• 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Smartwatch anak memiliki berbagai keunggulan berkat fitur canggih yang dimilikinya. Ada produk dengan kamera yang memungkinkan untuk melakukan video call. Ada juga fitur GPS tracking yang bisa memantau lokasi anak secara real time. Tak hanya sebagai penanda waktu, jam tangan ini punya banyak fitur yang berfungsi tinggi.


Anda dapat menemukan berbagai merek smartwatch anak yang bagus, seperti Fitbit, imoo, dan lainnya. Kami akan merekomendasikan dan mengulas produknya untuk Anda di artikel ini. Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan cara memilih smartwatch anak terbaik. Yuk, scroll ke bawah untuk membahagiakan si kecil!

  • Pembaharuan terakhir: 08 April 2022
Daftar isi

Kegunaan smartwatch untuk anak

Kegunaan smartwatch untuk anak

Di era modern ini smartwatch menjadi perangkat yang bisa dipakai anak. Fitur-fitur produknya berguna bagi Anda untuk mengawasi dan berkomunikasi dengan anak. Berkat smartwatch, Anda dapat terhubung dengan anak kapan saja dan di mana saja.


Sebagian besar smartwatch anak dilengkapi slot SIM card. Lewat produknya, Anda dapat berkomunikasi dengan anak layaknya menggunakan smartphone. Ada juga fitur GPS tracking yang berguna untuk memantau keberadaan anak Anda.


Smartwatch anak dengan teknologi yang lebih canggih lagi bahkan tersedia di pasaran. Produknya mampu merekam daily activity anak, misalnya sleep tracking untuk melihat kualitas tidur si kecil. Selain itu, masih banyak manfaat yang ditawarkan produknya.

Cara memilih smartwatch anak

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelikan smartwatch untuk anak. Sangat penting untuk memilih produk dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan anak dan orang tua. Berikut akan kami jelaskan poinnya satu per satu untuk Anda.

Pilih smartwatch sesuai dengan usia yang disarankan

Pilih smartwatch sesuai dengan usia yang disarankan

Mengingat usia memengaruhi kemampuan anak menggunakan smartwatch, penting untuk mengecek kategori umur yang disarankan produknya. Dengan begitu, smartwatch yang dibeli bisa digunakan dengan baik oleh anak Anda. Beberapa produk memberikan informasi tentang kategori umurnya.


Kategori umur produknya berbeda-beda. Ada yang untuk usia 4 tahun, 5 tahun, atau 6 tahun ke atas. Biasanya smartwatch untuk anak usia sekolah dasar diberi lebih banyak fitur. Sementara itu, produk untuk anak berusia di bawahnya memiliki tampilan yang lebih simpel. Jadi, pilihlah smartwatch yang sesuai dengan usia anak Anda, ya!

Periksa kelengkapan fitur yang ditawarkan smartwatch anak

Pastikan smartwatch pilihan Anda dilengkapi fitur yang dapat menunjang aktivitas, komunikasi, dan pengawasan terhadap anak. Berikut beberapa fitur penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih produknya.

GPS tracker, memantau lokasi anak secara real time

Anak-anak yang sudah bersekolah perlu diajarkan untuk melakukan aktivitas secara mandiri. Dengan begitu, anak akan lebih berani dalam kegiatan belajar dan bersosialisasi dengan teman. Namun, bukan berarti anak tidak perlu diawasi sama sekali. Anda dapat membekali anak dengan smartwatch yang dilengkapi GPS tracker.


Fitur GPS (Global Positioning System) bisa membantu Anda memantau lokasi anak secara real time. Dengan fitur ini, Anda dapat melacak posisi anak saat ia sedang berada di tempat yang tidak semestinya. Jangan lupa untuk menyambungkan aplikasi smartwatch anak pada smartphone Anda agar fitur ini berjalan, ya!

Two-way phone, dapat terhubung dengan orang tua kapan pun

Two-way phone, dapat terhubung dengan orang tua kapan pun

Fitur ini memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan anak. Fungsi two-way phone terdiri dari mengirim pesan singkat dan voice chat, serta melakukan panggilan telepon dan video. Namun, tidak semua produk memiliki keempat fungsinya. Jadi, pastikan Anda memeriksa kelengkapan fitur ini pada smartwatch.


Mengingat anak-anak belum cukup umur untuk dibekali smartphonesmartwatch yang multifungsi bisa menjadi pengganti yang tepat. Smartwatch juga dilengkapi memori untuk menyimpan beberapa nomor penting. Hanya dengan memencet tombol di samping layar, smartwatch akan otomatis tersambung ke nomor telepon orang tua.

Waterproof, tetap aman meskipun terendam air

Ketahuilah apakah smartwatch yang akan Anda beli memiliki fitur waterproof atau tidak. Hal ini karena anak senang bermain di mana saja, termasuk di sekitar air. Anak Anda tidak perlu melepas jam tangannya saat bermain air jika produknya waterproof. Dengan demikian, risiko smartwatch akan tertinggal dan hilang bisa diminimalkan.


Namun, level ketahanan air smartwatch anak berbeda-beda. Produk dengan rating IP67, IP68, IPX8 sama-sama dapat bertahan di dalam air selama 30 menit. Namun, batas kedalaman air produk dengan rating IP67 lebih rendah, yakni 1 meter.


Sementara itu, rating IP68 dan IPX8 menandakan produknya dapat bertahan dalam kedalaman air hingga 2 meter. Untuk itu, lihatlah informasi ketahanan air produknya dengan saksama sebelum Anda membeli.

Kamera, memungkinkan untuk video call dan memotret

Kamera, memungkinkan untuk video call dan memotret

Di pasaran terdapat smartwatch anak yang sudah dilengkapi kamera, lho! Kameranya dapat berfungsi untuk memotret dan melakukan panggilan video call. Namun, ada juga produk dengan kamera yang hanya bisa digunakan untuk memotret. Jadi, jangan lupa untuk mengecek kembali fungsi kameranya, ya.


Periksa juga kualitas kamera yang dimiliki smartwatch. Agar mendapatkan kualitas gambar yang bagus, pilihlah produk yang dibekali kamera HD. Dengan begitu, gambar hasil memotret maupun yang ditampilkan produknya saat video call akan terlihat jernih. Namun, harga produknya tentu lebih tinggi.

Fitur lainnya, memperkaya fungsi dari smartwatch

Fitur lainnya, memperkaya fungsi dari smartwatch

Fitur selain yang sudah disebutkan di atas juga tidak kalah penting. Salah satu fitur tersebut adalah SOS. Anda dapat melatih anak untuk menggunakan fitur ini saat dirinya berada dalam bahaya atau tersesat. Lewat fitur ini, Anda akan mendapatkan notifikasi saat anak dalam bahaya sehingga bisa segera memberikan pertolongan.


Ada juga fitur class mode yang dapat diaktifkan saat anak sedang belajar. Selain itu, fitur alarm clock dan timer dapat membantu meningkatkan kedisiplinan anak. Untuk menjauhkan anak Anda dari orang asing yang berniat buruk, pilihlah produk dengan fitur reject strange call


Bahkan, terdapat smartwatch anak dengan fitur yang lebih canggih, yakni health monitoring. Fitur ini akan memberikan laporan kualitas tidur hingga jumlah langkah anak pada Anda. Jika Anda juga ingin memantau kesehatan anak lewat smartwatch, pastikanlah fitur ini dimiliki produk yang akan Anda beli. 

Pertimbangkan smartwatch dengan desain yang disukai anak

Jika Anda ingin anak betah menggunakan smartwatch, pertimbangkanlah produk dengan model dan warna yang disukai si kecil. Hal ini untuk menghindari anak hanya tertarik menggunakan smartwatch di awal.


Saat anak Anda menyukai desainnya, mengajarkan teknologi yang ada pada produknya pun jadi makin mudah. Pastikan juga produk pilihan Anda memiliki interface yang bisa cepat dipahami sehingga lebih mudah dioperasikan anak.

Perhatikan kapasitas baterai smartwatch untuk daya yang lebih awet

Perhatikan kapasitas baterai smartwatch untuk daya yang lebih awet

Makin besar kapasitas baterainya, makin awet pula daya dari smartwatch anak. Meski begitu, konsumsi daya produknya juga dipengaruhi fitur yang dimiliki. Anda bisa memastikannya dengan melihat informasi durasi baterai produk saat penuh.


Rata-rata baterai produknya dapat bertahan lebih dari satu hari tanpa perlu diisi ulang dayanya. Produk dengan baterai yang daya tahannya lebih lama tentu dapat lebih sering digunakan. Pasalnya, Anda tidak perlu mengisi ulang dayanya setiap hari.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Perlu diingat, smartwatch tergolong pricey untuk kepentingan anak-anak karena kecanggihannya. Namun, hal tersebut pastinya sesuai dengan fitur dan manfaat yang ditawarkan. Makin canggih dan lengkap fiturnya, harganya akan makin tinggi.


Beberapa smartwatch anak memiliki harga yang terjangkau. Produknya cocok bagi Anda yang membatasi anggaran untuk mewujudkan keinginan anak. Fitur produknya memang tidak banyak. Meski demikian, Anda tetap dapat memanfaatkannya untuk memantau aktivitas si kecil.

10 Rekomendasi smartwatch anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smartwatch anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran layar0,96 inci
WarnaPink, hijau, biru muda, hitam, putih, navy
Kapasitas baterai400 mAh
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
GPS tracker
Two-way phone ✔ (SMS, telepon)
Waterproof×
Kamera×
Fitur lainnyaSOS, health monitoring
9
Ukuran layarTidak disebutkan
WarnaBiru, pink
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Daya tahan baterai5 hari
GPS tracker×
Two-way phone ×
Waterproof
Kamera×
Fitur lainnyaAlarm clock, timer, health monitoring
8

Mobvoi Ticwatch Kids

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Ukuran layar1,4 inci
WarnaBiru muda, pink
Kapasitas baterai660 mAh
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
GPS tracker
Two-way phone ✔ (voice chat, video call)
Waterproof ✔ (IP68)
Kamera
Fitur lainnyaSOS, alarm clock, health monitoring
7
Ukuran layarTidak disebutkan
WarnaBiru, hitam, kuning
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Daya tahan baterai3–8 hari
GPS tracker×
Two-way phone ×
Waterproof
Kamera×
Fitur lainnyaAlarm clock, timer, health monitoring
6
Ukuran layar1,44 inci
WarnaHitam, merah
Kapasitas baterai400 mAh
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
GPS tracker×
Two-way phone ✔ (voice chat)
Waterproof×
Kamera
Fitur lainnyaSOS
5
Ukuran layar1,4 inci
WarnaBiru, pink, hitam
Kapasitas baterai730 mAh
Daya tahan baterai76 jam
GPS tracker
Two-way phone ✔ (telepon, video call)
Waterproof ✔ (IP67)
Kamera
Fitur lainnyaSOS, class mode, alarm clock, health monitoring
4
Ukuran layar1,44 inci
WarnaBiru muda, pink, kuning
Kapasitas baterai500 mAh
Daya tahan baterai8–10 jam
GPS tracker
Two-way phone ✔ (voice chat, telepon)
Waterproof×
Kamera
Fitur lainnyaSOS, class mode, health monitoring
3
Ukuran layar1,41 inci
WarnaHijau, ungu
Kapasitas baterai680 mAh
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
GPS tracker
Two-way phone ✔ (chat, voice chat, telepon, video call)
Waterproof
Kamera
Fitur lainnyaClass mode, alarm clock, reject strange call, health monitoring
2
Ukuran layarTidak disebutkan
WarnaBiru, pink, kuning
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
GPS tracker
Two-way phone ✔ (telepon, video call)
Waterproof✔ (IP67)
Kamera
Fitur lainnyaSOS, alarm clock
1
Ukuran layar0,91 inci
WarnaBiru, ungu
Kapasitas baterai680 mAh
Daya tahan baterai165 jam
GPS tracker
Two-way phone ✔ (chat, voice chat, telepon)
Waterproof✔ (IPX8)
Kamera×
Fitur lainnyaSOS, alarm clock, class mode, reject strange call, health monitoring

Tabel perbandingan produk smartwatch anak terbaik

Gambar produk
1
imoo  Watch Phone Y1 1

imoo

2
Evercoss  B5 Smartwatch 1

Evercoss

3
imoo  Watch Phone Z6 1

imoo

4
Wonlex  GPS Kids Watch GW500S 1

Wonlex

5
Wonlex  KT12 4G 1

Wonlex

6
MITO Gear W2 1

MITO

7
Fitbit Ace 3 1

Fitbit

8
Mobvoi  Ticwatch Kids  1

Mobvoi

9
Fitbit  Ace 2 1

Fitbit

10
Cognos  Q50 Kids Watch  1

Cognos

Nama produk

Watch Phone Y1

B5 Smartwatch

Watch Phone Z6

GPS Kids Watch GW500S

KT12 4G

Gear W2

Ace 3

Ticwatch Kids

Ace 2

Q50 Kids Watch

Keunggulan

Smartwatch anak yang punya banyak fitur modern

Fiturnya banyak, tetapi harganya tetap terjangkau

Kamera andal untuk mengasah kemampuan memotret anak!

Tampil lebih cute dengan display yang cheerful

Awasi perilaku anak sehari-hari dengan fitur record history route

Produk yang budget friendly dengan fitur mumpuni

Desain elegan yang mengutamakan kenyamanan di tangan anak!

Berbekal chipset canggih, mampu tracking posisi dengan presisi!

Bentuk slim untuk si kecil yang aktif bergerak

Melepas sambil mengawasi saat anak bermain di taman

Harga mulai dariRp 999.000,00Rp 345.000,00Rp 3.299.000,00Rp 900.000,00Rp 2.700.000,00Rp 99.000,00Rp 1.399.000,00Rp 1.199.000,00Rp 1.299.000,00Rp 259.900,00
Ukuran layar0,91 inciTidak disebutkan1,41 inci1,44 inci1,4 inci1,44 inciTidak disebutkan1,4 inciTidak disebutkan0,96 inci
WarnaBiru, unguBiru, pink, kuningHijau, unguBiru muda, pink, kuningBiru, pink, hitamHitam, merahBiru, hitam, kuningBiru muda, pinkBiru, pinkPink, hijau, biru muda, hitam, putih, navy
Kapasitas baterai680 mAhTidak disebutkan680 mAh500 mAh730 mAh400 mAh Tidak disebutkan660 mAh Tidak disebutkan400 mAh
Daya tahan baterai165 jamTidak disebutkanTidak disebutkan8–10 jam76 jamTidak disebutkan3–8 hariTidak disebutkan5 hariTidak disebutkan
GPS tracker×××
Two-way phone ✔ (chat, voice chat, telepon)✔ (telepon, video call)✔ (chat, voice chat, telepon, video call)✔ (voice chat, telepon)✔ (telepon, video call)✔ (voice chat)×✔ (voice chat, video call)×✔ (SMS, telepon)
Waterproof✔ (IPX8)✔ (IP67)× ✔ (IP67)× ✔ (IP68)×
Kamera××××
Fitur lainnyaSOS, alarm clock, class mode, reject strange call, health monitoringSOS, alarm clockClass mode, alarm clock, reject strange call, health monitoringSOS, class mode, health monitoringSOS, class mode, alarm clock, health monitoringSOSAlarm clock, timer, health monitoringSOS, alarm clock, health monitoringAlarm clock, timer, health monitoringSOS, health monitoring
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk smartwatch lainnya di sini

Selain anak-anak, orang dewasa juga bisa menggunakan smartwatch untuk menunjang aktivitas. Kami telah menyiapkan rekomendasi produknya dari berbagai merek untuk Anda. Silakan baca ulasan selengkapnya dari kami pada artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Anda tidak kesulitan lagi memilih smartwatch anak setelah memahami caranya, bukan? Pastikan produk pilihan Anda dibekali fitur yang dibutuhkan anak dan orang tua. Produknya bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan smartphone oleh anak.


Fitur-fitur yang dimiliki smartwatch bahkan tidak kalah canggih dengan smartphone. Selain itu, anak juga akan belajar membaca waktu dan dapat mengelola activity management secara lebih teratur. Selamat memilih smartwatch anak terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perhiasan yang pertama dipakai oleh bayi perempuan adalah anting. Kebanyakan orang tua mulai menindik telinga anak perempuannya dan memberinya anting semenjak masih bayi. Meskipun ada beragam bentuk yang lucu, mencari anting untuk bayi membutuhkan perhatian khusus.Saat mencari anting untuk buah hati, Anda akan menemukan anting dari berbagai merek dengan model bulat, toge, ataupun stud. Apabila bingung memilih anting yang bagus untuk dipakai bayi Anda, di artikel ini kami akan bagikan beberapa rekomendasinya. Anting bayi dari merek terkenal seperti Little Thing She Wear dan Collexion pun dapat Anda temukan. 
    Aksesori anak
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Anak Laki-laki  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan merupakan salah satu aksesori yang banyak digemari laki-laki, termasuk anak-anak. Tidak hanya menjadi sarana belajar untuk mengenal waktu, jam tangan juga dapat meningkatkan penampilan anak Anda. Kini, sudah banyak dijual jam tangan keren untuk anak laki-laki dengan berbagai macam keunggulan.Artikel ini secara khusus akan menginformasikan cara memilih jam tangan untuk anak laki-laki yang bagus dan keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai merek terkenal, seperti Imoo, Casio, dan Miniso. Jika Anda sedang mencari jam tangan untuk anak laki-laki, jadikan artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori anak
  • 10 Kaos Kaki Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaos Kaki Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Kaos kaki anak berfungsi untuk memberikan kehangatan pada kaki, mencegah lecet, dan menangkal timbulnya bau kaki. Namun, jangan memilih kaos kaki hanya dari motifnya saja. Sama halnya ketika memilih sepatu, memilih kaos kaki pun memerlukan pertimbangan agar mendapatkan produk yang tepat.  Untuk itu, kami akan membagikan tips praktis dalam memilih kaos kaki anak. Merek kaos kaki anak yang bagus, seperti Stayhoops, Bohopanna, dan Kalale, pun akan kami ulas untuk Anda. Jadi, mari simak informasinya!
    Aksesori anak
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Desain anting anak memang penuh karakter lucu sekaligus menggemaskan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih bahan anting anak, terutama jika si kecil mempunyai cuping telinga yang sensitif. Penggunaan logam antialergi seperti emas tentunya lebih aman, baik untuk bayi maupun anak di atas 2 tahun.Supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan membahas cara memilih anting anak yang bagus. Rekomendasi anting anak perempuan dari berbagai merek, misalnya AyuGold dan D'Paris, juga telah kami siapkan. Model anting anak yang awet, simple, dan anticopot seperti anting bulat pun tersedia. Yuk, disimak!
    Aksesori anak
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jam Tangan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    Selain menunjang fesyen, jam tangan bisa melatih kedisiplinan waktu bagi anak perempuan. Corak dan desain dari jam tangan anak perempuan sangat beragam. Ada jam tangan analog dengan balutan warna ceria hingga jam tangan digital dengan fitur yang berlimpah.Saking banyaknya pilihan yang tersedia, pasti Anda galau saat memilih produk yang bagus. Buang jauh-jauh rasa galau itu dan mari simak artikel ini! Kami akan membagi tips memilih serta merekomendasikan beberapa merek jam tangan anak perempuan yang bagus. Ada Casio, Q&Q, hingga imoo pun akan diulas! Baca artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori anak
  • 10 Topi yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Topi yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022)
    Topi merupakan aksesori yang dapat melindungi si kecil dari sengatan matahari. Topi juga dapat membuat penampilan anak laki-laki Anda terlihat makin keren dan modis. Namun, membeli topi yang bagus untuk anak laki-laki memerlukan sejumlah pertimbangan agar tidak salah pilih. Nah, apa saja poin-poin yang sebaiknya dipertimbangkan?Untuk menjawab pertanyaan di atas, simaklah cara memilih topi untuk anak laki-laki yang telah kami susun. Lalu, kami pun akan mengulas sepuluh topi dari sejumlah merek topi anak yang bagus. Sebut saja Kidzclusive, Orkids, Ziel Kids, hingga Hey! Baby. Jadi, simak sampai selesai, ya! 
    Aksesori anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori