1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2023)

Deodoran dikenal ampuh melawan bau badan. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih deodoran karena beberapa produk bisa meninggalkan noda di baju. Noda kuning tersebut kurang sedap dipandang dan juga bisa merusak pakaian. Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?


Untuk itu, di artikel kali ini kami akan membahas deodoran terbaik yang tidak membuat baju kuning. Kami juga akan membagikan tips untuk memudahkan Anda saat membelinya. Ada juga rekomendasi deodoran yang bagus dan tidak meninggalkan bekas di baju dari merek Nivea, Dove, dan lainnya. Jadi, baca artikelnya sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengapa deodoran dapat meninggalkan noda di baju?

Mengapa deodoran dapat meninggalkan noda di baju?

Apakah Anda pernah menemukan noda kuning di baju, terutama di daerah lipatan ketiak? Noda kuning tersebut biasanya muncul saat keringat yang menempel dan mengering di baju tak segera dicuci. Namun, tahukah Anda bahwa noda kuning tersebut juga dapat muncul karena penggunaan deodoran? Jadi, cobalah perhatikan deodoran yang Anda pakai. 


Bisa jadi deodoran tersebut mengandung aluminium chloride. Senyawa ini dapat bereaksi dengan protein dan mineral pada keringat sehingga meninggalkan noda. Noda akibat keringat dan aluminium chloride berwarna kuning atau putih. Noda kuning akan terlihat jelas pada pakaian berwarna terang seperti putih. Sementara itu, noda berwarna putih terlihat lebih jelas pada pakaian gelap.


Noda-noda tersebut ada yang susah hilang, bahkan setelah dicuci berkali-kali. Supaya pakaian kesayangan Anda tidak rusak, berhati-hatilah saat memilih deodoran. Pastikan deodoran yang Anda pilih tidak meninggalkan noda.

Cara memilih deodoran yang tidak membuat baju kuning

Kini ada banyak jenis deodoran yang tidak bikin baju kuning. Agar Anda dapat menemukan produk terbaik, berikut kami ulas cara mudah memilihnya. Jadikan poin-poin berikut sebagai pedoman Anda, ya!

① Pilih yang tidak mengandung aluminium chloride

Pilih yang tidak mengandung aluminium chloride

Sebelumnya, telah dibahas bahwa senyawa aluminium chloride pada deodoran dapat memicu noda di baju. Namun, senyawa tersebut justru banyak ditemukan pada deodoran dengan antiperspirant. Lantas apakah semua deodoran dengan antiperspirant berisiko memicu noda di baju? Tidak juga!


Saat ini ada banyak deodoran dengan antiperspirant yang mengandung senyawa aluminium yang aman. Anda tetap dapat memilih deodoran dengan senyawa aluminium, seperti aluminium chlorohydrate dan juga aluminium zirconium pentachlorhydrate. Kedua senyawa aluminium tersebut tidak akan meninggalkan noda saat bercampur dengan keringat.

② Hindari yang mengandung pewarna

Hindari yang mengandung pewarna

Beberapa deodoran mengandung pewarna yang membuat tampilannya lebih menarik. Namun, tahukah Anda bahwa pewarna tersebut bisa meninggalkan noda apabila menempel di baju? Apalagi jika bercampur dengan keringat dan tidak segera dicuci, noda akan lebih mudah muncul. Jadi, usahakan untuk tidak memilih deodoran dengan kandungan pewarna untuk mencegah timbulnya noda. 

③ Carilah yang memberi efek tahan lama

Carilah yang memberi efek tahan lama

Perlu diingat bahwa noda bisa muncul akibat keringat yang mengering. Deodoran yang tidak membuat baju kuning biasanya mengandung senyawa pencegah noda. Karena itu, agar pakaian Anda aman dari noda, sebaiknya pilihlah deodoran yang efeknya bertahan lama. Terlebih lagi jika aktivitas Anda banyak menguras keringat.


Deodoran yang memiliki efek tahan lama semacam ini dapat melindungi warna pakaian lebih baik dari deodoran biasa. Untuk perlindungan maksimal, Anda dapat memilih deodoran dengan durasi efek sekitar 12–24 jam. Anda juga dapat memilih deodoran dengan teknologi motion sense yang efeknya makin kuat setiap Anda bergerak.

④ Sesuaikan dengan kondisi kulit ketiak

Selain tidak meninggalkan noda kuning, penting juga untuk memilih deodoran sesuai kondisi kulit ketiak. Dengan begitu, deodoran tersebut akan nyaman dipakai dan tidak menimbulkan masalah kulit

Mengandung whitening, untuk kulit ketiak gelap

Mengandung whitening, untuk kulit ketiak gelap

Seperti bagian kulit lainnya, kulit ketiak juga dapat menjadi kusam dan gelap. Salah satu penyebabnya adalah iritasi kulit yang dipicu oleh gesekan kulit ketiak saat bergerak. Selain itu, faktor genetik dan faktor kebersihan juga bisa menjadi penyebab warna kulit ketiak menjadi gelap. 


Apakah Anda juga memiliki masalah kulit ketiak gelap? Jika iya, kami sarankan Anda memilih deodoran dengan kandungan whitening agent. Kandungan semacam ini dapat melawan pigmentasi yang membuat kulit gelap. Salah satu kandungan whitening agent yang terkenal efektif adalah sunflower seed


Kami telah mengulas rekomendasi deodoran yang dapat memutihkan ketiak. Simaklah juga ulasan di bawah ini, yuk!

Tidak mengandung alkohol jenis etanol, untuk kulit ketiak sensitif

Tidak mengandung alkohol jenis etanol, untuk kulit ketiak sensitif

Kulit ketiak yang sensitif sangat rentan mengalami iritasi. Selain membuat kulit ketiak gelap, iritasi juga dapat memicu rasa gatal, perih, atau kemerahan. Hal tersebut pastinya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Ditambah gesekan antarkulit saat Anda bergerak, luka pada kulit ketiak bisa jadi makin parah.


Apabila Anda sering mengalaminya, inilah saatnya menghindari deodoran yang mengandung alkohol berjenis etanol. Alkohol jenis etanol dapat membuat kulit makin kering sehingga memicu timbulnya iritasi. Namun, bukan berarti semua alkohol tidak sesuai untuk kulit sensitif. Anda tetap bisa memakai deodoran beralkohol jenis cetyl dan stearyl yang dapat melembapkan kulit. 


Bila Anda penasaran dengan deodoran lain yang cocok digunakan untuk kulit sensitif, bacalah ulasannya berikut ini. Di dalamnya juga ada beberapa rekomendasi deodoran untuk kulit sensitif, lho!

Mengandung ekstra pelembap, untuk kulit ketiak kering

Mengandung ekstra pelembap, untuk kulit ketiak kering

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit ketiak kering, kami sarankan untuk memilih deodoran dengan kandungan ekstra pelembap. Kulit ketiak kering biasanya memiliki permukaan yang kasar dan tak jarang mengalami pengelupasan kulit. Penyebab utama kulit ketiak kering adalah kurangnya kemampuan kulit menyimpan kadar air


Untuk itu, Anda memerlukan deodoran yang mengandung ekstra pelembap. Pilihlah deodoran dengan kandungan moisturizer, seperti glycerin, hyaluronic acid, atau Aloe vera. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kadar air di kulit dan mencegah dehidrasi.

10 Rekomendasi deodoran terbaik yang tidak membuat baju kuning

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deodoran terbaik yang tidak membuat baju kuning yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rexona

Men Invisible + Antibacterial All in One Roll On

Rexona  Men Invisible + Antibacterial All in One Roll On 1枚目

Paket lengkap untuk melawan bau badan

2

Dove

Invisible Dry Antiperspirant Deodorant Roll On

Dove  Invisible Dry Antiperspirant Deodorant Roll On 1枚目

Bebas iritasi! Bebas juga pilih warna pakaian sesuka hati!

3

Kahf

Soothing Antiperspirant Deodorant

Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant 1枚目

Dengan bahan alami, lindungi tubuh dari keringat dan bau badan

4

Posh

Anti-Perspirant Deodorant Anti Stain

Posh  Anti-Perspirant Deodorant Anti Stain  1枚目

Nutrisi untuk kulit ketiak yang sehat dan cantik

5

Kiehl's

Superbly Efficient Anti-Perspirant and Deodorant

Kiehl's  Superbly Efficient Anti-Perspirant and Deodorant 1枚目

Usir bau badan tanpa wangi menyengat

6

Mama’s Choice

Dry Serum Deodorant

Mama’s Choice Dry Serum Deodorant 1枚目

Dengan bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

7

Oriflame

Activelle Extreme Anti-Perspirant Deodorant

Oriflame Activelle Extreme Anti-Perspirant Deodorant 1枚目

Perlindungan ekstra untuk Anda yang aktif bergerak

8

Nivea

Men Invisible For Black & White Fresh Anti-Perspirant Spray

Nivea  Men Invisible For Black & White Fresh Anti-Perspirant Spray  1枚目

Berikan sensasi segar yang tahan lama

9

BRV Deodorant

Tea Tree Peppermint

BRV Deodorant Tea Tree Peppermint 1枚目

Pilihan tepat untuk Anda yang menjalani gaya hidup vegan

10

Nu Skin

Scion Whitening Roll On Deodorant

Nu Skin Scion Whitening Roll On Deodorant 1枚目

Bebas alkohol, aman untuk kulit sensitif Anda

Perincian produk
Close
No.1

Rexona Men Invisible + Antibacterial All in One Roll On

Mulai dari Rp18.600,00

Paket lengkap untuk melawan bau badan

Pria lebih rentan terserang masalah bau badan, apalagi jika sering melakukan aktivitas yang menguras keringat seperti berolahraga. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi! Berkat kandungan antibacterial pada deodoran ini, bau badan tidak akan menyerang.


Antibacterial ini mampu menekan pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab bau badan. Diperkuat dengan formula motion sense, antibacterial serta wangi segar akan aktif saat Anda bergerak. Dipadukan dengan teknologi invisible dari Rexona, dijamin baju Anda akan bebas dari noda.

No.2

Dove Invisible Dry Antiperspirant Deodorant Roll On

Mulai dari Rp18.500,00

Bebas iritasi! Bebas juga pilih warna pakaian sesuka hati!

Anda gemar memakai pakaian berwarna? Kalau begitu, deodoran keluaran Dove ini layak Anda lirik. Deodoran roll-on ini tidak akan meninggalkan noda kuning dan noda putih di pakaian. Hal ini bahkan sudah teruji di seratus jenis warna pakaian, lho!


Selain aman untuk warna pakaian, deodoran ini juga tidak memicu iritasi di kulit ketiak karena tidak mengandung alkohol. Apalagi seperempat kandungan dari deodoran ini adalah moisturizing cream. Alhasil, kulit ketiak Anda jadi lebih halus dan lembut.

No.3

KahfSoothing Antiperspirant Deodorant

Mulai dari Rp24.500,00

Dengan bahan alami, lindungi tubuh dari keringat dan bau badan

Memakai produk dengan bahan-bahan alami dapat memberikan ketenangan dalam hidup, seperti halnya yang ditawarkan oleh deodoran dari Kahf. Produk ini mengandung allantoin alami dari tanaman comfrey yang fungsinya sebagai antiperspirant alami. 


Kulit ketiak Anda akan terasa nyaman, keringat dan bau tubuh pun akan berkurang. Jadi, jika Anda adalah orang yang mengutamakan produk alami, deodoran ini juaranya!

No.4

Posh Anti-Perspirant Deodorant Anti Stain

Mulai dari Rp13.300,00

Nutrisi untuk kulit ketiak yang sehat dan cantik

Kulit ketiak yang sehat tentunya akan jauh dari masalah bau, warna gelap, dan kekeringan. Terbuat dari berbagai ekstrak tanaman, deodoran ini mampu memberi nutrisi untuk menyehatkan sekaligus mempercantik kulit ketiak.


Bagaimana tidak, kandungan herba matsu oil dan niacinamide-nya efektif melawan penggelapan warna kulit ketiak. Selain itu, permukaan kulit ketiak akan terasa lebih lembap dan lembut berkat ekstrak bunga camellia-nya. Dilengkapi juga dengan teknologi anti-stain, deodoran ini tidak akan meninggalkan noda di pakaian.

No.5

Kiehl's Superbly Efficient Anti-Perspirant and Deodorant

Mulai dari Rp260.000,00

Usir bau badan tanpa wangi menyengat

Untuk Anda yang kurang menyukai deodoran beraroma kuat, produk ini adalah pilihan tepat. Berbeda dengan deodoran kebanyakan, produk ini tidak memiliki bau sehingga tidak akan merusak wangi parfum favorit yang Anda kenakan. Meski demikian, kemampuannya dalam melawan bau badan tidak perlu diragukan.


Diperkaya witch hazel, kulit ketiak Anda akan terbebas dari kekeringan dan iritasi. Selain itu, deodoran ini juga diformulasikan tanpa perwarna tambahan dan aluminium chloride. Alhasilbaju Anda akan terhindar dari risiko noda di ketiak.

No.6

Mama’s ChoiceDry Serum Deodorant

Mulai dari Rp119.000,00

Dengan bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Hormon pada ibu hamil kadang kala memicu kulit ketiak menghitam atau keringat berlebih yang meninggalkan noda kuning di baju. Hal inilah yang membuat ibu hamil dan ibu menyusui tak boleh asal memilih deodoran. Karena itu, kami memasukkan deodoran yang berasal dari bahan natural ini ke dalam rekomendasi produk.


Dead sea mineral di dalamnya berfungsi untuk mengurangi keringat berlebih, sedangkan niacinamide-nya efektif mencerahkan ketiak. Ditambah dengan lemon extract yang bermanfaat untuk menutrisi kulit. Deodoran ini berbentuk krim, tetapi tidak lengket dan cepat kering. Selain itu, Mama's Choice juga mengklaim produknya dapat menghaluskan kulit sejak pemakaian pertama.

No.7

OriflameActivelle Extreme Anti-Perspirant Deodorant

Mulai dari Rp59.900,00

Perlindungan ekstra untuk Anda yang aktif bergerak

Deodoran dari Oriflame ini dilengkapi dengan teknologi ActiBoost yang akan memberikan aroma kesegaran ketika pecah karena gerakan dan gesekan. Bagi Anda, wanita aktif, tidak perlu lagi khawatir dengan keringat berlebih karena deodoran ini akan melindungi Anda sepanjang hari.


Ada lima varian yang bisa menyegarkan tubuh Anda. Khusus varian pink, dapat membantu memutihkan kulit ketiak Anda. Sementara itu, untuk varian purple, Anda akan mendapatkan perlindungan aroma hingga 72 jam!

No.8

Nivea Men Invisible For Black & White Fresh Anti-Perspirant Spray

Mulai dari Rp38.700,00

Berikan sensasi segar yang tahan lama

Cuaca panas sering menimbulkan rasa gerah yang tidak nyaman. Usir rasa gerah tersebut dengan deodoran tipe spray yang satu ini! Deodoran ini dapat menyejukkan kulit dan memberikan wangi segar nan tahan lama.


Wangi segar mint-nya akan membuat Anda lebih bersemangat dan percaya diri. Sementara itu, kandungan antiperspirant-nya mampu menahan produksi keringat tanpa memicu noda di baju. Dengan menggunakan deodoran ini, Anda akan jauh dari masalah bau badan meskipun sehari-hari berada di lingkungan panas.

No.9

BRV DeodorantTea Tree Peppermint

Mulai dari Rp85.000,00

Pilihan tepat untuk Anda yang menjalani gaya hidup vegan

Menjalani gaya hidup vegan memerlukan komitmen yang kuat karena Anda harus memilih produk perawatan tubuh yang tidak mengeksploitasi hewan. Kalau Anda masih kesulitan menemukan deodoran yang tepat, cobalah lirik produk ini. Deodoran produksi lokal ini diciptakan untuk Anda yang menjalani gaya hidup vegan.


Deodoran beraroma peppermint ini diklaim antibakteri, antijamur, antibau, dan antikeringat. Selain itu, produk dengan enam bahan aktif ini juga mampu melembapkan dan melembutkan kulit ketiak. Bahan-bahan di dalamnya juga tidak menimbulkan noda kuning pada pakaian.

No.10

Nu SkinScion Whitening Roll On Deodorant

Mulai dari Rp69.000,00

Bebas alkohol, aman untuk kulit sensitif Anda

Untuk Anda pemilik kulit ketiak sensitif, deodoran ini sangat kami rekomendasikan. Dengan formula tanpa alkohol, deodoran ini tidak memicu iritasi, terutama pada kulit sensitif Anda. Hanya dalam 3 minggu saja, ketiak akan terlihat lebih cerah.


Formula hebat dari deodoran ini bisa bertahan selama 24 jam dan menjaga ketiak aman dari pertumbuhan bakteri. Namun, pastikan kulit ketiak Anda dalam kondisi kering dan tidak ada luka saat mengoleskan deodoran ini, ya.

Tips mencegah noda kuning di area ketiak baju

Tips mencegah noda kuning di area ketiak baju

Noda kuning di area ketiak baju memang sering muncul. Seperti yang telah dibahas di bagian sebelumnya, noda ini disebabkan oleh keringat dan deodoran. Memilih deodoran yang tidak meninggalkan noda merupakan salah satu solusi efektif. Namun, ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah noda kuning di area ketiak baju.


  • Jangan gunakan deodoran secara berlebihan.

Penggunaan deodoran berlebihan dikhawatirkan dapat menyisakan residu di baju. Makin banyak residu deodoran dan keringat yang menempel dibaju, makin besar pula risiko timbulnya noda. Apalagi jika baju tidak segera dicuci.


  • Cukur bulu ketiak secara rutin

Ketiak yang memiliki banyak rambut dapat membuat penguapan keringat jadi lebih lambat. Akibatnya, kuman dan bakteri menumpuk di ketiak melalui keringat. Ketiak yang mudah basah dapat memicu bau badan dan membuat noda kuning tertinggal di baju.


  • Segeralah cuci pakaian setelah dipakai

Meskipun telah menggunakan deodoran yang tidak membuat baju kuning, Anda sebaiknya segera mencuci pakaian tersebut setelah dipakai. Jika pakaian tidak segera dicucu, sisa deodoran dan keringat dapat mengering dan menempel di baju sehingga sulit dibersihkan. Akibatnya, noda akan tertinggal di baju. 


  • Cucilah pakaian dengan deterjen antinoda

Detergen khusus semacam ini lebih ampuh mengangkat sisa deodoran dan keringat yang mengering. Selain itu, usahakan membilas dengan bersih pakaian Anda setelah menggunakan detergen.

Baca juga rekomendasi deodoran lainnya di sini

Hingga saat ini deodoran merupakan salah satu solusi yang paling diminati untuk melawan bau badan. Melihat peluang ini, produsen deodoran berlomba menciptakan berbagai inovasi baru. Alhasil, saat ini ada banyak jenis deodoran dengan fungsi dan bentuk yang berbeda-beda. Apabila Anda tertarik dengan rekomendasi deodoran lainnya, baca juga artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Itu tadi pembahasan tentang deodoran yang tidak membuat baju kuning. Kami harap poin-poin cara memilih dapat membantu Anda menemukan produk terbaik. Dari sepuluh rekomendasi kami, pastinya Anda sudah menentukan pilihan, bukan? 

 

Untuk mengatasi bau badan, selain rajin menggunakan deodoran, penting juga untuk menjaga kebersihan badan. Salah satunya dengan cara mandi teratur, apalagi jika Anda sering berkeringat. Selain itu, cucilah pakaian Anda setelah dipakai dan hindari pemakaian berulang tanpa mencucinya. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer