• 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gas torch adalah sejenis alat pemantik api yang biasa digunakan saat berkemah, memasak, dan mengelas besi. Dalam situasi outdoor, alat ini sangat berguna ketika Anda memerlukan api. Banyak sekali berbagai merek dan tipe gas torch di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung memilih gas torch yang paling sesuai untuk keperluan Anda. 


Karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gas torch terbaik. Mari simak artikel berikut!

  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2020
  • 3.402 Views
Daftar isi

Apa itu gas torch?

Apa itu gas torch?

Gas torch merupakan pembakar model genggam yang digunakan ketika melakukan kegiatan outdoor, membakar makanan, serta mengelas besi. Sering kali orang kesulitan menyalakan api dengan pemantik api biasa saat berkemah. Hal ini disebabkan karena daya kekuatan api yang kecil dan tidak stabil. Anda bisa dengan mudah menyalakan api dengan menggunakan gas torch saat melakukan kegiatan outdoor. 


Selain itu, kadang kali orang kesulitan menyesuaikan nyala api di panggangan saat melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini menyebabkan acara yang semestinya seru menjadi memusingkan dan menyebalkan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan gas torch yang mudah dipakai layaknya pemantik biasa. Di samping itu, gas torch juga menggunakan bahan bakar berupa tabung gas portabel yang murah dan ringan. Tentunya kualitas kegiatan outdoor Anda akan semakin meningkat berkat bantuan gas torch.


Ada juga gas torch yang bisa menggunakan bahan bakar lain. Hal ini sempurna jika Anda hendak berkemah dan tidak mau repot membawa terlalu banyak barang. Selain untuk kegiatan di luar ruangan, masih banyak lagi kegunaan gas torch dalam rumah tangga. Meskipun Anda tidak berkesempatan menggunakan gas torch untuk mengelas, Anda bisa menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari Anda.

Cara memilih gas torch

Berikutnya, kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak sampai akhir untuk memahami poin penting yang harus Anda perhatikan saat membeli gas torch!

Perhatikan jenis bahan bakar yang digunakan

Secara umum, ada tiga jenis bahan bakar utama gas torch. Ketiganya adalah kaleng gas portabel, tabung gas propana butana, dan gas yang bisa diisi ulang. Dari ketiga jenis ini, yang paling umum di Indonesia adalah jenis kaleng gas portabel dan jenis yang bisa diisi ulang. 


Setiap gas torch memiliki jenis bahan bakar dan kemampuan yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah jenis yang paling sesuai untuk Anda. 

Kaleng gas portabel yang terjangkau dan mudah didapat

Kaleng gas portabel yang terjangkau dan mudah didapat

Kaleng gas portabel merupakan gas kaleng yang sering dipakai untuk kompor portabel. Jika Anda berencana menggunakan gas torch saat berkemah, cukup siapkan satu kaleng saja untuk persiapan. Gas torch dengan bahan bakar kaleng gas portabel mudah diatur dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa menggunakan jenis ini dengan aman dan mudah. 


Namun, saat Anda menyalakan panggangan barbeku berukuran besar, Anda mungkin merasa daya tembak jenis ini terlalu kecil. Selain itu, jenis ini juga kadang sulit digunakan saat suhu udara rendah. Ini dikarenakan kaleng gas portabel dibuat untuk kebutuhan bahan bakar lingkup rumah tangga saja.


Sebelum membeli gas torch, Anda harus memperhitungkan biaya dan kenyamanan penggunaan. Jika Anda menginginkan gas torch yang mudah digunakan, pilihlah jenis ini.  

Tabung gas propana butana yang cocok untuk kegiatan outdoor

Gas torch berbahan bakar jenis ini memiliki api yang kuat serta tahan terhadap suhu rendah. Jenis ini memang dibuat untuk keadaan di luar ruangan. Karena itu, jenis ini ideal untuk penggunaan outdoor, seperti menyalakan panggangan barbeku atau ketika berkemah. Bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah, tabung gas propana butana bisa disambungkan dengan burner lainnya. Karena itu, tabung gas ini tidak akan menambah beban bawaan Anda.


Namun, harganya cenderung lebih mahal daripada tipe kaleng gas portabel. Selain itu, tipe ini hanya tersedia di toko-toko tertentu saja, seperti toko peralatan outdoor. Lagipula, masih jarang dijual di Indonesia. Di lain sisi, daya tembak apinya jauh lebih kuat daripada jenis kaleng gas portabel. Karena itu, jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor. Jika Anda menginginkan gas torch yang cocok dalam berbagai kondisi, pilihlah jenis ini.

Bahan bakar isi ulang yang praktis untuk menyalakan kompor dan dibawa saat mendaki gunung

Jenis ini bisa diisi ulang dengan bahan bakar gas. Ini adalah gas torch yang paling cocok dibawa bepergian karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Jenis ini juga bisa menyalakan api pada burner yang tidak dilengkapi pemantik. Jika Anda memiliih jenis dengan sumbu besi yang panjang, Anda bisa menyalakan kompor dengan mudah dan aman. 


Kekurangan dari jenis ini adalah daya tembak api yang kecil. Ketika menyalakan api, Anda harus menyiapkan barang yang mudah terbakar, seperti koran. Selain itu, jenis ini hanya bisa memuat sejumlah kecil gas bahan bakar dalam satu pengisian. Jika Anda ingin menggunakannya untuk berbagai keperluan, lebih baik pilih kedua jenis lainnya.


Lighter torch untuk memanggang makanan dan kegunaan sehari-hari

Lighter torch adalah benda praktis yang bisa mengubah pemantik api biasa menjadi sebuah gas torch. Selain ringan dan mudah dibawa, lighter torch tidak perlu diisi ulang dengan gas. Hal ini menjadikannya sebagai jenis yang paling praktis dari antara semua jenis gas torch. Anda hanya perlu mengganti pemantik api baru ketika yang lama habis. 


Benda ini memiliki fungsi yang sempurna. Anggaplah pemantik api dengan kekuatan api hingga tiga kali lipat pemantik biasa. Kekuatan yang biasanya hanya mencapai 400°C bisa ditingkatkan hingga 1200°C. Suhu ini sudah cukup untuk memanggang makanan dan kepingan kayu untuk smoke dish


Waktu yang digunakan untuk membakar pun meningkat hingga 1,5 kali lipat. Jika Anda biasa menggunakan pemantik, berhati-hatilah saat menggunakan lighter torch. Harap diingat bahwa walaupun lebih kuat dari pemantik biasa, lighter torch lebih lemah dari pada jenis lainnya. Karena itu, lighter torch tidak dapat dipakai untuk membakar kayu atau arang. Jika Anda mengutamakan daya tembak dan api yang besar, pilihlah jenis tabung gas portabel atau propana butana

Untuk mengelas, pilih gas torch berdaya tinggi yang dilengkapi dengan sekrup

Untuk mengelas, pilih gas torch berdaya tinggi yang dilengkapi dengan sekrup

Ketika mengelas, kami sarankan untuk menggunakan gas torch berdaya tinggi dengan tipe sekrup. Temperatur yang dibutuhkan untuk mengelas adalah sekitar 900°C. Tentu saja, gas torch biasa pun bisa mencapai suhu ini karena suhunya berkisar antara 800°-1500°C. Namun, terkadang besi tidak bisa menempel dengan baik karena suhu yang kurang tinggi.


Karena itu, dibutuhkan gas torch dengan daya tinggi yang bisa mencapai suhu sekitar 2000°C. Jenis sekrup ini juga ideal untuk menyalakan api unggun yang besar serta menyalakan api dengan cepat. 


Jika Anda memang ingin menggunakan gas torch untuk mengelas besi, pilihlah produk yang memang dikhususkan untuk kegiatan tersebut. Bacalah penjelasan produk dengan saksama sehingga Anda bisa mengetahui kemampuan produk untuk kegiatan mengelas. Apabila Anda menggunakan gas torch biasa, ada kemungkinan alat tidak berfungsi dengan baik walau memiliki daya yang tinggi. 

Pilih suhu pembakaran minimum 1200°C dengan waktu pembakaran yang lama

Pilih suhu pembakaran minimum 1200°C dengan waktu pembakaran yang lama

Secara umum, kami menyarankan Anda memilih gas torch dengan suhu pembakaran hingga 1200°C atau lebih. Tentu saja Anda bisa menggunakan suhu pembakaran yang lebih kecil saat menyalakan api. Sebelum membeli, periksalah kemampuan gas torch dalam menghasilkan suhu, agar sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Ingatlah bahwa gas torch bisa dipakai untuk berbagai macam hal, tidak hanya untuk membakar saja. Karena itu, cek juga waktu pembakaran maksimum gas torch Anda. Perhitungkan juga lamanya pembakaran dengan bahan bakar yang Anda pilih. Hal ini penting untuk memeriksa apakah Anda memerlukan bahan bakar cadangan atau tidak. 

Sebisa mungkin, pilih produk dengan kunci pemantik dan kunci pengaman

Sebisa mungkin, pilih produk dengan kunci pemantik dan kunci pengaman

Jika Anda membeli gas torch, kami sarankan Anda memilih gas torch yang dilengkapi pemantik. Gas torch yang tidak memiliki pemantik harus disulut terlebih dulu dengan korek atau pemantik biasa agar bisa menyala. Cara ini memiliki risiko terjadinya luka bakar.


Selain itu, perhatikan juga keberadaan kunci pengamanan pada gas torch Anda. Gas torch yang memiliki pemantik memang mudah digunakan. Tetapi, produk jenis ini juga sangat mudah dinyalakan oleh anak-anak. Karena itu, untuk keselamatan Anda dan keluarga, pilihlah produk yang memiliki kunci pengaman. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

10 Rekomendasi gas torch terbaik

Kami sudah membahas tentang berbagai jenis gas torch dan cara memilihnya. Berikutnya, kami akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Mari simak sampai akhir!

10
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimalTidak dijelaskan
Kunci pengamanTidak ada
9
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C
Kunci pengamanAda
8
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C
Kunci pengamanTidak ada
7
Jenis bahan bakarGas cair
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimalTidak dijelaskan
Kunci pengamanTidak ada
6
Jenis bahan bakarGas cair
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C
Kunci pengamanTidak ada
5
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1350°C
Kunci pengamanAda
4
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C
Kunci pengamanTidak ada
3
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimalTidak dijelaskan
Kunci pengamanTidak ada
2
Jenis bahan bakarKaleng gas portabel
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1500°C
Kunci pengamanTidak ada
1
Jenis bahan bakarGas cair
PemantikSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C
Kunci pengamanAda

Tabel perbandingan produk gas torch terbaik

Gambar produk
1
Firetric Torch Jet 1

Firetric

2
Orange Gas Torch 1

Orange

3
Gas Torch 1

4
Nankai Gas Torch  1

Nankai

5
Kova Gas Torch 1

Kova

6
Pencil Torch Jet Flame Portable 1

7
Mini Portable Torch Flam 1

8
Fire Bird Kitchen Burner 1

9
Master Torch 1

10
Fire Bird Torch 1

Nama produk

Torch Jet

Gas Torch

Gas Torch

Gas Torch

Gas Torch

Pencil Torch Jet Flame Portable

Mini Portable Torch Flam

Fire Bird Kitchen Burner

Master Torch

Fire Bird Torch

KeunggulanVisual cool dan modern, fun...Laras dilapisi keramik agar...Hasilkan api dalam berbagai...Cepat tingkatkan suhu targe...Dilengkapi dengan konektor ...Ramping dan ringan, gas tor...Desain imut dan compact, bi...Laras berbahan stainless st...Efektif menyalakan api, tid...Desain ergodinamis dan lara...
HargaRp 35.000,00Rp 51.200,00Rp 87.500,00Rp 55.000,00Rp 65.000,00Rp 92.000,00Rp 27.000,00Rp 65.000,00Rp 88.200,00Rp 68.900,00
Jenis bahan bakarGas cairKaleng gas portabelKaleng gas portabelKaleng gas portabelKaleng gas portabelGas cairGas cairKaleng gas portabelKaleng gas portabelKaleng gas portabel
PemantikSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersediaSudah tersedia
Suhu maksimal1300°C1500°CTidak dijelaskan1300°C1350°C1300°CTidak dijelaskan1300°C1300°CTidak dijelaskan
Kunci pengamanAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak ada
Tautan produk

Sebisa mungkin, gunakan kaleng gas khusus untuk gas torch Anda

Sebisa mungkin, gunakan kaleng gas khusus untuk gas torch Anda

Sebisa mungkin, kami sarankan Anda menggunakan kaleng gas yang diperuntukkan untuk gas torch. Kaleng gas portabel dan tabung propana butana memiliki standar tabung gas yang sama. Namun, lama pembakaran dan kekuatan api mungkin berbeda-beda tergantung merek.


Jika Anda ingin menggunakan tabung gas lain, itu merupakan tanggung jawab Anda. Namun, selalu ingat untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan Anda sekeluarga. Anda tidak boleh memasangkan gas torch khusus tabung propana butana, dengan kaleng gas portabel. Anda bisa menggunakan adaptor untuk mengganti jenis tabung gas yang digunakan. Namun, hal itu tidak disarankan karena tidak aman dan lebih baik dihindari. 

Baca juga rekomendasi peralatan outdoor lainnya

Kami sudah membahas mengenai jenis-jenis gas torch yang ada dan kelebihannya masing-masing. Kami juga sudah memberikan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda memilih. Maksimalkan kegiatan outdoor Anda dengan berbagai produk lainnya! Klik link di bawah ini untuk mengetahui produk praktis apa saja yang akan membantu aktivitas outdoor Anda. 

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui berbagai jenis gas torch yang tersedia di pasaran. Selain itu, Anda juga sudah mendapatkan berbagai rekomendasi produk terbaik yang ada di EC sites. Apakah ada yang menarik hati Anda?


Selain produk yang disebutkan di atas, masih banyak produk lain yang ada di pasaran. Karena itu, jika belum menemukan produk yang pas maka Anda bisa menggunakan tips di atas sebagai referensi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang ringkas. Banyak produsen sepeda lipat terkenal, seperti Polygon, United Bike, hingga Dahon yang menawarkan beragam model sepeda lipat. Masing-masing produk tentu saja memiliki karakter yang berbeda-beda.Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan membahas cara memilih sepeda lipat yang tepat. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan sepeda lipat yang sesuai kebutuhan Anda. Daripada berdiam diri saja di rumah, marilah bersepeda untuk jiwa dan raga yang lebih sehat!
    Outdoor & sports
    389.813 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    361.559 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merek-merek ternama, seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Outdoor & sports
    158.177 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    126.828 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. Nah, untuk Anda yang masih baru dalam dunia sepeda pasti bingung memilih mana yang tepat. Jadi, kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang tepat untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan!
    Outdoor & sports
    83.423 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang dari berbagai kalangan dan usia. Sama seperti mengendarai sepeda motor, helm adalah benda penting yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda. Khususnya dalam kegiatan bersepeda dengan jarak yang jauh, helm akan melindungi kepala Anda jika terjatuh.Berbagai brand terkenal seperti Endura, Limar, dan Rockbros berlomba membuat helm sepeda yang ringan, modis, dan berharga terjangkau. Kami akan menjelaskan kepada Anda poin penting dalam memilih helm sepeda. Kami pun akan memberikan rekomendasi helm sepeda terbaik yang layak Anda miliki. Yuk, disimak!
    Outdoor & sports
    54.651 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Terbaik untuk Bersepeda (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Terbaik untuk Bersepeda (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar bersepeda, pasti sudah pernah mendengar istilah road bike dan mountain bike. Keduanya membutuhkan jenis sepatu yang berbeda pula, misalnya sepatu jenis SPD dan SPD-SL. Setiap jenis sepatu harus diperhitungkan kecocokannya dengan pedal dan cleat yang digunakan agar performanya maksimal.Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih sepatu untuk bersepeda, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa jenis produk sepatu beserta cara memilihnya. Kami akan memilihkan mulai dari yang modelnya sporty hingga yang santai dan kasual. Baca sampai habis supaya Anda lebih memahami sebelum membeli sepatu untuk bersepeda!
    Outdoor & sports
    20.910 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori