• Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merk Bioré, DHC, Hada Labo, dan lainnya. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil, sampai yang non-comedogenic.


Kali ini, mybest original review akan membahas tuntas cleansing oil yang sedang populer. Seluruh kegiatan review dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan mempertimbangkan dua hal berikut.

1. Kemampuan membersihkan makeup

2. Kandungan bahan


Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cleansing oil terbaik untuk berbagai jenis kulit. Mari temukan produk terbaik bagi Anda dengan kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adinda Sekarwangi
Gadis Permatasari
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Bekerja sama dengan ahli sains kecantikan

Bekerja sama dengan ahli sains kecantikan

Kali ini, tim mybest bekerja sama dengan ahli kecantikan bernama Kaori untuk melakukan review dan verifikasi. Kaori memiliki blog yang membahas sains kecantikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Ia berharap pembacanya akan teredukasi dan bisa mengaplikasikan sedikit pengetahuan sains untuk mendapatkan produk kecantikan yang paling cocok. Selain itu, Kaori juga banyak berperan dalam development kosmetik, kegiatan public relations, serta kerja sama dengan sejumlah perusahaan.

Karakteristik cleansing oil

Karakteristik cleansing oil

Cleansing oil ditujukan untuk Anda yang ingin membersihkan makeup dengan cepat tanpa menggosok kulit wajah secara berlebihan. Sesuai namanya, komposisi utama dari produk ini adalah minyak. Karakteristik lain dari cleansing oil adalah sensasi pemakaian yang berbeda-beda tergantung pada jenis minyak yang digunakan. Harga cleansing oil pun tidak terlalu mahal sehingga cukup mudah untuk Anda dapatkan.


Namun, terdapat beberapa cleansing oil dengan kemampuan membersihkan yang terlalu tinggi sehingga rawan membuat kulit kering. Teksturnya yang licin juga membuatnya lebih mudah menetes dari tangan Anda.


Setelah ini, kami akan menjelaskan berbagai macam cleansing oil yang bisa Anda jadikan referensi saat memilih. Mari cocokkan cleansing oil dengan jenis kulit serta kebutuhan Anda.

Cara memilih cleansing oil

Di sini, kami akan memperkenalkan empat poin yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih cleansing oil. 

① Pilih jenis minyak dengan mempertimbangkan sensasi pemakaian dan ketebalan makeup

Walaupun sama-sama cleansing oil, sensasi pemakaian akan terasa berbeda tergantung pada kandungan minyak utamanya. Jadi, pilihlah cleansing oil dengan mencocokkan selera pemakaian dan jenis kulit Anda.

Hydrocarbon oil, untuk Anda dengan kulit berminyak atau membersihkan makeup tebal

Hydrocarbon oil, untuk Anda dengan kulit berminyak atau membersihkan makeup tebal

Kami merekomendasikan produk berbahan utama hydrocarbon oil jika kulit Anda berminyak dan menginginkan sensasi segar setelah membersihkan wajah. Cleansing oil jenis ini memiliki kekuatan membersihkan yang tinggi.


Di antara jenis hydrocarbon oil, bahan mineral oil cocok digunakan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Sementara itu, untuk riasan yang lebih tebal, Anda bisa menggunakan produk dengan hydrogenated polydecene.


Kulit Anda mungkin akan terasa kering jika menggunakan cleansing oil berjenis hydrocarbon oil dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakan produk ini hanya dalam waktu singkat.


Contoh hydrocarbon oil:

  • Mineral oil
  • Isohexadecane
  • Hydrogenated polyisobutene
  • Squalane

Ester oil, tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Ester oil, tidak begitu berminyak dan terasa menyegarkan

Cleansing oil dengan kandungan minyak ester memiliki kekuatan membersihkan yang relatif tinggi. Cleansing oil jenis ini biasanya ditujukan untuk membersihkan makeup sedang sampai tebal. Selain itu, teksturnya juga tidak terlalu kental sehingga terasa menyegarkan.


Ester oil terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tekstur dan daya pembersihannya. Jenis minyak ester juga memiliki sifat sulit teroksidasi sehingga tidak mudah mengundang bakteri yang menimbulkan jerawat.


Cleansing oil berbahan minyak ester cocok digunakan pada berbagai jenis kulit. Anda tentunya bisa menemukan produk yang paling cocok dengan jenis kulit Anda!


Berikut ini beberapa kandungan yang termasuk dalam ester oil.

  • Cetyl ethylhexaneate
  • Isopropyl palmitate
  • Ethylhexyl palmitate
  • Isopropyl myristate
  • Triethylhexanoin


Ester oil sering dicampur dengan kandungan minyak lain untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Sebagai contoh, minyak ester yang dicampur dengan minyak tumbuhan akan mengeluarkan efek emolien. Selain itu, campuran dengan mineral oil akan menaikkan kemampuannya dalam membersihkan. 

Fat-based oil, melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based oil, melembapkan dan lembut di kulit

Fat-based cleansing oil direkomendasikan apabila Anda menginginkan pembersih yang lembut di kulit dan memiliki sensasi melembapkan. Fat-based oil adalah minyak yang berasal dari makhluk hidup, misalnya minyak kuda dan olive oil. Jenis minyak ini memiliki komposisi bahan yang paling dekat dengan minyak manusia. Efek melembutkan kulit pun bisa Anda harapkan.


Hanya saja, fat-based oil tergolong jenis minyak premium. Cleansing oil dengan bahan dominan fat-based oil biasanya memiliki harga yang mahal. Selain itu, karena cepat teroksidasi, sebaiknya produk jenis ini digunakan dengan segera.


Jenis-jenis fat-based oil:

  • Olive oil
  • Sunflower seed oil
  • Meadowfoam oil
  • Macadamia nut oil
  • Corn germ oil
  • Rice bran oil

  • Avocado oil


Menurut Kaori, fat-based oil memiliki jumlah surfaktan yang lebih sedikit dibandingkan hydrocarbon oil dan ester oil. Secara otomatis, beban pada kulit pun akan berkurang. Hal ini adalah salah satu nilai plus, apalagi jika kulit Anda rentan bermasalah.

② Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

② Perhatikan komposisi bahannya, terutama jika kulit sedang sensitif

Kulit sensitif memiliki barrier yang tipis sehingga lebih rentan terhadap rangsangan eksternal. Karena itu, cleansing oil yang biasanya tidak menimbulkan reaksi pun bisa menyebabkan iritasi jika kulit Anda sedang dalam kondisi sensitif. Untuk menghindari hal semacam itu, kami rekomendasikan untuk memilih oil cleanser yang lembut di kulit.


Anda juga bisa mencari produk cleansing oil yang sudah melewati uji keamanan seperti uji alergi dan patch test. Meskipun tidak menjamin sepenuhnya, keterangan ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa cleansing oil tersebut aman dipakai pada kulit sensitif.

③ Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

③ Carilah produk yang bisa dipakai dalam keadaan tangan basah

Cleansing oil yang bisa digunakan dalam keadaan tangan basah akan tetap bekerja dengan baik meskipun tercampur air. Produk seperti ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kebiasaan membersihkan wajah sembari mandi.


Di antara berbagai jenis cleansing oil, ada juga produk-produk yang kualitas fungsinya menurun saat tercampur air. Jadi, pastikan di label produk tertulis "bisa digunakan dengan tangan basah" atau keterangan serupa lainnya.


Perlu diingat juga bahwa kekuatan pengemulsi cleansing oil sedikit banyak akan menurun saat terkena air. Jadi, kami tetap menyarankan untuk menggunakan cleansing oil dengan tangan kering saat Anda sedang memakai makeup tebal.

④ Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

④ Cocokkan cleansing oil dengan gaya hidup Anda

Saat memilih cleansing oil, carilah produk yang sesuai dengan lifestyle Anda. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi fungsi double cleansing atau yang bisa dipakai pada eyelash extension.


Cleansing oil dengan fungsi double cleansing memungkinkan Anda untuk tidak mencuci wajah lagi setelah proses pembersihan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan biaya!


Selain itu, ada juga produk cleansing oil yang aman dipakai pada eyelash extension. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran terlepasnya extension. Anda yang sedang memakai eyelash extension sebaiknya juga memastikan apakah cleansing oil aman dipakai pada extension atau tidak.

Review cleansing oil terpopuler

Review cleansing oil terpopuler

Kali ini, tim editorial mybest telah mengumpulkan puluhan cleansing oil yang sedang populer di pasaran. Kami me-review produk tersebut satu per satu berdasarkan dua poin verifikasi berikut.

Verifikasi ①:Kemampuan membersihkan

Verifikasi ②:Kandungan bahan


Manakah produk cleansing oil yang terbaik untuk Anda? Mari simak hasil mybest original review berikut dan temukan jawabannya!

Verifikasi ①:Kemampuan membersihkan

Verifikasi ①:Kemampuan membersihkan

Hal pertama yang kami verifikasi adalah kemampuan membersihkan. Kami mengoleskan beberapa produk makeup pada kulit artifisial, lalu membersihkannya dengan cleansing oil. Tim mybest meneteskan cleansing oil pada makeup dan mengusap-usapnya selama 20 detik. Setelah itu, kami mengelap makeup menggunakan kapas basah. Terakhir, kami memberikan skor 1–5 berdasarkan kekuatan membersihkannya.


Untuk mempermudah penilaian, kami sengaja memilih produk-produk makeup yang sulit dibersihkan. Berikut adalah daftar produk-produk makeup yang kami gunakan.

  • Liquid foundation
  • Concealer
  • Waterproof eyeliner
  • Waterproof mascara

[Highlight] Sebagian besar produk mendapatkan skor di atas rata-rata!

[Highlight] Sebagian besar produk mendapatkan skor di atas rata-rata!

Pada verifikasi ini, mayoritas cleansing oil yang kami review mendapatkan nilai di atas rata-rata. Produk-produk yang mendapatkan skor tinggi khususnya mampu mengangkat riasan beberapa detik setelah diusap dengan jari tangan. Riasan tebal yang sukar hilang pun lenyap dengan mulus!


Sebaliknya, produk yang membutuhkan waktu lama untuk membaurkan riasan dengan oil mendapatkan skor yang lebih rendah. Selain itu, kami juga tidak mengamati korelasi antara kandungan utama jenis minyak dengan kemampuan membersihkan makeup.

Verifikasi ②:Kandungan bahan

Verifikasi ②:Kandungan bahan

Selanjutnya kami memverifikasi kandungan bahan. Ahli sains kecantikan, Kaori, memeriksa dengan saksama bahan-bahan yang terkandung dalam cleansing oil dengan memperhatikan poin berikut.

  • Kemampuan membersihkan wajah yang baik tanpa membuat kulit iritasi
  • Ada tidaknya kandungan bahan kecantikan dalam cleansing oil


Perlu diingat bahwa pelabelan bahan tergantung pada tiap produsen. Jadi, di sini kami hanya mengevaluasi bahan yang tercantum pada label.

[Highlight] Produk dengan keseimbangan daya membersihkan dan kandungan perawatan wajah mendapat skor tinggi!

Dalam verifikasi ini, skor tinggi kami berikan kepada produk yang memiliki keseimbangan baik antara daya membersihkan dan kandungan perawatan wajah. Dari sisi daya membersihkan, produk dengan kandungan utama minyak hidrokarbon mendapatkan peringkat atas. Produk yang menggabungkan beberapa jenis minyak, seperti ester oil, fat-based oil, minyak hidrokarbon, dan silikon juga mendapat poin tambahan.


Selain itu, cleansing oil dengan kandungan yang dapat menjaga kondisi kulit seperti fat-based oil juga memperoleh nilai tinggi. Sebaliknya, cleansing oil yang hanya berfungsi sebagai pembersih wajah, tanpa manfaat tambahan, mendapatkan skor lebih rendah.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Shu UemuraPOREfinist Anti-Shine Fresh Cleansing Oil

Mulai dari Rp 465.000,00

Spesialis
mybest

Tabel perbandingan produk cleansing oil terbaik mybest original review

Gambar produk
1
Ryohin Keikaku Muji Mild Cleansing Oil 1

Ryohin Keikaku

2
L'Oreal Indonesia Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil 1

L'Oreal Indonesia

3
Bobbi Brown Professional Soothing Cleansing Oil 1

Bobbi Brown Professional

4
Rohto Laboratories Hada Labo Gokujyun Oil Cleansing 1

Rohto Laboratories

5
KOSÉ Corporation Softymo Speedy Cleansing Oil 1

KOSÉ Corporation

6
L'Oreal Indonesia Kiehl's Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil 1

L'Oreal Indonesia

7
Shiseido Cosmetics Indonesia Senka A.L.L Clear Oil 1

Shiseido Cosmetics Indonesia

8
Cow Brand Soap Kyoshinsha Cow Style Non-Annexed Cleansing Oil 1

Cow Brand Soap Kyoshinsha

9
Kao Indonesia Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 1

Kao Indonesia

10
DHC Deep Cleansing Oil 1

DHC

Nama produk

Muji Mild Cleansing Oil

Shu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

Soothing Cleansing Oil

Hada Labo Gokujyun Oil Cleansing

Softymo Speedy Cleansing Oil

Kiehl's Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil

Senka A.L.L Clear Oil

Cow Style Non-Annexed Cleansing Oil

Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Deep Cleansing Oil

Keunggulan

Rasakan sensasi menyegarkan setelah membersihkan wajah!

Mendapatkan skor penuh untuk kandungan bahan

Cocok digunakan pada semua jenis kulit dan mampu menghapus riasan tebal

Membersihkan makeup tebal dengan cepat dan bersih

Kemampuan membersihkan yang mumpuni!

Botanical cleansing oil beraroma lavender dengan skor kandungan bahan yang tinggi

Cukup memadai untuk membersihkan riasan sehari-hari

Mampu menghapus makeup dengan cukup baik

Produk top of mind di antara cleansing oil yang beredar

Memiliki tekstur minyak yang kental seperti olive oil

Harga mulai dariRp 276.000,00Rp 150.000,00Rp 690.000,00Rp 259.000,00Rp 55.000,00Rp 590.000,00Rp 150.000,00Rp 135.000,00Rp 97.400,00Rp 145.000,00
Pilihan isi200 ml, 400 ml50 ml, 150 ml, 450 ml200 ml200 ml60 ml, 230 ml175 ml150 ml, 230 ml, 180 ml (refill), 130 ml (refill)150 ml150 ml70 ml, 120 ml, 200 ml
Fungsi double cleansingxxxxxx
Kandungan minyak utamaHydrogenated polyisobutene, ethyl oleateCorn germ oil, ethylhexyl palmitate, tri (cabric acid / capric acid) glycerylIsopropyl palmitate, pentaerythrityl tetraethylhexanoateEthylhexyl palmitate, triethylhexanoinMineral oil, cetyl ethylhexanoateEthylhexyl palmitate, corn oil, isopropyl myristateMineral oil, cetyl ethylhexanoateCetyl ethylcaproate, ethylhexyl palmitate, triethylhexanoinMineral oil, isododecane, isopropyl palmitate-
Rekomendasi kondisi kulitKulit kombinasiSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit kombinasiSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umurSemua umurSemua umurSemua umurSemua umurSemua umurSemua umur20-an tahun20-an hingga 50-an tahunSemua umur
Produk unisexx (direkomendasikan untuk wanita)
Kandungan alkoholx--xx--x--
Karakteristik lainColor-free, mineral oil-free--Color-free, mineral oil-freeParaben-free, color-freeNon-comedogenicColor-freeColor-free, preservative-free, quality stabilizer-free, mineral oil-free-Color-free, paraben-free, mineral oil-free, petroleum-based surfactant-free
Digunakan pada eyelash extension------
Pengujian alergi-------
Kandungan wewangianxxxxxxx
Digunakan dengan tangan basahxDirekomendasikan untuk digunakan dengan tangan keringxx
Kemampuan membersihkan4.84.04.24.43.73.53.83.03.03.5
Kandungan bahan4.05.04.03.54.54.53.53.53.01.0
Total penilaian4.64.34.14.13.93.83.73.23.02.8
Tautan produk

10 Rekomendasi cleansing oil terbaik mybest original review

Setelah melakukan review dengan saksama, kami akan merekomendasikan sepuluh cleansing oil terbaik yang bisa Anda peroleh di e-commerce Indonesia. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda!

1

Ryohin KeikakuMuji Mild Cleansing Oil

Mulai dari Rp 276.000,00

Pilihan isi200 ml, 400 ml
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utamaHydrogenated polyisobutene, ethyl oleate
Rekomendasi kondisi kulitKulit kombinasi
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkoholx
Karakteristik lainColor-free, mineral oil-free
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan4.8
Kandungan bahan4.0
Total penilaian4.6
2

L'Oreal IndonesiaShu Uemura Ultime8∞ Sublime Beauty Cleansing Oil

Mulai dari Rp 150.000,00

Pilihan isi50 ml, 150 ml, 450 ml
Fungsi double cleansing
Kandungan minyak utamaCorn germ oil, ethylhexyl palmitate, tri (cabric acid / capric acid) glyceryl
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lain-
Digunakan pada eyelash extension
Pengujian alergi
Kandungan wewangian
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan4.0
Kandungan bahan5.0
Total penilaian4.3
3

Bobbi Brown ProfessionalSoothing Cleansing Oil

Mulai dari Rp 690.000,00

Pilihan isi200 ml
Fungsi double cleansing
Kandungan minyak utamaIsopropyl palmitate, pentaerythrityl tetraethylhexanoate
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lain-
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basahx
Kemampuan membersihkan4.2
Kandungan bahan4.0
Total penilaian4.1
4

Rohto LaboratoriesHada Labo Gokujyun Oil Cleansing

Mulai dari Rp 259.000,00

Pilihan isi200 ml
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utamaEthylhexyl palmitate, triethylhexanoin
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisexx (direkomendasikan untuk wanita)
Kandungan alkoholx
Karakteristik lainColor-free, mineral oil-free
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basahDirekomendasikan untuk digunakan dengan tangan kering
Kemampuan membersihkan4.4
Kandungan bahan3.5
Total penilaian4.1
5

KOSÉ CorporationSoftymo Speedy Cleansing Oil

Mulai dari Rp 55.000,00

Pilihan isi60 ml, 230 ml
Fungsi double cleansing
Kandungan minyak utamaMineral oil, cetyl ethylhexanoate
Rekomendasi kondisi kulitKulit kombinasi
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkoholx
Karakteristik lainParaben-free, color-free
Digunakan pada eyelash extension
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan3.7
Kandungan bahan4.5
Total penilaian3.9
6

L'Oreal IndonesiaKiehl's Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil

Mulai dari Rp 590.000,00

Pilihan isi175 ml
Fungsi double cleansing
Kandungan minyak utamaEthylhexyl palmitate, corn oil, isopropyl myristate
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lainNon-comedogenic
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basahx
Kemampuan membersihkan3.5
Kandungan bahan4.5
Total penilaian3.8
7

Shiseido Cosmetics IndonesiaSenka A.L.L Clear Oil

Mulai dari Rp 150.000,00

Pilihan isi150 ml, 230 ml, 180 ml (refill), 130 ml (refill)
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utamaMineral oil, cetyl ethylhexanoate
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lainColor-free
Digunakan pada eyelash extension
Pengujian alergi
Kandungan wewangian
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan3.8
Kandungan bahan3.5
Total penilaian3.7
8

Cow Brand Soap KyoshinshaCow Style Non-Annexed Cleansing Oil

Mulai dari Rp 135.000,00

Pilihan isi150 ml
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utamaCetyl ethylcaproate, ethylhexyl palmitate, triethylhexanoin
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umur20-an tahun
Produk unisex
Kandungan alkoholx
Karakteristik lainColor-free, preservative-free, quality stabilizer-free, mineral oil-free
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan3.0
Kandungan bahan3.5
Total penilaian3.2
9

Kao IndonesiaBioré Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Mulai dari Rp 97.400,00

Pilihan isi150 ml
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utamaMineral oil, isododecane, isopropyl palmitate
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umur20-an hingga 50-an tahun
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lain-
Digunakan pada eyelash extension-
Pengujian alergi-
Kandungan wewangian
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan3.0
Kandungan bahan3.0
Total penilaian3.0
10
Pilihan isi70 ml, 120 ml, 200 ml
Fungsi double cleansingx
Kandungan minyak utama-
Rekomendasi kondisi kulitSemua jenis kulit
Rekomendasi umurSemua umur
Produk unisex
Kandungan alkohol-
Karakteristik lainColor-free, paraben-free, mineral oil-free, petroleum-based surfactant-free
Digunakan pada eyelash extension
Pengujian alergi-
Kandungan wewangianx
Digunakan dengan tangan basahx
Kemampuan membersihkan3.5
Kandungan bahan1.0
Total penilaian2.8

Cara menggunakan cleansing oil yang benar

Cara menggunakan cleansing oil yang benar

Apakah Anda tetap merasa makeup tidak luntur dengan baik meskipun sudah dibersihkan menggunakan cleansing oil? Mungkin Anda perlu lebih memperhatikan urutan membersihkannya. 


Saat membersihkan makeup, mulailah dari area riasan inti (point makeup) yang menonjol seperti bagian sekitar mata dan bibir. Membersihkan seluruh riasan secara langsung akan membuat kotoran tercampur aduk sehingga tidak bisa luntur dengan sempurna.


Jika Anda membersihkan secara paksa dengan menggosoknya berkali-kali, hal ini akan membuat beban di kulit meningkat. Jadi, kami sarankan untuk mengawali proses pembersihan dari bagian inti makeup, baru dilanjutkan ke area riasan dasar.

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas untuk menghindari sisa residu

Emulsikan cleansing oil sebelum dibilas untuk menghindari sisa residu

Untuk membersihkan cleansing oil secara tuntas dari wajah, mari emulsikan cleansing oil sebelum dibilas dengan air. Emulsifikasi dilakukan dengan mencampurkan cleansing oil dengan sedikit air sehingga teksturnya menjadi putih seperti susu.


Setelah membersihkan makeup dari wajah menggunakan cleansing oil, tangkupkan sedikit air hangat di tangan. Campurkan air hangat tersebut dengan sisa oil yang ada di tangan Anda. Percampuran antara air hangat dan cleansing oil akan terlihat putih seperti susu. Hal inilah yang disebut dengan emulsifikasi.


Setelahnya, gosokkan hasil emulsifikasi pada wajah Anda, kemudian campurkan dengan cleansing oil yang ada di wajah. Setelah cleansing oil di wajah ikut teremulsi, bilas seluruh wajah dengan air hangat.


Cleansing oil lebih sulit dibilas saat dalam bentuk minyak dan cenderung meninggalkan sisa residu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengemulsi cleansing oil sebelum membilasnya dengan air. Cleansing oil akan luruh dengan baik bersama kotoran, wajah Anda pun akan terasa segar!

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Selain cleansing oil, masih ada banyak jenis pembersih wajah lain yang menarik untuk dicoba. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh, mari simak rekomendasi mybest melalui tautan berikut!

Kesimpulan

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang dapat digunakan oleh hampir seluruh jenis kulit. Tidak hanya ramah di kulit, produk ini juga dipercaya ampuh untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran secara maksimal. Anda dapat menggunakannya sebagai tahap pertama dalam rutinitas skincare.


Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan cleansing oil, pastikan Anda telah membaca komposisinya dengan baik, ya. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk menemukan produk yang sesuai. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Dengan metode double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Double cleansing perlu dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit sensitif. Pria dan wanita sama-sama dapat melakukan double cleansing sejak remaja agar kulit tampak glowing. Nah, artikel ini berisi poin-poin yang dapat membantu Anda memilih produk double cleansing yang bagus. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk terbaik, di antaranya double cleansing merk Viva, Wardah, dan Nivea. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Produk ini memungkinkan Anda membersihkan wajah lebih cepat karena diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran. Itulah sebabnya micellar water menjadi makin populer belakangan ini. Garnier, Nivea, Wardah, dan Bioderma adalah sebagian merk yang memproduksi micellar water berkualitas.Banyaknya produk ini di pasaran mungkin membuat Anda jadi bingung memilih. Namun, tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips praktis dalam memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi micellar water terbaik yang bagus dan berkualitas. Simak, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang bagus. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merk terkenal, seperti The Body Shop, Pond's, dan Clinique juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Saat ini dunia skincare diramaikan dengan pembersih wajah yang mampu menutrisi kulit, salah satunya cleansing balm. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Kendati demikian, cleansing balm akan meleleh pada suhu tubuh. Anda pun bisa menemukan cleansing balm merek lokal terbaik dengan mudah.Di artikel ini, kami menyiapkan tips dan memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek cleansing balm lokal seperti Somethinc, Lumier, dan Fanbo ada dalam rekomendasi kami. Selamat menyimak!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Brush Cleanser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Brush Cleanser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kuas makeup merupakan senjata pamungkas para beauty enthusiast untuk menghasilkan riasan sempurna. Namun, jika kuas-kuas tersebut sering digunakan tanpa dibersihkan, tentu akan menjadi sarang bakteri. Karena itu, penting bagi pemilik makeup brush untuk memiliki brush cleanser (pembersih kuas). Di pasaran banyak merek-merek brush cleanser yang ditawarkan, seperti Real Techniques, Aeris Beaute, dan Beautyblender.Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh brush cleanser terbaik. Kami juga akan mengulas cara memilih produk beserta tips membersihkan kuas makeup. Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari brush cleanser, baca artikelnya sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori