• 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2021
  • 162.536 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Kapan kulit wajah perlu dieksfoliasi?

Kapan kulit wajah perlu dieksfoliasi?

Eksfoliasi merupakan proses yang penting dan perlu secara rutin untuk dilakukan. Kegiatan mengeksfoliasi wajah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga lapisan kulit yang baru bisa menerima nutrisi dengan optimal.


Namun, bagaimana cara mengetahui kapan Anda perlu melakukan eksfoliasi? Perhatikan kondisi kulit Anda dengan saksama terlebih dahulu.


Hal yang paling terlihat adalah kulit tampak kusam. Penumpukan sel-sel kulit mati membuat kulit Anda tampak kusam. Ketika Anda menyadari kulit tampak lebih kusam, segeralah lakukan eksfoliasi.


Penumpukan sel-sel kulit mati juga dapat menyumbat pori-pori sehingga pori-pori akan tampak lebih besar. Penyumbatan tersebut selanjutnya dapat menyebabkan munculnya jerawat. Segera lakukan eksfoliasi jika tanda-tanda ini sudah Anda rasakan, ya.


Nah, setelah mengetahui fungsi dan tanda kulit membutuhkan eksfoliasi, mari kita lanjutkan ke segmen berikutnya. Temukan tips yang akan membantu Anda dalam memilih produk eksfoliasi wajah.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit wajah terus beregenerasi sehingga sel-sel kulit mati akan digantikan oleh sel-sel kulit baru. Lama proses pergantian kulit bervariasi pada tiap orang. Secara alami, rata-rata waktu yang diperlukan untuk regenerasi kulit adalah 28 hari. Namun, proses ini juga dipengaruhi oleh usia, polusi, paparan sinar matahari, hormon, makanan, dan kebiasaan merokok.


Proses regenerasi kulit juga melambat seiring bertambahnya usia dan faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya. Makin lama proses pergantian kulit, makin banyak sel kulit mati yang tertumpuk di permukaan kulit wajah. Hal ini membuat pori tampak besar, timbulnya jerawat, makin jelasnya keriput halus, serta kulit yang tampak gelap dan kusam.


Eksfoliasi mampu meningkatkan kecepatan pergantian sel kulit untuk menggantikan sel kulit mati dengan yang lebih baru dan sehat. Hasilnya, kulit wajah tampak lebih halus, berkilau sehat, berwarna lebih rata dan cerah. Proses eksfoliasi juga berkhasiat mengurangi jerawat, pigmentasi, serta menipiskan garis halus.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk eksfoliasi

Berikutnya, kami akan menjelaskan tentang cara memilih produk eksfoliasi yang sesuai. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kami akan menjelaskannya dalam poin berikut ini.

Pilih berdasarkan jenis eksfoliasi

Produk eksfoliasi tidak selalu mengandung scrub. Ada dua tipe eksfoliasi yang dijual di pasaran. Apa saja tipenya? Simaklah penjelasannya di bawah ini.

Physical exfoliator, menghilangkan kulit mati menggunakan scrub

Physical exfoliator merupakan jenis yang paling banyak diketahui dan digunakan. Sesuai dengan namanya, proses pengelupasan kulit mati ini menggunakan scrub dengan tekstur yang kasar. Kulit akan terasa lebih bersih saat Anda menggunakan physical exfoliator.


Sekarang, banyak produsen perawatan kulit yang menggunakan bahan alami sebagai scrub, misalnya kulit kacang atau kulit buah. Pilihan scrub dari bahan alam memang sangat ramah lingkungan. Sayangnya, ada beberapa bahan alami yang terasa kasar sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.


Microbeads adalah bahan scrubs yang lebih halus dibandingkan bahan alami. Namun, karena terbuat dari plastik, bahan ini tidak dapat larut di dalam air sehingga tidak ramah lingkungan.


Jika Anda memiliki permasalahan seperti penebalan kulit atau hiperpigmentasi, Anda dapat menggunakan physical exfoliator. Anda yang tekstur kulitnya cukup tebal juga dapat menggunakannya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kulit cocok menggunakan physical exfoliator.


Saat menggunakan physical exfoliator, gosoklah secara perlahan pada wajah Anda selama kurang lebih 30 detik, lalu bilas sampai bersih. Gunakan 1-2 kali saja per minggu agar kulit tidak mengalami iritasi.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Physical exfoliator bekerja melepaskan sel kulit mati dengan upaya mekanik atau fisik. Beberapa contoh physical exfoliator adalah scrub, lulur, mikrodermabrasi, dan alat-alat penggosok kulit mati.


Kelebihan eksfoliator ini adalah intensitas tekanan yang dapat diatur langsung oleh Anda. Namun, kekurangan eksfoliator ini adalah sifatnya yang abrasif atau melukai kulit. Anda juga akan sulit untuk mengaplikasikan tekanan yang merata secara keseluruhan.  

Chemical exfoliator, bersifat lebih lembut di kulit

Berbeda dengan physical exfoliator, chemical exfoliator menggunakan bahan kimia untuk membantu eksfoliasi kulit. Bahan yang digunakan adalah bahan turunan dari acid.


AHA (alpha hydroxy acid) dan BHA (beta hydroxy acid) merupakan bahan yang paling umum digunakan sebagai chemical exfoliator. Namun, kedua bahan kimia ini bekerja dengan cara yang berbeda. 


AHA berperan untuk melepaskan ikatan kulit mati, serta merangsang pembentukan kolagen dalam kulit. Karena itu, AHA lebih banyak ditemukan dalam produk anti-aging. BHA yang larut dalam minyak sanggup masuk lebih dalam ke pori-pori, serta memiliki sifat antibakteri. Pilihlah BHA jika kulit Anda cenderung berminyak dan berjerawat.


Jangan bingung ketika produk chemical exfoliator Anda tidak menuliskan AHA atau BHA. Di dalam produk eksfoliasi, Anda dapat menemukan AHA dalam bentuk glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, atau citric acid. Sementara itu, BHA dapat berupa salicylic acid


Selain AHA dan BHA, ada juga enzim dari tanaman yang berupa PHA (poly hydroxy acid). PHA mulai banyak digunakan di dalam produk chemical exfoliator. Sifatnya lebih lembut untuk kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Chemical exfoliator bekerja dengan jalan memecah ikatan antar sel kulit dengan bahan kimia berupa asam (AHA, BHA, PHA, retinoic acid). Kelebihan chemical exfoliator adalah bisa diaplikasikan secara merata dan tersedia dalam varian konsentrasi yang berbeda. Anda pun bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan.


Kekurangan eksfoliator jenis kimia ini adalah kedalaman dan intensitas reaksi yang sulit dikontrol begitu diaplikasikan pada kulit. Hal ini terutama kerap terjadi pada bahan glycolic acid. Berhati-hatilah mengaplikasikan bahan glycolic acid saat home peeling


Solusi lainnya adalah menggunakan chemical exfoliator berupa enzim dari buah-buahan seperti pepaya dan nanas. Chemical exfoliator buah-buahan bisa menjadi pilihan karena sifatnya yang lebih lembut sehingga cocok digunakan pada semua jenis kulit.

Ketahui berbagai pilihan produk eksfoliasi

Produk eksfoliasi paling umum yang dapat Anda temukan adalah scrub. Namun, ada berbagai pilihan produk eksfoliasi lainnya juga yang dapat Anda pilih.


Jika Anda ingin menggunakan produk eksfoliasi saat bersantai, Anda dapat memilih yang berbentuk lotion atau mask. Namun, jika Anda ingin sekaligus menggunakannya dalam perawatan kulit harian, toner dan serum adalah pilihan yang tepat.


Produk eksfoliasi dalam bentuk lotion atau toner bersifat sebagai chemical exfoliator. Beberapa produk dengan bentuk tersebut dapat Anda gunakan setiap hari. Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan keterangan yang ada di kemasannya, ya.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Selain berupa produk khusus, physical exfoliator juga bisa ditemukan dalam skincare harian Anda seperti facial wash. Di sisi lain, chemical exfoliator bisa berupa facial wash, toner, serum, atau losion yang bisa Anda aplikasikan sendiri. Ada juga chemical peeling yang perlu dilakukan oleh dokter. Ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk pemakaian produk agar tidak terjadi efek samping yang tidak diharapkan.

Pilih bahan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit

Di samping jenis exfoliator, bahan yang terkandung di dalamnya juga menjadi sangat penting. Pilihlah bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bingung memilih bahannya? Tenang saja karena kami sudah merangkum keterangannya untuk Anda.

Kulit normal: Lebih mudah untuk mencari produk yang sesuai

Kulit normal: Lebih mudah untuk mencari produk yang sesuai

Pemilik kulit normal juga tetap harus melakukan eksfoliasi terhadap kulit mati. Bila Anda memiliki jenis kulit normal, Anda dapat memilih produk eksfoliasi apa saja. 


Untuk mendapat hasil terbaik, gunakan physical exfoliator dan chemical exfoliator secara bergantian. Namun, pakailah produk eksfoliasi hanya 1-2 kali saja dalam seminggu.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kedua jenis eksfoliator, physical dan chemical, tidak bisa dipakai pada hari yang sama. Pilihlah eksfoliator sesuai dengan masalah kulit Anda. Chemical exfoliator AHA bisa dipilih untuk kulit yang kusam serta untuk menyamarkan kerutan dan tanda kerusakan akibat sinar matahari. Di sisi lain, pilihlah eksfoliator BHA untuk kulit normal yang cenderung berminyak dan berkomedo.

Kulit kering: Pilih scrub yang lembut dan bebas alkohol

Kulit kering: Pilih scrub yang lembut dan bebas alkohol

Anda bisa saja memilih physical exfoliator jika memiliki jenis kulit yang cenderung kering. Namun, pilihlah scrub yang tidak terlalu kasar, misalnya jojoba beads, agar kulit tidak mengelupas lebih parah. Cukup gunakan satu kali saja dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati.


Selain itu, Anda juga perlu memilih produk eksfoliasi yang dapat memberi kelembapan untuk kulit Anda. Hyaluronic acid dan shea butter merupakan kandungan pelembap yang baik untuk kulit kering. Hindari produk eksfoliasi yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit makin kering.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Eksfoliasi untuk kulit kering bisa pula dilakukan dengan chemical exfoliator berupa AHA (mandelic acid dan lactic acid) atau PHA. Hindari penggunaan BHA (salicylic acid) karena cenderung membuat kulit menjadi lebih kering.

Kulit berminyak: Pilih yang mampu mengontrol produksi minyak

Kulit berminyak: Pilih yang mampu mengontrol produksi minyak

Produksi minyak berlebih pada kulit berminyak membuat kulit lebih tahan terhadap eksfoliasi. Anda dapat memilih physical exfoliator untuk mengurangi produksi minyak berlebih.


Namun, jika kulit Anda juga memiliki permasalahan lainnya, seperti berjerawat, hindarilah penggunaan physical exfoliator. Anda dapat memilih chemical exfoliator dengan bahan salicylic acid dan AHA/BHA yang lebih ramah untuk kulit berjerawat. Keduanya dapat mengontrol produksi minyak berlebih sekaligus berperan sebagai bahan antibakteri.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Anda dengan kulit berminyak bisa melakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu. Penggunaan BHA yang larut dalam minyak akan menembus pori-pori dan mengurangi produksi sebum pada tipe  berminyak.

Kulit sensitif: Utamakan produk yang lembut di kulit

Kulit sensitif: Utamakan produk yang lembut di kulit

Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk eksfoliasi. Pilihlah produk dengan label hypoallergenic karena tidak akan menyebabkan alergi pada kulit.


Produk chemical exfoliator dengan enzim buah-buahan atau physical exfoliator dengan oatmeal dapat Anda pilih. Keduanya akan terasa lembut di kulit Anda, serta tidak menyebabkan iritasi. Agar kulit tidak kering, jangan lupa untuk memilih produk dengan kandungan pelembap, ya.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit sensitif sebaiknya melakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu. Chemical exfoliator yang bisa dipilih untuk kulit sensitif antara lain mandelic acid, lactic acid, PHA, dan enzim. Physical exfoliant sebaiknya dipilih yang bertekstur sangat lembut sehingga tidak mengiritasi kulit. 

Kulit kombinasi: Pilih dua jenis produk eksfoliasi

Kulit kombinasi: Pilih dua jenis produk eksfoliasi

Kulit kombinasi cenderung lebih berminyak pada area T-zone dan kering di bagian pipi. Untuk itu, Anda perlu menggunakan dua produk eksfoliasi untuk menjawab kebutuhan kulit Anda.


Namun, jika hal tersebut terasa menyusahkan, Anda dapat memilih chemical exfoliator. Pilihlah kandungan pelembap yang berbahan air agar tidak membuat bagian wajah yang berminyak menjadi lebih parah.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit kombinasi bisa melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali per minggu dengan physical ataupun chemical exfoliator. Jangan lupa, sesuaikan jenis eksfoliasi dengan reaksi kulit Anda. Pilihlah mandelic acid yang bekerja mengurangi minyak sekaligus cukup gentle untuk dipakai di bagian kulit yang kering.

10 Rekomendasi produk eksfoliasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eksfoliasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

Wahana Kosmetika IndonesiaSt. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Mulai dari Rp 69.000,00

JenisPhysical exfoliator
Isi170 gram
Permasalahan kulitKulit kusam
Kandungan bahan aktifApricot fruit extract, wallnut shell powder
9
JenisChemical exfoliator
Isi150 ml
Permasalahan kulitNoda hitam
Kandungan bahan aktifAHA Natural
8

AmorepacificLaneige Clear-C Peeling Mask

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisPhysical & chemical exfoliator
Isi70 ml
Permasalahan kulitKulit kering dan kusam
Kandungan bahan aktifStrawberry seeds, malic acid
7

NeogenlabNeogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Mulai dari Rp 349.000,00

JenisPyhsical & chemical exfoliator
Isi200 ml (30 pads)
Permasalahan kulitKulit kusam
Kandungan bahan aktifLemon extract, lactic acid, glycolic acid
6

COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 200.000,00

JenisChemical exfoliator
Isi150 ml
Permasalahan kulitKulit kering
Kandungan bahan aktifWillow bark water, apple fruit water, sodium lactate, glycolic acid, betaine salicylate, allantoin, panthenol
5

Bioderma Laboratoire DermatologiqueSébium Gel Gommant

Mulai dari Rp 258.500,00

JenisPhysical & chemical exfoliator
Isi100 ml
Permasalahan kulitKulit berminyak, berjerawat, komedo
Kandungan bahan aktifGlycolic acid, salicylic acid
4

Freeman BeautyPolishing Charcoal & Black Sugar

Mulai dari Rp 96.800,00

JenisPhysical exfoliator
Isi175 ml
Permasalahan kulitKulit berminyak
Kandungan bahan aktifActivated charcoal, black sugar
3

Galderma LaboratoriesCetaphil Extra Gentle Daily Scrub

Mulai dari Rp 199.000,00

JenisPhysical exfoliator
Isi178 ml
Permasalahan kulitKulit sensitif
Kandungan bahan aktifPanthenol, vitamin E, bambusa arundinacea stem extract, citric acid
2

AvoskinSimple Kind to Skin Smoothing Facial Scrub

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisPhysical exfoliator
Isi75 ml
Permasalahan kulitKulit sensitif, kering
Kandungan bahan aktifPro-vitamin B5, vitamin E, rice granules
1

Some By MiAHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner

Mulai dari Rp 169.000,00

JenisChemical exfoliator
Isi150 ml
Permasalahan kulitKulit berminyak, berjerawat
Kandungan bahan aktifAHA, BHA, PHA, tea tree, niacinamide

Tabel perbandingan produk eksfoliasi terbaik

Gambar produk
1
Some By Mi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner 1

Some By Mi

2
Avoskin Simple Kind to Skin Smoothing Facial Scrub  1

Avoskin

3
Galderma Laboratories Cetaphil Extra Gentle Daily Scrub 1

Galderma Laboratories

4
Freeman Beauty Polishing Charcoal & Black Sugar 1

Freeman Beauty

5
Bioderma Laboratoire Dermatologique Sébium Gel Gommant 1

Bioderma Laboratoire Dermatologique

6
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1

COSRX

7
Neogenlab Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon 1

Neogenlab

8
Amorepacific Laneige Clear-C Peeling Mask 1

Amorepacific

9
Wardah White Secret Exfoliating Lotion 1

Wardah

10
Wahana Kosmetika Indonesia St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub 1

Wahana Kosmetika Indonesia

Nama produk

AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner

Simple Kind to Skin Smoothing Facial Scrub

Cetaphil Extra Gentle Daily Scrub

Polishing Charcoal & Black Sugar

Sébium Gel Gommant

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Laneige Clear-C Peeling Mask

White Secret Exfoliating Lotion

St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Keunggulan

Berikan banyak manfaat ekstra untuk kulit

Ramah untuk kulit, ramah untuk lingkungan

Kulit kasar jadi lembut seketika

Sampai jumpa kulit kusam dan penuh minyak!

Ampuh melibas jerawat dan komedo dengan maksimal

Kaya akan air dari tanaman

Produk praktis yang lengkap dengan kapas hypoallergenic

Aroma stroberinya membuat hari lebih cerah

Wajah makin memesona tanpa adanya noda hitam

Eksfoliasi mendalam membuat kulit lebih segar

Harga mulai dariRp 169.000,00Rp 150.000,00Rp 199.000,00Rp 96.800,00Rp 258.500,00Rp 200.000,00Rp 349.000,00Rp 250.000,00Rp 75.500,00Rp 69.000,00
JenisChemical exfoliatorPhysical exfoliatorPhysical exfoliatorPhysical exfoliatorPhysical & chemical exfoliatorChemical exfoliatorPyhsical & chemical exfoliatorPhysical & chemical exfoliatorChemical exfoliatorPhysical exfoliator
Isi150 ml75 ml178 ml175 ml100 ml150 ml200 ml (30 pads)70 ml150 ml170 gram
Permasalahan kulitKulit berminyak, berjerawatKulit sensitif, keringKulit sensitifKulit berminyakKulit berminyak, berjerawat, komedoKulit keringKulit kusamKulit kering dan kusamNoda hitamKulit kusam
Kandungan bahan aktifAHA, BHA, PHA, tea tree, niacinamidePro-vitamin B5, vitamin E, rice granules Panthenol, vitamin E, bambusa arundinacea stem extract, citric acidActivated charcoal, black sugarGlycolic acid, salicylic acidWillow bark water, apple fruit water, sodium lactate, glycolic acid, betaine salicylate, allantoin, panthenolLemon extract, lactic acid, glycolic acidStrawberry seeds, malic acidAHA NaturalApricot fruit extract, wallnut shell powder
Tautan produk

Tips menggunakan produk eksfoliasi

Tips menggunakan produk eksfoliasi

Menggunakan produk eksfoliasi memang baik untuk kulit. Namun, batasi penggunaannya antara satu sampai dua kali saja dalam seminggu. Melakukan eksfoliasi terlalu berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menipis sehingga lebih mudah mengalami kerutan.


Jika Anda menggunakan produk scrub, basahi dahulu wajah Anda dengan air agar lebih mudah menggunakannya. Gosok secara perlahan pada kulit wajah Anda selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir sampai tidak ada sisa scrub yang tertinggal. Terakhir, tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk sampai kering.


Bagi Anda yang memilih produk dalam bentuk toner, serum, atau lotion, ikuti cara penggunaan yang telah tertulis pada kemasan. Biasanya, produk toner digunakan sebelum menggunakan rangkaian skincare. Urutannya dapat Anda cari tahu dari label yang tertera.


Setelah selesai menggunakan produk eksfoliasi, gunakanlah tabir surya atau pelembap pada wajah Anda. Alasannya, kulit akan terasa kering setelah dieksfoliasi, terutama jika Anda menggunakan produk scrub

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Hindari over-exfoliating yang malah membuat kulit menjadi bermasalah, seperti kulit mengering dan iritasi. Over-exfoliating juga dikhawatirkan mendorong produksi minyak berlebih serta menyebabkan breakout.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Berhati-hatilah saat Anda menggunakan chemical exfoliator. Penggunaan chemical exfoliator yang tidak tepat, terutama yang berkonsentrasi yang tinggi dan pada warna kulit gelap, berpotensi menyebabkan luka. Luka ini dikhawatirkan akan meninggalkan bekas pigmentasi ataupun skar. Selain itu, mari hindari aplikasi mandiri chemical peeling yang seharusnya dikerjakan oleh dokter.


Untuk pemula, mulailah dengan menggunakan chemical exfoliator berkonsentrasi rendah sebelum menaikkannya secara bertahap. Tak lupa, ingatlah untuk selalu memakai tabir surya setelah selesai eksfoliasi.

Baca juga rekomendasi produk eksfoliasi lainnya di sini

Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk eksfoliasi, kami memiliki artikel lainnya yang berhubungan dengan eksfoliasi physical dan chemical. Mari simak artikelnya berikut ini!

Kesimpulan

Eksfoliasi pada kulit memang sangat penting agar produk perawatan wajah yang lain dapat meresap dengan maksimal. Kulit juga jadi tampak lebih sehat dan bersih setelah proses eksfoliasi. Agar hasilnya optimal, pilihlah produk eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.


Sampai di sini dulu artikel kali ini. Semoga Anda merasa terbantu. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya dan selamat mendapatkan kulit yang glowing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    934.787 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya!
    Perawatan wajah
    715.519 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    523.389 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam yang bagus harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merek terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    637.157 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Serum wajah merupakan solusi untuk masalah kulit wajah, seperti flek, keriput, kulit kering, dan lainnya. Berbagai merek terkenal, seperti Kiehl's, Innisfree, dan Estée Lauder memiliki produk serum wajah untuk berbagai masalah kulit. Tak heran jika Anda bimbang untuk memilih serum terbaik. Kami akan memperkenalkan berbagai macam serum wajah yang bagus dan bisa Anda dapatkan melalui online shop. Sebelum membeli, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu cara memilih serum wajah yang tepat. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina, untuk menambah wawasan. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    404.663 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    633.066 Views
  • 8 Rekomendasi Skincare Lacoco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    8 Rekomendasi Skincare Lacoco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Produk perawatan kulit berbahan alami banyak digemari oleh para beauty enthusiast di tanah air. Salah satu merk skincare lokal pendatang baru yang berhasil mencuri perhatian adalah Lacoco. Merk yang satu ini memproduksi beragam skincare, mulai dari essence, eye serum, soothing mist, mask, hingga sunscreen.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Lacoco yang bagus untuk kebutuhan kulit Anda. Pastinya, kami pun akan merekomendasikan produk-produk terbaiknya, seperti Dark Spot Essence, Watermelon Glow Mask, Intensive Treatment Eye Serum, dan lainnya. Baca terus artikel ini, ya!
    Perawatan wajah
    1.300 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori