• 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Pemilik kulit wajah yang mudah sensitif tentu paham betapa sulitnya mencari produk skincare, termasuk pelembap wajah. Anda tidak bisa memilih sembarang pelembap wajah atau moizturizer karena bisa menimbulkan masalah baru pada kulit, seperti jerawat.


Kali ini kami akan membahas cara memilih pelembap wajah untuk kulit sensitif. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti CeraVe, Skin Game, dan Somethinc. Ada yang cocok untuk kulit berminyak dan kulit kering, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui akun Instagram dan YouTube-nya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kulit sensitif?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kulit sensitif?

Kulit sensitif sebenarnya bukanlah jenis kulit, melainkan istilah yang menggambarkan kondisi kulit. Kondisi ini sering dihubungkan dengan kulit kering. Padahal jenis kulit berminyak dan kulit kering sama-sama bisa mengalami masalah kulit sensitif.


Kulit sensitif adalah kondisi ketika kulit mudah mengalami kemerahan, gatal, iritasi, ruam merah, hingga bentol seperti disengat tawon. Penyebabnya bermacam-macam, termasuk alergi atau reaksi dari bahan kimia di dalam kosmetik.


Kulit sensitif juga bisa dipicu oleh pemakaian masker exfoliating yang terlalu sering. Penggunaan bahan-bahan tertentu yang sebetulnya wajar digunakan sehari-hari pun dapat menyebabkan beruntusan. Sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik atau skincare.

Bagaimana cara kerja pelembap kulit wajah?

Kulit terdiri dari beberapa lapisan, salah satunya epidermis yang berada di lapisan terluar kulit. Lapisan kulit ini bertugas menahan cairan agar kulit senantiasa lembap. Namun, sinar matahari dan aktivitas sehari-hari bisa mengakibatkan epidermis kulit tidak mampu menjaga kadar air terus-menerus. Akibatnya, kulit menjadi kering.


Untuk mengatasinya, gunakanlah pelembap atau moisturizer. Bahan pelembap tipe oklusif umumnya bekerja dengan cara mengunci air atau zat pelembap di lapisan epidermis. Alhasil, tidak terjadi penguapan cairan dari kulit secara berlebihan.


Bahan pelembap tipe humektan dapat menarik cairan dari lapisan kulit bagian dalam ke bagian paling luar. Sementara itu, bahan pelembap tipe emolien berkerja dengan cara menarik air dan mempertahankannya agar tidak mudah menguap. Dengan demikian, kelembapan di kulit bagian luar tetap terjaga.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembap wajah untuk kulit sensitif

Memilih produk pelembap wajah untuk kulit sensitif tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui bahan apa yang bisa melembapkan kulit dan juga bahan yang bisa memicu kondisi kulit sensitif. Simak penjelasannya berikut ini.

Periksa kandungan bahan pelembapnya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk pelembap adalah kandungannya. Pastikan kandungan di dalamnya aman digunakan untuk kulit sensitif. Jika tidak, bisa-bisa wajah Anda mengalami iritasi. 


Bahan aktif yang terkandung dalam produk dapat berasal dari bahan pelembabnya sendiri. Di samping itu, bahan aktif lainnya bisa ditambahkan untuk manfaat tertentu. Berikut beberapa kandungan yang bagus untuk melembapkan kulit sensitif.


  • Aloe vera

Aloe vera atau ekstra lidah buaya mengandung banyak bahan aktif yang berguna untuk kulit. Selain melembapkan, Aloe vera mampu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn), menyamarkan noda hitam, dan sebagainya.


  • Hyaluronic acid

Hyaluronic acid mampu mengikat molekul air dalam jaringan kulit. Keunggulan tersebut membuat kandungan ini ampuh untuk menghidrasi dan melembapkan wajah. Hyaluronic acid juga dapat menyamarkan kerutan sehingga tekstur kulit tampak kenyal.


  • Ceramide

Wajah sensitif bisa disebabkan oleh lapisan kulit terluar atau skin barrier yang rusak. Untuk mengatasinya, gunakanlah produk skincare yang dapat menjaga skin barrier, seperti ceramide. Apabila kesehatan skin barrier terjaga, wajah Anda akan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, iritasi, dan dehidrasi.


  • Glycerin

Glycerin atau gliserin bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga kelembapannya akan lebih terjaga. Kandungan ini juga dapat menjaga kekenyalan, membantu memulihkan masalah kulit, serta melindungi kulit dari radikal bebas.


  • Dimethicone 

Dimethicone dapat memberikan kelembapan, memperbaiki tekstur, dan menyamarkan kerutan pada wajah. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih halus dan merata. Meski dinilai aman bagi kulit sensitif, sifat oklusif bahan ini kadang mengindikasikan ketidakcocokan pada beberapa jenis kulit.


  • Niacinamide

Jika Anda ingin mengatasi noda gelap akibat jerawat, pilih produk yang mengandung salah satu bentuk vitamin B3 ini. Niacinamide mampu merangsang produksi kolagen yang dapat menyamarkan noda hitam.


Selain bahan-bahan yang diterangkan di atas, terdapat pula bahan lain yang efektif dan aman untuk melembapkan kulit sensitif. Beberapa di antaranya adalah shea butter, olive oil, dan collagen


Suatu produk dapat mengandung asam hialuronat yang bermanfaat sebagai pelembab tipe humektan. Selain itu, ditambahkan kandungan alpha hydroxy acid yang bermanfaat untuk mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mencari tahu pada situs resmi produk atau keterangan pada kemasan produk.

Lebih baik, hindari produk dengan kandungan yang dapat memicu reaksi alergi

Lebih baik, hindari produk dengan kandungan yang dapat memicu reaksi alergi
Pemilik kulit sensitif biasanya lebih rentan mengalami alergi dan iritasi kulit, seperti kulit kering, bersisik, gatal, hingga ruam. Kondisi tersebut bisa terjadi karena kulit tidak cocok dengan produk skincare atau kosmetik. Untuk mencegahnya, hindari produk dengan kandungan yang dapat memicu alergi.

  • Parfum (fragrance)

Parfum atau fragrance pada pelembap berfungsi untuk menyamarkan aroma bahan kimia yang kurang sedap. Selain itu, pelembap juga menjadi lebih harum sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi pemakainya. Meskipun begitu, bahan pewangi sebaiknya dihindari karena dapat memicu iritasi kulit.


  • Alkohol

Alkohol dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Jika digunakan dalam jangka panjang, kulit berpotensi mengalami dehidrasi hingga iritasi. Meskipun alkohol tidak selamanya buruk, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan pelembap dengan kandungan alkohol. Hindarilah kandungan ini, terutama jenis SD (specially denaturated) alcohol, denatured alcohol, dan isopropyl alcohol.


  • Paraben

Paraben merupakan bahan pengawet untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada produk skincare. Namun, kandungan tersebut dapat memicu alergi dan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Karena itu, pastikan pelembap yang Anda gunakan bebas dari paraben. Beberapa kandungan pengganti paraben antara lain sodium benzoate, potassium sorbate, dan SHMG (sodium hydroxymethylglycinate).


Apabila kulit Anda diketahui memiliki alergi terhadap bahan tertentu, hindari produk yang memiliki kandungannya. Hal yang sama berlaku untuk alergi yang muncul dari makanan. Utamanya hindarilah produk skincare dengan kandungan bahan yang diketahui menimbulkan reaksi alergi pada Anda.

Pertimbangkan juga produk yang melindungi dari sinar UV

Pertimbangkan juga produk yang melindungi dari sinar UV

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kulit kering bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu intens. Pelembap memang mengembalikan hidrasi pada kulit, tetapi hal itu tidaklah cukup bila Anda berkegiatan di luar ruangan. Sebab itu, pertimbangkanlah pelembap yang juga memberikan perlindungan terhadap sinar UV. 


Efek UV protection juga akan membantu kulit Anda terbebas dari keriput, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Biasanya pelembab yang ditujukan untuk krim pagi mengandung SPF dan PA sebagai perlindungan terhadap sinar UV. Bagi Anda yang sering beraktivitas di bawah matahari, pilihlah produk dengan SPF sekitar 15 hingga 30. 


Lebih baik lagi bila Anda tetap menggunakan sunblock setelah pelembap. Untuk tips memilih dan rekomendasin produknya, Anda bisa langsung cek link berikut ini!

Sebelum membeli, lakukan patch test untuk melihat reaksi alerginya

Tes produk atau patch test bertujuan untuk melihat kecocokan kulit Anda dengan produk skincare yang ingin digunakan. Meskipun Anda sudah memeriksa kandungannya, bisa saja perpaduan bahan-bahan tersebut ternyata memicu alergi bagi kulit Anda. Karena itu, sebelum menggunakan suatu produk secara rutin, cobalah mengaplikasikannya di beberapa bagian kulit.


Lakukan patch test pada bagian tubuh yang dinilai lebih tidak sensitif dan lebih tebal dibandingkan bagian wajah. Contohnya, bagian belakang telinga, garis rahang (jaw line), dan sudut dahi. Selanjutnya, tunggulah selama 48 jam. Jika muncul tanda-tanda alergi, hentikan penggunaan karena kemungkinan besar produk juga akan menyebabkan alergi pada kulit wajah Anda.


Untuk lebih sederhananya, oleskan produk yang akan dibeli di lengan bawah Anda sebelah dalam. Setelah itu, tunggulah hingga beberapa jam untuk melihat adakah kecenderungan alergi atau iritasi. 


Jika hal ini sulit untuk dilakukan, carilah referensi sebanyak-banyaknya sebelum membeli. Mungkin saja ada review video atau blog dari orang-orang yang sudah pernah melakukan tes terhadap produk tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap orang bisa memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda.

10 Rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

10
Bahan pelembapPetrolatum, propylene glycol
Fragrance-free
Isi57 gram, 113 gram, 453 gram
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
9
Bahan pelembapGlycerin
Fragrance-free
Isi40 ml
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
8

La Roche PosayToleriane Ultra Light Moisturizer

Mulai dari Rp 380.000,00

Bahan pelembapNeurosensine, shea butter, glycerin, dimethicone, La Roche-Posay thermal spring water
Fragrance-free
Isi40 ml
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
7

IlliyoonCeramide Ato Concentrate Moisturizer Cream

Mulai dari Rp 99.900,00

Bahan pelembapCeramide, glycerin
Fragrance-free
Isi30 ml, 75 ml, 150 ml, 200 ml, 500 ml
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
6
Bahan pelembapHyaluronic acid, ceramide, glycerin, dimethicone
Fragrance-free
Isi56 gram, 236 gram, 340 gram, 453 gram
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
5
Bahan pelembapGlycerin, panthenol, bisabolol, ceramide
Fragrance-free
Isi40 gram
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
4

SomethincSupple Power Hyaluronic9+Onsen Moisture Bomb Gel

Mulai dari Rp 249.000,00

Bahan pelembapOnsen sui, panthenol, hyaluronic acid, ceramide
Fragrance-free
Isi25 ml, 50 ml
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
3
Bahan pelembapLicorice, collagen, hyaluronic acid, phytosphingosine, ceramide
Fragrance-free
Isi50 ml, 120 ml
Alcohol-free
TeksturGel
Paraben-free
2

WardahNature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Mulai dari Rp 21.500,00

Bahan pelembapAloe vera leaf extract, dimethicone, glycerin, olive oil
Fragrance-free×
Isi40 ml
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free
1
Bahan pelembapNiacinamide, ceramide, watermelon extract, peptide, hyaluronic acid, centella asiatica
Fragrance-free
Isi30 gram
Alcohol-free
TeksturKrim
Paraben-free

Tabel perbandingan produk pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream 1

Dear Me Beauty

2
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream 1

Wardah

3
Skin Game Daily Kind Moisturizer  1

Skin Game

4
Somethinc Supple Power Hyaluronic9+Onsen Moisture Bomb Gel 1

Somethinc

5
Hale Comfort Zone Moisturizer 1

Hale

6
CeraVe Moisturizing Cream 1

CeraVe

7
Illiyoon Ceramide Ato Concentrate Moisturizer Cream 1

Illiyoon

8
La Roche Posay Toleriane Ultra Light Moisturizer 1

La Roche Posay

9
Bioderma Sensibio Light 1

Bioderma

10
Vanicream Moisturizing Cream 1

Vanicream

Nama produk

Skin Barrier Water Cream

Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Daily Kind Moisturizer

Supple Power Hyaluronic9+Onsen Moisture Bomb Gel

Comfort Zone Moisturizer

Moisturizing Cream

Ceramide Ato Concentrate Moisturizer Cream

Toleriane Ultra Light Moisturizer

Sensibio Light

Moisturizing Cream

Keunggulan

Dapatkan wajah cerah, tampak lebih muda, dan lembap sekaligus!

Lembap di kulit, hemat di kantong

Teksturnya bersahabat dengan kulit berminyak

Relaksasikan kulit Anda layaknya perawatan kulit di spa!

Pulihkan wajah sensitif Anda dengan formula yang tidak neko-neko

Melembapkan kulit seharian berkat teknologi MVE

Rasakan manfaat dan sentuhan ceramide secara nyata!

Memberikan kesejukan bagi kulit sensitif

Menghilangkan rasa seperti terbakar di kulit dan melembapkan dengan sempurna

Lebih praktis karena bisa digunakan di wajah sekaligus badan

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 21.500,00Rp 95.000,00Rp 249.000,00Rp 89.000,00Rp 108.000,00Rp 99.900,00Rp 380.000,00Rp 299.700,00Rp 345.712,00
Bahan pelembapNiacinamide, ceramide, watermelon extract, peptide, hyaluronic acid, centella asiaticaAloe vera leaf extract, dimethicone, glycerin, olive oilLicorice, collagen, hyaluronic acid, phytosphingosine, ceramideOnsen sui, panthenol, hyaluronic acid, ceramideGlycerin, panthenol, bisabolol, ceramideHyaluronic acid, ceramide, glycerin, dimethiconeCeramide, glycerinNeurosensine, shea butter, glycerin, dimethicone, La Roche-Posay thermal spring water GlycerinPetrolatum, propylene glycol
Fragrance-free×
Isi30 gram40 ml50 ml, 120 ml25 ml, 50 ml40 gram56 gram, 236 gram, 340 gram, 453 gram30 ml, 75 ml, 150 ml, 200 ml, 500 ml40 ml40 ml57 gram, 113 gram, 453 gram
Alcohol-free
TeksturKrimKrimGelKrimKrimKrimKrimKrimKrimKrim
Paraben-free
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pelembap wajah

Pertanyaan umum seputar pelembap wajah

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar pelembap wajah. Jika Anda masih penasaran dengan pelembap wajah, simak jawabannya di bawah ini!

Kenapa kulit saya sensitif?

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh faktor bawaan (bakat kulit). Selain itu, terapi, tindakan, atau kondisi tertentu dapat menyebabkan kulit lebih rentan. 

Apakah kulit sensitif boleh eksofliasi?

Kulit sensitif tetap boleh eksofliasi. Namun, sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit. Pasalnya, kulit sensitif cenderung bereaksi berbeda terhadap bahan-bahan eksfoliasi. Di samping itu, butuh penilaian serta penanganan khusus agar tidak terjadi efek samping yang tidak diharapkan.

Cara merawat wajah dengan kulit sensitif

Cara merawat wajah dengan kulit sensitif

Untuk merawat kulit wajah Anda agar sensitivitasnya tidak menimbulkan masalah kulit lain, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut.


  • Batasi penggunaan skincare yang bersifat exfoliating

Agar bagian luar kulit wajah tidak terkikis, hindari penggunaan produk skincare yang bersifat exfoliating. Bukan berarti tidak boleh, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Idealnya, batasilah penggunaannya setiap satu atau dua minggu sekali.


  • Hindari membersihkan wajah dengan air hangat atau panas

Air hangat atau panas bisa menghilangkan zat lemak (keratin) yang berfungsi menahan air. Apabila keratin rusak, kelembapan tidak akan terkunci sehingga kulit menjadi kering. Sebab itu, bersihkan wajah menggunakan air yang cukup dingin di tangan Anda agar kulit senantiasa lembap tanpa berisiko teriritasi. 


  • Jangan mencuci wajah terlalu sering menggunakan sabun

Mencuci muka terlalu sering menggunakan sabun dapat mengikis lapisan minyak alami pada wajah. Jika lapisan pelindung alami hilang, bakteri akan lebih mudah masuk. Masuknya bakteri akan menyebabkan wajah berjerawat, kemerahan, bahkan iritasi. Sebaiknya Anda hanya membersihkan wajah dengan sabun maksimal dua kali sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari.


Bersihkanlah kulit dua kali sehari dengan sabun wajah yang lembut khusus kulit sensitif. Sabun medikasi dengan pH sesuai kulit (3–4) juga bisa digunakan. Selain itu, pastikan semua skincare yang Anda gunakan bersifat lembut dan hypoallergenic.


Utamakanlah pelembab yang bersifat menarik air dan menjaga barrier kulit. Hal ini agar kulit sensitif lebih tahan terhadap bahan iritan dari luar. Bila timbul kemerahan, panas, perih, atau gatal, sebaiknya hentikan produk skincare dan berobatlah ke dokter spesialis kulit.

Baca juga produk perawatan untuk kulit sensitif lainnya di sini

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, tentunya bukan hanya pelembap wajah yang perlu diperhatikan. Anda juga juga harus berhati-hati saat memilih rangkaian skincare lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi yang dianjurkan untuk kulit sensitif yang telah kami bahas. Klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi produk pelembap wajah terbaik untuk kulit sensitif. Apakah Anda sudah menemukan pelembap wajah yang tepat?


Pemilik kulit sensitif mungkin cukup kesulitan dalam memilih produk perawatan kulit. Sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung bahan pewangi, pewarna, atau alkohol karena bisa memicu reaksi alergi. Pastikan juga bahan pelembapnya aman untuk kulit, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, sabun muka berbentuk padat banyak ditinggalkan karena efek kering pada wajah. Namun, seiring berkembangnya dunia kecantikan, sabun cuci muka hadir dengan formula yang lebih baik. Anda bisa menemukan sabun kecantikan berbahan organik maupun nonorganik dengan formula khusus untuk beragam jenis kulit.Selanjutnya, bagaimana menemukan sabun cuci muka batangan yang bagus? Jawabannya, ada pada ulasan kami berikut. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi sabun muka terbaik dari berbagai merek, seperti Whitelab, LooLoo, dan Avoskin. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori