• 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)

Pemilik kulit wajah yang mudah sensitif tentunya sangat paham betapa sulit mencari makeup atau produk skincare, termasuk pelembap wajah. Anda tidak bisa memilih sembarang pelembap wajah karena bisa berisiko membuat kulit wajah makin sensitif. Ada beberapa kandungan yang aman untuk kulit sensitif yang harus diperhatikan.


Ingin tahu lebih lanjut? Di artikel ini kami akan membahas cara memilih pelembap wajah untuk kulit sensitif. Beberapa produk dari merek terkenal, seperti Neutrogena, Sebamed, dan Bless juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Baca pembahasannya sampai habis, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 19 Februari 2021
  • 49.325 Views
Daftar isi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kulit sensitif?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kulit sensitif?

Agar Anda tidak keliru, pengertian ini harus dipahami dengan baik. Kulit sensitif sebenarnya bukanlah jenis kulit, melainkan istilah yang menggambarkan kondisi kulit. Jadi, bisa saja orang yang memiliki kulit berminyak juga mudah mengalami kulit sensitif. Kondisi kulit sensitif ini juga sering dihubungkan dengan kulit kering. Meskipun saling terkait, keduanya tetap berbeda.


Kulit sensitif adalah kondisi ketika kulit mudah mengalami kemerahan, gatal, iritasi, ruam merah, hingga bentol seperti disengat tawon. Penyebabnya bermacam-macam, termasuk alergi atau reaksi dari bahan kimia di dalam kosmetik yang Anda gunakan. Kulit sensitif juga bisa dipicu oleh pemakaian masker exofoliating yang terlalu sering.


Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik atau skincare. Di artikel ini, kami akan khusus membahas produk pelembap wajah yang aman untuk kulit sensitif. Sudah tahu manfaat pelembap wajah untuk kulit?

Bagaimana cara kerja pelembap kulit wajah?

Bagaimana cara kerja pelembap kulit wajah?

Kulit terdiri dari beberapa lapisan dengan salah satu tugasnya menahan cairan agar kulit senantiasa lembap. Namun, sinar matahari dan aktivitas sehari-hari bisa mengakibatkan lapisan kulit tersebut tidak mampu menjaga kadar air terus-menerus. Hal ini tentunya sangat wajar. Namun, ada sebagian orang yang kulitnya sangat mudah kering karena lapisan kulit terlalu mudah kehilangan kelembapannya. Jenis kulit seperti inilah yang sering dikenal dengan kulit kering.


Untuk mengatasi kulit kering, Anda bisa menggunakan bahan pelembap wajah atau moisturizer yang bisa diaplikasikan pada pagi dan malam hari. Bahan pelembap umumnya bekerja dengan cara melapisi bagian terluar kulit wajah sehingga pori-porinya mengecil dan tidak mudah kehilangan cairan. Selain itu, bahan pelembap juga menarik cairan dari lapisan kulit bagian dalam ke bagian paling luar sehingga kelembapan di bagian luar tetap terjaga.

Cara memilih pelembap wajah untuk kulit sensitif

Memilih produk pelembap wajah untuk kulit sensitif tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui bahan apa yang bisa melembapkan kulit dan juga bahan yang bisa memicu kondisi kulit sensitif. Simak penjelasannya berikut ini.

Periksa kandungan bahan pelembapnya

Periksa kandungan bahan pelembapnya

Banyak produk skincare yang memanfaatkan ekstrak lidah buaya (Aloe vera) untuk melembapkan kulit. Aloe vera mengandung banyak bahan aktif yang berguna untuk kulit. Selain melembapkan, Aloe vera juga mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn), menyamarkan noda hitam, dan masih banyak lagi. Kandungan ini juga tidak menyebabkan alergi sehingga sangat aman untuk kulit sensitif.


Selain Aloe vera, ada juga hyaluronic acid dan ceramide. Ketiga bahan ini sangat lumrah ditemukan dalam produk pelembap kulit. Ada juga bahan-bahan lain yang tidak kalah bermanfaat dalam melembapkan kulit, yakni glycerin, dimethicone, dan niacinamide. Glycerin bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga kelembapannya akan lebih terjaga.


Dimethicone akan memperbaiki tekstur wajah Anda sehingga terlihat lebih halus dan merata. Sementara itu, jika Anda ingin mengatasi noda gelap akibat jerawat, gunakan niacinamide. Bahan ini mampu merangsang produksi vitamin B3 yang dapat menyamarkan noda hitam. 


Saat memilih produk pelembap wajah, pastikan Anda membaca keterangan bahan di bagian kemasannya. Pastikan di urutan lima teratas terdapat kandungan pelembap. Jika Anda tidak menemukan bahan pelembap seperti yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda membaca ulasan di website atau blog terlebih dahulu. Pada dasarnya, banyak bahan kimia yang bisa dijadikan pelembap. Namun, belum tentu semuanya tidak menyebabkan alergi.

Hindari produk yang mengandung fragrance atau bahan pewangi

Hindari produk yang mengandung fragrance atau bahan pewangi

Meskipun bukan menjadi bagian yang krusial dalam produk bahan pelembap wajah, fragrance atau bahan pewangi memiliki daya tarik tersendiri. Wewangian kadang memang membuat orang jadi lebih betah dan merasakan sensasi yang lebih nyaman saat menggunakan pelembap wajah. Walaupun begitu, bahan pewangi ini sebaiknya dihindari oleh Anda yang kulitnya mudah sensitif. 


Bahan pewangi, terutama pewangi sintetis, bisa menjadi pemicu paling utama kulit sensitif. Efek yang ditimbulkan bisa berupa kulit kemerahan atau seperti terbakar. Mudah tidaknya kulit seseorang mengalami alergi karena bahan pewangi ditentukan oleh kekuatan lapisan kulitnya. Tentu saja, Anda yang memiliki kulit sensitif atau kering akan lebih mudah teriritasi. Oleh sebab itu, bahan pewangi wajib dihindari.


Selain bahan pewangi, ada beberapa bahan lainnya yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan iritasi atau memicu alergi pada kulit. Di antaranya adalah bahan pengawet, alkohol, sulfat, serta zat pewarna.

Pertimbangkan juga produk yang melindungi dari sinar UV

Pertimbangkan juga produk yang melindungi dari sinar UV

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kulit kering bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu intens. Oleh sebab itu, gunakanlah pelembap wajah yang juga memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Tidak hanya melindungi kulit dari kekeringan, efek UV protection juga akan membantu agar kulit Anda terbebas dari keriput, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah produk dengan SPF sekitar 15 hingga 30.

Sebelum membeli, lakukan patch test untuk melihat reaksi alerginya

Sebelum membeli, lakukan patch test untuk melihat reaksi alerginya

Tes produk, atau patch test, sebaiknya dilakukan untuk semua jenis kulit. Tes ini ditujukan untuk melihat apakah kulit Anda cocok dengan produk skincare yang ingin digunakan. Meskipun Anda sudah memeriksa kandungannya, bisa saja Anda tidak cocok dengan bahan-bahan pada produk tersebut sehingga menyebabkan alergi.


Sebelum menggunakan suatu produk secara rutin, cobalah mengaplikasikannya di beberapa bagian kulit. Contohnya di bagian belakang telinga, di bagian garis rahang (jaw line), dan sudut dahi. Bagian-bagian tersebut dinilai lebih tidak sensitif dan lebih tebal dibandingkan bagian wajah lainnya. Tunggulah selama 48 jam. Jika di bagian-bagian itu muncul tanda alergi, jangan lanjutkan penggunaan karena kemungkinan besar akan menyebabkan alergi di kulit Anda. 


Jika hal ini sulit untuk dilakukan, carilah referensi sebanyak-banyaknya sebelum membeli. Mungkin saja ada review video atau blog dari orang-orang yang sudah pernah melakukan tes terhadap produk tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa tentu saja setiap orang bisa memiliki sensitivitas yang berbeda.

10 Rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui cara memilih pelembap wajah untuk kondisi kulit sensitif, sekarang saatnya memilih produk yang cocok untuk Anda!

10

La RocheToleriane Double Repair Facial Moisturizer With SPF

Mulai dari Rp 450.000,00

Bahan pelembapCeramide, niacinamide, glycerin, allantoin, La Roche-Posay Prebiotic Thermal Water
Isi75 ml
TeksturLosion
9

WardahNature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Mulai dari Rp 17.348,00

Bahan pelembapHydramild Aloe Vera extract, dimethicone, glycerin, olive oil
Isi40 ml
TeksturKrim
8

VanicreamMoisturizing Skin Cream for Sensitive Skin

Mulai dari Rp 520.000,00

Bahan pelembapPetrolatum, propylene glycol
Isi453 gram
TeksturKrim
7

BlessFacial Moisturizer For Sensitive Skin

Mulai dari Rp 82.000,00

Bahan pelembapGlycerin, propylene glycol, sodium lactate
Isi40 gram
TeksturKrim
6
Bahan pelembapGlycerin
Isi40 ml
TeksturKrim
5

Johnson & Johnson FamilyNeutrogena Oil-Free Face Moisturizer for Sensitive Skin

Mulai dari Rp 275.000,00

Bahan pelembapGlycerin, dimethicone
Isi118 ml
TeksturWater-based formula
4
Bahan pelembapPetrolatum
Isi75 ml, 100 ml
TeksturKrim
3
Bahan pelembapGlycerin, dimethicone,
Isi100 gram
TeksturKrim
2
Bahan pelembapHyaluronic acid, ceramide, glycerin, dimethicone
Isi453 gram
Jenis produkKrim
UV protectionX
1

FreshLotus Youth Preserve Moisturizer

Mulai dari Rp 951.200,00

Bahan pelembapGlycerin, hyaluronic acid, propylene glycol, dimethicone
Isi50 ml
TeksturKrim

Tabel perbandingan produk pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Fresh Lotus Youth Preserve Moisturizer 1

Fresh

2
CeraVe Moisturizing Cream 1

CeraVe

3
Galderma Cetaphil Moisturizing Cream 1

Galderma

4
Sebamed Moisturizing Face Cream 1

Sebamed

5
Johnson & Johnson Family Neutrogena Oil-Free Face Moisturizer for Sensitive Skin 1

Johnson & Johnson Family

6
Bioderma Sensibio Light 1

Bioderma

7
Bless Facial Moisturizer For Sensitive Skin 1

Bless

8
Vanicream Moisturizing Skin Cream for Sensitive Skin 1

Vanicream

9
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream 1

Wardah

10
La Roche Toleriane Double Repair Facial Moisturizer With SPF 1

La Roche

Nama produk

Lotus Youth Preserve Moisturizer

Moisturizing Cream

Cetaphil Moisturizing Cream

Moisturizing Face Cream

Neutrogena Oil-Free Face Moisturizer for Sensitive Skin

Sensibio Light

Facial Moisturizer For Sensitive Skin

Moisturizing Skin Cream for Sensitive Skin

Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Toleriane Double Repair Facial Moisturizer With SPF

Keunggulan

Kulit tampak lebih muda dan bersinar!

Melembapkan kulit seharian berkat teknologi MVE

Kulit jadi lebih lembap dan lembut sejak pemakaian pertama!

Diperkaya 2% vitamin E agar kulit tampak cerah tanpa tanda penuaan dini

Tidak menyumbat pori dan tidak membuat wajah tampak berminyak

Menghilangkan rasa seperti terbakar di kulit dan melembapkan dengan sempurna

Mengandung bahan pelembap yang menyerupai pelembap alami!

Aman dari penyebab kulit sensitif serta bisa digunakan di badan

Lembap di kulit, hemat di kantong

Senjata ampuh melembapkan kulit di siang hari yang terik

Harga mulai dariRp 951.200,00Rp 345.000,00Rp 199.000,00Rp 210.000,00Rp 275.000,00Rp 267.300,00Rp 82.000,00Rp 520.000,00Rp 17.348,00Rp 450.000,00
Bahan pelembapGlycerin, hyaluronic acid, propylene glycol, dimethiconeHyaluronic acid, ceramide, glycerin, dimethiconeGlycerin, dimethicone, PetrolatumGlycerin, dimethiconeGlycerinGlycerin, propylene glycol, sodium lactatePetrolatum, propylene glycolHydramild Aloe Vera extract, dimethicone, glycerin, olive oilCeramide, niacinamide, glycerin, allantoin, La Roche-Posay Prebiotic Thermal Water
Isi50 ml453 gram100 gram75 ml, 100 ml118 ml40 ml40 gram453 gram40 ml75 ml
TeksturKrimKrimKrimKrimWater-based formulaKrimKrimKrimKrimLosion
Tautan produk

Cara merawat wajah dengan kulit sensitif?

Cara merawat wajah dengan kulit sensitif?

Untuk merawat kulit wajah Anda agar tidak terlalu sensitif, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Agar bagian luar kulit wajah tidak terkikis, hindari penggunaan produk skincare yang bersifat exfoliating. Bukan berarti tidak boleh, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Idealnya, batasilah penggunaannya setiap satu atau dua minggu sekali.


Selain itu, jangan gunakan air hangat atau panas saat membersihkan muka. Hal ini akan terasa tidak nyaman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Gunakan air yang cukup dingin di tangan Anda agar kulit senantiasa lembap tanpa berisiko teriritasi. Sebaiknya Anda juga membersihkan muka sehari sekali, sebelum tidur di malam hari.


Merawat kulit sensitif memang membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian yang tinggi. Jika salah langkah, kulit Anda justru bisa makin sensitif. Pastikan kosmetik dan produk skincare yang Anda gunakan bebas dari kandungan bahan yang dapat memicu reaksi alergi. Terakhir, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit jika kulit wajah Anda mengelupas setelah menggunakan produk skincare tertentu.

Baca juga produk perawatan untuk kulit sensitif lainnya di sini

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, tentunya bukan hanya pelembap wajah yang perlu diperhatikan. Anda juga juga harus berhati-hati saat memilih rangkaian skincare lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi yang dianjurkan untuk kulit sensitif yang telah kami bahas. Klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi produk terbaik pelembap wajah untuk kulit sensitif. Apakah Anda sudah menemukan pelembap wajah yang tepat?


Pemilik kulit sensitif mungkin cukup kesulitan dalam memilih produk perawatan kulit. Sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung bahan pewangi, pewarna, atau alkohol karena bisa memicu reaksi alergi. Pastikan juga bahan pelembapnya aman untuk kulit, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    992.967 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    567.774 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    753.852 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    190.176 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    294.565 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    108.278 Views
  • 10 Rekomendasi Skincare Whitelab Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skincare Whitelab Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai produk yang belum lama hadir di Indonesia, merk Whitelab berhasil menarik banyak perhatian. Varian produk Whitelab pun cukup banyak mulai dari toner, serum, hingga eye cream. Sudahkah Anda mencoba skincare lokal yang satu ini? Jika belum, kami akan membantu Anda dengan membagikan tips cara memilih produk terbaik dari Whitelab.Kami akan membahas mulai dari jenis, bahan, dan tekstur untuk memudahkan Anda menentukan pilihan. Selain itu, kami akan membahas beberapa rekomendasi produk Whitelab yang bagus, mulai dari Brightening Face Serum, Eye Cream, dan Mugwort Pore Clarifying Mask.
    Perawatan wajah
    18.849 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori