• 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Rice cooker berfungsi untuk mempermudah proses memasak nasi sehingga lebih praktis. Seiring dengan perkembangan teknologi, rice cooker konvensional mulai tergantikan dengan rice cooker digital. Selain untuk menanak dan menghangatkan nasi, berbagai fungsi lainnya diberikan oleh rice cooker digital.


Ada berbagai merek ternama yang memiliki produk rice cooker digital, seperti Philips, Cosmos, sampai Yong Ma. Kami akan menjelaskan cara memilih digital rice cooker, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Simak terus penjelasan kami dan temukan rice cooker digital yang bagus untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Agustus 2022
Daftar isi

Kelebihan rice cooker digital

Kelebihan rice cooker digital

Saat ini digital rice cooker sudah cukup banyak tersedia di pasaran. Harganya memang terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rice cooker biasa. Namun, tentu saja ada keunggulan yang akan Anda dapatkan saat membeli rice cooker digital. 


1. Bisa memasak makanan lain selain nasi

Umumnya, rice cooker digital bisa memasak makanan lain selain nasi. Anda bisa membuat bubur, mi instan, bahkan jenis masakan lain mulai dari sup hingga rendang.


2. Waktu masak bisa diatur

Canggihnya, rice cooker digital juga bisa diatur waktu memasaknya. Anda bisa menyetel waktu fast cook jika ingin memasak nasi secara cepat. Ada juga mode slow cook untuk memasak sup tulang supaya lebih empuk, seperti sup iga atau sup buntut. Lalu, ada setting-an lain yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis masakan Anda. 


3. Kualitas nasi bisa bertahan lebih lama

Biasanya, jika pakai rice cooker biasa, nasi Anda bisa lebih cepat bau dan berubah warna. Terutama, jika tidak cepat dimakan dalam waktu 12 jam. Berbeda dengan rice cooker digital, meski sudah lewat 12 jam, nasi akan tetap terasa enak seperti baru matang. Warnanya juga tetap putih, tidak berbau, dan tidak kering atau terlalu lembek. 

Cara memilih rice cooker digital

Rice cooker digital memang sangat diminati karena memiliki beberapa fungsi selain menanak nasi. Namun, hal apakah yang perlu Anda perhatikan saat memilih rice cooker digital? Kami sudah merangkum tipsnya dalam beberapa poin berikut ini.

Cari tahu teknologi yang digunakan

Setidaknya, terdapat tiga teknologi yang dapat Anda temukan di dalam rice cooker digital. Setiap teknologi tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Di bawah ini, kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Fuzzy logic: Teknologi pintar dengan harga lebih terjangkau

Fuzzy logic: Teknologi pintar dengan harga lebih terjangkau

Fuzzy logic merupakan teknologi yang sudah diusulkan sejak tahun 1965 dan telah banyak digunakan. Teknologi ini memanfaatkan chip microcomputer sehingga rice cooker dapat mendeteksi kebutuhan suhu dengan lebih presisi. Suhunya akan disesuaikan dengan banyaknya beras dan air yang ada di dalam inner pot. Penggunaan chip ini membuat fuzzy logic disebut juga sebagai teknologi microcomputer.


Penggunaan chip microcomputer juga memungkinkan rice cooker untuk memiliki berbagai mode memasak sesuai dengan jenis beras. Beberapa rice cooker dengan fuzzy logic menawarkan berbagai hasil akhir, misalnya nasi yang lebih kering atau basah.


Sayangnya, panas yang diberikan hanya berasal dari thermostat di bagian bawah rice cooker. Alhasil, terkadang kematangannya jadi kurang merata. Meski demikian, rice cooker dengan teknologi fuzzy logic merupakan rice cooker digital yang harganya relatif lebih terjangkau.

Induction heating (IH): Panas lebih merata pada seluruh inner pot

Induction heating (IH): Panas lebih merata pada seluruh inner pot

Teknologi induction heating (IH) merupakan teknologi terkini dalam rice cooker digital. Sesuai dengan namanya, rice cooker ini menggunakan metode pemanasan induksi. Pergerakan arus listrik yang dialirkan pada coil pemanas menghasilkan medan magnet di sekitar dinding dalam rice cooker. Aliran magnet ini selanjutnya menciptakan panas yang merata pada inner pot sehingga makanan matang sempurna.


Teknologi ini membuat rice cooker sangat responsif terhadap perubahan suhu sehingga makanan lebih cepat matang. Anda juga dapat mengubah pengaturan di tengah waktu memasak. Sayangnya, di pasaran Indonesia belum banyak rice cooker digital yang menggunakan teknologi ini. 

Pressure IH: Membuat nasi yang lebih lezat dan bertekstur empuk

Pressure IH: Membuat nasi yang lebih lezat dan bertekstur empuk

Teknologi pressure IH merupakan pengembangan dari teknologi IH. Anda akan menemukan katup pengatur tekanan pada rice cooker ini. Penggunaan tekanan tinggi akan membantu menghasilkan panas yang lebih tinggi. Aktivitas ini akan mengeluarkan rasa manis dari nasi sehingga terasa lebih lezat. Tekstur nasi pun akan lebih empuk saat dimakan. Tak hanya itu, waktu penanakan nasi juga jadi lebih singkat.


Jenis teknologi ini hanya ditawarkan oleh beberapa merek rice cooker saja. Anda pun mungkin tak akan menemukan banyak rice cooker digital dengan teknologi ini. Di antara ketiga teknologi yang sudah kami jelaskan, rice cooker dengan teknologi pressure IH dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Perhatikan fitur yang ditawarkan

Perhatikan fitur yang ditawarkan

Rice cooker digital menawarkan beberapa fitur mode memasak yang dapat memudahkan Anda. 


  • Mengukus dan menjaga makanan tetap hangat

Fungsi dasar yang paling umum dalam rice cooker digital adalah memasak nasi. Namun, selain itu Anda juga bisa mengukus makanan atau menjaga makanan tetap hangat. 


  • Dapat dipakai untuk memasak berbagai makanan

Rice cooker digital yang kapasitasnya besar dan harganya lebih tinggi biasanya memberi banyak fitur tambahan. Anda bisa memasak berbagai jenis beras dengan suhu dan waktu masak yang dapat diatur. Selain itu, beberapa rice cooker juga dapat digunakan untuk memasak kue.


  • Waktu masak bisa diatur

Ada beberapa digital rice cooker yang bisa diatur waktu memasaknya. Lalu, tingkat kelembutan nasi pun dapat diatur agar lebih praktis.


Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. Makin banyak fitur yang ditawarkan, akan makin tinggi pula harganya.

Pilih bahan inner pot yang sesuai

Pilih bahan inner pot yang sesuai

Biasanya, rice cooker digital memiliki bahan inner pot yang antilengket sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membersihkannya. Akan tetapi, tebal inner pot cukup beragam. Pilihlah bahan yang lebih tebal ketika memilih rice cooker digital dengan teknologi fuzzy logic atau microcomputer


Teknologi tersebut tidak menggunakan magnet sehingga panasnya tidak merata. Bahan yang lebih tebal akan membantu menghantarkan panas secara merata. Sebagian produsen membuat inner pot dengan menggunakan beberapa lapis bahan. 


Hal ini juga dapat membantu menghantarkan panas secara merata. Makin berat bahan inner pot, makin merata panas yang dihantarkannya. Di samping itu, ada juga produsen yang melengkapi inner pot dengan penanda batas air untuk beberapa jenis beras. Penanda ini akan memudahkan Anda ketika memasak beragam jenis beras.

Tentukan kapasitas produk yang sesuai dengan kebutuhan

Tentukan kapasitas produk yang sesuai dengan kebutuhan

Kapasitas rice cooker juga merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika memilih rice cooker digital. Pilihlah rice cooker yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah orang yang mengonsumsinya.


Jika kapasitasnya terlalu kecil, Anda harus memasak lebih dari sekali. Tentu akan cukup merepotkan, ya. Sebaliknya, jika Anda memilih produk yang kapasitasnya terlalu besar, biaya listrik menjadi lebih boros. Selain itu, Anda jadi harus menyiapkan space yang lebih besar untuk meletakkan rice cooker digital tersebut.


Rice cooker digital dengan kapasitas 0,5 L pas digunakan oleh Anda yang tinggal sendiri atau berdua. Untuk keluarga kecil dengan jumlah 3-5 orang, Anda dapat memilih rice cooker dengan kapasitas 1 L. Jika lebih dari 5 orang, pilihlah yang kapasitasnya di atas 1 L.

Pastikan produk yang Anda pilih mudah dibersihkan

Pastikan produk yang Anda pilih mudah dibersihkan

Bagi sebagian besar orang Indonesia, menanak nasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Dengan demikian, kebersihan rice cooker harus Anda perhatikan agar kualitas masakan tetap terjaga. Selain itu, rice cooker yang bersih juga membantu menjaga daya tahan rice cooker itu sendiri.


Anda perlu memperhatikan komponen apa saja yang dimiliki rice cooker digital. Pastikan inner pot, inner lid, serta katup lubang uap dapat dilepaskan. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan rice cooker secara menyeluruh.


Jangan lupa juga untuk membersihkan area di luar inner pot karena mungkin saja ada sisa makanan yang terjatuh. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan menjadi kerak, bahkan dapat menyebabkan karat.

10 Rekomendasi rice cooker digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rice cooker digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Philips Penanak Nasi Fuzzy Logic 1

Philips

2
Cosmos Mini Digital Rice Cooker  1

Cosmos

3
Mito Mini Rice Cooker 1

Mito

4
Cosmos Digital Rice Cooker  1

Cosmos

5
Olike Rice Cooker 1

Olike

6
Kurumi Home Multifunction Rice Cooker 1

Kurumi

7
Yong Ma Magic Com  1

Yong Ma

8
Zojirushi  Rice Cooker Digital Fuzzy Logic  1

Zojirushi

9
RAVELLE Rice Cooker 1

RAVELLE

10
Kirin Rice Cooker  1

Kirin

Nama produk

Penanak Nasi Fuzzy Logic

Mini Digital Rice Cooker

Mini Rice Cooker

Digital Rice Cooker

Rice Cooker

Home Multifunction Rice Cooker

Magic Com

Rice Cooker Digital Fuzzy Logic

Rice Cooker

Rice Cooker

Keunggulan

Tahan lama berkat lapisan Bakuhanseki

Ukurannya mungil, hemat tempat penyimpanan

Desainnya compact, pas untuk keluarga kecil

Tampilannya modern dengan harga terjangkau

Fitur time reservation buat Anda tak akan lupa memasak nasi meski sibuk

Sehat, mampu mengurangi kadar gula nasi hingga 20%

Lebih bersih dan higienis dengan fitur eco steril

Membuat nasi tetap pulen lebih dari 12 jam

Rice cooker estetik bergaya Japandi

Eksotis, warna bodi full black yang jarang ditemukan

Harga mulai dariRp 779.000,00Rp 399.000,00Rp 459.000,00Rp 491.000,00Rp 999.000,00Rp 959.000,00Rp 676.000,00Rp 4.450.000,00Rp 699.000,00Rp 1.295.000,00
TeknologiFuzzy logicTidak disebutkanTidak disebutkanFuzzy logicTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanFuzzy logicTidak disebutkanTidak disebutkan
Kapasitas1,8 liter0,3 liter1,2 liter1 liter3 liter2 liter2 liter1 liter dan 1,8 liter2 liter2 liter
Bahan inner potAlloy logam dengan lapisan BakuhansekiNon-stick material coatingTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAluminium dengan ceramic coating, stainless steel 304Gold ceramicAluminiumAluminiumHard anodized
Fungsi tambahanSmart 3D, big display, multifunction program to cook contemporary menuCook, quick cook, warm, instant noodleCook rice, instant noodle, congee, soup, steam, reheatCook rice, instant noodle, congee, soup, steam, reheatFast cooking, firewood, porridge, hot meal, steam, soup, keep warm, time reservationLow carb rice, brown rice, claypot rice, BB congee/soup, congee, cake, white rice, quick cook & reheatEco steril, one touch, 14 menu function, preset, rice texture option, instant noodleWhite, mixed, sushi, porridge, brown, quick cooking, sweet, cake, steamQuick cook, slow cook, porridge, grain, soup, steam, cake Stew Reheat Keep WarmCook, slow cook, soup, porridge, steam, cake
Tautan produk
10
TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas2 liter
Bahan inner potHard anodized
Fungsi tambahanCook, slow cook, soup, porridge, steam, cake
9
TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas2 liter
Bahan inner potAluminium
Fungsi tambahanQuick cook, slow cook, porridge, grain, soup, steam, cake Stew Reheat Keep Warm
8

Zojirushi Rice Cooker Digital Fuzzy Logic

NS-TSQ

Mulai dari Rp 4.450.000,00

TeknologiFuzzy logic
Kapasitas1 liter dan 1,8 liter
Bahan inner potAluminium
Fungsi tambahanWhite, mixed, sushi, porridge, brown, quick cooking, sweet, cake, steam
7

Yong MaMagic Com

SMC8027 Upgrade

Mulai dari Rp 676.000,00

TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas2 liter
Bahan inner potGold ceramic
Fungsi tambahanEco steril, one touch, 14 menu function, preset, rice texture option, instant noodle
6

KurumiHome Multifunction Rice Cooker

KH 201

Mulai dari Rp 959.000,00

TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas2 liter
Bahan inner potAluminium dengan ceramic coating, stainless steel 304
Fungsi tambahanLow carb rice, brown rice, claypot rice, BB congee/soup, congee, cake, white rice, quick cook & reheat
5
TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas3 liter
Bahan inner potTidak disebutkan
Fungsi tambahanFast cooking, firewood, porridge, hot meal, steam, soup, keep warm, time reservation
4

CosmosDigital Rice Cooker

CRJ-3801D

Mulai dari Rp 491.000,00

TeknologiFuzzy logic
Kapasitas1 liter
Bahan inner potTidak disebutkan
Fungsi tambahanCook rice, instant noodle, congee, soup, steam, reheat
3
TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas1,2 liter
Bahan inner potTidak disebutkan
Fungsi tambahanCook rice, instant noodle, congee, soup, steam, reheat
2

CosmosMini Digital Rice Cooker

CRJ-1031

Mulai dari Rp 399.000,00

TeknologiTidak disebutkan
Kapasitas0,3 liter
Bahan inner potNon-stick material coating
Fungsi tambahanCook, quick cook, warm, instant noodle
1

PhilipsPenanak Nasi Fuzzy Logic

HD4515/33

Mulai dari Rp 779.000,00

TeknologiFuzzy logic
Kapasitas1,8 liter
Bahan inner potAlloy logam dengan lapisan Bakuhanseki
Fungsi tambahanSmart 3D, big display, multifunction program to cook contemporary menu

Baca juga rekomendasi rice cooker lainnya di sini

Selain rice cooker digital, kami memiliki artikel tentang rice cooker lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Rice cooker digital bukan hanya berfungsi untuk memasak nasi putih. Anda dapat memasak makanan lainnya dengan lebih mudah berkat fitur yang ditawarkan. Pilihlah rice cooker digital yang fitur dan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Jangan lupa untuk turut mempertimbangkan bujet yang Anda miliki, ya. Sekian artikel kali ini dan semoga Anda merasa terbantu dengan tips dari kami. Selamat mendapatkan kemudahan dengan rice cooker digital!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kompor listrik menjadi satu perlengkapan dapur populer karena dinilai lebih praktis dengan ukurannya yang kecil. Keuntungan lainnya, ada kompor listrik jenis portable yang bisa dibawa-bawa dengan mudah. Kemudian, ada juga jenis kompor yang mudah dibersihkan sehingga tidak merepotkan Anda.Banyaknya jenis kompor listrik ini mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kompor listrik. Kami juga mengulas beberapa rekomendasi produk, seperti Maspion, IDEALIFE, Oxone, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi pun makin canggih dan peralatan memasak juga bertambah dari segi variasi. Kini, Anda dapat menemukan berbagai jenis kompor di pasaran. Selain kompor gas, ada juga kompor induksi yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk memasak makanan. Ada beberapa pilihan merek kompor induksi yang bagus dan tepercaya, seperti Han River, IDEALIFE, Midea, dan masih banyak lagi. Anda ingin mengetahui rekomendasi kompor induksi terbaik beserta review-nya? Simak terlebih dahulu penjelasan beserta beberapa pilihan mereknya di bawah ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda tertarik dengan gaya hidup sehat, Anda dapat memulainya dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Dengan alat ini, Anda bisa membuat jus murni tanpa campuran air sehingga kandungan gizi yang diperoleh lebih banyak. Beberapa produk slow juicer juga bisa digunakan untuk membuat smoothie, es krim, dan minuman dingin lainnya.Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi merek slow juicer yang bagus, seperti Philips, ECOHOME, Panasonic, dan Sharp. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan tips memilihnya untuk Anda. Silakan simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merek kulkas 2 pintu terbaik, misalnya Sharp, Samsung, LG, Polytron, dan lain-lain tentu melengkapinya dengan keunggulan yang berbeda-beda.Nah, melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih kulkas 2 pintu yang bagus untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik dengan harga, ukuran, fitur, dan daya yang beragam. Yuk, simak lebih lanjut artikelnya dan temukan kulkas 2 pintu terbaik.
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori