• 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Serum kini menjadi salah satu produk skincare yang banyak digunakan. Tak heran bila banyak brand lokal yang menjadikan serum sebagai produk andalannya. Sebut saja Somethinc, Avoskin, dan ElsheSkin. Banyaknya merek serum yang bagus mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Karena itu, kali ini kami akan memberi tips menemukan serum lokal yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Bukan itu saja, kami juga telah menyiapkan rekomendasi serum lokal terbaik bagi Anda. Serum lokal untuk kulit kering, kusam, sensitif, berminyak, dan berjerawat, bahkan mencerahkan wajah, ada di daftar rekomendasi kami. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih serum lokal

Serum merupakan produk skincare dengan konsentrasi kandungan yang tinggi. Hal itu membuat harga serum lebih mahal dibandingkan skincare lain. Agar dapat menemukan serum lokal dengan kandungan yang tepat untuk masalah kulit Anda, simaklah tips berikut ini. 

Sesuaikan serum dengan permasalahan kulit Anda

Sebelum memilih serum, kenali dahulu permasalahan kulit Anda. Setelah itu, barulah Anda dapat menentukan produk mana yang kandungannya cocok untuk mengatasi masalah tersebut.

Kulit kering dan kusam: Serum dengan kandungan pelembap dan pencerah

Kulit kering dan kusam: Serum dengan kandungan pelembap dan pencerah

Kulit terasa kusam, kendur, serta bersisik di beberapa bagian adalah sebagian ciri dari kulit kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah serum dengan kandungan yang melembapkan sekaligus mencerahkan. Berikut ini bahan-bahan yang kami rekomendasikan.


  • Hyaluronic acid menyimpan kandungan air di dalam kulit sehingga tetap lembap.
  • Ceramide menjaga kelembapan wajah dan menghindari kulit dari dehidrasi.
  • Niacinamide mencerahkan dan melembapkan wajah.
  • Vitamin E mengembalikan kelembapan kulit yang sirna akibat dehidrasi.
  • Vitamin C mencerahkan kulit yang kusam dan membantu menjaga kesegaran kulit.

Namun, selain menggunakan serum, Anda juga perlu mengonsumsi cukup air putih supaya kulit tetap terhidrasi. Untuk menambah referensi Anda mengenai serum yang berfungsi mencerahkan wajah, bacalah artikel berikut ini.

Mencegah penuaan dini: Serum dengan khasiat anti-aging

Mencegah penuaan dini: Serum dengan khasiat anti-aging

Kerutan halus, tekstur kulit yang tidak merata, hiperpigmentasi, dan age spots merupakan beberapa tanda terjadinya penuaan. Untuk mencegah permasalahan tersebut, pilihlah serum dengan kandungan anti-aging, seperti bahan-bahan berikut.


  • Retinol dan peptide mengatasi masalah kerutan, membantu melepaskan sel kulit mati, serta merangsang produksi kolagen alami dari tubuh. 
  • Ceramide dan niacinamide menjaga kelembapan kulit sehingga tetap segar dan halus.
  • Vitamin C dan E membuat kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut informasi mengenai serum anti-aging, bacalah artikel yang kami rekomendasikan di bawah ini.

Kulit berjerawat: Serum yang mengandung salicylic acid

Kulit berjerawat: Serum yang mengandung salicylic acid

Jerawat dapat menjadi makin parah jika Anda salah memilih skincare. Kadang skincare anti-acne malah menyebabkan breakout yang membuat kepercayaan diri Anda menurun.


Untuk Anda yang berjerawat, serum yang Anda pilih sebaiknya mengandung salicylic acid. Kandungan ini diperlukan untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih. Kotoran yang menyumbat pori-pori itulah yang berpotensi menyebabkan jerawat dan komedo. Selain itu, salicylic acid juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan saat kulit sedang ditumbuhi jerawat. 

Kulit berminyak: Serum dengan khasiat oil control

Kulit berminyak: Serum dengan khasiat oil control

Permasalahan pori-pori besar rentan dialami oleh pemilik kulit berminyak. Untuk mengatasinya, pilihlah serum yang dapat mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, pertimbangkan serum dengan kandungan pelembap. Apabila kulit terjaga kelembapannya, produksi minyak pun akan berkurang. Berikut ini kandungan yang kami rekomendasikan untuk kulit berminyak.


  • Retinol mengontrol minyak, mencegah kerutan, dan menyamarkan noda hitam.
  • Linoleic acid memperbaiki skin barrier dan menjaga kadar air di dalam kulit.
  • Niacinamide dan ceramide melembapkan kulit tanpa membuat wajah berminyak.
  • AHA mengecilkan pori-pori.

Tips lainnya adalah hindari serum yang mengandung essential oil dan jenis minyak lainnya. Sebaiknya, Anda memilih serum yang water-based agar tidak menambah tumpukan minyak di wajah Anda.

Kulit sensitif: Serum yang mengandung anti-irritant

Kulit sensitif: Serum yang mengandung anti-irritant

Memiliki kulit sensitif menuntut Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Anda harus memperhatikan dengan teliti kandungan di dalam suatu produk agar tidak menimbulkan alergi atau iritasi. Supaya lebih aman, Anda dapat memilih serum yang mencantumkan tanda aman untuk kulit sensitif.


Selain itu, Anda juga dapat memeriksa keamanan sebuah produk dengan melihat komposisinya. Sebaiknya, Anda menghindari produk yang mengandung pewangi, pengawet seperti paraben, juga pelarut seperti propylene glycol dan ethanol.

Pilih serum berdasarkan teksturnya

Pilih serum berdasarkan teksturnya

Setidaknya, ada tiga macam tekstur serum yang banyak beredar di pasaran, yaitu cair, gel, dan krim. Tiap-tiap tekstur memiliki sifat dan keunggulan yang berbeda. 


Serum dengan tekstur cair memiliki karakteristik yang mirip dengan gel. Keduanya sama-sama cepat diserap oleh kulit. Namun, serum yang cair teksturnya lebih ringan daripada gel. Serum dengan tekstur gel dan cair cocok untuk kulit berminyak karena tidak terasa lengket di wajah.


Sementara itu, serum dengan tekstur krim ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah yang spesifik. Masalah yang dimaksud seperti kerutan di bawah mata dan sekitar bibir, bintik hitam, dan kulit kusam. Tidak seperti serum cair, serum krim butuh waktu yang lebih lama untuk dapat diserap dengan baik oleh kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya serum krim digunakan pada malam hari sebelum Anda beristirahat.

Perhatikan kemasan dan PAO (period after opening) serum

Perhatikan kemasan dan PAO (period after opening) serum

Karena mengandung banyak bahan aktif dengan konsentrasi tinggi, kemasan serum wajib Anda perhatikan. Kebanyakan serum dikemas di dalam botol kaca yang dilengkapi pipet. Selain itu, ada juga yang botol kacanya menggunakan sistem pump. Botol serum sebaiknya berwarna gelap agar dapat melindungi isinya dari sinar matahari


Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan PAO (period after opening) serum pilihan Anda. PAO adalah masa aman serum tersebut setelah dibuka. Anda dapat mengecek PAO ini pada kemasannya. Jika tertulis bahwa PAO-nya adalah 6 bulan, berarti Anda memiliki waktu selama 6 bulan untuk menggunakan produk tersebut. Setelah 6 bulan, serum sebaiknya tidak dipakai lagi.

Pastikan serum yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM

Pastikan serum yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah keamanan produk. Agar lebih yakin mengenai keamanan serum pilihan Anda, sebaiknya Anda memilih produk yang telah memiliki sertifikasi BPOM. Anda dapat mengecek sertifikasi ini di kemasan produk atau di website resmi BPOM.

10 Rekomendasi serum lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 20 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Miraculuos Refining Serum masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG muncul sebagai produk terlaris kedua.

Gambar produk
1
Avoskin Miraculuos Refining Serum 1

Avoskin

2
Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG 1

Somethinc

3
Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 1

Avoskin

4
Erha21 Age Corrector Serum 1

Erha21

5
Whitelab Brightening Face Serum - Niacinamide 5% 1

Whitelab

6
Implora Cosmetics Salmon DNA Serum 1

Implora Cosmetics

7
Eiem Beauty Hydration Booster Serum 1

Eiem

8
Azarine  Retinol Smooth Glowing Serum 1

Azarine

9
True To Skin Bakuchiol - Anti Aging serum 1

True To Skin

10
ElsheSkin Acne Care Serum 1

ElsheSkin

Nama produk

Miraculuos Refining Serum

Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Age Corrector Serum

Brightening Face Serum - Niacinamide 5%

Salmon DNA Serum

Beauty Hydration Booster Serum

Retinol Smooth Glowing Serum

Bakuchiol - Anti Aging serum

Acne Care Serum

Keunggulan

Memperbaiki tekstur dan rona kulit

Wajah cerah dan berkilau bak artis Korea

Produk best seller yang ampuh dalam menyamarkan bekas jerawat

Kulit tampak lebih muda hanya dalam empat minggu

Lebih percaya diri dengan wajah glowing alami

Dapatkan kulit sehat layaknya perawatan di klinik kecantikan

Solusi tepat untuk atasi masalah kulit kering dan kusam

Rasakan manfaat retinol tanpa khawatir kulit kering

Pengganti retinol yang aman untuk ibu hamil

Selamat tinggal jerawat dan bekasnya!

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 129.000,00Rp 139.000,00Rp 213.920,00Rp 66.000,00Rp 35.000,00Rp 75.000,00Rp 59.000,00Rp 119.000,00Rp 99.000,00
Tekstur serumKrimCairGelGelGelGelCairCairCairCair
Kandungan bahan aktif10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramideVitamin C, N-acetyl glucosamine, ferulic acid, lemon fruit extractAlpha arbutin, grapeseedL-Mucin (snail extract), bio sodium hyaluronate, D-Panthenol, beta white, soybean phytoplacenta extractNiacinamide, HyaluComplex-10, marine collagenSodium DNA, marine collagen, glycogen, Ecklonia cavaHyaluronic acid, acetyl glucosamine, niacinamide, lactobacillus ferment, allantoinRetinol, resveratrol, hyaluronic acid, ceramideBakuchiol, PHA, probiotics, 7 seed bean complexClover flower extract, Aloe vera, propolis, niacinamide, galactosyl salicylate
ManfaatMengangkat sel kulit mati・Mencerahkan kulit・Memperbaiki tesktur kulit・Mengurangi jerawat dan komedoMencerahkan kulit・Merangsang produksi kolagen・Mengurangi kenampakan flek hitam, keriput, dan garis-garis halus pada kulitMencerahkan kulit・Menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat・Mengurangi kemerahan pada kulit・Mengecilkan tampilan pori-poriMencegah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini・Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulitMencerahkan dan melembapkan kulit・Menyamarkan bekas jerawat・Menekan produksi sebum・Merawat tekstur kulitMelembapkan kulit・Mempertahankan elastisitas kulit・Menjaga kulit dari efek buruk radikal bebasMeningkatkan kondisi skin barrier・Melembapkan dan mencerahkan kulitMenyamarkan kerutan dan noda hitam・Mencerahkan kulit・Memperbaiki tekstur kulitMengurangi tanda-tanda penuaan dini・Memperbaiki skin barrier・Mencerahkan kulit・Meningkatkan produksi kolagenMelembapkan, menenangkan, mencerahkan kulit・Mengurangi jerawat dan bekasnya・Menguatkan skin barrier
BPOM
Isi30 ml20 ml30 ml20 ml20 ml25 ml20 ml20 ml20 ml15 ml dan 30 ml
Tautan produk
10
Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifClover flower extract, Aloe vera, propolis, niacinamide, galactosyl salicylate
ManfaatMelembapkan, menenangkan, mencerahkan kulit・Mengurangi jerawat dan bekasnya・Menguatkan skin barrier
BPOM
Isi15 ml dan 30 ml
9

True To SkinBakuchiol - Anti Aging serum

Mulai dari Rp 119.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifBakuchiol, PHA, probiotics, 7 seed bean complex
ManfaatMengurangi tanda-tanda penuaan dini・Memperbaiki skin barrier・Mencerahkan kulit・Meningkatkan produksi kolagen
BPOM
Isi20 ml
8
Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifRetinol, resveratrol, hyaluronic acid, ceramide
ManfaatMenyamarkan kerutan dan noda hitam・Mencerahkan kulit・Memperbaiki tekstur kulit
BPOM
Isi20 ml
7
Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifHyaluronic acid, acetyl glucosamine, niacinamide, lactobacillus ferment, allantoin
ManfaatMeningkatkan kondisi skin barrier・Melembapkan dan mencerahkan kulit
BPOM
Isi20 ml
6
Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifSodium DNA, marine collagen, glycogen, Ecklonia cava
ManfaatMelembapkan kulit・Mempertahankan elastisitas kulit・Menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas
BPOM
Isi25 ml
5

WhitelabBrightening Face Serum - Niacinamide 5%

Mulai dari Rp 66.000,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifNiacinamide, HyaluComplex-10, marine collagen
ManfaatMencerahkan dan melembapkan kulit・Menyamarkan bekas jerawat・Menekan produksi sebum・Merawat tekstur kulit
BPOM
Isi20 ml
4
Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifL-Mucin (snail extract), bio sodium hyaluronate, D-Panthenol, beta white, soybean phytoplacenta extract
ManfaatMencegah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini・Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit
BPOM
Isi20 ml
3

AvoskinYour Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Mulai dari Rp 139.000,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifAlpha arbutin, grapeseed
ManfaatMencerahkan kulit・Menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat・Mengurangi kemerahan pada kulit・Mengecilkan tampilan pori-pori
BPOM
Isi30 ml
2

SomethincLemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG

Mulai dari Rp 129.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifVitamin C, N-acetyl glucosamine, ferulic acid, lemon fruit extract
ManfaatMencerahkan kulit・Merangsang produksi kolagen・Mengurangi kenampakan flek hitam, keriput, dan garis-garis halus pada kulit
BPOM
Isi20 ml
1

AvoskinMiraculuos Refining Serum

Mulai dari Rp 249.000,00

Tekstur serumKrim
Kandungan bahan aktif10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramide
ManfaatMengangkat sel kulit mati・Mencerahkan kulit・Memperbaiki tesktur kulit・Mengurangi jerawat dan komedo
BPOM
Isi30 ml

Urutan penggunaan skincare saat Anda menggunakan serum

Urutan penggunaan skincare saat Anda menggunakan serum

Menemukan produk yang tepat saja tidaklah cukup. Ketahui juga urutan penggunaan skincare yang benar untuk mendapat hasil yang maksimal. Pada dasarnya urutan skincare routine pada pagi hari berbeda dengan malam hari. Berikut ini langkah-langkahnya.


Urutan skincare routine untuk pagi hari:

  1. Mulailah dengan membersihkan wajah Anda menggunakan sabun muka.
  2. Aplikasikan toner untuk menjaga kelembapan kulit wajah.
  3. Aplikasikan serum, lalu pijat lembut wajah Anda untuk memaksimalkan penyerapan serum. Tunggu sekitar 10–15 menit agar serum terserap.
  4. Oleskan pelembap.
  5. Jika pelembap Anda tidak mengandung tabir surya, lanjutkan dengan mengaplikasikan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari sinar UV.

Urutan skincare routine untuk malam hari:

  1. Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan makeup remover, seperti micellar water dan cleansing oil. Sisa makeup harus dibersihkan dengan benar agar pori-pori Anda tidak tersumbat. 
  2. Bersihkan kembali wajah dengan cleanser.
  3. Segarkan wajah dengan toner.
  4. Aplikasikan serum wajah dan tunggu hingga meresap.
  5. Oleskan eye cream untuk menjaga kesegaran kulit di sekitar mata serta mencegah mata panda.
  6. Terakhir, gunakan night cream.

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih serum adalah karakteristik dan permasalahan kulit. Dengan begitu, hasil pemakaian serum secara teratur akan sesuai dengan harapan Anda. Cek berbagai produk serum lainnya pada tautan berikut ini!

Kesimpulan

Serum lokal makin populer karena lebih mudah didapatkan. Harganya pun relatif lebih terjangkau. Untuk memperoleh manfaat maksimal, pilihlah serum yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang Anda alami. Selain itu, perhatikan juga bahan kandungan dan keamanan serum agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan serum lokal yang paling tepat. Selamat tampil cantik dengan produk-produk asli dalam negeri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam.Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk merek Wardah, mulai dari eye cream, serum, hingga sunscreen ada dalam rekomendasi. Yuk, cari tahu cara memilih produk Wardah yang bagus dan keunggulan dari tiap-tiap produknya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki kulit kering? Jika iya, Anda bisa menggunakan face emulsion yang diketahui dapat mengunci kelembapan di kulit Anda. Face emulsion biasanya mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit. Meski begitu, masih banyak orang yang belum tahu face emulsion terbaik untuk kondisi kulitnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi cara memilih face emulsion yang bagus, Kami juga akan merekomendasikan face emulsion dari berbagai merk terkenal, seperti SK II, The Face Shop, dan Sulwhasoo. Simak artikel ini jika Anda ingin menemukan produk face emulsion terbaik!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori