• 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.


Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Diani Nur Fatimaisha
  • Pembaharuan terakhir: 02 September 2022
Daftar isi

Karakteristik cleansing oil

Karakteristik cleansing oil

Cleansing oil ditujukan untuk Anda yang ingin membersihkan makeup dengan cepat tanpa menggosok kulit wajah secara berlebihan. Sesuai dengan namanya, komposisi utama dari produk ini adalah minyak. Karakteristik lain dari cleansing oil adalah sensasi pemakaian yang berbeda-beda tergantung pada jenis minyak yang digunakan.


Namun, terdapat beberapa cleansing oil dengan kemampuan membersihkan yang terlalu tinggi sehingga rawan membuat kulit menjadi kering. Teksturnya yang licin juga membuatnya lebih mudah menetes dari tangan Anda.

Cara memilih cleansing oil

Di sini kami akan memperkenalkan empat poin yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih cleansing oil. Simak baik-baik, yuk!

Pilih jenis minyak sesuai dengan manfaatnya

Walaupun sama-sama cleansing oil, sensasi pemakaian akan terasa berbeda tergantung pada kandungan minyak utamanya. Jadi, pilihlah cleansing oil dengan kandungan minyak yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Hydrocarbon oil: Ideal untuk kulit berminyak, efektif membersihkan heavy makeup

Hydrocarbon oil: Ideal untuk kulit berminyak, efektif membersihkan heavy makeup

Produk berbahan utama hydrocarbon oil ideal dipilih jika kulit Anda berminyak. Cleansing oil jenis ini berdaya pembersih tinggi dan memberikan kesegaran setelah penggunaan. Di antara jenis hydrocarbon oil, bahan mineral oil cocok digunakan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Sementara itu, untuk heavy makeup, gunakan produk dengan hydrogenated polydecene.


Kulit Anda mungkin akan terasa kering jika menggunakan cleansing oil  jenis ini dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakannya hanya dalam waktu singkat.

Ester oil: Tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Ester oil: Tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Cleansing oil dengan kandungan minyak ester memiliki daya pembersih yang relatif tinggi. Cleansing oil jenis ini biasanya ditujukan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Selain itu, teksturnya juga tidak terlalu kental sehingga terasa lebih ringan.


Minyak ester memiliki sifat sulit teroksidasi sehingga tidak mudah mengundang bakteri yang menimbulkan jerawat. Minyak ini juga cocok digunakan pada berbagai jenis kulit. Salah satu kandungan yang termasuk dalam ester oil adalah isopropyl palmitate.

Fat-based oil: Melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based oil: Melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based cleansing oil direkomendasikan apabila Anda menginginkan pembersih yang lembut di kulit dan memiliki sensasi melembapkan. Jenis minyak ini berasal dari makhluk hidup, seperti minyak kuda, olive oil, dan sunflower seed oil. Di samping itu, komposisi bahannya paling dekat dengan minyak yang diproduksi kulit manusia.


Hanya saja, fat-based oil tergolong jenis minyak premium. Cleansing oil dengan bahan dominan fat-based oil biasanya memiliki harga yang mahal. Selain itu, karena cepat teroksidasi, sebaiknya produk jenis ini digunakan dengan segera.

Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

Kulit sensitif memiliki barrier yang tipis sehingga lebih rentan terhadap rangsangan eksternal. Karena itu, cleansing oil yang biasanya tidak menimbulkan reaksi pun bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk menghindari hal semacam itu, kami rekomendasikan untuk memilih oil cleanser yang lembut di kulit.


Anda juga bisa mencari produk cleansing oil yang sudah melewati uji keamanan seperti uji alergi dan patch test. Meskipun tidak menjamin sepenuhnya, keterangan ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa cleansing oil tersebut aman dipakai pada kulit sensitif.

Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

Cleansing oil yang bisa digunakan dalam keadaan tangan basah akan tetap bekerja dengan baik meskipun tercampur air. Produk seperti ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kebiasaan membersihkan wajah sembari mandi.


Di antara berbagai jenis cleansing oil, ada juga produk-produk yang kualitas fungsinya menurun saat tercampur air. Jadi, pastikan di label produk tertulis "bisa digunakan dengan tangan basah" atau keterangan serupa lainnya.


Perlu diingat juga bahwa daya pengemulsi cleansing oil akan menurun saat terkena air. Jadi, kami tetap menyarankan untuk menggunakan cleansing oil dengan tangan kering saat Anda sedang memakai makeup tebal.

Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

Saat memilih cleansing oil, carilah produk yang sesuai dengan lifestyle Anda. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi fungsi double cleansing atau yang bisa dipakai pada eyelash extensionCleansing oil dengan fungsi double cleansing memungkinkan Anda untuk tidak mencuci wajah lagi setelah proses pembersihan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan biaya!

10 Rekomendasi cleansing oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 10 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Muji Mild Cleansing Oil menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Kao Indonesia Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 1

Kao Indonesia

2
Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil 1

Somethinc

3
Luxcrime Advance Natural Cleansing Oil 1

Luxcrime

4
Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil 1

Rohto

5
KOSÉ Corporation Softymo Speedy Cleansing Oil 1

KOSÉ Corporation

6
Asia Skinlab SKINOIA  Calendula Light Cleansing Oil 1

Asia Skinlab

7
DHC Deep Cleansing Oil 1

DHC

8
Skin1004  Madagascar Centella Light Cleansing Oil 1

Skin1004

9
Make Over Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil 1

Make Over

10
L'Oreal Indonesia Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil 1

L'Oreal Indonesia

Nama produk

Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Advance Natural Cleansing Oil

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Softymo Speedy Cleansing Oil

SKINOIA Calendula Light Cleansing Oil

Deep Cleansing Oil

Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

Keunggulan

Juara dalam membersihkan makeup waterproof!

Dilengkapi teknologi Micelle untuk mengikat kotoran secara maksimal

Diformulasikan dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulit sensitif

Pembersih untuk kulit kering tanpa membuat dompet kering

Mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat

Bersahabat dengan wajah berminyak dan berjerawat

Bersihkan wajah dan kuas makeup dengan satu produk? Bisa!

Menghapus eye makeup lebih mudah karena formulanya yang tidak perih di mata

Menyingkirkan kotoran 4x lebih bersih sehingga wajah bebas komedo

Kaya akan fat-based oil, minimalkan risiko iritasi kulit

Harga mulai dariRp 102.300,00Rp 69.000,00Rp 159.000,00Rp 66.000,00Rp 135.000,00Rp 165.000,00Rp 99.000,00Rp 266.789,00Rp 129.000,00Rp 78.000,00
Isi150 ml40 ml, 100 ml150 ml100 ml60 ml, 230 ml100 ml30 ml, 70 ml, 200 ml30 ml, 200 ml190 ml50 ml, 150 ml, 450 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit sensitifKulit keringKulit kombinasiKulit berminyak dan berjerawatSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berjerawat dan komedoSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaMineral oil, isododecane, isopropyl palmitateSqualane, olive oil unsaponifiables, sunflower oilArgan oil, rosehip oil, sunflower oilVirgin coconut oilShea butter, olive oil, jojoba oil, sesame oil, safflower oilApricot kernel oil, sweet almond oil, soybean oil, blackcurrant seed oilOlive oil, rosemary leaf oilSunflower seed oil, olive fruit oil, bergamot fruit oil, jojoba seed oilMacadamia oil, Superlight Pure OilsCorn germ oil, ethylhexyl palmitate, tri (cabric acid / capric acid) glyceryl
Karakteristik lainParaben-free, sulfate freeAlcohol-free, vegan formulated, non-comedogenicFragrance-free, alcohol-free, mineral oil-free, paraben-free, sulfate-freeFragrance-free, colorant-free, mineral oil-free, alcohol-freeParaben-free, colorant-free, alcohol-free, sulfate-free, fragrance-freeParaben-free, alcohol-free, fragrance-free, sulfate-free, non-comedogenicAlcohol-free, fragrance-free, colorant-free, paraben-free, mineral oil-free, petroleum-based surfactant-freeParaben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-freeNon-acnegenic, non-comedogenic, alcohol-freeParaben-free, alcohol-free, sulfate-free
Fungsi double cleansingxTidak disebutkanxx
Digunakan dengan tangan basahxTidak disebutkanTidak disebutkanxxxx
Tautan produk
10

L'Oreal IndonesiaShu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

Mulai dari Rp 78.000,00

Isi50 ml, 150 ml, 450 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaCorn germ oil, ethylhexyl palmitate, tri (cabric acid / capric acid) glyceryl
Karakteristik lainParaben-free, alcohol-free, sulfate-free
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basah
9

Make OverPowerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Mulai dari Rp 129.000,00

Isi190 ml
Rekomendasi kondisi kulitKulit berjerawat dan komedo
Kandungan minyak utamaMacadamia oil, Superlight Pure Oils
Karakteristik lainNon-acnegenic, non-comedogenic, alcohol-free
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basahx
8

Skin1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Mulai dari Rp 266.789,00

Isi30 ml, 200 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaSunflower seed oil, olive fruit oil, bergamot fruit oil, jojoba seed oil
Karakteristik lainParaben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basahx
7
Isi30 ml, 70 ml, 200 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaOlive oil, rosemary leaf oil
Karakteristik lainAlcohol-free, fragrance-free, colorant-free, paraben-free, mineral oil-free, petroleum-based surfactant-free
Fungsi double cleansingx
Digunakan dengan tangan basahx
6

Asia SkinlabSKINOIA Calendula Light Cleansing Oil

Mulai dari Rp 165.000,00

Isi100 ml
Rekomendasi kondisi kulitKulit berminyak dan berjerawat
Kandungan minyak utamaApricot kernel oil, sweet almond oil, soybean oil, blackcurrant seed oil
Karakteristik lainParaben-free, alcohol-free, fragrance-free, sulfate-free, non-comedogenic
Fungsi double cleansingx
Digunakan dengan tangan basahx
5

KOSÉ CorporationSoftymo Speedy Cleansing Oil

Mulai dari Rp 135.000,00

Isi60 ml, 230 ml
Rekomendasi kondisi kulitKulit kombinasi
Kandungan minyak utamaShea butter, olive oil, jojoba oil, sesame oil, safflower oil
Karakteristik lainParaben-free, colorant-free, alcohol-free, sulfate-free, fragrance-free
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basah
4

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Mulai dari Rp 66.000,00

Isi100 ml
Rekomendasi kondisi kulitKulit kering
Kandungan minyak utamaVirgin coconut oil
Karakteristik lainFragrance-free, colorant-free, mineral oil-free, alcohol-free
Fungsi double cleansingTidak disebutkan
Digunakan dengan tangan basahTidak disebutkan
3

LuxcrimeAdvance Natural Cleansing Oil

LXC-000044

Mulai dari Rp 159.000,00

Isi150 ml
Rekomendasi kondisi kulitKulit sensitif
Kandungan minyak utamaArgan oil, rosehip oil, sunflower oil
Karakteristik lainFragrance-free, alcohol-free, mineral oil-free, paraben-free, sulfate-free
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basahTidak disebutkan
2

SomethincAlpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Mulai dari Rp 69.000,00

Isi40 ml, 100 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaSqualane, olive oil unsaponifiables, sunflower oil
Karakteristik lainAlcohol-free, vegan formulated, non-comedogenic
Fungsi double cleansing
Digunakan dengan tangan basahx
1

Kao IndonesiaBioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Mulai dari Rp 102.300,00

Isi150 ml
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Kandungan minyak utamaMineral oil, isododecane, isopropyl palmitate
Karakteristik lainParaben-free, sulfate free
Fungsi double cleansingx
Digunakan dengan tangan basah

Cara menggunakan cleansing oil yang benar

Tujuan penggunaan cleansing oil tentu saja untuk membersihkan kulit. Namun, penggunaan yang asal-asalan tentu akan membuatnya kurang efektif sehingga hasilnya kurang optimal. Bahkan, residunya dapat tertinggal dan mengakibatkan masalah kulit yang baru. Karena itu, simak tips berikut ini.

Aplikasikan dengan urutan yang tepat

Aplikasikan dengan urutan yang tepat

Saat membersihkan makeup, mulailah dari area riasan inti (point makeup) yang menonjol seperti bagian sekitar mata dan bibir. Membersihkan seluruh riasan secara langsung akan membuat kotoran tercampur aduk sehingga tidak bisa luntur dengan sempurna.


Lalu, hindari membersihkan kulit secara paksa dengan menggosoknya berkali-kali karena akan membebani kulit. Jadi, kami sarankan untuk mengawali proses pembersihan dari bagian inti makeup, kemudian lanjutkan ke area riasan dasar.

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas

Untuk membersihkan cleansing oil secara tuntas dari wajah, emulsikan cleansing oil sebelum dibilas dengan air. Emulsifikasi dilakukan dengan mencampurkan cleansing oil dengan sedikit air sehingga teksturnya menjadi putih seperti susu.


Setelah membersihkan makeup dari wajah menggunakan cleansing oil, tangkupkan sedikit air hangat di tangan. Campurkan air hangat tersebut dengan sisa oil yang ada di tangan Anda. Percampuran antara air hangat dan cleansing oil akan terlihat putih seperti susu. Hal inilah yang disebut dengan emulsifikasi.


Selanjutnya, gosokkan hasil emulsifikasi pada wajah dan campurkan dengan cleansing oil yang ada di wajah. Setelah cleansing oil di wajah ikut teremulsi, bilas seluruh wajah dengan air hangat.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Selain cleansing oil, masih ada banyak jenis pembersih wajah lain yang menarik untuk dicoba. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh, mari simak rekomendasi mybest melalui tautan berikut!

Kesimpulan

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang dapat digunakan oleh hampir seluruh jenis kulit. Tidak hanya ramah di kulit, produk ini juga dipercaya ampuh untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran secara maksimal. Anda dapat menggunakannya sebagai tahap pertama dalam rutinitas skincare.


Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan cleansing oil, pastikan Anda telah membaca komposisinya dengan baik, ya. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk menemukan produk yang sesuai. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing water adalah produk pembersih wajah yang sangat mudah digunakan karena pengaplikasiannya cukup menggunakan kapas. Produk ini sangat cocok bagi wanita karier yang kerap sibuk beraktivitas. Namun, banyaknya merek yang dijual di pasaran pastinya membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk cleansing water terbaik. Anda dapat menemukan produk brand ternama, seperti Maybelline, Garnier, Nivea, dan sebagainya. Kami pun akan menjelaskan tips pemakaiannya agar kulit Anda terhindar dari kerusakan. Tidak perlu menunggu lama, mari disimak lebih lanjut! 
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori