1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Pembersih makeup
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.


Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!

Diperbaharui 09-02-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Diani Nur Fatimaisha

Diani Nur Fatimaisha adalah mahasiswa akhir Universitas Padjajaran dari program studi Manajemen Produksi Media. Semasa kuliah, perempuan yang akrab disapa Diani ini senang mengeksplorasi dunia menulis melalui magang, freelance, dan menjadi kontributor penulis. Berbekal dari pengalaman tersebut, Diani pun melanjutkan kariernya di mybest Indonesia. Ketertarikannya pada skincare membuat Diani menekuni artikel dengan topik perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Diani Nur Fatimaisha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Karakteristik cleansing oil

Karakteristik cleansing oil

Cleansing oil ditujukan untuk Anda yang ingin membersihkan makeup dengan cepat tanpa menggosok kulit wajah secara berlebihan. Sesuai dengan namanya, komposisi utama dari produk ini adalah minyak. Karakteristik lain dari cleansing oil adalah sensasi pemakaian yang berbeda-beda tergantung pada jenis minyak yang digunakan.


Namun, terdapat beberapa cleansing oil dengan kemampuan membersihkan yang terlalu tinggi sehingga rawan membuat kulit menjadi kering. Teksturnya yang licin juga membuatnya lebih mudah menetes dari tangan Anda.

Cara memilih cleansing oil

Di sini kami akan memperkenalkan empat poin yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih cleansing oil. Simak baik-baik, yuk!

① Pilih jenis minyak sesuai dengan manfaatnya

Walaupun sama-sama cleansing oil, sensasi pemakaian akan terasa berbeda tergantung pada kandungan minyak utamanya. Jadi, pilihlah cleansing oil dengan kandungan minyak yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Hydrocarbon oil: Ideal untuk kulit berminyak, efektif membersihkan heavy makeup

Hydrocarbon oil: Ideal untuk kulit berminyak, efektif membersihkan heavy makeup

Produk berbahan utama hydrocarbon oil ideal dipilih jika kulit Anda berminyak. Cleansing oil jenis ini berdaya pembersih tinggi dan memberikan kesegaran setelah penggunaan. Di antara jenis hydrocarbon oil, bahan mineral oil cocok digunakan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Sementara itu, untuk heavy makeup, gunakan produk dengan hydrogenated polydecene.


Kulit Anda mungkin akan terasa kering jika menggunakan cleansing oil  jenis ini dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakannya hanya dalam waktu singkat.

Ester oil: Tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Ester oil: Tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Cleansing oil dengan kandungan minyak ester memiliki daya pembersih yang relatif tinggi. Cleansing oil jenis ini biasanya ditujukan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Selain itu, teksturnya juga tidak terlalu kental sehingga terasa lebih ringan.


Minyak ester memiliki sifat sulit teroksidasi sehingga tidak mudah mengundang bakteri yang menimbulkan jerawat. Minyak ini juga cocok digunakan pada berbagai jenis kulit. Salah satu kandungan yang termasuk dalam ester oil adalah isopropyl palmitate.

Fat-based oil: Melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based oil: Melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based cleansing oil direkomendasikan apabila Anda menginginkan pembersih yang lembut di kulit dan memiliki sensasi melembapkan. Jenis minyak ini berasal dari makhluk hidup, seperti minyak kuda, olive oil, dan sunflower seed oil. Di samping itu, komposisi bahannya paling dekat dengan minyak yang diproduksi kulit manusia.


Hanya saja, fat-based oil tergolong jenis minyak premium. Cleansing oil dengan bahan dominan fat-based oil biasanya memiliki harga yang mahal. Selain itu, karena cepat teroksidasi, sebaiknya produk jenis ini digunakan dengan segera.

② Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

Kulit sensitif memiliki barrier yang tipis sehingga lebih rentan terhadap rangsangan eksternal. Karena itu, cleansing oil yang biasanya tidak menimbulkan reaksi pun bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk menghindari hal semacam itu, kami rekomendasikan untuk memilih oil cleanser yang lembut di kulit.


Anda juga bisa mencari produk cleansing oil yang sudah melewati uji keamanan seperti uji alergi dan patch test. Meskipun tidak menjamin sepenuhnya, keterangan ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa cleansing oil tersebut aman dipakai pada kulit sensitif.

③ Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

Cleansing oil yang bisa digunakan dalam keadaan tangan basah akan tetap bekerja dengan baik meskipun tercampur air. Produk seperti ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kebiasaan membersihkan wajah sembari mandi.


Di antara berbagai jenis cleansing oil, ada juga produk-produk yang kualitas fungsinya menurun saat tercampur air. Jadi, pastikan di label produk tertulis "bisa digunakan dengan tangan basah" atau keterangan serupa lainnya.


Perlu diingat juga bahwa daya pengemulsi cleansing oil akan menurun saat terkena air. Jadi, kami tetap menyarankan untuk menggunakan cleansing oil dengan tangan kering saat Anda sedang memakai makeup tebal.

④ Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

Saat memilih cleansing oil, carilah produk yang sesuai dengan lifestyle Anda. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi fungsi double cleansing atau yang bisa dipakai pada eyelash extensionCleansing oil dengan fungsi double cleansing memungkinkan Anda untuk tidak mencuci wajah lagi setelah proses pembersihan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan biaya!

10 Rekomendasi cleansing oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kao Indonesia

Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Kao Indonesia Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 1枚目

Juara dalam membersihkan makeup waterproof!

2

Somethinc

Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil 1枚目

Dilengkapi teknologi Micelle untuk mengikat kotoran secara maksimal

3

Luxcrime

Advance Natural Cleansing Oil

Luxcrime Advance Natural Cleansing Oil 1枚目

Diformulasikan dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulit sensitif

4

Rohto

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil 1枚目

Pembersih untuk kulit kering tanpa membuat dompet kering

5

KOSÉ Corporation

Softymo Speedy Cleansing Oil

KOSÉ Corporation Softymo Speedy Cleansing Oil 1枚目

Mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat

6

Asia Skinlab

SKINOIA Calendula Light Cleansing Oil

Asia Skinlab SKINOIA  Calendula Light Cleansing Oil 1枚目

Bersahabat dengan wajah berminyak dan berjerawat

7

DHC

Deep Cleansing Oil

DHC Deep Cleansing Oil 1枚目

Bersihkan wajah dan kuas makeup dengan satu produk? Bisa!

8

Skin1004

Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Skin1004  Madagascar Centella Light Cleansing Oil 1枚目

Menghapus eye makeup lebih mudah karena formulanya yang tidak perih di mata

9

Make Over

Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Make Over Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil 1枚目

Menyingkirkan kotoran 4x lebih bersih sehingga wajah bebas komedo

10

L'Oreal Indonesia

Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

L'Oreal Indonesia Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil 1枚目

Kaya akan fat-based oil, minimalkan risiko iritasi kulit

Perincian produk
Close
No.1

Kao IndonesiaBioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Mulai dari Rp102.300,00

Juara dalam membersihkan makeup waterproof!

Kelebihan:

  • Ampuh dalam membersihkan makeup waterproof
  • Dilengkapi kandungan yang dapat melembapkan kulit

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol dan parfum sehingga tetap ada risiko iritasi
  • Tidak menyediakan kemasan travel size untuk Anda yang baru ingin mencoba

Beberapa kondisi mengharuskan Anda untuk menggunakan makeup waterproof agar riasan tidak mudah luntur. Namun, hal itu pula yang membuat Anda harus telaten membersihkannya. Jika produk pembersih tidak membersihkan riasan secara tuntas, permasalahan kulit akan mudah timbul.


Untuk itu, kami merekomendasikan Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil. Produk ini mampu meluruhkan makeup waterproof dari wajah tanpa meninggalkan residu. Cleansing oil ini juga diperkaya vitamin E agar kelembapan kulit tetap terjaga.

No.2

SomethincAlpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil

Mulai dari Rp69.000,00

Dilengkapi teknologi Micelle untuk mengikat kotoran secara maksimal

Kelebihan:

  • Diklaim non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori
  • Kemampuan emulsinya bagus
  • Daya pembersihnya cukup tinggi

Kekurangan:

  • Terdapat hint aroma citrus sehingga kurang direkomendasikan bagi Anda yang tidak menyukai wewangian ini


Cleansing oil ini menggunakan teknologi Micelle yang mampu mengikat kotoran dan berubah menjadi milky texture saat kontak dengan air. Alhasil, kulit bersih tanpa meninggalkan residu berminyak. Selain itu, produk ini juga mengandung squalane, olive oil unsaponifiables, dan sunflower oil yang akan memberikan kelembapan. Uniknya, produk ini bebas dari bahan hewani sehingga cocok bagi vegan.

No.3

LuxcrimeAdvance Natural Cleansing OilLXC-000044

Mulai dari Rp159.000,00

Diformulasikan dengan bahan-bahan yang cocok untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Mengandung bahan-bahan yang ramah untuk kulit sensitif
  • Formulanya tidak perih di mata
  • Membantu melembutkan dan mengenyalkan kulit

Kekurangan:

  • Kemampuan emulsinya kurang baik
  • Tidak menyediakan kemasan travel size untuk Anda yang baru ingin mencoba

Memilih cleansing oil untuk kulit sensitif memang cukup tricky. Jika salah menggunakan produk, wajah Anda bisa mengalami breakout, bahkan iritasi. Karena itu, pastikan kandungan yang ditawarkan cocok bagi kulit sensitif, seperti Advance Natural Cleansing Oil.


Produk ini memadukan argan oil, rosehip oil, dan sunflower oil sebagai bahan utamanya. Kombinasi tersebut mampu menghilangkan kotoran dan makeup di wajah sensitif. Keuntungan lainnya, produk ini dapat membantu mengenyalkan dan melembutkan kulit Anda.

No.4

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Mulai dari Rp66.000,00

Pembersih untuk kulit kering tanpa membuat dompet kering

Kelebihan:

  • Formulanya mampu melembapkan dan menghidrasi kulit
  • Harganya relatif terjangkau

Kekurangan:

  • Mengandung paraben sehingga tetap ada risiko iritasi
  • Tidak menyediakan kemasan travel size untuk Anda yang baru ingin mencoba

Bagi pemilik kulit kering, Anda pasti akan menyukai cleansing oil dari Hada Labo. Produk ini mengandung minyak kelapa yang mampu melembapkan kulit. Selain itu, produk ini juga dilengkapi hyaluronic acid untuk mempertahankan keseimbangan air di kulit. Alhasil, wajah Anda tetap terhidrasi.


Daya bersihnya pun tidak perlu diragukan, produk ini ampuh dalam membersihkan wajah dari debu, sunscreen, dan makeup. Bonusnya, produk ini mematok harga yang ramah di kantong. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan cleansing oil berukuran 100 ml!

No.5

KOSÉ CorporationSoftymo Speedy Cleansing Oil

Mulai dari Rp135.000,00

Mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat

Kelebihan:

  • Dapat membersihkan wajah dari makeup berat sekalipun dengan singkat
  • Kandungan minyak utamanya berasal dari bahan organik
  • Diklaim aman bagi pengguna ekstensi bulu mata

Kekurangan:

  • Terasa perih di mata
  • Harganya relatif mahal, kurang direkomendasikan bagi Anda yang ingin berhemat

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membersihkan wajah, pertimbangkan Softymo Speedy Cleansing Oil. Produk ini mampu meluruhkan makeup, sunscreen, dan kotoran dari wajah Anda secara singkat. 


Walaupun efektif membersihkan, ternyata produk ini aman bagi pengguna ekstensi bulu mata, lho! Setelahnya, Anda bisa langsung membilas wajah menggunakan air tanpa bantuan sabun pembersih wajah. Sungguh ringkas dan efektif, bukan?

No.6

Asia SkinlabSKINOIA Calendula Light Cleansing Oil

Mulai dari Rp165.000,00

Bersahabat dengan wajah berminyak dan berjerawat

Kelebihan:

  • Formulanya bersifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga membantu menenangkan kulit berjerawat
  • Diklaim non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori
  • Formulanya tidak perih di mata

Kekurangan:

  • Tidak menyediakan kemasan travel size untuk Anda yang baru ingin mencoba

Mencari cleansing oil untuk wajah berminyak dan berjerawat? SKINOIA Calendula Light Cleansing Oil jawabannya. Produk ini mengandung calendula extract yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antibakteri. Manfaat tersebut tentunya baik bagi kulit yang sedang bermasalah, seperti jerawat dan eksem.


Diformulasikan dengan minyak calendula dan tujuh minyak tanaman lainnya, produk ini diklaim non-comedogenic. Selain itu, teksturnya pun ringan dan mudah dibilas. Jadi, pemilik wajah berminyak sekali pun dapat menggunakan produk ini tanpa khawatir pori-pori tersumbat.

No.7

Bersihkan wajah dan kuas makeup dengan satu produk? Bisa!

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk membersihkan kuas makeup
  • Komposisinya minimalis sehingga relatif lebih aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Kandungan minyaknya berpotensi menyumbat pori-pori
  • Harganya relatif mahal, kurang direkomendasikan bagi Anda yang ingin berhemat

Membersihkan wajah setelah seharian menggunakan makeup merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kuas makeup agar tidak menjadi sarang kuman. Namun, bagi sebagian orang, membeli pembersih kuas tersendiri cukup merepotkan. Agar lebih ringkas, gunakan Deep Cleansing Oil.


Produk ini tidak hanya ampuh dalam menuntaskan kotoran dan makeup dari wajah, lho. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk membersihkan kuas makeup. Saat dipakai, tekstur oily akan sangat kentara karena teksturnya mendekati olive oil. Namun, setelah dibilas bersih, wajah Anda justru bebas dari minyak.

No.8

Skin1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Mulai dari Rp266.789,00

Menghapus eye makeup lebih mudah karena formulanya yang tidak perih di mata

Kelebihan:

  • Kandungan Centella asiatica mampu menenangkan dan menghidrasi kulit
  • Teksturnya ringan dan mudah dibilas
  • Formulanya tidak perih di mata

Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal, kurang direkomendasikan bagi Anda yang ingin berhemat

Rangkaian produk Skin1004 Madagascar Centella telah berhasil mencuri perhatian beauty enthusiast. Salah satu produknya yang wajib Anda coba adalah cleansing oil. Sesuai namanya, produk ini mengandalkan Centella asiatica sebagai bahan utama. Bahan ini berperan dalam menenangkan sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.


Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah dibilas. Selain itu, produk ini juga tidak menimbulkan perih ketika mengenai mata. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai pembersih eye makeup tanpa khawatir. Mencari cleansing oil yang ringan dan tidak perih di mata? Liriklah produk ini!

No.9

Make OverPowerskin Ultra Deep Cleansing Oil

Mulai dari Rp129.000,00

Menyingkirkan kotoran 4x lebih bersih sehingga wajah bebas komedo

Kelebihan:

  • Diklaim non-comedogenic dan non-acnegenic, bagus untuk kulit berjerawat dan komedo
  • Kandungan salicylic acid-nya mampu mengangkat kotoran 4x lebih bersih
  • Tidak akan membuat kulit kering setelah pemakaian

Kekurangan:

  • Terasa perih di mata
  • Mengandung pewangi sehingga tetap ada risiko iritasi
  • Tidak menyediakan kemasan travel size untuk Anda yang baru ingin mencoba

Jika di wajah Anda terdapat jerawat dan komedo, pertimbangkan cleansing oil dengan klaim non-comedogenic dan non-acnegenic. Klaim tersebut bisa Anda dapatkan dari Powerskin Ultra Deep Cleansing Oil. Produk ini mengandung salicylic acid yang mampu mengangkat kotoran 4x lebih bersih secara mendalam.


Selain itu, produk ini diformulasikan dengan macadamia oil dan 88% Superlight Pure Oils. Kombinasi bahan tersebut ampuh dalam meluruhkan debu dan makeup dari wajah tanpa menghilangkan sebum alami kulit. Dengan begitu, kelembapan wajah Anda tetap terjaga.

No.10

L'Oreal IndonesiaShu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

Mulai dari Rp78.000,00

Kaya akan fat-based oil, minimalkan risiko iritasi kulit

Kelebihan:

  • Tidak membuat kulit lengket atau kesat setelah pemakaian
  • Teksturnya lembut dan mudah dibaurkan
  • Daya bersihnya tinggi

Kekurangan:

  • Mengandung pewangi sehingga tetap ada risiko iritasi

Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil dari Shu Uemura ini bisa Anda gunakan sebagai pembersih wajah pada pagi hari. Setelah menggunakan cleansing oil ini, kulit wajah akan terasa lembap tanpa menimbulkan rasa lengket ataupun kesat. 


Selain itu, Anda tentu akan menyukai tekstur minyaknya yang lembut dan mudah dibaurkan Kelebihan khusus dari produk ini adalah kandungan utama fat-based oil yang diharapkan bisa melembutkan dan mengurangi risiko iritasi kulit.

Cara menggunakan cleansing oil yang benar

Tujuan penggunaan cleansing oil tentu saja untuk membersihkan kulit. Namun, penggunaan yang asal-asalan tentu akan membuatnya kurang efektif sehingga hasilnya kurang optimal. Bahkan, residunya dapat tertinggal dan mengakibatkan masalah kulit yang baru. Karena itu, simak tips berikut ini.

Aplikasikan dengan urutan yang tepat

Aplikasikan dengan urutan yang tepat

Saat membersihkan makeup, mulailah dari area riasan inti (point makeup) yang menonjol seperti bagian sekitar mata dan bibir. Membersihkan seluruh riasan secara langsung akan membuat kotoran tercampur aduk sehingga tidak bisa luntur dengan sempurna.


Lalu, hindari membersihkan kulit secara paksa dengan menggosoknya berkali-kali karena akan membebani kulit. Jadi, kami sarankan untuk mengawali proses pembersihan dari bagian inti makeup, kemudian lanjutkan ke area riasan dasar.

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas

Untuk membersihkan cleansing oil secara tuntas dari wajah, emulsikan cleansing oil sebelum dibilas dengan air. Emulsifikasi dilakukan dengan mencampurkan cleansing oil dengan sedikit air sehingga teksturnya menjadi putih seperti susu.


Setelah membersihkan makeup dari wajah menggunakan cleansing oil, tangkupkan sedikit air hangat di tangan. Campurkan air hangat tersebut dengan sisa oil yang ada di tangan Anda. Percampuran antara air hangat dan cleansing oil akan terlihat putih seperti susu. Hal inilah yang disebut dengan emulsifikasi.


Selanjutnya, gosokkan hasil emulsifikasi pada wajah dan campurkan dengan cleansing oil yang ada di wajah. Setelah cleansing oil di wajah ikut teremulsi, bilas seluruh wajah dengan air hangat.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Selain cleansing oil, masih ada banyak jenis pembersih wajah lain yang menarik untuk dicoba. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh, mari simak rekomendasi mybest melalui tautan berikut!

Kesimpulan

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang dapat digunakan oleh hampir seluruh jenis kulit. Tidak hanya ramah di kulit, produk ini juga dipercaya ampuh untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran secara maksimal. Anda dapat menggunakannya sebagai tahap pertama dalam rutinitas skincare.


Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan cleansing oil, pastikan Anda telah membaca komposisinya dengan baik, ya. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk menemukan produk yang sesuai. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer