• 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Serum kini menjadi salah satu produk skincare yang banyak digunakan. Tak heran bila banyak brand lokal yang menjadikan serum sebagai produk andalannya. Sebut saja For Skin's Sake, Avoskin, Sensatia Botanicals, dan ElsheSkin. Karena banyak merek serum yang beredar di pasaran, tentunya cukup sulit untuk menemukan produk yang sesuai untuk Anda. 


Oleh karena itu, kali ini kami akan memberi tips menemukan serum lokal yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Bukan itu saja, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Yuk, kita mulai petualangan mencari serum lokal terbaik!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Sha Aullia
Tuty Queen
Widya Lim
  • Pembaharuan terakhir: 19 Februari 2021
Daftar isi

Cara memilih serum lokal

Serum merupakan produk skincare dengan konsentrasi kandungan yang tinggi. Serum diformulasi ke dalam bentuk mikropartikel supaya kandungannya lebih cepat meresap ke lapisan terdalam kulit. Agar dapat menemukan serum lokal dengan kandungan yang tepat untuk masalah kulit Anda, simaklah tips berikut ini. 

Pilih serum berdasarkan permasalahan kulit Anda

Sebelum memilih serum, kenali dahulu permasalahan kulit Anda. Setelah itu, barulah Anda dapat menentukan produk mana yang kandungannya cocok untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk kulit kering dan kusam, pilih serum dengan kandungan pelembap dan pencerah

Untuk kulit kering dan kusam, pilih serum dengan kandungan pelembap dan pencerah

Kulit terasa kusam, kendur, serta bersisik di beberapa bagian adalah sebagian ciri dari kulit kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah serum dengan kandungan yang melembapkan sekaligus mencerahkan. Untuk melembapkan kulit, Anda bisa memilih produk yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid mampu menyimpan kandungan air di dalam kulit sehingga tetap lembap. Anda juga bisa memilih serum yang di dalamnya terkandung ceramide dan niacinamide untuk melembapkan dan mencerahkan kulit.


Selain itu, kandungan vitamin E dibutuhkan untuk mengembalikan kelembapan kulit yang sirna akibat dehidrasi. Untuk mencerahkan kulit yang kusam, Anda dapat memilih serum yang mengandung vitamin C. Selain sebagai pencerah, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesegaran kulit Anda. 


Namun, selain menggunakan serum, Anda juga perlu mengonsumsi cukup air putih supaya kulit tetap terhidrasi.

Untuk mencegah penuaan dini, pilih serum dengan khasiat anti-aging

Untuk mencegah penuaan dini, pilih serum dengan khasiat anti-aging

Kerutan halus, tekstur kulit yang tidak merata, hiperpigmentasi, dan age spots merupakan beberapa tanda terjadinya penuaan. Hampir tidak ada wanita yang menginginkan wajahnya menunjukkan tanda-tanda penuaan. Untuk itulah serum anti-aging tercipta. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang senantiasa tampak muda, pilih serum dengan kandungan retinol, peptide, ceramide, niacinamide, serta vitamin C dan E. 


Retinol dan peptide bertanggung jawab untuk mengatasi masalah kerutan. Kedua kandungan tersebut dapat membantu melepaskan sel kulit mati, serta merangsang produksi kolagen alami dari tubuh. 


Ceramide dan niacinamide berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sehingga tetap segar dan halus. Sementara itu, vitamin C dan E akan membuat kulit tampak lebih cerah dan awet muda. 


Perlu diingat, ada jenis kandungan yang tidak bisa dipakai secara bersamaan jika bukan dari satu produk yang sama. Contohnya adalah retinol dan vitamin C. Jika Anda memakai serum retinol, kemudian memakai serum vitamin C, kulit wajah Anda berisiko terkena iritasi. Hal ini disebabkan karena keduanya merupakan senyawa asam dengan pH berbeda. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan satu serum yang di dalamnya terdapat kandungan retinol sekaligus vitamin C. Jika berada dalam satu produk, produsen pasti sudah menyesuaikan pH-nya sehingga aman digunakan. 

Untuk kulit berjerawat, pilih serum yang mengandung salicylic acid

Untuk kulit berjerawat, pilih serum yang mengandung salicylic acid

Jerawat dapat menjadi makin parah jika Anda salah memilih skincare. Kadang-kadang, skincare anti-acne malah menyebabkan breakout yang membuat kepercayaan diri Anda menurun.


Untuk Anda yang berjerawat, serum yang Anda pilih sebaiknya mengandung salicylic acid. Kandungan ini diperlukan untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih. Kotoran yang menyumbat pori-pori itulah yang berpotensi menyebabkan jerawat dan komedo. Selain itu, salicylic acid juga memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat meredakan peradangan saat kulit sedang ditumbuhi jerawat. 

Untuk kulit berminyak, pilih serum dengan khasiat oil control

Untuk kulit berminyak, pilih serum dengan khasiat oil control

Pemilik kulit berminyak perlu bahan kandungan yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Selain itu, perhatikan juga masalah pori-pori wajah yang biasanya cukup besar. Hindari memilih serum yang mengandung essential oil dan jenis minyak lainnya. Sebaiknya, Anda memilih serum yang water-based agar tidak menambah minyak di wajah Anda. Serum water-based biasanya bertekstur ringan sehingga tidak lengket di wajah.


Untuk mengontrol minyak, pastikan serum Anda mengandung retinol dan linoleic acid.  Selain sebagai oil control, retinol juga dapat mencegah kerutan dan menyamarkan noda hitam. Serum yang Anda pilih juga harus mengandung pelembap. Apabila kulit terjaga kelembapannya, produksi minyak pun akan berkurang. Niacinamide dan ceramide adalah contoh kandungan yang berfungsi untuk melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak. Sementara untuk mengecilkan pori-pori, pilihlah serum dengan kandungan AHA.  

Untuk kulit sensitif, pilih serum yang mengandung anti-irritant

Untuk kulit sensitif, pilih serum yang mengandung anti-irritant

Memiliki kulit sensitif menuntut Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Anda harus memperhatikan dengan teliti kandungan di dalam suatu produk agar tidak menimbulkan alergi atau iritasi. Supaya lebih aman, Anda dapat memilih serum yang mencantumkan tanda aman untuk kulit sensitif. 


Selain itu, Anda juga dapat memeriksa keamanan sebuah produk dengan melihat komposisinya. Sebaiknya, Anda menghindari produk yang mengandung pewangi, pengawet seperti paraben, juga pelarut seperti propylene glycol dan ethanol.


Tidak seperti jenis kulit lain, mengaplikasikan serum pada kulit sensitif juga memiliki cara tersendiri. Sebelum menggunakan serum, Anda harus mencuci muka terlebih dahulu. Setelah itu, pakailah toner. Tunggu hingga toner benar-benar meresap dan kulit kembali kering. Jika kulit telah kering, barulah Anda dapat mengaplikasikan serum. Apabila wajah masih basah, mengoleskan serum hanya akan memperbesar risiko terkena iritasi kulit.  

Pilih serum berdasarkan teksturnya

Pilih serum berdasarkan teksturnya

Setidaknya, ada empat macam tekstur serum yang banyak beredar di pasaran, yaitu cair, gel, emulsi, dan krim. Masing-masing tekstur memiliki sifat dan keunggulan yang berbeda. Serum dengan tekstur cair memiliki karakteristik yang mirip dengan gel. Keduanya sama-sama cepat diserap oleh kulit. Namun, serum yang cair teksturnya lebih ringan daripada gel. Anda yang kulitnya berminyak akan lebih pas jika menggunakan serum bertekstur cair atau gel. Alasannya, tekstur tersebut tidak akan terasa lengket di wajah.


Selanjutnya, serum bertekstur emulsi. Serum jenis ini baik untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, jika Anda menggunakan rangkaian skincare lain seperti essence dan krim wajah, serum emulsi juga lebih bisa di-blend.


Terakhir, serum dengan tekstur krim. Serum jenis ini ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah yang spesifik seperti kerutan di bawah mata dan sekitar bibir, bintik hitam, dan kulit kusam. Tidak seperti serum cair dan emulsi, serum krim butuh waktu yang lebih lama untuk dapat diserap dengan baik oleh kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya serum krim digunakan pada malam hari sebelum Anda beristirahat.

Perhatikan kemasan dan PAO (period after opening) serum

Perhatikan kemasan dan PAO (period after opening) serum

Karena mengandung banyak bahan aktif dengan konsentrasi tinggi, kemasan serum wajib Anda perhatikan. Kebanyakan serum dikemas di dalam botol kaca yang dilengkapi pipet. Selain itu, ada juga yang botol kacanya menggunakan sistem pump. Botol serum sebaiknya berwarna gelap agar dapat melindungi isinya dari sinar matahari. 


Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan PAO (period after opening) serum pilihan Anda. PAO adalah masa aman serum tersebut setelah dibuka. Anda dapat mengecek PAO ini pada kemasannya. Jika tertulis bahwa PAO-nya adalah 6 bulan, berarti Anda memiliki waktu selama 6 bulan untuk menggunakan produk tersebut. Setelah 6 bulan, serum sebaiknya tidak dipakai lagi. Supaya tidak lupa, Anda bisa menuliskan tanggal buka kemasan di botol serum Anda.

Pastikan serum yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM

Pastikan serum yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah keamanan produk. Agar lebih yakin mengenai keamanan serum pilihan Anda, sebaiknya Anda memilih produk yang telah memiliki sertifikasi BPOM. Anda dapat mengecek sertifikasi ini di kemasan produk atau di website resmi BPOM.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum For 40+ Years

Mulai dari Rp 360.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi serum lokal terbaik

Di bagian ini, kami akan menyajikan sepuluh produk serum lokal terbaik yang telah kami pilihkan untuk Anda. Simak penjelasan setiap produknya dan temukan serum lokal yang paling sesuai dengan masalah kulit Anda. 

10

HumphreyIntensive Anti Acne Serum

Mulai dari Rp 89.900,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifEctoin
BPOM
Isi15 ml
9
Tekstur serumKental
Kandungan bahan aktifOrganic pomegranate extract, marine collagen, ganggang hijau
BPOM
Isi30 ml
8
Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifL-Mucin (snail extract), bio sodium hyaluronate, D-Panthenol, beta white, soybean phytoplacenta extract
BPOM
Isi20 ml
7
Tekstur serumCair
Kandungan bahan aktifWhitening agent
BPOM
Isi20 ml
6

For Skin's SakeHyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 225.000,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifHyaluronic acid, green tea, MSM, vitamin E
BPOM
Isi30 ml
5

Maharis BeautyVotre Peau Pour Maharis Vit. C Serum

Mulai dari Rp 380.000,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifSalicylic acid, traxenamide acid, hyaluronic acid, ethyl ascorbic acid 10%
BPOM
Isi30 ml
4

WardahCrystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Mulai dari Rp 205.000,00

Tekstur serumCair, sedikit oily
Kandungan bahan aktifGold-peptide crystals, youth-glow active
BPOM
Isi30 ml
3

Biokos Martha TilaarDerma Bright Intensive Brightening Serum

BI0475130011S

Mulai dari Rp 400.500,00

Tekstur serumGel
Kandungan bahan aktifHumulus lupulus extract, alpha arbutin, saccharomyces/xylinum black tea complexTM
BPOM
Isi30 ml
2

Sensatia BotanicalsUnscented Sensitive Facial C-serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Tekstur serumEmulsi
Kandungan bahan aktifLidah buaya, kakadu plum organik, ekstrak pepaya murni, teh hijau
BPOM
Isi60 ml
1

avoskinMiraculuos Refining Serum

Mulai dari Rp 219.000,00

Tekstur serumKrim
Kandungan bahan aktif10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramide
BPOM
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum lokal terbaik

Gambar produk
1
avoskin Miraculuos Refining Serum 1

avoskin

2
Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-serum 1

Sensatia Botanicals

3
Biokos Martha Tilaar Derma Bright Intensive Brightening Serum 1

Biokos Martha Tilaar

4
Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum 1

Wardah

5
Maharis Beauty Votre Peau Pour Maharis Vit. C Serum 1

Maharis Beauty

6
For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum 1

For Skin's Sake

7
ElsheSkin Radiant Skin Serum 1

ElsheSkin

8
Erha21 Age Corrector Serum 1

Erha21

9
Sariayu Econature Face Serum 1

Sariayu

10
Humphrey Intensive Anti Acne Serum 1

Humphrey

Nama produk

Miraculuos Refining Serum

Unscented Sensitive Facial C-serum

Derma Bright Intensive Brightening Serum

Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Votre Peau Pour Maharis Vit. C Serum

Hyaluronic Acid Serum

Radiant Skin Serum

Age Corrector Serum

Econature Face Serum

Intensive Anti Acne Serum

Keunggulan

Memperbaiki tekstur dan rona kulit

Kulit sensitif Anda akan mendapat perawatan terbaik

Lebih aman dengan kandungan anti-irritant

Sensasi perawatan wajah yang mewah dengan gold-peptide crystal

Kulit mulus tanpa noda bekas jerawat

Atasi kulit kering dengan multi-layer hydration

Pancarkan cahaya alami di wajah Anda

Kulit tampak lebih muda hanya dalam empat minggu

Meregenerasi kulit dengan 90% bahan alami

Selamat tinggal, jerawat!

Harga mulai dariRp 219.000,00Rp 180.000,00Rp 400.500,00Rp 205.000,00Rp 380.000,00Rp 225.000,00Rp 199.000,00Rp 175.000,00Rp 122.000,00Rp 89.900,00
Tekstur serumKrimEmulsiGelCair, sedikit oilyGelGelCairGelKentalGel
Kandungan bahan aktif10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramideLidah buaya, kakadu plum organik, ekstrak pepaya murni, teh hijauHumulus lupulus extract, alpha arbutin, saccharomyces/xylinum black tea complexTMGold-peptide crystals, youth-glow activeSalicylic acid, traxenamide acid, hyaluronic acid, ethyl ascorbic acid 10%Hyaluronic acid, green tea, MSM, vitamin EWhitening agentL-Mucin (snail extract), bio sodium hyaluronate, D-Panthenol, beta white, soybean phytoplacenta extractOrganic pomegranate extract, marine collagen, ganggang hijauEctoin
BPOM
Isi30 ml60 ml30 ml30 ml30 ml30 ml20 ml20 ml30 ml15 ml
Tautan produk

Urutan penggunaan skincare saat Anda menggunakan serum

Urutan penggunaan skincare saat Anda menggunakan serum

Menemukan produk yang tepat saja tidaklah cukup. Anda juga sebaiknya mengetahui urutan penggunaan skincare yang benar untuk mendapat hasil yang maksimal. 


Pada dasarnya, urutan skincare routine pada pagi hari berbeda dengan malam hari. Saat pagi, mulailah dengan membersihkan wajah Anda. Setelah itu, aplikasikan toner untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Lanjutkan dengan mengaplikasikan serum. Pijat lembut wajah Anda untuk memaksimalkan penyerapan serum. Anda sebaiknya menunggu sekitar 10-15 menit agar serum terserap. Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan pelembap. Jika pelembap Anda tidak mengandung tabir surya, lanjutkan dengan mengaplikasikan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari sinar UV.


Untuk urutan skincare pada malam hari, sebaiknya Anda mulai dengan makeup remover. Sisa makeup harus dibersihkan dengan benar agar pori-pori Anda tidak tersumbat. Berikutnya, bersihkan kembali wajah dengan cleanser. Ritual double cleansing ini harus dilakukan agar wajah benar-benar bersih dari sisa makeup, apalagi jika Anda menggunakan makeup waterproof. Setelah wajah bersih, segarkan dengan toner. Berikutnya, aplikasikan serum wajah dan tunggu hingga meresap. Setelah itu, oleskan eye cream untuk menjaga kesegaran kulit di sekitar mata, serta mencegah mata panda. Terakhir, Anda dapat menggunakan night cream.

Baca juga artikel tentang serum lainnya di sini

Salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih serum adalah jenis kulit. Jika serum yang Anda pilih tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, hasil yang maksimal pun tak akan bisa tercapai. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai serum yang sesuai untuk masing-masing jenis kulit, bukalah tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Serum lokal makin populer karena lebih mudah didapatkan. Harganya pun relatif lebih terjangkau. Untuk memperoleh manfaat maksimal, pilihlah serum yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang Anda alami. Selain itu, perhatikan juga bahan kandungan dan keamanan serum agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 


Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan serum lokal yang paling tepat. Selamat tampil cantik dengan produk-produk asli dalam negeri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit berminyak rentan terhadap beragam masalah kulit. Untuk itu diperlukan serum untuk merawatnya. Ada banyak brand skincare, seperti Everwhite, TRUEVE, Avoskin, dan Nivea yang menyediakan serum wajah untuk kulit berminyak. Kira-kira, serum mana yang cocok untuk Anda?Anda tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips dan rekomendasi serum untuk kulit berminyak yang bagus. Beragam produk dengan kandungan serum yang cocok untuk kulit berminyak akan kami hadirkan. Simak juga informasi perawatan kulit berminyak dari dr. Andina Bulan Sari. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori