mybest
Cleansing oil

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Pembersih makeup
  4. 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Cleansing oil biasanya digunakan sebagai tahap awal double cleansing untuk membersihkan sebum, kotoran, dan makeup. Produk ini dipercaya mampu membersihkan sekaligus melembutkan kulit tanpa membuat iritasi. Di pasaran, ada beberapa merek yang bagus dan populer, seperti SOMETHINC, Biore, Softymo, dan lainnya. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih?


Pada artikel ini, kami akan membagikan cara memilih cleansing oil yang telah kami susun bersama dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani. Setelahnya, ada pula rekomendasi produk yang cocok untuk berbagai jenis kulit, bahkan kulit sensitif atau berjerawat sekalipun. Agar menemukan yang cocok, simaklah informasinya hingga akhir!

Diperbaharui 23/01/2024
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa perbedaan cleansing oil dengan micellar water?

Pakar
Pakar

Perbedaan cleansing oil dan micellar water terletak pada bahan utamanya. Berhubung komposisi utamanya oil, cleansing oil lebih efektif untuk melarutkan makeup dibandingkan micellar water.

Apa perbedaan cleansing oil dengan micellar water?

Salah satu perbedaan cleansing oil dan micellar water terletak pada bahan utamanya. 


  • Bahan utama cleansing oil adalah minyak. 
  • Sementara itu, micellar water terbuat dari air dengan kandungan oil dan surfaktan berbentuk micelle (bulatan-bulatan kecil). 

Berhubung komposisi utamanya oil, cleansing oil lebih efektif untuk melarutkan makeup dibandingkan micellar water. Hal ini karena cleansing oil merupakan cairan lipofilik sehingga lebih mudah larut dengan lemak dan minyak. Tak hanya itu, cleansing oil juga efektif untuk mendilusi sunscreen


Meskipun kulit telah dibersihkan oleh cleansing oil, kotoran dan residu cleansing oil akan tetap berada di permukaan kulit. Jadi, setelah penggunaan cleansing oil, Anda tetap perlu membilas cleansing oil dengan air dan mencuci wajah menggunakan facial wash.


Oleh karena itu, cleansing oil hanya dapat berperan sebagai first cleanser dan tidak bisa digunakan tanpa prosesdouble cleansing. Selain itu, membiarkan cleansing oil di wajah juga berisiko menyebabkan komedo karena sumbatan minyak di permukaan kulit. 

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Cleansing oil merupakan pembersih yang efektif untuk membersihkan wajah dan mengangkat makeup. Gunakanlah cleansing oil yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa cleansing oil tidak dapat digunakan untuk mengangkat komedo.

Cara memilih Cleansing Oil

Pemilihan cleansing oil perlu dilakukan dengan cermat agar sesuai dengan kondisi kulit Anda. Di bawah ini kami akan membagikan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk. Perhatikan baik-baik, ya!

1

Jika tujuan Anda untuk membersihkan makeup waterproof, utamakan cleansing oil yang dilengkapi surfaktan sebagai cleansing agent

Pakar
Pakar

Saat membersihkan makeup waterproof dengan oil biasa, terdapat risiko iritasi karena penggosokkan secara berlebihan. Untuk melarutkannya, diperlukan bantuan surfaktan.

Jika tujuan Anda untuk membersihkan makeup waterproof, utamakan cleansing oil yang dilengkapi surfaktan sebagai cleansing agent

Kebanyakan kandungan oil pada dasarnya bisa digunakan untuk melarutkan kotoran dan makeup. Namun, makeup waterproof biasanya memiliki formulasi yang sedikit berbeda. Ada bahan-bahan yang membuat makeup waterproof lebih menempel di kulit sehingga cenderung sulit dilarutkan oleh minyak dan air. 


Tak ada jenis oil yang lebih unggul dibandingkan oil lainnya. Akan tetapi, Anda perlu membedakan penggunaan cleansing oil untuk mata dan bibir dengan area wajah lainnya. Hal ini disebabkan daya waterproof makeup mata cenderung kuat sehingga formulanya sulit dibersihkan. Di sisi lain, kulit area mata lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya. Nah, untuk melarutkan makeup waterproof, khususnya di area mata, diperlukan bantuan surfaktan. Berikut ini beberapa contoh surfaktan dari yang kandungannya palinggentle:


Turunan coconut oil:
  • Sodium cocoyl isethionate / natrium
  • Disodium cocoyl glutamate
  • Potassium cocoyl glycinate
  • Sodium methyl cocoyl taurate

Turunan castor oil:

  • PEG-40 hydrogenated castor oil


Turunan SLS

  • Sodium lauryl sulfate (SLS)
  • Sodium laureth sulfate (SLES)

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak bahan surfaktan lain. Misalnya, sorbeth-30, tetraisostearate, dextrin palmitate, PEG-6 caprylic/capric triglycerides, disodium cocoamphodiacetate​, dan decyl glucoside​. Bagi Anda yang kesulitan mengetahui fungsi suatu kandungan pada cleansing oil, periksalah situs SkinCarisma atau INCI+Decoder.


Berikut ini contoh produk dengan komposisi cleansing oil yang mengandung surfaktan dan memiliki klaim bisa menghapus waterproof makeup:


  1. Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraisostearate, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Olea Europaea Fruit Oil, Water, Dextrin Palmitate, BHT, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Produk pembersih umumnya memiliki tambahan bahan SLS untuk mengangkat makeup waterproof di area mata. Usahakan tidak menggosok area mata berulang kali karena bisa memicu iritasi. Jika makeup Anda tebal, pilihlah cleansing oil yang lebih kental dari coconut oil, jojoba oil, atau olive oil. Dengan begitu, efek membersihkan makeup dan kotoran yang ada di wajah lebih optimal. 

Sebagai informasi, waterproof makeup tidak direkomendasikan untuk penggunaan daily karena cenderung menutup pori-pori. Akibatnya, minyak dan keringat tidak dapat tersekresi dengan baik dari pori-pori. Selain itu, kulit Anda juga mau tidak mau harus terkena cleanser berbahan surfaktan kuat setiap hari.
2

Untuk membersihkan kotoran dan polutan secara maksimal, gunakan cleansing oil sebagai first cleanser dan diikuti facial wash

Pakar
Pakar

Pembersihan wajah dengan air saja tidaklah cukup. Anda perlu oil untuk mengikat partikel kotoran yang telah bercampur dengan minyak tersebut.

Untuk membersihkan kotoran dan polutan secara maksimal, gunakan cleansing oil sebagai first cleanser dan diikuti facial wash

Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkan penggunaan cleansing oil sebagaifirst cleanser. Partikel polutan sering kali bercampur dengan minyak saat Anda berkegiatan di outdoor. Anda perlu oil untuk mengikat partikel kotoran yang telah bercampur dengan minyak tersebut. Selanjutnya, Anda bisa mencuci wajah dengan facial wash


Kebanyakan produk cleansing oil sudah cukup efektif untuk mengangkat kotoran. Jadi, Anda sebenarnya tidak perlu lagi mencari cleansing oil dengan klaim 'deep cleansing' atau 'membersihkan sampai ke pori-pori'. Namun, terapkanlah hal tersebut saat memilih produk facial wash. Pilihlah facial wash dengan klaim 'deep cleansing' atau 'membersihkan pori-pori' sebagai second cleanser.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Hindari memilih cleansing oil yang diklaim bisa masuk hingga ke dalam pori-pori. Oil tidak diharapkan masuk sampai ke pori-pori karena berisiko mengakibatkan penumpukan minyak yang berujung pada terjadinya komedo. Cleansing oil memang idealnya hanya bekerja di permukaan kulit.
3

Terutama untuk kulit berjerawat, prioritaskan cleansing oil yang terbuat dari plant oils sebab non-comedogenic

Pakar
Pakar

Plants oil merupakan minyak yang berasal dari tanaman. Umumnya, plant oils bersifat non-comedogenic dan tidak mengiritasi. 

Terutama untuk kulit berjerawat, prioritaskan cleansing oil yang terbuat dari plant oils sebab non-comedogenic
Minyak telah dikenal luas sebagai bahan yang bersifat comedogenic, yaitu menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya komedo. Selain itu, bahan ini juga mampu memicu timbulnya jerawat. Untuk mencegah timbulnya komedo dan jerawat, pilihlah cleansing oil yang terbuat dariplant oils

Supaya Anda tidak bingung, berikut ini contoh komposisi produk cleansing oil yang formulasinya terdiri dari plant oils:


  1. Ethylhexyl Stearate, Cetyl Ethylhexanoate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Centella Asiatica Extract (10,000ppm), Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Limonene, Linalool. 

Selain itu, berikut ini beberapa kandungan utama yang perlu Anda hindari karena sifatnya comedogenic dan rentan memicu iritasi:

  • Mineral oil:

Sifatnya yang comedogenic berpotensi menyumbat pori-pori serta memicu timbulnya komedo dan jerawat. Selain itu, penggunaan mineral oil untuk kulit sensitif juga bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi dan iritasi. Misalnya, kulit yang kemerahan, gatal, bahkan membengkak. 


  • Ester oil

Selain comedogenic, minyak ini pun berpotensi merusak skin barrier sehingga kulit dapat mengalami kerusakan dan kekeringan. Biasanya, ester oil di daftar komposisi dituliskan dengan akhiran '-ate'. Misalnya, seperti decyl oleate, glyceril stearate, isoamyl laurate, dan lainnya. 

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Tak hanya jenis minyak, cara penggunaan yang keliru juga bisa memicu masalah kulit lain. Misalnya, penggunaan cleansing oil yang dibiarkan terlalu lama atau tidak segera dicuci dengan facial wash. Tanpa mencuci wajah dengan facial wash, residu cleansing oil akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.
4

Khususnya untuk kulit sensitif, pilih cleansing oil yang tidak mengandung pewangi agar tidak terasa perih saat digunakan

Pakar
Pakar

Cleansing oil karena minyak tidak menimbulkan reaksi lebih dalam. Namun, pewangi yang terkandung dalam cleansing oil bisa meningkatkan sensitivitas kulit.

Khususnya untuk kulit sensitif, pilih cleansing oil yang tidak mengandung pewangi agar tidak terasa perih saat digunakan

Kulit umumnya akan terasa perih saat ujung saraf di kulit terangsang. Hal ini disebabkan adanya saraf dan reseptor yang membuat kulit terasa perih. Sensasi perih ini sangat umum terjadi, khususnya di area wajah. Sensasi perih biasanya timbul ketika lingkungan, kesehatan, atau rutinitas skincare Anda berubah. 


Namun, kecil kemungkinan wajah akan terasa perih saat menggunakan cleansing oil karena minyak tidak menimbulkan reaksi lebih dalam. Meskipun begitu, kebanyakan minyak memiliki aroma tidak sedap sehingga produsen menambahkan cukup banyak pewangi. Hal ini dilakukan untuk menutupi aroma tidak sedap dari oil atau memberikan aroma relaxing. 

Wajah yang terasa perih saat bersentuhan dengan cleansing oil umumnya dipengaruhi oleh sensitivitas kulit. Jika kulit Anda sensitif atau perih saat memakai cleansing oil, hindari cleansing oil yang mengandung pewangi. Anda bisa memilih label atau deskripsi produk dengan klaim 'fragrance free'.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Jika kulit tidak terasa perih tetapi ada sensasi panas sehabis menggunakan cleansing oil, kemungkinan Anda menggosok kulit wajah terlalu keras. 
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Cleansing Oil Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Cleansing Oil terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 23 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis kulit
Kandungan cleansing agent
Kandungan plant oil
Kandungan ester oil
Kandungan mineral oil
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnya
Pilihan ukuran
No. BPOM
1

KAO

Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

KAO  Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 1

Rp102.300

Agak Murah

Tetap efektif membersihkan meski tangan dalam keadaan basah

Semua jenis kulit

Decyl glucoside, polysorbate 85, isostearic acid

Tidak ada

Isopropyl palmitate, polysorbate, glyceryl oleate

Ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

150 ml

NA22211200016

2

SOMETHINC

Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

SOMETHINC  Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil 1

Rp98.000

Agak Murah

Cleansing oil untuk kulit sensitif, diklaim hypoallergenic dan non-comedogenic

Semua jenis kulit

Sorbeth-30 tetraoleate

Sunflower oil, olive oil, bergamot oil

Ethylhexyl stearate, cetyl ethylhexanoate

Tidak ada

Memperbaiki skin barrier, membantu proses regenerasi kulit

40 ml, 100 ml

NA18211202419

3

Rohto

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil 1

Rp75.000

Lebih Murah

Pembersih untuk kulit kering, formulanya mampu menghidrasi kulit

Normal, kering

Sorbeth-30 tetraisostearate, dextrin palmitate

Olive oil, jojoba oil

Ethylhexyl palmitate

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 ml

NA18211203159

4

Kose Cosmeport

Softymo Speedy Cleansing Oil

Kose Cosmeport  Softymo Speedy Cleansing Oil 1

Rp135.000

Menengah

Mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Olive oil, sesame seed oil, safflower seed oil, sunflower seed oil, corn germ oil

Cetyl ethylhexanoate

Ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Melembapkan kulit

60 ml, 200 ml, 230 ml

NA22181204343

5

SKIN1004

Madagascar Centella Light Cleansing Oil

SKIN1004  Madagascar Centella Light Cleansing Oil 1

Rp234.000

Agak Mahal

Formulanya tidak pedih di mata, menghapus eye makeup jadi lebih mudah

Semua jenis kulit

Sorbeth-30 tetraoleate

Sunflower seed oil, bergamot oil, olive oil, jojoba oil, rose oil

Ethylhexyl stearate, cetyl ethylhexanoate

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

30 ml, 200 ml

NA26211200852

6

SKINOIA

Calendula Light Cleansing Oil

SKINOIA  Calendula Light Cleansing Oil  1

Rp165.000

Menengah

Bersahabat dengan wajah berminyak dan berjerawat

Berminyak dan berjerawat

Orbignya oleifera seed oil glycereth-8-esters, sunflower seed oil glycereth-8 esters

Apricot oil, sweet almond oil, soybean oil, sunflower seed oil, cananga oil

Tidak diketahui

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mengurangi komedo, mengeksfoliasi kulit, mengurangi jerawat dan bruntusan

100 ml

NA18191233875

7

Make Over

Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Make Over  Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil 1

Rp135.000

Menengah

Menyingkirkan kotoran 4x lebih bersih, wajah pun bebas komedo

Semua jenis kulit, khususnya yang rentan berjerawat

Tidak diketahui

Macadamia seed oil, glycine soja oil, avocado oil, jojoba oil

Ethylhexyl palmitate, PEG-20 glyceryl triisostearate

Tidak ada

Mengurangi risiko komedo dan jerawat

190 ml

NA18211205677

8

Teratu Beauty

Chamomile & Olive Deep Cleansing Oil

Teratu Beauty Chamomile & Olive Deep Cleansing Oil 1

Rp105.000

Agak Murah

Mengandung chamomile oil untuk meredakan iritasi dan mempercepat penyembuhan luka

Semua jenis kulit

PEG-20 glyceryl triisostearate

Olive oil

Tidak diketahui

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Melembapkan kulit, menyembuhkan luka, memudarkan bekas luka, memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit

60 ml, 100 ml

NA18211204732

9

Beauty of Joseon

Ginseng Cleansing Oil

Beauty of Joseon  Ginseng Cleansing Oil 1

Rp280.000

Lebih Mahal

Dengan Micellar Cleansing Technology, mampu menyerap kotoran sekaligus melembapkan kulit

Semua jenis kulit

Sorbeth-30 tetraoleate

Soybean oil, ginseng oil, sunflower oil, moringa oil, Bixa orellana oil

Cetyl ethylhexanoate

Tidak ada

Tidak diketahui

Melembapkan wajah

210 ml

NA26221200816

10

ANUA

Heartleaf Pore Control Cleansing Oil

ANUA Heartleaf Pore Control Cleansing Oil 1

Rp229.000

Agak Mahal

Formulanya ringan, membersihkan hingga ke dalam pori-pori

Berminyak, berjerawat

Sorbeth-30 tetraoleate

Olive oil, grape seed oil

Ethylhexyl palmitate, butyl avocadate

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mengangkat dan mengontrol minyak berlebih

20 ml, 200 ml

NA26231200639

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

KAO Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 1
Sumber: kao.com
Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 4
Sumber: shopee.co.id
Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp102.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp102.300
Agak Murah

Tetap efektif membersihkan meski tangan dalam keadaan basah

Biore Makeup Remover Cleansing Oil menjadi salah satu produk face cleanser best seller. Kemasannya menjadi salah satu faktor produk ini banyak dicari. Karena dikemas dalam botol pump, produk cleansing oil ini jadi lebih mudah digunakan dan tetap higienis.


Cleansing oil Biore sanggup membersihkan makeup waterproof secara cepat karena kandungan mineral oil di dalamnya. Menariknya lagi, face cleanser ini tetap bisa digunakan meski tangan dalam keadaan basah sehingga bisa juga dipakai saat mandi. Akan tetapi, karena mengandung fragrance dan alkohol, pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentDecyl glucoside, polysorbate 85, isostearic acid
Kandungan plant oilTidak ada
Kandungan ester oilIsopropyl palmitate, polysorbate, glyceryl oleate
Kandungan mineral oilAda
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
HypoallergenicTidak diketahui
Manfaat lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran150 ml
No. BPOMNA22211200016
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SOMETHINC Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Harga referensi
Rp98.000
Agak Murah

Cleansing oil untuk kulit sensitif, diklaim hypoallergenic dan non-comedogenic

Cleansing oil ini menggunakan teknologi Micelle yang mampu mengikat kotoran dan berubah menjadi milky texture saat kontak dengan air. Alhasil, kulit bersih tanpa meninggalkan residu berminyak. Selain itu, produk ini juga mengandung squalane, olive oil unsaponifiables, dan sunflower oil yang akan memberikan kelembapan.


Anda yang memiliki kulit sensitif juga bisa menggunakan cleansing oil ini. Produk ini bahkan diklaim hypoallergenic dan noncomedogenic sehingga tidak akan menimbulkan reaksi negatif di kulit sensitif. Uniknya lagi, produk ini bebas dari bahan hewani sehingga cocok juga bagi para vegan.

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentSorbeth-30 tetraoleate
Kandungan plant oilSunflower oil, olive oil, bergamot oil
Kandungan ester oilEthylhexyl stearate, cetyl ethylhexanoate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaMemperbaiki skin barrier, membantu proses regenerasi kulit
Pilihan ukuran40 ml, 100 ml
No. BPOMNA18211202419
View all
No.3

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Harga referensi
Rp75.000
Lebih Murah

Pembersih untuk kulit kering, formulanya mampu menghidrasi kulit

Bagi pemilik kulit kering, Anda pasti akan menyukai cleansing oil dari Hada Labo. Produk ini mengandung minyak kelapa yang mampu melembapkan kulit. Selain itu, produk ini juga dilengkapi hyaluronic acid untuk mempertahankan keseimbangan air di kulit. Alhasil, wajah Anda tetap lembap dan terhidrasi.


Daya bersihnya tidak perlu diragukan, cleansing oil ini mampu membersihkan wajah dari debu, sunscreen, bahkan waterproof mascara dan eyeliner. Bonusnya adalah produk ini mematok harga yang ramah di kantong. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan cleansing oil berukuran 100 ml!

Jenis kulitNormal, kering
Kandungan cleansing agentSorbeth-30 tetraisostearate, dextrin palmitate
Kandungan plant oilOlive oil, jojoba oil
Kandungan ester oilEthylhexyl palmitate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenicTidak diketahui
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
No. BPOMNA18211203159
View all
No.4

Kose Cosmeport Softymo Speedy Cleansing Oil

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membersihkan wajah, pertimbangkan Softymo Speedy Cleansing Oil. Produk ini mampu meluruhkan makeup, sunscreen, dan kotoran dari wajah Anda secara singkat. Setelahnya, Anda bisa langsung membilas wajah menggunakan air tanpa bantuan sabun pembersih wajah. Sungguh ringkas dan efektif, bukan? Namun, jika Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa melanjutkan ke tahap cuci muka menggunakan sabun wajah. 


Walaupun efektif membersihkan, produk ini ternyata memberi efek pedih saat diaplikasikan di area sekitar mata. Oleh karena itu, pastikan berhati-hati pada saat menggunakannya, ya! Jika terkena mata, segera bilas dengan air.

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentTidak diketahui
Kandungan plant oilOlive oil, sesame seed oil, safflower seed oil, sunflower seed oil, corn germ oil
Kandungan ester oilCetyl ethylhexanoate
Kandungan mineral oilAda
Klaim non-comedogenicTidak diketahui
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaMelembapkan kulit
Pilihan ukuran60 ml, 200 ml, 230 ml
No. BPOMNA22181204343
View all
No.5

SKIN1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Harga referensi
Rp234.000
Agak Mahal

Formulanya tidak pedih di mata, menghapus eye makeup jadi lebih mudah

Rangkaian produk SKIN1004 Madagascar Centella berhasil mencuri perhatian beauty enthusiast. Salah satu produknya yang wajib Anda coba adalah cleansing oil. Sesuai namanya, produk ini mengandalkan Centella asiatica sebagai bahan utama. Bahan ini berperan untuk menenangkan sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.


Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah dibilas. Selain itu, cleansing oil ini juga tidak menimbulkan pedih ketika mengenai mata. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai pembersih eye makeup tanpa khawatir. Mencari cleansing oil yang ringan dan tidak pedih di mata? Produk ini layak untuk Anda pertimbangkan.

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentSorbeth-30 tetraoleate
Kandungan plant oilSunflower seed oil, bergamot oil, olive oil, jojoba oil, rose oil
Kandungan ester oilEthylhexyl stearate, cetyl ethylhexanoate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenicTidak diketahui
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology testedTidak diketahui
HypoallergenicTidak diketahui
Manfaat lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran30 ml, 200 ml
No. BPOMNA26211200852
View all
No.6

SKINOIA Calendula Light Cleansing Oil

Harga referensi
Rp165.000
Menengah

Bersahabat dengan wajah berminyak dan berjerawat

Anda sedang mencari cleansing oil untuk wajah berminyak dan berjerawat? SKINOIA Calendula Light Cleansing Oil jawabannya. Produk ini mengandung calendula extract yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antibakteri. Manfaat tersebut tentunya baik bagi kulit yang sedang bermasalah, seperti jerawat dan eksem.


Diformulasikan dengan minyak calendula dan tujuh minyak tanaman lainnya, produk ini diklaim non-comedogenic. Selain itu, teksturnya pun ringan dan mudah dibilas. Jadi, pemilik wajah berminyak sekalipun dapat menggunakan produk ini tanpa khawatir pori-pori tersumbat.

Jenis kulitBerminyak dan berjerawat
Kandungan cleansing agentOrbignya oleifera seed oil glycereth-8-esters, sunflower seed oil glycereth-8 esters
Kandungan plant oilApricot oil, sweet almond oil, soybean oil, sunflower seed oil, cananga oil
Kandungan ester oilTidak diketahui
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology testedTidak diketahui
HypoallergenicTidak diketahui
Manfaat lainnyaMengurangi komedo, mengeksfoliasi kulit, mengurangi jerawat dan bruntusan
Pilihan ukuran100 ml
No. BPOMNA18191233875
View all
No.7

Make Over Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Menyingkirkan kotoran 4x lebih bersih, wajah pun bebas komedo

Jika di wajah Anda terdapat jerawat dan komedo, pertimbangkan cleansing oil dengan klaim non-comedogenic dan non-acnegenic. Klaim tersebut bisa Anda dapatkan dari Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil. Produk ini mengandung salicylic acid yang mampu mengangkat kotoran 4x lebih bersih secara mendalam.


Selain itu, produk ini diformulasikan dengan macadamia oil dan 88% Superlight Pure Oils. Kombinasi tersebut ampuh untuk meluruhkan debu dan makeup dari wajah tanpa menghilangkan sebum alami kulit. Dengan begitu, kelembapan wajah Anda tetap terjaga.

Jenis kulitSemua jenis kulit, khususnya yang rentan berjerawat
Kandungan cleansing agentTidak diketahui
Kandungan plant oilMacadamia seed oil, glycine soja oil, avocado oil, jojoba oil
Kandungan ester oilEthylhexyl palmitate, PEG-20 glyceryl triisostearate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaMengurangi risiko komedo dan jerawat
Pilihan ukuran190 ml
No. BPOMNA18211205677
View all
No.8

Teratu BeautyChamomile & Olive Deep Cleansing Oil

Harga referensi
Rp105.000
Agak Murah

Mengandung chamomile oil untuk meredakan iritasi dan mempercepat penyembuhan luka

Untuk Anda yang memiliki jerawat meradang, kulit beruntusan atau gatal, iritasi, dan kemerahan, tidak perlu ragu menggunakan produk ini. Cleansing oil dari Teratu Beauty ini mengandung chamomile oil yang bermanfaat meredakan iritasi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan, manfaat lainnya juga dapat memudarkan bekas luka. Selain kulit bersih dari sisa-sisa makeup, kulit Anda pun akan lebih lembut, lembap, dan juga elastis.

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentPEG-20 glyceryl triisostearate
Kandungan plant oilOlive oil
Kandungan ester oilTidak diketahui
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenicTidak diketahui
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaMelembapkan kulit, menyembuhkan luka, memudarkan bekas luka, memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit
Pilihan ukuran60 ml, 100 ml
No. BPOMNA18211204732
View all
No.9

Beauty of Joseon Ginseng Cleansing Oil

Harga referensi
Rp280.000
Lebih Mahal

Dengan Micellar Cleansing Technology, mampu menyerap kotoran sekaligus melembapkan kulit

Tak hanya membersihkan sisa-sisa makeup, cleansing oil ini juga mampu memberikan kelembapan pada dalam kulit. Diformulasikan dengan Micellar Cleansing Technology, produk ini akan menarik dan menyerap kotoran, lalu melembapkan kulit secara langsung.

 

Hero ingredients-nya adalah soybean oil yang membersihkan kulit hingga ke pori-pori dan ginseng oil yang aromanya nyaman serta lembut. Gunakan saat malam hari sehingga kulit senantiasa lembap dan sehat sepanjang malam.
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan cleansing agentSorbeth-30 tetraoleate
Kandungan plant oilSoybean oil, ginseng oil, sunflower oil, moringa oil, Bixa orellana oil
Kandungan ester oilCetyl ethylhexanoate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenicTidak diketahui
Klaim untuk makeup waterproof
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology tested
Hypoallergenic
Manfaat lainnyaMelembapkan wajah
Pilihan ukuran210 ml
No. BPOMNA26221200816
View all
No.10

ANUAHeartleaf Pore Control Cleansing Oil

Harga referensi
Rp229.000
Agak Mahal

Formulanya ringan, membersihkan hingga ke dalam pori-pori

Sisa-sisa makeup dan sunscreen yang tertinggal di pori-pori bisa memicu munculnya jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mencari cleansing oil yang formulanya lembut dan bisa membersihkan kotoran dan sebum hingga ke pori-pori.


Karena formulasinya ringan dengan ekstrak heartleaf, produk ini bisa membersihkan minyak, makeup, sekaligus blackheads. Selain itu, produk ini juga tidak meninggalkan residu yang bisa memicu komedo atau menutup pori-pori. Beberapa kandungan alaminya, seperti grape seed oil dan turmeric root extract, juga mampu menjaga skin barrier Anda tetap sehat.

Jenis kulitBerminyak, berjerawat
Kandungan cleansing agentSorbeth-30 tetraoleate
Kandungan plant oilOlive oil, grape seed oil
Kandungan ester oilEthylhexyl palmitate, butyl avocadate
Kandungan mineral oilTidak ada
Klaim non-comedogenic
Klaim untuk makeup waterproofTidak diketahui
Pewangi
Aman untuk kulit sensitif
Dermatology testedTidak diketahui
HypoallergenicTidak diketahui
Manfaat lainnyaMengangkat dan mengontrol minyak berlebih
Pilihan ukuran20 ml, 200 ml
No. BPOMNA26231200639
View all

5 Rekomendasi Cleansing Oil terbaik

No. 1: KAO Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

No. 2: SOMETHINC Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

No. 3: RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

No. 4: Kose Cosmeport Softymo Speedy Cleansing Oil

No. 5: SKIN1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Pembersih makeup
  4. 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.