroMode turboMode turbo, programmable buttons, tombol makroVibrasi, 12 programmable buttonsMode turbo, programmable buttons, menu lock-Vibrasi, programmable buttons
KompatibilitasWindows XP ke atas, PS3, AndroidWindows 9x/2000/XPPC, PS3, PS4Windows Vista/7/8PC, Xbox 360, Xbox One, PS3, PS4, Nintendo Switch, AndroidWindows, Nintendo SwitchWindows XP/7/8/10Windows, Xbox One, PS4, Nintendo SwitchPCWindows Vista/7/8/10/11, Chrome OS, Android TV
Tautan produk
10
Model joystickGamepad
KoneksiWireless (USB dongle)
Fitur tambahanVibrasi, programmable buttons
KompatibilitasWindows Vista/7/8/10/11, Chrome OS, Android TV
9

ThrustmasterFCS FLIGHT PACK

T.16000M

Mulai dari Rp 4.200.000,00

Model joystickFlight
KoneksiWired
Fitur tambahan-
KompatibilitasPC
8
Model joystickArcade
KoneksiWired
Fitur tambahanMode turbo, programmable buttons, menu lock
KompatibilitasWindows, Xbox One, PS4, Nintendo Switch
7

PXNFlight Joystick Advance Edition

PXN-2113

Mulai dari Rp 480.000,00

Model joystickFlight
KoneksiWired
Fitur tambahanVibrasi, 12 programmable buttons
KompatibilitasWindows XP/7/8/10
6
Model joystickArcade
KoneksiWireless (Bluetooth, USB dongle), wired
Fitur tambahanMode turbo, programmable buttons, tombol makro
KompatibilitasWindows, Nintendo Switch
5

Dobe7 in 1 Wired Small Rocking Table

Mulai dari Rp 800.000,00

Model joystickArcade
KoneksiWired
Fitur tambahanMode turbo
KompatibilitasPC, Xbox 360, Xbox One, PS3, PS4, Nintendo Switch, Android
4

LogitechExtreme 3D Pro Joystick

Mulai dari Rp 599.000,00

Model joystickFlight
KoneksiWired
Fitur tambahan12 programmable buttons, tombol makro
KompatibilitasWindows Vista/7/8
3
Model joystickGamepad
KoneksiWireless (USB dongle)
Fitur tambahanVibrasi, mode turbo
KompatibilitasPC, PS3, PS4
2
Model joystickGamepad
KoneksiWired
Fitur tambahanVibrasi
KompatibilitasWindows 9x/2000/XP
1
Model joystickGamepad
KoneksiWireless (USB dongle)
Fitur tambahanVibrasi, mode turbo
KompatibilitasWindows XP ke atas, PS3, Android

Baca juga rekomendasi perangkat gaming lainnya untuk PC di sini

Anda bisa mempertimbangkan gaming mouse atau keyboard gaming untuk bermain game di PC. Kami sudah menyiapkan rekomendasi perangkat gaming selain joystick untuk Anda. Bacalah ulasan selengkapnya dari kami pada artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih joystick yang sesuai dengan jenis permainannya dapat memberi pengalaman gaming yang maksimal. Model flight cocok untuk game simulasi pesawat, arcade untuk fighting game, sedangkan gamepad untuk berbagai jenis game.


Anda tentu boleh memiliki setiap modelnya untuk memaksimalkan semua jenis game. Jangan lupa untuk menyesuaikan konektivitas dan fiturnya dengan kebutuhan Anda. Joystick PC terbaik akan membuat Anda makin mudah terlarut dalam suasana game!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Speaker Bluetooth Advance Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
    10 Speaker Bluetooth Advance Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
    Advance memiliki aneka speaker Bluetooth yang bagus. Pilihan ukuran speaker Bluetooth Advance beragam. Anda bisa menemukan speaker mini berukuran 2–6 inch yang kecil hingga speaker 8 inch dan 10 inch yang sedang. Ada juga speaker besar berukuran 12 inch, 15 inch, sampai 18 inch.Merek ini bahkan memberikan mikrofon untuk karaoke pada beberapa produknya, seperti Advance s50. Agar Anda tak salah pilih, kami akan membagikan rekomendasi speaker Bluetooth Advance terbaik. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
    10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
    Uninterruptible power supply (UPS) adalah perangkat yang berfungsi mengamankan data-data di komputer ketika tiba-tiba mati listrik. Saat listrik padam, UPS menjadi sumber listrik sementara sehingga Anda dapat mem-backup data-data Anda. Anda pun bisa mematikan PC secara normal sehingga akan meminimalkan kerusakan.Kali ini kami akan mengulas poin penting dalam memilih UPS terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek UPS yang bagus, seperti Prolink, ICA, dan APC. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Jika Anda sedang mencari UPS, bacalah artikel ini hingga akhir!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Bluetooth keyboard, dikenal juga sebagai wireless keyboard, membantu proses mengetik menjadi lebih efisien. Bluetooth keyboard menjadi populer karena mudah dibawa dan praktis. Selain untuk laptop atau komputer, alat ini juga dapat Anda gunakan pada smartphone dan tablet. Di pasaran, ada banyak merek Bluetooth keyboard, seperti dari Logitech, Microsoft, dan Fantech.Kami akan memberikan informasi mengenai poin-poin penting dalam memilih Bluetooth keyboard. Kami juga akan mengulas rekomendasi sepuluh produk Bluetooth keyboard terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Mari temukan Bluetooth keyboard yang bagus untuk Anda!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori