1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Aksesori motor
  6. >
  7. 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Helm Full Face Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain melindungi kepala dari benturan, helm dapat melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi kaca atau visor.


Salah satu jenis helm yang digemari pengguna sepeda motor adalah full face. KYT, INK, dan MDS adalah contoh merek yang bagus dan kerap menghadirkan helm terbaru yang ringan dipakai. Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.

Diperbaharui 12-20-2022
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih helm full face

Helm full face merupakan jenis helm yang menutupi seluruh bagian kepala. Helm ini disukai banyak orang karena bisa memberikan perlindungan penuh pada seluruh bagian kepala. Namun, bagaimana cara memilih helm full face terbaik? Berikut penjelasannya!

① Perhatikan beratnya

Perhatikan beratnya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli helm full face adalah mengenai kenyamanan. Tolok ukur kenyamanan penggunaan helm dapat dirasakan melalui berat yang dibebankan pada leher. Jika melebihi dari beban yang dapat ditanggung leher, tentu saja akan mengakibatkan kesakitan di saraf leher.


Berapa berat ideal sebuah helm full face? Berat helm full face umumnya adalah 1,4 kg hingga 1,6 kg. Namun, dalam ukuran SNI atau Standar Nasional Indonesia, helm full face yang disarankan untuk digunakan tidak boleh lebih dari 2 kg. Jika melebihi itu, tentu saja sangat berisiko terhadap kenyamanan penggunanya. Selain itu, biasanya helm dengan berat lebih dari 2 kg akan membuat tengkuk cepat terasa pegal.

② Sesuaikan ukurannya

Sesuaikan ukurannya

Mengenakan helm full face yang ukurannya sesuai dapat membantu Anda mendapatkan konsentrasi saat berkendara. Untuk mendapatkan kenyamanan ekstra, pilihlah helm full face yang tidak terlalu sesak, tetapi juga tidak terlalu longgar. Bagaimana cara mendapatkan helm full face yang nyaman saat digunakan? 


Adapun ciri helm full face yang terlalu sempit adalah adanya rasa sakit di bagian pelipis saat digunakan. Untuk memastikan helm tidak terlalu besar, cobalah gelengkan kepala Anda ke kiri dan kanan. Jika bergeser, helm full face yang Anda gunakan memiliki ukuran yang terlalu longgar.


Ukuran helm yang terlalu kecil akan membuat kepala terasa pusing. Hal ini karena bagian-bagian otot di kepala tidak bisa bebas. Sementara itu, ukuran helm yang terlalu besar akan mengganggu kenyamanan saat digunakan pada kecepatan tinggi. Helm akan bergeser mengikuti arah embusan angin yang bisa mengakibatkan otot leher bekerja keras.

③ Periksa fitur yang ditawarkan

Perlu diketahui bahwa tidak semua fitur pada helm full face Anda butuhkan. Makin banyak fitur yang ditawarkan, tentu saja bobot helm akan bertambah. Untuk itu, pilih fitur yang menurut Anda paling penting dan dibutuhkan.

Removable inner liner: Memudahkan Anda saat membersihkan helm

Removable inner liner: Memudahkan Anda saat membersihkan helm

Penggunaan helm dalam waktu lama dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada bagian inner liner. Hal ini terlebih jika helm sering digunakan pada musim hujan. Jadi, membersihkan helm secara rutin sangatlah disarankan agar tidak berjamur dan mengganggu kesehatan kulit kepala.


Untuk memudahkan Anda dalam membersihkan bagian interior helm, pilih helm full face yang didukung fitur removable inner liner. Bagian ini biasanya ada yang direkatkan menggunakan velcro ataupun kancing. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Cara membersihkannya mudah. Anda cukup melepas dan mencuci bagian dalam helm full face yang biasa digunakan. Bagian dalam helm yang dapat dibersihkan adalah busa pipi, busa leher, chin curtain, dan nose guard. Jika rutin dibersihkan, helm full face Anda akan terbebas dari kuman atau jamur.

Air vent (ventilasi udara): Menjadikan kepala Anda tidak mudah gerah

Air vent (ventilasi udara): Menjadikan kepala Anda tidak mudah gerah

Menggunakan helm full face tidaklah begitu nyaman bagi sebagian orang, terlebih lagi saat cuaca terik. Hal ini karena penggunaan helm full face yang cenderung membuat kepala cepat gerah. Untuk itu, pastikan helm full face yang Anda gunakan memiliki ventilasi udara yang memadai.


Fungsi dari ventilasi udara pada helm adalah untuk menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Lancarnya sirkulasi udara juga sangat penting untuk menjaga kondisi helm tetap kering. Pastikanlah ventilasinya berfungsi saat memilih helm. Hal ini karena ada ventilasi udara yang hanya menjadi variasi. Ventilasinya tidak berfungsi sebagai sirkulasi udara di dalam helm.


Ventilasi udara pada helm full face biasanya terletak pada bagian depan dagu, atas kepala, dan belakang kepala. Dengan penempatan ventilasi udara yang sempurna, helm full face Anda akan makin nyaman digunakan.

Visor atau kaca pada helm: Membuat pandangan Anda tetap jernih pada segala situasi

Visor atau kaca pada helm: Membuat pandangan Anda tetap jernih pada segala situasi

Visor atau kaca helm menjadi fitur yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin membeli helm full face. Tipe visor menentukan kualitas penglihatan Anda saat berkendara. Anda bisa memilih tipe single visor atau double visor (kaca ganda).


  • Double visor
Sudah banyak helm full face yang menawarkan fitur double visor atau kaca ganda. Kaca kedua biasanya berbentuk seperti kacamata hitam. Visor ini akan sangat membantu Anda ketika berkendara pada siang hari yang terik dan silau.

  • Single visor
Tipe single visor hanya memiliki satu lapisan kaca. Namun, terdapat beberapa pilihan fitur single visor pada helm full face. Misalnya, fitur anti-fog dan anti-smoke. Kedua fitur ini dapat membantu Anda mendapatkan penglihatan yang lebih jelas ketika kondisi jalanan berkabut.

10 Rekomendasi helm full face terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk helm full face terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

NJS

ZX-1 RUSH

NJS  ZX-1 RUSH 1枚目

Visor sudah anti-scratch, tidak perlu takut kaca tergores

2

RSV Helmet

FF500

RSV Helmet  FF500 1枚目

Helm dengan dua pilihan variasi visor

3

JPX

Full Face MX 726R

JPX  Full Face MX 726R 1枚目

Helm yang bisa digunakan dengan model full face dan half face sekaligus

4

Zeus Helmet

ZS-813

Zeus Helmet  ZS-813 1枚目

Sistem pendingin terdiri dari tiga ventilasi udara yang menjadikan kepala tetap sejuk

5

KYT

R-10 Race Edition

KYT  R-10 Race Edition 1枚目

Rasakan pengalaman berkendara dengan aman layaknya seorang pembalap

6

MDS

Super Pro Solid

MDS  Super Pro Solid 1枚目

Helm harga 500 ribuan yang punya lima pilihan warna menarik

7

Cargloss

New Sport One CR

Cargloss  New Sport One CR 1枚目

Fitur micrometrically safety buckle memberikan keamanan optimal saat berkendara

8

BMC

Blade 200 New #9

BMC  Blade 200 New #9 1枚目

Visor pelangi jadikan tampilan keren dan mata bebas dari silaunya matahari

9

Astra Honda

Helmet CRF

Astra Honda  Helmet CRF 1枚目

Dari produsen otomotif ternama, helm full face untuk trail cross motocross

10

INK

Troper Borderline

INK  Troper Borderline 1枚目

Tetap tampil stylish dengan helm retro yang nyaman digunakan

Perincian produk
Close
No.1

Visor sudah anti-scratch, tidak perlu takut kaca tergores

Kaca helm yang tergores dapat mengganggu penglihatan berkendara. Jadi, kami merekomendasikan produk NJS ini. Visor helm full face ini sudah dilengkapi fitur anti-scratch sehingga tidak mudah tergores. Interiornya juga dapat dilepas dan dipasang sehingga bisa dicuci serta dibersihkan. Meski begitu, Anda harus berhati-hati saat melepaskan bagian-bagian helm karena pelepasan bagian dalamnya cukup sulit.


Helm full face ini adalah satu yang best seller di e-commerce. Untuk harga di bawah 1 juta, produk ini terasa seperti helm dengan harga jutaan. Bobot dan kenyamanannya sudah lebih dari cukup. Modelnya keren dengan motif yang terbilang langka. Gaya Anda saat bermotor jadi setingkat lebih keren!

No.2

Helm dengan dua pilihan variasi visor

Saat menjajal Sirkuit Mandalika, Presiden Joko Widodo mengenakan helm merek RSV Helmet. Hal ini menandakan bahwa kualitas helm merek RSV Helmet tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, Anda bisa memercayakan keselamatan saat berkendara dengan menggunakan helm full face dari merek ini.


Helm yang dibuat dari material plastik ABS murni ini memiliki dua variasi visor, darksmoke dan iridium silver. Darksmoke visor berwarna gelap sehingga cocok dipakai saat siang hari. Sementara itu, visor iridium silver terlihat berkilau layaknya cermin. Produk ini direkomendasikan untuk penggunaan jarak jauh.

No.3

JPX Full Face MX 726R

Mulai dari Rp630.000,00

Helm yang bisa digunakan dengan model full face dan half face sekaligus

Anda sering merasa pusing ketika menggunakan helm karena terasa berat? Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memilih helm ringan dari JPX ini. Helm ini dibuat dari bahan plastik ABS sehingga ringan ketika digunakan di kepala. Dengan modelnya, helm ini cocok untuk pengguna motor aliran retro.


Selain itu, Anda akan mendapatkan helm full face dan half face sekaligus karena bagian dagu helm bisa dilepas. Dengan fitur anti-smoke di bagian visor, Anda juga tidak perlu khawatir terhadap silaunya terik matahari. Perlu diketahui bahwa helm ini kurang cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

No.4

Sistem pendingin terdiri dari tiga ventilasi udara yang menjadikan kepala tetap sejuk

Mengenakan helm full face dalam waktu lama memang menyebabkan gerah. Namun, Anda tidak perlu khawatir kegerahan saat mengenakan helm ini. Kini telah hadir helm dari Zeus Helmet yang dilengkapi sistem pendinginan. Kepala Anda senantiasa akan terasa sejuk ketika mengenakannya.


Sistem pendinginan tersebut mengandalkan ventilasi udara di bagian dagu dan atas. Kedua ventilasinya menjadi jalan masuk udara. Sementara itu, udara panas akan dibuang melalui ventilasi pembuangan yang terdapat di bagian belakang helm. Untuk harganya, bisa dibilang spesifikasi helm ini sudah lebih dari cukup dari segi kenyamanannya saat digunakan.

No.5

KYT R-10 Race Edition

Mulai dari Rp605.000,00

Rasakan pengalaman berkendara dengan aman layaknya seorang pembalap

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi pembalap, kami sarankan mengenakan helm dari KYT yang satu ini. Helm full face ini memang dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Namun, Anda akan merasakan pengalaman berkendara seperti pembalap ketika menggunakannya Hal ini karena helm sudah sesuai dengan standar DOT dan SNI.


Helm yang dibuat dari material thermoplastic composite ini dilengkapi quick release buckle sehingga talinya mudah dibuka dan dilepas. Bagian dalam helm juga mudah dilepas sehingga Anda bisa mencucinya dengan lebih leluasa. Dengan corak yang keren dan fitur yang standar, helm ini laku di pasaran. Tidak sedikit orang yang menggunakan helm ini di jalanan.

No.6

Helm harga 500 ribuan yang punya lima pilihan warna menarik

Anda bosan menggunakan helm dengan warna hitam? Jika iya, jadikan produk ini sebagai helm pilihan Anda. Selain memberikan keamanan saat berkendara, Anda bisa memilih lima varian warna yang tersedia. Sesuaikanlah warna helm dengan warna sepeda motor Anda agar lebih matching. Helm yang berstandar SNI ini pun memiliki busa yang dapat dilepas dan dipasang. Anda bisa membersihkannya dengan mudah.


Selain itu, helm ini memiliki double visor sehingga penglihatan Anda saat berkendara tidak akan terganggu. Helm jenis ini sangat cocok untuk pengguna motor supermoto. Meskipun demikian, pengguna motor selain supermoto juga cocok menggunakannya. Harga produk ini bahkan relatif terjangkau untuk helm enduro.

No.7

Cargloss New Sport One CR

Mulai dari Rp500.000,00

Fitur micrometrically safety buckle memberikan keamanan optimal saat berkendara

Untuk mendapatkan keamanan berkendara yang optimal, pilih helm dari Cargloss ini. Helm ini mampu memberikan keamanan optimal saat berkendara berkat fitur micrometrically safety buckle. Sistem pengunci helm tersebut adalah pengembangan dari quick release buckle yang dirancang lebih nyaman.


Tali pengikat pada produk ini menyerupai sabuk pengaman dan cocok untuk pemakaian harian. Hal ini terutama jika Anda sering melepas dan memasang helm. Produk ini pun cukup nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Harganya juga relatif terjangkau bila dilihat dari segi kenyamanan. Selain itu, helm ini didesain sporty sehingga bisa menunjang penampilan Anda saat berkendara.

No.8

BMC Blade 200 New #9

Mulai dari Rp305.000,00

Visor pelangi jadikan tampilan keren dan mata bebas dari silaunya matahari

Visor tidak terbatas pada warna bening dan gelap. Ada juga helm yang memiliki visor pelangi (rainbow), seperti BMC Blade 200 New #9. Dengan kaca helm yang berwarna pelangi, Anda bisa tampil lebih keren. Helm ini juga cukup nyaman digunakan untuk pemakaian jarak jauh dengan harga yang relatif murah.


Visor pada produk ini juga mampu memberikan perlindungan terhadap mata Anda dari silaunya sinar matahari. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya saat malam hari karena akan terlihat gelap.

No.9

Astra Honda Helmet CRF

Mulai dari Rp365.000,00

Dari produsen otomotif ternama, helm full face untuk trail cross motocross

HONDA merupakan salah satu produsen otomotif ternama. Selain memproduksi sepeda motor, HONDA menghadirkan kelengkapan berkendara. Salah satunya adalah helm full face yang satu ini.


Bagi Anda yang sudah memiliki motor HONDA, sudah sepantasnya Anda memilih helm ini. Anda bisa menggunakannya jika ingin trail cross. Namun, Anda harus membeli kacamata secara terpisah karena helm ini belum dilengkapi dengan kaca, ya.

No.10

INK Troper Borderline

Mulai dari Rp760.000,00

Tetap tampil stylish dengan helm retro yang nyaman digunakan

Bagi sebagian orang, menjaga penampilan adalah hal yang penting. Jika Anda juga demikian, kami sarankan Anda untuk memilih helm retro dari INK ini. Helm ini akan mendukung Anda tetap tampil stylish saat mengendarai motor. Produk ini juga nyaman dikenakan. Hal ini karena bagian kacamatanya mudah dilepas dan dipasang. Anda pun bisa membersihkannya dengan mudah sehingga penglihatan Anda tidak terganggu.


Perlu diingat bahwa helm tipe ini kurang cocok untuk digunakan touring jarak jauh. Hal ini karena ventilasi udara yang berupa kisi-kisi di bagian depannya tidak bisa ditutup. Saat menggunakannya pada kecepatan tinggi, angin dari depan akan langsung masuk ke bagian muka.

Pertanyaan umum seputar helm

Pertanyaan umum seputar helm

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar helm. Jika Anda masih penasaran dengan helm, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara mengatasi helm bau?

Setelah dipakai, sebaiknya helm jangan langsung ditutup kacanya. Diamkanlah helm sebentar di tempat yang sirkulasi udaranya baik. Jika helm sering dipakai, sebaiknya jemurlah bagian dalamnya seminggu sekali di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari. Selain itu, cucilah bagian lapisan dalamnya sebulan sekali.

Kapan helm perlu diganti?

Sebenarnya, helm tidak perlu diganti selama tidak retak atau pecah.

Baca juga rekomendasi helm lainnya di sini

Selain helm full face, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli produk helm motor lainnya. Di bawah ini kami telah mempersiapkan artikel helm lain yang dapat Anda jadikan referensi. Silakan dibaca sampai tuntas, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan merek helm full face yang bagus dan tepat serta sesuai dengan budget? Semoga ulasan kami di atas dapat membantu Anda, ya!


Saat mengendarai sepeda motor, fungsi helm sangatlah penting. Helm dapat melindungi kepala kita dari benturan, masuknya kerikil dan debu ke mata, atau bahaya lainnya. Untuk itu, pilihlah helm full face yang memenuhi standar keselamatan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer