1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kipas Tangan Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kipas tangan lipat merupakan benda fungsional dan penambah gaya yang mudah dibawa berpergian. Kipas ini bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain sutra, rami linen, dan kulit. Harganya pun sangat beragam tergantung dari bahan, desain, dan detail kipas tersebut


Kali ini kami akan membahas berbagai jenis kipas lipat yang bagus dan cara memilihnya. Setelah itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kipas lipat terbaik untuk Anda. Yuk, tingkatkan penampilan Anda dengan kipas lipat yang modis!

Diperbaharui 04-10-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kipas tangan lipat

Pada dasarnya, kipas digunakan untuk mengusir hawa panas. Dengan bahan serta fungsi yang berbeda-beda, ada kipas yang diperuntukkan sebagai koleksi dan dekorasi. Sebelum membeli kipas lipat, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis kipas yang ada. Agar tidak salah pilih, simak penjelasan berikut!

① Pilih kipas dari bahan kain untuk para pencinta tekstur

Secara umum, ada dua jenis bahan untuk kipas lipat, yaitu kain dan kertas. Kipas berbahan kain memiliki umur lebih panjang daripada kipas kertas. Kipas kain tidak akan rusak jika terkena air karena akan kembali lagi ke kondisi semula begitu kering. Selain itu, kipas kain juga lebih tahan terhadap kerusakan daripada kipas lipat kertas. Di bawah ini kami akan mengenalkan empat jenis bahan utama kipas kain. 

Bahan sutra untuk kesan mewah dan berkelas

Bahan sutra untuk kesan mewah dan berkelas

Bahan sutra direkomendasikan bagi Anda menyukai kesan elegan. Sedari dahulu, bahan sutra dikenal akan kualitasnya yang tinggi. Karena itu, kipas sutra cocok dipasangkan dengan pakaian formal. Jika hendak menghadiri acara formal, kipas sutra merupakan pilihan terbaik Anda.


Para pria sebenarnya juga bisa menggunakan kipas lipat untuk menambah aksen dalam berpakaian. Kipas sutra polos akan menunjukkan kilau natural sutra secara maksimal sehingga cocok juga dipakai oleh pria untuk bergaya elegan. Dengan beragam desain menarik yang tersedia, kipas berbahan sutra cocok dipakai oleh semua kalangan umur.

Bahan katun untuk kesan yang hangat dan natural

Bahan katun untuk kesan yang hangat dan natural

Selanjutnya, kami merekomendasikan bahan katun untuk Anda penyuka tekstur hangat dan natural. Kipas berbahan katun kebanyakan dihiasi dengan pola-pola yang unik dan tradisional. Karena itu, kipas katun bisa menjadi aksesoris pas untuk menemani batik atau kebaya favorit Anda.


Kipas katun yang berpola juga bisa menunjukkan kesan dewasa dan bijak. Para pria atau wanita dewasa juga bisa menggunakan kipas katun untuk menampilkan sisi modis mereka.

Bahan polyester untuk penggunaan sehari-hari

Bahan polyester untuk penggunaan sehari-hari

Bahan polyester direkomendasikan bagi Anda yang ingin menekankan kesan sejuk dalam berpenampilan. Biasanya, motif pada kipas akan membuat produk terkesan berat dan gerah. Polyester merupakan bahan tembus pandang sehingga kipas bermotif pun akan terkesan sejuk. 


Selain itu, polyester mudah dicetak dengan berbagai warna dan desain yang beragam. Harganya juga relatif bersahabat dengan kantong. Kipas polyester mudah dipadukan dengan pakaian sehari-hari. Kreasikan tampilan Anda dan gunakan kipas lipat sebagai aksesoris unik Anda!

Bahan rami linen dengan tekstur unik seperti kertas

Bahan rami linen dengan tekstur unik seperti kertas

Jika Anda menginginkan kipas dengan tekstur seperti kertas, tetapi dengan ketahanan kipas kain, pilihlah kipas berbahan rami linen. Rami linen adalah bahan dengan celah yang sangat sedikit sehingga dapat menangkap lebih banyak angin. Karena itu, kipas Anda akan lebih efisien saat digunakan.


Kipas dengan bahan ini memiliki harga yang lebih mahal daripada bahan lainnya. Namun, kipas ini memiliki kelas dan kesan superior dibanding jenis lainnya. Motif dan desainnya pun cenderung terkesan oriental. Karena itu, kipas ini juga cocok dijadikan dekorasi indah untuk menghiasi rumah Anda.

Bahan kulit untuk motif dan tekstur tradisional khas Indonesia

Bahan kulit untuk motif dan tekstur tradisional khas Indonesia

Di Indonesia, banyak sekali hasil kerajinan kulit yang dijual di pasaran. Kipas dari bahan kulit merupakan salah satu produk kerajinanya. Kebanyakan kipas berbahan kulit dibuat dari kulit kerbau atau kambing karena lebih mudah dibentuk. Kulit binatang memang memiliki tekstur unik yang cenderung lebih kasar daripada bahan lainnya. 


Namun, kulit juga memiliki daya tarik sendiri karena harus selalu diproses secara handmade. Motif pada kipas kulit sering kali menunjukkan kebudayaan khas Indonesia, seperti batik atau wayang. Bagi Anda penyuka kipas yang identik dengan kebudayaan Indonesia, kipas kulit cocok untuk Anda.

② Pertimbangkan kipas kertas untuk penggemar gaya kasual

Pertimbangkan kipas kertas untuk penggemar gaya kasual

Bagi Anda yang ingin merasakan kesejukan maksimum, kami sarankan kipas kertas. Kertas ditempelkan pada kedua sisi kipas sehingga udara tidak akan mengalir keluar saat kipas digunakan. Karena itu, volume udara akan meningkat dan Anda akan merasa sejuk seketika!


Namun, kipas kertas memiliki kelemahan terhadap air. Selain itu, kipas kertas mudah rusak seiiring penggunaan. Dengan udara lembap khas iklim tropis seperti di Indonesia, kipas berbahan kertas kurang direkomendasikan. Meski begitu, bagi Anda penyuka gaya kasual dan santai, kipas kertas merupakan aksesori yang sesuai untuk Anda.

③ Pilih bahan tanduk untuk pencinta bahan natural dan kesan tradisional

Pilih bahan tanduk untuk pencinta bahan natural dan kesan tradisional

Beberapa pengerajin kipas di Indonesia menggunakan kerangka berbahan tanduk hewan. Tanduk yang digunakan kebanyakan adalah tanduk kerbau atau sapi. Namun, yang paling umum digunakan di Indonesia adalah tanduk kerbau karena lebih kuat daripada tanduk sapi. 


Kerangka dari tanduk memiliki tekstur natural dan kilau yang elegan. Kerangka kipas dari tanduk cenderung memiliki bobot yang cukup ringan. Namun, Anda juga harus memperhatikan jenis tanduk yang digunakan. 


Selain itu, tanduk juga memiliki rasa tradisional yang tidak dimiliki jenis material kerangka lainnya. Bagi Anda yang menyukai kesan klasik dan tradisional khas Indonesia, pilihlah kipas dengan kerangka berbahan tanduk. 

④ Perhatikan ukuran kipas

Perhatikan ukuran kipas

Sebenarnya, kipas yang ideal untuk pria dan wanita memiliki ukuran yang berbeda. Ada berbagai pendapat, tetapi ukuran secara umumnya adalah sebagai berikut:


  • 19 cm untuk wanita
  • 23 cm untuk pria
  • 21 cm untuk unisex

Tentu saja semuanya kembali lagi kepada selera masing-masing. Tidak masalah bila Anda memilih ukuran yang lebih besar atau lebih kecil. Anda juga bisa memilih berdasarkan motif dan warna. Warna-warna gelap akan memberikan kesan gagah dan maskulin. Sebaliknya, warna-warna muda dan terang memberikan kesan muda dan feminin. 

⑤ Periksa jumlah tulang kipas

Periksa jumlah tulang kipas

Tulang kipas merujuk pada jari atau kerangka kipas. Makin banyak jumlahnya maka makin bertambah kesan elegan dan mewahnya. Jumlah tulang kipas minimum biasanya adalah 8 dan maksimum adalah 45. Jika Anda menginginkan kesan yang mewah, sebaiknya pilih kipas dengan jumlah tulang yang lebih banyak.


Selain itu, makin banyak jumlah tulangnya maka makin lama umur kipas tersebut. Ini karena tulang kipas berpengaruh pada ketahanan kipas. Kipas dengan tulang yang banyak bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama. 

⑥ Tentukan kipas dari bahan kerangkanya

Ada berbagai bahan yang bisa dijadikan material kerangka kipas. Bahan yang paling umum adalah bambu. Namun, belakangan ini ada juga kipas yang menggunakan bahan akrilik, baja, atau aluminium sebagai kerangka. Di bawah ini kami akan memperkenalkan karakteristik masing-masing bahan. 

Bambu untuk kesan klasik dengan ketahanan serta fleksibilitas yang terjamin

Bambu untuk kesan klasik dengan ketahanan serta fleksibilitas yang terjamin

Bambu adalah bahan yang paling sering digunakan sebagai bahan kerangka kipas. Saat memilih kipas dengan jenis ini, pastikan Anda mengetahui bagian bambu mana yang digunakan. Kulit bambu yang dekat dengan permukaan bambu menghasilkan kipas yang lebih kuat dan memiliki fleksibilitas yang baik. Makin banyak tulang pada kerangka maka makin panjang umur kipas tersebut.


Sebaliknya, jika kipas menggunakan bagian dalam bambu, kipas tersebut akan kurang fleksibel. Namun, kipas tersebut akan menjadi ringan dan mudah dibawa. Silahkan pilih bahan yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Bahan aluminium dan akrilik untuk ketahanan maksimum

Bahan aluminium dan akrilik untuk ketahanan maksimum

Kerangka kipas yang terletak di sisi paling luar saat kipas dibuka atau ditutup sangat mudah tergores. Bagi Anda yang ingin selalu menjaga kondisi kipas, pilihlah bahan kipas dari logam untuk ketahanan maksimum. Kerangka dari bahan aluminium atau stainless steel dapat digunakan untuk waktu yang lama tanpa khawatir akan goresan. Material tersebut pun cocok dipadukan dengan bahan kipas berwarna gelap.


Selain itu, kipas dari bahan akrilik bisa dibuat dari akrilik natural seperti kulit kura-kura. Kipas seperti ini menciptakan aksen unik yang menarik bagi para penggemar kipas. Dibandingkan dengan kipas bambu, kesannya lebih kasual. Karena itu, Anda bisa menggunakannya sehari-hari untuk meningkatkan penampilan Anda!

⑦ Tuliskan nama orang terkasih Anda pada kipas sebagai hadiah yang menarik!

Tuliskan nama orang terkasih Anda pada kipas sebagai hadiah yang menarik!

Jika Anda sedang mencari hadiah, kami sarankan kipas yang bertuliskan nama orang terkasih Anda. Hadiah ini akan menjadi sangat personal dan spesial bagi siapapun yang menerimanya. 


Karena itu, hadiah ini sempurna untuk merayakan hari ibu atau ayah, ulang tahun, dan acara lainnya. Beberapa penjual atau pengrajin ada yang menerima pesanan kipas dalam bentuk custom. Anda bisa menambahkan desain atau ukir nama agar kipas lipat Anda semakin personal.


Selain itu, ada juga kipas unik dengan desain atau tulisan yang muncul saat kipas itu ditutup. Tentunya, kipas seperti ini akan menjadi kejutan manis bagi siapapun yang menerimanya. 

10 Rekomendasi kipas tangan lipat terbaik

Berikutnya, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kipas lipat terbaik untuk Anda. Sayangnya, tidak semua jenis kipas lipat yang dijelaskan di atas tersedia di e-commerce sites Indonesia. Namun, rekomendasi di bawah bisa menjadi gambaran untuk Anda agar menemukan produk yang pas untuk digunakan. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kipas Kulit Motif Wayang

 Kipas Kulit Motif Wayang 1枚目

Lebih artsy karena dibuat dengan teknik pembuatan wayang

2

Kipas Spanyol

 Kipas Spanyol  1枚目

Kipas lace dengan harga terjangkau yang cocok dijadikan souvenir

3

Kipas Lipat Tangan Warna Polos

 Kipas Lipat Tangan Warna Polos 1枚目

Desainnya polos dan simpel, pas untuk kembaran dengan teman lainnya!

4

Kipas Tangan Warna Gradasi

 Kipas Tangan Warna Gradasi 1枚目

Desain elegan dengan warna gradasi yang menarik

5

Kipas Lipat dengan Glitter

 Kipas Lipat dengan Glitter 1枚目

Tampil berani dengan kipas berhias glitter yang glamor!

6

Kipas Lipat Motif Batik

 Kipas Lipat Motif Batik 1枚目

Keindahan corak etnik dalam kipas batik

7

Kipas Tangan Lipat Gaya TiongKok

 Kipas Tangan Lipat Gaya TiongKok 1枚目

Nuansa kental Tiongkok dalam motif kipas yang oriental

8

Kipas Kulit Motif Wayang

 Kipas Kulit Motif Wayang 1枚目

Bahan natural dan desain unik yang menunjukkan keindahan khas Indonesia

9

Scoop

Kipas Lipat Jepang

Scoop Kipas Lipat Jepang 1枚目

Motif bunga cantik penambah pesona saat menari

10

Kipas Tangan Satin

 Kipas Tangan Satin 1枚目

Jadilah pusat perhatian dengan bahan satin yang mengilap!

Perincian produk
Close
No.1

Lebih artsy karena dibuat dengan teknik pembuatan wayang

Berbeda dari kebanyakan produk kipas lain, kipas ini dibuat dengan teknik tatah sungging tradisional. Ini adalah teknik yang sama yang digunakan untuk membuat wayang kulit. Dibutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan produk dengan kualitas terjamin, berumur panjang, dan tidak mudah rusak.


Meski berkesan tradisional, kipas ini memiliki motif dan desain karakter wayang dengan warna-warna kontras yang menarik. Inilah produk dengan kesan seni tradisional Indonesia yang sangat terasa. Bagi Anda para pencinta seni khas Indonesia, kipas ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

No.2

Kipas lace dengan harga terjangkau yang cocok dijadikan souvenir

Apakah Anda mencari kipas yang bisa dijadikan opsi untuk suvenir pernikahan? Jika iya, kipas satu ini bisa Anda pilih. Selain harganya terjangkau, produk ini memiliki desain yang menarik dengan lace dan renda di ujung kipasnya. Selain itu, Anda tidak perlu pusing membungkusnya satu-satu karena produk ini sudah dibungkus dengan plastik saat tiba di rumah Anda.

No.3

Kipas Lipat Tangan Warna Polos

Mulai dari Rp12.000,00

Desainnya polos dan simpel, pas untuk kembaran dengan teman lainnya!

Kipas tangan terkadang tidak hanya digunakan saat udara sedang panas, aksesori satu ini bisa juga digunakan untuk tampil. Hal ini terutama jika Anda dan teman-teman Anda adalah pengisi suatu acara. Agar penampilan tampak kompak, Anda bisa menggunakan kipas warna-warni polos ini. Dari tari, fashion show, sampai drama, kipas ini akan senantiasa memeriahkan penampilan Anda.

No.4

Kipas Tangan Warna Gradasi

Mulai dari Rp23.000,00

Desain elegan dengan warna gradasi yang menarik

Ciri khas kipas ini adalah desainnya yang tergolong simpel nan elegan. Warna-warna gradasi yang digunakan pun tidak terlalu mencolok. Karena itu, kipas ini bisa digunakan oleh Anda yang ingin meningkatkan penampilan dengan aksesori ciamik. Produk ini juga dibuat dengan bahan kain yang dihiasi motif bunga yang manis. Tunjukkan sisi elegan Anda dengan memakai kipas ini ke acara-acara penting!

No.5

Kipas Lipat dengan Glitter

Mulai dari Rp25.000,00

Tampil berani dengan kipas berhias glitter yang glamor!

Kipas ini sesuai bagi Anda yang suka tampil berani di manapun Anda berada! Kilauan glitter akan menciptakan kesan glamor dan menjadikan Anda pusat perhatian setiap kali menggunakan kipas ini. Produk ini juga memiliki berbagai varian motif dan warna. Cocok bagi Anda yang tidak takut menunjukkan identitas Anda dengan warna-warna yang menarik!


Dibalik ukurannya yang cukup bongsor, kipas ini ringan dan nyaman digunakan berkat materialnya. Beberapa seller juga menawarkan harga grosir untuk pembelian jumlah banyak. Karena itu, produk ini juga pas dijadikan suvenir untuk berbagai acara pesta!

No.6

Keindahan corak etnik dalam kipas batik

Batik merupakan kain motif bernuansa etnik khas sebagian daerah Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri. Karena itu, pantas jika kita berbangga saat menggunakan aksesoris dengan motif batik yang menjadi identitas Indonesia. 


Kipas ini memiliki motif batik yang menarik dan manis. Ukurannya ideal dan harganya terjangkau sehingga pas untuk dijadikan suvenir acara pesta. Pilihan coraknya beragam sehingga Anda bisa membelinya beberapa buah sekalipun untuk digunakan bergantian.

No.7

Kipas Tangan Lipat Gaya TiongKok

Mulai dari Rp45.000,00

Nuansa kental Tiongkok dalam motif kipas yang oriental

Produk ini sesuai bagi Anda yang hendak mendekorasi rumah dengan kipas yang elegan. Dibuat dari bahan polyester yang dihiasi dengan motif oriental, kipas ini lebih terjamin keawetannya. 


Desainnya berupa lukisan bergaya Tiongkok yang didominasi warna-warna kalem dan goresan-goresan luwes. Tidak heran bila kipas ini lebih cocok dijadikan dekorasi. Meski begitu, sah-sah saja bila Anda tetap ingin menggunakannya sebagai kipas biasa. 

No.8

Kipas Kulit Motif Wayang

Mulai dari Rp115.000,00

Bahan natural dan desain unik yang menunjukkan keindahan khas Indonesia

Jika Anda mencari kipas untuk dikoleksi, tentunya produk ini bisa menarik hati Anda. Kipas ini terbuat sepenuhnya dari bahan natural. Kerangkanya terbuat dari tanduk kerbau dan daun kipasnya dari kulit kambing. Kipas ini menunjukkan kesan elegan dan unik dengan warna dan motif yang indah.


Hal yang paling menarik dari kipas ini adalah motif batik pada kulit kambing yang sangat detail. Siluet yang diciptakan oleh kipas ini saat dikenakan cahaya juga pastinya estetis. Bagi Anda yang ingin mengoleksi kipas, produk ini sesuai untuk Anda.

No.9

ScoopKipas Lipat Jepang41188701

Mulai dari Rp50.900,00

Motif bunga cantik penambah pesona saat menari

Belakangan ini, menari dengan kipas kembali menjadi tren di Indonesia. Bagi Anda yang menyukai kegiatan menari, kipas ini bisa menjadi aksesori yang sesuai untuk Anda! Kipas ini memiliki motif bunga yang elegan dan bisa disesuaikan dengan busana tarian Anda. Tentunya aksen tali yang menjuntai pada pinggir kipas ini menambah kesan manis.

No.10

Jadilah pusat perhatian dengan bahan satin yang mengilap!

Bagi Anda yang mencari produk fungsional untuk mengusir hawa panas, kipas ini sesuai untuk Anda! Produk ini memang memiliki ukuran yang sedikit besar. Namun, itu berarti kipas ini dapat menangkap lebih banyak angin.


Kipas ini dibuat dari bahan satin imitasi yang mengilap. Setiap kibasannya akan memantulkan cahaya sehingga memberikan kesan mewah. Usir hawa panas sambil bergaya dengan kipas cantik ini!

Baca juga rekomendasi aksesori modis lainnya

Jika Anda merasa kurang cocok dengan rekomendasi produk di atas, barangkali Anda akan tertarik dengan produk aksesori lainnya. Selain kipas lipat, masih banyak aksesori lain yang dapat meningkatkan penampilan Anda. Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca rekomendasinya! 

Kesimpulan

Kami sudah membahas tentang berbagai jenis kipas yang ada. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produk kipas lipat terbaik di pasaran. Apakah ada yang menarik hati Anda?


Kipas lipat bisa menjadi aksesoris unik untuk meningkatkan penampilan Anda. Tidak hanya sebatas untuk digunakan oleh wanita, kipas lipat juga cocok digunakan oleh pria. Anda hanya tinggal memilih bahan, ukuran, motif, dan warna yang tepat. Tingkatkan penampilan sehari-hari Anda dengan kipas lipat yang menawan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer