1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Biskuit Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Biskuit memang enak dinikmati sebagai camilan sekaligus sebagai pengganjal lapar. Anda dapat memilih biskuit gandum sebagai camilan sehat yang lebih mengenyangkan. Ada banyak biskuit gandum dengan rasa lezat yang dapat Anda beli di minimarket, supermarket, atau bahkan di e-commerce.


Roma dan Belvita adalah contoh merek biskuit gandum yang enak. Simaklah tips memilihnya dari kami untuk menemukan biskuit gandum yang bagus bagi anak, bumil, hingga penderita diabetes. Kami juga akan berbagi rekomendasi dan review snack gandum terenak. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian dan lifestyle blogger kami, Evrina Budiastuti, SP.

Diperbaharui 11-22-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat mengonsumsi biskuit gandum

Manfaat mengonsumsi biskuit gandum

Gandum merupakan sumber mikronutrien. Jenis serealia ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan protein yang dibutuhkan tubuh.


Berkat serat pangannya yang tinggi, gandum utuh diandalkan sebagai sumber energi dan dapat membuat tubuh Anda kenyang lebih lama. Banyak orang memilih snack berbahan gandum sebagai pengganjal perut, termasuk penderita asam lambung/mag. Berikut kami ringkaskan beberapa manfaat dari biskuit gandum.


  • Melancarkan pencernaan/mencegah sembelit
  • Mendukung program diet karena dapat membuat perut kenyang lebih lama
  • Menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskuler
  • Sumber energi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih biskuit gandum

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih biskuit gandum agar lebih sehat dikonsumsi. Kami sudah merangkum tipsnya dalam poin-poin berikut untuk Anda.

① Cek jenis gandum dalam komposisi bahannya

Cek jenis gandum dalam komposisi bahannya

Sebenarnya, tepung terigu dan tepung gandum utuh sama-sama berasal dari serealia gandum. Namun, tepung terigu hanya dibuat dari bagian biji gandum sehingga warnanya lebih putih. Sementara itu, tepung gandum utuh dibuat dari keseluruhan gandum.


Perbedaan tersebut membuat kandungan serat pada kedua tepung ini tidak sama. Biskuit dari tepung gandum utuh mengandung lebih banyak serat dibandingkan tepung terigu.


Tidak semua biskuit gandum menggunakan tepung gandum utuh sebagai bahan utama. Anda mungkin saja menemui tepung terigu (wheat flour) sebagai bahan utamanya. Hal ini tidak masalah jika produknya juga menambahkan kandungan gandum utuh atau biji-bijian lain. Kandungan tersebut akan menambah asupan serat pangan.

② Perhatikan kalori, gula, dan serat pangannya

Perhatikan kalori, gula, dan serat pangannya

Meskipun tergolong sebagai camilan sehat, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi biskuit gandum secara berlebihan. Pada kemasan biskuit, Anda bisa menemukan keterangan mengenai saran penyajian. Anda sebaiknya mengonsumsi biskuit gandum sesuai dengan saran penyajian tersebut agar tidak berlebihan.


  • Jumlah kalori

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori per takaran saji. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Pria dewasa umumnya butuh 2.500 kkal per hari, sementara kebutuhan wanita dewasa berkisar 2.100 kkal per hari. Anda juga bisa terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter mengenai kebutuhan kalori Anda agar lebih yakin.


Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori sendiri menurut rumus dari Kemenkes RI. Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah menghitung berat badan ideal (BBI). Selanjutnya, Anda perlu mengalikan hasil dari penghitungan BBI berdasarkan gender. Berikut rumusnya.


  • BBI = (tinggi badan – 100) – (10% dari hasil tinggi badan – 100)
  • Kebutuhan kalori laki-laki = 30 kkal x BBI
  • Kebutuhan kalori perempuan = 25 kkal x BBI

  • Kandungan gula

Jika Anda sedang diet atau untuk bumil yang sedang mengurangi asupan gula, perhatikan kandungan gula dalam biskuit gandum. Konsumsi gula secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.


  • Serat pangan

Serat pangan yang terkandung di dalam snack gandum juga perlu dipertimbangkan. Kandungan serat pangan di dalam biskuit gandum dapat membantu kerja pencernaan Anda.


Mungkin agak sulit bagi Anda untuk mengetahui nutrition facts ini ketika membeli barang secara online. Untuk itu, Anda dapat memeriksanya pada website yang menyediakan informasi tentang asupan kalori dalam camilan pilihan Anda.

③ Temukan varian rasa yang populer di pasaran

Temukan varian rasa yang populer di pasaran

Sebenarnya, biskuit gandum bukanlah camilan berserat yang monoton tanpa adanya rasa. Anda bisa menemui beberapa varian rasa yang diberikan dalam biskuit gandum.


  • Rasa original atau plain

Biskuit rasa original atau plain memiliki cita rasa yang enak tanpa membuat eneg. Rasa plain biasanya memiliki kadar gula dan kalori yang lebih rendah dibandingkan rasa lainnya, seperti cokelat. Dengan demikian, varian ini lebih aman untuk anak-anak, penderita diabetes, atau orang yang sedang diet. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dengan bijak karena masih mengandung gula.


  • Biskuit dengan tambahan krim dan perasa lainnya

Jika Anda bosan dengan biskuit plain, Anda dapat memilih biskuit dengan tambahan rasa lainnya. Penambahan bahan lainnya akan menambah cita rasa biskuit yang kaya, seperti buah-buahan kering, cokelat, atau madu. Ada juga tambahan krim berbagai rasa pada bagian tengah biskuit, misalnya selai kacang atau pasta cokelat.

④ Pilih jumlah isi sesuai dengan kebutuhan

Pilih jumlah isi sesuai dengan kebutuhan

Sama seperti camilan pada umumnya, biskuit gandum juga hadir dalam berbagai pilihan isi. Jika Anda ingin mengonsumsinya sendiri, Anda dapat memilih kemasan individual. Kemasan tersebut terasa lebih praktis untuk dibawa-bawa serta bisa dihabiskan dalam sekali konsumsi.


Sebaliknya, Anda bisa memilih kemasan yang lebih besar jika ingin mengonsumsinya lebih sering atau mau berbagi dengan orang terkasih. Kemasan yang lebih besar biasanya juga terhitung lebih ekonomis dibandingkan yang kecil.


Namun, Anda harus menyimpannya dengan cara yang tepat jika tidak langsung menghabiskan biskuit gandum. Hal ini demi menjaga kualitas biskuit gandum serta membuatnya tidak mudah melempem.

9 Rekomendasi biskuit gandum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk biskuit gandum terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mayora

Roma Sari Gandum Sandwich Cokelat

Mayora Roma Sari Gandum Sandwich Cokelat 1枚目

Biskuit gandum dengan krim lezat, favorit semua orang!

2

Mondelez

Biskuat Original

Mondelez Biskuat Original 1枚目

Camilan anak sehat dan kuat

3

Mayora

Roma Sari Gandum

Mayora Roma Sari Gandum 1枚目

Lembut digigit, snack sehat untuk seluruh anggota keluarga

4

Julie's

Peanut Butter Sandwich

Julie's Peanut Butter Sandwich 1枚目

Sandwich biscuit yang creamy dan lumer di mulut

5

Koon Brother

Mybizcuit Digestive Biscuit Original

Koon Brother Mybizcuit Digestive Biscuit Original 1枚目

Biskuit gandum dengan cita rasa premium

6

Munchy's

Wheat Cracker

Munchy's Wheat Cracker 1枚目

Snack gandum yang enak dinikmati bersama teh atau kopi

7

Oatbits

Choco Banana

Oatbits Choco Banana 1枚目

Perpaduan oat dan gandum, kenyang lebih lama

8

Nuova

Crich Crackers Integrali Whole Wheat

Nuova Crich Crackers Integrali Whole Wheat 1枚目

Rasa unik dengan proses fermentasi 24 jam

9

Mondelez

Jacob's Weetameal

Mondelez Jacob's Weetameal 1枚目

Mengandung 75% wheat cereal, kaya serat dan nutrisi

Perincian produk
Close
No.1

MayoraRoma Sari Gandum Sandwich Cokelat

Mulai dari Rp9.000,00

Biskuit gandum dengan krim lezat, favorit semua orang!

Tidak ada yang dapat menolak lezatnya perpaduan biskuit dengan krim lembut. Roma menawarkan biskuit gandum sandwich dengan krim lezat bercita rasa susu di bagian tengahnya. Biskuit ini juga sudah menjadi biskuit gandum top of mind bagi banyak orang.


Jika Anda lebih suka rasa manis, Anda dapat memilih krim cokelat. Bagi Anda yang lebih suka rasa gurih, Anda dapat memilih selai kacang. Biskuit ini tentu dapat menjadi favorit bagi Anda yang kurang menyukai tekstur kasar dari biskuit gandum.

No.2

MondelezBiskuat Original

Mulai dari Rp3.000,00

Camilan anak sehat dan kuat

Anda bingung mencari camilan sehat untuk si kecil tersayang? Biskuat dapat menjadi pilihan camilan sehat bagi si kecil. Biskuit ini terbuat dari gandum yang diperkaya dengan 9 vitamin dan 6 mineral. Selain itu, Biskuat juga mengandung susu untuk menjaga kekuatan tulang si kecil. Anak sehat dan kuat, ibu jadi lebih tenang.

No.3

MayoraRoma Sari Gandum

Mulai dari Rp12.600,00

Lembut digigit, snack sehat untuk seluruh anggota keluarga

Roma Sari Gandum memiliki tekstur yang lebih kasar seperti berpasir, tetapi tetap lembut ketika digigit. Biskuit gandum ini lebih nikmat disantap bersama-sama, misalnya saat bersantai bersama keluarga.


Rasa biskuit yang plain ini juga enak disantap dengan minuman favorit Anda di rumah. Anak-anak, ibu hamil, ataupun manula sudah pasti suka mengonsumsinya dengan rasa serta tekstur biskuit yang mudah dikunyah!

No.4

Julie'sPeanut Butter Sandwich

Mulai dari Rp10.000,00

Sandwich biscuit yang creamy dan lumer di mulut

Untuk pencinta biskuit dengan filling krim lezat, pertimbangkan camilan yang satu ini. Snack ini terdiri dari dua keping biskuit tipis dan renyah yang mengapit krim rasa selai kacang yang creamy. Perpaduan rasa yang manis dan sedikit gurih akan lumer di mulut Anda. Camilan ini sangat pas menemani waktu me-time Anda. Jika Anda punya alergi kacang, Julie's punya varian rasa lainnya yang tak kalah enak.

No.5

Koon BrotherMybizcuit Digestive Biscuit Original

Mulai dari Rp19.900,00

Biskuit gandum dengan cita rasa premium

Mybizcuit merupakan merek biskuit asal Malaysia yang telah berdiri sejak 1948. Kualitas serta cita rasa Mybizcuit Digestive Biscuit tentu sudah tak perlu diragukan.


Biskuit yang terbuat dari tepung gandum utuh ini terdiri dari empat varian, yaitu rasa original, cokelat, kismis, dan malt. Kami merekomendasikan biskuit rasa original untuk Anda yang sedang diet karena kandungan gulanya paling sedikit dibanding rasa lainnya. Namun, penderita diabetes harus tetap bijak mengonsumsinya, ya.

No.6

Snack gandum yang enak dinikmati bersama teh atau kopi

Munchy's Wheat Cracker nikmat dikonsumsi bersama secangkir teh atau kopi favorit Anda saat sedang bersantai. Snack gandum ini memang memiliki ukuran yang sangat pas dengan mulut gelas. Anda tidak perlu membelahnya agar dapat dicelup dalam gelas. Dikemas dalam kemasan satuan, produk ini lebih praktis untuk dinikmati kapan saja tanpa khawatir melempem.

No.7

Perpaduan oat dan gandum, kenyang lebih lama

Selalu sediakan camilan Oatbits ini di dekat meja kerja Anda. Snack gandum rasa Choco Banana dengan tambahan oat ini bisa menjadi pengganjal lapar sebelum jam makan tiba. Teksturnya pun renyah dan ringan, sangat nyaman dikunyah sembari Anda bekerja. Dilihat dari komposisinya, biskuit gandum ini tidak mengandung susu! Jika Anda punya alergi susu sapi, biskuit gandum tanpa susu ini dapat dilirik.

No.8

NuovaCrich Crackers Integrali Whole Wheat

Mulai dari Rp56.000,00

Rasa unik dengan proses fermentasi 24 jam

Berbeda dari produk lainnya, Crich dibuat dengan metode fermentasi menggunakan ragi selama 24 jam. Metode ini menjadikan rasa dan aromanya sangat khas dan menggugah selera.


Crich menambahkan wheat bran atau kulit ari gandum dalam produknya sehingga tinggi serat dan bagus untuk pencernaan. Tambahan ini juga membuat tekstur biskuit jadi lebih padat. Kandungan gulanya juga lebih rendah sehingga aman dikonsumsi Anda yang sedang diet atau membatasi konsumsi gula.

No.9

MondelezJacob's Weetameal

Mulai dari Rp38.500,00

Mengandung 75% wheat cereal, kaya serat dan nutrisi

Biskuit Jacob's mengandung serealia gandum sebanyak 75%. Selain tepung gandum, di dalamnya juga terdapat gandum utuh sebagai bahan utamanya sehingga lebih kaya nutrisi dan serat. Snack gandum ini bisa menjadi camilan sehat saat Anda tengah sibuk. Jadi, tak ada lagi alasan asam lambung kumat karena Anda lupa makan, ya.


Tersedia dalam kemasan kaleng isi 700 gram, camilan ini cocok disajikan untuk orang banyak. Anda juga dapat menjadikannya sebagai isi parsel untuk hantaran kepada orang terkasih.

Baca juga rekomendasi snack lainnya di sini

Masih ada beberapa camilan enak yang sayang untuk dilewatkan selain biskuit gandum yang telah kami review. Jika Anda sedang mencari camilan bernutrisi untuk pengganjal lapar, silakan klik tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Biskuit gandum merupakan camilan yang membuat Anda kenyang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Agar lebih nikmat, pilihlah rasa biskuit gandum yang sesuai dengan selera Anda. Sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsanya, ya.


Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Selamat menikmati biskuit gandum yang lezat dan sehat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer